Toyota = the next Nokia or Sony?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by the-mantal »

Cuma mau ajak diskusi dari mata pengamat manajemen awam... Akankah kisah Toyota berakhir seperti Nokia ataukah Sony?

Style nya mirip sekali, dulu Nokia bersikeras gak mau ikut trend touch screen seperti iphone dan android. Sama kayak toyota yg sekarang adopsi mobil listrik nya ogah2an.

Ataukah akan berakhir seperti Sony yang tadinya market leader elektronik sekarang tergeser jauh oleh pabrikan duo Korea Samsung LG dan sekarang oleh China?
Last edited by the-mantal on 26 Sep 2021, 16:49, edited 1 time in total.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 401
Joined: 04 Feb 2017, 08:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT
Contact:

Re: Toyota = the next Nokia?

Post by adriangaut »

Ngga lah menurut saya

Kalo dulu smartphone itu infrastrukturnya mendukung (3G, 4G, dll) dan handphone ngga perlu maintenance, 2-3th sekali ganti
Mobil itu bikin infrastruktur pendukungnya gak gampang (jalanan, charging spot, maintenance), masa pakai juga way way longer than smartphones, bakal ada tempatnya masing” untuk mobil ICE atau battery cars

Bakal selalu ada tempat buat mobil” toyota yang easy to maintain and to live with
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Toyota = the next Nokia?

Post by doge »

entry barriernya bisnis mobil tinggi banget

g ada orang mw beli mobil bru 5th udh copot sana sini, ato radio frekuensinya bisa geser sndiri (klo g slh kejadian di ceri qq), 10th sparepart udh discontinue smua

lagian mobil dg bq busuk jg akhirnya bikin org eneg, liat aja mobil korea udh hmpir 30th msh bnyk yg gmw
:ngacir:
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Toyota = the next Nokia?

Post by hackers11 »

Menarik sih. Toyota sepertinya prefer ga naro duit di pure listrik ya.
Hidrogen menjanjikan tp produksinya susah.
Hybrid akan kena ban juga.
Tp yg mobility solution toyota semua listrik(yg unit bwt 1 orang).
Apa mereka ga ada roadmap gt mengingat banyak negara udah set tanggal terkait ban ICE?
Aneh sih ya
rakyatwkwkland
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Toyota = the next Nokia?

Post by rakyatwkwkland »

Izin nitip sendal dolo

Akankah di bawah terjadi perang antara fanboy vs haters?

IMHO ya kalo menurut nubie ya bisa aja. Ga ada yang mustahil dalam dunia bisnis, apalagi kalo ngeliat gelagat toyota yg sepertinya minim persiapan dgn EV (atau bahkan seperti kontra). Mau dikata udah punya nama besarlah, orang beli mobil gamau 5 th dah pada mrotol lah, apalah, ya yg namanya bisnis ya roda selalu berputar...

Tapi juga ada kemungkinan tidak terjadi toyota = the next nokia. Secara era EV ini kan baru dimulai, kita gatau kedepannya bakal gimana ini EV, apakah bakal jadi masa depan yg cerah atau malah di masa depan tiba2 ada temuan baru yg menyatakan EV tidak reliable buat lingkungan, ya ndak tahu. Di samping itu, kalau ternyata diam2 toyota sebenernya jg lagi ada rencana tertentu mengenai EV mereka, atau malah mereka ada rencana lain, ya ndak menutup kemungkinan kalo kedepannya mereka malah semakin sukses.

CMIIW ya...
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1428
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Toyota = the next Nokia?

Post by Pugman »

Tidak semudah itu Ferguso..
:big_smoking:
Meskipun Sama-sama produk berbasis teknologi, tapi life cycle produk automotif lebih panjang. Lompatan teknologinya juga step by step.
Ada hal-hal yang tidak bisa di akali dengan rekayasa teknologi dan rekayasa program komputasi untuk menekan biaya seperti built quality dan vendor supplier. China sepertinya memang yang paling depan dalam mencuri start pengembangan kendaraan listrik. Karena ibaratnya di bisnis ini, semua baru mulai.
Karena cyclenya lebih panjang tadi, kalaupun Toyota mengalami penurunan market share, saya prediksi laju penurunan akan cenderung lambat, sehingga mungkin mereka akan sudah lebih dulu menyadarinya sehingga dapat Melakukan error correction.
:mky_03:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by the-mantal »

Saya edit sedikit judulnya supaya ada 2 acuan kisah dramatis market leader yg tergeser oleh kompetisi
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by the-mantal »

Toyota kelihatan banget koq tidak mau masuk ke industri ev, sampai skrg belum kelihatan produk ev murni mereka selain dr mobil konsep atau lexus ux yg notabene mobil bensin yg diconvert ke ev. Beda dengan Tesla (well mereka market leader dan produk dr awal sudah pure ev), HYUNDAI DAN KIA yg udah punya brand Ioniq, mercy dengan line up eq, vw juga ada line up khusus ev. Jangan bandingin sama brand china yg udah curi start dluan.
Toyota kl mnurut berita baru keluarin produk pure ev 2 atau 3 thn lagi. Malah mereka bayarin lobi2 khusus ke berbagai negara kan supaya bs tetap jual combustion engine yg mana udah mau di phase out di thn 2030 apa 2040 gitu.

Padahal Toyota ada resource nya, tapi kelihatan banget ga mau kompetisi di ev. Kelihatannya karena mereka sudah terlalu jauh tertinggal?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
yaseinotulip
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 237
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by yaseinotulip »

Lebih byk negara berkembang daripada negara maju.. adopsi EV di negara berkembang pasti jauh lebih lama kok..
Mgkn pasarnya geser aja..

Dan klo udah saatnya masuk ke EV jg gw yakin Toyota bisa.. kan walaupun blm keluarin produk EV murni bkn berarti ga jalan R and D nya..

Beda sm HP mobil mau ICE atau EV fungsi sama dan bisa sama2 dinikmati.. HP klo ketinggalan jaman cm bs buat telpon sms ga bs sosmed, ga bs install apps2 terbaru, dll..
nb25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: 06 Aug 2018, 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Polo TSI

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by nb25 »

ICE akan segera mati dengan sendirinya seiring cadangan minyak mulai habis, toyota mau gak mau pasti masuk dunia EV atau mungkin nanti ada teknologi lain yang lebih bagus lagi.
Tapi tidak ada yang tau pastinya kapan waktu itu akan datang, mungkin 5 tahun, 15 tahun, 50 tahun, atau 100 tahun kemudian..
mike22
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1271
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by mike22 »

Kalo di negara maju mungkin banget. Bbrp regulasi negara kan mulai 2030 wajib mobil listrik.
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4131
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ginting »

the-mantal wrote: 26 Sep 2021, 15:02 Cuma mau ajak diskusi dari mata pengamat manajemen awam... Akankah kisah Toyota berakhir seperti Nokia ataukah Sony?

Style nya mirip sekali, dulu Nokia bersikeras gak mau ikut trend touch screen seperti iphone dan android. Sama kayak toyota yg sekarang adopsi mobil listrik nya ogah2an.

Ataukah akan berakhir seperti Sony yang tadinya market leader elektronik sekarang tergeser jauh oleh pabrikan duo Korea Samsung LG dan sekarang oleh China?
saya melihat kelak Toyota akan masuk EV, tapi belum sekarang.
mereka itu typical Kaizen style, yaitu perbaikan berangsur-angsur.
kalau bicara soal EV maka baterainya juga masih jadi issue mau dikemanakan limbahnya..baik limbah dari baterai yang sudah afkir maupun limbah saat penambangannya dan refinerynya.

dan juga buat ngecasnya juga masih pakai fosil fuel, belum banyak pakai tenaga angin atau air..
jadi belum terlalu green juga..

saya yakin kok saat mereka memutuskan untuk convert ke EV maka mereka akan totalitas dan bila perlu sediakan baterai kit buat conversi mobil ICE ke listrik..
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Duvebriliant0 »

ginting wrote: 26 Sep 2021, 18:40
the-mantal wrote: 26 Sep 2021, 15:02 Cuma mau ajak diskusi dari mata pengamat manajemen awam... Akankah kisah Toyota berakhir seperti Nokia ataukah Sony?

Style nya mirip sekali, dulu Nokia bersikeras gak mau ikut trend touch screen seperti iphone dan android. Sama kayak toyota yg sekarang adopsi mobil listrik nya ogah2an.

Ataukah akan berakhir seperti Sony yang tadinya market leader elektronik sekarang tergeser jauh oleh pabrikan duo Korea Samsung LG dan sekarang oleh China?
saya melihat kelak Toyota akan masuk EV, tapi belum sekarang.
mereka itu typical Kaizen style, yaitu perbaikan berangsur-angsur.
kalau bicara soal EV maka baterainya juga masih jadi issue mau dikemanakan limbahnya..baik limbah dari baterai yang sudah afkir maupun limbah saat penambangannya dan refinerynya.

dan juga buat ngecasnya juga masih pakai fosil fuel, belum banyak pakai tenaga angin atau air..
jadi belum terlalu green juga..

saya yakin kok saat mereka memutuskan untuk convert ke EV maka mereka akan totalitas dan bila perlu sediakan baterai kit buat conversi mobil ICE ke listrik..
yang bikin tim F1nya bubar juga karena kaizen stylenya itu... tp sy rasa bener sih klo nanti sampe tertekan banget pasti langsung all out itu ngejer EV
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3781
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Profith83 »

Kayanya EV untuk Indonesia infrastructure belum mendukung.
Misal dari jakarta ke yogya 500 KM.
Maka harus ngisi di tengah toll.
Harus berapa charging station supaya gak antri. Apalagi weekend atau liburan.

Jadi yg bisa beli 1 mobil dan setahun beberapa kali perjalanan panjang akan membeli mobil biasa(bukan EV)
Andaru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 08 Apr 2020, 07:37
Location: Jember
Daily Vehicle: Honda Scoopy

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Andaru »

Mungkin toyota agak ogah ngembangin bev karna riset mereka selama ini lebih berbasis ke hidrogen untuk kendaraan ramah lingkungan lha tapi kok tren sepertinya cenderung ke bev :mky_07: mungkin dari itu toyota masih berusaha cari jalan lain, secara r&d bev mereka sepertinya blm terlalu kuat. Untuk selanjutnya apakah akan jadi the next nokia atau sony hanya waktu yang bisa menjawab :big_peace:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3290
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by kunaskun »

EV mah buat yoyota itu easy peasy... buat apa punya Denso dan canggihnya itu Hybrid di Prius yg udah 5th gen. yg jadi masalah buat toyota itu kan bikin EV mau jual berapa banyak dan ke siapa? produksi bisalah 10 juta unit ke seluruh dunia, tapi marketnya ga (belum) ada.

https://insideevs.com/news/396177/globa ... mber-2019/
saya ga tau itu web seberapa valid tapi dari googling ya angkanya ga jauh2 dari situ, 2019 cuma 3 juta unit kurang untuk sedunia,
lah buat yoyota segitu mah cuma cukup buat ASEAN doang.
buat merek lain si gede, tapi buat yoyota jelas receh. karena di 2019 saja corolla kejual 1,5 juta unit seluruh dunia. dan itu nomor 1.

jadi kalau mau dibilang tar kaya nokia atau Sony ya nggalah. lagipula industri otomotif itu too big too fall. terlalu banyak chain yg bikin sulit bikin bangkrut. apalagi kalau mereknya gede2 banget, liat saja Renault Nissan Mitsu Alliance, itu Nissan yg jadi boss-nya ditimpa skandal sana sini masih "doing fine".

kalau yoyota gini2 saja satu dekade ke depan ya jelas akan tewas. tapi Indonesia saja jelek2 gini udah bikin pabrik batere kerjaan Korean. jelas yoyota ga akan diem, tinggal tunggu saja tar tiba2 Grandmax ada versi hybrid.
aryoajiwibowo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 12 Feb 2016, 14:50

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by aryoajiwibowo »

Kalo parameternya indonesia sih masih jauh lah tau sndiri negeri yg aneh :big_weee: ....tapi kl belahan dunia lain macam urope mungkin gak sampe next 3thn dah electrical smua... :big_exellent:
Oh iya di daerah Banjarmasin hyundai dah declare ev nya sampe pindahan showroomnya terlihat elegan dg pengisian listriknya,selangkah di depan.... :emo-flowerforyou:
:big_smoking:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by rajapb »

Toyota masih ngeliat pangsa pasar di negara berkembang, mereka tahu di negara berkembang infrastrutkurnya belum mendukung untuk EV jadinya mereka masih jor-joran jualan mobil ICE ke kita.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

kalo saya open utk semua kemungkinan. sy ga percaya istilah too big to fail krn sejarah membuktikan sebaliknya. tentang technology, steve job pernah bilang konsumen sendiri ga pernah tau what is the next big thing sampai produk itu ditawarkan ke konsumen. maksudnya, sebelum iphone keluar org ga tau bahwa ada produk yg bisa begitu berbeda yg dlm sekejap membuat nokia n blackberry jadi jadul. tp seringkali perubahan itu tidak selamanya evolutioner melainkan something totally new. ketika format video tape beta vs vhs dan akhirnya vhs menang, ketika itu industri berlomba bikin the next big thing, hadirlah laser disc, trus evolve ke vcd, dvd, bluray vs dvd-hd, dan ketika industry fight msh disitu2 aja (ribut2 ttg video player) tanpa disadari muncullah direct streaming. bubar semua, ternyata itu yg revolutioner dan dipilih konsumen. maksudnya mungkin saja the next big thing nya bukan sesuatu yg "evolutioner" dr ice ke ev tp something yg totally new yg ga pernah terbayangkan sebelumnya. sebuah alat transportasi yg lebih simple dr sekedar moving people from A to B. who knows.

ya betul otomotif memang ga bisa disamakan krn 2 hal terbesar dlm hidup manusia (dr segi investment amount) yaitu pembelian rumah dan pembelian mobil. jd decision making factors nya juga ga semudah urusan henpon ketika bicara purchase decision sebab switching cost jg berbeda, beli hp paling mahal 10-25jt kl ga puas org forget n move on bisa lbh mudah drpd mobil.

but never say never. seringkali perusahaan raksasa terlalu rigid, sulit beradaptasi dgn perubahan market demand. terlalu banyak birokrasi dsb.
well, sy sampai skrg msh kepingin sony vaio comeback bikin the best laptop. pernah beli toshiba, lenovo, dell, hp compaq .... ga ada yg sestabil dan secepat vaio.
ada hal kecil yg sampai skrg sy ga berubah, tv di rumah selalu kl ga panasonic atau sony. the least i can do spy mrk stay exist krn semua org belinya samsul atau lg. gramedia juga, toko buku yg selalu sy sempatkan beli disitu kl bisa even lebih mahal. just because sy ingin mrk tetap eksis. you know, sdh banyak contoh big things gone. sorry oot n ga ada hubungan toko buku sm salah satu merk mobil terbesar di dunia but u get the idea :big_smile]
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by pradit_d »

Tergantung gmn dengan perkembangan mobil listrik ke depannya sih, karena sejauh ini blm denger toyota ada kerjasama besar dgn produsen batre atau supplier metal untuk batre, sementara pabrikan besar yg udah niat ke listrik udah pada memeberitakan mengamankan supply
:big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11237
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 01:41 kalo saya open utk semua kemungkinan. sy ga percaya istilah too big to fail krn sejarah membuktikan sebaliknya. tentang technology, steve job pernah bilang konsumen sendiri ga pernah tau what is the next big thing sampai produk itu ditawarkan ke konsumen. maksudnya, sebelum iphone keluar org ga tau bahwa ada produk yg bisa begitu berbeda yg dlm sekejap membuat nokia n blackberry jadi jadul. tp seringkali perubahan itu tidak selamanya evolutioner melainkan something totally new. ketika format video tape beta vs vhs dan akhirnya vhs menang, ketika itu industri berlomba bikin the next big thing, hadirlah laser disc, trus evolve ke vcd, dvd, bluray vs dvd-hd, dan ketika industry fight msh disitu2 aja (ribut2 ttg video player) tanpa disadari muncullah direct streaming. bubar semua, ternyata itu yg revolutioner dan dipilih konsumen. maksudnya mungkin saja the next big thing nya bukan sesuatu yg "evolutioner" dr ice ke ev tp something yg totally new yg ga pernah terbayangkan sebelumnya. sebuah alat transportasi yg lebih simple dr sekedar moving people from A to B. who knows.

ya betul otomotif memang ga bisa disamakan krn 2 hal terbesar dlm hidup manusia (dr segi investment amount) yaitu pembelian rumah dan pembelian mobil. jd decision making factors nya juga ga semudah urusan henpon ketika bicara purchase decision sebab switching cost jg berbeda, beli hp paling mahal 10-25jt kl ga puas org forget n move on bisa lbh mudah drpd mobil.

but never say never. seringkali perusahaan raksasa terlalu rigid, sulit beradaptasi dgn perubahan market demand. terlalu banyak birokrasi dsb.
well, sy sampai skrg msh kepingin sony vaio comeback bikin the best laptop. pernah beli toshiba, lenovo, dell, hp compaq .... ga ada yg sestabil dan secepat vaio.
ada hal kecil yg sampai skrg sy ga berubah, tv di rumah selalu kl ga panasonic atau sony. the least i can do spy mrk stay exist krn semua org belinya samsul atau lg. gramedia juga, toko buku yg selalu sy sempatkan beli disitu kl bisa even lebih mahal. just because sy ingin mrk tetap eksis. you know, sdh banyak contoh big things gone. sorry oot n ga ada hubungan toko buku sm salah satu merk mobil terbesar di dunia but u get the idea :big_smile]
menarik sekali mbah. krn mau gimanapun tesla tetep aja bentuknya roda empat dan kayak mobil pada umumnya cuma beda pake batere aja... terus tau tau ada yang bikin flying cars atau levitating personal transport pake energi fisi nuklir dan bisa diproduksi massal secara cheap nanti dan bubrah semua electric ama ICE :big_biglaugh:

tp kalau ane rasa toyota bukan gak bisa adaptasi sih, krn jujur kalo ngomong mereka ketinggalan, hrs diingat di abad 20 toyota ini pelopor dan in fact mempopulerkan hybrid car toyota prius dan jadi salah satu yang terdepan sampai hybrid cars bisa diproduksi dengan harga terjangkau spt sekarang serta makin efisien dan reliable.

tapi ya itu... japanese way. conservative and bureaucratic as always. slowly but sure. masalahnya skrg slowly but... apakah masih sure? :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2465
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 27 Sep 2021, 09:37
Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 01:41 kalo saya open utk semua kemungkinan. sy ga percaya istilah too big to fail krn sejarah membuktikan sebaliknya. tentang technology, steve job pernah bilang konsumen sendiri ga pernah tau what is the next big thing sampai produk itu ditawarkan ke konsumen. maksudnya, sebelum iphone keluar org ga tau bahwa ada produk yg bisa begitu berbeda yg dlm sekejap membuat nokia n blackberry jadi jadul. tp seringkali perubahan itu tidak selamanya evolutioner melainkan something totally new. ketika format video tape beta vs vhs dan akhirnya vhs menang, ketika itu industri berlomba bikin the next big thing, hadirlah laser disc, trus evolve ke vcd, dvd, bluray vs dvd-hd, dan ketika industry fight msh disitu2 aja (ribut2 ttg video player) tanpa disadari muncullah direct streaming. bubar semua, ternyata itu yg revolutioner dan dipilih konsumen. maksudnya mungkin saja the next big thing nya bukan sesuatu yg "evolutioner" dr ice ke ev tp something yg totally new yg ga pernah terbayangkan sebelumnya. sebuah alat transportasi yg lebih simple dr sekedar moving people from A to B. who knows.

ya betul otomotif memang ga bisa disamakan krn 2 hal terbesar dlm hidup manusia (dr segi investment amount) yaitu pembelian rumah dan pembelian mobil. jd decision making factors nya juga ga semudah urusan henpon ketika bicara purchase decision sebab switching cost jg berbeda, beli hp paling mahal 10-25jt kl ga puas org forget n move on bisa lbh mudah drpd mobil.

but never say never. seringkali perusahaan raksasa terlalu rigid, sulit beradaptasi dgn perubahan market demand. terlalu banyak birokrasi dsb.
well, sy sampai skrg msh kepingin sony vaio comeback bikin the best laptop. pernah beli toshiba, lenovo, dell, hp compaq .... ga ada yg sestabil dan secepat vaio.
ada hal kecil yg sampai skrg sy ga berubah, tv di rumah selalu kl ga panasonic atau sony. the least i can do spy mrk stay exist krn semua org belinya samsul atau lg. gramedia juga, toko buku yg selalu sy sempatkan beli disitu kl bisa even lebih mahal. just because sy ingin mrk tetap eksis. you know, sdh banyak contoh big things gone. sorry oot n ga ada hubungan toko buku sm salah satu merk mobil terbesar di dunia but u get the idea :big_smile]
menarik sekali mbah. krn mau gimanapun tesla tetep aja bentuknya roda empat dan kayak mobil pada umumnya cuma beda pake batere aja... terus tau tau ada yang bikin flying cars atau levitating personal transport pake energi fisi nuklir dan bisa diproduksi massal secara cheap nanti dan bubrah semua electric ama ICE :big_biglaugh:

tp kalau ane rasa toyota bukan gak bisa adaptasi sih, krn jujur kalo ngomong mereka ketinggalan, hrs diingat di abad 20 toyota ini pelopor dan in fact mempopulerkan hybrid car toyota prius dan jadi salah satu yang terdepan sampai hybrid cars bisa diproduksi dengan harga terjangkau spt sekarang serta makin efisien dan reliable.

tapi ya itu... japanese way. conservative and bureaucratic as always. slowly but sure. masalahnya skrg slowly but... apakah masih sure? :big_biglaugh:
Masalah idealisme sama filosofi sebenernya ini. Jepun apalagi yang udah terlampau besar, cenderung ngga agile dan apalagi kalo ditambah dengan gaya yg selama ini dijalankan cukup konservatif.

Cuma ya ngga bisa dipungkiri jg kalau Toyota tetap jd tonggak utama dalam pengembangan dunia otomotif. Pasti cepat atau lambat akan mempengaruhi perubahan zaman jg
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8241
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

evanbngdor wrote: 27 Sep 2021, 10:17
ChZ wrote: 27 Sep 2021, 09:37
Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 01:41 kalo saya open utk semua kemungkinan. sy ga percaya istilah too big to fail krn sejarah membuktikan sebaliknya. tentang technology, steve job pernah bilang konsumen sendiri ga pernah tau what is the next big thing sampai produk itu ditawarkan ke konsumen. maksudnya, sebelum iphone keluar org ga tau bahwa ada produk yg bisa begitu berbeda yg dlm sekejap membuat nokia n blackberry jadi jadul. tp seringkali perubahan itu tidak selamanya evolutioner melainkan something totally new. ketika format video tape beta vs vhs dan akhirnya vhs menang, ketika itu industri berlomba bikin the next big thing, hadirlah laser disc, trus evolve ke vcd, dvd, bluray vs dvd-hd, dan ketika industry fight msh disitu2 aja (ribut2 ttg video player) tanpa disadari muncullah direct streaming. bubar semua, ternyata itu yg revolutioner dan dipilih konsumen. maksudnya mungkin saja the next big thing nya bukan sesuatu yg "evolutioner" dr ice ke ev tp something yg totally new yg ga pernah terbayangkan sebelumnya. sebuah alat transportasi yg lebih simple dr sekedar moving people from A to B. who knows.

ya betul otomotif memang ga bisa disamakan krn 2 hal terbesar dlm hidup manusia (dr segi investment amount) yaitu pembelian rumah dan pembelian mobil. jd decision making factors nya juga ga semudah urusan henpon ketika bicara purchase decision sebab switching cost jg berbeda, beli hp paling mahal 10-25jt kl ga puas org forget n move on bisa lbh mudah drpd mobil.

but never say never. seringkali perusahaan raksasa terlalu rigid, sulit beradaptasi dgn perubahan market demand. terlalu banyak birokrasi dsb.
well, sy sampai skrg msh kepingin sony vaio comeback bikin the best laptop. pernah beli toshiba, lenovo, dell, hp compaq .... ga ada yg sestabil dan secepat vaio.
ada hal kecil yg sampai skrg sy ga berubah, tv di rumah selalu kl ga panasonic atau sony. the least i can do spy mrk stay exist krn semua org belinya samsul atau lg. gramedia juga, toko buku yg selalu sy sempatkan beli disitu kl bisa even lebih mahal. just because sy ingin mrk tetap eksis. you know, sdh banyak contoh big things gone. sorry oot n ga ada hubungan toko buku sm salah satu merk mobil terbesar di dunia but u get the idea :big_smile]
menarik sekali mbah. krn mau gimanapun tesla tetep aja bentuknya roda empat dan kayak mobil pada umumnya cuma beda pake batere aja... terus tau tau ada yang bikin flying cars atau levitating personal transport pake energi fisi nuklir dan bisa diproduksi massal secara cheap nanti dan bubrah semua electric ama ICE :big_biglaugh:

tp kalau ane rasa toyota bukan gak bisa adaptasi sih, krn jujur kalo ngomong mereka ketinggalan, hrs diingat di abad 20 toyota ini pelopor dan in fact mempopulerkan hybrid car toyota prius dan jadi salah satu yang terdepan sampai hybrid cars bisa diproduksi dengan harga terjangkau spt sekarang serta makin efisien dan reliable.

tapi ya itu... japanese way. conservative and bureaucratic as always. slowly but sure. masalahnya skrg slowly but... apakah masih sure? :big_biglaugh:
Masalah idealisme sama filosofi sebenernya ini. Jepun apalagi yang udah terlampau besar, cenderung ngga agile dan apalagi kalo ditambah dengan gaya yg selama ini dijalankan cukup konservatif.

Cuma ya ngga bisa dipungkiri jg kalau Toyota tetap jd tonggak utama dalam pengembangan dunia otomotif. Pasti cepat atau lambat akan mempengaruhi perubahan zaman jg
benz mobil pertama diciptakan (at least one of, selain daimler). tp skrg dimana posisi nya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. meskipun msh sbg leader in tech adoption (dgn bad sides nya tersendiri, i.e. relatively less reliable).

iphone hp revolusioner pertama, first mover, technological breakthrough. tp skrg dimana posisinya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. krn ada android.

toyota ga punya sejarah, ga spt benz. dan ga punya technological breakthrough other than hybrid. adas system aja bukan dia first mover nya. jd dimana toyota nanti posisinya? other than dia giant dan punya financial resources tak terbatas, dia sebetulnya very vulnerable. just like other giant companies yg sdh mati duluan menurut sejarah. bukan ga mungkin toyota is the next GM.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11237
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 27 Sep 2021, 10:17
Masalah idealisme sama filosofi sebenernya ini. Jepun apalagi yang udah terlampau besar, cenderung ngga agile dan apalagi kalo ditambah dengan gaya yg selama ini dijalankan cukup konservatif.

Cuma ya ngga bisa dipungkiri jg kalau Toyota tetap jd tonggak utama dalam pengembangan dunia otomotif. Pasti cepat atau lambat akan mempengaruhi perubahan zaman jg
Omnibus wrote: 27 Sep 2021, 10:30
benz mobil pertama diciptakan (at least one of, selain daimler). tp skrg dimana posisi nya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. meskipun msh sbg leader in tech adoption (dgn bad sides nya tersendiri, i.e. relatively less reliable).

iphone hp revolusioner pertama, first mover, technological breakthrough. tp skrg dimana posisinya di market? luxury item, status symbol, bukan mainstream. krn ada android.

toyota ga punya sejarah, ga spt benz. dan ga punya technological breakthrough other than hybrid. adas system aja bukan dia first mover nya. jd dimana toyota nanti posisinya? other than dia giant dan punya financial resources tak terbatas, dia sebetulnya very vulnerable. just like other giant companies yg sdh mati duluan menurut sejarah. bukan ga mungkin toyota is the next GM.
tapi imho mbah mungkin skrg japs mulai nyadar kalo selama 10 thn terakhir gaya mereka terlalu oldies, konservatif, dan boring dengan nge-cut produksi mobil sport atas nama efisiensi dan fokus memproduksi eco-cars, akibatnya mulai ditinggalin sama konsumen yang lebih muda. ya tetep mereka stay on top tapi mereknya jadi less....exciting. yang beli orang orang tua dan orang tua beliin anaknya.

makanya skrg nama nama itu mulai dibangkitin lagi biar tetep relevan. bahkan produk laris macem camry aja modelnya dibuat makin sleek biar menarik youthful consumer. udah nyadar kalau otomotif gak melulu soal numbers on sales.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3227
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Suryaputra »

Otomotif ini agility nya sangat beda & gak akan secepat seperti industri software & perangkat gadget.

I think, toyota ini udah in the right track.
dia bikin hybrid, untuk jaga2 apakah transisi industri otomotif ini nantinya akan growth secara signifikan ke hybrid atau full EV ?

Yah bisa jadi... burn-rate nya gak sebesar spt R&D Tesla di awal2.. wkwkwkkwkw.

Kendaraan udara?... lebih gede lagi barrier of entrynya,
karena selain R&D + harus konsolidasi sm FAA, dan dapat approval dari ATC untuk terbang wkwkwkwkw.

jadi let see arahnya kmn.
kita jadi penonton.

Intinya.. Inovasi dan kompetisi yg diuntungkan adalah konsumen.
Cth: AMD VS Intel, bbrp tahun ke belakang, intel lack of innovation dan dilibas sm AMD & Apple M1.
but, now... skrg intel sudah mulai rising dgn bocoran proc generasi ke-12 nya.

Sum-up: Semakin tinggi ticket size produk nya, semakin besar barrier of entry & semakin lambat agility nya untuk jadi trend.

CMIIW

:ngacir:
*Colek me if I'm wrong
Post Reply