Halo gan, kebetulan saya pake 2 item ini walaupun coilovernya dipasang di mobil yg berbeda. Saya pake mpv boxy (serena C27) dan saya juga pasang coilover Tein Street Advance Z + EDFC di Mazda CX-5 FL 2015. Jadi at least saya bisa bandingkan karakternya, saya assume mpv boxy yg agan pake mirip dengan serena C27 ya karakternya dan Tein yg agan pakai ini karakternya sama/mirip dengan yg saya pakai.
Mohon sharing dan pencerahannya, apakah benar bisa disetting seempuk dan senyaman suspensi standar pabrikan?
Untuk setting empuk itu dipengaruhi 2 hal: keras/lembek per/shock dan jarak travel suspensi, jadi kalo per/shock dibuat lembek saja tapi travel suspensinya pendek hasilnya jadi bouncing (mantul-mantul), sebab travel suspensinya ga cukup panjang untuk meredam guncangan (keburu kepentok). Jadi kalo karakter Tein mau dibuat "bouncing/jatuh"nya senyaman dengan bawaan pabrik mpv boxy, menurut saya ga akan bisa, sebab travel suspensi Tein ga akan sepanjang bawaan mpv boxy (atau standar bawaan pabrik), alhasil kalo ketemu polisi tidur dia bakal mantul kurleb 2-3x kalau diset ke settingan paling soft (16 click), jadi mobil rasanya nyoi-nyoi gitu. Ini beda dengan serena saat ketemu polisi tidur, dia jatuhnya itu enak: pelan2 dan tidak se-nyoi-nyoi tein.
Tapi, khusus untuk CX-5 2015 model yg saya pakai (yg model baru >= 2017 jauuh lebih empuk bantingannya), saya merasa memang bantingan Tein ini bisa lebih empuk dari pabrikannya saat ketemu jalan penuh kerikil kalo pas road trip, tinggal set ke settingan paling soft, lsg berasa seperti naik kapal pesiar, batu kerikil tidak terasa sama sekali pdhl saya pakai velg 22", tapi waktu masih pakai per/shock dan velg bawaan pabrik, ga bisa cepet2 saat lewat jalan penuh kerikil karena di dalam mobil rasanya udh kaya diaduk2.
Apa plus minusnya menggunakan coilover?
Handling sebenarnya dibanding bawaan CX-5 2015 lebih tajam bawaan CX-5 ya walaupun Tein ini sudah saya setting ke setelah paling keras, tapi mungkin juga karena tapak ban yg terlalu lebar dibanding pabrikan (265 vs 225). Tapi ya jelas dibanding sama serena ya lebih enak Tein ya kalo untuk selip2 di tol haha.
Lalu untuk "kepraktisan", enaknya si Tein ini kalau dipadukan dengan EDFCnya kita bisa ganti2 karakter suspensi lsg dari dlm kabin, misal lagi pengen handling ato kondisi jalan mulus tapi bergelombang, set ke yg lebih keras, kondisi jalan kurang mulus atau lagi pengen nyaman, tinggal set ke yg lebih empuk.
Untuk "looks", kalo lagi pengen ceper, tinggal bawa ke bengkel (ato kerjain sendiri jg bisa), setting preload supaya lebih pendek, kalo lagi pengen tinggi juga tinggal setting saja. Cmn memang utk yg Tein Street Advanze Z ini setting ride height menggunakan preload mempengaruhi juga ke rasa bantingannya, kalo yg model di atasnya (Tein Flex ya rasanya?) settingan preload & ride heightnya bisa independent.
Untuk minus menurut saya ga enaknya bouncing saat di poldur itu saja kalo pas di settingan yg agak empuk, oya sama awalnya si ban belakang gesrot ya karena tapak ban yg terlalu lebar dan diameter nambah kurleb 0.5-1cm, ngakalinnya saya pasang camber kit utk miringin ban belakang supaya ga gesrot.
Tapi balik lagi ke peruntukan mobil agan, saya sempat kepikiran ganti velg c27 ke 18" dan pasang tein lagi, tapi krn ini mobil sy beli ngincar kenyamanan bantingan dan bukan utk handling dan bawaannya juga sudah nyaman, niat saya utk ganti jadi tidak bulat2 dan malas ke bengkel jg musim korona gini. Kalau dulu yg CX-5 memang saya niatnya jg buat bikin lebih nyaman bantingannya dibanding bawaannya (bkn handling loh ya), jadi saya ganti, pas udh ceper kok velgnya kurang besar, jadi ganti ke 22" haha.
Semoga bisa memberi pencerahan.