Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Tue Dec 06, 2022 3:10
yah, ini saya setuju banget.

Mostly honda (mobil yah) selalu ngasih driving feel yang diatas rival utamanya si atoyot. Mulai dari honda tua ataupun honda baru, honda murah sampai yang mahal. Masuk ke brio aja langsung berasa set, driving position langsung enak tinggal atur" dikit aja.

Kalo atoyot yg seringkali saya lihat stirnya terlalu deket ke dashboard. Apalagi yang non-TNGA, walaupun ada teleskopiknya tapi tetep ga terlalu gimana2.
Kalo ahond stirnya jauh dari dashboard, enak bener buat tangan.. brio-lio-brv yang ga ada teleskopik aja menurut saya driving positionnya udah enak banget :big_okay:

Padahal nih ya, kalo saya perhatikan rumus driving position enak itu ya cuma jok yg proper besarnya, alas bagian pantat lebih rendah daripada paha, dan yg terakhir stir yg jauh dari dashboard. Entah kenapa atoyot apalagi daihatsu susah bener bikin mobil yg begitu, mahal kah? ribet kah? :big_think:
Honda ini persis Volkswagen om. sangat bergantung sama modularity platform nya. bisa dapet best in class driving position dan feel di kelas mobil under 200 juta itu sulit emang kalo gak bergantung sama modular platform.

Brio platform itu Jazz platform yang disunat wheelbase dan dikurang-kurangin aja. inget kok pertama bawa Brio DD1 awal, feelnya kayak bawa Jazz yang dipangkas 100kg.

ToyoDai, harus bikin barang baru dari ground-up biar cost nya rendah. makanya gak ada kemiripan antara ToyoDai yang murah dan mahal. Honda naik Brio sama naik Accord, rasanya tetep khas "Honda". ya tentunya di Accord cushion nya lebih empuk dan support joknya lebih plush ya :mky_03:

tapi ya minus nya karena modular harus mencakup produk low sampe mid - Honda selalu jadi yang termahal di kelas. gimana upaya supaya gak termahal? ya lihat lagi brio DD1 awal plastic nya jelek banget walau bawanya forgiving sekali. beberapa parts cost cuttingnya jelas, kaki kaki glodakan dan tidak awet krn otomatis harus cari vendor perakitan yang murah, dll. ToyoDai in the other hand enak enak aja emang costnya udah murah dan cm dipake mobil murah.

ini mirip kenapa VW Golf sekarang jadi muahal juga sih. ya gimana dong platform sama harus dipake Audi A4 yang harus compete dengan BMW G20. otomatis VW Golfnya jadi mahal. padahal VW kita bawa Polo india aja kerasa tuh mobil enak banget. itu mobil lahir dari platform VW Golf lama. Polo baru harganya mungkin udah ramasok krn makin premium.

lucunya Toyota in the other hand mungkin nyadar pricingnya udah "premium" juga dan kompetisi yang makin sengit, jadi ya sudah low-end product pake DNGA demi neken cost, mid to high pake TNGA chassis krn harus diakui walau mahal feel bawa toyota mid to high kan skrg premium sekali. yah lahirlah innova zenix 600 juta ini.

DNGA platform aja distinct banget dari bawa TNGA. bawa avanza veloz baru kita ngerasain feel bawa yang mirip dengan raize/rocky, tapi tetep kalau kita disuguhin brio vs accord sama avanza vs camry, feel nya lebih familiar brio ke accord daripada avanza ke camry.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

Syauqi wrote: Tue Dec 06, 2022 3:10
Kalo atoyot yg seringkali saya lihat stirnya terlalu deket ke dashboard. Apalagi yang non-TNGA, walaupun ada teleskopiknya tapi tetep ga terlalu gimana2.
Kalo ahond stirnya jauh dari dashboard, enak bener buat tangan.. brio-lio-brv yang ga ada teleskopik aja menurut saya driving positionnya udah enak banget :big_okay:

Padahal nih ya, kalo saya perhatikan rumus driving position enak itu ya cuma jok yg proper besarnya, alas bagian pantat lebih rendah daripada paha, dan yg terakhir stir yg jauh dari dashboard. Entah kenapa atoyot apalagi daihatsu susah bener bikin mobil yg begitu, mahal kah? ribet kah? :big_think:
:big_think: conspiracy theory, mgkn itu posisi nyetir "favorit" org indo. Saya tiap kali pinjem ertiga dr supir kantor, posisi nyetirnya aja disetel deket banget ama setir ampek kaki saya nekuk, padahal tinggi badan saya cuma 168 aja. Udah gitu jok ditinggiin + ditegakkin. Istri saya juga ikut2an begitu, udah saya racunin tetep aja ga mempan.
Mirip2 semburan AC, umumnya disini jarang kepake jg setelan selain nyembur ke muka. Mungkin sama daihatsu udah disurvei dgn pertanyaan: "kalo gw kasih dipake nggak?" Akhirnya ketika harus ada yg dicut demi ngejar cost, ya hal2 begitu yg di compromise. "Toh mereka happy" begitu pikirnya :big_weee:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

KielConstantine wrote: Mon Dec 05, 2022 18:59
Pboyz97 wrote: Mon Dec 05, 2022 16:32
tomoe wrote: Mon Dec 05, 2022 8:29 Bisa di share om pertimbangan dan aspek apa yang membuat batal upgrade ke zenix ??
- handling dan driving feelnya. itu tergantung kalian biasa bawa apa. kalau kalian biasa bawa mobil kelas dibawahnya or trio ladder, zenix ini bakal berasa enak bgt dan nyaman. tapi kalau kalian biasa make mobil monokok kelas crv keatas, rasanya bakal biasa aja.

karena benchmarking kami adalah CRV, yg sudah kami pakai dari gen 2, gen 3 sampe terakhir gen 5 turbo selama belasan tahun. 2 hal itu kurang memenuhi ekspektasi kami. entah knp crv turbo masih menang dalam beberapa aspek terutama handling , driving feel, dan kestablilannya

walaupun CRV turbo kalah di bq dan peredaman, tetapi tetap saja, handling dari zenix ini dan driving feelnya blm bisa menandingi crv turbo menurut saya pribadi.
Tumbennnnn bener wkwkwkwkwk


Makanya skarang si innova jinik jadi its just another japanese fwd monocoque pake lambang tuyuta :upss:

Apalagi dengan wang 500juta ++++ buat tebus pilihannya jd banyak dengan format platform yg mirip2. Dan malah banyak yg lebih menarik macem Crv turbo; CX-5; X-trail; bahkan Subaru forester awd dengan nambah duit sikit lagi. Belom lg bunuh2an sama sodaranya si voxy . Trus ada pesaing dari koreanya tuh kia carens diesel trlihat menarik buat dilirik :mrgreen:

Jati diri kijangnya udah ilang. Yang di appreciate ya hybrid drivetrainnya aja seh buat yg ngincer irit & pemakaian selama “garansi batre” …

Tapi balik lg ke yg om rubble bilang… daya serap marketnya terlalu kecil (ngandelin indo-indihe doang) klo masih kekeuh ngembangin & pakai platform ladderframe-mpv-rwd. So he must fulfill his own fate now as a mainstream econobox mpv :big_biglaugh:

Oh iya small notes trakhir. Yg notice hal2 kek gitu rata2 orang-orang tertentu aja yg bisa dibilang “ngerti mobil” macem om pboyz yg populasinya paling ga sampe 5%. Rata2 95% calon konsumen laennya pasti seneng liat upgrade ini kijang dari berbagai aspek, gw sih yakin si jinik bakal tetep laku kok :big_comfort:
Iya om, innova zenix ini kan mpv yg dicrossover kan. Kalau cx5, crv, xtrail, forester memang dari awal product design sudah dibikin crossover. Jadi yah pasti utk feeling driving innova zenix di bawah mereka. Tapi karena kodratnya sebagai mpv jadi nyaman bawa 7 orang. Forester cx5 hanya 5 seater. Xtrail dan crv 5 seater + 2 sempit gak manusiawi. Jadi yah udah jelas segmentasinya. Butuh 7 seater manusiawi yah zenix. Kl butuh 5 seater dan fun to drive yah pilih crossover tulen haha. Rasanya jarang 7 seater nyaman yang fun to drive kecuali ambil mobil premium di atas 800 jutaan macam cx8, cx9, palisade, dll

Intinya tetap tergantung kebutuhan pasar. Orang indonesia masih pentingin muat banyak dan resale value jadi toyota innova zenix masih akan tetap top 5 penjualan di indonesia menurut saya. Crossover tulen yg lbh fun drive penjualannya secara umum jauh di bawah innova karena yah itu gak pas dengan permintaan pasar mayoritas di negara ini
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

XMTdeluxe wrote: Mon Dec 05, 2022 18:23
Posisi nyetir kayaknya mirip2 aja Om, sama2 bisa teleskopik dan diatur ketinggian kursinya 🙄 Ground Clearance sama. Efek dashboardnya kali ya.
1 yg bakalan saya merasa kehilangan kalo ganti Zenix Om: magic box di console tengah 🤣🤣 itu ruang kosong di tengah gede banget bisa naro apa aja brak bruk brak bruk. Praktis! Dan ambience light yg niat di V reborn hrs diganti dgn ambeyen light.

Lah, bukannya reborn harusnya lebih empuk Om, saking limbungnya dan mentul2? 😁
Kalau tarikan sih memang ga bisa dibanggakan... Tapi Reborn bensin ini selalu jadi barometer mobil merk org pintar, dijil mitik malah nggak.
om coba test drive dulu deh, dijamin langsung ketauan bedanya. kebetulan yg saya td tipe hybridnya, gatau yg bensin kaya gimana. kalo dibanding reborn lebih empuk ya mesti test drive dulu om, impresi saya setelah test drive justru kebalikannya. zenix terasa jauh lebih empuk dan nyaman dibanding reborn, apalagi duduk di row 2 nya, abis dari zenix balik lg ke reborn malah di reborn berasa limbung dan mentul2 di row 2 nya :big_biglaugh:
KielConstantine wrote: Mon Dec 05, 2022 18:59

Tumbennnnn bener wkwkwkwkwk


Makanya skarang si innova jinik jadi its just another japanese fwd monocoque pake lambang tuyuta :upss:

Apalagi dengan wang 500juta ++++ buat tebus pilihannya jd banyak dengan format platform yg mirip2. Dan malah banyak yg lebih menarik macem Crv turbo; CX-5; X-trail; bahkan Subaru forester awd dengan nambah duit sikit lagi. Belom lg bunuh2an sama sodaranya si voxy . Trus ada pesaing dari koreanya tuh kia carens diesel trlihat menarik buat dilirik :mrgreen:

Jati diri kijangnya udah ilang. Yang di appreciate ya hybrid drivetrainnya aja seh buat yg ngincer irit & pemakaian selama “garansi batre” …

Tapi balik lg ke yg om rubble bilang… daya serap marketnya terlalu kecil (ngandelin indo-indihe doang) klo masih kekeuh ngembangin & pakai platform ladderframe-mpv-rwd. So he must fulfill his own fate now as a mainstream econobox mpv :big_biglaugh:

Oh iya small notes trakhir. Yg notice hal2 kek gitu rata2 orang-orang tertentu aja yg bisa dibilang “ngerti mobil” macem om pboyz yg populasinya paling ga sampe 5%. Rata2 95% calon konsumen laennya pasti seneng liat upgrade ini kijang dari berbagai aspek, gw sih yakin si jinik bakal tetep laku kok :big_comfort:
sependapat. gw kalo ada mobil 7 seater lain , budget segitu gw bakal pilih cx5 or subaru. paling enak disetir dibanding semua kandiat yg om sebutin. hehehe. apalagi gw tinggal di jabodetabek, which is semua merek bengkelnya semua ada, jadi aftersalesnya masih lumayan aman disini. kecuali posisi gw bakal dijadiin mobil 7 seater satu2nya baru gw ambil zenix hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

Suryaputra wrote: Mon Dec 05, 2022 23:47
Honda ini emg selalu kasih driving experience dan posisi duduk yg baguss di tiap kelas nya + ruang lega.

Dr brio, lio, brv, hrv (ah ini juara di kelasnya), crv, civic di kelasnya debest.

Sy pernah nyobain motuba accord mastro bahkan, itu aja posisi duduknya enak bingitt.

Ini Konteksnya ke driver feel yaa, klo performa, buat bbrp org gak jd nomor 1, sm spt saya.. krn toh max speed <120 kph for safety reason di jalan umum.

honda is honda, walaupun keluaran skrg dah cenderung empuk
Tapi tetap driving feelnya :big_exellent:

Sampai2 owner lexus RX aja bs admit brio enak, berarti emg honda punya faktor X yg bikin customernya loyal, bahkan bbrp jd custumer advocates tanpa dibayar :big_biglaugh:

Sorry oot :ngacir:
nah ini poin yg saya bold saya setuju bgt. kebetulan saya sudah pakai merek honda dari 1997 - sekarang & faktor X nya itu, walaupun harus di kompromikan sm road noise, fitur & bq yg agak kurang dibanding pesaing sekelasnya menurut saya. yaitu all rounder. gak jadi yg paling nyaman or paling fun to drive, tetapi tengah2 alias mengakomodir semua. jarang2 mobil bisa seperti itu menurut saya , which is hebatnya honda selain driving position, handling, driving feel & tarikannya enak, tapi disisi lain tetep punya akomodasi yg bagus karena lega, muat banyak & practical, which is masih sulit ditandingin merek lain. pengalaman saya make berbagai macem merek jepang mulai dari T, duo mazdut mitsu & H tegak impresi saya paling pas ya di H tegak ini, gaheran loyalisnya banyak sampai saat ini (termasuk ibu saya juga) :big_biglaugh: . karena ada mobil yg nyaman dan empuk pake bgt alias yg ternyaman lah di kelasnya, tapi driving feelnya kurang, berasa bland dan kaya bawa kapal. atau ada juga mobil yg paling fun to drive dikelasnya, handling enak, tarikan enak, tapi kenyamanan dan bantingan suspensinya keras, which is gak nyaman buat row 2 nya , blm lg akomodasinya kurang, seperti row 2 & bagasi sempit or storagenya kurang. honda menurut saya bisa mengkombinasikan kedua faktor itu dengan baik sehingga cukup diminati masyarakat sampai saat ini
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

Kesimpulan nya.
Kalau setir sendiri dan ga perlu 3 baris , ya baiknya pilih Honda aja.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Driving experience nya Honda emang susah dilawan.
Kalau disetirin dan perlu 3 baris, ya Zenix ini tetap bisa jadi pilihan.
Liat video review Zenix, tuh monitor di belakang jok pertama , rasanya geter banget kalau lewat jalan ga mulus. Bakal potensi rattle itu sih in long term. Lebih baik yang dulu dikasih meja lipat bisa buat makan, minum, naro tablet/ laptop, ganti popok :big_weee:
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

ChZ wrote: Tue Dec 06, 2022 3:41 Honda ini persis Volkswagen om. sangat bergantung sama modularity platform nya. bisa dapet best in class driving position dan feel di kelas mobil under 200 juta itu sulit emang kalo gak bergantung sama modular platform.

Brio platform itu Jazz platform yang disunat wheelbase dan dikurang-kurangin aja. inget kok pertama bawa Brio DD1 awal, feelnya kayak bawa Jazz yang dipangkas 100kg.

ToyoDai, harus bikin barang baru dari ground-up biar cost nya rendah. makanya gak ada kemiripan antara ToyoDai yang murah dan mahal. Honda naik Brio sama naik Accord, rasanya tetep khas "Honda". ya tentunya di Accord cushion nya lebih empuk dan support joknya lebih plush ya :mky_03:

tapi ya minus nya karena modular harus mencakup produk low sampe mid - Honda selalu jadi yang termahal di kelas. gimana upaya supaya gak termahal? ya lihat lagi brio DD1 awal plastic nya jelek banget walau bawanya forgiving sekali. beberapa parts cost cuttingnya jelas, kaki kaki glodakan dan tidak awet krn otomatis harus cari vendor perakitan yang murah, dll. ToyoDai in the other hand enak enak aja emang costnya udah murah dan cm dipake mobil murah.

ini mirip kenapa VW Golf sekarang jadi muahal juga sih. ya gimana dong platform sama harus dipake Audi A4 yang harus compete dengan BMW G20. otomatis VW Golfnya jadi mahal. padahal VW kita bawa Polo india aja kerasa tuh mobil enak banget. itu mobil lahir dari platform VW Golf lama. Polo baru harganya mungkin udah ramasok krn makin premium.

lucunya Toyota in the other hand mungkin nyadar pricingnya udah "premium" juga dan kompetisi yang makin sengit, jadi ya sudah low-end product pake DNGA demi neken cost, mid to high pake TNGA chassis krn harus diakui walau mahal feel bawa toyota mid to high kan skrg premium sekali. yah lahirlah innova zenix 600 juta ini.

DNGA platform aja distinct banget dari bawa TNGA. bawa avanza veloz baru kita ngerasain feel bawa yang mirip dengan raize/rocky, tapi tetep kalau kita disuguhin brio vs accord sama avanza vs camry, feel nya lebih familiar brio ke accord daripada avanza ke camry.


Iya juga yah, kalo orang sono bilang kan produk VW itu isinya cuma Golf yang dijadikan banyak mobil. Ada golf sedan, golf coupe, golf mpv, golf suv, golf city car, dll dsb

Sama kaya ahond yah, dari Jazz bisa jadi buanyak mobil HAHA

Mungkin saya ga gitu relate banget yah soal 'modularity'nya honda ini, tapi kalo nyetir honda mulai brio sampe crv ciri khas mesti sama;
Good driving position, good handling, good accomodation.
Mungkin bukan yang ternyaman, tersenyap ataupun ter-reliable tapi ya dia pasti punya 3 aspek itu.

Kalo toyota itu, orang kebanyakan mengenalnya 'reliable'. Padahal ya ga 100% bener juga sih, toyota yang baru-baru juga ga luput dari recall & defect kok wkwkwk
Tapi kalau dipikir lagi, produk toyota memang ga punya ciri khas seperti honda tadi yah.

Nyaman? Senyap? Handling bagus? driving position? akomodasi? audio? build quality? performa? efisiensi? ga ada produk toyota yang konsisten thdp aspek" tersebut.

Tapi saya rasa dengan hadirnya TNGA ini toyota jadi lebih punya 'karakter' sih ya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Syauqi wrote: Tue Dec 06, 2022 7:33
Iya juga yah, kalo orang sono bilang kan produk VW itu isinya cuma Golf yang dijadikan banyak mobil. Ada golf sedan, golf coupe, golf mpv, golf suv, golf city car, dll dsb

Sama kaya ahond yah, dari Jazz bisa jadi buanyak mobil HAHA

Mungkin saya ga gitu relate banget yah soal 'modularity'nya honda ini, tapi kalo nyetir honda mulai brio sampe crv ciri khas mesti sama;
Good driving position, good handling, good accomodation.
Mungkin bukan yang ternyaman, tersenyap ataupun ter-reliable tapi ya dia pasti punya 3 aspek itu.

Kalo toyota itu, orang kebanyakan mengenalnya 'reliable'. Padahal ya ga 100% bener juga sih, toyota yang baru-baru juga ga luput dari recall & defect kok wkwkwk
Tapi kalau dipikir lagi, produk toyota memang ga punya ciri khas seperti honda tadi yah.

Nyaman? Senyap? Handling bagus? driving position? akomodasi? audio? build quality? performa? efisiensi? ga ada produk toyota yang konsisten thdp aspek" tersebut.

Tapi saya rasa dengan hadirnya TNGA ini toyota jadi lebih punya 'karakter' sih ya
paling kentara kalo bawa honda CRV, accord, civic, odyssey dari thn 2002-2015, hampir-hampir mirip joknya juga sama persis :big_biglaugh:

sebenernya proses bikin mobilnya itu yang bikin kenapa toyota products rasanya kok gak familiar satu sama lain.

honda sama kayak pabrikan jerman dia bikin ground up jahit sendiri. VW BMW Mercedes yang gini juga. begitu kluar pabrik tinggal nanti dikasih equipment, merk dan model beda-beda aja liat selera pasar. honda pun bbrp premium product pake logo acura termasuk NSX di usa lebih kenal acura NSX daripada honda NSX :upss:

Toyota lebih kayak pabrikan amerika dan china. dia beli minor brands buat nyontek technya :big_biglaugh: istilahnya biar minor brands ini yang jadi tukang jahitnya terus tinggal nanti dilabeli toyota. nah mobil yang murni toyota (camry, corolla, rav4, dll) ini biasa hasil dari toyota nyontek sana-sini. TNGA platform ini jg kayaknya hasil dia nyontek mazda. engine M-series terbaru kompresi tinggi apa ngga nyontek formulanya mazda bgt tuh belakangan kan lg mesra-mesranya sampe mazda2 berlogo toyota aja ada :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Donadoni1717
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Sun Oct 28, 2018 0:53

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Donadoni1717 »

Kira2 klo tipe g v bensin atau hybrid bisa pasang cruisecontrol ga ya..klo reborn kan bisa tu..
lance117
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jul 04, 2022 3:13

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by lance117 »

Dimata korporasi tujuannya gmn caranya ningkatin revenue atau nurunin cost
Mungkin di mata konsumen banyak mobil yang lebih bagus dikelas yang sama
tapi dimata korporasi mana yang lebih menjual dan laku itu yang menurut mereka mobil bagus dan sukses

Pamer kapabilitas dan inovasi bisa dilakukan di ajang motorsports, dimana menurut saya yang awam toyota lebih "tampil" dibandingkan honda
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

Donadoni1717 wrote:Kira2 klo tipe g v bensin atau hybrid bisa pasang cruisecontrol ga ya..klo reborn kan bisa tu..
Kl hybrid sih ngeri2 jg modif ya. Ntar ngerembet ke sistem kelistrikan hybrid nya, kelar deh.

Mau pasang spion retract buat tipe g aja ngeri2 jg.

Btw udah liat unit tipe q v hybrit dan bensin di a2k, tipe v bensin paling ga worth, nambah 40jt ++ dari tipe g cuma dapet pelek + hu gedean, rse yang malah bikin sesak, spion retract sm ambien light. Better g hybrid kemana2.

Btw yg gasolin only ready stock, hibrit inden 3 bulanan.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

XMTdeluxe wrote: Tue Dec 06, 2022 4:35 :big_think: conspiracy theory, mgkn itu posisi nyetir "favorit" org indo. Saya tiap kali pinjem ertiga dr supir kantor, posisi nyetirnya aja disetel deket banget ama setir ampek kaki saya nekuk, padahal tinggi badan saya cuma 168 aja. Udah gitu jok ditinggiin + ditegakkin. Istri saya juga ikut2an begitu, udah saya racunin tetep aja ga mempan.
Mirip2 semburan AC, umumnya disini jarang kepake jg setelan selain nyembur ke muka. Mungkin sama daihatsu udah disurvei dgn pertanyaan: "kalo gw kasih dipake nggak?" Akhirnya ketika harus ada yg dicut demi ngejar cost, ya hal2 begitu yg di compromise. "Toh mereka happy" begitu pikirnya :big_weee:
Ini juga nih yang saya perhatikan, kebanyakan orang yang saya lihat kalo nyetir cenderung maju, kakinya sampe nekuk begitu.
Mungkin patokan mereka mengutamakan jarak setir ke tangan aja, karena setau saya menurut kaidah performance driving (CMIIW) jarak tangan ke stir yang safe ya segitu, sudut sekitar 120 derajat.
Nah masalahnya kebanyakan affordable car disini ergonominya ga enak, jadinya kalo mau ngikut nyetir begitu ya kaki jadi kecepit wkwkwk

Kalo soal nyetir tinggi rendah ini kalo saya tergantung mobilnya, kalo yang setirnya mepet dashboard &/ gak teleskopik, terlalu rendah malah ga enak krn tangan jadi kejauhan. Kecuali mobil-mobil honda, kalo itu wajib setting posisi terendah :big_okay:
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Ibet »

ChZ wrote: Tue Dec 06, 2022 3:41 Brio platform itu Jazz platform yang disunat wheelbase dan dikurang-kurangin aja. inget kok pertama bawa Brio DD1 awal, feelnya kayak bawa Jazz yang dipangkas 100kg.
Can confirm ini sih,
Memang awalnya Brio series ini turunan Jazz GE8, bahkan beberapa part kaki - kakinya jg sharing sama si kakaknya.

Untuk mesinnya yg pertama kali masuk pun pake L13 yg aslinya ada di Fit pasar Jepang berikut segelondong dengan AT nya.
Tapi karena ada LCGC, si Brio ini mau gamau dipakein toned down version dari L13, yaitu L12, berikut CVT biar dapet fuel consumptionnya (regulasi LCGC).

Ada yg lucu jg, kalau ga salah di beberapa edisi Brio itu, yg versi Satya nya dapet underbody cover, sementara yg RS di delete hahaha
Infonya dengan underbody cover ini ngebantu naikin angka fuel consumptionnya.

==========

Anyway, Zenix related.
Ga kaget jg liat angka booking Zenix yg skyrocketing, dan besar di Hybrid nya ..
Mungkin karena lihat logo dan aftersalesnya Toyota, orang ga bimbang lagi ..

Pengen jg nyobain td suatu saat, sekarang rame banget haha
Oh ya, ini on spec M20-FXS udah gamungkin nenggak Pertalite lagi ya? Kan pake Miller
atau om ada yang punya foto pintu bensinnya? penasaran minimum oktan buat si Zenix Hybrid ..
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

Ibet wrote:
ChZ wrote: Tue Dec 06, 2022 3:41 Brio platform itu Jazz platform yang disunat wheelbase dan dikurang-kurangin aja. inget kok pertama bawa Brio DD1 awal, feelnya kayak bawa Jazz yang dipangkas 100kg.
Can confirm ini sih,
Memang awalnya Brio series ini turunan Jazz GE8, bahkan beberapa part kaki - kakinya jg sharing sama si kakaknya.

Untuk mesinnya yg pertama kali masuk pun pake L13 yg aslinya ada di Fit pasar Jepang berikut segelondong dengan AT nya.
Tapi karena ada LCGC, si Brio ini mau gamau dipakein toned down version dari L13, yaitu L12, berikut CVT biar dapet fuel consumptionnya (regulasi LCGC).

Ada yg lucu jg, kalau ga salah di beberapa edisi Brio itu, yg versi Satya nya dapet underbody cover, sementara yg RS di delete hahaha
Infonya dengan underbody cover ini ngebantu naikin angka fuel consumptionnya.

==========

Anyway, Zenix related.
Ga kaget jg liat angka booking Zenix yg skyrocketing, dan besar di Hybrid nya ..
Mungkin karena lihat logo dan aftersalesnya Toyota, orang ga bimbang lagi ..

Pengen jg nyobain td suatu saat, sekarang rame banget haha
Oh ya, ini on spec M20-FXS udah gamungkin nenggak Pertalite lagi ya? Kan pake Miller
atau om ada yang punya foto pintu bensinnya? penasaran minimum oktan buat si Zenix Hybrid ..
Sy buka pintu bensinnya, cuma bilang unleaded aja. Mungkin harus liat manual book
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: Wed Dec 07, 2022 3:25
ChZ wrote: Tue Dec 06, 2022 3:41 Brio platform itu Jazz platform yang disunat wheelbase dan dikurang-kurangin aja. inget kok pertama bawa Brio DD1 awal, feelnya kayak bawa Jazz yang dipangkas 100kg.
Can confirm ini sih,
Memang awalnya Brio series ini turunan Jazz GE8, bahkan beberapa part kaki - kakinya jg sharing sama si kakaknya.

Untuk mesinnya yg pertama kali masuk pun pake L13 yg aslinya ada di Fit pasar Jepang berikut segelondong dengan AT nya.
Tapi karena ada LCGC, si Brio ini mau gamau dipakein toned down version dari L13, yaitu L12, berikut CVT biar dapet fuel consumptionnya (regulasi LCGC).

Ada yg lucu jg, kalau ga salah di beberapa edisi Brio itu, yg versi Satya nya dapet underbody cover, sementara yg RS di delete hahaha
Infonya dengan underbody cover ini ngebantu naikin angka fuel consumptionnya.

==========

Anyway, Zenix related.
Ga kaget jg liat angka booking Zenix yg skyrocketing, dan besar di Hybrid nya ..
Mungkin karena lihat logo dan aftersalesnya Toyota, orang ga bimbang lagi ..

Pengen jg nyobain td suatu saat, sekarang rame banget haha
Oh ya, ini on spec M20-FXS udah gamungkin nenggak Pertalite lagi ya? Kan pake Miller
atau om ada yang punya foto pintu bensinnya? penasaran minimum oktan buat si Zenix Hybrid ..
klo lihat spec versi mesin bensinnya
sesama M20A-FKS

https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html
https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html

Fuel RON 91 or higher,
dgn oli mesin W16 or W20

-------

CalSig aja minimal RON 92
kasih pertalite, ngelitik mulu :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 5:49 klo lihat spec versi mesin bensinnya
sesama M20A-FKS

https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html
https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html

Fuel RON 91 or higher,
dgn oli mesin W16 or W20

-------

CalSig aja minimal RON 92
kasih pertalite, ngelitik mulu :ngacir:
pasti bisa mbah, namanya saja toyota. bisol saja bisa 400 hp... :big_grin:

btw, yg agak nakutin dari mesin dirject gini bukan di bbm, tapi ya masalah klasiknya: carbon build up bikin oli mesin cepet tewas, oli mesin minimal API SM dan sepertinya belum ada oli mesin yang bisa long life. menarik nih kadal2an toyota sektor ini gimana. apalagi di Indo, apa2 mesti semurah mungkin :big_biglaugh:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by lawyerone »

nyotsaeba wrote: Wed Dec 07, 2022 2:36
Donadoni1717 wrote:Kira2 klo tipe g v bensin atau hybrid bisa pasang cruisecontrol ga ya..klo reborn kan bisa tu..
Kl hybrid sih ngeri2 jg modif ya. Ntar ngerembet ke sistem kelistrikan hybrid nya, kelar deh.

Mau pasang spion retract buat tipe g aja ngeri2 jg.

Btw udah liat unit tipe q v hybrit dan bensin di a2k, tipe v bensin paling ga worth, nambah 40jt ++ dari tipe g cuma dapet pelek + hu gedean, rse yang malah bikin sesak, spion retract sm ambien light. Better g hybrid kemana2.

Btw yg gasolin only ready stock, hibrit inden 3 bulanan.
Sama, saya juga mikir hal yang sama kalau tipe V kurang worth. Untuk soft touch sepertinya lebih prefer bawa ke spesialis jok kulit sekalian untuk semua panel dan kulitin jok.

Dan fitur yang mungkin fungsional dan butuh sehari2, retractable mirrornya.

Cuma ya itu tadi, seberapa sulit pasang modul retractable mirror di Innova Zenix untuk tipe G.

Awalnya sangat tertarik ambil G HEV, tapi mikir2 ulang kalau Jakarta masih sering ada genangan, yang kadang bisa 30-40cm. Biasa bawa Innova berani hajar kalau tinggi masih segitu, tapi kalau si Zenix yang kelihatannya posisi mesin rendah + HEV yang jalur elektrikalnya lewat bawah, jadi mikir dua kali.

Ada yang pernah pertimbangkan itu juga untuk HEV nya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Wed Dec 07, 2022 7:25
Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 5:49 klo lihat spec versi mesin bensinnya
sesama M20A-FKS

https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html
https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html

Fuel RON 91 or higher,
dgn oli mesin W16 or W20

-------

CalSig aja minimal RON 92
kasih pertalite, ngelitik mulu :ngacir:
pasti bisa mbah, namanya saja toyota. bisol saja bisa 400 hp... :big_grin:

btw, yg agak nakutin dari mesin dirject gini bukan di bbm, tapi ya masalah klasiknya: carbon build up bikin oli mesin cepet tewas, oli mesin minimal API SM dan sepertinya belum ada oli mesin yang bisa long life. menarik nih kadal2an toyota sektor ini gimana. apalagi di Indo, apa2 mesti semurah mungkin :big_biglaugh:
Gak enak dgr suara ngelitiknya mbah :big_biglaugh:

Apalagi 2 biji busi per silinder:
- 1 di intake valve rentan carb build up
- 1 di dalam ruang piston - ini common
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ariswp »

Direct injection D4S di toyota itu secara prinsip garis besarnya apa sama dengan direct injection misal di L15B N/A /P5-VPS/ MR20DD?
Atau memang ada perbedaan lagi?
Sempat nonton video introduksi M20, sepertinya per silindernya ada 2 injector sih yg nyemprot sequensial, yang satu agak diluar posisinya (port), yang satu lagi langsung ke dalam silinder (direct)
Lalu, kerja thermostat, waterpump, oilpumpnya diatur secara elektrik (waterpump bekerja tidak mengikuti putaran mesin melalui fanbelt, oilpump bekerja tidak berdasarkan rpm), semuanya diotaki ECU canggih

Canggih bener ini mesin toyota memang, bayangin mesin dengan thermal efficiency tertinggi, lalu dipegang oleh user2 khas +62 yg terbiasa pelihara 7K, 1TR, 2NR, 2KD, 2GD rada ngeri2 sedap juga
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Wed Dec 07, 2022 12:26 Direct injection D4S di toyota itu secara prinsip garis besarnya apa sama dengan direct injection misal di L15B N/A /P5-VPS/ MR20DD?
Atau memang ada perbedaan lagi?
Sempat nonton video introduksi M20, sepertinya per silindernya ada 2 injector sih yg nyemprot sequensial, yang satu agak diluar posisinya (port), yang satu lagi langsung ke dalam silinder (direct)
Lalu, kerja thermostat, waterpump, oilpumpnya diatur secara elektrik (waterpump bekerja tidak mengikuti putaran mesin melalui fanbelt, oilpump bekerja tidak berdasarkan rpm), semuanya diotaki ECU canggih

Canggih bener ini mesin toyota memang, bayangin mesin dengan thermal efficiency tertinggi, lalu dipegang oleh user2 khas +62 yg terbiasa pelihara 7K, 1TR, 2NR, 2KD, 2GD rada ngeri2 sedap juga
Gpp klo dipakai 3-5 thn terus jual
Isi pertalite doang.

Krn ini mesin import, dan sptnya gak detune yah.
efisiensi tinggi (mesin 2 liter N/A tp relatively highest power in it's class).

>170 PS loh.

Bahkan lbh efisien dibanding mzd skyactive.

Beda banget sm 1TR jauh, even <140 PS, tapi proven reliable, karena disumpelin pertalite or even jaman RON 88 msh ada, dipakai >5thn jg msh ok.
Pakai oli 10w40 juga masih ok. :big_biglaugh:

Toyota sih toyota, tp ya ada batasnya juga, namanya teknologi baru.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 8:06
kunaskun wrote: Wed Dec 07, 2022 7:25
Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 5:49 klo lihat spec versi mesin bensinnya
sesama M20A-FKS

https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html
https://www.tocorolla12.com/toyota_coro ... -2513.html

Fuel RON 91 or higher,
dgn oli mesin W16 or W20

-------

CalSig aja minimal RON 92
kasih pertalite, ngelitik mulu :ngacir:
pasti bisa mbah, namanya saja toyota. bisol saja bisa 400 hp... :big_grin:

btw, yg agak nakutin dari mesin dirject gini bukan di bbm, tapi ya masalah klasiknya: carbon build up bikin oli mesin cepet tewas, oli mesin minimal API SM dan sepertinya belum ada oli mesin yang bisa long life. menarik nih kadal2an toyota sektor ini gimana. apalagi di Indo, apa2 mesti semurah mungkin :big_biglaugh:
Gak enak dgr suara ngelitiknya mbah :big_biglaugh:

Apalagi 2 biji busi per silinder:
- 1 di intake valve rentan carb build up
- 1 di dalam ruang piston - ini common
Dual injektor kali om bukan 2 busi.. :upss:
Tapi carbon build up hanya di ruang bakar kok kalau dual injektor begini, port injektor buat ngebersihin carbon build up di intake jadi kesapu terus carbonnya kena semprotan bensin.. Apalagi siklus atkinson ada bbm yg balik ke intake port pas proses kompresi. Kalau mesin murni hanya direct injection baru intakenya lebih kotor carbon build up karna gak ada bbm yg nyapu intake port. Ruang piston gak bisa diapa2in pasti ada carbonnya mau pake bbm ron paling rendah sampe tinggi juga. Mau bersih? Konversi ke bbg jamin bersih :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Wed Dec 07, 2022 13:24
Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 8:06
kunaskun wrote: Wed Dec 07, 2022 7:25

pasti bisa mbah, namanya saja toyota. bisol saja bisa 400 hp... :big_grin:

btw, yg agak nakutin dari mesin dirject gini bukan di bbm, tapi ya masalah klasiknya: carbon build up bikin oli mesin cepet tewas, oli mesin minimal API SM dan sepertinya belum ada oli mesin yang bisa long life. menarik nih kadal2an toyota sektor ini gimana. apalagi di Indo, apa2 mesti semurah mungkin :big_biglaugh:
Gak enak dgr suara ngelitiknya mbah :big_biglaugh:

Apalagi 2 biji busi per silinder:
- 1 di intake valve rentan carb build up
- 1 di dalam ruang piston - ini common
Dual injektor kali om bukan 2 busi.. :upss:
Tapi carbon build up hanya di ruang bakar kok kalau dual injektor begini, port injektor buat ngebersihin carbon build up di intake jadi kesapu terus carbonnya kena semprotan bensin.. Apalagi siklus atkinson ada bbm yg balik ke intake port pas proses kompresi. Kalau mesin murni hanya direct injection baru intakenya lebih kotor carbon build up karna gak ada bbm yg nyapu intake port. Ruang piston gak bisa diapa2in pasti ada carbonnya mau pake bbm ron paling rendah sampe tinggi juga. Mau bersih? Konversi ke bbg jamin bersih :big_peace:
Iya wkwkkwkw
How come bs nulis "busi" saking semangatnya :big_biglaugh:

Ya sebagus bagusnya bbm ttp ada carb build up emang,
Cuma tinggal banyak apa nggak nya aja

Klo BBG udh lain cerita itu :ungg:

Tp menarik banget sih emg mesin voxy and jinik ini mbah.
Sy sangat menghargai sector engineering soalnya, instead of gimmick atau aksesoris :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by walid_007 »

belom terdeteksi foto spk dimari

:mky_03:
:ngacir:
engine roaring!
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 8:06
Gak enak dgr suara ngelitiknya mbah :big_biglaugh:
gpp, yg penting ngebut mbah :ungg:
Apalagi 2 biji busi per silinder:
- 1 di intake valve rentan carb build up
- 1 di dalam ruang piston - ini common
nah intake valve ini bikin repot, lama2 ganjel jadi bikin brebet2..
ariswp wrote: Wed Dec 07, 2022 12:26 Direct injection D4S di toyota itu secara prinsip garis besarnya apa sama dengan direct injection misal di L15B N/A /P5-VPS/ MR20DD?
Atau memang ada perbedaan lagi?
Sempat nonton video introduksi M20, sepertinya per silindernya ada 2 injector sih yg nyemprot sequensial, yang satu agak diluar posisinya (port), yang satu lagi langsung ke dalam silinder (direct)
Lalu, kerja thermostat, waterpump, oilpumpnya diatur secara elektrik (waterpump bekerja tidak mengikuti putaran mesin melalui fanbelt, oilpump bekerja tidak berdasarkan rpm), semuanya diotaki ECU canggih

Canggih bener ini mesin toyota memang, bayangin mesin dengan thermal efficiency tertinggi, lalu dipegang oleh user2 khas +62 yg terbiasa pelihara 7K, 1TR, 2NR, 2KD, 2GD rada ngeri2 sedap jugaa
in Toyota we Trust. :big_love:
wicaksono99 wrote: Wed Dec 07, 2022 13:24 Dual injektor kali om bukan 2 busi.. :upss:
Tapi carbon build up hanya di ruang bakar kok kalau dual injektor begini, port injektor buat ngebersihin carbon build up di intake jadi kesapu terus carbonnya kena semprotan bensin.. Apalagi siklus atkinson ada bbm yg balik ke intake port pas proses kompresi. Kalau mesin murni hanya direct injection baru intakenya lebih kotor carbon build up karna gak ada bbm yg nyapu intake port. Ruang piston gak bisa diapa2in pasti ada carbonnya mau pake bbm ron paling rendah sampe tinggi juga. Mau bersih? Konversi ke bbg jamin bersih :big_peace:
oh iya ada atkinson cycle jadi bisa "tumble back" gitu ya. terus injector kedua ditaronya masih "normal" di intake port.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Dec 07, 2022 13:37 Tp menarik banget sih emg mesin voxy and jinik ini mbah.
Sy sangat menghargai sector engineering soalnya, instead of gimmick atau aksesoris :mky_03:
yang gini ini nih bikin pabrikan ga jualan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
walid_007 wrote: Wed Dec 07, 2022 16:42 belom terdeteksi foto spk dimari

:mky_03:
:ngacir:
langsung sekalian bareng stnk mbah biasanya.
temen si baru kelar tuh fakturnya kemarin di jkt. mestinya minggu depan udah delivery.