Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

tomoe wrote:
nyotsaeba wrote: Sat Nov 26, 2022 12:02
tomoe wrote:Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Kalo pakenya dikit, misal dibawah 20k setahun, jgn yg hybrid. Ga nutup penghematannya sm harga belinya.
pemakaian kira2 10 000 pertahun om mentok juga di 15 rb .
Mending yg gasolin biasa kl gt, kecuali pingin tes rasa mobil hybrid.
Pemakaian 10k setahun, Misal zinik gas 1:10, hibrid 1:20 pake pertamax. Penghematan sekitar 6 jt an setahun atau 30 jt an 5 thn. Selisih harga baru hampir 40 jt. Belum lg resale value yg ga jelas nantinya.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by hosea »

tomoe wrote: Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Kalau pakai hanya 5 tahun dan setahun dibawah 15000 km, mending V gasoline. Kecuali benar benar mau merasakan hybrid dan siap ganti baterai kemungkinan di tahun ke 8-10. Kalau di keep lebih dari 5 tahun dan ga mau ganti baterai, ambil hybrid tapi jual di tahun ke 7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

hosea wrote: Sun Nov 27, 2022 1:03
tomoe wrote: Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Kalau pakai hanya 5 tahun dan setahun dibawah 15000 km, mending V gasoline. Kecuali benar benar mau merasakan hybrid dan siap ganti baterai kemungkinan di tahun ke 8-10. Kalau di keep lebih dari 5 tahun dan ga mau ganti baterai, ambil hybrid tapi jual di tahun ke 7
Cukup appreciate dengan toyota yg memberikan garansi baterai 8 tahun / 160rb km.
Peningkatan dari sebelumnya yg cuman 5 tahun / 100rb km.
Sudah sama dengan toyota global di 1st world.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

tomoe wrote: Sat Nov 26, 2022 22:37
Suryaputra wrote: Sat Nov 26, 2022 11:51 V gasoline aja mbah
Dr G ke V (biasanya) improve di Noise Insulation nya juga, selqin aksesoris dan kelengkapan interior dan exterior.
Noise insulation yg berbeda di G dan V biasanya dimana aja ya ? soalnya ada rencana pasang peredam juga sih untuk audio.kalau audio kan biasanya peredaman juga di tiap pintu aja kan. Yg jelas terlihat memang seri G peredam di kap mesin tidak ada.
Secara teknis blm prnh bongkar2, yg jelas kelihatan dr sektor mesin.

Tapi Dr experience ipah 2 generasi sblm nya, suara ban sm suara samping lbh senyap.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vipere »

Kalau di sini bilang harga baterainya 30 juta.

https://oto.detik.com/mobil/d-6428711/j ... m=referral
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

vipere wrote: Sun Nov 27, 2022 2:56 Kalau di sini bilang harga baterainya 30 juta.

https://oto.detik.com/mobil/d-6428711/j ... m=referral
Iya harga baterainya 30 jt. Mudah2an 8 tahun kemudian bisa turun atau minimal stabil di angka itu. Kl 30 jt masih oke lah hitung2 seperti nambah biaya 3.750.000 per tahun untuk pemakaian 8 tahun. Hybrid jg tenaganya mesin lbh yahud kl utk fun to drive seharusnya lbh baik dr versi gasoline
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

mobilover wrote: Sun Nov 27, 2022 3:00 Iya harga baterainya 30 jt. Mudah2an 8 tahun kemudian bisa turun atau minimal stabil di angka itu. Kl 30 jt masih oke lah hitung2 seperti nambah biaya 3.750.000 per tahun untuk pemakaian 8 tahun. Hybrid jg tenaganya mesin lbh yahud kl utk fun to drive seharusnya lbh baik dr versi gasoline
kalau mau lebih yakin lagi dan ngitung resale value, follow the crowd saja beberapa bulan lagi, lihat laporan penjualan type hybrid apakah lebih laku jauh dari ICE, kalau memang terjadi berarti bisa jadi nanti resale value tetap bagus karena pedege tentu akan ngikutin tangan pertama, tapi dengan resiko 2023 tentu harga naik.

soal lari jelas menang hybrid, di Jaidapur saja bisa dibawah 10 detik, tebakan saya detik 0-5 didorong motor listrik, ketika CVT sudah fully engage dan batere sudah habis, mesin bensin akan masuk dan langsung kasih bantuan di rpm menengah karena dari google sepertinya M20A-FXS ini karakter mesin flat torque.

btw, info dari teman si jinik NIK 2022 sepertinya laku keras ya, mungkin produksi sudah pindah ke NIK 2023 yang baru distribusi akhir tahun jadi yang kesisa ya tunggu unit gagal DP/kredit.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

XMTdeluxe wrote: Sat Nov 26, 2022 15:26 Iya sih Om. Saya juga kalo hybrid mohon maap, baru toyota aja saya percayanya. Jepangan lain jg, saya msh pikir2. Apalagi merk org pintar itu, nggak dl deh.
Tapi ya kalau klausul blm jelas, bingung jg kan kita sbg konsumen. Pas mobil sehat, betul akselerasi 0-100 under 10 sec. Tapi pas ada apa2, bisa2 tensi saya yg over 100 under 10 sec 😁😁
Lagipula saya aja msh belum pernah nyicipin mesin GDI Toyota yg konon most thermal efficient dgn 2 injector. Biasanya cuma dobel klep. Dan kalau ngelawan duo gerobak sayur, rasanya mesin voxy ini aja udah lebih menjanjikan.
makanya saya bilang: percaya saja dengan toyota, nah kalau sudah ala2 Netijen mendang mending ya lain cerita lagi :big_biglaugh: yang dicari pasti spion lipet, arah semburan ac, panoramic roof, captain seat, jok elektrik kulit2an :upss:
Anyway, bukannya hybrid cenderung gantian ya Om? Meskipun dia bisa paralel. Jadi peak power dan torsi itu nggak selalu bisa didpt? Saya butuh pencerahan beneran ini Om.
entah dengan merek lain, tapi Toyota Hybrid Sinergy Drive ini ngga gantian, bisa simultan, dan kalau saya bacanya njelimet, yang saya paham ada benda namanya Power Split Device. benda ini antik: ga cuma mindahin tenaga dari motor listrik ke roda dan regenerative braking buat isi ke batere tapi juga bisa narik tenaga dari mesin ke motor listrik. pada intinya it just works just as usual Toyota :big_biglaugh:
https://www.toyota.astra.co.id/toyotahybrid/
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by esaka »

Ajegileee, truk Ipah bengsin harganya bukan jadi anjlok malah nahan banget. Truk ane kemaren gw bawa ke diler mobkas sekedar penasaran, masih bisa di angka 90-an, padahal gw beli dulu juga di angka 90-an. Jadi mikir-mikir lagi mau ganti ke SUV-nya para OKB (Pakdhe Jero dan Fortune Teller) yang versi diesel. Efek Jinix emang nggak main-main nih.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

kunaskun wrote: Sun Nov 27, 2022 14:42
XMTdeluxe wrote: Sat Nov 26, 2022 15:26 Iya sih Om. Saya juga kalo hybrid mohon maap, baru toyota aja saya percayanya. Jepangan lain jg, saya msh pikir2. Apalagi merk org pintar itu, nggak dl deh.
Tapi ya kalau klausul blm jelas, bingung jg kan kita sbg konsumen. Pas mobil sehat, betul akselerasi 0-100 under 10 sec. Tapi pas ada apa2, bisa2 tensi saya yg over 100 under 10 sec 😁😁
Lagipula saya aja msh belum pernah nyicipin mesin GDI Toyota yg konon most thermal efficient dgn 2 injector. Biasanya cuma dobel klep. Dan kalau ngelawan duo gerobak sayur, rasanya mesin voxy ini aja udah lebih menjanjikan.
makanya saya bilang: percaya saja dengan toyota, nah kalau sudah ala2 Netijen mendang mending ya lain cerita lagi :big_biglaugh: yang dicari pasti spion lipet, arah semburan ac, panoramic roof, captain seat, jok elektrik kulit2an :upss:
Bukan masalah mending2an sih om, tapi menururt saya keterlaluan aja harga udah segitu tapi hal-hal yang mestinya udah standar tetep aja ga dikasih :big_biglaugh: Zenix V hybrid 520 - 530jt masa ya gak dikasih foglamp atau drl kek, biar depannya ga ompong begitu. Airbagnya juga cuma dua biji, bahkan cruise control biasa aja kaga ada.. sedih amat.

Tipe G juga tetep ga dikasih electric retrac, padahal itu bukan fitur 'mewah' yang bahkan sigra aja udah pake loh..

Belum lagi waktu tahu kalo hycross dapet electric driver seat + memory, ventilated seat, dual zone depan belakang, JBL audio, krei belakang manual.. tambah sedih lagi deh :big_biglaugh:

Tapi kalo soal sasis + mesin itu yang saya salut, seolah-olah daya jualnya zenix malah jadi ke driving dynamic nya :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 2:11
kunaskun wrote: Sun Nov 27, 2022 14:42
XMTdeluxe wrote: Sat Nov 26, 2022 15:26 Iya sih Om. Saya juga kalo hybrid mohon maap, baru toyota aja saya percayanya. Jepangan lain jg, saya msh pikir2. Apalagi merk org pintar itu, nggak dl deh.
Tapi ya kalau klausul blm jelas, bingung jg kan kita sbg konsumen. Pas mobil sehat, betul akselerasi 0-100 under 10 sec. Tapi pas ada apa2, bisa2 tensi saya yg over 100 under 10 sec 😁😁
Lagipula saya aja msh belum pernah nyicipin mesin GDI Toyota yg konon most thermal efficient dgn 2 injector. Biasanya cuma dobel klep. Dan kalau ngelawan duo gerobak sayur, rasanya mesin voxy ini aja udah lebih menjanjikan.
makanya saya bilang: percaya saja dengan toyota, nah kalau sudah ala2 Netijen mendang mending ya lain cerita lagi :big_biglaugh: yang dicari pasti spion lipet, arah semburan ac, panoramic roof, captain seat, jok elektrik kulit2an :upss:
Bukan masalah mending2an sih om, tapi menururt saya keterlaluan aja harga udah segitu tapi hal-hal yang mestinya udah standar tetep aja ga dikasih :big_biglaugh: Zenix V hybrid 520 - 530jt masa ya gak dikasih foglamp atau drl kek, biar depannya ga ompong begitu. Airbagnya juga cuma dua biji, bahkan cruise control biasa aja kaga ada.. sedih amat.

Tipe G juga tetep ga dikasih electric retrac, padahal itu bukan fitur 'mewah' yang bahkan sigra aja udah pake loh..

Belum lagi waktu tahu kalo hycross dapet electric driver seat + memory, ventilated seat, dual zone depan belakang, JBL audio, krei belakang manual.. tambah sedih lagi deh :big_biglaugh:

Tapi kalo soal sasis + mesin itu yang saya salut, seolah-olah daya jualnya zenix malah jadi ke driving dynamic nya :big_exellent:
Tgg aja batch berikutnya.

pasti improvement sektor aksesoris koq.

Biasanya spt itu klo merk T dan H tegak :big_biglaugh:

jd inget dulu, Freed dibully krn ac kompor gas.
batch ke-2 lgs digital button.
bacth berikutnya dapat dobel blower juga.
harga mirip" dan udh lupa jg konsumen gak ngitung"

wkwkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 2:11
Tapi kalo soal sasis + mesin itu yang saya salut, seolah-olah daya jualnya zenix malah jadi ke driving dynamic nya :big_exellent:
tapi bener mbah, saya jg naksir inivi jinix hanya karena mesinnya bagus toyota M-series enjin.

saya mgkn konsumen idaman pabrikan pelit macem toyota honda yang suka mobil penting disetir enak, tombol tombol basic macem nyalain AC ga susah instictively langsung nemu.

soalnya kemaren bawa almaz hybrid nyalain ac aja ribet mobil uda kepanasan gak ada kaca film abis dijemur lama. mau cari tombol VSC OFF buat test standing start launch jg mikir dulu.

sales wuling atau hyundai blabbering tentang fitur canggih di mobilnya aja saya sekejap langsung lupa. gile apaan gw mau beli mobil bukan smart TV c*k. :big_biglaugh:

PC atau laptop aja gw tanya cuma ram sama prosesor, ngga tanya tuh leptop bisa fingerprint apa kaga atau bisa terbang apa kaga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

mobilover wrote: Sun Nov 27, 2022 3:00
vipere wrote: Sun Nov 27, 2022 2:56 Kalau di sini bilang harga baterainya 30 juta.

https://oto.detik.com/mobil/d-6428711/j ... m=referral
Iya harga baterainya 30 jt. Mudah2an 8 tahun kemudian bisa turun atau minimal stabil di angka itu. Kl 30 jt masih oke lah hitung2 seperti nambah biaya 3.750.000 per tahun untuk pemakaian 8 tahun. Hybrid jg tenaganya mesin lbh yahud kl utk fun to drive seharusnya lbh baik dr versi gasoline
Kalau harga akinya berapa ya Om? Kata SA-nya kok mahal. Dan aki berapa lama tahannya? Apakah seperti aki basah di mobil ICE, 4 tahun tembus?
Harga batere saya dibilangin 40 juta. Masih beda2 ya.

Yang menarik waktu saya tanya: berapa pricelist V HV non modellista?
Sales: tidak tahu Pak, karena kami dibriefing adanya harga modellista, jadi saya gak bisa jawab.
Saya : Loh, berarti sama saja semua trim hybrid dipaketin dengan modellista nya dong?
Sales : Iya Pak, kebijakan dari pusat seperti itu.
Dagang kok gini amat ya :big_bored: si Amat aja kalo dagang jg gak begini...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:11
Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 2:11
Tapi kalo soal sasis + mesin itu yang saya salut, seolah-olah daya jualnya zenix malah jadi ke driving dynamic nya :big_exellent:
tapi bener mbah, saya jg naksir inivi jinix hanya karena mesinnya bagus toyota M-series enjin.

saya mgkn konsumen idaman pabrikan pelit macem toyota honda yang suka mobil penting disetir enak, tombol tombol basic macem nyalain AC ga susah instictively langsung nemu.

soalnya kemaren bawa almaz hybrid nyalain ac aja ribet mobil uda kepanasan gak ada kaca film abis dijemur lama. mau cari tombol VSC OFF buat test standing start launch jg mikir dulu.

sales wuling atau hyundai blabbering tentang fitur canggih di mobilnya aja saya sekejap langsung lupa. gile apaan gw mau beli mobil bukan smart TV c*k. :big_biglaugh:

PC atau laptop aja gw tanya cuma ram sama prosesor, ngga tanya tuh leptop bisa fingerprint apa kaga atau bisa terbang apa kaga.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

you are value engineering more than gimmick yg gak relate sm performa dan keamanan

iya lah.
electric seat buat saya dr dulu gak dapat fungsinya, bikin lambat iya.
lbh suka yg manual maju mundur, lbh cepet ngatur posisi klo mobil gantian pakai

apalagi klo mau pakai sepatu ganti sendal dan sebalik nya
itu kan harus mundurin kursi sampai mentok, biar lega.

pk electric seat? come-on "a few moments later...."

makin ke sini, generasi makin mager :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 3:26 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

you are value engineering more than gimmick yg gak relate sm performa dan keamanan

iya lah.
electric seat buat saya dr dulu gak dapat fungsinya, bikin lambat iya.
lbh suka yg manual maju mundur, lbh cepet ngatur posisi klo mobil gantian pakai

apalagi klo mau pakai sepatu ganti sendal dan sebalik nya
itu kan harus mundurin kursi sampai mentok, biar lega.

pk electric seat? come-on "a few monents later" :big_biglaugh:
yang bikin dealbreaker di mobil sejauh ini klo gak urusan mesin/transmisi, suspensi ngocoknya ga enak, ya ergonominya jelek :ungg: bukan ngga da bluetooth atau carplay :upss: itu mah beli aja HU cino di variasi udah kumplit. HU aja skrg gw cuekin wong di jalan denger podcast lewat hp melulu lebih gampang :mky_03:

1-1nya kelemahan manual adjustment itu cuma 1 kadang posisi clicknya bisa ga pas dimajuin kaki yang kalah, dimundurin tangan yang kalah. wkwkwkwkw. kebantu kalo ada telescopic makanya. tp sisanya ane jg prefer manual adjustment over electric adjustment yang akan rusak pada waktunya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:31
Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 3:26 :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

you are value engineering more than gimmick yg gak relate sm performa dan keamanan

iya lah.
electric seat buat saya dr dulu gak dapat fungsinya, bikin lambat iya.
lbh suka yg manual maju mundur, lbh cepet ngatur posisi klo mobil gantian pakai

apalagi klo mau pakai sepatu ganti sendal dan sebalik nya
itu kan harus mundurin kursi sampai mentok, biar lega.

pk electric seat? come-on "a few monents later" :big_biglaugh:
yang bikin dealbreaker di mobil sejauh ini klo gak urusan mesin/transmisi, suspensi ngocoknya ga enak, ya ergonominya jelek :ungg: bukan ngga da bluetooth atau carplay :upss: itu mah beli aja HU cino di variasi udah kumplit. HU aja skrg gw cuekin wong di jalan denger podcast lewat hp melulu lebih gampang :mky_03:

1-1nya kelemahan manual adjustment itu cuma 1 kadang posisi clicknya bisa ga pas dimajuin kaki yang kalah, dimundurin tangan yang kalah. wkwkwkwkw. kebantu kalo ada telescopic makanya. tp sisanya ane jg prefer manual adjustment over electric adjustment yang akan rusak pada waktunya.
So far pakai city car / low mpv hondut, never fail soal ergonomi adjustment :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 3:26
ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:11
Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 2:11
Tapi kalo soal sasis + mesin itu yang saya salut, seolah-olah daya jualnya zenix malah jadi ke driving dynamic nya :big_exellent:
tapi bener mbah, saya jg naksir inivi jinix hanya karena mesinnya bagus toyota M-series enjin.

saya mgkn konsumen idaman pabrikan pelit macem toyota honda yang suka mobil penting disetir enak, tombol tombol basic macem nyalain AC ga susah instictively langsung nemu.

soalnya kemaren bawa almaz hybrid nyalain ac aja ribet mobil uda kepanasan gak ada kaca film abis dijemur lama. mau cari tombol VSC OFF buat test standing start launch jg mikir dulu.

sales wuling atau hyundai blabbering tentang fitur canggih di mobilnya aja saya sekejap langsung lupa. gile apaan gw mau beli mobil bukan smart TV c*k. :big_biglaugh:

PC atau laptop aja gw tanya cuma ram sama prosesor, ngga tanya tuh leptop bisa fingerprint apa kaga atau bisa terbang apa kaga.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

you are value engineering more than gimmick yg gak relate sm performa dan keamanan

iya lah.
electric seat buat saya dr dulu gak dapat fungsinya, bikin lambat iya.
lbh suka yg manual maju mundur, lbh cepet ngatur posisi klo mobil gantian pakai

apalagi klo mau pakai sepatu ganti sendal dan sebalik nya
itu kan harus mundurin kursi sampai mentok, biar lega.

pk electric seat? come-on "a few moments later...."

makin ke sini, generasi makin mager :big_biglaugh:
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 3:51 So far pakai city car / low mpv hondut, never fail soal ergonomi adjustment :big_grin:
kl di toyota/daihatsu lcgc pasti salah satu ngalah mbah :ungg:
AbdulHakim wrote: Mon Nov 28, 2022 3:52
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
ane malah sbenernya gak terlalu suka smartkey loh mbah. rawan kebawa/ketinggalan. ada pengalaman pake t31 awal-awal nyetir msh didampingin nyokap, nyokap pulang tanpa tau tuh kunci masih kebawa ane.

klo model colok2 kunci, pasti inget keluar mobil langsung masuk tas atau kantong.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alvin23 »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 2:55
Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 2:11
kunaskun wrote: Sun Nov 27, 2022 14:42

makanya saya bilang: percaya saja dengan toyota, nah kalau sudah ala2 Netijen mendang mending ya lain cerita lagi :big_biglaugh: yang dicari pasti spion lipet, arah semburan ac, panoramic roof, captain seat, jok elektrik kulit2an :upss:
Bukan masalah mending2an sih om, tapi menururt saya keterlaluan aja harga udah segitu tapi hal-hal yang mestinya udah standar tetep aja ga dikasih :big_biglaugh: Zenix V hybrid 520 - 530jt masa ya gak dikasih foglamp atau drl kek, biar depannya ga ompong begitu. Airbagnya juga cuma dua biji, bahkan cruise control biasa aja kaga ada.. sedih amat.

Tipe G juga tetep ga dikasih electric retrac, padahal itu bukan fitur 'mewah' yang bahkan sigra aja udah pake loh..

Belum lagi waktu tahu kalo hycross dapet electric driver seat + memory, ventilated seat, dual zone depan belakang, JBL audio, krei belakang manual.. tambah sedih lagi deh :big_biglaugh:

Tapi kalo soal sasis + mesin itu yang saya salut, seolah-olah daya jualnya zenix malah jadi ke driving dynamic nya :big_exellent:
Tgg aja batch berikutnya.

pasti improvement sektor aksesoris koq.

Biasanya spt itu klo merk T dan H tegak :big_biglaugh:

jd inget dulu, Freed dibully krn ac kompor gas.
batch ke-2 lgs digital button.
bacth berikutnya dapat dobel blower juga.
harga mirip" dan udh lupa jg konsumen gak ngitung"

wkwkwkwkw
Betul nih. Dari dulu Toyota ni emang tiap buat generasi baru yang gamau nanggung, nyari platform yang bisa dipake lama.

Sama casenya kayak dulu 1NZ muncul, terus Innova 1TR muncul, waktu awal kemunculannya lumayan ok, terus abis itu recycle trus deh selama 10 tahun wkwkwk

Makanya kl buat org yg suka engineering, malah 1-2 tahun pertama ini nih saatnya beli produk Toyota, niscaya akan ngerasa awet deh wkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 2:55
Tgg aja batch berikutnya.

pasti improvement sektor aksesoris koq.

Biasanya spt itu klo merk T dan H tegak :big_biglaugh:

jd inget dulu, Freed dibully krn ac kompor gas.
batch ke-2 lgs digital button.
bacth berikutnya dapat dobel blower juga.
harga mirip" dan udh lupa jg konsumen gak ngitung"

wkwkwkwkw
Iyah kemungkinan tahun depan pasti ada improvement yang walaupun harga naik, tapi biasanya udah ada diskon. Semoga aja ntar tipe G dapet improvement led bar belakang, biar nyala lampunya ga kayak terios tipe X gitu :mky_03:
ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:11
tapi bener mbah, saya jg naksir inivi jinix hanya karena mesinnya bagus toyota M-series enjin.

saya mgkn konsumen idaman pabrikan pelit macem toyota honda yang suka mobil penting disetir enak, tombol tombol basic macem nyalain AC ga susah instictively langsung nemu.

soalnya kemaren bawa almaz hybrid nyalain ac aja ribet mobil uda kepanasan gak ada kaca film abis dijemur lama. mau cari tombol VSC OFF buat test standing start launch jg mikir dulu.

sales wuling atau hyundai blabbering tentang fitur canggih di mobilnya aja saya sekejap langsung lupa. gile apaan gw mau beli mobil bukan smart TV c*k. :big_biglaugh:

PC atau laptop aja gw tanya cuma ram sama prosesor, ngga tanya tuh leptop bisa fingerprint apa kaga atau bisa terbang apa kaga.
Idem mbah. Kalo semisal saya cari mobil 400jtan buat dipake lama, saya pasti consider banget zenix G bensin daripada almaz. Walaupun saya termasuk gen Z tapi ga gitu suka fitur yang gimmicky.

Tapi untuk hal2 yang seperti electric & memory seat, ventilated seat, krei belakang manual - itu semua fitur yang saya sayangkan banget ga ada di zenix Q. Electric seat emang ngaturnya kelamaan tapi utk mobil harga 600jt saya rasa udah sewajarnya pake electric seat. Saya ga khawatir itu electric seat rusak, karena pernah ngeliat mitsubishi eterna yg udah ditinggal 2 tahun & direstorasi itu electric seat masih jalan loh :big_exellent:

Ventilated seat itu menurut saya sangat amat berguna, karena punggung saya gampang keringetan kalo nyetir. Kalo misal mobilnya udah tua & amit" itu barang rusak & mbetulinnya mehong, yaudah tinggal di putus aja kabelnya :big_biglaugh:

Tapi tetep saya ngiler kalo ngeliat Zenix G, kapan lagi coba dapet atoyot TNGA 419jt yang pake mesin 171hp/202nm, MPV 8 seater proper yang legaaa banget :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Nov 28, 2022 3:52
Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 3:26
ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:11

tapi bener mbah, saya jg naksir inivi jinix hanya karena mesinnya bagus toyota M-series enjin.

saya mgkn konsumen idaman pabrikan pelit macem toyota honda yang suka mobil penting disetir enak, tombol tombol basic macem nyalain AC ga susah instictively langsung nemu.

soalnya kemaren bawa almaz hybrid nyalain ac aja ribet mobil uda kepanasan gak ada kaca film abis dijemur lama. mau cari tombol VSC OFF buat test standing start launch jg mikir dulu.

sales wuling atau hyundai blabbering tentang fitur canggih di mobilnya aja saya sekejap langsung lupa. gile apaan gw mau beli mobil bukan smart TV c*k. :big_biglaugh:

PC atau laptop aja gw tanya cuma ram sama prosesor, ngga tanya tuh leptop bisa fingerprint apa kaga atau bisa terbang apa kaga.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

you are value engineering more than gimmick yg gak relate sm performa dan keamanan

iya lah.
electric seat buat saya dr dulu gak dapat fungsinya, bikin lambat iya.
lbh suka yg manual maju mundur, lbh cepet ngatur posisi klo mobil gantian pakai

apalagi klo mau pakai sepatu ganti sendal dan sebalik nya
itu kan harus mundurin kursi sampai mentok, biar lega.

pk electric seat? come-on "a few moments later...."

makin ke sini, generasi makin mager :big_biglaugh:
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
wah cocok mbah, ganti bpkb ke ioniq 5 :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 3:54
Suryaputra wrote: Mon Nov 28, 2022 3:51 So far pakai city car / low mpv hondut, never fail soal ergonomi adjustment :big_grin:
kl di toyota/daihatsu lcgc pasti salah satu ngalah mbah :ungg:
AbdulHakim wrote: Mon Nov 28, 2022 3:52
kalo saya kebalikannya mbah, sukanya yg serba electric: electric parking brake +BH, electric seat, electric power window, electric mirror, electric power backdoor, electric start/stop push button :big_biglaugh:
ane malah sbenernya gak terlalu suka smartkey loh mbah. rawan kebawa/ketinggalan. ada pengalaman pake t31 awal-awal nyetir msh didampingin nyokap, nyokap pulang tanpa tau tuh kunci masih kebawa ane.

klo model colok2 kunci, pasti inget keluar mobil langsung masuk tas atau kantong.
iya pernah, pas ke RS, kunci di tas istri, doi buru2 masuk sama anak ke dalem, saya nyari parkiran, bunyi sih tang-tung-tang-tung dan di MID ada tulisan key not detected, tapi mobil masih bisa jalan sampe parkir kelar dan mobil bisa dimatikan (tapi kalo ga salah, abis keluar mobil ga bisa ngunci pintu). Pas di dalem RS baru saya mintain kunci mobil dan balik lagi ke parkiran buat ngunci mobil.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Mon Nov 28, 2022 4:02
Idem mbah. Kalo semisal saya cari mobil 400jtan buat dipake lama, saya pasti consider banget zenix G bensin daripada almaz. Walaupun saya termasuk gen Z tapi ga gitu suka fitur yang gimmicky.

Tapi untuk hal2 yang seperti electric & memory seat, ventilated seat, krei belakang manual - itu semua fitur yang saya sayangkan banget ga ada di zenix Q. Electric seat emang ngaturnya kelamaan tapi utk mobil harga 600jt saya rasa udah sewajarnya pake electric seat. Saya ga khawatir itu electric seat rusak, karena pernah ngeliat mitsubishi eterna yg udah ditinggal 2 tahun & direstorasi itu electric seat masih jalan loh :big_exellent:

Ventilated seat itu menurut saya sangat amat berguna, karena punggung saya gampang keringetan kalo nyetir. Kalo misal mobilnya udah tua & amit" itu barang rusak & mbetulinnya mehong, yaudah tinggal di putus aja kabelnya :big_biglaugh:

Tapi tetep saya ngiler kalo ngeliat Zenix G, kapan lagi coba dapet atoyot TNGA 419jt yang pake mesin 171hp/202nm, MPV 8 seater proper yang legaaa banget :big_exellent:
mungkin jurus buat keluar di tipe improvement, biasa di awal produk tes pasar dl :mky_03: feedback dikumpulin nanti thn depan atau 2 thn lagi keluar improvement :mky_03:

klo abis liat CRV sensing vs innova Q HV emang rasanya langit bumi banget sih :ungg: level harga sama tp CRV malah keliatan royal bgt :big_biglaugh: selisih 30-40jt nya anggep aja harga suspensi multilink :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

ChZ wrote: Mon Nov 28, 2022 4:08
mungkin jurus buat keluar di tipe improvement, biasa di awal produk tes pasar dl :mky_03: feedback dikumpulin nanti thn depan atau 2 thn lagi keluar improvement :mky_03:

klo abis liat CRV sensing vs innova Q HV emang rasanya langit bumi banget sih :ungg: level harga sama tp CRV malah keliatan royal bgt :big_biglaugh: selisih 30-40jt nya anggep aja harga suspensi multilink :mky_03:
Kalau sudah lihat dan duduk secara langsung si Zenix, ditunggu feedbacknya ya Om (let aside TNGA ama Hybridnya).

Ntar jangan2 bilangnya CRV yang kemurahan :mky_03:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by KielConstantine »

Om boku mana nehhh




Tuh ada video mantep, langsung dari bengkel resmi toyota. Camry hybrid ganti batre 50juta.. Skip ke menit 21:00 :mky_07:

Trus pas si om mobi nanya ke mekanik spesialis hybrid toyota. Problemnya hybrid paling sering apa sih?? Dijawab: “probrem paling banyak ya ganti batre” :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: