Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Syauqi »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 10:35

jepang sebenernya udah paling bener solusi buat urban transport ya bikin aja kebijakan kei-car / small car. cc maksimal 660cc + turbo. dimensi maksimal sekian x sekian. maksimalin aja yang sudah ada.

EV terlalu gede lah yang harus disiapin. investment nya ngga sebanding dengan efek ke lingkungannya alias sama-sama buruk juga.
Makanya itu mbah, saya juga heran setengah kagum sama transformasi industri otomotif kita ini. Padahal baru beberapa tahun lalu kan mobil hybrid disini harganya selangit karena diitung punya 2 mesin. Eh ujug" sekarang udah mau elektifikasi aja, pertama kali dengernya sih saya hepi2 aja karena industri otomotif kita seolah" jadi mengejar ketertinggalan.

Cuman saya tetep ga yakin ini infrastruktur kita bisa mendukung kyk gitu, listrik aja kadang2 masih suka byar pet. Ntahlah nanti kalo ga ujung2nya ya pada saling bagi2 proyek :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

Syauqi wrote: 29 Sep 2022, 13:32 Makanya itu mbah, saya juga heran setengah kagum sama transformasi industri otomotif kita ini. Padahal baru beberapa tahun lalu kan mobil hybrid disini harganya selangit karena diitung punya 2 mesin. Eh ujug" sekarang udah mau elektifikasi aja, pertama kali dengernya sih saya hepi2 aja karena industri otomotif kita seolah" jadi mengejar ketertinggalan.

Cuman saya tetep ga yakin ini infrastruktur kita bisa mendukung kyk gitu, listrik aja kadang2 masih suka byar pet. Ntahlah nanti kalo ga ujung2nya ya pada saling bagi2 proyek :big_bored:
masalah power grid ni gak eksklusif d indo loh. USA europ jg. europ kondisi skrg lagi krisis energi gegara bergantung sama pasokan rusia kan yg lagi di boikot.

listrik tuh masalahnya memang kalau power grid gak kuat ya mati. kalo mati listrik semaleman sementara mobilnya udah sisa range cuma 10 km ya matek lah besok gak bisa kerja. nyalain genset ok, ujungnya bergantung sama ICE lagi :upss: kalo ud gitu kenapa gak sekalian beli mobil bensin aja tangki kosong tinggal ngisi :mky_03: enaknya ICE kan mau kayak gimana kondisinya asal ada bensin aja tetep bisa nyala. aki matot aja msh bisa nyala dipancing :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

darrelund wrote: 29 Sep 2022, 13:19
masalahnya mbikin hydrogen ini lebih ga efisien dibanding bikin e-fuel, butuh listrik gede hasil ga seberapa banyak

emang bersih

cuma inves dari hulu ke hilir mao pindah ke hydrogen terlalu boros, krn semua komponen mesti khusus. lawannya bukan cuma pressure, tapi sama kondensasi juga

di amrik aja yg pom hydrogen khsus aja masih trobel, biasanya selang & katupnya pada beku. mau nyolokin jadi susah :big_biglaugh:

makanya drpd hydrogen mending e-fuel aja, krn bisa pke existing infra
ujung2xnya juga E-FUEL ud E-FUEL balik ke combustion sampe suatu hari reaktor nuklir mini di invent dan harganya terjangkau baru kita beralih ke listrik bisa juga lsg naek mobil terbang pake penggerak plasma :big_biglaugh:



lsg skip aja ke 1:52 itu bagian pentingnya :ngacir:
ChZ wrote: 29 Sep 2022, 14:10
masalah power grid ni gak eksklusif d indo loh. USA europ jg. europ kondisi skrg lagi krisis energi gegara bergantung sama pasokan rusia kan yg lagi di boikot.

listrik tuh masalahnya memang kalau power grid gak kuat ya mati. kalo mati listrik semaleman sementara mobilnya udah sisa range cuma 10 km ya matek lah besok gak bisa kerja. nyalain genset ok, ujungnya bergantung sama ICE lagi :upss: kalo ud gitu kenapa gak sekalian beli mobil bensin aja tangki kosong tinggal ngisi :mky_03: enaknya ICE kan mau kayak gimana kondisinya asal ada bensin aja tetep bisa nyala. aki matot aja msh bisa nyala dipancing :mky_03:


liat aja kelas USA aja masih angan2x gimana indo :big_bored:

sekarang populasi masih dikit baru mulai berasa jadi masalah kalo orang2x mulai banyak pakai :big_bored:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by kendibocor »

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Phase-o ... 0by%202050.

Time table phase out ICE.

Indo masih lama 2050, itu jg kalo bener. Sampe sejauh ini masih narasi doang. Kenyataannya nanti boro2 keganti BEV semua. Kalo di kota2 gede penjualan BEV bisa sampe 10% dari total penjualan mbl, tuh power grid pd mulai tewas bergiliran kali. Trus jg ini masih honeymoon period dengan BEV, orang taunya gawsa isi bensin segala, trus kebetulan bensin mahal. Nanti 7-10thn lg disuruh ganti batere 1/2 harga mobil, bakalan jadi heboh pasti.

BEV bisa berhasil kayak di norway segala itu dengan segala macem insentif pajak segala. Padahal notabene negara kaya dan pendapatan penduduknya tinggi2. Nah di indo BEV yg proper aja mahal, insentif ada tp ga sebanyak kayak di norway. Blm lagi masih banyak masyarakatnya cuman mampu beli mbl mewah, tp isi bensin aja subsidi. Gimana mau disuruh ganti batere 1/2 harga mbl. Ujung2nya bakalan layu sebelum berkembang begitu berita ganti batere BEV sekian puluh/ratus juta.

Kalo disini ada yg ngikutin F1, mungkin tau brp minggu terakhir lg rame masalah kalender 2023. Dari dulu banyak yg ngehujat gara2 mesin F1 makin turun aja tuh kubikasi, dari jaman dlu sempet pake V12, trus V10 sampe skrng V6 1.6L hybrid uda dikomplain abis2an. Alesan classicnya ya masalah emisi. Tp kemaren begitu keluar jadwal baru, langsung lah dihujat abis2an. Venuenya loncat2an, lg seri di eropa tiba2 ditengah2 bisa ke canada, trus minggu depannya ke eropa lagi. Nah ini yg jd konyol soalnya esensi balapannya disuruh go green habis2an, tp jadwal balapan seenaknya aja. Pdhl emisi dari sekali balapan mungkin ga ada apa2nya daripada emisi untuk transport logistik dan personnel segala.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Zboy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 09 Jan 2016, 20:24

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Zboy »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 12:09
Zboy wrote: 29 Sep 2022, 11:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
Dari pengalaman yang sudah sudah sih tidak pernah berhasil. Polanya kan raw material emang ambil di kita, tp diolah diproses di luar, dijual lg di sini mahal :mky_03:

Industri batre dalam negeri? Ha ha ha.
Apa yang lucu ya? LG, foxconn, catl, ibc, hyundai udh masuk. Pemerintah jg fight soal gugatan uni eropa di wto soal nikel yg dilarang di expor. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 29 Sep 2022, 14:50 https://en.m.wikipedia.org/wiki/Phase-o ... 0by%202050.

Time table phase out ICE.

Indo masih lama 2050, itu jg kalo bener. Sampe sejauh ini masih narasi doang. Kenyataannya nanti boro2 keganti BEV semua. Kalo di kota2 gede penjualan BEV bisa sampe 10% dari total penjualan mbl, tuh power grid pd mulai tewas bergiliran kali. Trus jg ini masih honeymoon period dengan BEV, orang taunya gawsa isi bensin segala, trus kebetulan bensin mahal. Nanti 7-10thn lg disuruh ganti batere 1/2 harga mobil, bakalan jadi heboh pasti.

BEV bisa berhasil kayak di norway segala itu dengan segala macem insentif pajak segala. Padahal notabene negara kaya dan pendapatan penduduknya tinggi2. Nah di indo BEV yg proper aja mahal, insentif ada tp ga sebanyak kayak di norway. Blm lagi masih banyak masyarakatnya cuman mampu beli mbl mewah, tp isi bensin aja subsidi. Gimana mau disuruh ganti batere 1/2 harga mbl. Ujung2nya bakalan layu sebelum berkembang begitu berita ganti batere BEV sekian puluh/ratus juta.

Kalo disini ada yg ngikutin F1, mungkin tau brp minggu terakhir lg rame masalah kalender 2023. Dari dulu banyak yg ngehujat gara2 mesin F1 makin turun aja tuh kubikasi, dari jaman dlu sempet pake V12, trus V10 sampe skrng V6 1.6L hybrid uda dikomplain abis2an. Alesan classicnya ya masalah emisi. Tp kemaren begitu keluar jadwal baru, langsung lah dihujat abis2an. Venuenya loncat2an, lg seri di eropa tiba2 ditengah2 bisa ke canada, trus minggu depannya ke eropa lagi. Nah ini yg jd konyol soalnya esensi balapannya disuruh go green habis2an, tp jadwal balapan seenaknya aja. Pdhl emisi dari sekali balapan mungkin ga ada apa2nya daripada emisi untuk transport logistik dan personnel segala.
ya akhirnya kayak FOMO kan, momentumnya bensin naik dipake buat promosi mobil listrik (padahal kaga ada yang beli).

ini pada gak baca berita apa gimana, itu eropa skrg aja susah gegara boikot russia. kejauhan ngomong mau larang mobil ICE kalo boikot rusia aja bisa porak poranda satu benua :mky_03: gw yakin tuh EV2 pada gak berkutik, rumah2 pada nyalain genset diesel. ngelarang2 ICE akhirnya hrs terima kenyataan kalo krisis begini ICE paling berguna.

terus kalo demand listrik nambah otomatis ya harga listrik gak mungkin semurah sekarang. bisa jd malah lebih mahal daripada solar atau pertalit. wkwkwkwkkw. terus nanti buat nambal biar orang miskin gak kena dampak EV boom yang berakibat listrik naik, subsidi kan pasti.

subsidi ga kuat akhirnya tekor dinaikin juga macem pertalit. tar di bawah2 ribut lagi, jadi gorengan oposisi lagi. pusing ga tuh. :mky_03:

iya sekarang masi oversupply, kalo 10% mobil di jawa udah EV aja kan demand udah naik otomatis harga jg naik :mky_03: ya sekarang bisa ngomong mobil listrik operasional murah wong masih blom banyak yang pake.
Zboy wrote: 29 Sep 2022, 17:34
Apa yang lucu ya? LG, foxconn, catl, ibc, hyundai udh masuk. Pemerintah jg fight soal gugatan uni eropa di wto soal nikel yg dilarang di expor. :big_cat:
kayak gak ngerti aja om perusahaan lokal kl di back up govt ga pernah berjalan mulus. apalagi kl dah dibumbui politisasi :big_bored:

opung mah niatnya jualan nikelnya doank, bukan bikin batre merk lokal sendiri. ya itu yang om sebutin apa gak brand luar negeri semua. ya justru fakta indo punya cadangan nikel besar tu yang bikin pabrikan2 ini tertarik invest kemari. biar supply chain nya efisien.

tp sharing teknologi? bikin pabrik batre (merek lokal) sendiri? gak yakin. blom sampe levelnya china yang bisa maksa bule buat bagiin teknologi. market indo tuh tidak terlalu seksi dibanding china apalagi mobil baru kebanyakan beredar di jawa doank. rasio mobil berbanding jumlah penduduk, lebih baik jualan mobil di thailand mah. cm indo kan natural resource nya aja banyak.

org indo beli jg kaga bakal dikasih murah meski bahan ngambil dari sini. pola investasi luar negeri di sini kan gitu terus. bibit lobster aja contoh gampang, mau maunya msh bibit di ekspor, pdhl di luar pada beli murah, dijual kemari harganya jadi mahal banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 29 Sep 2022, 14:36

liat aja kelas USA aja masih angan2x gimana indo :big_bored:

sekarang populasi masih dikit baru mulai berasa jadi masalah kalo orang2x mulai banyak pakai :big_bored:
kurang lebihnya tuh bapak2 kacamata uda ngebayangin kondisi kayak di indo, skenario yang bikin mass-EV adoption itu jatohnya impractical.

ketauannya nanti kalo sudah musim mudik atau libur akhir taun. gak usah nunggu kebakar, mau road trip aja range EV sekarang2 itu cuma buat sekali one-way. sekarang sih dengan yang pake masih dikit (mungkin gak sampe 1% populasi mobil), ya masih gak ngebayangin kalo EV sebenernya butuh infrastruktur jauh lebih besar dan lebih mahal. hubungannya udah ga linear tp eksponensial kalau bener-bener mau sustainable.

sekarang bayangin kalo mudiknya jakarta-surabaya atau jakarta-bali, ya emang non-stop driving 10-15hrs tidak aman juga jd bisa spare waktu buat bobok atau ngopi, tapi kalau sampe tengah jalan harus spare waktu buat charging sekitar +-2 jam itupun kalo gak antri dan gak ngaco chargernya, ya gak jadi praktis, sementara supir kl kuat melek sih power nap 15 menit aja dah cukup sisanya doping kafein sampe tujuan.

kalo chargernya matot, harus nambah semalem ke kota terdekat, itupun charging station cuma ada di hotel yang rate nya di atas 1jt per malem di high season krn langganan dipake staycation seleb2 bukan hotel kelas melati yang rawan dipake mesum rate nya di bawah 100k/malem atau OYO. gak jadi irit donk.

tipikal orang indo juga jarang sekali beli mobil khusus untuk urban aja kecuali orang kaya yang beli honda jazz luar kota pake alphard atau CRV. middle class indo tuh rata-rata punya 1 mobil kelas LCGC / LMPV buat segala kebutuhan dan kerja rata-rata masih pake motor. nyicil KPR rumah aja berdarah-darah boro-boro disuruh nambah mobil dan nambah daya listrik rumah. udah bener dia cm pake LCGC isi pertalite sebulan sekali aja buat pelesir.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ExorT »

Apa sih agenda politik mobil listrik dunia ini?
Apa karena minyak mau habis, jadi mereka menghemat minyak? Minyaknya untuk pabrik manufaktur, bbm pesawat, kapal, dll yang hampir tidak mungkin tergantikan oleh minyak ya?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 14:10
Syauqi wrote: 29 Sep 2022, 13:32 Makanya itu mbah, saya juga heran setengah kagum sama transformasi industri otomotif kita ini. Padahal baru beberapa tahun lalu kan mobil hybrid disini harganya selangit karena diitung punya 2 mesin. Eh ujug" sekarang udah mau elektifikasi aja, pertama kali dengernya sih saya hepi2 aja karena industri otomotif kita seolah" jadi mengejar ketertinggalan.

Cuman saya tetep ga yakin ini infrastruktur kita bisa mendukung kyk gitu, listrik aja kadang2 masih suka byar pet. Ntahlah nanti kalo ga ujung2nya ya pada saling bagi2 proyek :big_bored:
masalah power grid ni gak eksklusif d indo loh. USA europ jg. europ kondisi skrg lagi krisis energi gegara bergantung sama pasokan rusia kan yg lagi di boikot.

listrik tuh masalahnya memang kalau power grid gak kuat ya mati. kalo mati listrik semaleman sementara mobilnya udah sisa range cuma 10 km ya matek lah besok gak bisa kerja. nyalain genset ok, ujungnya bergantung sama ICE lagi :upss: kalo ud gitu kenapa gak sekalian beli mobil bensin aja tangki kosong tinggal ngisi :mky_03: enaknya ICE kan mau kayak gimana kondisinya asal ada bensin aja tetep bisa nyala. aki matot aja msh bisa nyala dipancing :mky_03:
yg oe pusing tu bukan masalah power grid, ok lah itu faktor gede

numero uno nya, oe takut tar charging network jdi kyk electrify america

masa iya kemana mana pada bobrok semua charge stationnnya

sorry ya, dimari aja nambal aspal bru beberapa hari aja dah jebol

aplg urusin charging station......

charging station ndak murah pula, charger tok modelan ABB 250KW supaya ngisi cepet udh 50k euro sebiji, belom power box segala. juga kg mungkin kan tar cuma bikin sebiji, pasti minimal 3-4 unit. alamakkkk

proyek gede ini :big_biglaugh:

kadang oe kepikiran mau mbikin charging station simple 1-2 unit.........cm ya gitu, balik modalnya kapan? 10 taun? :big_biglaugh:

ICE 50L x pertalit : 500k - 5 menit

EV 50kwh x 2400 : 120k - 30 menit :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

ExorT wrote: 30 Sep 2022, 00:17 Apa sih agenda politik mobil listrik dunia ini?
Apa karena minyak mau habis, jadi mereka menghemat minyak? Minyaknya untuk pabrik manufaktur, bbm pesawat, kapal, dll yang hampir tidak mungkin tergantikan oleh minyak ya?
justru masalahnya yg saya bold itu, 80% emisi dunia kan dari 3 sektor itu

lets say kita semua sedunia neh pke EV, ya ttp ga kekejer goal zero emission

yg plausible ya carbon neutral, dengan cara e-fuel. pengeluaran & pemasukan emisi seimbang

sebagus bagusnya EV pun ya ttp carbon neutral jatohnya

yg herannya oe gapernah liat pemerintah manapun ngepush buat nanem pohon lebih yak, cara efisien buat nyerap carbon itu & murah lg. cuma butuh dikasih pupuk sama aer doang :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 10:49
darrelund wrote: 29 Sep 2022, 10:15 ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling

tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg

kicks gitu jg ga ya?

masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest :big_biglaugh:

hibrid toyota aja ga segitunya :big_biglaugh:

lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
yang pada bilang 2030-2035, gw yakin ntar juga mundur2. dulu ada yang bilang 2020 jg pada mundur.

industri maksa kita tuh ganti mobil 5 tahun sekali. 5 tahun keluarin model lebih baru, lebih keren. dipaksa ngikutin model terus.

padahal kalau dipikir-pikir mobil usia 20 tahun tuh masih oke lho. di USA pada mileage nya serem-serem tuh honda civic sama toyota corolla. blom ada major repair sama sekali. bahkan ampe VW atau shirr repairing plisurr emang ganti apa mesinnya paling paking2 rembes aja sama sensor2 ama karet interior lainnya masih works.

lha mobil idola forum ini, innivii dijil mitic, tarohan ama gw 10 tahun lagi jg blom ada repair serius. blom ngomong literal tank macem land cruiser. 50 thn juga masih jalan.

gak yakin hybrid atau EV bisa gini. minimal thn ke 7-8 batre udah kenapa-napa.

jadi ICE lebih sustainable donk malahan :mky_03:
gamungkin jg om 30-35 mah, org brand eropa gede aja udh pada protes terlalu mendadak & investasi mrk bisa ilang tuh

oe lupa di video apa, pokoknya channel terkenal lah. dia kunjungan ke pabrik merkedes klo ga salah. ditanyain tuh org pabrik "pilih ICE atau EV" mrk jawab ICE, alasannya bukan krn emisi, tpi krn investasi mrk udah gede di ICE, triliunan bisa bisa hangus klo pindah EV

klo US mah mileage gede jgn ditanya, kemana mana jg jauh :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

ExorT wrote: 30 Sep 2022, 00:17 Apa sih agenda politik mobil listrik dunia ini?
Apa karena minyak mau habis, jadi mereka menghemat minyak? Minyaknya untuk pabrik manufaktur, bbm pesawat, kapal, dll yang hampir tidak mungkin tergantikan oleh minyak ya?
Takut sama Arab mungkin?
Udh tau Arab penguasa cadangan minyak dunia dgn angka yg fantastis, apalagi setelah beli saham hulunya Valvoline :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1 ... aris-ludes

Mild hybrid
+ Mesin turbo

300HP on engine
Dpt tambahan powah dr motor listrik, jd 400 HP

Mayan jg itu batre sm motor listriknya.
Klopun 5 thn batre rusak, msh ada 300HP on engine yg bisa gerakin mobil seberat itu :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 30 Sep 2022, 07:24 https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1 ... aris-ludes

Mild hybrid
+ Mesin turbo

300HP on engine
Dpt tambahan powah dr motor listrik, jd 400 HP

Mayan jg itu batre sm motor listriknya.
Klopun 5 thn batre rusak, msh ada 300HP on engine yg bisa gerakin mobil seberat itu :upss:
kalo masih selamat tuh mobil dari elctricalnya :wkkk:, scotty aja ketawain katanya mobil inggris mau bikin EV lah electrical mereka aja trouble mulu :wkkk:
ExorT wrote: 30 Sep 2022, 00:17 Apa sih agenda politik mobil listrik dunia ini?
Apa karena minyak mau habis, jadi mereka menghemat minyak? Minyaknya untuk pabrik manufaktur, bbm pesawat, kapal, dll yang hampir tidak mungkin tergantikan oleh minyak ya?
kalo menurut saya ud kebanyakan invest di battery mungkin poli tikus dunia ud banyak yang nanem saham di perusahan2x macem tesla :big_think: , tiba2x makin lama makin terkuak dampak buruknya ya jelas aja loe maksain orang pake EV orang banyak yang petrolhead akhirnya mereka benci malah makin dicari2x kekurangnya tuh EV akhirnya jadi bad publicity, ditambah E-FUEL makin gencar di promosikan mungkin aja mereka makin panik takut gak balik modal kalo tiba2x E-FUEL take over dan kalo ud take over bisa cepet karena tinggal bikin pabrik, distribusi ud ada infrastructurenya abislah tuh market EV :big_biglaugh:

ditambah dengan maksain image mobil ramah lingkungan akhirnya mereka delusional, kalo menurut saya ini lagi pada delusional massal dari EV fanboy sampe politukus dunia..... :big_bored:

sama mereka juga ngejar setoran target ngurangin efek global warming, yaaah kalo gak ngadi2x sih yang ini kadang lama2x curiga mereka juga ngadi2x padahal biang keroknya sebenernya dari hutan yang dirusak juga sama mereka kita aja yang jadi kambing item, gak pernah liat tuh dari mereka ada program yang aggresive buat benerin tuh hutan2x yang rusak :big_bored:

kalo urusan minyak kelapa itu ud bisa gantiin diesel sabutnya bisa di pake buat ganti batubara harusnya buat industri gak masalah, malah denger2x singapore coba isi minyak goreng buat gantii avtur, judulnya dengan kelapa kita ud punya Bahan bakar yang bisa di produksi terus menerus sebenernya kita ud banyak ngurangin ketergantungan sama minyak :big_think:
ChZ wrote: 29 Sep 2022, 22:38
kurang lebihnya tuh bapak2 kacamata uda ngebayangin kondisi kayak di indo, skenario yang bikin mass-EV adoption itu jatohnya impractical.

ketauannya nanti kalo sudah musim mudik atau libur akhir taun. gak usah nunggu kebakar, mau road trip aja range EV sekarang2 itu cuma buat sekali one-way. sekarang sih dengan yang pake masih dikit (mungkin gak sampe 1% populasi mobil), ya masih gak ngebayangin kalo EV sebenernya butuh infrastruktur jauh lebih besar dan lebih mahal. hubungannya udah ga linear tp eksponensial kalau bener-bener mau sustainable.

sekarang bayangin kalo mudiknya jakarta-surabaya atau jakarta-bali, ya emang non-stop driving 10-15hrs tidak aman juga jd bisa spare waktu buat bobok atau ngopi, tapi kalau sampe tengah jalan harus spare waktu buat charging sekitar +-2 jam itupun kalo gak antri dan gak ngaco chargernya, ya gak jadi praktis, sementara supir kl kuat melek sih power nap 15 menit aja dah cukup sisanya doping kafein sampe tujuan.

kalo chargernya matot, harus nambah semalem ke kota terdekat, itupun charging station cuma ada di hotel yang rate nya di atas 1jt per malem di high season krn langganan dipake staycation seleb2 bukan hotel kelas melati yang rawan dipake mesum rate nya di bawah 100k/malem atau OYO. gak jadi irit donk.

tipikal orang indo juga jarang sekali beli mobil khusus untuk urban aja kecuali orang kaya yang beli honda jazz luar kota pake alphard atau CRV. middle class indo tuh rata-rata punya 1 mobil kelas LCGC / LMPV buat segala kebutuhan dan kerja rata-rata masih pake motor. nyicil KPR rumah aja berdarah-darah boro-boro disuruh nambah mobil dan nambah daya listrik rumah. udah bener dia cm pake LCGC isi pertalite sebulan sekali aja buat pelesir.
nah ini di indo sendiri banyak orang tinggal di gang senggol ud kaya pun mereka tetep tinggal di gang senggol rumah gede mobil mewah cuma hari2x kemana2x mereka tetep naek motor karena males ngeluarin mobilnya :big_think:

di luar sih banyak kasus chargernya eror kadang cuma butuh reboot dari pusatnya cuma orang gak ngerti dan di lapangan juga gak ada yang ngawasin akhirnya eror berhari2x gak ada yang urus customer liat lsg cabs nyari yang laen :big_biglaugh:

Image

kalo dah gini ngangkut alat berat pake apalagi kalo bukan balik ke diesel :big_biglaugh:

pake EV bisa2x tiap 20km ngechass ud gitu ngechass dimana???? :big_biglaugh:

dengan ada cases begini keknya saya jadi ngerti kenapa cybertruck kagak nongol2x mungkin lagi pusing 7 keliling beresin trouble di area towing :big_biglaugh:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by daimler »

Suryaputra wrote: 30 Sep 2022, 07:24 https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1 ... aris-ludes

Mild hybrid
+ Mesin turbo

300HP on engine
Dpt tambahan powah dr motor listrik, jd 400 HP

Mayan jg itu batre sm motor listriknya.
Klopun 5 thn batre rusak, msh ada 300HP on engine yg bisa gerakin mobil seberat itu :upss:
Kalo kata scotty ntu brand 'endless moneh pit' :mky_03:
Tapi emg image yg udah terbangun emg pakai mobil inggris gengsinya dapet, padahal dari robust & reliabilitynya meh. Perusahaannya aja udah dijual ama empunya ke india, trs sekarang yg pegang chungkwo. Bikin mobil ICE aja menang di gengsi dan design, soal reliabilitynya gatau. Apalagi ini EV yaak :big_think:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

daimler wrote: 30 Sep 2022, 08:31
Suryaputra wrote: 30 Sep 2022, 07:24 https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1 ... aris-ludes

Mild hybrid
+ Mesin turbo

300HP on engine
Dpt tambahan powah dr motor listrik, jd 400 HP

Mayan jg itu batre sm motor listriknya.
Klopun 5 thn batre rusak, msh ada 300HP on engine yg bisa gerakin mobil seberat itu :upss:
Kalo kata scotty ntu brand 'endless moneh pit' :mky_03:
Tapi emg image yg udah terbangun emg pakai mobil inggris gengsinya dapet, padahal dari robust & reliabilitynya meh. Perusahaannya aja udah dijual ama empunya ke india, trs sekarang yg pegang chungkwo. Bikin mobil ICE aja menang di gengsi dan design, soal reliabilitynya gatau. Apalagi ini EV yaak :big_think:
Karismanya british car itu second to none :mky_03:

Reliability; no issue, karena buyernya gak diperbudak mobil, lembiru
Dompet gak bisa nekuk mbah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 30 Sep 2022, 08:54
Karismanya british car itu second to none :mky_03:

Reliability; no issue, karena buyernya gak diperbudak mobil, lembiru
Dompet gak bisa nekuk mbah :upss:
jadoel only.......masih pake design aristokrat sejak kena pengaruh modern sih agak2x luntur om apalagi jag yang masih cakep paling cuma aston sama defender :mky_03:

itu aja sebagai kaum mendang mending mendingan bronco lebih cakep :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

darrelund wrote: 30 Sep 2022, 02:25 gamungkin jg om 30-35 mah, org brand eropa gede aja udh pada protes terlalu mendadak & investasi mrk bisa ilang tuh

oe lupa di video apa, pokoknya channel terkenal lah. dia kunjungan ke pabrik merkedes klo ga salah. ditanyain tuh org pabrik "pilih ICE atau EV" mrk jawab ICE, alasannya bukan krn emisi, tpi krn investasi mrk udah gede di ICE, triliunan bisa bisa hangus klo pindah EV

klo US mah mileage gede jgn ditanya, kemana mana jg jauh :big_biglaugh:
yeap, sesumbar kanan kiri bilang mau phase out, padahal phase out tuh banyak banget yang harus diubah. untuk sekarang aja misalnya emang pabrikan infrastruktur pabriknya udah siap buat 100% hanya produksi EV, berapa % sih penjualan mercedes EV dibandingin versi bensin padahal.

akhirnya kalau gak ada yang beli, ya pabrikan bakal tetep utamain mesin ICE dalam produksinya. jelek jelek nambah hybrid investmentnya gak terlalu gede.
darrelund wrote: 30 Sep 2022, 02:14 yg herannya oe gapernah liat pemerintah manapun ngepush buat nanem pohon lebih yak, cara efisien buat nyerap carbon itu & murah lg. cuma butuh dikasih pupuk sama aer doang :big_biglaugh:
ya itu om elon musk maju mundur buat beli nikel indo krn ditekan NGO luar, bilang di indo deforestasinya tinggi. si opung panas lah udah pamer pamer ke seantero jagat salaman ma elon tp masih maju mundur :big_biglaugh:

kan biasa mbah poli-tikus maunya yang simsalabim selesai masalah lingkungan. pdhl hal-hal fundamental gak dikerjain dulu : restorasi dan perlindungan hutan, infrastruktur dan tata-kota yang bikin orang gak bergantung sama alat transportasi, ruang terbuka hijau, birth control, dll.
b0ku wrote: 30 Sep 2022, 07:47
di luar sih banyak kasus chargernya eror kadang cuma butuh reboot dari pusatnya cuma orang gak ngerti dan di lapangan juga gak ada yang ngawasin akhirnya eror berhari2x gak ada yang urus customer liat lsg cabs nyari yang laen :big_biglaugh:
wwkkwkwkwwk di sini padahal kebiasaan bisa ngebangun, gak bisa ngerawat :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 30 Sep 2022, 10:01
darrelund wrote: 30 Sep 2022, 02:25 gamungkin jg om 30-35 mah, org brand eropa gede aja udh pada protes terlalu mendadak & investasi mrk bisa ilang tuh

oe lupa di video apa, pokoknya channel terkenal lah. dia kunjungan ke pabrik merkedes klo ga salah. ditanyain tuh org pabrik "pilih ICE atau EV" mrk jawab ICE, alasannya bukan krn emisi, tpi krn investasi mrk udah gede di ICE, triliunan bisa bisa hangus klo pindah EV

klo US mah mileage gede jgn ditanya, kemana mana jg jauh :big_biglaugh:
yeap, sesumbar kanan kiri bilang mau phase out, padahal phase out tuh banyak banget yang harus diubah. untuk sekarang aja misalnya emang pabrikan infrastruktur pabriknya udah siap buat 100% hanya produksi EV, berapa % sih penjualan mercedes EV dibandingin versi bensin padahal.

akhirnya kalau gak ada yang beli, ya pabrikan bakal tetep utamain mesin ICE dalam produksinya. jelek jelek nambah hybrid investmentnya gak terlalu gede.
darrelund wrote: 30 Sep 2022, 02:14 yg herannya oe gapernah liat pemerintah manapun ngepush buat nanem pohon lebih yak, cara efisien buat nyerap carbon itu & murah lg. cuma butuh dikasih pupuk sama aer doang :big_biglaugh:
ya itu om elon musk maju mundur buat beli nikel indo krn ditekan NGO luar, bilang di indo deforestasinya tinggi. si opung panas lah udah pamer pamer ke seantero jagat salaman ma elon tp masih maju mundur :big_biglaugh:

kan biasa mbah poli-tikus maunya yang simsalabim selesai masalah lingkungan. pdhl hal-hal fundamental gak dikerjain dulu : restorasi dan perlindungan hutan, infrastruktur dan tata-kota yang bikin orang gak bergantung sama alat transportasi, ruang terbuka hijau, birth control, dll.
b0ku wrote: 30 Sep 2022, 07:47
di luar sih banyak kasus chargernya eror kadang cuma butuh reboot dari pusatnya cuma orang gak ngerti dan di lapangan juga gak ada yang ngawasin akhirnya eror berhari2x gak ada yang urus customer liat lsg cabs nyari yang laen :big_biglaugh:
wwkkwkwkwwk di sini padahal kebiasaan bisa ngebangun, gak bisa ngerawat :mky_03:
Kita bantu doa juga mbah,
generasi baby boomers itu spy bisa lenyap dr govt officials.
mending hiling hiling aja di masa sepuh.

mayoritas diganti sm generasi millenials dan Gen-z

Klo orang"nya sama, dan circlenya itu lagi itu lagi, hasilnya ya sama" juga

Minimal kita butuh orang yg mindsetnya spt Kang Emil lah
bangun sesuatu tp jg mikirin lingkungan, taman dipercantik juga :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 30 Sep 2022, 10:22 Kita bantu doa juga mbah,
generasi baby boomers itu spy bisa lenyap dr govt officials.
mending hiling hiling aja di masa sepuh.

mayoritas diganti sm generasi millenials dan Gen-z

Klo orang"nya sama, dan circlenya itu lagi itu lagi, hasilnya ya sama" juga

Minimal kita butuh orang spt Kang Emil lah :mky_03:
maunya jg gitu mbah.

pleciden sama DPR kalo bisa jangan ada yang di atas 55 tahun lah. sekarang tuh gila loh umur 70ish bisa nyalon presiden pdhl pemilihnya paling muda itu kelahiran 2000ish. jelas ramasok gagasan dan idenya.

jadi kader partai musti bayar upeti, pdhl harusnya kebalik : partai yang kasi duit buat kader biar bisa nyalon. ya anak muda dengan kemampuan finansial menengah ga bakal bisa nyalon. akhirnya muter-muter juga yang muda dan nyalon anaknya politisi boomer kaya raya.

terus menteri jatah-jatahan ini loh yang bikin makin kaco. mana menko-menkonya cukong semua.

kapan terjadinya? entahlah, namanya jg mimpi :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by MSU »

ChZ wrote: 30 Sep 2022, 10:35
Suryaputra wrote: 30 Sep 2022, 10:22 Kita bantu doa juga mbah,
generasi baby boomers itu spy bisa lenyap dr govt officials.
mending hiling hiling aja di masa sepuh.

mayoritas diganti sm generasi millenials dan Gen-z

Klo orang"nya sama, dan circlenya itu lagi itu lagi, hasilnya ya sama" juga

Minimal kita butuh orang spt Kang Emil lah :mky_03:
maunya jg gitu mbah.

pleciden sama DPR kalo bisa jangan ada yang di atas 55 tahun lah. sekarang tuh gila loh umur 70ish bisa nyalon presiden pdhl pemilihnya paling muda itu kelahiran 2000ish. jelas ramasok gagasan dan idenya.

jadi kader partai musti bayar upeti, pdhl harusnya kebalik : partai yang kasi duit buat kader biar bisa nyalon. ya anak muda dengan kemampuan finansial menengah ga bakal bisa nyalon. akhirnya muter-muter juga yang muda dan nyalon anaknya politisi boomer kaya raya.

terus menteri jatah-jatahan ini loh yang bikin makin kaco. mana menko-menkonya cukong semua.

kapan terjadinya? entahlah, namanya jg mimpi :mky_03:
mungkin mesti cocokin ama ramalan jayabaya dl om :big_think:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Bibieight »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 22:38
b0ku wrote: 29 Sep 2022, 14:36

liat aja kelas USA aja masih angan2x gimana indo :big_bored:

sekarang populasi masih dikit baru mulai berasa jadi masalah kalo orang2x mulai banyak pakai :big_bored:
kurang lebihnya tuh bapak2 kacamata uda ngebayangin kondisi kayak di indo, skenario yang bikin mass-EV adoption itu jatohnya impractical.

ketauannya nanti kalo sudah musim mudik atau libur akhir taun. gak usah nunggu kebakar, mau road trip aja range EV sekarang2 itu cuma buat sekali one-way. sekarang sih dengan yang pake masih dikit (mungkin gak sampe 1% populasi mobil), ya masih gak ngebayangin kalo EV sebenernya butuh infrastruktur jauh lebih besar dan lebih mahal. hubungannya udah ga linear tp eksponensial kalau bener-bener mau sustainable.

sekarang bayangin kalo mudiknya jakarta-surabaya atau jakarta-bali, ya emang non-stop driving 10-15hrs tidak aman juga jd bisa spare waktu buat bobok atau ngopi, tapi kalau sampe tengah jalan harus spare waktu buat charging sekitar +-2 jam itupun kalo gak antri dan gak ngaco chargernya, ya gak jadi praktis, sementara supir kl kuat melek sih power nap 15 menit aja dah cukup sisanya doping kafein sampe tujuan.

kalo chargernya matot, harus nambah semalem ke kota terdekat, itupun charging station cuma ada di hotel yang rate nya di atas 1jt per malem di high season krn langganan dipake staycation seleb2 bukan hotel kelas melati yang rawan dipake mesum rate nya di bawah 100k/malem atau OYO. gak jadi irit donk.

tipikal orang indo juga jarang sekali beli mobil khusus untuk urban aja kecuali orang kaya yang beli honda jazz luar kota pake alphard atau CRV. middle class indo tuh rata-rata punya 1 mobil kelas LCGC / LMPV buat segala kebutuhan dan kerja rata-rata masih pake motor. nyicil KPR rumah aja berdarah-darah boro-boro disuruh nambah mobil dan nambah daya listrik rumah. udah bener dia cm pake LCGC isi pertalite sebulan sekali aja buat pelesir.
Nah itu oom bener, mangkanya Hyundai taruh pricing di 800an juta kan ?, pasti yg beli mobilnya lebih dr satu, dan pasti banyak jg yg punya mobil non-mainstream macam baling2 biru, subie, mazdut, bahkan Wuling jg gt, pricingnya kan bener2 diatas harga benernya, jd memang target marketnya bener2 buat early adopters, sekalian buat baca profil pemakaiannya, buat roll out infrastructure seperti apa, profitability sharing di value chainnya seperti apa…..
Saya juga ndak bisa mbayangin kalo tahun ini juga LCGC dilistrikkan dan dijual < 200 juta, dengan profil pemakai LCGC yg yagitudehancurleburtotal bisa2 ada cerita orang bacok2an rebutan charger, terus banyak kejadian pada nyoloknya pake nyantol kabel listrik, terus batere setaun ancur gara2 cas 100% pakai sampai 0% tiap hari…. :big_biglaugh: :big_biglaugh: …..

Kayaknya sih jalan 2-3 taun, dgn data 1% mobil yg beredar dah EV rasa2nya dah bisa diekstrapolasikan dr pola pemakaiannya baik di sisi ATPM, provider infrastructure dll, untuk bikin business model yg bener, nah nantinya yg pegang data ini yg bisa untung besar… :big_peace: .
Kl kita perhatikan kit charger 7kW, SPKLU, meteran listrik rumah, itu semua dah nyambung internet ke server PLN lho…., ndak tau kl trafo2nya sih….
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Turboman »

Sampaikan ke bapak ini

https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/rea ... rbasis-bbm

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan menyetop seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat yang berbahan bakar minyak (BBM) atau fosil pada 2035.

Luhut mengatakan pemerintah serius untuk menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari, termasuk juga di pemerintahan.

- CUT -

..... Simpan mobil piston anda, akan jadi barang antik.........
mattsebastian7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 15 May 2016, 12:22

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by mattsebastian7 »

BEV meski sekarang udah mulai banyak yang bisa kasih range diatas 250 km - 500 km an, tetep tidak bisa dipungkiri kalau teknologi yang menghambat BEV & hybrid ya dari baterenya itu sendiri.

Seandainya kalau ada breakthrough di teknologi batere yang bisa memungkinkan energy density jauh lebih bagus dibanding batere Lithium sekarang, bisa charge cepet & bisa di mass produce (murah)

Kalo ga salah kan yang teknologi terakhir kan ada solid state battery ya yg energy densitynya lebih bagus & resiko ledakan / kebakaran yang hampir ga ada dibanding lithium. Cuma ya balik lagi, teknologi masih baru > mahal > belum bisa mass produce :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Turboman »

Sekedar opini pribadi

Nissan Kicks Batere brp Kw ?

memang ini kendala di hybrid ya, batt kecil, saat batt KO = lumpuh lah mobil

Kalo EV batt gede2, jika batt menurun masi ada ruang utk bergerak

baca2 pendapat user & bengkel luar, rata2 opini mereka mobil ICE atau EV.......pada gak anjurkan hybrid

Kalo mau baca2 bisa follow Fb nya EV Clinic (Croatia)

banyak artikel di situ mobil2 EV mana aja yg harga batere nya "Rampok" (Merc B / PSA yg sejauh saya baca)

uniknya Tesela termasuk yg agak miring harga batt aftermarket nya

* Disclemer *
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post