Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ctopher7 »

abis liat postingan ini sama sebelah tentang ioniq 5 yang ritualnya banyak banget kalo gamau drop akinya, makin yakin tahun ini masih bukan waktu tepat buat ngambil mobil listrik. tadinya sempet ngerasa wah air ev mayan jga ya buat sekitaran komplek / dalkot, tapi ogah ah mending pake yang pasti pasti aja

yang mobilnya masih pada bisa minum solbus / pertalit, bisa diabuse harian dan ga rewel , bersyukurlah wkwk
pecinta bio solar
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Bibieight »

b0ku wrote: 28 Sep 2022, 13:36
kendibocor wrote: 28 Sep 2022, 12:10
Masa depan mobil makin mahal, susah beli mbl baru. Bersyukur skrng ngeluarin duit banyak tiap 5-10thn tp dpt mbl baru. Di masa depan mungkin keluar duit banyak cuma bwat nyicil batere doang. Blm tentu mampu tiap 5-10 thn ganti mobil. Blm lg kalo BEV umur 10tahunan mau dijual kalo batere uda soak bakalan ga ada RVnya. Skrng kalo mo kredit dpnya bisa dari penjualan mbl sebelumnya. Di masa depan ngumpulin lg dari 0 bwat dpnya :big_biglaugh:
Mungkin 10-20thn lg bca ngeluarin program baru kredit penggantian baterai :ngacir:
masa depan mungkin ada orang sakit pala mikirin cicilan rumah sama cicilan batre :big_biglaugh:
timbermaniac123 wrote: 28 Sep 2022, 13:34 ngomong2 soal hybrid. Almaz hybrid hari ini udah colong start duluan. 2000cc hybrid. launching october, lebih cepet dr innova
bukannya mobil di tuning yang bener malah nyelesain masalah pake masalah tuh guling, mana saya liat jargonya almaz anda boros ini solusinya :big_bored:

kemaren baru liat penjualan innova ternyata belakangan di dominasi sama diesel sekarang mau jualan hybrid keknya zenix calon2x flop sih :big_bored:
Lha kalo Zenix flop orang Toyota suru makan apa oom..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , bener Veloz-Avanza-Agya volume maker, tapi dimana2 volume maker kan cuan setipizz kasur kapuk umur 10 tahun..... Cuan gede-nya Toyota kan Innova ama Fortie tuh.... :big_cat: :big_cat: :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 28 Sep 2022, 12:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:

Makanya kemarin sempet mikir2 corolla cross tp blm yakin mau ambil hybrid dlu. Mungkin 1-2x ganti mbl lg baru berani nyobain hybrid/BEV.
ane jg gak ngerti jangan2 memang gak punya alat buat ngecek :big_bored: jawaban SA nya kayak ngambang gitu. di berita servisnya cm ditulis "electrical system check" dan kena biaya 400rebu. ane gak ngerti ini harusnya kena apa enggak, cm males ribut bayar aja lah.
b0ku wrote: 28 Sep 2022, 12:01
gak dosa lah kan mereka ud dosa duluan dengan maksa orang produksi dan beli.......dan bikin propaganda kita mah cuma bales aja kek bule2x diluar juga banyak yang ngebully :big_biglaugh:
yang ngomong jg kebanyakan politician sama influencer ya ketauan lah arahnya :mky_03: lihat di konten2 youtube ketebak kok yang pro pro EV policy bersikeras ngejelek jelekin ICE. dan thumbnail nya ada elon musk :mky_03:

si pembalap ah sudahlah udah gak bisa dipegang omongannya.

kanal2 engineering beneran yang gw ikutin gak ada yang 100% pro EV policy. camissa aja walau suka EV tapi tetep suka alfa romeo :mky_03:
anindyo wrote: 28 Sep 2022, 12:49 Nunut komen...sy kok masih sangat ragu dengan mobil listrik.
Mikir bodon saja, laptop yg teknologinya lebih simpel & dipakai di tempat dengan lingkungan terkontrol, batre paling tahan 3 tahunan.. apalagi di mobil. Aki kering juga paling 2 tahunan..
Belum soal infrastruktur, atau dampak lingkungan yg sebenernya masih debatabale..

Btw, beneran kicks ya...kicks its user :big_think:
corollae11 wrote: 28 Sep 2022, 13:34 simpelnya sih coba aja liat baterai hape tahan paling lama berapa tahun? di pemakaian 2-3 tahun aja dropnya sudah lumayan parah nah ini baterai malah mau dipakai di kendaraan yg notabene bergerak kena panas kena getaran dari mulusnya jalan indo goodluck deh buat masa depan EV wkwk
kicks its user to moneypit.... :ngacir:

yang lucu tuh kalo ada pertanyaan kenapa kok ga ada pesawat listrik, argumennya krn batre gak bisa tahan cuaca ekstrim di langit selain faktor berat.

tapi yang sama ngga pernah kedengeran buat mobil. kenapa sih EV manufacturer ini gak mau ngaku aja kalo EV itu cuma possible dipake di perkotaan yang relatif stabil jalan 30-40 km/h. malah gambling dengan nasib orang.

lihat aja itu mobil listrik paling besar : hummer EV, bobotnya 4 ton. batrenya besar, konsumsi listrik gede. ya akhirnya mo ramah lingkungan malah mending beli truck diesel :big_biglaugh:
ctopher7 wrote: 28 Sep 2022, 14:13 abis liat postingan ini sama sebelah tentang ioniq 5 yang ritualnya banyak banget kalo gamau drop akinya, makin yakin tahun ini masih bukan waktu tepat buat ngambil mobil listrik. tadinya sempet ngerasa wah air ev mayan jga ya buat sekitaran komplek / dalkot, tapi ogah ah mending pake yang pasti pasti aja

yang mobilnya masih pada bisa minum solbus / pertalit, bisa diabuse harian dan ga rewel , bersyukurlah wkwk
seperti kata orang tua : jawaban paling masuk akal itu sebenernya jawaban paling membosankan alias ya pake aja yang udah ada :mky_03:

oh ya ngomong2 di kondisi geopolitik tidak stabil gini eropa jg krisis energi gegara russia diboikot. yakin tuh mau phase out ICE, kalo amit amit gini lagi di 2040 kan mampus tuh ga ada yang bisa jalan :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 28 Sep 2022, 14:58 Lha kalo Zenix flop orang Toyota suru makan apa oom..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , bener Veloz-Avanza-Agya volume maker, tapi dimana2 volume maker kan cuan setipizz kasur kapuk umur 10 tahun..... Cuan gede-nya Toyota kan Innova ama Fortie tuh.... :big_cat: :big_cat: :big_cat:
makan dari fortuner G om :big_biglaugh:

dan masih ada 2.0 bensin liatin aja hybrid calon2x flop liat jualan dieselnya makin kek orang gila mah :wkkk:

soalnya ada rumor reborn diesel tipe G itu masih mau di pertahanin katanya si manual only kita liat aja nanti :mky_03:
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 05 Aug 2022, 15:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by loid »

kendibocor wrote: 28 Sep 2022, 12:10
b0ku wrote: 28 Sep 2022, 12:02
kendibocor wrote: 28 Sep 2022, 12:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:
ada tertarik om bikin leasing batre kita buka stand kecil depan bengkel, cicilan 3th dp ringan bunga ringan......... kalo gak kuat bayar kita sita mobilnya :big_grin:

ntar jargonya

"batre anda rusak mendadak???? kami solusinya........."

:wkkk:
Masa depan mobil makin mahal, susah beli mbl baru. Bersyukur skrng ngeluarin duit banyak tiap 5-10thn tp dpt mbl baru. Di masa depan mungkin keluar duit banyak cuma bwat nyicil batere doang. Blm tentu mampu tiap 5-10 thn ganti mobil. Blm lg kalo BEV umur 10tahunan mau dijual kalo batere uda soak bakalan ga ada RVnya. Skrng kalo mo kredit dpnya bisa dari penjualan mbl sebelumnya. Di masa depan ngumpulin lg dari 0 bwat dpnya :big_biglaugh:
Mungkin 10-20thn lg bca ngeluarin program baru kredit penggantian baterai :ngacir:
tebakan sotoy gw sih, looks like secara ga langsung masyarakat kelas menengah dan bawah digiring buat pake public transport untuk kebutuhan daily commute, assuming infrastrukturnya udh keep up dgn kepadatan penduduk sini dan tersebar dimana2 :big_think:

mobil bakal balik jd mainan enthusiast berkocek tebal macem jaman2 pas gen boomer lahir dlu krn faktor batre td :big_bored:
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: 26 Nov 2015, 23:27

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by rajapb »

Negara kita FOMO banget langsung pengen skip ke EV dari pure ICE. Hybrid aja dulu deh gencarin, hybrid kalo batere rusak masih bisa jalan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 28 Sep 2022, 15:12
yang ngomong jg kebanyakan politician sama influencer ya ketauan lah arahnya :mky_03: lihat di konten2 youtube ketebak kok yang pro pro EV policy bersikeras ngejelek jelekin ICE. dan thumbnail nya ada elon musk :mky_03:

si pembalap ah sudahlah udah gak bisa dipegang omongannya.

kanal2 engineering beneran yang gw ikutin gak ada yang 100% pro EV policy. camissa aja walau suka EV tapi tetep suka alfa romeo :mky_03:
soalnya kalo dari economy view EV itu gak make sense terutama di USA banyak orang kek modelan adek saya kerjanya bener2x di tengah hutan atau jauh dia kerja di resort rumahnya di kota kecil mau naek apa dia kesana kalo gak bawa mobil, dibelilah accord asal gelinding harga 2000usd ac gak idup mobil juga busuk bodynya ya cuma cukup buat pegi kerja tujuannya kan cuma buat pp kantor rumah :mky_03:

bayangin kalo semua EV adek saya naek apa?? EV seharga accord busuk gitu ud pasti batrenya ud kagak jelas bisa2x dia stranded di jalan terus ketemu buaya kan kagak lucu :big_biglaugh: paling dia beli sepeda ontel kali :big_biglaugh:
loid wrote: 28 Sep 2022, 15:26
tebakan sotoy gw sih, looks like secara ga langsung masyarakat kelas menengah dan bawah digiring buat pake public transport untuk kebutuhan daily commute, assuming infrastrukturnya udh keep up dgn kepadatan penduduk sini dan tersebar dimana2 :big_think:

mobil bakal balik jd mainan enthusiast berkocek tebal macem jaman2 pas gen boomer lahir dlu krn faktor batre td :big_bored:
kalo di indo mungkin bisa ojek dimana2x angkot dimana2x kalo di US sama ausie mobil itu bener2x butuh om orang kismin pun butuh mobil :big_bored:

soalnya jarak rumah sama tempat kerja itu jauh banget mending kalo kerja di kota kadang ada buruh yang kerjanya di antah berantah kek saya cerita soal adek saya diatas :mky_03:

kadang mobil bekas kita itu ngebantu orang susah buat punya mobil contohnya soluna aja 30-50jtan bisa diandelin buat A ke B dengan parts yang murah atau kijang butut :mky_03:

kalo EV semua mereka beli mobil kek gitu bisa kayak bakar duit kalo apes batre lsg rontok :big_bored:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by daimler »

"EV is a not a solution because combustion engine is not the problem"
Emang peralihan dari ICE ke EV ini bukan berarti bikin emisi jd berkurang, udara lebih bersih, langit lebih cerah, lingkungan lebih terawat. Media mainstream+government pula pake gembor2in isu lingkungan terselesaikan dengan beralih ke EV padahal lebih berefek kalo kontrol emisi dilakukan ke industri pabrik2, manufaktur, tambang, dll dibanding kendaraan pribadi.

Peralihan dari karbu ke injeksi dulu ga seperti ICE ke EV karena yg berubah cuma sistem penyaluran bbm nya. Sumber bbm nya masih sama. Ya kalo agenda ini terlaksana apalagi first world country pd ngasi subsidi buat beli EV bahkan beberapa jalan hanya bisa dilalui pakai EV di cina sono, ICE ga boleh lewat.
Ya wasalam kita liat isu2 problema batere EV di masa depan :big_dunno:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by peterming77 »

rajapb wrote: 28 Sep 2022, 15:28 Negara kita FOMO banget langsung pengen skip ke EV dari pure ICE. Hybrid aja dulu deh gencarin, hybrid kalo batere rusak masih bisa jalan.
Kecuali hybridnya model Kicks ... :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 28 Sep 2022, 15:12
kendibocor wrote: 28 Sep 2022, 12:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:

Makanya kemarin sempet mikir2 corolla cross tp blm yakin mau ambil hybrid dlu. Mungkin 1-2x ganti mbl lg baru berani nyobain hybrid/BEV.
ane jg gak ngerti jangan2 memang gak punya alat buat ngecek :big_bored: jawaban SA nya kayak ngambang gitu. di berita servisnya cm ditulis "electrical system check" dan kena biaya 400rebu. ane gak ngerti ini harusnya kena apa enggak, cm males ribut bayar aja lah.
Lah bayar om? Masalah ga ada solusi trus suruh bayar? Hahahaha. Gali makam sendiri emang tuh atpm satu. Si baling2 aja kemaren service ganti oli doang, ane suruh scan semua liat ada yg error apa nggak, gratis tuh. Pdhl ga ada keluhan.
rajapb wrote: 28 Sep 2022, 15:28 Negara kita FOMO banget langsung pengen skip ke EV dari pure ICE. Hybrid aja dulu deh gencarin, hybrid kalo batere rusak masih bisa jalan.
Kalo ibarat ababil, anak2 yg ga pede biasanya cuman bisa ikut2an tmn2nya yg “alpha”. Jadi FOMO aja terus tanpa tau bener apa salah.

Trus kerjaan pemerintah kan udah tau sendiri. Ga pernah bikin kajian yg bener dan mikir panjang, liat aja kaya buat jalan bottleneck dimana2, atau cuman mindahin satu titik kemacetan ke titik lain. Ini jg sama, ga mikir macem panjang misalkan kayak lebaran aja tuh rest area mobil2 cuman isi bensin 5mnt/mbl bisa bikin macet dr brp km sebelumnya. Ini Mau galakin BEV, infrastrukturnya mana bos. Bisa2 jkt semarang jadi 3 hari :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by RezPrat »

Worst of both worlds, ini mungkin yg tepat ya. Kenapa?

Karena klo rusak salah satu nya itu mobil jd rongsokan. Dia produce pollutants of the both worlds hahahaha asap iya, limbah oli iya nah tetep aja ntar punya limbah batere.

Secara maintenance dia bawa headache both worlds, masalah2 kerusakan ICE nya dan motor listrik/batere.

Nahh dia bakal makan biaya tinggi buat maintenance, karena butuh tools dan skill of both worlds. Tools buat ICE dan listrik nya. Skilset engineer/tech nya juga musti ada buat both worlds hahahaha.

Kalo Masi mau hybrid, Mending ambil yg paralell hybrid macam Camry/Honda punya. Atau sekalian EV. Biar sakit kepalannya di one world aja hahaha. Peace ya. Just my 50 rupiah.
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Joehard30 »

Dan Civic hybrid technicalities nya mirip kicks, sub 7s untuk 0-60mph.

Harusnya secara teori, model kicks ini lebih simpel dan well proven drpda hybrid yg lain yg masih pake transmisi. Udah berdekade2 Loko kereta pake drivetrain serupa kan diesel-elektrik, batu makam aja yg ngehek paling, g serius2 amat trouble shooting nya

Mobil hybrid ini jauh lebih ramah lingkungan daripada full electric vehicle. Rare earth yang dipake untuk batere jauh lebih kecil. D indo aja harga batere masih g rasional, d luar untuk baterai kecil hybrid gt harganya udah masuk akal, plus ada industri refurbished nya juga yg jadi solusi buat yg budget nya mepet. Ini jadi peluang ekonomi besar sih bagi orang2 yg mau belajar teknik refurbish baterai secara proper
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Joehard30 wrote: 28 Sep 2022, 18:37 Dan Civic hybrid technicalities nya mirip kicks, sub 7s untuk 0-60mph.

Harusnya secara teori, model kicks ini lebih simpel dan well proven drpda hybrid yg lain yg masih pake transmisi. Udah berdekade2 Loko kereta pake drivetrain serupa kan diesel-elektrik, batu makam aja yg ngehek paling, g serius2 amat trouble shooting nya

Mobil hybrid ini jauh lebih ramah lingkungan daripada full electric vehicle. Rare earth yang dipake untuk batere jauh lebih kecil. D indo aja harga batere masih g rasional, d luar untuk baterai kecil hybrid gt harganya udah masuk akal, plus ada industri refurbished nya juga yg jadi solusi buat yg budget nya mepet. Ini jadi peluang ekonomi besar sih bagi orang2 yg mau belajar teknik refurbish baterai secara proper
diluar juga sama aja om emang dasarnya harga batre gak rasional makanya saya selalu bilang mobil pake batre gede itu stupid idea nambah2xin problem cost gede :big_bored:
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Joehard30 »

b0ku wrote: 28 Sep 2022, 18:51
Joehard30 wrote: 28 Sep 2022, 18:37 Dan Civic hybrid technicalities nya mirip kicks, sub 7s untuk 0-60mph.

Harusnya secara teori, model kicks ini lebih simpel dan well proven drpda hybrid yg lain yg masih pake transmisi. Udah berdekade2 Loko kereta pake drivetrain serupa kan diesel-elektrik, batu makam aja yg ngehek paling, g serius2 amat trouble shooting nya

Mobil hybrid ini jauh lebih ramah lingkungan daripada full electric vehicle. Rare earth yang dipake untuk batere jauh lebih kecil. D indo aja harga batere masih g rasional, d luar untuk baterai kecil hybrid gt harganya udah masuk akal, plus ada industri refurbished nya juga yg jadi solusi buat yg budget nya mepet. Ini jadi peluang ekonomi besar sih bagi orang2 yg mau belajar teknik refurbish baterai secara proper
diluar juga sama aja om emang dasarnya harga batre gak rasional makanya saya selalu bilang mobil pake batre gede itu stupid idea nambah2xin problem cost gede :big_bored:
Mahal tp g separah harga sini, harga d indo bisa 1.5-2x lipat. Misal batere Camry hybrid baru OEM, "cuma" USD2k, jauh lebih reasonable daripada harga yg kita dapat di sini
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Joehard30 wrote: 28 Sep 2022, 19:07 Mahal tp g separah harga sini, harga d indo bisa 1.5-2x lipat. Misal batere Camry hybrid baru OEM, "cuma" USD2k, jauh lebih reasonable daripada harga yg kita dapat di sini
sama labour ud 5000usd om 76jtan :big_bored:

murahan sini lah batre gocap kerja paling 10jtan separah2xnya total 60jt :mky_01:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by lemonadelovers »

serial hybrid enaknya bsa dipasang d seluruh line up dr crossover, sedan, MPV n SUV tinggal diatur aja, butuh power besar kombinasi mesin naik jd 1500cc, motor listrik diperbesar, ga mau mesin sering nyala batre diperbesar. nissan kicks sama aja mesin 1200cc bsa hasilkan power 138hp/260Nm dgn fc sekitar 25km/l. bensin pakai low spec jg bsa. kalaupun batre fail mesin jd nyala terus jd mirip loko diesel-electric
Last edited by lemonadelovers on 28 Sep 2022, 21:13, edited 1 time in total.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by timbermaniac123 »

b0ku wrote: 28 Sep 2022, 19:23
Joehard30 wrote: 28 Sep 2022, 19:07 Mahal tp g separah harga sini, harga d indo bisa 1.5-2x lipat. Misal batere Camry hybrid baru OEM, "cuma" USD2k, jauh lebih reasonable daripada harga yg kita dapat di sini
sama labour ud 5000usd om 76jtan :big_bored:

murahan sini lah batre gocap kerja paling 10jtan separah2xnya total 60jt :mky_01:
Jadi inget saya betulin batre laptop razer di sing. Batrenya si kalau ga salah 150$, tapi cost labournya udah hampir kaya harga 1 batre.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: 28 Sep 2022, 20:48
Jadi inget saya betulin batre laptop razer di sing. Batrenya si kalau ga salah 150$, tapi cost labournya udah hampir kaya harga 1 batre.
kalo diluar parts murah labournya mahal :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: 28 Sep 2022, 12:00 Bisa jadi prospek bisnis baru, spesialis EV/hybrid :mky_03:

Btt, harusnya batumakam bisa scan dong liat brp battery capacitynya. Minta hasil scan aja mbah/pas scan mbah jg liat. Nanti kan objektif tuh pake alat pengukuran. Kalo drop ratenya ga wajar (setahun misalkan sisa 80%) klaim baru aja mbah. Defect kali itu batere.

Beli mobil 200 jutaan mahal2 jadi 2x lipet demi batere, eh baterenya rusak. Kan kesel :big_biglaugh:

Makanya kemarin sempet mikir2 corolla cross tp blm yakin mau ambil hybrid dlu. Mungkin 1-2x ganti mbl lg baru berani nyobain hybrid/BEV.
Baru diangan2 ada spesialis ya, ternyata sudah ada spesialis hybrid betulan tuh,

https://cintamobil.com/perawatan-dan-se ... mi-aid8389



Ini kayaknya dia buka toko di Tokped (kayaknya sama, no HPnya sama):

https://www.tokopedia.com/synergihybrid ... mry-hybrid

dari 50 juta turun 15 juta, ya selevel lah ongkosnya sama ongkos di bengkel spesialis macam Anugerah. Modal balance charger kayaknya… :big_think: :big_think: :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 28 Sep 2022, 22:23
Baru diangan2 ada spesialis ya, ternyata sudah ada spesialis hybrid betulan tuh,

https://cintamobil.com/perawatan-dan-se ... mi-aid8389



Ini kayaknya dia buka toko di Tokped (kayaknya sama, no HPnya sama):

https://www.tokopedia.com/synergihybrid ... mry-hybrid

dari 50 juta turun 15 juta, ya selevel lah ongkosnya sama ongkos di bengkel spesialis macam Anugerah. Modal balance charger kayaknya… :big_think: :big_think: :big_think:
cocok ni buat pedagang atau abis bawa ke dia mobilnya lsg lembiru :big_biglaugh:

seperti biasa om infonya biased lagi

sebenernya kalo benerin sama dia longtermnya bisa lebih babak belur :big_biglaugh:

CELLNYA 34 1 cell 1,2jt = 40.800.000

katanya ongkos kerja dia 1jt

kalo itu buat rusak sampe semua cell digilir terus manggil dia bisa mungkin 5-10 kali ongkos kerja ud 5-10jt :mky_03:

belom kalo beli baru sama toyota 46jt itu sama casenya sama dia 40jt telanjang cuma batrenya tok :mky_03:

dia cuma ganti cell yang rusak cuma namanya batre baru ganti 2 cell besok kumat lagi cell yang laen 1jt lagi plus parts :big_biglaugh:

makannya kenapa toyota ngerjainnya pack biar gak banyak bolak balik customernya cuma kalo hyundai sama tesla evolusi dari pack ke module biar bisa nyicil kalo batre jebol cuma ya jatohnya sama aja malah lebih bonyok di labour :big_biglaugh:
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 06 Mar 2016, 15:59

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by kingpower »

Wah mau nikmatin hybrid series malah jadi dongkol ya om chz.
Ditunggu update penanganannya ya om. Semoga cepet kelar masalahnya.

Padahal di indo kalo ga salah garansi batre nya lumayan lama ini 8th compare to toyota lineup yang cuma 5 tahun
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by the-mantal »

Sebenarnya harga batere itu "seharusnya" sudah tidak semahal itu. Krm harga batere per hari ini dr china aja cm sekitar 100-200 dolar aja koq per kwh. Mobil hybrid kan cm pake 1-2 kwh jd ya harga batere yg benar itu 1.5 - 3 jutaan.
Cuman...kynya mereka masih belum mau lepas dg harga segitu krn cuannya drmn nanti kl harga batere cm segitu.

Honda sbnrnya mulai sensible (walau msh agak mahal), di malay mereka replacement batere hybrid cm 15 jutaan. Cm syg ga masuk kesini

https://paultan.org/2017/09/05/honda-ja ... -only-0-1/

Klo almaz hybrid jd masuk, penasaran wuling bakal jual brp battery replacement nya... Klo di range dibawah 10 juta itu sensible banget pake hybrid
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

the-mantal wrote: 29 Sep 2022, 07:00 Sebenarnya harga batere itu "seharusnya" sudah tidak semahal itu. Krm harga batere per hari ini dr china aja cm sekitar 100-200 dolar aja koq per kwh. Mobil hybrid kan cm pake 1-2 kwh jd ya harga batere yg benar itu 1.5 - 3 jutaan.
Cuman...kynya mereka masih belum mau lepas dg harga segitu krn cuannya drmn nanti kl harga batere cm segitu.

Honda sbnrnya mulai sensible (walau msh agak mahal), di malay mereka replacement batere hybrid cm 15 jutaan. Cm syg ga masuk kesini

https://paultan.org/2017/09/05/honda-ja ... -only-0-1/

Klo almaz hybrid jd masuk, penasaran wuling bakal jual brp battery replacement nya... Klo di range dibawah 10 juta itu sensible banget pake hybrid


battery kek gini om baek2x loh :big_biglaugh:

di india sih ud banyak kasus soalnya :mky_03:

sejauh ini yang ketauan di NZ buat jazz sih 20jtan cuma balik lagi batrenya lebih kecil dari prius yang harganya disini 30jtan 15jt itu harga 2017 soalnya belakangan harga batre naek terus :big_think:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by the-mantal »

Scooter banyakan batere lithium NMC. Skrg mobil2 listrik cina sih pake LFP, jauhhh lebih aman dr NMC yg sering kbakar.
Cmn emg blm tahu buat hybrid pake batere yg mana. Tp tren nya sih idah hampir LFP semua.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

the-mantal wrote: 29 Sep 2022, 08:00 Scooter banyakan batere lithium NMC. Skrg mobil2 listrik cina sih pake LFP, jauhhh lebih aman dr NMC yg sering kbakar.
Cmn emg blm tahu buat hybrid pake batere yg mana. Tp tren nya sih idah hampir LFP semua.
sama aj om karena biangnya bukan cuma batre kalo di mobil biasa kebanyakan dari wiring juga itupun 12 volt doank sumber listriknya cuma ya bedanya ada di mana aja ntar sumber apinya

makannya ud jelas kok hybrid sendiri fire ratenya tinggi karena hybrid ud ada yang tua bisa jadi kebakaran dari wiring kalo EV palingan 10thn yang tua sejauh ini kebakaran ya dari batre cuma di masa depan bisa jadi biangnya bakalan dari kabel2x di ev tua :big_bored:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post