Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

ExorT wrote: Mon Nov 28, 2022 4:32
Kalau sudah lihat dan duduk secara langsung si Zenix, ditunggu feedbacknya ya Om (let aside TNGA ama Hybridnya).

Ntar jangan2 bilangnya CRV yang kemurahan :mky_03:
kemarin sempat duduk bentar.... udah lupa rasanya. :big_peace: cuma definitely lebih enak dari reborn tp gak spesial gitu.... bener jok CRV masih lebih nopang badan :mky_03:

feel naiknya tinggi sih masih kayak innova lama :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 5:47
kemarin sempat duduk bentar.... udah lupa rasanya. :big_peace: cuma definitely lebih enak dari reborn tp gak spesial gitu.... bener jok CRV masih lebih nopang badan :mky_03:

feel naiknya tinggi sih masih kayak innova lama :big_biglaugh:
saya barusan liat story owner reborn katanya lebih sempit saya liat sih dia duduk di depan :mky_03:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

mobilover wrote: Sun Nov 27, 2022 3:00
vipere wrote: Sun Nov 27, 2022 2:56 Kalau di sini bilang harga baterainya 30 juta.

https://oto.detik.com/mobil/d-6428711/j ... m=referral
Iya harga baterainya 30 jt. Mudah2an 8 tahun kemudian bisa turun atau minimal stabil di angka itu. Kl 30 jt masih oke lah hitung2 seperti nambah biaya 3.750.000 per tahun untuk pemakaian 8 tahun. Hybrid jg tenaganya mesin lbh yahud kl utk fun to drive seharusnya lbh baik dr versi gasoline
Kalau 30 juta sih masih ok asal mobilnya dipakai di atas 500 km per bulan. 3,75 juta setaon jadi 300 ribu sebulan. Hybrid katanya bisa 1:21 (ga yakin sih saya, paling nanti average ke 1:14 atau 1:15). Yang non hybrid katanya 1:15 (real nya mungkin 1:10 atau 1:11). Jadi 300 ribu sebulan bisa dapat 20 liter pertabo atau dikali fuel cons terendah ya setara 200-300 km. Kalau banyakan jadi garage queen bener baiknya ambil yang non hybrid, tinggal tega atau ga tega mentokin rpm mobil buat dapat sprited driving
salfaridi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Feb 10, 2014 6:15

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by salfaridi »

salam kenal om2 semua..
habis lebaran kmrn baru ambil baru 2.4 V AT, kira2 kalo tukar guling sama si zinix worthed gak ya? klo iya rekomen tipe apa ya? yg klo nambah ya gak banyak2.. hehe.. :ungg:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

salfaridi wrote: Mon Nov 28, 2022 5:58 salam kenal om2 semua..
habis lebaran kmrn baru ambil baru 2.4 V AT, kira2 kalo tukar guling sama si zinix worthed gak ya? klo iya rekomen tipe apa ya? yg klo nambah ya gak banyak2.. hehe.. :ungg:
pakai aja 4-5 thn dulu mbah

nanti pasti ada improvement, yg bikin early buyer, rada" gondok koq :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 4:08
mungkin jurus buat keluar di tipe improvement, biasa di awal produk tes pasar dl :mky_03: feedback dikumpulin nanti thn depan atau 2 thn lagi keluar improvement :mky_03:

klo abis liat CRV sensing vs innova Q HV emang rasanya langit bumi banget sih :ungg: level harga sama tp CRV malah keliatan royal bgt :big_biglaugh: selisih 30-40jt nya anggep aja harga suspensi multilink :mky_03:
Nah ya itu mbah,karena si ipah setting harganya segitu,zenix Q malah jadi head2head sama CRV prestige :mky_01:

Kalo bicara kelengkapan sih masih 11-12 sih, innova emang lebih murah 40jt tapi yagitu.. suspensi belakang tetep aja kalah telak sama crv yang udah multi link. Crv pake mesin turbo yg kenceng, zenix pake hybrid yg kenceng & irit.. kedua mobil itu on par loh secara value..

Cuman tetep zenix jadi keliatan muahaall karena 600jt sekarang cuma dapet 'kijang' yang harganya udah hampir setara crv, dimana selama ini innova itu kelasnya selalu dibawah crv.

anyway ditunggu first impression & test drivenya mbah :big_grin:
salfaridi
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Feb 10, 2014 6:15

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by salfaridi »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 6:26
salfaridi wrote: Mon Nov 28, 2022 5:58 salam kenal om2 semua..
habis lebaran kmrn baru ambil baru 2.4 V AT, kira2 kalo tukar guling sama si zinix worthed gak ya? klo iya rekomen tipe apa ya? yg klo nambah ya gak banyak2.. hehe.. :ungg:
pakai aja 4-5 thn dulu mbah

nanti pasti ada improvement, yg bikin early buyer, rada" gondok koq :big_biglaugh:
sy jg kepikiran gitu, keep dulu nanti sekalian nunggu faceliftnya, cuman godaannya itu lho.. kadang pingin bingit tukar guling.. :big_blushing:

thanks om..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 6:37 Nah ya itu mbah,karena si ipah setting harganya segitu,zenix Q malah jadi head2head sama CRV prestige :mky_01:

Kalo bicara kelengkapan sih masih 11-12 sih, innova emang lebih murah 40jt tapi yagitu.. suspensi belakang tetep aja kalah telak sama crv yang udah multi link. Crv pake mesin turbo yg kenceng, zenix pake hybrid yg kenceng & irit.. kedua mobil itu on par loh secara value..

Cuman tetep zenix jadi keliatan muahaall karena 600jt sekarang cuma dapet 'kijang' yang harganya udah hampir setara crv, dimana selama ini innova itu kelasnya selalu dibawah crv.

anyway ditunggu first impression & test drivenya mbah :big_grin:
tp buat banyak orang mesin hybrid dianggep lbh canggih dibanding internal combustion + turbo :mky_03:

mgkn ini nanti senjata marketing toyota buat bilang tp pak CRV kan masih kuno cm pake turbo :mky_03: pdhl mah dia cuma internal combustion pake batre jg. output mirip-mirip jg 186 hp vs 190 hp.

nahh nanti moga2 kapan sempet mampir deh, nasmoco grup lg agresif ni abis giias semarang lanjut pamerin kijang di tempat lain. unit2 TD blom tersedia di dealer. males TD pameran panjang bgt antrinya :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

salfaridi wrote: Mon Nov 28, 2022 5:58 salam kenal om2 semua..
habis lebaran kmrn baru ambil baru 2.4 V AT, kira2 kalo tukar guling sama si zinix worthed gak ya? klo iya rekomen tipe apa ya? yg klo nambah ya gak banyak2.. hehe.. :ungg:
Kalau zenix fuel cons nya cuma 1:15, menurut saya si better keep dieselnya. Secara diesel dalam kota sekitar 1:9-10. dengan harga solar setengahnya pertamax, jatuh2nya sama cost operationalnya. Dan saya rasa 4-5 tahun lagi harganya lebih nahan secara demand pasti masih tetep banyak.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 6:37
ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 4:08
mungkin jurus buat keluar di tipe improvement, biasa di awal produk tes pasar dl :mky_03: feedback dikumpulin nanti thn depan atau 2 thn lagi keluar improvement :mky_03:

klo abis liat CRV sensing vs innova Q HV emang rasanya langit bumi banget sih :ungg: level harga sama tp CRV malah keliatan royal bgt :big_biglaugh: selisih 30-40jt nya anggep aja harga suspensi multilink :mky_03:
Nah ya itu mbah,karena si ipah setting harganya segitu,zenix Q malah jadi head2head sama CRV prestige :mky_01:

Kalo bicara kelengkapan sih masih 11-12 sih, innova emang lebih murah 40jt tapi yagitu.. suspensi belakang tetep aja kalah telak sama crv yang udah multi link. Crv pake mesin turbo yg kenceng, zenix pake hybrid yg kenceng & irit.. kedua mobil itu on par loh secara value..

Cuman tetep zenix jadi keliatan muahaall karena 600jt sekarang cuma dapet 'kijang' yang harganya udah hampir setara crv, dimana selama ini innova itu kelasnya selalu dibawah crv.

anyway ditunggu first impression & test drivenya mbah :big_grin:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Jadi bener dah sekarang compare Honda dan Toyota , compare nya CRV vs Zenix. Tapi CRV buka pintu bagasi belum bisa pakai voice command :big_weee: ( penting banget ga sih?). Interior sih saya tetap lebih demen liat CRV. Zenix ini tetap ada unsur puzzle combination nya khas Toyota. Tuas transmisi voxy, handle pintu innova lama, lampu baca innova lama cuman diitemin aja kali, dan malah ada bbrp downgrade.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

timbermaniac123 wrote:
salfaridi wrote: Mon Nov 28, 2022 5:58 salam kenal om2 semua..
habis lebaran kmrn baru ambil baru 2.4 V AT, kira2 kalo tukar guling sama si zinix worthed gak ya? klo iya rekomen tipe apa ya? yg klo nambah ya gak banyak2.. hehe.. :ungg:
Kalau zenix fuel cons nya cuma 1:15, menurut saya si better keep dieselnya. Secara diesel dalam kota sekitar 1:9-10. dengan harga solar setengahnya pertamax, jatuh2nya sama cost operationalnya. Dan saya rasa 4-5 tahun lagi harganya lebih nahan secara demand pasti masih tetep banyak.
Too good to be true kl yg gasolin 2.0 bisa 1:15 real use dalkot. Bahkan yg mobil kecil macam avanza aja susah.
Voxy lama aja ga bisa tembus 1:10 dalkot.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 7:46 tp buat banyak orang mesin hybrid dianggep lbh canggih dibanding internal combustion + turbo :mky_03:

mgkn ini nanti senjata marketing toyota buat bilang tp pak CRV kan masih kuno cm pake turbo :mky_03: pdhl mah dia cuma internal combustion pake batre jg. output mirip-mirip jg 186 hp vs 190 hp.

nahh nanti moga2 kapan sempet mampir deh, nasmoco grup lg agresif ni abis giias semarang lanjut pamerin kijang di tempat lain. unit2 TD blom tersedia di dealer. males TD pameran panjang bgt antrinya :ungg:
Saya sendiri termasuk golongan yg merasa hybrid lebih valuable daripada turbo, apalagi kalau claimnya 186hp dengan fuelcons 20km/l, siapa yang ga tergiur coba :big_grin: kecuali kalo ntar udah waktunya ganti batre, mungkin agak beda cerita yah hehe
grimjow wrote: Mon Nov 28, 2022 8:36 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Jadi bener dah sekarang compare Honda dan Toyota , compare nya CRV vs Zenix. Tapi CRV buka pintu bagasi belum bisa pakai voice command :big_weee: ( penting banget ga sih?). Interior sih saya tetap lebih demen liat CRV. Zenix ini tetap ada unsur puzzle combination nya khas Toyota. Tuas transmisi voxy, handle pintu innova lama, lampu baca innova lama cuman diitemin aja kali, dan malah ada bbrp downgrade.
Dari sewaktu launching reborn 7 tahun lalu, atoyot demen banget ngasih gimmick ga berguna di pintu bagasinya :big_biglaugh: Innova Q kan punya soft closing back door tuh yang mana itu fitur ga ada gunanya karena toh kalo nutup pintu bagasi udah pasti rapet karena efek gravitasi.

Yang sekarang malah lebih ga guna lagi, ngapain deh orang harus teriak" buat buka bagasi doang wkwkwk daripada ngasih begituan mending kasih aja krei/blind di kaca tengah kayak hycross di india, biar privasi si bos lebih terjaga :big_smoking:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 6:37
ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 4:08
mungkin jurus buat keluar di tipe improvement, biasa di awal produk tes pasar dl :mky_03: feedback dikumpulin nanti thn depan atau 2 thn lagi keluar improvement :mky_03:

klo abis liat CRV sensing vs innova Q HV emang rasanya langit bumi banget sih :ungg: level harga sama tp CRV malah keliatan royal bgt :big_biglaugh: selisih 30-40jt nya anggep aja harga suspensi multilink :mky_03:
Nah ya itu mbah,karena si ipah setting harganya segitu,zenix Q malah jadi head2head sama CRV prestige :mky_01:

Kalo bicara kelengkapan sih masih 11-12 sih, innova emang lebih murah 40jt tapi yagitu.. suspensi belakang tetep aja kalah telak sama crv yang udah multi link. Crv pake mesin turbo yg kenceng, zenix pake hybrid yg kenceng & irit.. kedua mobil itu on par loh secara value..

Cuman tetep zenix jadi keliatan muahaall karena 600jt sekarang cuma dapet 'kijang' yang harganya udah hampir setara crv, dimana selama ini innova itu kelasnya selalu dibawah crv.

anyway ditunggu first impression & test drivenya mbah :big_grin:
Kan tema dari toyotanya memang kijang innova naik kelas hahaha. Jadi toyota mau posisiin zenix utk hajar beberapa segmen sekaligus. Utk segmen korporate dan low budget, pakai type G utk rebut market. Utk market yg mau upscale di level 500 jutaan, ada type V dengan panoramic sunroof. Utk yg all fitur lengkap di kelas 600 jt an, ada type Q untuk hajar CRV dan CX5 yg memang fiturnya juga lengkap. Dgn model mobil crossover style, jadinya memang bisa hajar ke berbagai segmen.

Mnrt sy, setiap mobil ada plus minusnya. Tinggal kita nimbang yg jadi kebutuhan masing2 apa. Sy perlu row baris ke 3 yg proper utk orang dewasa jadi innova zenix jadi pilihan yg terbaik. Crv baris ke 3 sempit dan gak proper. CX5 gak ada baris ke 3. Kl utk irit, sy percaya hybrid bisa paling irit paling enggak di kisaran 16 - 18 km per liter utk pemakaian normal jabodetabek. Tp yah kl kebutuhannya styling dan fun to drive, mgkn crv dan cx5 lbh mengakodomir kebutuhan itu. Sekali lagi semua tergantung kebutuhan masing2 pembeli.
tomoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Sep 23, 2018 0:33
Location: makassar

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by tomoe »

“Untuk kapasitas produksi saat ini tidak bisa mengcover seluruh demand yang begitu banyak. Pemesanan di Auto2000 untuk Jakarta saja varian hybrid sudah tembus 1.200 unit. Janji delivery untuk ke konsumen dilakukan April - Mei 2023. Harapan kami di kuartal pertama dan kuartal kedua tahun depan mudah-mudahan aktivitas produksinya bisa optimal sehingga masa tunggunya hanya satu-dua bulan saja,” ujar Herry Darmasaputra, Area Business Manager Auto2000 Northwest, kepada wartawan baru-baru ini
“Pemesanan varian bensin biasa tak sebanyak hybrid. Secara perbandingan hybrid 60% dan non hybrid 40%, atau dengan kata lain pengriman sehari 6-7 unit hybid dan 3-4 unit non hybrid. Untuk pengiriman juga lebih cepat estimasi di Februari - Maret 2023,” ungkapnya.

Disampaikan juga oleh Herry, konsumen lebih tertarik memesan varian hybrid baik tipe V maupun Q karena mengejar efisiensi penggunaan bahan bakar serta ingin merasakan gaya berkendara. Sebagai informasi, untuk penggunaan BBM varian non hybrid, Toyota mengklaim bahwa model ini mampu menempuh jarak hingga 15 km/liter. Tidak seperti mesin bensin biasa, untuk non hybrid sanggup berjalan hingga 21 km/liter.

Hybridnya yang malah lebih laku. Kalau semakin banyak hybrid harga baterai ke depannya mgkn jg tidak seseram sekarang .
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

tomoe wrote: Mon Nov 28, 2022 12:12
“Untuk kapasitas produksi saat ini tidak bisa mengcover seluruh demand yang begitu banyak. Pemesanan di Auto2000 untuk Jakarta saja varian hybrid sudah tembus 1.200 unit. Janji delivery untuk ke konsumen dilakukan April - Mei 2023. Harapan kami di kuartal pertama dan kuartal kedua tahun depan mudah-mudahan aktivitas produksinya bisa optimal sehingga masa tunggunya hanya satu-dua bulan saja,” ujar Herry Darmasaputra, Area Business Manager Auto2000 Northwest, kepada wartawan baru-baru ini
“Pemesanan varian bensin biasa tak sebanyak hybrid. Secara perbandingan hybrid 60% dan non hybrid 40%, atau dengan kata lain pengriman sehari 6-7 unit hybid dan 3-4 unit non hybrid. Untuk pengiriman juga lebih cepat estimasi di Februari - Maret 2023,” ungkapnya.

Disampaikan juga oleh Herry, konsumen lebih tertarik memesan varian hybrid baik tipe V maupun Q karena mengejar efisiensi penggunaan bahan bakar serta ingin merasakan gaya berkendara. Sebagai informasi, untuk penggunaan BBM varian non hybrid, Toyota mengklaim bahwa model ini mampu menempuh jarak hingga 15 km/liter. Tidak seperti mesin bensin biasa, untuk non hybrid sanggup berjalan hingga 21 km/liter.

Hybridnya yang malah lebih laku. Kalau semakin banyak hybrid harga baterai ke depannya mgkn jg tidak seseram sekarang .
Yup setuju apalagi kl pabrik baterai di indonesia sudah rampung dibangun tahun 2024 nanti. Harapannya sih kl harga baterai zenix bisa di range 20 jt di tahun 2030 nanti. Itu sudah sangat bagus sekali. Mobil EV jg akan lbh banyak diadopsi kalau harga baterai bisa lbh manusiawi dari sekarang
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

mobilover wrote: Mon Nov 28, 2022 12:27
Yup setuju apalagi kl pabrik baterai di indonesia sudah rampung dibangun tahun 2024 nanti. Harapannya sih kl harga baterai zenix bisa di range 20 jt di tahun 2030 nanti. Itu sudah sangat bagus sekali. Mobil EV jg akan lbh banyak diadopsi kalau harga baterai bisa lbh manusiawi dari sekarang
Kemarin sales A2000 jg bilang indonesia sedang bangun pabrik baterai, dan kalau sdh jadi bakalan murah.
Setahu saya nikel yang sekarang diproduksi sebagian besar diolah utk keperluan stainless steel, terlihat dari smelter besar yg beroperasi rata-rata jenis RKEF (Rotary Kiln Electric Furnace). Outputnya nickel pig iron yg masih dominan kandungan besinya drpd nikel. Paling bagus ya smelternya Vale, itupun Nickel Matte yg sdh kontrak mati dgn sumitomo (gatau skrg) dan utk pabrik baja jg.
Sepengetahuan saya, utk keperluan batre "smelter" yg cocok adalah HPAL (High Pressure Acid Leaching) dimana selain mengambil nickel juga mengekstrak Cobalt: komponen sangat penting dlm batre. HPAL Plant yg saya tahu sejauh ini Huayu Cobalt di IMIP dan Harita di P. Obi, yg blm produksi at full capacity. LG betul mau invest dan sdh masuk, tapi dari yg saya dengar masih cari2 source.
Saya termenung saja, kapan itu pabrik beneran beroperasi? Brp kapasitasnya? Masih ada missing link antara yg saya lihat di lapangan dgn cerita yg berkembang. Semoga saja benar.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ariswp »

nyotsaeba wrote: Mon Nov 28, 2022 9:11
timbermaniac123 wrote:
salfaridi wrote: Mon Nov 28, 2022 5:58 salam kenal om2 semua..
habis lebaran kmrn baru ambil baru 2.4 V AT, kira2 kalo tukar guling sama si zinix worthed gak ya? klo iya rekomen tipe apa ya? yg klo nambah ya gak banyak2.. hehe.. :ungg:
Kalau zenix fuel cons nya cuma 1:15, menurut saya si better keep dieselnya. Secara diesel dalam kota sekitar 1:9-10. dengan harga solar setengahnya pertamax, jatuh2nya sama cost operationalnya. Dan saya rasa 4-5 tahun lagi harganya lebih nahan secara demand pasti masih tetep banyak.
Too good to be true kl yg gasolin 2.0 bisa 1:15 real use dalkot. Bahkan yg mobil kecil macam avanza aja susah.
Voxy lama aja ga bisa tembus 1:10 dalkot.
1:15 sih harusnya (harapannya) yang hybrid m20a fxs + motor listrik tembus dengan gampang, sudah sangat irit buat crossover 7 seater
Sekedar info aja, temen satu divisi punya voxy m20a fks, dalkot kisaran 1:11-12 dalkot dengan pertamax,
Tapi ya entah gimana habit injek gassnya, apakah sekolah atau tidak lulus sekolah,
doi sih overall sangat puas dari driving, akomodasi, sampai NVH kalo cerita tentang voxy nya
Sebelumnya pindahan dari GNKI 2.5 A/T
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:54
AbdulHakim wrote: Mon Nov 28, 2022 3:52
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
ane malah sbenernya gak terlalu suka smartkey loh mbah. rawan kebawa/ketinggalan. ada pengalaman pake t31 awal-awal nyetir msh didampingin nyokap, nyokap pulang tanpa tau tuh kunci masih kebawa ane.

klo model colok2 kunci, pasti inget keluar mobil langsung masuk tas atau kantong.
Ijin nimbrung, kalo ane malah prefer smart key. Soalnya belasan taun pake kunci colok udah kenyang sama kejadian konci masih nyantel di dalem tapi pintu dah diceklek ngonci, trus main tarik handle sambil tutup pintu. Alhasil kunci kekonci di dalem dan kalo lagi jauh dari rumah ya olahraga nyongkel kunci pintunya ala maling dah tuh :mky_07: Untung mobilnya xenia gen 1 yg kuncinya masih pake model kutil jadi masih bisa ditarik pake kawat :mky_03:

Kalo smartkey remote nya ketinggalan di dalem kan auto nyanyi mobilnya. Makanya pas ganti boil langsung cari yg pake smartkey.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vipere »

rakyatwkwkland wrote: Mon Nov 28, 2022 14:05
ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:54
AbdulHakim wrote: Mon Nov 28, 2022 3:52
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
ane malah sbenernya gak terlalu suka smartkey loh mbah. rawan kebawa/ketinggalan. ada pengalaman pake t31 awal-awal nyetir msh didampingin nyokap, nyokap pulang tanpa tau tuh kunci masih kebawa ane.

klo model colok2 kunci, pasti inget keluar mobil langsung masuk tas atau kantong.
Ijin nimbrung, kalo ane malah prefer smart key. Soalnya belasan taun pake kunci colok udah kenyang sama kejadian konci masih nyantel di dalem tapi pintu dah diceklek ngonci, trus main tarik handle sambil tutup pintu. Alhasil kunci kekonci di dalem dan kalo lagi jauh dari rumah ya olahraga nyongkel kunci pintunya ala maling dah tuh :mky_07: Untung mobilnya xenia gen 1 yg kuncinya masih pake model kutil jadi masih bisa ditarik pake kawat :mky_03:

Kalo smartkey remote nya ketinggalan di dalem kan auto nyanyi mobilnya. Makanya pas ganti boil langsung cari yg pake smartkey.
yup , wajib banget smart key, memudahkan hidup, dulu masih pake key, dan buka tutup pintu musti pencet remote,
kunci ada di saku celana paling dalam,setelah dompet, tiap hari selalu tenteng laptop dan bawa tas makanan,
jadi kalo mau masuk pintu repot banget, musti keluarin dompet dulu, baru ambil kunci pencet remote.
Setelah smart key, hidup jadi simple, kunci dari kantong gak pernah dikeluarin sama sekali.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Mon Nov 28, 2022 14:05
Ijin nimbrung, kalo ane malah prefer smart key. Soalnya belasan taun pake kunci colok udah kenyang sama kejadian konci masih nyantel di dalem tapi pintu dah diceklek ngonci, trus main tarik handle sambil tutup pintu. Alhasil kunci kekonci di dalem dan kalo lagi jauh dari rumah ya olahraga nyongkel kunci pintunya ala maling dah tuh :mky_07: Untung mobilnya xenia gen 1 yg kuncinya masih pake model kutil jadi masih bisa ditarik pake kawat :mky_03:

Kalo smartkey remote nya ketinggalan di dalem kan auto nyanyi mobilnya. Makanya pas ganti boil langsung cari yg pake smartkey.
yang immob beberapa gak gitu kok om :mky_03: kl xenia lama ya gak tau deh emang itu kunci kayak kunci kosan ketinggalan ya kudu ala maling remote alarm nya aja aftermarket

gw kalo kunci colok pasti reflex langsung kantongin abis keluar mobil.

pake smartkey kadang cm masukin ke konsol tengah. malah yg suka ketinggalan begini untung sensor nya gak mau ngonci. cm matiin mesin kan gak otomatis bawa kuncinya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Rakean »

AbdulHakim wrote: Mon Nov 28, 2022 3:52
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
ane tergantung:

kalau keyless entry dan electric start/stop button ane doyan dan berguna sekali, nyalain mobil ga pake pusing, tinggal pencet tombol, dan ada fitur safety nya juga untuk nyalain mesin harus bareng injek rem/kopling supaya ga slonong boy tiba2, kalau pake kunci manual, kadang suka lupa parkir di tanjakan masuk gigi 1, pas start langsung loncat :big_biglaugh:

dan seperti yg lain juga keyless lebih meminimalisir kunci ketinggalan didalem, kalau kunci nya ada di dalem mobil, pas kita pencet tombol kunci di handle pintu, langsung berkicau dan ga terkunci, kalau kunci manual, resiko kekunci pas kunci mobil didalem itu gede, repot bukanya :big_biglaugh:

nah kalau power backdooor, sledding door, electric seat... ane lebih suka mekanikal hoo dibanding electiric, kenapa? karena kalau electric itu gerakan nya lelet, kelamaan, enak pake tangan langsung gerakin, aplagi electirc seat, mau maujuin aja lamaa aja ga bisa langsung geser2 :big_biglaugh:

power window electric aja, mekanikal berat coy :big_biglaugh: dan electric sama mekanikal kek nya speed nya sama2 ajah


electric parking brake, ga tau ga pernah nyoba, cuma kok kek nya kurang jantan aja yaa, dan g ada feel satisfied pas ngerem nya :big_biglaugh:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alvin23 »

KielConstantine wrote: Mon Nov 28, 2022 5:17 Om boku mana nehhh




Tuh ada video mantep, langsung dari bengkel resmi toyota. Camry hybrid ganti batre 50juta.. Skip ke menit 21:00 :mky_07:

Trus pas si om mobi nanya ke mekanik spesialis hybrid toyota. Problemnya hybrid paling sering apa sih?? Dijawab: “probrem paling banyak ya ganti batre” :big_biglaugh:
Tapi emang ok sih hybrid ni, ga nanggung2 langsung dikasih yang terbaru. Mungkin di Indo baru Zenix ama Camry, karena Altis, Corcross dan CHR itu masih gen 4 hybridnya.
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Mon Nov 28, 2022 5:17 Om boku mana nehhh




Tuh ada video mantep, langsung dari bengkel resmi toyota. Camry hybrid ganti batre 50juta.. Skip ke menit 21:00 :mky_07:

Trus pas si om mobi nanya ke mekanik spesialis hybrid toyota. Problemnya hybrid paling sering apa sih?? Dijawab: “probrem paling banyak ya ganti batre” :big_biglaugh:
Satu lagi water pumppp
Krn electric.

Sangat penting buat mompa coolant

Ini fatal klo water pump dinamo nya meninggoy = yang relate ke radiator coolant nya bisa overheat....
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Lihat deh ada yg menarik
di Body Mounting Shock Breaker depan nya

asik nih kayanya lbh rigid buat seukuran Medium MPV pas belok belok di gunung :big_exellent:

Image
Last edited by Suryaputra on Wed Nov 30, 2022 9:38, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri