Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:51
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 0:44
carfreak89 wrote: Mon Jan 17, 2022 17:03 Hola tolong tanya dong suhu2 disini.. untuk mesin subaru sti ej257 di manual book req nya 5w30, saya selama ini pakai liquimoly toptec 4605 5w30.. nah ini saya pengen cobain ganti ke ptt syn 5w30 aman ngga ya buat mesin turbo? Thank u :)
Subaru awd turbo, STI pula :big_love:
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2

Image

Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya :mky_03:
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja.. :big_peace:
Turbo bensin , direct inject kalo cc kecil dibawah 1500cc harus pake yang dex 1 gen 2. Kalo belom direct injection pake dexos 1 gen 1 kita sama dexos 2 juga gak masalah.
Ft8700 udah lama discontinue, digantikan dengan 8800 dan 8900. So far kita gak ada problem supply chain sih, barang selalu rutin masuk.
Cobain aja gan, 8800 even better than 8700
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 2:10
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:28
carfreak89 wrote: Mon Jan 17, 2022 17:03 Hola tolong tanya dong suhu2 disini.. untuk mesin subaru sti ej257 di manual book req nya 5w30, saya selama ini pakai liquimoly toptec 4605 5w30.. nah ini saya pengen cobain ganti ke ptt syn 5w30 aman ngga ya buat mesin turbo? Thank u :)
Ini masih stock ato udah modif dan remap? Dan pemakaian seperti apa, apakah suka trackday?
Fully stock.. ga ada remap.. pemakaian buat daily aja, kota2 sama luar kota.. bukan buat trackday gan.. biasa interval 1 thn sekali, pemakaian 3000an.. q8 rekomen yg seri apa gan? :)
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
User avatar
slowvolvo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sun Feb 21, 2021 3:05
Location: anywhere the wind blows
Daily Vehicle: B100R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by slowvolvo »

sahabatq8 wrote:
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 2:10
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:28 Ini masih stock ato udah modif dan remap? Dan pemakaian seperti apa, apakah suka trackday?
Fully stock.. ga ada remap.. pemakaian buat daily aja, kota2 sama luar kota.. bukan buat trackday gan.. biasa interval 1 thn sekali, pemakaian 3000an.. q8 rekomen yg seri apa gan? :)
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
kalau yang lain bisa, kenapa harus saya? :big_think:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

slowvolvo wrote: Tue Jan 18, 2022 2:53
sahabatq8 wrote:
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 2:10
Fully stock.. ga ada remap.. pemakaian buat daily aja, kota2 sama luar kota.. bukan buat trackday gan.. biasa interval 1 thn sekali, pemakaian 3000an.. q8 rekomen yg seri apa gan? :)
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
Beda use sih, kalo mobil normal mesin skyactive mazda misalnya ato mesin toyota duaduanya bisa. Tapi kalo di civic turbo, crv turbo (karena turbo , direct injection, cc 1500) perlu oli yang anti-lspi. Nah dexos 1 gen 2 itu udah comply anti-lspi. Mobil tersebut yang butuh oli khusus kalo dikasih oli biasa , mesinnya akan seperti knocking halus di rpm rendah jadi lebih cepet rusak mesinnya.
Poster LSPI-01.png
Kalo g long life (dexos 2) itu juga bisa untuk bensin dan diesel, jadi kalo kyk bmw 520d itu pakenya g long life.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
slowvolvo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sun Feb 21, 2021 3:05
Location: anywhere the wind blows
Daily Vehicle: B100R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by slowvolvo »

sahabatq8 wrote:
slowvolvo wrote: Tue Jan 18, 2022 2:53
sahabatq8 wrote: Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
Beda use sih, kalo mobil normal mesin skyactive mazda misalnya ato mesin toyota duaduanya bisa. Tapi kalo di civic turbo, crv turbo (karena turbo , direct injection, cc 1500) perlu oli yang anti-lspi. Nah dexos 1 gen 2 itu udah comply anti-lspi. Mobil tersebut yang butuh oli khusus kalo dikasih oli biasa , mesinnya akan seperti knocking halus di rpm rendah jadi lebih cepet rusak mesinnya.
Poster LSPI-01.png
Kalo g long life (dexos 2) itu juga bisa untuk bensin dan diesel, jadi kalo kyk bmw 520d itu pakenya g long life.
okee thx infonya om
kalau yang lain bisa, kenapa harus saya? :big_think:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Spies wrote: Tue Jan 18, 2022 2:15
GM Tech 5w30 kayaknya oli dex 1 gen 2 paling murah ya mbah?
Di tokoijo cuma 80 ribuan
Setau ane sih mbah..
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

sintoni wrote: Tue Jan 18, 2022 2:11
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:51
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 0:44

Subaru awd turbo, STI pula :big_love:
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2

Image

Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya :mky_03:
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja.. :big_peace:
Kalau dexos 1 gen 2 khusus bensin toh?

Ya bs pake Q8 atau kalau mau hemat ya pake GMtech aja, harga setengah, tapi 8 bulan ganti lah..

Aslinya sih semua oli bisa aja, yang penting asli. Cuma harus diingat oli murah biasa feel + OCI nya ga sebagus oli mahal.
iya kayanya jangan yg murah2 banget deh.. biar lebih aman sayang mesinnya :big_peace:
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 2:26
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:51
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 0:44

Subaru awd turbo, STI pula :big_love:
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2

Image

Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya :mky_03:
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja.. :big_peace:
Klo dex1 gen2 itu oli yg didesign buat mesin bensin, mbah.

Q8 di sini ada juragan nya,
Sahabatq8 :ngacir:
iya gan ini saya carinya kali ini buat mesin bensinnya subaru.. cuman dulu pengalaman pake q8 bagus.. hehehe..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 4:41
sintoni wrote: Tue Jan 18, 2022 2:11
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:51

Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja.. :big_peace:
Kalau dexos 1 gen 2 khusus bensin toh?

Ya bs pake Q8 atau kalau mau hemat ya pake GMtech aja, harga setengah, tapi 8 bulan ganti lah..

Aslinya sih semua oli bisa aja, yang penting asli. Cuma harus diingat oli murah biasa feel + OCI nya ga sebagus oli mahal.
iya kayanya jangan yg murah2 banget deh.. biar lebih aman sayang mesinnya :big_peace:
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 2:26
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:51

Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja.. :big_peace:
Klo dex1 gen2 itu oli yg didesign buat mesin bensin, mbah.

Q8 di sini ada juragan nya,
Sahabatq8 :ngacir:
iya gan ini saya carinya kali ini buat mesin bensinnya subaru.. cuman dulu pengalaman pake q8 bagus.. hehehe..
iya mbah, ini subaru STI pula :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 2:49
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 1:51
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 0:44

Subaru awd turbo, STI pula :big_love:
minimal kiu eight 5w30 dex 1 gen 2

Image

Krn mesin turbo, max per 7rb km ganti nya :mky_03:
Oo kl turbo better dex 1 gen 2 ya gan? Dulu pake q8 ft8700 di 2gd oli enak sih pake sampe 9000an.. tapi terakhir mau beli lagi sisa stok lama ama barangnya kosong2 katanya importirnya lg problem apa gmn gitu akhirnya ganti pake ptt.. skg q8 uda banyak lg ya di pasaran?
Iya kl ganti olinya saya buat setahun sekali paling jalan cuma 2000-3000 km aja.. :big_peace:
Turbo bensin , direct inject kalo cc kecil dibawah 1500cc harus pake yang dex 1 gen 2. Kalo belom direct injection pake dexos 1 gen 1 kita sama dexos 2 juga gak masalah.
Ft8700 udah lama discontinue, digantikan dengan 8800 dan 8900. So far kita gak ada problem supply chain sih, barang selalu rutin masuk.
Cobain aja gan, 8800 even better than 8700
iye gan.. next time mau cobain lagi yg dieselnya q8.. udah sampe 8900 aja yah serinya ketinggalan jauh saya.. :big_biglaugh:
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 3:06
slowvolvo wrote: Tue Jan 18, 2022 2:53
sahabatq8 wrote:
Kalo fully stock sih udah debest yang di recommend tadi Special D1 5w30(dexos 1 gen 2) atau G long life 5w30 (dexos 2 gen 1) juga bagus.
untuk dex 1 gen 2 dan dex 2 gen 1 perbedaan speknya jauh ya om?
Beda use sih, kalo mobil normal mesin skyactive mazda misalnya ato mesin toyota duaduanya bisa. Tapi kalo di civic turbo, crv turbo (karena turbo , direct injection, cc 1500) perlu oli yang anti-lspi. Nah dexos 1 gen 2 itu udah comply anti-lspi. Mobil tersebut yang butuh oli khusus kalo dikasih oli biasa , mesinnya akan seperti knocking halus di rpm rendah jadi lebih cepet rusak mesinnya.
Poster LSPI-01.png

Kalo g long life (dexos 2) itu juga bisa untuk bensin dan diesel, jadi kalo kyk bmw 520d itu pakenya g long life.
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 4:45
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 4:41
sintoni wrote: Tue Jan 18, 2022 2:11

Kalau dexos 1 gen 2 khusus bensin toh?

Ya bs pake Q8 atau kalau mau hemat ya pake GMtech aja, harga setengah, tapi 8 bulan ganti lah..

Aslinya sih semua oli bisa aja, yang penting asli. Cuma harus diingat oli murah biasa feel + OCI nya ga sebagus oli mahal.
iya kayanya jangan yg murah2 banget deh.. biar lebih aman sayang mesinnya :big_peace:
Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 2:26

Klo dex1 gen2 itu oli yg didesign buat mesin bensin, mbah.

Q8 di sini ada juragan nya,
Sahabatq8 :ngacir:
iya gan ini saya carinya kali ini buat mesin bensinnya subaru.. cuman dulu pengalaman pake q8 bagus.. hehehe..
iya mbah, ini subaru STI pula :mky_03:
hehehe iyaa mbah.. lagi pengen cobain oli merk lain.. uda pake liquimoly 4 thn'an.. cuma mau cari yg lain ini kadang bingung soalnya bensin turbo jd coba tanya2 disini dulu, kl nonturbo mau cobain macem2 masih berani.. makasih ya infonya ntar saya cobain main2 ke lapaknya om sahabatq8.. :mky_02:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rakyatwkwkland »

Punten suhu2 perlendiran, nubi mau nanya dong. Kalo misalnya kita ganti oli dan merek serta jenis oli yg dipake jg ikut ganti (gak sama gitu mereknya antara oli yg lama dan yang baru), itu ada perlu perlakuan khusus gak ya? Apa perlu di flush atau diapain dulu gitu?

Maapkeun kalo misalnya pertanyaannya konyol, maklum :n00b:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

rakyatwkwkland wrote: Tue Jan 18, 2022 6:55 Punten suhu2 perlendiran, nubi mau nanya dong. Kalo misalnya kita ganti oli dan merek serta jenis oli yg dipake jg ikut ganti (gak sama gitu mereknya antara oli yg lama dan yang baru), itu ada perlu perlakuan khusus gak ya? Apa perlu di flush atau diapain dulu gitu?

Maapkeun kalo misalnya pertanyaannya konyol, maklum :n00b:
Oli mesin cukup ganti filter aja , kalo oli transmisi sebaiknya flush/kuras total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 6:18
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
mantul gan :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 6:18
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit :big_peace:
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:45
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 6:18
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit :big_peace:
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
klo udah trackday sih main hi rpm terus.
bisa jadi itu oli w40 buat track day malah encernya = spt w20 yg dipakai dlm kondisi normal.

karena makin panas suhu mesin, makin encer oli nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:45
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 6:18
carfreak89 wrote:
nah kl 2500 cc bensin turbo, lbh cocok pakai yg dex 1 gen 2 mestinya ya? kl buat sekali2 buat geber2an yg special d1 masih mumpuni kah? soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..
2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit :big_peace:
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
Stoknya lagi abis di official store kita, lusa restock. 500+ hp minimum pake 0w40. Kalo buat om cuma di tol-tol doang 5w30 udah bener, kalo 5w40 iya pasti lebih berat tarikannya.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by rakyatwkwkland »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:04
rakyatwkwkland wrote: Tue Jan 18, 2022 6:55 Punten suhu2 perlendiran, nubi mau nanya dong. Kalo misalnya kita ganti oli dan merek serta jenis oli yg dipake jg ikut ganti (gak sama gitu mereknya antara oli yg lama dan yang baru), itu ada perlu perlakuan khusus gak ya? Apa perlu di flush atau diapain dulu gitu?

Maapkeun kalo misalnya pertanyaannya konyol, maklum :n00b:
Oli mesin cukup ganti filter aja , kalo oli transmisi sebaiknya flush/kuras total.
Siap mbah, terima kasih atas infonya. Ini cmn mau ganti oli mesin doang kok. Pingin nyoba ganti sama yg bagusan lah dari ecstar bawaan beres sijuki. Noted, berarti ganti filter seperti biasa dah cukup lah ya.
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

Suryaputra wrote: Tue Jan 18, 2022 7:49
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:45
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 6:18

2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit :big_peace:
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
klo udah trackday sih main hi rpm terus.
bisa jadi itu oli w40 buat track day malah encernya = spt w20 yg dipakai dlm kondisi normal.

karena makin panas suhu mesin, makin encer oli nya.
Iya bener kl high rpm trs olinya mesti di kentelin ya panasnya luar biasa.. kl daily paling panas kena macet2an pas siang bin terik :big_biglaugh:
User avatar
carfreak89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Aug 26, 2016 3:41

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by carfreak89 »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:54
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:45
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 6:18

2500cc turbo gak ada keperluan khusus jadi pake g long life yang dexos 2 juga bisa. 22nya sama cocok, tapi kalo g long life di Q8nya udah recommended buat race use. Kalau gebernya misalnya di tol aja, 5w30 kita sih gak masalah apa lagi mesin juga masih standard. Kalau mau dibawa ke sirkuit sekali sekali, bisa coba yang excel long life 0w40 proteksi mesin lebih bagus saat extrim panas.

Salah satu bengkel high performance yang kita masuk, ownernya juga pake sti, udah 500+ hp masih aman pake Q8 :big_grin:
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit :big_peace:
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
Stoknya lagi abis di official store kita, lusa restock. 500+ hp minimum pake 0w40. Kalo buat om cuma di tol-tol doang 5w30 udah bener, kalo 5w40 iya pasti lebih berat tarikannya.
Tadi keliru liatnya yg g/d1 5w30 pantesan kok lbh murah banget.. Pas baca2 lagi baru sadar kl mestinya yg special g dex 2.. :big_peace:
Iya buat harian enak pake yg 5w30 buat stop n go pun lbh enteng.. cuman emang sih ej25 ini riwayatnya banyak yg boros oli, untungnya punya sy aman.. coba pp sby-bali total hampir 500 km masih aman dlm batas wajar..
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 17:41
sahabatq8 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:54
carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 7:45
oh siap iya harganya lumayan lebih murah yg g long life ye.. btw sy cek di tokoijo yg g long life tinggal 2 bj doang stoknya? iya cuma buat geber2 di tol aja, blm pernah turun sirkuit :big_peace:
dulu pernah coba pake 5w40 tapi jd lbh berat buat akselerasinya dibanding 30, mungkin 40 lbh stabil ya buat penguapan kl uda suhu panas? kan soalny ej25nya subaru bnyk yg makan oli..
wah mantep 500 hp +.. tp kl uda spec [cencored] gitu pakenya biasanya lbh kental lagi ga sih?
Stoknya lagi abis di official store kita, lusa restock. 500+ hp minimum pake 0w40. Kalo buat om cuma di tol-tol doang 5w30 udah bener, kalo 5w40 iya pasti lebih berat tarikannya.
Tadi keliru liatnya yg g/d1 5w30 pantesan kok lbh murah banget.. Pas baca2 lagi baru sadar kl mestinya yg special g dex 2.. :big_peace:
Iya buat harian enak pake yg 5w30 buat stop n go pun lbh enteng.. cuman emang sih ej25 ini riwayatnya banyak yg boros oli, untungnya punya sy aman.. coba pp sby-bali total hampir 500 km masih aman dlm batas wajar..
Iya, kalo g/d1 kurang recommend buat mesin turbo high performance. Jauh lebih bagus G long life
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

carfreak89 wrote: Tue Jan 18, 2022 4:52

soalnya mesinnya mobil ini puanas banget hehehe..


ECT yang terbaca berapa derajat? kalau lebih dari 110°c coba periksa cooling system.
User avatar
slowvolvo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Sun Feb 21, 2021 3:05
Location: anywhere the wind blows
Daily Vehicle: B100R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by slowvolvo »

ada yang pernah pake oli kixx? denger2 aisin tu rebadge kixx ya?
kalau yang lain bisa, kenapa harus saya? :big_think:
vic9090
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Jan 08, 2017 12:08
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by vic9090 »

om om semua, mau tanya dong siapa tahu ada yg paham

Mobil VW Tiguan 2013 saya, kl menurut buku manual kan oli nya bisa 5W-30 atau 5W-40, apa sih bedanya?
apa ada alasan tertentu kapan pakai yg 5W-30 dan kapan yg 5W-40?

terima kasih
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

vic9090 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:27 om om semua, mau tanya dong siapa tahu ada yg paham

Mobil VW Tiguan 2013 saya, kl menurut buku manual kan oli nya bisa 5W-30 atau 5W-40, apa sih bedanya?
apa ada alasan tertentu kapan pakai yg 5W-30 dan kapan yg 5W-40?

terima kasih
5w40 lebih kental dari yang 5w30. Kalau misalnya pake 5w30 olinya cepet nguap karena panas, brati lebih baik dikasih 5w40. 5w40 dibanding 5w30 tarikan akan serasa sedikit lebih berat dan bbm lebih boros, tapi suara biasanya lebih halus.

Pengalaman saya sih untuk VW pake 5w30 yang bagus itu masih ok, kecuali kalo mesinnya di modif + untuk track.
Kalau mau liat liat boleh liat produk Q8 namanya VX long life itu oli komplit approval vwnya.