Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: 01 Dec 2021, 14:39
Pboyz97 wrote: 01 Dec 2021, 08:17 setuju om. dan paham tersebut masih mengakar kuat sampe sekarang menurut pengamatan sotoy saya ,terutama diluar jawa. gaheran kalo harga mobil rwd kaya kisul, panther, avxen lama, rushter lama atau innova diesel , pajero or fortuner model lama masih cukup nahan dan stabil sampe sekarang, karena ya peminatnya di daerah masih banyak. selain faktor karena emg lega, muat banyak, perawatan murah, bandel , awet, partnya gampang ada dimana mana + kalo dijual lagi ga jatoh2 amat harganya, serta pilihan merek disana yg terbatas ya, lebih condong ke merek mainstream aja yg bengkelnya ada disana + opsi unit sekennya yg memang lebih terbatas dibanding di jakarta , sedangkan kalo di jakartanya sendiri model2 itu udh cukup jarang ditemuin di jalan, rata2 udh pada pindah ke generasi terbarunya kaya ANKI, ANF atau ANPS wkwkwk

kalo yg beli model FWD, mayoritas emg tinggal di perkotaan kaya jakarta kalo menurut pengamatan sotoy saya, sedangkan kalo di daerah terutama yg banyak tanjakkan atau yg kualitas jalannya masih kurang baik, mereka masih lebih prefer RWD rata2 menurut saya hehehe
orang di luar kota besar bahkan di jawa saja, mana pernah service selain ganti oli. kenapa? karena ga mau bayar (pelit) dan kalaupun mau ya sedikit sekali bengkel umum yang bisa kerjakan dan mumpuni, spare part bisalah beli di tokped tapi yang ngerjain kan tetap mekanik. nah cocoklah dengan diesel kan yang cuma isi solar doang udah jalan, paling ganti oli.

makanya cari mobil ga jauh2 dari merek itu2 saja, merek lain yg beredar disini kemungkinan besar hanya dipake sekian tahun terus dijual itupun dengan plat kota besar. makanya pedege mobkas ogah beli mobil plat nomor di luar kota besar, karena biasanya ga pernah di service :big_biglaugh:

soal FWD atau RWD ini ya balik ke faktor paling awal: urusan service. lah cari bengkel yg bisa service saja sulit, sedangkan bengkel resmi "mahal" apalagi service itu steering rack. mendingan beli RWD yg ga perlu diservice :big_biglaugh:
Ini bener sih, OOT dikit kebetulan ada temen komunitas dia kerja di daerah Bengkulu, entah ini masuk kota besar atau ngga ya.

Itu katanya mobil usia sebulan ngga ada baret aja udah rekor. Banyak yg baru dianter aja udah ngehajar kerbau, dan kalo udah gitu ya ngga akan masuk bengkel resmi, masuk bengkel biasa.

Dia pernah nemuin ANKI usia 8 bulan itu part kaki-kaki nya udah 'diakalin' semua, padahal secara kebijakan harusnya kan masih bisa claim garansi. Katanya si owner males ke bengkel resmi karena jauh dan pasti mahal, mending benerin sendiri aja. Oli mesin yg dipake jg Meditran drum
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2863
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

rakyatwkwkland wrote: 01 Dec 2021, 13:16
Hahaha... relate banget sih ini. Gerasi ane jg ada nanjak tapi nanjaknya dikit doang sih. Tapi dulu waktu make xenia, kalo start mundur pas posisi ban depan nempel ke tanjakan, ya auto slip karena ga ada ancang2. Apalagi kalo ujan2 bannya basah licin... Sekarang make er3 mah no issue urusan begituan. Mau ban depan nempel ke tanjakan terus langsung geber mundur gaspol jg gabakal selip. Kadang jg kalo lagi ngepasin posisi parkir, mobil lagi melorot maju pun langsung ane geber mudur jg langsung wuss naik aja... Seraya dalam hati ane ngomon "apa itu selip" wkwkwkwk... :mky_07:

Nih kalo pro driver tuh begini nih... Mau FWD let say hilang grip di tanjakan curam berbatu, tinggal putar balik nanjaknya...

:big_biglaugh: :big_weee:
mantep instant convert dari FWD ke RWD dengan rear sterring.......... :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3768
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 14:52 Ini bener sih, OOT dikit kebetulan ada temen komunitas dia kerja di daerah Bengkulu, entah ini masuk kota besar atau ngga ya.

Itu katanya mobil usia sebulan ngga ada baret aja udah rekor. Banyak yg baru dianter aja udah ngehajar kerbau, dan kalo udah gitu ya ngga akan masuk bengkel resmi, masuk bengkel biasa.

Dia pernah nemuin ANKI usia 8 bulan itu part kaki-kaki nya udah 'diakalin' semua, padahal secara kebijakan harusnya kan masih bisa claim garansi. Katanya si owner males ke bengkel resmi karena jauh dan pasti mahal, mending benerin sendiri aja. Oli mesin yg dipake jg Meditran drum
:mky_01:
apalagi bengkulu ya, saya yang di kota kecil pantura saja ga beda jauh. makanya analogi dimari bener juga: spare part itu mesti ada di tukang sayur juga :big_biglaugh:

makanya menarik melihat "quantum leap" seekor avanza 2021 ini. practically itu CVT akan jadi bom waktu di masa depan, atau toyota udah nemuin formula CVT bomb proof untuk indo? :big_biglaugh: belum bicara adanya perangkat TSS dengan segudang sensor yg apa ga error kalau ketemu bengkel variasi modal colok2 test pen doang :big_biglaugh: terus masih ada lagi EPB dan FWD pula :big_biglaugh:

apa nanti calya sigra next gen tetep kuno buat nangkal masalah ini? :big_biglaugh:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: 01 Dec 2021, 15:00
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 14:52 Ini bener sih, OOT dikit kebetulan ada temen komunitas dia kerja di daerah Bengkulu, entah ini masuk kota besar atau ngga ya.

Itu katanya mobil usia sebulan ngga ada baret aja udah rekor. Banyak yg baru dianter aja udah ngehajar kerbau, dan kalo udah gitu ya ngga akan masuk bengkel resmi, masuk bengkel biasa.

Dia pernah nemuin ANKI usia 8 bulan itu part kaki-kaki nya udah 'diakalin' semua, padahal secara kebijakan harusnya kan masih bisa claim garansi. Katanya si owner males ke bengkel resmi karena jauh dan pasti mahal, mending benerin sendiri aja. Oli mesin yg dipake jg Meditran drum
:mky_01:
apalagi bengkulu ya, saya yang di kota kecil pantura saja ga beda jauh. makanya analogi dimari bener juga: spare part itu mesti ada di tukang sayur juga :big_biglaugh:

makanya menarik melihat "quantum leap" seekor avanza 2021 ini. practically itu CVT akan jadi bom waktu di masa depan, atau toyota udah nemuin formula CVT bomb proof untuk indo? :big_biglaugh: belum bicara adanya perangkat TSS dengan segudang sensor yg apa ga error kalau ketemu bengkel variasi modal colok2 test pen doang :big_biglaugh: terus masih ada lagi EPB dan FWD pula :big_biglaugh:

apa nanti calya sigra next gen tetep kuno buat nangkal masalah ini? :big_biglaugh:
Mungkin teknologi D-CVT nya itu dirancang untuk lumayan bomb proof, jd misal dipakai 200rb km ngga ada masalah. Tp untuk konsumen2 yang 'konvensional' pasti akan milih nya Manual sih ketimbang CVT nya
:mky_03:

Fitur2 gimmick lainnya sih saya rasa konsumen 'konvensional' itu ngga akan perbaiki kalau setelah pemakaian sekian lama ada kerusakan, yg penting mobil msh bisa jalan. Masalah sensor2 ya bisa lah bawa ke bengkel variasi buat by-pass jalurnya
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12903
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:08
Mungkin teknologi D-CVT nya itu dirancang untuk lumayan bomb proof, jd misal dipakai 200rb km ngga ada masalah. Tp untuk konsumen2 yang 'konvensional' pasti akan milih nya Manual sih ketimbang CVT nya
:mky_03:

Fitur2 gimmick lainnya sih saya rasa konsumen 'konvensional' itu ngga akan perbaiki kalau setelah pemakaian sekian lama ada kerusakan, yg penting mobil msh bisa jalan. Masalah sensor2 ya bisa lah bawa ke bengkel variasi buat by-pass jalurnya
:mky_03:
klo CVT kayaknya skrg udah relatif no issue ya. liat HRV dan mobilio di jalan tuh kyknya adem ayem aja pd pecah telor ratusan ribu gak denger langganan OH CVT. CRV turbo aja byk yang pecah telor pake ngasal dan gak denger issue CVTnya rontok. FWD pun skrg relatif lebih awet dibanding 10 taun yang lalu.

CVT rewel tuh kayaknya udah makin gak relevan mungkin itu pada kapok miara xtronic gen awal atau korban honda jazz GD yang salah oli

cuma paling elektrikal tapi ya ini toyota sih yakin pasti awetnya lebih dari mobil rata-rata, what's the worst will happen? paling modal tang ama lakban kelar urusan :big_grin:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 01 Dec 2021, 15:23
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:08
Mungkin teknologi D-CVT nya itu dirancang untuk lumayan bomb proof, jd misal dipakai 200rb km ngga ada masalah. Tp untuk konsumen2 yang 'konvensional' pasti akan milih nya Manual sih ketimbang CVT nya
:mky_03:

Fitur2 gimmick lainnya sih saya rasa konsumen 'konvensional' itu ngga akan perbaiki kalau setelah pemakaian sekian lama ada kerusakan, yg penting mobil msh bisa jalan. Masalah sensor2 ya bisa lah bawa ke bengkel variasi buat by-pass jalurnya
:mky_03:
klo CVT kayaknya skrg udah relatif no issue ya. liat HRV dan mobilio di jalan tuh kyknya adem ayem aja pd pecah telor ratusan ribu gak denger langganan OH CVT. CRV turbo aja byk yang pecah telor pake ngasal dan gak denger issue CVTnya rontok. FWD pun skrg relatif lebih awet dibanding 10 taun yang lalu.

CVT rewel tuh kayaknya udah makin gak relevan mungkin itu pada kapok miara xtronic gen awal atau korban honda jazz GD yang salah oli

cuma paling elektrikal tapi ya ini toyota sih yakin pasti awetnya lebih dari mobil rata-rata, what's the worst will happen? paling modal tang ama lakban kelar urusan :big_grin:
Yesss, se-rewel2nya CVT Toyota, rasanya ngga akan menandingi batu makam sih. Alphard tuwir pun yg odometernya juga sampe ratusan ribu ngga pernah lihat ngejogrok di bengkel untuk overhaul matic, malah lebih sering liat ngejogrok di bengkel power steering
:mky_01:

Engineering concept banget itu mbahhh. WD40 - lakban - tang

Image
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12903
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:33
Yesss, se-rewel2nya CVT Toyota, rasanya ngga akan menandingi batu makam sih. Alphard tuwir pun yg odometernya juga sampe ratusan ribu ngga pernah lihat ngejogrok di bengkel untuk overhaul matic, malah lebih sering liat ngejogrok di bengkel power steering
:mky_01:

Engineering concept banget itu mbahhh. WD40 - lakban - tang

Image
tapi kok beberapa kali mampir bengkel alphard vellfire tuh sering banget lagi diturunin mesin ama transmisi segelondong... ya apes aja kali ya soalnya yang gak apes juga jalan jalan aja. atau pegangan supir biasa lah mungkin lupa kalo oli CVT perlu ganti juga.

gimana2 alphard anh10/anh20 itu kan masa transisi dari cvt jadul ke cvt modern, i presume. tp klo yang terawat dan msh jalan kayaknya gak kenapa2 juga.
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: 01 Dec 2021, 15:44
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:33
Yesss, se-rewel2nya CVT Toyota, rasanya ngga akan menandingi batu makam sih. Alphard tuwir pun yg odometernya juga sampe ratusan ribu ngga pernah lihat ngejogrok di bengkel untuk overhaul matic, malah lebih sering liat ngejogrok di bengkel power steering
:mky_01:

Engineering concept banget itu mbahhh. WD40 - lakban - tang

Image
tapi kok beberapa kali mampir bengkel alphard vellfire tuh sering banget lagi diturunin mesin ama transmisi segelondong... ya apes aja kali ya soalnya yang gak apes juga jalan jalan aja. atau pegangan supir biasa lah mungkin lupa kalo oli CVT perlu ganti juga.

gimana2 alphard anh10/anh20 itu kan masa transisi dari cvt jadul ke cvt modern, i presume. tp klo yang terawat dan msh jalan kayaknya gak kenapa2 juga.
Wah anh10 malah saya hampir ngga pernah liat di jalan daerah saya sih mbah, kebanyakan anh30 skg. Dan lebih banyak anh30 yg saya lihat di bengkel power steering ketimbang anh20 maupun anh10. Entah EPS nya yg rewel itu atau memang rack steer nya yg ringkih.

Setuju Mbah, tahun2 itu masa transisi perkembangan teknologi drive train yg cukup massive
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3995
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

kunaskun wrote: 01 Dec 2021, 14:39
orang di luar kota besar bahkan di jawa saja, mana pernah service selain ganti oli. kenapa? karena ga mau bayar (pelit) dan kalaupun mau ya sedikit sekali bengkel umum yang bisa kerjakan dan mumpuni, spare part bisalah beli di tokped tapi yang ngerjain kan tetap mekanik. nah cocoklah dengan diesel kan yang cuma isi solar doang udah jalan, paling ganti oli.

makanya cari mobil ga jauh2 dari merek itu2 saja, merek lain yg beredar disini kemungkinan besar hanya dipake sekian tahun terus dijual itupun dengan plat kota besar. makanya pedege mobkas ogah beli mobil plat nomor di luar kota besar, karena biasanya ga pernah di service :big_biglaugh:

soal FWD atau RWD ini ya balik ke faktor paling awal: urusan service. lah cari bengkel yg bisa service saja sulit, sedangkan bengkel resmi "mahal" apalagi service itu steering rack. mendingan beli RWD yg ga perlu diservice :big_biglaugh:
lah gausah jauh2 deh, di kota besar kaya jakarta aja masih ada orang modelan gitu kok, kebetulan saya cukup sering nemuin mobil yg asal jalan aja, perawatannya ga diperhatiin, kebetulan saya juga punya toko oli kecil2an, saya pernah nemuin mobil, saya ga mau sebut jenis dan tahunnya , yg pasti dari merek mainstream dan salah 1 mobil best seller juga di indo + kata kuncinya mobil dengan harga 300jt kebawah pas barunya saat ini, luarnya sih lumayan mulus, tapi begitu diperiksa tutup olinya, buset dah isinya kerak semua dan udh cukup parah :big_biglaugh: , pas ditanya sm montir saya terakhir ganti oli kapan, katanya dia terakhir ganti oli 3 tahun yg lalu :big_biglaugh: . iya sih, bengkel umum kalo di daerah emg cukup jarang, gak sebanyak di jakarta, cuma seiring berkembangnya teknologi, bengkel umum yg bisa handle mobil2 mainstream di daerah udh mulai banyak kok, ga se parah dulu.

bener om, kalo orang daerah rata2 lebih milih yg peace of mind, ada bengkelnya which is itu cuma merek mainstream yg memenuhi kriteria, kalo bengkel merek nonmainstream beresnya aja jarang kalo di daerah, apalagi spesialisnya wkwkwk. ada benernya juga sih, cuma ga jaminan, pengalaman saya hunting mobil seken di jabodetabek, ada lumayan banyak kok mobil yg kondisinya ga terawat, asal jalan aja tapi perawatan diabaikan, walaupun ga semua wkwkwk. selain itu, mereka beli plat nomor kota besar karena biasanya servicenya teratur, juga harganya lebih murah dibandingkan beli plat lokal sana, harganya juga lebih murah setau saya kalo plat kota besar, karena opsi sekennya di kota besar itu lebih banyak, sedangkan kalo di daerah, pilihan unit sekennya lebih sedikit, jadi lebih mahal dibanding plat kota besar harga mobilnya menurut saya wkkwwk. karena ya ibaratnya dengan harga mirip, dan juga resiko + gambling yg sama dapet yg tahunnya lebih muda kalo beli plat kota besar seperti jakarta menurut saya
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3995
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 14:52

Ini bener sih, OOT dikit kebetulan ada temen komunitas dia kerja di daerah Bengkulu, entah ini masuk kota besar atau ngga ya.

Itu katanya mobil usia sebulan ngga ada baret aja udah rekor. Banyak yg baru dianter aja udah ngehajar kerbau, dan kalo udah gitu ya ngga akan masuk bengkel resmi, masuk bengkel biasa.

Dia pernah nemuin ANKI usia 8 bulan itu part kaki-kaki nya udah 'diakalin' semua, padahal secara kebijakan harusnya kan masih bisa claim garansi. Katanya si owner males ke bengkel resmi karena jauh dan pasti mahal, mending benerin sendiri aja. Oli mesin yg dipake jg Meditran drum
:mky_01:
buset parah juga ya, ANKI blm ada 2 tahun udh begitu, nah dari poin yg saya bold itu, salah 1 alesan mengapa mobil seken terutama yg merek mainstream laku di daerah, karena ya selain selisihnya sm model baru lumayan, waktunya lebih banyak buat hunting unit seken, mereknya juga cuma merek mainstream aja rata2 yg ada bengkelnya di daerah, terutama diluar jawa + mau explore spesialis juga, mobil seken kalo dimasukkin ke bengkel biasa udh pilihan tepat kok, selisihnya lumayan soalnya dibanding beres, apalagi udh abis masa garansi hehehe, apalagi bisa benerin sendiri, bisa lebih murah lagi biayanya hehehe
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1895
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by farizfsa »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 16:01
ChZ wrote: 01 Dec 2021, 15:44
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:33
Yesss, se-rewel2nya CVT Toyota, rasanya ngga akan menandingi batu makam sih. Alphard tuwir pun yg odometernya juga sampe ratusan ribu ngga pernah lihat ngejogrok di bengkel untuk overhaul matic, malah lebih sering liat ngejogrok di bengkel power steering
:mky_01:

Engineering concept banget itu mbahhh. WD40 - lakban - tang

Image
tapi kok beberapa kali mampir bengkel alphard vellfire tuh sering banget lagi diturunin mesin ama transmisi segelondong... ya apes aja kali ya soalnya yang gak apes juga jalan jalan aja. atau pegangan supir biasa lah mungkin lupa kalo oli CVT perlu ganti juga.

gimana2 alphard anh10/anh20 itu kan masa transisi dari cvt jadul ke cvt modern, i presume. tp klo yang terawat dan msh jalan kayaknya gak kenapa2 juga.
Wah anh10 malah saya hampir ngga pernah liat di jalan daerah saya sih mbah, kebanyakan anh30 skg. Dan lebih banyak anh30 yg saya lihat di bengkel power steering ketimbang anh20 maupun anh10. Entah EPS nya yg rewel itu atau memang rack steer nya yg ringkih.

Setuju Mbah, tahun2 itu masa transisi perkembangan teknologi drive train yg cukup massive
cvt toyota kuat2 aja perasaan, anh30 dirumah udah mepet 180rb, terakhir ganti oli cvt (jgn kuras) pake cvt amsoil, lebih enak dan sigap. yang bikin rusak kan selain pemakaian kasar ya juga perawatan yang kurang.

ya semoga innova ga pake cvt, at least pake gearbox nya camry lah :ngacir:
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L 2008
BMW 520d F10 2014
Mercedes Benz A200 W176 2014
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

Pboyz97 wrote: 02 Dec 2021, 08:49
buset parah juga ya, ANKI blm ada 2 tahun udh begitu, nah dari poin yg saya bold itu, salah 1 alesan mengapa mobil seken terutama yg merek mainstream laku di daerah, karena ya selain selisihnya sm model baru lumayan, waktunya lebih banyak buat hunting unit seken, mereknya juga cuma merek mainstream aja rata2 yg ada bengkelnya di daerah, terutama diluar jawa + mau explore spesialis juga, mobil seken kalo dimasukkin ke bengkel biasa udh pilihan tepat kok, selisihnya lumayan soalnya dibanding beres, apalagi udh abis masa garansi hehehe, apalagi bisa benerin sendiri, bisa lebih murah lagi biayanya hehehe
Setuju sih, apalagi mindset kebanyakan orang di daerah masih begitu, apalagi yg awam otomotif
farizfsa wrote: 02 Dec 2021, 10:14 cvt toyota kuat2 aja perasaan, anh30 dirumah udah mepet 180rb, terakhir ganti oli cvt (jgn kuras) pake cvt amsoil, lebih enak dan sigap. yang bikin rusak kan selain pemakaian kasar ya juga perawatan yang kurang.

ya semoga innova ga pake cvt, at least pake gearbox nya camry lah :ngacir:
ANH30 udah CVT modern yg lebih reliable dibanding CVT jadul yg meskipun perawatan rutin dan low KM pun suatu waktu pasti akan jebol sih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 926
Joined: 04 Sep 2014, 09:06

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by adty »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:33
ChZ wrote: 01 Dec 2021, 15:23
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:08
Mungkin teknologi D-CVT nya itu dirancang untuk lumayan bomb proof, jd misal dipakai 200rb km ngga ada masalah. Tp untuk konsumen2 yang 'konvensional' pasti akan milih nya Manual sih ketimbang CVT nya
:mky_03:

Fitur2 gimmick lainnya sih saya rasa konsumen 'konvensional' itu ngga akan perbaiki kalau setelah pemakaian sekian lama ada kerusakan, yg penting mobil msh bisa jalan. Masalah sensor2 ya bisa lah bawa ke bengkel variasi buat by-pass jalurnya
:mky_03:
klo CVT kayaknya skrg udah relatif no issue ya. liat HRV dan mobilio di jalan tuh kyknya adem ayem aja pd pecah telor ratusan ribu gak denger langganan OH CVT. CRV turbo aja byk yang pecah telor pake ngasal dan gak denger issue CVTnya rontok. FWD pun skrg relatif lebih awet dibanding 10 taun yang lalu.

CVT rewel tuh kayaknya udah makin gak relevan mungkin itu pada kapok miara xtronic gen awal atau korban honda jazz GD yang salah oli

cuma paling elektrikal tapi ya ini toyota sih yakin pasti awetnya lebih dari mobil rata-rata, what's the worst will happen? paling modal tang ama lakban kelar urusan :big_grin:
Yesss, se-rewel2nya CVT Toyota, rasanya ngga akan menandingi batu makam sih. Alphard tuwir pun yg odometernya juga sampe ratusan ribu ngga pernah lihat ngejogrok di bengkel untuk overhaul matic, malah lebih sering liat ngejogrok di bengkel power steering
:mky_01:

Engineering concept banget itu mbahhh. WD40 - lakban - tang

Image
Batu makam juga sepertinya makin kesini agak 'mendingan' ya CVTnya. Dulu pakai T31 CVTnya jebol di 170rb km simply telat ganti oli :big_biglaugh: dan emg gen T31 dan Serena C25 lebih banyak yg jebol sih CVTnya makanya harga jualnya juga jebol. Tapi gen T32 dan C26 sepertinya relatif aman walaupum masih suka masuk ke safe mode CVTnya kalau panas
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12903
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 16:01 Wah anh10 malah saya hampir ngga pernah liat di jalan daerah saya sih mbah, kebanyakan anh30 skg. Dan lebih banyak anh30 yg saya lihat di bengkel power steering ketimbang anh20 maupun anh10. Entah EPS nya yg rewel itu atau memang rack steer nya yg ringkih.

Setuju Mbah, tahun2 itu masa transisi perkembangan teknologi drive train yg cukup massive
klo ANH10 dugaan ane juga punya problem bawaan mesin 1MZ 3.0 yang hobi nge sludge. soalnya langganan sama camry dan harrier juga kadang sama keliatan lg diangkat mesinnya :big_biglaugh:

biasanya klo AGH30 memang rawan di steering rack nya sih. kadang as early as 10-20k km udah minta overhaul steering rack atau kaki depan.
adty wrote: 02 Dec 2021, 11:06
Batu makam juga sepertinya makin kesini agak 'mendingan' ya CVTnya. Dulu pakai T31 CVTnya jebol di 170rb km simply telat ganti oli :big_biglaugh: dan emg gen T31 dan Serena C25 lebih banyak yg jebol sih CVTnya makanya harga jualnya juga jebol. Tapi gen T32 dan C26 sepertinya relatif aman walaupum masih suka masuk ke safe mode CVTnya kalau panas
xtronic gen 2 udah jauh lebih refine dan kuat sih. klo yang gen 1 kacrut bener itu juke xtrail serena sering banget denger rusak. J32 teana di luar negeri juga yang high mileage cukup sering kena.
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3995
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: 02 Dec 2021, 10:45

Setuju sih, apalagi mindset kebanyakan orang di daerah masih begitu, apalagi yg awam otomotif

bener. gaheran mobil2 seken mainstream plat jakarta banyak laku di daerah, karena ya selain disana bengkelnya terbatas, cuma merek mainstream doang yg ada, juga saat ini udh mulai banyak bengkel umum disana yg bisa handle, jadi lebih worry free, ga se parah dulu, sm kriterianya juga simpel kalo disana, lega, muat banyak, perawatan murah, irit bbm, partnya gampang ada dimana mana, pake 5 tahun kaga rusak2 :big_biglaugh: , bisa minum bbm subsidi dan bisa make oli apa aja, sesimpel itu, makanya mobil mainstream laku disana , blm lg opsi unit seken disana terbatas, jadi dengan resiko sama, gambiling sama, harga sama, tapi dapet tahun yg lebih muda kalo beli di jakarta ya orang daerah juga mayoritas lebih milih ambil dari jakarta hehehe . blm lg orang daerah mayoritas masih lebih memilih mobil yg mereknya itu lagi itu lagi, karena emg bengkelnya ada disana, sedangkan kalo merek nonmainstream partnya agak susah disana , mesti ke ibukota provinsi dulu kalo mau servis which is cukup jauh buat sebagian orang wkwkwk. gaheran toyodai laku keras disana, mentok2 kalo alternatif ya mitsu, sijuki, ahond atau isuzu kalo di daerah menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by well »

farizfsa wrote: 02 Dec 2021, 10:14
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 16:01
ChZ wrote: 01 Dec 2021, 15:44

tapi kok beberapa kali mampir bengkel alphard vellfire tuh sering banget lagi diturunin mesin ama transmisi segelondong... ya apes aja kali ya soalnya yang gak apes juga jalan jalan aja. atau pegangan supir biasa lah mungkin lupa kalo oli CVT perlu ganti juga.

gimana2 alphard anh10/anh20 itu kan masa transisi dari cvt jadul ke cvt modern, i presume. tp klo yang terawat dan msh jalan kayaknya gak kenapa2 juga.
Wah anh10 malah saya hampir ngga pernah liat di jalan daerah saya sih mbah, kebanyakan anh30 skg. Dan lebih banyak anh30 yg saya lihat di bengkel power steering ketimbang anh20 maupun anh10. Entah EPS nya yg rewel itu atau memang rack steer nya yg ringkih.

Setuju Mbah, tahun2 itu masa transisi perkembangan teknologi drive train yg cukup massive
cvt toyota kuat2 aja perasaan, anh30 dirumah udah mepet 180rb, terakhir ganti oli cvt (jgn kuras) pake cvt amsoil, lebih enak dan sigap. yang bikin rusak kan selain pemakaian kasar ya juga perawatan yang kurang.

ya semoga innova ga pake cvt, at least pake gearbox nya camry lah :ngacir:
mohon info bgmn cara kuras cvt? setahu saya tidak ada selangnya yg bs dimasukan ke mesin, hny baut drain aja.
atau mgkn beda ya antara cvt anh30 dengan 2NR-FE?
khawatir salah kuras
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by r1409 »

ChZ wrote: 30 Nov 2021, 11:41 iya di sini toh porsi pembeli innova 2GD gak besar yang gede malah fortuner... innova 2GD keliatan rame kan rame di medsos aja dibangun buat drag lah dituning lah remap lah tp nyatanya volume maker masih versi gasoline :ungg: nyatanya yang lebih serem buildnya malah fortuner.
really? krn di surabaya sini sepertinya lebih sering liat reborn diesel drpd yg bensin. liat yg bensin pun kebanyakan plat merah, yg plat hitam malah dikit banget, dan rata2 yg plat hitam malah untuk kendaraan antar jemput tamu perusahaan. jarang bgt liat 2.0 milik pribadi.

sepertinya sejak kesuksesan D4D, reborn lebih laku yg diesel. biarpun yg mesin bensin pake dual vvti, orang udah pada takut & kapok dengan FC ipah bensin, kecuali yg memang nyari minim bau asap knalpot, mesin halus dan ga bermasalah dengan biaya bensin..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

Pboyz97 wrote: 02 Dec 2021, 11:35
evanbngdor wrote: 02 Dec 2021, 10:45

Setuju sih, apalagi mindset kebanyakan orang di daerah masih begitu, apalagi yg awam otomotif

bener. gaheran mobil2 seken mainstream plat jakarta banyak laku di daerah, karena ya selain disana bengkelnya terbatas, cuma merek mainstream doang yg ada, juga saat ini udh mulai banyak bengkel umum disana yg bisa handle, jadi lebih worry free, ga se parah dulu, sm kriterianya juga simpel kalo disana, lega, muat banyak, perawatan murah, irit bbm, partnya gampang ada dimana mana, pake 5 tahun kaga rusak2 :big_biglaugh: , bisa minum bbm subsidi dan bisa make oli apa aja, sesimpel itu, makanya mobil mainstream laku disana , blm lg opsi unit seken disana terbatas, jadi dengan resiko sama, gambiling sama, harga sama, tapi dapet tahun yg lebih muda kalo beli di jakarta ya orang daerah juga mayoritas lebih milih ambil dari jakarta hehehe . blm lg orang daerah mayoritas masih lebih memilih mobil yg mereknya itu lagi itu lagi, karena emg bengkelnya ada disana, sedangkan kalo merek nonmainstream partnya agak susah disana , mesti ke ibukota provinsi dulu kalo mau servis which is cukup jauh buat sebagian orang wkwkwk. gaheran toyodai laku keras disana, mentok2 kalo alternatif ya mitsu, sijuki, ahond atau isuzu kalo di daerah menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Kebetulan ada sodara yg domisili di Yogya. Menurut saya sih itu udah kota besar ya.

Even dia pun ngga mau beli mobil terutama bekas selain brand ToyoDai atau Honda. Padahal waktu kira-kira 3 tahun lalu dia mau nambah mobil 200 jutaan untuk daily, saya menganjurkan Xpander aja. Eh cuma masuk kuping kiri keluar kuping kiri itu saran saya. Apa iya reputasi 3 berlian seperti itu ya.

Akhirnya dia beli Veloz, karena selama ini pakai Innova dari 2007 kayaknya itu gak ada masalah & gak ngerepotin. Padahal Veloz 3 tahun lalu itu masih yg model barong, belom lampu LED.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3768
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: 01 Dec 2021, 17:30 lah gausah jauh2 deh, di kota besar kaya jakarta aja masih ada orang modelan gitu kok, kebetulan saya cukup sering nemuin mobil yg asal jalan aja, perawatannya ga diperhatiin, kebetulan saya juga punya toko oli kecil2an, saya pernah nemuin mobil, saya ga mau sebut jenis dan tahunnya , yg pasti dari merek mainstream dan salah 1 mobil best seller juga di indo + kata kuncinya mobil dengan harga 300jt kebawah pas barunya saat ini, luarnya sih lumayan mulus, tapi begitu diperiksa tutup olinya, buset dah isinya kerak semua dan udh cukup parah :big_biglaugh: , pas ditanya sm montir saya terakhir ganti oli kapan, katanya dia terakhir ganti oli 3 tahun yg lalu :big_biglaugh: . iya sih, bengkel umum kalo di daerah emg cukup jarang, gak sebanyak di jakarta, cuma seiring berkembangnya teknologi, bengkel umum yg bisa handle mobil2 mainstream di daerah udh mulai banyak kok, ga se parah dulu.

bener om, kalo orang daerah rata2 lebih milih yg peace of mind, ada bengkelnya which is itu cuma merek mainstream yg memenuhi kriteria, kalo bengkel merek nonmainstream beresnya aja jarang kalo di daerah, apalagi spesialisnya wkwkwk. ada benernya juga sih, cuma ga jaminan, pengalaman saya hunting mobil seken di jabodetabek, ada lumayan banyak kok mobil yg kondisinya ga terawat, asal jalan aja tapi perawatan diabaikan, walaupun ga semua wkwkwk. selain itu, mereka beli plat nomor kota besar karena biasanya servicenya teratur, juga harganya lebih murah dibandingkan beli plat lokal sana, harganya juga lebih murah setau saya kalo plat kota besar, karena opsi sekennya di kota besar itu lebih banyak, sedangkan kalo di daerah, pilihan unit sekennya lebih sedikit, jadi lebih mahal dibanding plat kota besar harga mobilnya menurut saya wkkwwk. karena ya ibaratnya dengan harga mirip, dan juga resiko + gambling yg sama dapet yg tahunnya lebih muda kalo beli plat kota besar seperti jakarta menurut saya
yap, setuju. ini kan ibarat salah satu alasan saja kenapa pedege mobkas ogah mobil plat luar kota besar.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3768
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: 02 Dec 2021, 16:37 Kebetulan ada sodara yg domisili di Yogya. Menurut saya sih itu udah kota besar ya.

Even dia pun ngga mau beli mobil terutama bekas selain brand ToyoDai atau Honda. Padahal waktu kira-kira 3 tahun lalu dia mau nambah mobil 200 jutaan untuk daily, saya menganjurkan Xpander aja. Eh cuma masuk kuping kiri keluar kuping kiri itu saran saya. Apa iya reputasi 3 berlian seperti itu ya.

Akhirnya dia beli Veloz, karena selama ini pakai Innova dari 2007 kayaknya itu gak ada masalah & gak ngerepotin. Padahal Veloz 3 tahun lalu itu masih yg model barong, belom lampu LED.
bisa jadi faktor beres mitsu di daerahnya tidak sebagus DaiToyo. juga mikir jual lagi lebih gampang daitoyo :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3768
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 15:08 Mungkin teknologi D-CVT nya itu dirancang untuk lumayan bomb proof, jd misal dipakai 200rb km ngga ada masalah. Tp untuk konsumen2 yang 'konvensional' pasti akan milih nya Manual sih ketimbang CVT nya
:mky_03:

Fitur2 gimmick lainnya sih saya rasa konsumen 'konvensional' itu ngga akan perbaiki kalau setelah pemakaian sekian lama ada kerusakan, yg penting mobil msh bisa jalan. Masalah sensor2 ya bisa lah bawa ke bengkel variasi buat by-pass jalurnya
:mky_03:
ya bisa juga ya, intinya soal durability mah In Toyota We Trust :big_smoking:
gimmick lain ini sendiri sudah cukup nyusahin sebenernya, dan bikin peluang service electro makin kenceng. contoh: ac digital, biarpun bloon gitu tetep aja ga ada mechanical lagi, buat trigger nyalain AC saja itu ke BCM dulu, mana bisa modal test pen doang :big_dunno:

aplagi nanti jaman EV. makin kenceng lagi dah, tukang service hape pindah jadi tukang service komponen EV :upss:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1895
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by farizfsa »

well wrote: 02 Dec 2021, 13:20
farizfsa wrote: 02 Dec 2021, 10:14
evanbngdor wrote: 01 Dec 2021, 16:01

Wah anh10 malah saya hampir ngga pernah liat di jalan daerah saya sih mbah, kebanyakan anh30 skg. Dan lebih banyak anh30 yg saya lihat di bengkel power steering ketimbang anh20 maupun anh10. Entah EPS nya yg rewel itu atau memang rack steer nya yg ringkih.

Setuju Mbah, tahun2 itu masa transisi perkembangan teknologi drive train yg cukup massive
cvt toyota kuat2 aja perasaan, anh30 dirumah udah mepet 180rb, terakhir ganti oli cvt (jgn kuras) pake cvt amsoil, lebih enak dan sigap. yang bikin rusak kan selain pemakaian kasar ya juga perawatan yang kurang.

ya semoga innova ga pake cvt, at least pake gearbox nya camry lah :ngacir:
mohon info bgmn cara kuras cvt? setahu saya tidak ada selangnya yg bs dimasukan ke mesin, hny baut drain aja.
atau mgkn beda ya antara cvt anh30 dengan 2NR-FE?
khawatir salah kuras
Setau saya, cvt malah jangan kuras. Ganti oli aja. Dgr2 dl cvt honda di kuras malah error2an
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L 2008
BMW 520d F10 2014
Mercedes Benz A200 W176 2014
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3995
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

evanbngdor wrote: 02 Dec 2021, 16:37

Kebetulan ada sodara yg domisili di Yogya. Menurut saya sih itu udah kota besar ya.

Even dia pun ngga mau beli mobil terutama bekas selain brand ToyoDai atau Honda. Padahal waktu kira-kira 3 tahun lalu dia mau nambah mobil 200 jutaan untuk daily, saya menganjurkan Xpander aja. Eh cuma masuk kuping kiri keluar kuping kiri itu saran saya. Apa iya reputasi 3 berlian seperti itu ya.

Akhirnya dia beli Veloz, karena selama ini pakai Innova dari 2007 kayaknya itu gak ada masalah & gak ngerepotin. Padahal Veloz 3 tahun lalu itu masih yg model barong, belom lampu LED.
reputasi 3 berlian menurut saya bagus, cuma di daerah tempat tinggal saudaranya om aja beres mitsu atau ketersediaan partnya mitsu blm sebagus or sebanyak toyota hehehe + kalo ngincer durability emg lebih cocok ke veloz menurut saya dibanding xpander, walaupun driving feel, handling, kenyamanan dan fiturnya gak sebagus xpander hehehe

kunaskun wrote: 02 Dec 2021, 17:17

yap, setuju. ini kan ibarat salah satu alasan saja kenapa pedege mobkas ogah mobil plat luar kota besar.
makanya om, selain itu juga margin profitnya juga lebih gede, karena harga mobil plat kota besar, apalagi jakarta lebih murah dibanding mesti ambil plat yg asli sana , ibaratnya harga sama dapet yg tahun lebih muda kalo ambil plat jakarta, karena ya balik lg, opsi unit seken di kota besar lebih banyak, sedangkan opsi unit seken di daerah lebih terbatas menurut saya hehehe. lagian kalo berdasarkan pengalaman saya main jual beli mobil kecil2an, mayoritas orang daerah gak mempermasalahkan asal usul mobil kok, yg penting selama harga unit + biaya bbn dan mutasi masuk serta mobilnya bagus (dalam artian gak bekas nabrak or banjir, mesin kering, naikkan enak, luar dalam mulus, ac dingin dan kaki2 senyap) biasanya langsung dibeli, mau ex pt, ex rental ex lelang gak masalah kalo di daerah menurut pengamatan sotoy saya hehehe :big_biglaugh:
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

Pboyz97 wrote: 02 Dec 2021, 20:29
evanbngdor wrote: 02 Dec 2021, 16:37

Kebetulan ada sodara yg domisili di Yogya. Menurut saya sih itu udah kota besar ya.

Even dia pun ngga mau beli mobil terutama bekas selain brand ToyoDai atau Honda. Padahal waktu kira-kira 3 tahun lalu dia mau nambah mobil 200 jutaan untuk daily, saya menganjurkan Xpander aja. Eh cuma masuk kuping kiri keluar kuping kiri itu saran saya. Apa iya reputasi 3 berlian seperti itu ya.

Akhirnya dia beli Veloz, karena selama ini pakai Innova dari 2007 kayaknya itu gak ada masalah & gak ngerepotin. Padahal Veloz 3 tahun lalu itu masih yg model barong, belom lampu LED.
reputasi 3 berlian menurut saya bagus, cuma di daerah tempat tinggal saudaranya om aja beres mitsu atau ketersediaan partnya mitsu blm sebagus or sebanyak toyota hehehe + kalo ngincer durability emg lebih cocok ke veloz menurut saya dibanding xpander, walaupun driving feel, handling, kenyamanan dan fiturnya gak sebagus xpander hehehe
Ngga bisa dipungkiri di Jabodetabek aja aja aftersalesnya beda jauh, apalagi di luar itu. Buat konsumen dengan tipikal menyerahkan apapun ke bengkel resmi otomatis jadi bahan pertimbangan banget.

Head to head claim garansi aja tiga berlian memang masih lebih sulit dibanding triple elips sih. Cuma memang tiga berlian form factor dan build quality nya lumayan jauh better sih dibanding triple elips.

Berharap tiga berlian segera develop rival nya Innova sih supaya ngga di atas awan banget
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by well »

farizfsa wrote: 02 Dec 2021, 18:33
well wrote: 02 Dec 2021, 13:20
farizfsa wrote: 02 Dec 2021, 10:14

cvt toyota kuat2 aja perasaan, anh30 dirumah udah mepet 180rb, terakhir ganti oli cvt (jgn kuras) pake cvt amsoil, lebih enak dan sigap. yang bikin rusak kan selain pemakaian kasar ya juga perawatan yang kurang.

ya semoga innova ga pake cvt, at least pake gearbox nya camry lah :ngacir:
mohon info bgmn cara kuras cvt? setahu saya tidak ada selangnya yg bs dimasukan ke mesin, hny baut drain aja.
atau mgkn beda ya antara cvt anh30 dengan 2NR-FE?
khawatir salah kuras
Setau saya, cvt malah jangan kuras. Ganti oli aja. Dgr2 dl cvt honda di kuras malah error2an
bisa dikuras ya, cara kurasnya bgmn om klo cvt? setahu sy tidak ada selangnya buat nguras, hanya baut aja drian dan baut fill in.
Post Reply