Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Profith83 »

ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 3:41
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 3:35
Ya namanya manusia mbah, selalu cari yang paling enak.
Saya kadang juga agak gimana gitu pas baca ada yg bilang setirnya anki terasa berat....kayaknya belum pernah coba mobil jadul2 yang non power steering. Tiap parkir 2x bisa abis nasi padang 1 bungkus tuh.
Atau jendela yang masih kerekan.

Tapi ya namanya teknologi, selalu berkembang. Mungkin satu saat nanti epb sama brake hold ini jadi satu fitur standard macem power window. Lebih reliable dan perbaikannya bisa lebih simple
yah di jaman anak baru gede skrg baru bisa nyetir klo mobil bokapnya avanza xenia aja udah electric power steering dan udah masanya elsegese :big_bored:

gw dulu lumayan masih remaja pegang xenia lama aja masih itungannya berat dibanding mobil mobil skrg. pegang L300 non-PS juga pernah beberapa kali pindah ke SX4 rasanya ringan banget nih setir padahal buat ukuran mobil modern SX4 tuh berat naudzubillah :big_biglaugh: anki ribon klo pindah dari gnki sehh rasanya ringan bgt.

nah sekarang aja udah jadi fitur standar tinggal gimana tuh pabrikan nanti mikir caranya manual override parking brake elektrik...

tp makin kesini cust kayak dibuat makin bergantung ama bengkel resmi sih... yang curang tuh pabrikan sekarang emang berusaha sebisa mungkin orang harus ke bengkel resmi :big_bored: makanya yg serba manual diilangin dan ancaman warranty void akan selalu di depan mata.

ini tuh macem kejar kejaran maling mobil ama teknologi keamanan aja sebenernya. gimanapun maling tambah canggih pabrikan pasti bikin yang makin canggih and so on.
Benar, teknologi sekarang memang dibuat semua serba electric agar tergantung sama BeRes.
Kalau manual kan bisa dioprek sendiri. Jadi BeRes kurang laku.

Sebenarnya BeRes posisi sulit juga kalau investasi puluhan M, tetapi 80% omset cuma dari servis gratis garansi 3 thn.
Supaya omset penjualan dan sevice naik, dibuatlah semua electric. Jadi pembeli awam kuatir service di luar karena banyak electric.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 3:35
Ya namanya manusia mbah, selalu cari yang paling enak.
Saya kadang juga agak gimana gitu pas baca ada yg bilang setirnya anki terasa berat....kayaknya belum pernah coba mobil jadul2 yang non power steering. Tiap parkir 2x bisa abis nasi padang 1 bungkus tuh.
Atau jendela yang masih kerekan.

Tapi ya namanya teknologi, selalu berkembang. Mungkin satu saat nanti epb sama brake hold ini jadi satu fitur standard macem power window. Lebih reliable dan perbaikannya bisa lebih simple
jadi inget dulu saya gak kuat muterin setir hardtop gerak sedikitpun juga engak konon katanya triknya mobilnya musti sambil jalan :big_biglaugh:
Profith83 wrote: Mon Nov 29, 2021 3:50

Benar, teknologi sekarang memang dibuat semua serba electric agar tergantung sama BeRes.
Kalau manual kan bisa dioprek sendiri. Jadi BeRes kurang laku.

Sebenarnya BeRes posisi sulit juga kalau investasi puluhan M, tetapi 80% omset cuma dari servis gratis garansi 3 thn.
Supaya omset penjualan dan sevice naik, dibuatlah semua electric. Jadi pembeli awam kuatir service di luar karena banyak electric.
ya tapi disini masih mending lah, ada merek amrik yang sekarang jadi berhala malah kerjaannya ngerjain customernya mulu hebatnya lagi bisa blocking dia buat isi tenaga lagi, mungkin ntar lama2x kalo diotaatik gak sesuai sama T&C merek di shut down di tengah jalan kali :big_biglaugh:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Zaxis »

Mobil sejuta umat dia pas fl dibikin pake epb
Siap2 rame komplen itu mah

Untung nya ai pecinta rem otot lebih gampang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Mon Nov 29, 2021 3:50
Benar, teknologi sekarang memang dibuat semua serba electric agar tergantung sama BeRes.
Kalau manual kan bisa dioprek sendiri. Jadi BeRes kurang laku.

Sebenarnya BeRes posisi sulit juga kalau investasi puluhan M, tetapi 80% omset cuma dari servis gratis garansi 3 thn.
Supaya omset penjualan dan sevice naik, dibuatlah semua electric. Jadi pembeli awam kuatir service di luar karena banyak electric.
atau kalo sekarang maen curangnya semua beban biaya servisnya dijual bundle sama harga mobilnya terus di mark-up setinggi tingginya. ini trik nya pabrikan jerman macem BMW/mercedes tapi ditiru skrg ama mitsubishi dengan judul "FREE SERVICE". upsell nya ya sekalian aja sama servicenya. toh kebanyakan service gratis tuh udah abis duluan koq sebelum waktunya.

lagian beres / dealer tuh sebenernya makin irrelevant gak sih... mungkin ke depannya mereka cuma butuh kantor administrasi ama gudang doank beli mobilnya tinggal via online. jadi model kemitraan macem gojek.

mekanik ah bisa koq daripada susah susah buka dealer enak kerjasama ama bengkel lokal beli license nya buat service manual yang per thn di update subscriptionnya aja :big_biglaugh:

di mana ya US keknya honda ud mulai kayak gitu orang lokal bisa jualan mobil honda tanpa buka showroom :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Profith83 »

ChZ wrote: Mon Nov 29, 2021 4:05
Profith83 wrote: Mon Nov 29, 2021 3:50
Benar, teknologi sekarang memang dibuat semua serba electric agar tergantung sama BeRes.
Kalau manual kan bisa dioprek sendiri. Jadi BeRes kurang laku.

Sebenarnya BeRes posisi sulit juga kalau investasi puluhan M, tetapi 80% omset cuma dari servis gratis garansi 3 thn.
Supaya omset penjualan dan sevice naik, dibuatlah semua electric. Jadi pembeli awam kuatir service di luar karena banyak electric.
atau kalo sekarang maen curangnya semua beban biaya servisnya dijual bundle sama harga mobilnya terus di mark-up setinggi tingginya. ini trik nya pabrikan jerman macem BMW/mercedes tapi ditiru skrg ama mitsubishi dengan judul "FREE SERVICE". upsell nya ya sekalian aja sama servicenya. toh kebanyakan service gratis tuh udah abis duluan koq sebelum waktunya.

lagian beres / dealer tuh sebenernya makin irrelevant gak sih... mungkin ke depannya mereka cuma butuh kantor administrasi ama gudang doank beli mobilnya tinggal via online. jadi model kemitraan macem gojek.

mekanik ah bisa koq daripada susah susah buka dealer enak kerjasama ama bengkel lokal beli license nya buat service manual yang per thn di update subscriptionnya aja :big_biglaugh:

di mana ya US keknya honda ud mulai kayak gitu orang lokal bisa jualan mobil honda tanpa buka showroom :big_biglaugh:
FREE SERVICE kan selama masa warranty, paling lama 5 thn. kelas mobil German.
Honda lumayan sudah berani kasih warranty extension jadi 5 thn biarpun memang nambah biaya.
Tapi lumayan saya nambah Warranty jadi 5 thn.

Karena pada waktu 4.5 tahun muncul semua part yang jebol: (sebenarnya sudah mulai muncul di umur 4 thn)
1. Lower arm ganti satu set kiri dan kanan
2. Engine mounting kanan diganti
3. Maste rem.

Jadi service gratis cuma selama masa warranty yaitu max 5 thn

Kalau ada warranty 15 thn enak yah ... tapi males juga servis tiap 6 bulan disono gan suruh ngikutin ganti ini dan ganti itu.

Memang sekarang pembuatan mobil baru seakan akan supaya kita "BERGANTUNG" ke bengkel resmi

Hiks di rumah ada 1 mobil yang ada EPB nya, HRV jadi was was
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

Profith83 wrote: Mon Nov 29, 2021 4:19
FREE SERVICE kan selama masa warranty, paling lama 5 thn. kelas mobil German.
Honda lumayan sudah berani kasih warranty extension jadi 5 thn biarpun memang nambah biaya.
Tapi lumayan saya nambah Warranty jadi 5 thn.

Karena pada waktu 4.5 tahun muncul semua part yang jebol: (sebenarnya sudah mulai muncul di umur 4 thn)
1. Lower arm ganti satu set kiri dan kanan
2. Engine mounting kanan diganti
3. Maste rem.

Jadi service gratis cuma selama masa warranty yaitu max 5 thn

Kalau ada warranty 15 thn enak yah ... tapi males juga servis tiap 6 bulan disono gan suruh ngikutin ganti ini dan ganti itu.

Memang sekarang pembuatan mobil baru seakan akan supaya kita "BERGANTUNG" ke bengkel resmi

Hiks di rumah ada 1 mobil yang ada EPB nya, HRV jadi was was
klo di mitsubishi free servicenya gak ikut warranty mbah itungannya beda lagi... kemarin xpander saya udah abis entah kenapa padahal baru 2 taun :big_bored: mereka itungnya dari berapa kupon servis terpake.

yang males tuh mobil jerman inggris dkk... jadi alesan buat mark up harga jasa servis :big_bored: liat betapa jomplangnya harga servis bengkel resmi mobil jerman vs servis di luaran sih bikin mo muntah, bisa buat liburan selisihnya.

kelas VW golf TSI aja gw bisa hemat 3juta di luar bengkel resmi. temen gw W221 S-Class dibawa bengkel luar abisnya cuma 1/4 bengkel resmi buat kerjaan dan item yang sama mekaniknya modal buka google buat gimana ngebuka baut baut ama reset indikator :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by omenRoo »

waduh.. mobil gw umur 11 tahun, alhamdulillah EPB nya gak pernah problem.. ngeri juga yah
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by BADAK »

Hmm.. Ternyata memang sudah banyak yg was2 dgn teknologi ini.
Dan sialnya saya yg mengalami nya dalam keadaan yg gak enak :big_cry:
Saya share disini agar rekan2 lebih aware n antisipatif thd kejadian yg mungkin terjadi seperti yg saya alami. Masih untung seandainya EPB macet ketika mobil posisi di garasi, atau paling tidak msh didalam kota yg dekat dengan rumah. Coba bayangkan seandainya kita sedang perjalanan keluar kota melintasi desa/pedalaman yg jauh dr rumah, nyetir sendirian, kebetulan kebelet buang air, carilah semak2 yg sepi, mobil dipinggirkan, EPB diaktifkan. Waktu mau jalan kembali Dhuarrr...tiba2 EPB malfunction :big_biglaugh:
Cari montir konvensional gak ngerti, mau cari towing jaraknya masih jauh, teknisi beres bisa datang keesokan hari nya . Rasanya horror banget :big_biglaugh:

Sekarang teknisi dr mitsu sedang visit untuk pick up mobil saya di desa. Belum apa2 udah kena charge pick up didepan. Hahaha
Sebaeknya rekan2 SM yg mobilnya pake EPB untuk lebih aware masalah ini. Ibaratnya ban mobil yg sewaktu2 bisa bocor kapanpun dan dimanapun, kita harus siap dan tau apa yg harus dilakukan seandainya EPB tiba2 malfunction. Kata teknisi yg handle td ANPS udah ada beberapa yg mengalami hal seperti ini. Kondisinya juga sama, mobil ditinggal ditempat menunggu beres buka keesokan harinya.
Solusi emergency nya yg bisa dicoba, ada kunci L panjang di tool kit, buka tutup modul dikolong, nanti ada yg perlu disogrok untuk release manualnya. Itupun kata teknisi nya susah kalo belum biasa. Cara tiap mobil mungkin bisa berbeda. Tidak ada salahnya kita latihan dulu di rumah, ibaratnya latihan mengganti ban bocor :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:03 buat pajero keknya emang agak sering soalnya di youtube banyak

ini cara releasenya
mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 4:51
mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
sama aja kek nyetel settingan supensi saya tinggal muter knob doank cuma malesnya kudu ngolong :big_bored:

itu EPB sih keliatannya gak susah cuma kudu ngolong juga terus ganjel batu ntar ud release tau2x gelinding ke indomaret gak lucu :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 4:51
b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:03 buat pajero keknya emang agak sering soalnya di youtube banyak

ini cara releasenya
mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
Kalau lampu merah sekalian saja masukin youtube biar viral mbah kalau EPB mobil merk X macet.
Nanti kita dapat minta maaf dan bgingkisan.

Sedangkan principal pasti cari cara improvement ke depannya.

Kalau tidak viral yah mereka mana mungkin improvement :big_biglaugh: :big_biglaugh: Manusiawi banget wkwkwkwkw
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by pengendiesel »

b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:50
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 3:35
Ya namanya manusia mbah, selalu cari yang paling enak.
Saya kadang juga agak gimana gitu pas baca ada yg bilang setirnya anki terasa berat....kayaknya belum pernah coba mobil jadul2 yang non power steering. Tiap parkir 2x bisa abis nasi padang 1 bungkus tuh.
Atau jendela yang masih kerekan.

Tapi ya namanya teknologi, selalu berkembang. Mungkin satu saat nanti epb sama brake hold ini jadi satu fitur standard macem power window. Lebih reliable dan perbaikannya bisa lebih simple
jadi inget dulu saya gak kuat muterin setir hardtop gerak sedikitpun juga engak konon katanya triknya mobilnya musti sambil jalan :big_biglaugh:
Hardtop :upss: saya pas kondisi diem muter setirnya katana saja kayak orang tarik tambang

Nah baru nyadar ternyata orang jaman now banyak yang muter setir kondisi diam yah. Saya pernah diinfo orang bengkel, meskipun ps, tetap usahakan muter setir itu pas mobilnya jalan. Karena dalam kondisi diem, emang di kitanya enteng, tapi yang di bawah tetep aja kerjanya berat. Cmiiw
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by slapnuts »

pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 6:57
b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:50
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 3:35
Ya namanya manusia mbah, selalu cari yang paling enak.
Saya kadang juga agak gimana gitu pas baca ada yg bilang setirnya anki terasa berat....kayaknya belum pernah coba mobil jadul2 yang non power steering. Tiap parkir 2x bisa abis nasi padang 1 bungkus tuh.
Atau jendela yang masih kerekan.

Tapi ya namanya teknologi, selalu berkembang. Mungkin satu saat nanti epb sama brake hold ini jadi satu fitur standard macem power window. Lebih reliable dan perbaikannya bisa lebih simple
jadi inget dulu saya gak kuat muterin setir hardtop gerak sedikitpun juga engak konon katanya triknya mobilnya musti sambil jalan :big_biglaugh:
Hardtop :upss: saya pas kondisi diem muter setirnya katana saja kayak orang tarik tambang

Nah baru nyadar ternyata orang jaman now banyak yang muter setir kondisi diam yah. Saya pernah diinfo orang bengkel, meskipun ps, tetap usahakan muter setir itu pas mobilnya jalan. Karena dalam kondisi diem, emang di kitanya enteng, tapi yang di bawah tetep aja kerjanya berat. Cmiiw
nah ini om, yang saya notice dari beberapa kebiasaan seperti ini kebanyakan dilakukan oleh (maaf) cewek. Beberapa kali disetirin cewek serasa kurang memiliki sense of permobilan, mulai dari muter stir di parkiran paving sambil berhenti, putar balik muter setir mentok sampai bunyi dug, sampai perkara tekanan angin yang ga aware.
Makanya kalau ada iklan mobil eks wanita, justru yang saya hindarin... hahahaha
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by b0ku »

Profith83 wrote: Mon Nov 29, 2021 6:51
Kalau lampu merah sekalian saja masukin youtube biar viral mbah kalau EPB mobil merk X macet.
Nanti kita dapat minta maaf dan bgingkisan.

Sedangkan principal pasti cari cara improvement ke depannya.

Kalau tidak viral yah mereka mana mungkin improvement :big_biglaugh: :big_biglaugh: Manusiawi banget wkwkwkwkw
mustinya pasang hidden emergency release lever tuh ditaro aja di sebelah kaki driver nariknya tapi pake tangan :big_bored:
slapnuts wrote: Mon Nov 29, 2021 7:24
nah ini om, yang saya notice dari beberapa kebiasaan seperti ini kebanyakan dilakukan oleh (maaf) cewek. Beberapa kali disetirin cewek serasa kurang memiliki sense of permobilan, mulai dari muter stir di parkiran paving sambil berhenti, putar balik muter setir mentok sampai bunyi dug, sampai perkara tekanan angin yang ga aware.
Makanya kalau ada iklan mobil eks wanita, justru yang saya hindarin... hahahaha
makannya nayrinya cowo petrolhead dokter biasanya rapi tuh interiornya sama exteriornya tau2x tiap malem minggu di pake ngessot di sentulll :big_biglaugh:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by slapnuts »

b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 7:26
makannya nayrinya cowo petrolhead dokter biasanya rapi tuh interiornya sama exteriornya tau2x tiap malem minggu di pake ngessot di sentulll :big_biglaugh:
kirain dipake yang lain...kwkwkwkw :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ChZ »

slapnuts wrote: Mon Nov 29, 2021 7:24
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 6:57
Hardtop :upss: saya pas kondisi diem muter setirnya katana saja kayak orang tarik tambang

Nah baru nyadar ternyata orang jaman now banyak yang muter setir kondisi diam yah. Saya pernah diinfo orang bengkel, meskipun ps, tetap usahakan muter setir itu pas mobilnya jalan. Karena dalam kondisi diem, emang di kitanya enteng, tapi yang di bawah tetep aja kerjanya berat. Cmiiw
nah ini om, yang saya notice dari beberapa kebiasaan seperti ini kebanyakan dilakukan oleh (maaf) cewek. Beberapa kali disetirin cewek serasa kurang memiliki sense of permobilan, mulai dari muter stir di parkiran paving sambil berhenti, putar balik muter setir mentok sampai bunyi dug, sampai perkara tekanan angin yang ga aware.
Makanya kalau ada iklan mobil eks wanita, justru yang saya hindarin... hahahaha
di sini soalnya gak biasa perempuan ngurusin mobil sendiri. klo masih muda biasanya krn anak horang kayah (ya bisa beliin anaknya mobil pasti horang kayah) juga dilarang ngurus sendiri. disuruh panggil supir atau bokapnya kalo kenapa napa.

angin ban isi berapa ? bensin isi apa ? kapan ganti oli? gak tau, bokap atau suami atau supir yang ngurusin biasanya. ban kempes juga paling di parkiran mall atau jalan rame banyak yang nolongin security atau tukang parkirnya.

sayang sih di sini kurang dibudayakan perempuan bisa ngurusin mobil sendiri. pdhl di beberapa negara minimal ganti ban sendiri dan cek tekanan angin ban tuh basic skill mengemudi juga gak peduli laki / perempuan.

klo soal muter setir makanya sbenernya kita orang tuh rewel mobil gak ada feel bukan semata karena ego "driving enthusiast" aja, feel setir udah mentok atau belum tuh klo orang yang udah biasa pegang mobil ngerti banget ada feedback / resistance dari roda dan itu penting buat kita ngerti arah geraknya roda kemana.

klo gak tau arah gerak rodanya kemana dan seberapa yah asal diputer aja pokoknya belok. jadi gak pake feel nyetirnya, bodyroll kemana-mana, throttle pedal pun diinjek asal either terlalu pelan atau terlalu kenceng krn gak ngerti belok seberapa mobilnya. makanya saya tuh curiga jangan2 EPS punya kesan ringkih tuh bukan cuma karena emang komponennya tp usernya jg gak nyadar klo nyetir asal puntir doang.

apalagi di toko asesoris suka jual pemutar stir 1 tangan itu ya ampun literal neraka itu buat komponen steering. klo liat itu barang di mobil temen gw fix ini orang gak bisa nyetir bener :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 4:51
b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:03 buat pajero keknya emang agak sering soalnya di youtube banyak

ini cara releasenya
mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
Suhu, mau nanya oot dikit.
Mobil baru pas 1000km baiknya ganti oli apa saja? Mesin, matic, gardan? Oli maticnya perlu diflush?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 8:57
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 4:51
b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 3:03 buat pajero keknya emang agak sering soalnya di youtube banyak

ini cara releasenya
mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
Suhu, mau nanya oot dikit.
Mobil baru pas 1000km baiknya ganti oli apa saja? Mesin, matic, gardan? Oli maticnya perlu diflush?
oli mesin sama filter oli sih wajib mbah.
kl matic n gardan bisa jauhan dikit (5k-10k km) soalnya bedding-in nya perlu waktu lbh lama kl gearset. kecuali kl udah ga tahan kaya sy krn mau cepet2 pake full syn jd di 1k udah ganti gardan, 5k kl ga salah ganti atf. tp definitely jangan dibawah 1k krn emang perlu mineral oil buat inreyen (atau apapun yg factory fill).
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 9:37
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 8:57
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 4:51

mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
Suhu, mau nanya oot dikit.
Mobil baru pas 1000km baiknya ganti oli apa saja? Mesin, matic, gardan? Oli maticnya perlu diflush?
oli mesin sama filter oli sih wajib mbah.
kl matic n gardan bisa jauhan dikit (5k-10k km) soalnya bedding-in nya perlu waktu lbh lama kl gearset. kecuali kl udah ga tahan kaya sy krn mau cepet2 pake full syn jd di 1k udah ganti gardan, 5k kl ga salah ganti atf. tp definitely jangan dibawah 1k krn emang perlu mineral oil buat inreyen (atau apapun yg factory fill).
Noted hu, thanks
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 9:44
Noted hu, thanks
most welcome mbah :big_okay:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ongisnade »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 9:37
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 8:57
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 4:51

mantep. gampang banget sebetulnya itu, apalagi mobil tinggi ga perlu dongkrak tinggal ngolong. cumaaaa ...... kl lg ujan jadi PR banget. dan sy ga kebayang kl kejadiannya di lampu merah pas lg pake parking brake eh ga mau lepas. :upss:
Suhu, mau nanya oot dikit.
Mobil baru pas 1000km baiknya ganti oli apa saja? Mesin, matic, gardan? Oli maticnya perlu diflush?
oli mesin sama filter oli sih wajib mbah.
kl matic n gardan bisa jauhan dikit (5k-10k km) soalnya bedding-in nya perlu waktu lbh lama kl gearset. kecuali kl udah ga tahan kaya sy krn mau cepet2 pake full syn jd di 1k udah ganti gardan, 5k kl ga salah ganti atf. tp definitely jangan dibawah 1k krn emang perlu mineral oil buat inreyen (atau apapun yg factory fill).
Nah kebetulan nih lagi bahas atf/gardan. Kalau ANPS yg cocok apa mbah untuk oli gardan dan atf rencana mau ganti di km 15k yg full synthetic. Kemarin service 10 k kelupaan mau ganti
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by marmut »

b0ku wrote: Mon Nov 29, 2021 7:26

makannya nayrinya cowo petrolhead dokter biasanya rapi tuh interiornya sama exteriornya tau2x tiap malem minggu di pake ngessot di sentulll :big_biglaugh:



om, sepengalaman saya, warga sini interior exteriornya lebih bagus dari mobil baru.
yang dokter ada, itu kondisi mobilnya ngeri banget.... ngeri mau megang takut jadi kotor.
saya ngedeket ke mobilnya aja sampe keringet dingin degdegan tensi naik turun gaje.

🙈

yang non dokter juga ada. inisialnya bnz.
jangankan interior eksterior, internal mesinnya saja seperti baru selesai dirakit padahal odo sudah 100rb lebih.
belum lagi yang inisial mnbs sama jsmb. trus ada lagi inofa 2kd kepunyaan rtgrng, kolongnya gaada debu.

yang lainnya masih banyak dan ga mungkin disebut semua. bisa nyampe part 10 baru selesai kesebut.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11282
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by Omnibus »

ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 11:14
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 9:37
pengendiesel wrote: Mon Nov 29, 2021 8:57

Suhu, mau nanya oot dikit.
Mobil baru pas 1000km baiknya ganti oli apa saja? Mesin, matic, gardan? Oli maticnya perlu diflush?
oli mesin sama filter oli sih wajib mbah.
kl matic n gardan bisa jauhan dikit (5k-10k km) soalnya bedding-in nya perlu waktu lbh lama kl gearset. kecuali kl udah ga tahan kaya sy krn mau cepet2 pake full syn jd di 1k udah ganti gardan, 5k kl ga salah ganti atf. tp definitely jangan dibawah 1k krn emang perlu mineral oil buat inreyen (atau apapun yg factory fill).
Nah kebetulan nih lagi bahas atf/gardan. Kalau ANPS yg cocok apa mbah untuk oli gardan dan atf rencana mau ganti di km 15k yg full synthetic. Kemarin service 10 k kelupaan mau ganti
mbah nanya ke sy mah jawabannya itu2 lagi oli nganu2 lagi mbah :big_biglaugh:

gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya tp kl sy cukup di 20k oci dulu aja. maklum kl kelamaan nanti ga ada oprekan sy nya.
kl atf maaf sy ga tau spec nya anps mbah. kl sy pake merk sama dgn atas yg label/botol biru.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:
gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya...
Ini maksudnya >30k baru oci bijimane mbah? Fill & forget gitu? Unlimited km yah? Kl max 40k/2 taon nah baru jelas itu oci nya [emoji28]

Penasaran jg nih ama severe gearnya si ono... selicin apakah? 325 ribu per quartz x 4 kl bs fill & forget sih boljug yah [emoji1787]
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Troubleshooting Electric Parking Brake ANPS

Post by ongisnade »

Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 11:56
ongisnade wrote: Mon Nov 29, 2021 11:14
Omnibus wrote: Mon Nov 29, 2021 9:37

oli mesin sama filter oli sih wajib mbah.
kl matic n gardan bisa jauhan dikit (5k-10k km) soalnya bedding-in nya perlu waktu lbh lama kl gearset. kecuali kl udah ga tahan kaya sy krn mau cepet2 pake full syn jd di 1k udah ganti gardan, 5k kl ga salah ganti atf. tp definitely jangan dibawah 1k krn emang perlu mineral oil buat inreyen (atau apapun yg factory fill).
Nah kebetulan nih lagi bahas atf/gardan. Kalau ANPS yg cocok apa mbah untuk oli gardan dan atf rencana mau ganti di km 15k yg full synthetic. Kemarin service 10 k kelupaan mau ganti
mbah nanya ke sy mah jawabannya itu2 lagi oli nganu2 lagi mbah :big_biglaugh:

gardannya pake ams severe gear 75w90, konon bisa >30k km oci nya tp kl sy cukup di 20k oci dulu aja. maklum kl kelamaan nanti ga ada oprekan sy nya.
kl atf maaf sy ga tau spec nya anps mbah. kl sy pake merk sama dgn atas yg label/botol biru.
OK mbah terima kasih infonya. Bener yang ini ya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.