Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Spies »

sahabatq8 wrote: Sun Jan 23, 2022 2:55
Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59
Mesinanak wrote: Sat Jan 22, 2022 16:06

Ya kurang lebihnya memang begitu om

Ada 2 aliran pemilihan oli berdasarkan visc: lbh encer dan lbh kental (regardless cooling system ya)

Yg encer, tujuannya agar flow rate oli lbh tinggi, untuk heat transfer yg lbh baik.. dipilih untuk mesin2 seperti lcgc, dimana dia hrs irit dgn optimasi air fuel ratio yg cenderung lean, dgn konsekuensi MEP lbh kecil tapi temp piston lbh tinggi

Yg kental, tujuannya agar pressure oli lbh tinggi dan oil film lebih tebal krn menderita MEP yg lbh besar (untuk minimize metal to metal contact).. konsekuensi nya kemampuan heat transfer jd lbh rendah

MEP = mean effective pressure (lengkapnya di google)

Itulah sebabnya, di label oli2 yg 0w20, terkadang ditemukan "hanya cocok untuk lcgc".. alasannya ada diatas..
Bukan berarti oli2 eco itu jelek, tp lebih ke krn ketepatan aplikasi dan tujuan nya (pilih flow atau pressure)
Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Perlu diingat oli yang lebih kental juga punya coefficient of friction yang lebih tinggi, dalam kata lain panas yang di hasilkan dari gesekan antar molekul oli juga lebih tinggi. Kalo oli encer, panas yang dihasilkan dari coefficient of friction ini lebih sedikit tetapi akibat film yang lebih tipis gesekan antar besi bertambah.
Misalnya ada kondisi extreme mobil sport biasa pake 10w60 dikasih 0w20 , kemungkinan besar mesin jauh lebih panas karena gesekan mesin pasti sangat besar. Jadi oli lebih kentel itu gak selalu lebih panas tergantung mesinnya juga.
Intinya banyak faktor yang mempengaruhi ya mbah

:frm_salut:
Suryaputra wrote: Sun Jan 23, 2022 3:04
sahabatq8 wrote: Sun Jan 23, 2022 2:55
Spies wrote: Sun Jan 23, 2022 0:59

Berarti pada mesin yang sama, oli yg lebih kental cenderung bikin mesin lebih panas ya om?
Perlu diingat oli yang lebih kental juga punya coefficient of friction yang lebih tinggi, dalam kata lain panas yang di hasilkan dari gesekan antar molekul oli juga lebih tinggi. Kalo oli encer, panas yang dihasilkan dari coefficient of friction ini lebih sedikit tetapi akibat film yang lebih tipis gesekan antar besi bertambah.
Misalnya ada kondisi extreme mobil sport biasa pake 10w60 dikasih 0w20 , kemungkinan besar mesin jauh lebih panas karena gesekan mesin pasti sangat besar. Jadi oli lebih kentel itu gak selalu lebih panas tergantung mesinnya juga.
Iy naka dr itu balik ke manual book, visco yg diperbolehkan rangenya brp.
Klo di xpander, lmpv yg lagi viral, itu boleh nelen w20 - w50 :upss:
Xpander modif 300 hp bolehla dikasih minum w50 :big_chicken:
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mcdelivery »

dinatara wrote: Sat Jan 22, 2022 15:49
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Mbah kenapa isi oli diesel lagi? Masi kurang maks kah bebersih pake ams 10w30?
Butuh insight jg nih, bapao saya lagi diisi ptt 10w30 item dan baru jalan 500an km.
Saya pake di 10w30 amsoil baru jalan 4000km, penguapannya tinggi smpe 400 ml saya top up... Oleh sebab itu, saya ganti ke 5w40 max duty... Yg saya notice sih baru jalan 50 km aja olinya udh berubah g bening lgi, beda dengan oli merk lain yg msih bening.. Harga emg g boong yahh...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

mcdelivery wrote: Sun Jan 23, 2022 5:11
dinatara wrote: Sat Jan 22, 2022 15:49
mcdelivery wrote: Sat Jan 22, 2022 10:39 Abis tune up ganti busi , bersihkan throttle body, dan injector cleaning di yaris bapao... Skalian ganti oli matic pk ptt dan oli mesin pk amsoil 5w40 max duty.. Ngelitik jd hilang tarikan jg so2... Yg ane notice ketika pegang dipstick kok kerasanya lebih panas yaa? Apakah ada pengaruh gnti oli ke buntut 40...sebelumnya ane pake amsoil 10w30
Mbah kenapa isi oli diesel lagi? Masi kurang maks kah bebersih pake ams 10w30?
Butuh insight jg nih, bapao saya lagi diisi ptt 10w30 item dan baru jalan 500an km.
Saya pake di 10w30 amsoil baru jalan 4000km, penguapannya tinggi smpe 400 ml saya top up... Oleh sebab itu, saya ganti ke 5w40 max duty... Yg saya notice sih baru jalan 50 km aja olinya udh berubah g bening lgi, beda dengan oli merk lain yg msih bening.. Harga emg g boong yahh...
Oli gak bening krn salah satunya adalah,
masih ada sisa oli lama yg ngendap di oil pan.

Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by alvin23 »

Suryaputra wrote: Sun Jan 23, 2022 6:18
mcdelivery wrote: Sun Jan 23, 2022 5:11
dinatara wrote: Sat Jan 22, 2022 15:49

Mbah kenapa isi oli diesel lagi? Masi kurang maks kah bebersih pake ams 10w30?
Butuh insight jg nih, bapao saya lagi diisi ptt 10w30 item dan baru jalan 500an km.
Saya pake di 10w30 amsoil baru jalan 4000km, penguapannya tinggi smpe 400 ml saya top up... Oleh sebab itu, saya ganti ke 5w40 max duty... Yg saya notice sih baru jalan 50 km aja olinya udh berubah g bening lgi, beda dengan oli merk lain yg msih bening.. Harga emg g boong yahh...
Oli gak bening krn salah satunya adalah,
masih ada sisa oli lama yg ngendap di oil pan.

Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Berarti abis netes, tutup dulu, isi oli murah, baru buka lg ya?
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

alvin23 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:28
Suryaputra wrote: Sun Jan 23, 2022 6:18
mcdelivery wrote: Sun Jan 23, 2022 5:11

Saya pake di 10w30 amsoil baru jalan 4000km, penguapannya tinggi smpe 400 ml saya top up... Oleh sebab itu, saya ganti ke 5w40 max duty... Yg saya notice sih baru jalan 50 km aja olinya udh berubah g bening lgi, beda dengan oli merk lain yg msih bening.. Harga emg g boong yahh...
Oli gak bening krn salah satunya adalah,
masih ada sisa oli lama yg ngendap di oil pan.

Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Berarti abis netes, tutup dulu, isi oli murah, baru buka lg ya?
Yup.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sat Jan 22, 2022 12:40 baru ganti olmes vrz dr 5w30 ke 5w40. oli sebelumnya oci 5,375km/5 bulan. dulu masuk 7.4L tadi keluar 6.5L (termasuk yg dr oil filter bekas dihitung), penyusutan (atau penguapan) 900mL atau 167mL/1,000km. msh tahap wajar krn rule of thumb yg disebut excessive oil consumption biasanya 1 quart/1,000 miles atau kurleb 600mL/1,000km. tp next nya sy mau ngejar penyusutan maksimal 100mL/1,000km atau lbh bagus kl bisa dibawahnya.

impresi cold start jauh lbh halus. idle lebih halus getarannya. power jg sama aja malah lbh berisi kl sy bilang. rasanya lbh cocok pake w40 nih n kemungkinan besar akan continue pake 5w40 ss max duty.
Mesin 2GD.
mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.

Promblemnya waktu pakai PTT10w30 jalan 3rb KM dalam waktu 8 bulan mulai terdengar klek klek (samar sekali, itupun hanya posisi tertentu saja)... seperti suara plastik penahan timing chain

Kalau pakai Amsoil 5w40, waktu pagi start pertama suara mesin ada tek tek tek sekitar 30 detik, ini seperti oli belum naik. Sedangkan PTT 10w30 suara ini sebentar saja sekitar 5 detik


Mesin 2KD
Waktu pakai Rimula R5e 10w40, tarikan mesin ringan sekali biarpun sudah dipakai 8 bulan dan 5rb KM. Sampai RPM 3000 pun ringan banget.....
Suara mesin memang lebih garing (garing tapi tidak ada bunyi aneh2x, mesin semakin panas semakin garing, tidak ada bunyi klek klek atau tek tek)

Ganti ke Delvac mx 15w40, tarikan jauh lebih berat, suara mesin teredam, tarikan agak berat, baik rpm rendah, mid sampai tinggi.
Suara mesin tidak garing, teredam.

Sebagai pengendara saya suka R5e10w40, cuma kuatir jangka panjang ke mesin ... mohon urun pendapatnya.
Sebab selama ini pakai TMO :big_biglaugh: makanya suara mesin alus terus ... tapi yah gak enak memang tarikannya.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote:
Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Pernah ukur gak mbah... misal masuk 2 liter itu oli mesran/shell murah, lalu pas keluar dari pan apakah bisa 100% 2 liter juga?

Apakah finalnya tidak ada yg terjebak di pan atau di sela2 jeroan mesin sekian mili liter oli murah tsb?

Maksud ane, misal kita pakai oli keraton 100% synthetic, nah apabila pakai cara spt ini bisa2 jadi 90% synthetic krn kontaminasi oli murah [emoji16]

Memang sih cara spt ini bisa bikin oli baru kita lebih lama berubah warnanya, tp dgn cost 2 liter oli murah let say 150 ribu deh yah, apakah lebih baik kita majuin aja oci nya kaya mbah omni dr 10k ke 7k KM misalnya?

Si mbah kan sdh gak mau pakai corong lg waktu masukin si khiueit ke mesin krn takut kontaminasi, tapi kl pake acara tuang oli murah dulu apakah gak ada gunanya lg itu antara pakai atau tdk pakai corong, bahkan corongnya bekas pakai oli apapun jg sdh gak penting lagi dong?

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?

Spt kt mbah suhu Omni... bagaimanapun kotornya itu bekas oli lama keraton... tetap dia berdarah keraton, ada additive2 mevvah di dalamnya yg msh nempel di sela2 jeroan... jd biarkanlah dia selalu berdarah biru hahahah [emoji1787]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:51
Mesin 2GD.
mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.

Promblemnya waktu pakai PTT10w30 jalan 3rb KM dalam waktu 8 bulan mulai terdengar klek klek (samar sekali, itupun hanya posisi tertentu saja)... seperti suara plastik penahan timing chain

Kalau pakai Amsoil 5w40, waktu pagi start pertama suara mesin ada tek tek tek sekitar 30 detik, ini seperti oli belum naik. Sedangkan PTT 10w30 suara ini sebentar saja sekitar 5 detik


Mesin 2KD
Waktu pakai Rimula R5e 10w40, tarikan mesin ringan sekali biarpun sudah dipakai 8 bulan dan 5rb KM. Sampai RPM 3000 pun ringan banget.....
Suara mesin memang lebih garing (garing tapi tidak ada bunyi aneh2x, mesin semakin panas semakin garing, tidak ada bunyi klek klek atau tek tek)

Ganti ke Delvac mx 15w40, tarikan jauh lebih berat, suara mesin teredam, tarikan agak berat, baik rpm rendah, mid sampai tinggi.
Suara mesin tidak garing, teredam.

Sebagai pengendara saya suka R5e10w40, cuma kuatir jangka panjang ke mesin ... mohon urun pendapatnya.
Sebab selama ini pakai TMO :big_biglaugh: makanya suara mesin alus terus ... tapi yah gak enak memang tarikannya.
yg jd pertanyaan, suara garing itu sesuatu yg kita inginkan ga sih? dan apakah itu bagus ga sih? kl sy pribadi sih ga suka krn ga enak kedengarannya. waktu pakai ss 5w30 ya begini kl cold start. kl sdh panas no problem sampai belakangan ini ada terdengar suara HLA nya tp halus cuma 1 biji dr arah silinder #3.
yg pasti kurang enak itu ketika sdh panas trus nanjak di cipularang pakai S4 (sy suka nanjak pakai direct drive ratio 1:1) rpm 3000an konstan itu kerasa olinya terlalu encer. susah jelasinnya ntar ada yg minta bukti otentik by data lagi. ga punya, cuma butt-o-meter ketika sy tambah ke 3500 rpm teriaknya udah ga enak.
jangan sampai ada yg komen bilang diesel bukan tipe high rpm ya, ini sekalian buat buang carbon deposit, lagian msh jauh dr redline. sy hampir ga pernah ngeredline pakai 5w30 di vrz.

balik ke bahasan mbah, kayanya cocok2an lah mbah. masing2 punya pengalaman nya sendiri n budget yg ada. kl sy terlepas dr budget emang pengen aja komit ke group iv terus. so far ss max duty 5w40 suara cold start nya msh sesuai harapan sy.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
-

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?


-


ada cara yang lebih bonafid, tuang dengan oli yang sama dengan yang akan dipakai.
atau, gunakan oil suction pump.

tapi om, oli ketinggalan di pan itu nggak berlaku buat semua mesin.
pengalaman saya sebagai nubi, mesin 2nr bisa ada sisa di pan sekitar 150mL.
mesin k3ve sekitar 200an mL.
mesin L15 ngga ada sisa.

jadi tergantung drain hole di oil pan posisinya bagaimana.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
Suryaputra wrote:
Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Pernah ukur gak mbah... misal masuk 2 liter itu oli mesran/shell murah, lalu pas keluar dari pan apakah bisa 100% 2 liter juga?

Apakah finalnya tidak ada yg terjebak di pan atau di sela2 jeroan mesin sekian mili liter oli murah tsb?

Maksud ane, misal kita pakai oli keraton 100% synthetic, nah apabila pakai cara spt ini bisa2 jadi 90% synthetic krn kontaminasi oli murah [emoji16]

Memang sih cara spt ini bisa bikin oli baru kita lebih lama berubah warnanya, tp dgn cost 2 liter oli murah let say 150 ribu deh yah, apakah lebih baik kita majuin aja oci nya kaya mbah omni dr 10k ke 7k KM misalnya?

Si mbah kan sdh gak mau pakai corong lg waktu masukin si khiueit ke mesin krn takut kontaminasi, tapi kl pake acara tuang oli murah dulu apakah gak ada gunanya lg itu antara pakai atau tdk pakai corong, bahkan corongnya bekas pakai oli apapun jg sdh gak penting lagi dong?

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?

Spt kt mbah suhu Omni... bagaimanapun kotornya itu bekas oli lama keraton... tetap dia berdarah keraton, ada additive2 mevvah di dalamnya yg msh nempel di sela2 jeroan... jd biarkanlah dia selalu berdarah biru hahahah [emoji1787]
kl rutin pake keraton ga ngaruh om. kemaren pas gantol sy ada sisa ss max duty 300mL. yg 100 sy simpen buat air tools yg 200 sy pake buat guyur. begitu diguyur ga ngaruh langsung keluar lagi bening hahaha. trus sy tembak pake angin kompresor dr lubang dipstick. enaknya DIY si kompresor bisa kita drain dulu air kondensasinya dan pastiin semprot ke telapak tangan utk cek kl ga ada uap air di anginnya. lbh efektif semprot angin kl kata saya meskipun ga sepengaruh jaman dulu sy pake oli kelas biasa n kentel 10w40 atau 20w50. skrg oli lama apalagi keraton krn encer udah lbh mudah keluar (kondisi oli panas. spt biasa kondisi mesin dingin sy crack open dulu baut drain nya spy ga doll trus dikencengin tangan aja abis itu panasin mesin terakhir geber sampe 3000rpm biar detergent n dispersant bekerja bersihkan dan ngikat kontaminan) jd ga menyisakan apa2. bahkan saking bersihnya dr lubang drain bisa keliatan besi oil baffle nya. kuncinya rutin lah pakai keraton, manfaatnya jangka panjang.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sun Jan 23, 2022 7:33
Profith83 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:51
Mesin 2GD.
mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.

Promblemnya waktu pakai PTT10w30 jalan 3rb KM dalam waktu 8 bulan mulai terdengar klek klek (samar sekali, itupun hanya posisi tertentu saja)... seperti suara plastik penahan timing chain

Kalau pakai Amsoil 5w40, waktu pagi start pertama suara mesin ada tek tek tek sekitar 30 detik, ini seperti oli belum naik. Sedangkan PTT 10w30 suara ini sebentar saja sekitar 5 detik


Mesin 2KD
Waktu pakai Rimula R5e 10w40, tarikan mesin ringan sekali biarpun sudah dipakai 8 bulan dan 5rb KM. Sampai RPM 3000 pun ringan banget.....
Suara mesin memang lebih garing (garing tapi tidak ada bunyi aneh2x, mesin semakin panas semakin garing, tidak ada bunyi klek klek atau tek tek)

Ganti ke Delvac mx 15w40, tarikan jauh lebih berat, suara mesin teredam, tarikan agak berat, baik rpm rendah, mid sampai tinggi.
Suara mesin tidak garing, teredam.

Sebagai pengendara saya suka R5e10w40, cuma kuatir jangka panjang ke mesin ... mohon urun pendapatnya.
Sebab selama ini pakai TMO :big_biglaugh: makanya suara mesin alus terus ... tapi yah gak enak memang tarikannya.
yg jd pertanyaan, suara garing itu sesuatu yg kita inginkan ga sih? dan apakah itu bagus ga sih? kl sy pribadi sih ga suka krn ga enak kedengarannya. waktu pakai ss 5w30 ya begini kl cold start. kl sdh panas no problem sampai belakangan ini ada terdengar suara HLA nya tp halus cuma 1 biji dr arah silinder #3.
yg pasti kurang enak itu ketika sdh panas trus nanjak di cipularang pakai S4 (sy suka nanjak pakai direct drive ratio 1:1) rpm 3000an konstan itu kerasa olinya terlalu encer. susah jelasinnya ntar ada yg minta bukti otentik by data lagi. ga punya, cuma butt-o-meter ketika sy tambah ke 3500 rpm teriaknya udah ga enak.
jangan sampai ada yg komen bilang diesel bukan tipe high rpm ya, ini sekalian buat buang carbon deposit, lagian msh jauh dr redline. sy hampir ga pernah ngeredline pakai 5w30 di vrz.

balik ke bahasan mbah, kayanya cocok2an lah mbah. masing2 punya pengalaman nya sendiri n budget yg ada. kl sy terlepas dr budget emang pengen aja komit ke group iv terus. so far ss max duty 5w40 suara cold start nya msh sesuai harapan sy.
Kalau 2GD memang mesinnya menurut saya lebih pemilih oli mesin menurut butt-o-meter.
2GD kalau pakai tanjakan di toll semarang di D terasa berat banget, kecepatan sekitar 90 km/jam.
Dipindah ke Sport Mode dia nariknya lebih ringan.

Kalau dulu pakai ATF dari pabrik juga parah banget, begitu ganti ke LV1 tarikan lebih sigap dan tidak gandolin.

Saya sih inginnya tarikan ringan dan suara kalem :big_biglaugh: Tapi seringnya ini berbanding terbalik
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

Profith83 wrote: Sun Jan 23, 2022 6:51 mbah, kalau saya di ANKI asalanya pakai PTT 10W30 ganti ke Amsoil 5w40 yang tulisannya 4x.
Suara mesin terasa jauh2x lebih adem. Jauh banget suaranya. Sudah pakai 2rb KM selama 2 bulan tetap adem
Tapi memang mesin tidak seringan waktu pakai PTT10w30.

Promblemnya waktu pakai PTT10w30 jalan 3rb KM dalam waktu 8 bulan mulai terdengar klek klek (samar sekali, itupun hanya posisi tertentu saja)... seperti suara plastik penahan timing chain

Kalau pakai Amsoil 5w40, waktu pagi start pertama suara mesin ada tek tek tek sekitar 30 detik, ini seperti oli belum naik. Sedangkan PTT 10w30 suara ini sebentar saja sekitar 5 detik


Mesin 2KD
Waktu pakai Rimula R5e 10w40, tarikan mesin ringan sekali biarpun sudah dipakai 8 bulan dan 5rb KM. Sampai RPM 3000 pun ringan banget.....
Suara mesin memang lebih garing (garing tapi tidak ada bunyi aneh2x, mesin semakin panas semakin garing, tidak ada bunyi klek klek atau tek tek)

Ganti ke Delvac mx 15w40, tarikan jauh lebih berat, suara mesin teredam, tarikan agak berat, baik rpm rendah, mid sampai tinggi.
Suara mesin tidak garing, teredam.

Sebagai pengendara saya suka R5e10w40, cuma kuatir jangka panjang ke mesin ... mohon urun pendapatnya.
Sebab selama ini pakai TMO :big_biglaugh: makanya suara mesin alus terus ... tapi yah gak enak memang tarikannya.
Jadi pengen coba nih R5E..

Ga coba Q8 7000 mbah? Harga cuma cepek lebih dikit.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


marmut wrote:
benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
-

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?


-


ada cara yang lebih bonafid, tuang dengan oli yang sama dengan yang akan dipakai.
atau, gunakan oil suction pump.

tapi om, oli ketinggalan di pan itu nggak berlaku buat semua mesin.
pengalaman saya sebagai nubi, mesin 2nr bisa ada sisa di pan sekitar 150mL.
mesin k3ve sekitar 200an mL.
mesin L15 ngga ada sisa.

jadi tergantung drain hole di oil pan posisinya bagaimana.
Setuju mbah... kuncinya tuang pakai oli yg sama dgn yg saat ini kita pakai kl mau pakai acara guyur2an.

Let say ams ss harga 220 ribu per quartz buat di pakai guyur yah mending oci dimajuian aja kali yah... apalagi mau pakai 2 quartz 440 ribu [emoji38]

Mending kaya mbah omni tiap 3 ribu KM ganti olinya di jamin kinclong itu jeroan mesin hahahah
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


Omnibus wrote: enaknya DIY si kompresor bisa kita drain dulu air kondensasinya dan pastiin semprot ke telapak tangan utk cek kl ga ada uap air di anginnya. lbh efektif semprot angin kl kata saya meskipun ga sepengaruh jaman dulu sy pake oli kelas biasa n kentel 10w40 atau 20w50. skrg oli lama apalagi keraton krn encer udah lbh mudah keluar (kondisi oli panas. spt biasa kondisi mesin dingin sy crack open dulu baut drain nya spy ga doll trus dikencengin tangan aja abis itu panasin mesin terakhir geber sampe 3000rpm biar detergent n dispersant bekerja bersihkan dan ngikat kontaminan) jd ga menyisakan apa2. bahkan saking bersihnya dr lubang drain bisa keliatan besi oil baffle nya. kuncinya rutin lah pakai keraton, manfaatnya jangka panjang.
Omnibus way step by step oil change procedures... [emoji122]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 8:11
-

Mending kaya mbah omni tiap 3 ribu KM ganti olinya di jamin kinclong itu jeroan mesin hahahah

wah, bos batubara mah butuh oli tinggal tunjuk.... ngeri....
🙈
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Yah balik lagi.
Cara apapun ngedrain oli gakda yg salah, tinggal preferensi pribadi aja, mau pakai oli kelas hotel royal tulip dipendekin OCI nya ganti per 5rb KM, juga sah banget.. yg penting ganti filter oli tiap ganti oli.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

benzz89 wrote:
marmut wrote:
benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
-

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?


-


ada cara yang lebih bonafid, tuang dengan oli yang sama dengan yang akan dipakai.
atau, gunakan oil suction pump.

tapi om, oli ketinggalan di pan itu nggak berlaku buat semua mesin.
pengalaman saya sebagai nubi, mesin 2nr bisa ada sisa di pan sekitar 150mL.
mesin k3ve sekitar 200an mL.
mesin L15 ngga ada sisa.

jadi tergantung drain hole di oil pan posisinya bagaimana.
Setuju mbah... kuncinya tuang pakai oli yg sama dgn yg saat ini kita pakai kl mau pakai acara guyur2an.

Let say ams ss harga 220 ribu per quartz buat di pakai guyur yah mending oci dimajuian aja kali yah... apalagi mau pakai 2 quartz 440 ribu [emoji38]

Mending kaya mbah omni tiap 3 ribu KM ganti olinya di jamin kinclong itu jeroan mesin hahahah
wkwkwkwk iya emng ngeri om omnibus ams ss 5w30 diganti belum 6 ribu...
pecinta bio solar
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

Omnibus wrote: Sun Jan 23, 2022 7:52
benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
Suryaputra wrote:
Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Pernah ukur gak mbah... misal masuk 2 liter itu oli mesran/shell murah, lalu pas keluar dari pan apakah bisa 100% 2 liter juga?

Apakah finalnya tidak ada yg terjebak di pan atau di sela2 jeroan mesin sekian mili liter oli murah tsb?

Maksud ane, misal kita pakai oli keraton 100% synthetic, nah apabila pakai cara spt ini bisa2 jadi 90% synthetic krn kontaminasi oli murah [emoji16]

Memang sih cara spt ini bisa bikin oli baru kita lebih lama berubah warnanya, tp dgn cost 2 liter oli murah let say 150 ribu deh yah, apakah lebih baik kita majuin aja oci nya kaya mbah omni dr 10k ke 7k KM misalnya?

Si mbah kan sdh gak mau pakai corong lg waktu masukin si khiueit ke mesin krn takut kontaminasi, tapi kl pake acara tuang oli murah dulu apakah gak ada gunanya lg itu antara pakai atau tdk pakai corong, bahkan corongnya bekas pakai oli apapun jg sdh gak penting lagi dong?

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?

Spt kt mbah suhu Omni... bagaimanapun kotornya itu bekas oli lama keraton... tetap dia berdarah keraton, ada additive2 mevvah di dalamnya yg msh nempel di sela2 jeroan... jd biarkanlah dia selalu berdarah biru hahahah [emoji1787]
kl rutin pake keraton ga ngaruh om. kemaren pas gantol sy ada sisa ss max duty 300mL. yg 100 sy simpen buat air tools yg 200 sy pake buat guyur. begitu diguyur ga ngaruh langsung keluar lagi bening hahaha. trus sy tembak pake angin kompresor dr lubang dipstick. enaknya DIY si kompresor bisa kita drain dulu air kondensasinya dan pastiin semprot ke telapak tangan utk cek kl ga ada uap air di anginnya. lbh efektif semprot angin kl kata saya meskipun ga sepengaruh jaman dulu sy pake oli kelas biasa n kentel 10w40 atau 20w50. skrg oli lama apalagi keraton krn encer udah lbh mudah keluar (kondisi oli panas. spt biasa kondisi mesin dingin sy crack open dulu baut drain nya spy ga doll trus dikencengin tangan aja abis itu panasin mesin terakhir geber sampe 3000rpm biar detergent n dispersant bekerja bersihkan dan ngikat kontaminan) jd ga menyisakan apa2. bahkan saking bersihnya dr lubang drain bisa keliatan besi oil baffle nya. kuncinya rutin lah pakai keraton, manfaatnya jangka panjang.
Klo untuk user rumahan
Drpd kompresor yg mahal dan khawatir kondensasi
Cobain pompa listrik punya kasur angin, beli 60rb an
Kenceng bgt angin nya
Solidarität für immer
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

ctopher7 wrote: Sun Jan 23, 2022 9:51
wkwkwkwk iya emng ngeri om omnibus ams ss 5w30 diganti belum 6 ribu...
makanya jangan nyetok oli, akibatnya gatel mau buru2 ganti. itu beli duluan jg sebelum harga naik lagi mana tau ga mau kalah sm harga migor. wkwkwk
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Mesinanak wrote: Sun Jan 23, 2022 10:07
Klo untuk user rumahan
Drpd kompresor yg mahal dan khawatir kondensasi
Cobain pompa listrik punya kasur angin, beli 60rb an
Kenceng bgt angin nya
sbg alternatif bisa juga, asalkan ada filter udaranya di intake pompanya spy ga campur debu.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
Suryaputra wrote:
Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Pernah ukur gak mbah... misal masuk 2 liter itu oli mesran/shell murah, lalu pas keluar dari pan apakah bisa 100% 2 liter juga?

Apakah finalnya tidak ada yg terjebak di pan atau di sela2 jeroan mesin sekian mili liter oli murah tsb?

Maksud ane, misal kita pakai oli keraton 100% synthetic, nah apabila pakai cara spt ini bisa2 jadi 90% synthetic krn kontaminasi oli murah [emoji16]

Memang sih cara spt ini bisa bikin oli baru kita lebih lama berubah warnanya, tp dgn cost 2 liter oli murah let say 150 ribu deh yah, apakah lebih baik kita majuin aja oci nya kaya mbah omni dr 10k ke 7k KM misalnya?

Si mbah kan sdh gak mau pakai corong lg waktu masukin si khiueit ke mesin krn takut kontaminasi, tapi kl pake acara tuang oli murah dulu apakah gak ada gunanya lg itu antara pakai atau tdk pakai corong, bahkan corongnya bekas pakai oli apapun jg sdh gak penting lagi dong?

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?

Spt kt mbah suhu Omni... bagaimanapun kotornya itu bekas oli lama keraton... tetap dia berdarah keraton, ada additive2 mevvah di dalamnya yg msh nempel di sela2 jeroan... jd biarkanlah dia selalu berdarah biru hahahah [emoji1787]
Saya setuju sih, setiap kali ganti gak usah pake bilas. Kalo saya sih mending oci di perpendek ato olinya naik kelas. Gak rela keluarin duit sepeserpun untuk bilas, malah mendingan oli sultan bekas + kotorannya kecampur dengan oli baru.
Kalo kebanyakan duit ya lain cerita, isi aja 2x, yang pertama jalanin 15 menit lalu buang :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Jan 23, 2022 10:40
benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16
Suryaputra wrote:
Maka dari itu, ritual saya sblm isi oli baru,
1. Tuang oli murah 1-2 liter (mesran atau shell merah) ketika oli lama tinggal netes

2. Nanti sisa oli lama di oil-pan kebuang semua, dan yg kebuang adalah oli murah tsb, sampai bening

3. Isi oli baru dan ganti filter oli

Lihat aja bedanya dan ajak jalan sampai 1000 km pun tetap relatif bening.
Hal tsb berlaku walaupun pakai oli genuine bengkel resmi, sampai merk q8.

Silahkan dicoba :big_grin:
Pernah ukur gak mbah... misal masuk 2 liter itu oli mesran/shell murah, lalu pas keluar dari pan apakah bisa 100% 2 liter juga?

Apakah finalnya tidak ada yg terjebak di pan atau di sela2 jeroan mesin sekian mili liter oli murah tsb?

Maksud ane, misal kita pakai oli keraton 100% synthetic, nah apabila pakai cara spt ini bisa2 jadi 90% synthetic krn kontaminasi oli murah [emoji16]

Memang sih cara spt ini bisa bikin oli baru kita lebih lama berubah warnanya, tp dgn cost 2 liter oli murah let say 150 ribu deh yah, apakah lebih baik kita majuin aja oci nya kaya mbah omni dr 10k ke 7k KM misalnya?

Si mbah kan sdh gak mau pakai corong lg waktu masukin si khiueit ke mesin krn takut kontaminasi, tapi kl pake acara tuang oli murah dulu apakah gak ada gunanya lg itu antara pakai atau tdk pakai corong, bahkan corongnya bekas pakai oli apapun jg sdh gak penting lagi dong?

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?

Spt kt mbah suhu Omni... bagaimanapun kotornya itu bekas oli lama keraton... tetap dia berdarah keraton, ada additive2 mevvah di dalamnya yg msh nempel di sela2 jeroan... jd biarkanlah dia selalu berdarah biru hahahah [emoji1787]
Saya setuju sih, setiap kali ganti gak usah pake bilas. Kalo saya sih mending oci di perpendek ato olinya naik kelas. Gak rela keluarin duit sepeserpun untuk bilas, malah mendingan oli sultan bekas + kotorannya kecampur dengan oli baru.
Kalo kebanyakan duit ya lain cerita, isi aja 2x, yang pertama jalanin 15 menit lalu buang :big_biglaugh:
Ya makanya jgn nyalain mesin.
Fungsinya tuang oli baru 1 liter buat numpang lewat & ngeflush oil-pan aja.

Jd yg nempel di camshaft dkk tetep oli keraton.

Sebetulnya sy bisa komen gini krn dah nyoba lgs bbrp kali.
Jd bukan berdasarkan asumsi, atau hipotesa sendiri :mky_03:

Klo mau bagus juga ya opsi ke-2;
OCI diperpendek, ganti tiap 5rb km / 6 bln tp pk oli keraton
















+ margarin :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sun Jan 23, 2022 11:15
















+ margarin :ngacir:



ulah poho siltip 2 rol jeung isarplas 1 tube.
sekondel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Jan 08, 2014 3:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sekondel »

Masukan dunk suhu2 sekalian oli ekonomis untuk mobilio 2016, owner sebelumya pake xteen 5w30, kilometer masih 28 rb an.. Thanks all
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote:
sahabatq8 wrote: Sun Jan 23, 2022 10:40
benzz89 wrote: Sun Jan 23, 2022 7:16 Pernah ukur gak mbah... misal masuk 2 liter itu oli mesran/shell murah, lalu pas keluar dari pan apakah bisa 100% 2 liter juga?

Apakah finalnya tidak ada yg terjebak di pan atau di sela2 jeroan mesin sekian mili liter oli murah tsb?

Maksud ane, misal kita pakai oli keraton 100% synthetic, nah apabila pakai cara spt ini bisa2 jadi 90% synthetic krn kontaminasi oli murah [emoji16]

Memang sih cara spt ini bisa bikin oli baru kita lebih lama berubah warnanya, tp dgn cost 2 liter oli murah let say 150 ribu deh yah, apakah lebih baik kita majuin aja oci nya kaya mbah omni dr 10k ke 7k KM misalnya?

Si mbah kan sdh gak mau pakai corong lg waktu masukin si khiueit ke mesin krn takut kontaminasi, tapi kl pake acara tuang oli murah dulu apakah gak ada gunanya lg itu antara pakai atau tdk pakai corong, bahkan corongnya bekas pakai oli apapun jg sdh gak penting lagi dong?

Jujurly ane jg msh bingung sih ritual mana yg lebih baik. Kl bicara kontaminasi sekian mili liter oli jelata di antara oli keraton memang gak akan pengaruh gimana2 sih ke performa, cuman ya itu apa gak sayang?

Spt kt mbah suhu Omni... bagaimanapun kotornya itu bekas oli lama keraton... tetap dia berdarah keraton, ada additive2 mevvah di dalamnya yg msh nempel di sela2 jeroan... jd biarkanlah dia selalu berdarah biru hahahah [emoji1787]
Saya setuju sih, setiap kali ganti gak usah pake bilas. Kalo saya sih mending oci di perpendek ato olinya naik kelas. Gak rela keluarin duit sepeserpun untuk bilas, malah mendingan oli sultan bekas + kotorannya kecampur dengan oli baru.
Kalo kebanyakan duit ya lain cerita, isi aja 2x, yang pertama jalanin 15 menit lalu buang :big_biglaugh:
Ya makanya jgn nyalain mesin.
Fungsinya tuang oli baru 1 liter buat numpang lewat & ngeflush oil-pan aja.

Jd yg nempel di camshaft dkk tetep oli keraton.

Sebetulnya sy bisa komen gini krn dah nyoba lgs bbrp kali.
Jd bukan berdasarkan asumsi, atau hipotesa sendiri :mky_03:

Klo mau bagus juga ya opsi ke-2;
OCI diperpendek, ganti tiap 5rb km / 6 bln tp pk oli keraton
















+ margarin :ngacir:
boncos juga om kalo ganti 2gd tiap 5000km pake oli keraton.. tiap ganti ampir 2 jt kalo pake ams signature wkwkwkwk
pecinta bio solar