Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

vic9090
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Jan 08, 2017 12:08
Daily Vehicle: VW Tiguan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by vic9090 »

sahabatq8 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:43
vic9090 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:27 om om semua, mau tanya dong siapa tahu ada yg paham

Mobil VW Tiguan 2013 saya, kl menurut buku manual kan oli nya bisa 5W-30 atau 5W-40, apa sih bedanya?
apa ada alasan tertentu kapan pakai yg 5W-30 dan kapan yg 5W-40?

terima kasih
5w40 lebih kental dari yang 5w30. Kalau misalnya pake 5w30 olinya cepet nguap karena panas, brati lebih baik dikasih 5w40. 5w40 dibanding 5w30 tarikan akan serasa sedikit lebih berat dan bbm lebih boros, tapi suara biasanya lebih halus.

Pengalaman saya sih untuk VW pake 5w30 yang bagus itu masih ok, kecuali kalo mesinnya di modif + untuk track.
Kalau mau liat liat boleh liat produk Q8 namanya VX long life itu oli komplit approval vwnya.
makasih om, saya sih pakai di Jakarta utk harian, 50/50 lah antara jalan biasa sama tol; saat ini di mobil pakai Multipower Plus 5W/30
minggu lalu sempat iseng cek di VW Kemayoran, kl ganti oli mereka kasih saran pakai Mobil Super 3000 X2 5W-40

untuk si Multipower dan mobil Super itu gimana om?

makasih
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mcdelivery »

Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

vic9090 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:55
sahabatq8 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:43
vic9090 wrote: Sat Jan 22, 2022 8:27 om om semua, mau tanya dong siapa tahu ada yg paham

Mobil VW Tiguan 2013 saya, kl menurut buku manual kan oli nya bisa 5W-30 atau 5W-40, apa sih bedanya?
apa ada alasan tertentu kapan pakai yg 5W-30 dan kapan yg 5W-40?

terima kasih
5w40 lebih kental dari yang 5w30. Kalau misalnya pake 5w30 olinya cepet nguap karena panas, brati lebih baik dikasih 5w40. 5w40 dibanding 5w30 tarikan akan serasa sedikit lebih berat dan bbm lebih boros, tapi suara biasanya lebih halus.

Pengalaman saya sih untuk VW pake 5w30 yang bagus itu masih ok, kecuali kalo mesinnya di modif + untuk track.
Kalau mau liat liat boleh liat produk Q8 namanya VX long life itu oli komplit approval vwnya.
makasih om, saya sih pakai di Jakarta utk harian, 50/50 lah antara jalan biasa sama tol; saat ini di mobil pakai Multipower Plus 5W/30
minggu lalu sempat iseng cek di VW Kemayoran, kl ganti oli mereka kasih saran pakai Mobil Super 3000 X2 5W-40

untuk si Multipower dan mobil Super itu gimana om?

makasih
Mungkin bukan saya orang yang paling tepat jawab ini pertanyaan karena wakil Q8 :ngacir:
Tapi itu 2 ok kok, cuma ya secara kelas jauh dibawah Q8 vx long life ini yang termasuk oli kasta tertinggi.

Kalo multipower sama mobil super gimana om, 5w40 terasa lebih berat gak dari yang 5w30?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
Yg 5w30 pakai oli apa gan? Knp bs lebih berisi 5w40, apa beda kasta olinya?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by well »

Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
Yg 5w30 pakai oli apa gan? Knp bs lebih berisi 5w40, apa beda kasta olinya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

well wrote: Sat Jan 22, 2022 12:50
Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
Yg 5w30 pakai oli apa gan? Knp bs lebih berisi 5w40, apa beda kasta olinya?
Mbah omni mah juragan merk ono, dan gak akan nyentuh kasta entry.
Klo lihat koleksinya kasta top of the line semua :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
kok penguapannya banyak mbah?

2gd saya 2x oilchange pake amsoil 10w30 & ptt 5w30 interval 10k km pas ganti dipstick cuman kurang dikit dari full, hampir sama kayak pas pertama isi..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

well wrote: Sat Jan 22, 2022 12:50
Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
Yg 5w30 pakai oli apa gan? Knp bs lebih berisi 5w40, apa beda kasta olinya?
sama gan, ss max duty juga. cuma switch viscosity.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: Sat Jan 22, 2022 13:30
Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
kok penguapannya banyak mbah?

2gd saya 2x oilchange pake amsoil 10w30 & ptt 5w30 interval 10k km pas ganti dipstick cuman kurang dikit dari full, hampir sama kayak pas pertama isi..
hehe coba aja diukur mbah. kl liat dr dipstick 2gd sy juga cuma kurang dikit dr full. kita by data dong mbah, jangan ngira2 dr dipstick. jd kedepannya bisa bikin trend data penyusutan, apakah akan berkurang atau sama aja oil consumption nya.

kemungkinan lainnya krn selama oci ini high speed terus, main tol terus mbah. kl kerusakan mesin rasanya engga, krn powernya ada dan ga ngebul samsek.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

Omnibus wrote:baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
buset itu ams ss 5w30 cmn dipake ga sampe 6 rebu km om?
pecinta bio solar
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

ctopher7 wrote: Sat Jan 22, 2022 13:42
buset itu ams ss 5w30 cmn dipake ga sampe 6 rebu km om?
ga sabar mau nyoba yg baru :mky_03:

lagian lg sering pp bdg-jkt jd sekalian bejek :big_smoking:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Sinclaire »

Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 13:35
Sinclaire wrote: Sat Jan 22, 2022 13:30
Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
kok penguapannya banyak mbah?

2gd saya 2x oilchange pake amsoil 10w30 & ptt 5w30 interval 10k km pas ganti dipstick cuman kurang dikit dari full, hampir sama kayak pas pertama isi..
hehe coba aja diukur mbah. kl liat dr dipstick 2gd sy juga cuma kurang dikit dr full. kita by data dong mbah, jangan ngira2 dr dipstick. jd kedepannya bisa bikin trend data penyusutan, apakah akan berkurang atau sama aja oil consumption nya.

kemungkinan lainnya krn selama oci ini high speed terus, main tol terus mbah. kl kerusakan mesin rasanya engga, krn powernya ada dan ga ngebul samsek.
hmm logikanya 2gdnya mbah kalo dilanjut oci 10k km, dengan penguapan 167ml/1000km, penguapan 1.67L

anggep pas oci isi 7.5L (saya juga oci isi segini), sisa (7.5-1.67L) = 6L kurang..

6L kurang dipstick pasti dibawah Low dong mbah? bandingannya gd saya pas oci dipstick masih disekitaran tengah2

kalo masalah ngetoll saya rasa gd gd hiace yg dipake travel jkt bandung tiap hari gaspoll..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Sinclaire wrote: Sat Jan 22, 2022 13:48
hmm logikanya 2gdnya mbah kalo dilanjut oci 10k km, dengan penguapan 167ml/1000km, penguapan 1.67L

anggep pas oci isi 7.5L (saya juga oci isi segini), sisa (7.5-1.67L) = 6L kurang..

6L kurang dipstick pasti dibawah Low dong mbah? bandingannya gd saya pas oci dipstick masih disekitaran tengah2

kalo masalah ngetoll saya rasa gd gd hiace yg dipake travel jkt bandung tiap hari gaspoll..
6L kurang dibawah Low rasanya engga. sampai dibawah Low itu kayanya 5L atau bahkan 4L kebawah. sebab tadi itu oli lama sebelum di drain posisi di dipstick cuma turun 2-3mm (atau kira2 masih di posisi 75% jarak antara Low ke High). nah itu dapatnya 6.5L setelah diukur.

hiace ga ada yg pake group IV 5w30 mbah. palingan 15w40 semi syn. ga tau juga sih. cuma semi syn vs full group iv beda penyusutannya, lbh nyusut yg full syn.
btw ams 10w30 itu rasanya beda, mungkin dia group III cmiiw. by spec sheet noack 10w30 turbo truck memang lbh tidak menyusut dibanding ss max duty 5w30 ataupun 5w40.
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Mbah kenapa isi oli diesel lagi? Masi kurang maks kah bebersih pake ams 10w30?
Butuh insight jg nih, bapao saya lagi diisi ptt 10w30 item dan baru jalan 500an km.
2012 - 1NZFE
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Solidarität für immer
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
I see, ujung2nya radiator harus dlm kondisi prima, heat release lbh baik, sehingga temp piston within normal range ya.
Krn klo heat release gak optimal, heat transfernya jg jd bottleneck ya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Ikut nimbrung mbah, kebutuhan pressure oli lebih tinggi di oli kental lebih untuk fungsi apa ya mbah?

Jika saya asumsikan, untuk mobil yg digunakan longtrip baiknya oli pake yg agak kental tapi rasio coolant harus lebih banyak airnya ya? Biar oil film dapet, pendinginan dapet
2012 - 1NZFE
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Spies »

Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59
Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Yg saya dengar dr mesin ketika dipush, Lbh rentan ngelitik juga klo visco lbh tinggi.
Mungkin krn akibat heat transfernya jg rendah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Yaris bakpao, Better stick to w30 aja mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59
Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Perlu diingat oli yang lebih kental juga punya coefficient of friction yang lebih tinggi, dalam kata lain panas yang di hasilkan dari gesekan antar molekul oli juga lebih tinggi. Kalo oli encer, panas yang dihasilkan dari coefficient of friction ini lebih sedikit tetapi akibat film yang lebih tipis gesekan antar besi bertambah.
Misalnya ada kondisi extreme mobil sport biasa pake 10w60 dikasih 0w20 , kemungkinan besar mesin jauh lebih panas karena gesekan mesin pasti sangat besar. Jadi oli lebih kentel itu gak selalu lebih panas tergantung mesinnya juga.
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Spies »

Suryaputra wrote: Sun Jan 23, 2022 2:00
Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59
Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06

Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Yg saya dengar dr mesin ketika dipush, Lbh rentan ngelitik juga klo visco lbh tinggi.
Mungkin krn akibat heat transfernya jg rendah.
Sipp.. Dimengerti mbah
Kecuali kalo kelas olinya nggak sama ya, misal visco 30 eco sama visco 40 keraton perbandingannya mungkin jadi nggak valid ya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 2:55
Suryaputra wrote: Sun Jan 23, 2022 2:00
Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59

Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Yg saya dengar dr mesin ketika dipush, Lbh rentan ngelitik juga klo visco lbh tinggi.
Mungkin krn akibat heat transfernya jg rendah.
Sipp.. Dimengerti mbah
Kecuali kalo kelas olinya nggak sama ya, misal visco 30 eco sama visco 40 keraton perbandingannya mungkin jadi nggak valid ya :big_biglaugh:
:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Jan 23, 2022 2:55
Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59
Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06

Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Perlu diingat oli yang lebih kental juga punya coefficient of friction yang lebih tinggi, dalam kata lain panas yang di hasilkan dari gesekan antar molekul oli juga lebih tinggi. Kalo oli encer, panas yang dihasilkan dari coefficient of friction ini lebih sedikit tetapi akibat film yang lebih tipis gesekan antar besi bertambah.
Misalnya ada kondisi extreme mobil sport biasa pake 10w60 dikasih 0w20 , kemungkinan besar mesin jauh lebih panas karena gesekan mesin pasti sangat besar. Jadi oli lebih kentel itu gak selalu lebih panas tergantung mesinnya juga.
Iy naka dr itu balik ke manual book, visco yg diperbolehkan rangenya brp.
Klo di xpander, lmpv yg lagi viral, itu boleh nelen w20 - w50 :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri