Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4318
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Profith83 »

sahabatq8 wrote: 20 May 2022, 21:22
Profith83 wrote: 20 May 2022, 21:12
Turboman wrote: 20 May 2022, 15:04 PTT Comm Rail bisa 10.000 km / 12 bulan

High SAPS kan dia
Thank you Om.
PTT botol kuning 5w30 ACEA A5/B5 seliter 120rb an. Entah high saps atau bukan. Ini link nya

https://tokopedia.link/wvBDnQmzbqb
A5/B5 biasanya high sap, dan low hths. Makanya suka tulis gak compatible dengan semua engine. Karena low hths , dia engine protectionnya kalah sama oli kelas A3/B4 ato C3 pada umumnya (walaupun tetep banyak faktor lain).

Kalau buat long drain di 2GD sih mendingan CK-4 / E7/E9 :upss:
Q8 yang 10w30 yah?

Tags:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21656
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

Sekarang pake oli yg harga sedang2 aja mau long drain en suara mesin tetap alus cukup kasih HSS FR3 aza

di KM 5000 - 6000 tuang 1 - 2 Oz

KM 7000 - 8000 tuang lagi 1 - 1,5 Oz

jadi 1 botol HSS FR3 uk 8 Oz bisa utk 2 - 3X siklus penggunaan oli

Irit

Ada yg pake Amsoil 5W40 Heavy Duty KM 6000 report tuang 2 Oz, suara lgs jadi alus lagi

wkwkwkkwkw
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 689
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Profith83 wrote: 21 May 2022, 08:28
sahabatq8 wrote: 20 May 2022, 21:22
Profith83 wrote: 20 May 2022, 21:12

Thank you Om.
PTT botol kuning 5w30 ACEA A5/B5 seliter 120rb an. Entah high saps atau bukan. Ini link nya

https://tokopedia.link/wvBDnQmzbqb
A5/B5 biasanya high sap, dan low hths. Makanya suka tulis gak compatible dengan semua engine. Karena low hths , dia engine protectionnya kalah sama oli kelas A3/B4 ato C3 pada umumnya (walaupun tetep banyak faktor lain).

Kalau buat long drain di 2GD sih mendingan CK-4 / E7/E9 :upss:
Q8 yang 10w30 yah?
Yoi Q8 Ft 7000, lagi harga promo reseller pada jual 105rb/ liter.
Official store jual 1.15 jt dapet 8 L + minyak rem 1 L, dapet merchandise jg

At least yang ini udah teruji 12rb km masih bagus, test lab uoa juga udah ada.
IG: @sahabatq8
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21656
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

Kalo utk oli ECO / DGO & yg sekelas (yg paling pakeknya sampe 6000 km)

Tuang HSS FR3 di KM 3000 - 4000 sebanyak 1 - 2 Oz

jadi pake sampe 6000 km suara mesin tetap alusss.........wkwkkwkw
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25557
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Turboman wrote: 21 May 2022, 11:32 Kalo utk oli ECO / DGO & yg sekelas (yg paling pakeknya sampe 6000 km)

Tuang HSS FR3 di KM 3000 - 4000 sebanyak 1 - 2 Oz

jadi pake sampe 6000 km suara mesin tetap alusss.........wkwkkwkw
Kl sepengamatan kita orang pake oli2 kelas eco, ternjata suara mesin nya jg beda2

Kl total tq9000 ama DGO, ini suara mesin dr awal tuang paling garing

Kl aisin greentech , ptt eco ama syntec botol item paling adem suaranya, bahkan stelah pmakaian 5000 km

Kl eneos putih dan ijo, awal tuang adem, tp d atas 3000 brisik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DrivingPotato
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

Langsung berasa sultan banget nuangin ni kiueit kiueight ke skutik :big_biglaugh:

Padahal sisaan taun lalu masih 800ml, jaman beli pas ada diskon member SM

Image

Jd enteng banget tarikan motornya, amazed wkwkwk

Btw setuju sama mbah DOHC, TQ9000 di Corolla saya kalo mid rpm lumayan garing suaranya. Kerasa di 2500-3500 pas nanjak2. Tp garingnya tuh halus bukan kasar.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4698
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 14:55 Langsung berasa sultan banget nuangin ni kiueit kiueight ke skutik :big_biglaugh:

Padahal sisaan taun lalu masih 800ml, jaman beli pas ada diskon member SM

Image

Jd enteng banget tarikan motornya, amazed wkwkwk

Btw setuju sama mbah DOHC, TQ9000 di Corolla saya kalo mid rpm lumayan garing suaranya. Kerasa di 2500-3500 pas nanjak2. Tp garingnya tuh halus bukan kasar.
Sy prnh coba
PTT API SN botol emas 5w30 (comply to a5 b5 juga)
Sm TQ9000 5w30

Masih enakan TQ sih.
*Colek me if I'm wrong
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25557
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Tq9000 utk tarikan sehh paling enak d klas eco eco an

Cuman kl ud dipake jalan lama, enjin jd gampang glitik, dan kl d gas blayer2 kaya ad bunyi sperti rod knock sesekali, dan kl d tap, berbuih banget

Kl ptt, no komen deh, mungkin utk kelas oli bensin kerehore mreka bukan jago nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 689
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 14:55 Langsung berasa sultan banget nuangin ni kiueit kiueight ke skutik :big_biglaugh:

Padahal sisaan taun lalu masih 800ml, jaman beli pas ada diskon member SM

Image

Jd enteng banget tarikan motornya, amazed wkwkwk

Btw setuju sama mbah DOHC, TQ9000 di Corolla saya kalo mid rpm lumayan garing suaranya. Kerasa di 2500-3500 pas nanjak2. Tp garingnya tuh halus bukan kasar.
Mantap 👍 , sales kantor lg suka pake Q8 G/D1 untuk skutiknya. Pake Q8 rencana Oci berapa lama om?
IG: @sahabatq8
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 689
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Btw Instagram Q8 @sahabatq8 lagi adain giveaway, lumayan bisa dapet oli gratis atau discount. Silahkan ikut kalo ada yang minat.
IG: @sahabatq8
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10220
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 21 May 2022, 15:07 Tq9000 utk tarikan sehh paling enak d klas eco eco an

Cuman kl ud dipake jalan lama, enjin jd gampang glitik, dan kl d gas blayer2 kaya ad bunyi sperti rod knock sesekali, dan kl d tap, berbuih banget

Kl ptt, no komen deh, mungkin utk kelas oli bensin kerehore mreka bukan jago nya
:big_grin: :big_grin:

kirain formula baru. kirain udah ga begitu lagi.

emang yg up to date cuma Dohc Genuine ... fortified with klenikally proven technology. :big_okay:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25557
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 21 May 2022, 15:26
DOHC wrote: 21 May 2022, 15:07 Tq9000 utk tarikan sehh paling enak d klas eco eco an

Cuman kl ud dipake jalan lama, enjin jd gampang glitik, dan kl d gas blayer2 kaya ad bunyi sperti rod knock sesekali, dan kl d tap, berbuih banget

Kl ptt, no komen deh, mungkin utk kelas oli bensin kerehore mreka bukan jago nya
:big_grin: :big_grin:

kirain formula baru. kirain udah ga begitu lagi.

emang yg up to date cuma Dohc Genuine ... fortified with klenikally proven technology. :big_okay:
Mengenai bunyi rod knock dan buih

Itu di Daihatsu oil jg bgt mbah, suprisingly TMO yg aseli beli d beres malah kaga loh, padahal sama2 buatan pertamina
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4698
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 21 May 2022, 15:07 Tq9000 utk tarikan sehh paling enak d klas eco eco an

Cuman kl ud dipake jalan lama, enjin jd gampang glitik, dan kl d gas blayer2 kaya ad bunyi sperti rod knock sesekali, dan kl d tap, berbuih banget

Kl ptt, no komen deh, mungkin utk kelas oli bensin kerehore mreka bukan jago nya
Wow.
Sy pk TQ 9000 0w20
5w30

Ditap fine2 aja.
Std oli sintetis pada umumnya warna hitam klo ditap di 5k km.
Minim buih.

Biasa klo berbuih, karena too overfilled, jd crankshaftnya ngocok oli yg over di dlm oil pan.
*Colek me if I'm wrong
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4318
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Profith83 »

Turboman wrote: 21 May 2022, 09:15 Sekarang pake oli yg harga sedang2 aja mau long drain en suara mesin tetap alus cukup kasih HSS FR3 aza

di KM 5000 - 6000 tuang 1 - 2 Oz

KM 7000 - 8000 tuang lagi 1 - 1,5 Oz

jadi 1 botol HSS FR3 uk 8 Oz bisa utk 2 - 3X siklus penggunaan oli

Irit

Ada yg pake Amsoil 5W40 Heavy Duty KM 6000 report tuang 2 Oz, suara lgs jadi alus lagi

wkwkwkkwkw
Ini saya om, di FB kan?
DrivingPotato
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

DOHC wrote: 21 May 2022, 16:03
Itu di Daihatsu oil jg bgt mbah, suprisingly TMO yg aseli beli d beres malah kaga loh, padahal sama2 buatan pertamina
TMO yg 15W-40 waktu masih sy pake gratisannya di inofa reborn 2021 pas didrain berbuih banget mbah.
sahabatq8 wrote: 21 May 2022, 15:16
Mantap 👍 , sales kantor lg suka pake Q8 G/D1 untuk skutiknya. Pake Q8 rencana Oci berapa lama om?
Paling dipake 3000 / 6 bulan lagi lah. Sayang oli mahal.
Ini tdnya agak deg degan masukin buntut 20 ke skutik honda. Tp lihat di grup sebelah malah udah banyak yg pake Ams 0W20 di Vario juga. Yasudah sikat aja jadinya wkwk
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25557
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: 21 May 2022, 16:13
DOHC wrote: 21 May 2022, 15:07 Tq9000 utk tarikan sehh paling enak d klas eco eco an

Cuman kl ud dipake jalan lama, enjin jd gampang glitik, dan kl d gas blayer2 kaya ad bunyi sperti rod knock sesekali, dan kl d tap, berbuih banget

Kl ptt, no komen deh, mungkin utk kelas oli bensin kerehore mreka bukan jago nya
Wow.
Sy pk TQ 9000 0w20
5w30

Ditap fine2 aja.
Std oli sintetis pada umumnya warna hitam klo ditap di 5k km.
Minim buih.

Biasa klo berbuih, karena too overfilled, jd crankshaftnya ngocok oli yg over di dlm oil pan.
Overfilled seh less likely ya mbah

Smua nya saya cek d dipstik smuanya cuman stengah lebi sikit (saya aliran ngisi ga mau full)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25557
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 17:40
DOHC wrote: 21 May 2022, 16:03
Itu di Daihatsu oil jg bgt mbah, suprisingly TMO yg aseli beli d beres malah kaga loh, padahal sama2 buatan pertamina
TMO yg 15W-40 waktu masih sy pake gratisannya di inofa reborn 2021 pas didrain berbuih banget mbah.
sahabatq8 wrote: 21 May 2022, 15:16
Mantap 👍 , sales kantor lg suka pake Q8 G/D1 untuk skutiknya. Pake Q8 rencana Oci berapa lama om?
Paling dipake 3000 / 6 bulan lagi lah. Sayang oli mahal.
Ini tdnya agak deg degan masukin buntut 20 ke skutik honda. Tp lihat di grup sebelah malah udah banyak yg pake Ams 0W20 di Vario juga. Yasudah sikat aja jadinya wkwk
TMO nya yg 5-30 mbah

Kl yg 15-40 aduh2, itu dl pas ribon saya kuar diler aj lgs ta drain
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4698
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 21 May 2022, 18:10
DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 17:40
DOHC wrote: 21 May 2022, 16:03
Itu di Daihatsu oil jg bgt mbah, suprisingly TMO yg aseli beli d beres malah kaga loh, padahal sama2 buatan pertamina
TMO yg 15W-40 waktu masih sy pake gratisannya di inofa reborn 2021 pas didrain berbuih banget mbah.
sahabatq8 wrote: 21 May 2022, 15:16
Mantap 👍 , sales kantor lg suka pake Q8 G/D1 untuk skutiknya. Pake Q8 rencana Oci berapa lama om?
Paling dipake 3000 / 6 bulan lagi lah. Sayang oli mahal.
Ini tdnya agak deg degan masukin buntut 20 ke skutik honda. Tp lihat di grup sebelah malah udah banyak yg pake Ams 0W20 di Vario juga. Yasudah sikat aja jadinya wkwk
TMO nya yg 5-30 mbah

Kl yg 15-40 aduh2, itu dl pas ribon saya kuar diler aj lgs ta drain
15w40 oli buat endreyen aja
<1000 km buang :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
KSG88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by KSG88 »

15w40 mah masuk kategori flushing oil.

Mau enteng dan irit ya 0w20
Kalo suka kebut, rutin pemakaian jarak jauh dan rpm sering sentuh 3000 rpm keatas pakai 5w30
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by hackers11 »

DrivingPotato wrote:Langsung berasa sultan banget nuangin ni kiueit kiueight ke skutik :big_biglaugh:

Padahal sisaan taun lalu masih 800ml, jaman beli pas ada diskon member SM

Image

Jd enteng banget tarikan motornya, amazed wkwkwk

Btw setuju sama mbah DOHC, TQ9000 di Corolla saya kalo mid rpm lumayan garing suaranya. Kerasa di 2500-3500 pas nanjak2. Tp garingnya tuh halus bukan kasar.
Sama nih ama saya. Cuma ga 800ml tp 1,5l d1 gen 2 5w30 masuk xmax. Enak sih meski lbh encer drpd biasanya yg 10w40 tp tetap sekedap pas diisi amsoil scooter buntut 40.
Lebih ngacir pas gas dibetot.
Lbh hemat sepertinya engga setelah 1x full tank tp kita liat dulu lah ya.
Panas agak berkurang sekilas karena biasanya radiasi panasnya nembus celana kalo lg lampu merah(hangat aja sih). Motor bore up 300ccImage
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3604
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by yanuarra »

DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 17:40
DOHC wrote: 21 May 2022, 16:03
Itu di Daihatsu oil jg bgt mbah, suprisingly TMO yg aseli beli d beres malah kaga loh, padahal sama2 buatan pertamina
TMO yg 15W-40 waktu masih sy pake gratisannya di inofa reborn 2021 pas didrain berbuih banget mbah.
sahabatq8 wrote: 21 May 2022, 15:16
Mantap 👍 , sales kantor lg suka pake Q8 G/D1 untuk skutiknya. Pake Q8 rencana Oci berapa lama om?
Paling dipake 3000 / 6 bulan lagi lah. Sayang oli mahal.
Ini tdnya agak deg degan masukin buntut 20 ke skutik honda. Tp lihat di grup sebelah malah udah banyak yg pake Ams 0W20 di Vario juga. Yasudah sikat aja jadinya wkwk
Kiueit kurang long dren klo 3000 om.. fastron gold aja ane pake smp 5000 di vario.. pernah 7000 malah.. xixixi :mky_03: :mky_03:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4698
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

yanuarra wrote: 21 May 2022, 19:32
DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 17:40
DOHC wrote: 21 May 2022, 16:03
Itu di Daihatsu oil jg bgt mbah, suprisingly TMO yg aseli beli d beres malah kaga loh, padahal sama2 buatan pertamina
TMO yg 15W-40 waktu masih sy pake gratisannya di inofa reborn 2021 pas didrain berbuih banget mbah.
sahabatq8 wrote: 21 May 2022, 15:16
Mantap 👍 , sales kantor lg suka pake Q8 G/D1 untuk skutiknya. Pake Q8 rencana Oci berapa lama om?
Paling dipake 3000 / 6 bulan lagi lah. Sayang oli mahal.
Ini tdnya agak deg degan masukin buntut 20 ke skutik honda. Tp lihat di grup sebelah malah udah banyak yg pake Ams 0W20 di Vario juga. Yasudah sikat aja jadinya wkwk
Kiueit kurang long dren klo 3000 om.. fastron gold aja ane pake smp 5000 di vario.. pernah 7000 malah.. xixixi :mky_03: :mky_03:
Klo pk keraton family mah 6 bulan or 5rb KM aja.

Itu aja dah 2x lipat dr rekomendasi ganti oli di beres honda/yamaha.

Karena rpm motor lebih tinggi 2x lipat dibanding mobil biasa.
*Colek me if I'm wrong
DrivingPotato
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 15 Feb 2021, 10:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

yanuarra wrote: 21 May 2022, 19:32
Kiueit kurang long dren klo 3000 om.. fastron gold aja ane pake smp 5000 di vario.. pernah 7000 malah.. xixixi :mky_03: :mky_03:
Tripnya yang ga sejauh itu mbah :big_biglaugh:
Skrg saya pake mobil terus, vario yg pake adik saya. Jd OCI nya pake patokan waktu aja mau 6 bulanan. Biasa pake MCO drain 2 bulan sekali, itung2 refreshing bongkar2 baut oli :big_biglaugh: Kemarin sih pake PTT Scooter dibawa jalan 2000 km tp dah 3 bulan jadi diganti aja, enak tuh MCO PTT

Ratchet saya jebol nih mbah gearnya abis ganti oli siang td, merk kerehore, bagi dong mbah kan udah check out terus gajadi pensiun :big_peace:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3604
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by yanuarra »

DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 21:13
yanuarra wrote: 21 May 2022, 19:32
Kiueit kurang long dren klo 3000 om.. fastron gold aja ane pake smp 5000 di vario.. pernah 7000 malah.. xixixi :mky_03: :mky_03:
Tripnya yang ga sejauh itu mbah :big_biglaugh:
Skrg saya pake mobil terus, vario yg pake adik saya. Jd OCI nya pake patokan waktu aja mau 6 bulanan. Biasa pake MCO drain 2 bulan sekali, itung2 refreshing bongkar2 baut oli :big_biglaugh:
Ratchet saya jebol nih mbah gearnya abis ganti oli siang td, merk kerehore, bagi dong mbah kan udah check out terus gajadi pensiun :big_peace:
Jadi kok.. besok.. :mky_01:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3604
Joined: 28 Dec 2019, 16:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by yanuarra »

Suryaputra wrote: 21 May 2022, 20:22
yanuarra wrote: 21 May 2022, 19:32
DrivingPotato wrote: 21 May 2022, 17:40

TMO yg 15W-40 waktu masih sy pake gratisannya di inofa reborn 2021 pas didrain berbuih banget mbah.



Paling dipake 3000 / 6 bulan lagi lah. Sayang oli mahal.
Ini tdnya agak deg degan masukin buntut 20 ke skutik honda. Tp lihat di grup sebelah malah udah banyak yg pake Ams 0W20 di Vario juga. Yasudah sikat aja jadinya wkwk
Kiueit kurang long dren klo 3000 om.. fastron gold aja ane pake smp 5000 di vario.. pernah 7000 malah.. xixixi :mky_03: :mky_03:
Klo pk keraton family mah 6 bulan or 5rb KM aja.

Itu aja dah 2x lipat dr rekomendasi ganti oli di beres honda/yamaha.

Karena rpm motor lebih tinggi 2x lipat dibanding mobil biasa.
Wah brti ane overuse ya mbah :wkkk:
Post Reply