Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6130
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: 27 Sep 2022, 16:38
vanosz wrote:trit penomenom,mirip trit kijang reborn,selalu teratas,

diulang ulang,

trit mbah suhu suhu nakut2in bocah baru melek,

,pdhl si mbah mbah aliran mobil standar dan siksa diri alias pulse bonus glide,

nih cobain spek mahal lg promo,cepatan keburu habis,oficial store itu,STP sendiri yg jual,

begini main mobil,

mau dibuang amshoil signatur yg sudah jalan 8000 km,rekom teman sugesti aja,

buang2 duit aja mahal,untung mobil gak ada cicilan,

Screenshot_20220925-193129_Gallery.jpg
Screenshot_20220925-193134_Gallery.jpg
Screenshot_20220925-193139_Gallery.jpg
Screenshot_20220925-193406_Gallery.jpg
Barang aman ini (aman dari acdc)

Blend by Baria
clilentnya Win Lubricants jg ya?

*Colek me if I'm wrong
Shyn16
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 28 Sep 2022, 11:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Shyn16 »

ac235287 wrote: 23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6130
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54
ac235287 wrote: 23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Valid ajah
Krn turbo itu panas olinya melebihi mesin mobil biasa.

Karena dia jg ikut melumasi bearing impeller turbonya jg, dmn impeller turbo ini muter krn dorongan gas panas dr exhaust knalpot.

Dan panas dr forced induction itu sendiri yg ada di dalam ruang piston untuk melumasi ring piston, dan linernya yg extra panass.

Jd disaranin klo mblnya turbo, even olinya sebagus amsoil, q8, royal purple, mobil 1, dkk juga harus dipertimbangin lg mau sampai 10rb Km atau setahun :mky_03:

Apalagi oli biasa, mbl turbo pk oli standard <6 bulan lgs buang :upss:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54
ac235287 wrote: 23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 404
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by iwansiagian »

sahabatq8 wrote:
Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54
ac235287 wrote: 23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau

Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/

Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".

Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Shyn16
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 28 Sep 2022, 11:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Shyn16 »

sahabatq8 wrote: 28 Sep 2022, 12:30
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Belum pernah punya 2gd saya om, next list mungkin nih buat bahan belajar lagi :big_deal:
Suryaputra wrote: 28 Sep 2022, 12:13
Valid ajah
Krn turbo itu panas olinya melebihi mesin mobil biasa.

Karena dia jg ikut melumasi bearing impeller turbonya jg, dmn impeller turbo ini muter krn dorongan gas panas dr exhaust knalpot.

Dan panas dr forced induction itu sendiri yg ada di dalam ruang piston untuk melumasi ring piston, dan linernya yg extra panass.

Jd disaranin klo mblnya turbo, even olinya sebagus amsoil, q8, royal purple, mobil 1, dkk juga harus dipertimbangin lg mau sampai 10rb Km atau setahun :mky_03:

Apalagi oli biasa, mbl turbo pk oli standard <6 bulan lgs buang :upss:
Noted om, jadi apapun oli nya better ganti per 6 bulan yg penting sesuai spek ya om…
Kalau over spek efek ke dompet…
:ungg:
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:03
sahabatq8 wrote:
Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Wah 13 jam , nyetir sendiri pak? Lumayan jg tuh
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 404
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by iwansiagian »

sahabatq8 wrote:
iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:03
sahabatq8 wrote: Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Wah 13 jam , nyetir sendiri pak? Lumayan jg tuh
Ga kuat om sendiri Image, gantian dua driver.
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sahabatq8 »

iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:23
sahabatq8 wrote:
iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:03 Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Wah 13 jam , nyetir sendiri pak? Lumayan jg tuh
Ga kuat om sendiri Image, gantian dua driver.
Kirain :big_biglaugh:
ac235287
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by ac235287 »

Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54 Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Berarti cukup beruntung dapat engine Korea yg gak defect Om. Buat diesel turbo kalo ganti per 5k km harusnya gak masalah ya. Kalo ane penganut aliran long-drain sih Om, jd pake full sintetik up to 10k km/10-11 bln hehe, tiap bulan cek dipstick, so far pake oli Kuwait kurang 400ml d 8k km (dulu pake PeTeTe A5/B5, kurang cuma seujung kuku setelah 10k km). Mengenai penguapan oli diesel, ada baik nya coba oli lain, siapa tau oli brand lain penguapan nya bisa lebih sedikit. Kalo menurut ane Shell oli nya biasa aja sih ya, dulu sering pake d Subaru ane, nothing special, kalo skrg beli Shell d luaran takut palsu, kalo dulu masih d beres sih ok2 aja.
Shyn16
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 28 Sep 2022, 11:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Shyn16 »

ac235287 wrote: 28 Sep 2022, 13:55
Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54 Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Berarti cukup beruntung dapat engine Korea yg gak defect Om. Buat diesel turbo kalo ganti per 5k km harusnya gak masalah ya. Kalo ane penganut aliran long-drain sih Om, jd pake full sintetik up to 10k km/10-11 bln hehe, tiap bulan cek dipstick, so far pake oli Kuwait kurang 400ml d 8k km (dulu pake PeTeTe A5/B5, kurang cuma seujung kuku setelah 10k km). Mengenai penguapan oli diesel, ada baik nya coba oli lain, siapa tau oli brand lain penguapan nya bisa lebih sedikit. Kalo menurut ane Shell oli nya biasa aja sih ya, dulu sering pake d Subaru ane, nothing special, kalo skrg beli Shell d luaran takut palsu, kalo dulu masih d beres sih ok2 aja.
Noted, izin dicatet om ilmu nya… mungkin setelah lepas dari beres mau dicoba long drain…
Betul ga istimewa om, makanya saya rencana besok di beres bawa sendiri liqui moly oil additive mos2…
Sempet kepikiran mau pakai aditif liqui moly ceratec, cuma harganya lumayan, jadi kepikiran mending upgrade oli yg lebih baik.
:big_think:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 730
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Duvebriliant0 »

Suryaputra wrote: 26 Sep 2022, 08:58
crazyaji wrote: 25 Sep 2022, 20:52
t105erd wrote:
Maksimal 5000 km aja, nanti efeknya sih ga instan jadi harus beberapa kali percobaan. Pakai oli full syn kaya amsoil sigantur bisa tuh, aditifnya paling banyak
Untuk interval bulannya brp bulan ya hu? Terimakasih
OCi per 3 bulan ajah
mbah, 1nz sy juga ternyata dah bervarnish nih. kalo rutin gantol per 5k km make oli disel tu maksimal brp lama ya? maap nubie
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5274
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by sintoni »

Duvebriliant0 wrote: 28 Sep 2022, 18:03
Suryaputra wrote: 26 Sep 2022, 08:58
crazyaji wrote: 25 Sep 2022, 20:52
Untuk interval bulannya brp bulan ya hu? Terimakasih
OCi per 3 bulan ajah
mbah, 1nz sy juga ternyata dah bervarnish nih. kalo rutin gantol per 5k km make oli disel tu maksimal brp lama ya? maap nubie
Oli diesel itu ada yg comply jg ke mesin bensin, jadi mau dipake terus2an jg gpp.
semarnanjak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 22 Sep 2021, 13:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by semarnanjak »

iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:03
sahabatq8 wrote:
Shyn16 wrote: 28 Sep 2022, 11:54
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.

Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…

Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.


Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
:ungg:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati. 😁 Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
ajimartin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 25 Aug 2022, 12:52
Location: Karawang
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by ajimartin »

oli 5w-30 atau 0w-20 buat ertiga yg lagi diskonan apaan ya ?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6130
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

ajimartin wrote: 28 Sep 2022, 22:19 oli 5w-30 atau 0w-20 buat ertiga yg lagi diskonan apaan ya ?
DGO 5W30
https://tokopedia.link/Ub3qszxDHtb

0W20
https://tokopedia.link/Xw4Qh8yDHtb
*Colek me if I'm wrong
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1225
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by MSU »

sintoni wrote: 28 Sep 2022, 18:49
Duvebriliant0 wrote: 28 Sep 2022, 18:03
Suryaputra wrote: 26 Sep 2022, 08:58

OCi per 3 bulan ajah
mbah, 1nz sy juga ternyata dah bervarnish nih. kalo rutin gantol per 5k km make oli disel tu maksimal brp lama ya? maap nubie
Oli diesel itu ada yg comply jg ke mesin bensin, jadi mau dipake terus2an jg gpp.
dulu gosipnya taxi BB jg pake oli diesel ke armada vios mrk
User avatar
daimler
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by daimler »

Liat2 review DGO di official storenya toko ijo, kalo pas lg zonk was2 juga ya. Review bagusnya tetep banyak
Screenshot_20220929-082834677 (1).jpg
Planned Obsolescence is inevitable expensive cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6130
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

daimler wrote: 29 Sep 2022, 08:34 Liat2 review DGO di official storenya toko ijo, kalo pas lg zonk was2 juga ya. Review bagusnya tetep banyak
Screenshot_20220929-082834677 (1).jpg
Hemat ongkos di botolnya tipis kayanya :upss:
*Colek me if I'm wrong
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4413
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Profith83 »

semarnanjak wrote: 28 Sep 2022, 19:02
iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:03
sahabatq8 wrote:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati. 😁 Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulu
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6130
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 08:58
semarnanjak wrote: 28 Sep 2022, 19:02
iwansiagian wrote: 28 Sep 2022, 13:03 Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati. 😁 Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulu
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
TetePe ini jagonya oli diesel emang.
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak :big_biglaugh:

apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
*Colek me if I'm wrong
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4413
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Profith83 »

Suryaputra wrote: 29 Sep 2022, 09:07
Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 08:58
semarnanjak wrote: 28 Sep 2022, 19:02

Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati. 😁 Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulu
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
TetePe ini jagonya oli diesel emang.
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak :big_biglaugh:

apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
Termos masih bawaan pabrik.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
semarnanjak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 22 Sep 2021, 13:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by semarnanjak »

Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 09:57
Suryaputra wrote: 29 Sep 2022, 09:07
Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 08:58

Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulu
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
TetePe ini jagonya oli diesel emang.
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak :big_biglaugh:

apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
Termos masih bawaan pabrik.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, hehe
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4413
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by Profith83 »

semarnanjak wrote: 29 Sep 2022, 10:18
Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 09:57
Suryaputra wrote: 29 Sep 2022, 09:07

TetePe ini jagonya oli diesel emang.
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak :big_biglaugh:

apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
Termos masih bawaan pabrik.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, hehe
5w30 ttp gak perlu additif sdh pakai sekitar 2rb KM
semarnanjak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 22 Sep 2021, 13:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17

Post by semarnanjak »

Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 10:28
semarnanjak wrote: 29 Sep 2022, 10:18
Profith83 wrote: 29 Sep 2022, 09:57

Termos masih bawaan pabrik.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, hehe
5w30 ttp gak perlu additif sdh pakai sekitar 2rb KM
sebelum 5w40 saya sudah pake yg 5w30 om 2 kali, overall oke kinerja olinya. cuman penasaran aja kalo ditambah aditif oli yg lagi ngehits, siapa tau bisa ngurangi oli nguap :big_peace:
Post Reply