Toyota = the next Nokia or Sony?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8095
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

darrelund wrote: 29 Sep 2021, 01:15
Duvebriliant0 wrote: 26 Sep 2021, 18:46
yang bikin tim F1nya bubar juga karena kaizen stylenya itu... tp sy rasa bener sih klo nanti sampe tertekan banget pasti langsung all out itu ngejer EV
itu Tacoma yg baru juga gitu om, the power of kepepet :big_biglaugh:

tiba" ngasih fitur yg segitu banjirnya (kyk lcd full widescreen speedo & infotainment 14") karena sering disikat sama F150

padahal kedua fitur itu seringkali kita harus beli lexus baru dapet
setuju, makanya kl dibilang sektor ini lambat juga engga. mungkin dulu iya tapi skrg jaman udah berubah. skrg keputusan pembelian bisa dpt info dgn mudah dan gratis ttg produknya, ada segala macam review. jaman skrg dijuluki "sudden change" era kata salah satu guru besar univ, apapun bisa berubah dgn tiba2 tadinya market leader bisa jd ga laku. contohnya: liat aja penjualan corolla di indonesia. oke krn pajak sedan lbh mahal dsb tp kl memang mobilnya menarik pasti laku, masalahnya kan selera dan kebutuhan konsumen sdh berubah. justru di era internet ini yg harus Keeping up with the Joneses bukan konsumer tp juga produsen. liat saingan kiri kanan produknya pada lbh menarik masa dia mau diem aja, ya ga laku. apalagi skrg semua2 serba ttg "hype" posting sana sini di sosmed.

dan juga kita jangan cuma liat market dalam negri krn sebetulnya new car sales per capita indonesia itu relatif kecil.

btw, bicara ev di norway, salah satu challenge terbesar di negara sub arctic gitu adalah konsumsi daya utk menyalakan heater itu nyedot dr battery dan konsekuensinya cruising range jadi berkurang drastis. di nordic mobil hybrid itu resale value nya jatuh, mungkin salah satunya krn faktor itu, pdhl itu hybrid lho. sptnya masalah yg sama akan dialami jg di negara tropis yg ac mobil hrs nyala terus, ambil daya dr battery. spt kita tau bahwa hvac system itu heat transfer process yg memerlukan daya besar (e.g. mesin dryer laundry, hand dryer, hair dryer, ac rumah) kl ambil source dr battery ya gimana, apalagi charging time lama n station msh ga jelas ada dimana aja. sptnya ice msh relevan utk kasus begitu. makanya sy bilang, jangan2 tiba2 muncul produk revolusioner, pake proses nuclear kecil kek yg klpun bocor impact nya ga hazardous.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8095
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

sepertinya big boss tmc betul2 reluctant ttg EV. dan memang alasannya kuat, unemployment akan meningkat. mobil ev relatif lebih mudah dibuat dgn lebih sedikit human power dlm fabrikasinya. trus require less maintenance jd mekanik dll di beres akan berkurang.
penasaran bagaimana kiprah di masa depan merk ini.

Screenshot_20210929_063203.jpg
Screenshot_20210929_063203.jpg (168.66 KiB) Viewed 322 times

source: https://otomotif.sindonews.com/read/551 ... 1632661772
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5579
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Re:

Post by kompresorz »

Zaxis wrote: 27 Sep 2021, 11:41 https://www.reuters.com/business/autos- ... 021-09-13/

Bikin BEV pasti gampang buat Toyota mah
Di Tiongkok aja banyak pabrik bev baru tuh
Toyota mungkin uda abis duit rnd hybrid tapi blom balik modal kali
Jadi masih ogah jualan bev
wah ini kopdar traktir mie ncek legenda...lurus trs postnya gak pake belok zig zag...



padahal simpel aja...

sudah keluar duit bnyk hibrid n hidro...

eh dihantam ev....

sakitnya tuh isi dompet....

wajar ajalah toyita ngamuk....bikin hokzzz...

segala kedepan begini ...begono...ky dukun aja....
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1379
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by b0ku »

darrelund wrote: 29 Sep 2021, 01:12
Tapi target market juga ngaruh ga ya om? soalnya saya liat kyk di EU/USA toyota ini lebih agresif dalam engineering & fitur. Selain netizen sana mulutnya pedes, kompetitornya juga kuat bgt.

kayak Tacoma yg baru, tiba" mereka ngasih layar full lcd yang biasanya cuma di lexus & pake layar infotainment 14 inch, yang biasanya juga diatas 8 inch itu udah daerahnya lexus.

mesin pake V35A yg itu juga cuma dipake di LC & Lexus, padahal Toyota pickup tapi niatnya kayak bikin Lexus.
Toyota balik lagi bagus itu karena mahal kalo toyota murah ya ngerasain sendiri deh fitur sih fitur cuma what a mess contoh yaris aja makin canggih makin makin banyak fitur tapi larinya makin parah :big_biglaugh:

belom lagi toyota kan awet karena selalu drivetrainnya pake tech lama padahal yang laen ud adopsi tech baru, ditambah konsumen otomotif banyak yang butuh cuma sekedar buat point A KE B aja nyari aman ya beli toyota karena simple gampang di maintain taro ke bengkel mana aja juga bisa nanganin, dan terbukti kok kek kemaren temen saya nyari mobil bekas dana cuma 60jtan max tapi butuh yang gede buat angkut barang dan tiap hari mobile saya lsg mikir ambil kijang kapsul karena tech butut gampang di maintain ditambah harga partsnya receh semua di banding 2 mobil saya macem ge8 atau pajero spot :mky_01:

tapi liat aja tuh toyota yang mulai modern sama aja sih durabalitynya kayak alphard CVT banyak yang rontok kek cvtnya honda :big_biglaugh:, ditambah camry hybrid batrenya banyak jebol saya banyak terima jualan camry hybrid batrenya ud jebol dan benerinnya juga gak murah di nonresmi konon 30jtan di resmi 50jtan :big_bored:, sama satu lagi keunggulan mobil jepang biarpun canggih tapi sensor2xnya lebih sedikit dan begitu trouble solved check engine pun mati sendiri tanpa kita butuh obd scanner contoh paling canggih ya mazda pas aki abis semua nyala tapi gitu saya beresin tinggal matiin waktu agak lama idupin lagi semua langsung mati padahal ya mazda bisa di bilang paling mendekati mobil jerman :mky_01:
kompresorz wrote: 29 Sep 2021, 08:05
Zaxis wrote: 27 Sep 2021, 11:41 https://www.reuters.com/business/autos- ... 021-09-13/

Bikin BEV pasti gampang buat Toyota mah
Di Tiongkok aja banyak pabrik bev baru tuh
Toyota mungkin uda abis duit rnd hybrid tapi blom balik modal kali
Jadi masih ogah jualan bev
wah ini kopdar traktir mie ncek legenda...lurus trs postnya gak pake belok zig zag...



padahal simpel aja...

sudah keluar duit bnyk hibrid n hidro...

eh dihantam ev....

sakitnya tuh isi dompet....

wajar ajalah toyita ngamuk....bikin hokzzz...

segala kedepan begini ...begono...ky dukun aja....
masalahnya transisi ke BEVnya pemaksaaan saya awalnya mikir BEV cuma akan jadi opsi kek mesin diesel kalo emang lebih baik lama2x mesin bensin tersingkir dan akhirnya punah sendiri, cuma keknya belom perang BEVnya ud ngerasa kalah duluan akhirnya pake UU buat matiin combustion, ya jelas lah ngamoeeek saya aja dari pengen coba honda E sama taycan kesel lama2x kalo tesla emang gak suka sih abis katro :mky_01:, jadi gak suka sama semua BEV, ditambah fanboy BEV kek diatas angin komennya jd berasa paling ngerti otomotif :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3105
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 06:38 sepertinya big boss tmc betul2 reluctant ttg EV. dan memang alasannya kuat, unemployment akan meningkat. mobil ev relatif lebih mudah dibuat dgn lebih sedikit human power dlm fabrikasinya. trus require less maintenance jd mekanik dll di beres akan berkurang.
penasaran bagaimana kiprah di masa depan merk ini.


Screenshot_20210929_063203.jpg


source: https://otomotif.sindonews.com/read/551 ... 1632661772
unemployment gak bisa dihindari.
sekarang udah mulai terasa.

dari mana?
pandemics yg berkepanjangan, membuat pengusaha muter otak buat efisiensi.
klo ada dana lebih, mulai coba hal-hal baru yg bisa simplify dan automate manual process, sehingga efisiensi OPEX tercapai dalam jangka panjang.

ada opportunity = ada demand = butuh supply.
produsen hardware dan software mulai berlomba-lomba untuk membuat sesuatu yg punya impact besar terhadap efisiensi tsb.

apalagi mobil, tesla dan produsen EV lain, udah siap ketika EV trend menyerang dgn harga yg lbh terjangkau.
gak nutup kemungkinan dalam waktu bbrp thn ke depan, kita lihat EV dgn harga <300 mio :big_biglaugh:

ujung2nya, idealisme akan kalah dgn market, yang punya buying decision cenderung mengikuti trend, dari influence org2 terkenal, terdekat, dsb via online review, socmed, dkk :ungg:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8095
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 29 Sep 2021, 09:03
Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 06:38 sepertinya big boss tmc betul2 reluctant ttg EV. dan memang alasannya kuat, unemployment akan meningkat. mobil ev relatif lebih mudah dibuat dgn lebih sedikit human power dlm fabrikasinya. trus require less maintenance jd mekanik dll di beres akan berkurang.
penasaran bagaimana kiprah di masa depan merk ini.


Screenshot_20210929_063203.jpg


source: https://otomotif.sindonews.com/read/551 ... 1632661772
unemployment gak bisa dihindari.
sekarang udah mulai terasa.

dari mana?
pandemics yg berkepanjangan, membuat pengusaha muter otak buat efisiensi.
klo ada dana lebih, mulai coba hal-hal baru yg bisa simplify dan automate manual process, sehingga efisiensi OPEX tercapai dalam jangka panjang.

ada opportunity = ada demand = butuh supply.
produsen hardware dan software mulai berlomba-lomba untuk membuat sesuatu yg punya impact besar terhadap efisiensi tsb.

apalagi mobil, tesla dan produsen EV lain, udah siap ketika EV trend menyerang dgn harga yg lbh terjangkau.
gak nutup kemungkinan dalam waktu bbrp thn ke depan, kita lihat EV dgn harga <300 mio :big_biglaugh:

ujung2nya, idealisme akan kalah dgn market, yang punya buying decision cenderung mengikuti trend, dari influence org2 terkenal, terdekat, dsb via online review, socmed, dkk :ungg:
apalagi dgn adanya pandemi. makin memperburuk.

pdhl kalau dipikir2 justru setelah terpuruk akibat pandemi diperlukan lapangan pekerjaan. kl sampai angka payroll turun drastis berarti buying power juga anjlok. percuma bikin mobil pakai robot krn mau efisiensi tp mobil hasil produksi pada numpuk di gudang/stock yard krn demand menurun akibat daya beli yg terpukul.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3105
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 09:34
Suryaputra wrote: 29 Sep 2021, 09:03
Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 06:38 sepertinya big boss tmc betul2 reluctant ttg EV. dan memang alasannya kuat, unemployment akan meningkat. mobil ev relatif lebih mudah dibuat dgn lebih sedikit human power dlm fabrikasinya. trus require less maintenance jd mekanik dll di beres akan berkurang.
penasaran bagaimana kiprah di masa depan merk ini.


Screenshot_20210929_063203.jpg


source: https://otomotif.sindonews.com/read/551 ... 1632661772
unemployment gak bisa dihindari.
sekarang udah mulai terasa.

dari mana?
pandemics yg berkepanjangan, membuat pengusaha muter otak buat efisiensi.
klo ada dana lebih, mulai coba hal-hal baru yg bisa simplify dan automate manual process, sehingga efisiensi OPEX tercapai dalam jangka panjang.

ada opportunity = ada demand = butuh supply.
produsen hardware dan software mulai berlomba-lomba untuk membuat sesuatu yg punya impact besar terhadap efisiensi tsb.

apalagi mobil, tesla dan produsen EV lain, udah siap ketika EV trend menyerang dgn harga yg lbh terjangkau.
gak nutup kemungkinan dalam waktu bbrp thn ke depan, kita lihat EV dgn harga <300 mio :big_biglaugh:

ujung2nya, idealisme akan kalah dgn market, yang punya buying decision cenderung mengikuti trend, dari influence org2 terkenal, terdekat, dsb via online review, socmed, dkk :ungg:
apalagi dgn adanya pandemi. makin memperburuk.

pdhl kalau dipikir2 justru setelah terpuruk akibat pandemi diperlukan lapangan pekerjaan. kl sampai angka payroll turun drastis berarti buying power juga anjlok. percuma bikin mobil pakai robot krn mau efisiensi tp mobil hasil produksi pada numpuk di gudang/stock yard krn demand menurun akibat daya beli yg terpukul.

seleksi alam.. ujung2nya yg bertahan yg punya market dan capital kuat :upss:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8095
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 29 Sep 2021, 09:41
Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 09:34
Suryaputra wrote: 29 Sep 2021, 09:03

unemployment gak bisa dihindari.
sekarang udah mulai terasa.

dari mana?
pandemics yg berkepanjangan, membuat pengusaha muter otak buat efisiensi.
klo ada dana lebih, mulai coba hal-hal baru yg bisa simplify dan automate manual process, sehingga efisiensi OPEX tercapai dalam jangka panjang.

ada opportunity = ada demand = butuh supply.
produsen hardware dan software mulai berlomba-lomba untuk membuat sesuatu yg punya impact besar terhadap efisiensi tsb.

apalagi mobil, tesla dan produsen EV lain, udah siap ketika EV trend menyerang dgn harga yg lbh terjangkau.
gak nutup kemungkinan dalam waktu bbrp thn ke depan, kita lihat EV dgn harga <300 mio :big_biglaugh:

ujung2nya, idealisme akan kalah dgn market, yang punya buying decision cenderung mengikuti trend, dari influence org2 terkenal, terdekat, dsb via online review, socmed, dkk :ungg:
apalagi dgn adanya pandemi. makin memperburuk.

pdhl kalau dipikir2 justru setelah terpuruk akibat pandemi diperlukan lapangan pekerjaan. kl sampai angka payroll turun drastis berarti buying power juga anjlok. percuma bikin mobil pakai robot krn mau efisiensi tp mobil hasil produksi pada numpuk di gudang/stock yard krn demand menurun akibat daya beli yg terpukul.

seleksi alam.. ujung2nya yg bertahan yg punya market dan capital kuat :upss:
ga semua spt itu. kebanyakan negara yg menganut dasar social democracy spt nordic, swiss, dan canada disana perusahaan berkolaborasi. negara hadir memberikan guidance spy sama2 survive, yg kuat yg punya market membantu yg lemah. beda dgn negara yg emang dasarnya pure capitalism.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3105
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 09:45
Suryaputra wrote: 29 Sep 2021, 09:41
Omnibus wrote: 29 Sep 2021, 09:34

apalagi dgn adanya pandemi. makin memperburuk.

pdhl kalau dipikir2 justru setelah terpuruk akibat pandemi diperlukan lapangan pekerjaan. kl sampai angka payroll turun drastis berarti buying power juga anjlok. percuma bikin mobil pakai robot krn mau efisiensi tp mobil hasil produksi pada numpuk di gudang/stock yard krn demand menurun akibat daya beli yg terpukul.

seleksi alam.. ujung2nya yg bertahan yg punya market dan capital kuat :upss:
ga semua spt itu. kebanyakan negara yg menganut dasar social democracy spt nordic, swiss, dan canada disana perusahaan berkolaborasi. negara hadir memberikan guidance spy sama2 survive, yg kuat yg punya market membantu yg lemah. beda dgn negara yg emang dasarnya pure capitalism.
ya skrg spt itu.
collab, bukan compete.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11188
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 28 Sep 2021, 23:01
nope itu karena denger nama2x tech yang di pakenya aja faktanya mesin honda sama chasis honda itu lebih presisi biarpun toyota terlihat build quality lebih bagus tapi kalo ud kita ngerasain engineringnya honda jauh lebih enak dan akurat sedangkan toyota kadang tech itu kek cuma asal tempel buat narik minat buyer aja lebih ke marketing bukan ke fell driving, biarpun biasanya honda bakalan ikut jejak toyota ya gak heran makin lama honda juga makin hambar karena dia sendiri mau gak mau ikutin langkah toyota contoh sekarang paling keliatan adalah CITY HB yang ngikut2x yaris lele dan platom brio dan BRV pake platfom lama tapi di tempel muka, mesin dan fitur2x baru biar keliatan all new, malah brio gen 2 masih pake kode chasis DD1, brv baru aja keliatannya masih pake platfom lama liat aja kemungkinan masih DG tapi mungkin angkanya berubah karena mesin baru, semua itu saya bilang resep toyota yang di ikutin honda biarpun honda sendiri masih ada fun to drivenya tapi lama2x males juga :big_bored:
new brio kayaknya pake elongated chassis lama ya... wheelbase nya nambah kan ?

cuma honda hebat jg dia gak ubah chassis, modal install bushing dan damper baru bisa bikin brio gen 2 lebih gak gedubrakan dan tetep presisi ride nya.

tapi bener kalo sbenernya walau judulnya sama-sama honda pake CVT vs toyota, honda CVT itu kalo gak salah lbh advanced makanya olinya jg gak bisa pake generic.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1379
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Toyota = the next Nokia or Sony?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 29 Sep 2021, 11:27
b0ku wrote: 28 Sep 2021, 23:01
nope itu karena denger nama2x tech yang di pakenya aja faktanya mesin honda sama chasis honda itu lebih presisi biarpun toyota terlihat build quality lebih bagus tapi kalo ud kita ngerasain engineringnya honda jauh lebih enak dan akurat sedangkan toyota kadang tech itu kek cuma asal tempel buat narik minat buyer aja lebih ke marketing bukan ke fell driving, biarpun biasanya honda bakalan ikut jejak toyota ya gak heran makin lama honda juga makin hambar karena dia sendiri mau gak mau ikutin langkah toyota contoh sekarang paling keliatan adalah CITY HB yang ngikut2x yaris lele dan platom brio dan BRV pake platfom lama tapi di tempel muka, mesin dan fitur2x baru biar keliatan all new, malah brio gen 2 masih pake kode chasis DD1, brv baru aja keliatannya masih pake platfom lama liat aja kemungkinan masih DG tapi mungkin angkanya berubah karena mesin baru, semua itu saya bilang resep toyota yang di ikutin honda biarpun honda sendiri masih ada fun to drivenya tapi lama2x males juga :big_bored:
new brio kayaknya pake elongated chassis lama ya... wheelbase nya nambah kan ?

cuma honda hebat jg dia gak ubah chassis, modal install bushing dan damper baru bisa bikin brio gen 2 lebih gak gedubrakan dan tetep presisi ride nya.

tapi bener kalo sbenernya walau judulnya sama-sama honda pake CVT vs toyota, honda CVT itu kalo gak salah lbh advanced makanya olinya jg gak bisa pake generic.
bukannya cuma revisi pantat doank biar bagasinya lebih gede??? karena parah banget bagasi brio dulu saya jalan2x ke bali rental brio cuma bawa koper ukuran kecil aja gak muat masuk bagasi hasilny kopernya di taro di row 2 untung cuma be 2 biarpun saya puass pake tuh mobil di bali bener2x cocok sama jalanannya :mky_03:

ya balik lagi gak heran dulu brio penjualannya kalah sama agya/ayla cuma gara2x bagasi doank gitu benahin bagasi langsung best selling terus :mky_03:

setau saya honda CVT itu hasil bikinan honda sendiri produksi sendiri :big_think: beda sama toyota yang biasanya pake supllier biasanya sih aisin :big_think: dan denger dari temen saya yang bengkel gearbox manual honda pun olinya pake oli mesin gak pake oli gear jd kalo saya sih kalo dah honda gak berani oli maticnya sembarangan mendingan beli CAP H aja ud pengalaman di CRV gen 2 pake spirax dipikir biar bagus malah rontok abis 8jt :big_cry: karena mereka bikin gearbox sendiri
Post Reply