Di balik arogansi fortuner dan pajero

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by biznatch »

maswewe wrote: 11 Jul 2022, 19:28 Bela-belain login, hehehe.

Saya ada VRZ, CUV, dan hatchback kecil. Berdasar pengalaman: kalau bawa CUV atau HB, sepeda motor seperti tidak kasih jalan. Tapi, jika bawa VRZ, entah kenapa sepeda motor cenderung kasih jalan. Ini membuat pede saat di jalan (mungkin jika dilihat dari luar akan cenderung arrow gun).

Saat di tol, pada kecepatan 100-120 kpj, VRZ terasa nyaman, dengan putaran mesin di bawah 2000 rpm. Ini yang bikin saya agak ogah turunin kecepatan di bawah 90 kpj misalnya. Caranya, ya berada di lajur kanan. Kalau ada yang di depan kanan lebih pelan, saya dim atau klakson. Biar minggir. Kalau ada yang dim mau nyelip, biarlah dia menyalip dari kiri. Mungkin ini bagi orang lain jadi terlihat arrow gun.

Itu pengalaman saya.
Ini bukan terlihat arogan. Tapi emang beneran arogan. Heran.
User avatar
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1352
Joined: 28 Jul 2006, 07:14

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by smgandi »

ginting wrote: 11 Jul 2022, 22:13 Kalau Pajero Sport dan Fortuner itu adalah benda wajib untuk dianggap kayak atau perantau sukses di Medan sekitarnya.

Kalau bawa Palisade atau Santa Fe maka dianggap belum sukses...

Maka kalau soal kelakuan arogan, itu kembali lagi ke orangnya. anggap s aja mobil itu hanya penambah kadar arogan saja.
Kalau MU-10?
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 257
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by akbarfit »

Apa-apa yang bersifat perbedaan sosial ekonomi... Pasti akan dianggap arogansi..

Yang diatas merasa ada privilege
Yang dibawah merasa ingin ada kesetaraan, adil yang berimbang. Padahal tidak selamanya adil itu imbang, tetapi proporsional.


Memang gak ada lagi kelas mobil 3row 7 seat SUV selain ladderframe seperti Pajero dan Fortuner.
Banyaknya mobil dinas pemerintah maupun swasta yang budgetingnya masuk disitu, pasti akan ambil pajero fortuner lagi.

Kesan sukses dan mewah melekat di kelas itu. Kalau dulu kelas CRV X-Trail, bukan tidak mungkin esok yang begitu adalah kelas Palisade dan teman-temannya.

Menurut saya, wajar dan kurang ajar juga yang arogan. Tapi ya mau bagaimana lagi, mereka punya kelebihan dari segi apapun kecuali tindak tanduk moral nya kalo sedang arogan.
Uang lebih? Iya, kalo ngak punya pasti milih kelas avanza dan calya.
Kelas Jabatan lebih? Iya, kalo ngak pasti kembali ke kelas Innova dan Avanza

Yasudah biarkan saja, nanti kena batunya juga. Gak selamanya mereka begitu di jalan..

Jalan itu jalan, proses menuju ke suatu tujuan.
Kalau saya sih, males punya urusan di jalan. Urusan ya ditujuan aja.
Kadang-kadang yang begitu kita isengin ya gapapa... Selebihnya tau sama tau, sadar sama sadar aja... Gak usah berlebihan tanggepin nya.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1514
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by kendibocor »

biznatch wrote: 12 Jul 2022, 00:14
maswewe wrote: 11 Jul 2022, 19:28 Bela-belain login, hehehe.

Saya ada VRZ, CUV, dan hatchback kecil. Berdasar pengalaman: kalau bawa CUV atau HB, sepeda motor seperti tidak kasih jalan. Tapi, jika bawa VRZ, entah kenapa sepeda motor cenderung kasih jalan. Ini membuat pede saat di jalan (mungkin jika dilihat dari luar akan cenderung arrow gun).

Saat di tol, pada kecepatan 100-120 kpj, VRZ terasa nyaman, dengan putaran mesin di bawah 2000 rpm. Ini yang bikin saya agak ogah turunin kecepatan di bawah 90 kpj misalnya. Caranya, ya berada di lajur kanan. Kalau ada yang di depan kanan lebih pelan, saya dim atau klakson. Biar minggir. Kalau ada yang dim mau nyelip, biarlah dia menyalip dari kiri. Mungkin ini bagi orang lain jadi terlihat arrow gun.

Itu pengalaman saya.
Ini bukan terlihat arogan. Tapi emang beneran arogan. Heran.
Sesuai slogan, the world is mine :big_smoking: :big_smoking:

Yg laen ngontrak :ngacir:
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
rumputlaut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 13 May 2017, 08:16

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by rumputlaut »

Kolorij wrote: 11 Jul 2022, 23:55 Sodara gw(ga enak bilang mertua) arogan di jalanan, ga pernah mau ngalah,dikit2 kluarin beceng mau ngajak ribut... Ujungnya?? Kanker, harta abis,2 taun lewat.. sumpah serapah org2 yg tersakiti itu serem gaes... Masih byk bukti2 lain... Gw pake 2gd kl jalanan kosong yg hajar 170++, tp kl rame ya santai2 aja,skill nyetir biasa2 jg ga jago kiri kanan sat set sat set..
Setuju om kalo mau ngebut ya liat kondisi kan jalan bkn milik pribadi intinya respect to others :big_okay:
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: 21 Nov 2011, 08:20
Daily Vehicle: 4N15

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by bfront »

maswewe wrote: 11 Jul 2022, 19:28 Bela-belain login, hehehe.

Saya ada VRZ, CUV, dan hatchback kecil. Berdasar pengalaman: kalau bawa CUV atau HB, sepeda motor seperti tidak kasih jalan. Tapi, jika bawa VRZ, entah kenapa sepeda motor cenderung kasih jalan. Ini membuat pede saat di jalan (mungkin jika dilihat dari luar akan cenderung arrow gun).

Saat di tol, pada kecepatan 100-120 kpj, VRZ terasa nyaman, dengan putaran mesin di bawah 2000 rpm. Ini yang bikin saya agak ogah turunin kecepatan di bawah 90 kpj misalnya. Caranya, ya berada di lajur kanan. Kalau ada yang di depan kanan lebih pelan, saya dim atau klakson. Biar minggir. Kalau ada yang dim mau nyelip, biarlah dia menyalip dari kiri. Mungkin ini bagi orang lain jadi terlihat arrow gun.

Itu pengalaman saya.
yakali orang laen pelan situ klaksonin.
sementara kalo situ yang lelet malah ogah minggir, malah orang lain suruh nyalip dari kiri. ngawur pol.

saya klakson jarang banget bunyi, boro2 nyuruh minggir orang lain, paling cuma kalo ngasi peringatan ke emak2 bermotor yg bawanya pengen bunuh diri.
nggak pernah nglaksonin & ngedim lanehogger kanan jalan nan [cencored], biarin aja.
banyakan ngalah lebih aman di jalan.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by Or4cle »

kendibocor wrote: 11 Jul 2022, 23:34
AbdulHakim wrote: 11 Jul 2022, 20:33
maswewe wrote: 11 Jul 2022, 19:28 Bela-belain login, hehehe.

Saya ada VRZ, CUV, dan hatchback kecil. Berdasar pengalaman: kalau bawa CUV atau HB, sepeda motor seperti tidak kasih jalan. Tapi, jika bawa VRZ, entah kenapa sepeda motor cenderung kasih jalan. Ini membuat pede saat di jalan (mungkin jika dilihat dari luar akan cenderung arrow gun).

Saat di tol, pada kecepatan 100-120 kpj, VRZ terasa nyaman, dengan putaran mesin di bawah 2000 rpm. Ini yang bikin saya agak ogah turunin kecepatan di bawah 90 kpj misalnya. Caranya, ya berada di lajur kanan. Kalau ada yang di depan kanan lebih pelan, saya dim atau klakson. Biar minggir. Kalau ada yang dim mau nyelip, biarlah dia menyalip dari kiri. Mungkin ini bagi orang lain jadi terlihat arrow gun.

Itu pengalaman saya.
Perlakukan orang, sebagaimana kita sebagai seorang manusia ingin diperlakukan. Hidup ini gak lama, om.
Biasa yg didim atau diklakson pas di lajur kanan gamau minggir, pas kita susul dari kiri ngirainnya kita ngajak balapan :big_biglaugh:
IMHO ... gak ada yang salah dgn statement @maswewe. Kalau dibawah 100 KM/jam mestinya sadar diri, ambil lajur lain jangan lane hogger di lajur kanan. Kalau kecepatan kita diatas 120KM/jam dan di-dim dari belakang itu sudah masuk ranah "permisi, saya minta tolong dikasih jalan", kalau dikasih lewat ya syukur, gak dikasih jgn ngedumel karena mobil depan sudah sesuai aturan.

Kalau saya sih sebisanya susul dari kiri (kalau kosong), karena saya pun sering ngedumel kalau di kanan, kecepatan 120 KM/jam di-dim dari belakang, padahal di jalur kiri kosong.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1202
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by adityabp »

Entahlah. Saya pribadi gak merasa mereka arrow gun. Biasa aja.
Yg penting nyali gede aja kalo mo adu pepet di jalanan macet.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1202
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by adityabp »

maswewe wrote: 11 Jul 2022, 19:28 Bela-belain login, hehehe.

Saya ada VRZ, CUV, dan hatchback kecil. Berdasar pengalaman: kalau bawa CUV atau HB, sepeda motor seperti tidak kasih jalan. Tapi, jika bawa VRZ, entah kenapa sepeda motor cenderung kasih jalan. Ini membuat pede saat di jalan (mungkin jika dilihat dari luar akan cenderung arrow gun).

Saat di tol, pada kecepatan 100-120 kpj, VRZ terasa nyaman, dengan putaran mesin di bawah 2000 rpm. Ini yang bikin saya agak ogah turunin kecepatan di bawah 90 kpj misalnya. Caranya, ya berada di lajur kanan. Kalau ada yang di depan kanan lebih pelan, saya dim atau klakson. Biar minggir. Kalau ada yang dim mau nyelip, biarlah dia menyalip dari kiri. Mungkin ini bagi orang lain jadi terlihat arrow gun.

Itu pengalaman saya.
Bold #1 : Ketauan ente gak punya nyali pepet2xan ama motor. :big_biglaugh:
Bold #2 : Hehehe, kalo ngerem tarikan langsung berasa berat/nglitik ya? :big_weee:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by b0ku »

adityabp wrote: 12 Jul 2022, 09:59 Bold #1 : Ketauan ente gak punya nyali pepet2xan ama motor. :big_biglaugh:
Bold #2 : Hehehe, kalo ngerem tarikan langsung berasa berat/nglitik ya? :big_weee:
mungkin salah satu orang awam ngomongin duo gajah taunya tenaganya gede dari brosur doank padahal makin HPnya gede bisa di kasih turbo makin gede ya berasa turbo lagnya beda sama mobil N/A di gas lsg lari kenceng kalo duo gajah tuh ngelag dulu baru larinya kenceng :mky_03:
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1514
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by kendibocor »

Or4cle wrote: 12 Jul 2022, 09:53
IMHO ... gak ada yang salah dgn statement @maswewe. Kalau dibawah 100 KM/jam mestinya sadar diri, ambil lajur lain jangan lane hogger di lajur kanan. Kalau kecepatan kita diatas 120KM/jam dan di-dim dari belakang itu sudah masuk ranah "permisi, saya minta tolong dikasih jalan", kalau dikasih lewat ya syukur, gak dikasih jgn ngedumel karena mobil depan sudah sesuai aturan.

Kalau saya sih sebisanya susul dari kiri (kalau kosong), karena saya pun sering ngedumel kalau di kanan, kecepatan 120 KM/jam di-dim dari belakang, padahal di jalur kiri kosong.
Errr..aturannya itu jalur kanan itu untuk mendahului om bukan untuk cruising di kecepatan rendah atau tinggi. Jd mau kecepatan brp pun kalo ada yg lebih kenceng n mau nyusul kita ya wajib memberi jalan dan kita harus ke kiri. Toh memang peruntukan jalur kanan untuk mendahului. Kalo om merasa dibawah 100kmh jadi lanehogger tp lari 130kmh bukan lanehogger saya sih ga setuju ya.

https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... ahi-aturan

Nih boleh dibaca aturannya sudah tertulis jelas kok. Jd ga pake kata2 "saya lari 120kmh kenceng kok, jd saya berhak di jalur kanan trus menerus" bagi anda mungkin 120 uda kenceng, tp bagi yg lari 150kmh ya anda lambat dan dia mau nyusul ya dia berhak nyusul dari jalur kanan.

Kita ngomong konteks pemakaian jalur2 di tol ya. Jgn dicampurin lg sama batas max kecepatan bla bla bla bla lg jadinya debat kusir nanti. Karena jalan diatas 120kmh pun sudah melanggar batas kecepatan di tol manapun.

Yok dibiasakan yg benar, bukan benarkan yg biasa :upss:
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by Or4cle »

kendibocor wrote: 12 Jul 2022, 10:27
Or4cle wrote: 12 Jul 2022, 09:53
IMHO ... gak ada yang salah dgn statement @maswewe. Kalau dibawah 100 KM/jam mestinya sadar diri, ambil lajur lain jangan lane hogger di lajur kanan. Kalau kecepatan kita diatas 120KM/jam dan di-dim dari belakang itu sudah masuk ranah "permisi, saya minta tolong dikasih jalan", kalau dikasih lewat ya syukur, gak dikasih jgn ngedumel karena mobil depan sudah sesuai aturan.

Kalau saya sih sebisanya susul dari kiri (kalau kosong), karena saya pun sering ngedumel kalau di kanan, kecepatan 120 KM/jam di-dim dari belakang, padahal di jalur kiri kosong.
Errr..aturannya itu jalur kanan itu untuk mendahului om bukan untuk cruising di kecepatan rendah atau tinggi. Jd mau kecepatan brp pun kalo ada yg lebih kenceng n mau nyusul kita ya wajib memberi jalan dan kita harus ke kiri. Toh memang peruntukan jalur kanan untuk mendahului. Kalo om merasa dibawah 100kmh jadi lanehogger tp lari 130kmh bukan lanehogger saya sih ga setuju ya.

https://www.google.com/amp/s/www.gridot ... ahi-aturan

Nih boleh dibaca aturannya sudah tertulis jelas kok. Jd ga pake kata2 "saya lari 120kmh kenceng kok, jd saya berhak di jalur kanan trus menerus" bagi anda mungkin 120 uda kenceng, tp bagi yg lari 150kmh ya anda lambat dan dia mau nyusul ya dia berhak nyusul dari jalur kanan.

Kita ngomong konteks pemakaian jalur2 di tol ya. Jgn dicampurin lg sama batas max kecepatan bla bla bla bla lg jadinya debat kusir nanti. Karena jalan diatas 120kmh pun sudah melanggar batas kecepatan di tol manapun.

Yok dibiasakan yg benar, bukan benarkan yg biasa :upss:

Semua peraturan itu utopia, kejadian nyata di lapangan beda dengan 1001 karakter manusia. Sesuaikan aja dengan kondisi jalanan, jangan kaku dengan peraturan mendahului harus selalu dari kanan sedangkan di lajur sebelahnya masih kosong.

The world owes us nothing ... kalau saya gak mau ribet, hidup pragmatis aja dibawah simple.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12255
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ChZ »

b0ku wrote: 12 Jul 2022, 10:25
adityabp wrote: 12 Jul 2022, 09:59 Bold #1 : Ketauan ente gak punya nyali pepet2xan ama motor. :big_biglaugh:
Bold #2 : Hehehe, kalo ngerem tarikan langsung berasa berat/nglitik ya? :big_weee:
mungkin salah satu orang awam ngomongin duo gajah taunya tenaganya gede dari brosur doank padahal makin HPnya gede bisa di kasih turbo makin gede ya berasa turbo lagnya beda sama mobil N/A di gas lsg lari kenceng kalo duo gajah tuh ngelag dulu baru larinya kenceng :mky_03:
ya yang owner duo gajah banggain kan torsinya 400NM dan bisa di remap pdhl lupa kalo angka peak torque itu gak terlalu ngaruh, lebih ngaruh torque curve nya.

itu yang 2400cc hp nya cuma 150, torsi 400Nm abis itu drop kalo turbo std. dari dulu toyota diesel turbonya gitu.

std ya. kalo ngomong pake turbo hybrid ganti part a-z sih gak bisa jd patokan buildnya orang jg beda beda. part sama tuningan beda hasil beda jg. hp sama karakter blom tentu sama.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by Syauqi »

Omnibus wrote: 11 Jul 2022, 23:30
sandiero wrote: 11 Jul 2022, 21:49 Kalau saya lebih liatnya duo gajah+ 2GD suka ni nu ni nu, pake strobo, dan nyalain lampu jauh terus, sumpah ini nyebelin banget buat saya yang daily car nya 2NR-FE Hatchback, setiap lewat transjawa atau cipularang malem malem silau terus di mobil Image
koreksi dikit ....

ini menurut sy bukan nyalain lampu jauh tp krn mobil jij yg rendah jd kaya ditembak lampu jauh pdhl itu lampu biasa.
*sy pengguna salah satu duo gajah dan juga njess gk5, tau sy rasanya disemprot dan menyemprot sinar dr blkg :mky_03:

monggo dilanjutken bully an nya ke duo gajah

:big_biglaugh:
Nah ini, berkali-kali saya ngerasa 'disorot' mulu sama anf/anps dari belakang, apalagi kalo dari kejauhan itu berasa dia pake high beam. Udah mau marah rasanya, tapi begitu mobil dia udh deket langsung "oh ternyata dia pake lampu biasa, emang mobil gw aja yg kecil" :big_peace:

Padahal mobil saya agya, yg posisi duduknya relatif tinggi walaupun mobilnya kecil. Tinggi saya juga 178cm, kalo saya nyetir jarak plafon ke kepala cuma 4 jari pas, tetep aja kadang berasa kesorot. Apalagi mereka yang pake sedan eropa ya, pasti lebih ngerasa silau lagi
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1514
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by kendibocor »

Or4cle wrote: 12 Jul 2022, 11:09
Semua peraturan itu utopia, kejadian nyata di lapangan beda dengan 1001 karakter manusia. Sesuaikan aja dengan kondisi jalanan, jangan kaku dengan peraturan mendahului harus selalu dari kanan sedangkan di lajur sebelahnya masih kosong.

The world owes us nothing ... kalau saya gak mau ribet, hidup pragmatis aja dibawah simple.
Setuju kalo karakter orng beda2. Ada yg kaku aturan harus diikuti, ada yg suka cari2 celah dan pembenaran diantara aturan itu selama bisa menguntungkan atau jadi pembenaran. Makanya ga bakal ketemu jg ujungnya kalo diskusi :big_biglaugh:

Bagi saya mau lari 90, mau lari 200 kalo dibelakang ada yg lebih cepet dan gamau minggir ya tetep aja jadi lanehogger tp kalo ada yg berpendapat itu bukan lanehogger karena uda jalan di kec yg menurutnya kenceng ya silahkan aja :big_peace:
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: 20 Sep 2015, 00:13

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by gentongxz »

fortuner dan pajero di tempat saya jalan luar kota kebanyakan adem2 aja kalo jalan mbah.. :big_grin:

coba aja motong thu mobil balak/kayu ( apa lagi gak di kasih jalan ) kalo lagi di lintas timur.., kalo gak di pepet ampe jantung 11-12 ama kuburan.. :mky_03:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 596
Joined: 15 Aug 2008, 22:36

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by alexdonovan »

kendibocor wrote: 12 Jul 2022, 11:40

-edited
Bagi saya mau lari 90, mau lari 200 kalo dibelakang ada yg lebih cepet dan gamau minggir ya tetep aja jadi lanehogger tp kalo ada yg berpendapat itu bukan lanehogger karena uda jalan di kec yg menurutnya kenceng ya silahkan aja :big_peace:
Setuju banget. Saya pernah maluuu banget, udah lari 170 di jalur kanan Cipali tiba-tiba ada Vios hitam nyalip halus dari kiri. Padahal saya cuma missed lihat spion beberapa (puluh) detik... harusnya saya bisa ambil kiri kalo lihat dia datang

Anyway, saya senang di SM ga ada yang overproud dengan mobilnya. Ini beda dengan rata-rata orang yang saya tahu. Biasanya kalau sudah pegang Fortuner / Pajero Sport udah ngerasa orang paling kaya di dunia... Mungkin mindset itu yg buat arogan
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
ariswp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ariswp »

Bakal calon trit menarik ini, sudah ada arrowgun yang muncul (meskipun doi tidak merasa arrowgun)
gapapa, kita perlu mendengar opini dari sana juga, khan memang itu yg dikulik dari judul tritnya ts
Yang penting sama2 adem, monggo dilanjut :big_peace:
Present
R20A 5AT 08 / Fuchs Titan Syn SN+ 5w30
R18Z CVT 17 / Eneos Asia SN 0w20
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1514
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by kendibocor »

Btw menurut saya ada 2 kubu yg berbeda kalo soal experience naek/nyetir 2 gadjah. Kubu 1 yg nyalinya standar macem mobil keluar dari showroom jd nyetirnya santuy karena si 2 gajah agak2 oleng. Kubu 2 kayaknya orng2 macho with big balls yg bawa mobil ugalz, zigzag dan selalu gas poll biarpun oleng.

Kayaknya persentase kubu 1 jauh2 lebih banyak sih drpd kubu 2. Kalo cuma ugalz doang sih orng2 kayanya bakalan biasa aja ga peduli, tp yg bikin iritating kn yg pake2 strobo dan tuwit2an. Sayangnya emang orng2 yg suka masang strobo itu kebanyakan duo gajah ini. Karena tiap di jalan liat mobil pake strobo jenisnya itu lg itu lg ya kebentuk lah stigma arrowgunnya.
2019 DJ P5 VPS
2017 AN150 2GD-FTV
2016 F30 B48B20
faizzz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by faizzz »

alexdonovan wrote: 12 Jul 2022, 11:57

Setuju banget. Saya pernah maluuu banget, udah lari 170 di jalur kanan Cipali tiba-tiba ada Vios hitam nyalip halus dari kiri. Padahal saya cuma missed lihat spion beberapa (puluh) detik... harusnya saya bisa ambil kiri kalo lihat dia datang

Anyway, saya senang di SM ga ada yang overproud dengan mobilnya. Ini beda dengan rata-rata orang yang saya tahu. Biasanya kalau sudah pegang Fortuner / Pajero Sport udah ngerasa orang paling kaya di dunia... Mungkin mindset itu yg buat arogan
Di SM adanya tipe orang yang ngehujat mobilnya sendiri, saya sendiri salahsatunya wkwk
timbermaniac123
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by timbermaniac123 »

alexdonovan wrote: 12 Jul 2022, 11:57
kendibocor wrote: 12 Jul 2022, 11:40

-edited
Bagi saya mau lari 90, mau lari 200 kalo dibelakang ada yg lebih cepet dan gamau minggir ya tetep aja jadi lanehogger tp kalo ada yg berpendapat itu bukan lanehogger karena uda jalan di kec yg menurutnya kenceng ya silahkan aja :big_peace:
Setuju banget. Saya pernah maluuu banget, udah lari 170 di jalur kanan Cipali tiba-tiba ada Vios hitam nyalip halus dari kiri. Padahal saya cuma missed lihat spion beberapa (puluh) detik... harusnya saya bisa ambil kiri kalo lihat dia datang

Anyway, saya senang di SM ga ada yang overproud dengan mobilnya. Ini beda dengan rata-rata orang yang saya tahu. Biasanya kalau sudah pegang Fortuner / Pajero Sport udah ngerasa orang paling kaya di dunia... Mungkin mindset itu yg buat arogan
Di sini karena fav innova reborn maka overproud nya ke durability bisa kuat minum solar.
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 08 Sep 2008, 15:01

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by yudhisuwandono »

Menarik dan debatable ,,,
Ada bbrp tipikal menurut saya org dgn fot n paj ini:
1. Dewasa muda , dg financial yg baru up, trus bisa beli ato nyicil ini mobil, dan nyetir sendiri. Bbrp punya sifat pengen ngebut, sok gagah, pasang stobo dan lain sbg, tapi minumnya masih solar goceng.
2. Org aparat atau yg sok kenal SKSD dgn aparat, sama tipikalnya SPT no.1
3. Org dewasa up 50, finacial udah mapan, seneng jalan2. Seneng nyetir sdr. Punya hobi traveling, atau cycling dg bawaan sepeda di blkg Bawanya ngebut, tp tau diri. Ini minumnya udah mahalan dex lah.
4. Driver yg boss nya lagi duduk di belakang, biasanya kalem, kec ada rapat ya baru ngebut dia.
5. Anak remaja pinjem punya ortu, anak mamih. Belum dewasa mikirnya, sok kuasa kl ada apa2 ya hub papa aja. Ini sembrono banget. Aplg kl udah hahahihi sama temen2 nya. Belaga plg jago.
6. Nah ini gol kiitaa2, yg ga punya Fortuner n Pajero. Cukup berdoa aja. Miisuh dan jengkel ya manusiawi lah. Ta doain aja kalian punya Alphard or Vellfire biar cool n kalem. Amiin.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12255
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by ChZ »

alexdonovan wrote: 12 Jul 2022, 11:57
Anyway, saya senang di SM ga ada yang overproud dengan mobilnya. Ini beda dengan rata-rata orang yang saya tahu. Biasanya kalau sudah pegang Fortuner / Pajero Sport udah ngerasa orang paling kaya di dunia... Mungkin mindset itu yg buat arogan
tapi gimana ya emang hampir pasti kalo OKB merasa bisa spend 500-600juta untuk sebuah mobil, itu kebanggaan tersendiri sih biarpun nyicil.

walaupun saya sih sejak rame kasus influencer trading bodong dan ada motivator yang ketauan tipu sana tipu sini, makin skeptis sama orang pake mobil bagus sekarang. apalagi kalo isi kontennya 80% pamer udah pasti itu lagi build image biar orang percaya sama apapun scheme bisnisnya.

krn sekarang punya mobil gampang. modal uang 10juta sekarang bisa bawa pulang mobil 300 juta bagi yang tidak financially literate :mky_07:

ga bisa bayar DP? ambil cicilan paling panjang.
ga bisa bayar cicilan? ya jual mobilnya atau cari oper kredit.

walaupun orang punya uang beneran siapa tau emang 600 juta itu uang nya dia semua sampe tidak tersisa beli beras aja bingung (literally ada yang gini). padahal buat orang yang mobil hariannya 600 juta dan bukan OKB, omset bisnisnya bisa 10-100x uang yang dia belanjain buat mobil. jadi spending 600 juta itu rasanya kecil banget krn uda biasa pegang duit miliaran (dan tentu saja tidak perlu bingung ketika ada larangan bbm subsidi karena memang mobilnya dari orok isi bbm lux walaupun katanya bisa minum yang murah)

atau omset bisnis lagi peak uangnya dipake beli mobil, padahal mungkin itu uang harus dibayar ke supplier. ini sering buat yang start business kaya dapet uang kaget ratusan juta. tergoda buat belanja ini-itu, rumah dimewahin, mobil beli yang mahal. akhirnya bulan depan omset turun ga bisa bayar supplier dan kabur kabur kalo ditagih.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
KSG88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 11 Apr 2019, 17:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota
Contact:

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by KSG88 »

Fortie pajero kalo belum remap stage 2 mah pasti kalah dibalap crv turbo di tol panjang.
User avatar
F 272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4637
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019
Contact:

Re: Di balik arogansi fortuner dan pajero

Post by F 272 »

kendibocor wrote: 12 Jul 2022, 08:05
biznatch wrote: 12 Jul 2022, 00:14
maswewe wrote: 11 Jul 2022, 19:28 Bela-belain login, hehehe.

Saya ada VRZ, CUV, dan hatchback kecil. Berdasar pengalaman: kalau bawa CUV atau HB, sepeda motor seperti tidak kasih jalan. Tapi, jika bawa VRZ, entah kenapa sepeda motor cenderung kasih jalan. Ini membuat pede saat di jalan (mungkin jika dilihat dari luar akan cenderung arrow gun).

Saat di tol, pada kecepatan 100-120 kpj, VRZ terasa nyaman, dengan putaran mesin di bawah 2000 rpm. Ini yang bikin saya agak ogah turunin kecepatan di bawah 90 kpj misalnya. Caranya, ya berada di lajur kanan. Kalau ada yang di depan kanan lebih pelan, saya dim atau klakson. Biar minggir. Kalau ada yang dim mau nyelip, biarlah dia menyalip dari kiri. Mungkin ini bagi orang lain jadi terlihat arrow gun.

Itu pengalaman saya.
Ini bukan terlihat arogan. Tapi emang beneran arogan. Heran.
Sesuai slogan, the world is mine :big_smoking: :big_smoking:

Yg laen ngontrak :ngacir:
wkwkwkwk...kocak :big_biglaugh:
Post Reply