Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Bpurna »

Maaf baru baca agak jelas.
Jd kan itu kicksnya mesin gak mau mati, tarikan boyo, boros, batre tdk mau penuh2.

Mgkn yg bs dicoba sendiri kalau beres tdk ada solusinya:
1. Pastikan kap mesin tutup rapet
2. Aki 12volt itu bs jd biang kerok. Coba di cek.
3. Bensin apakah ada ganti? Mgkn bikin efek boros. Saya biasa pertalite, tp sejak naik harga dan issue beda kualitas kok kayaknya memang berasa lbh kasar dan boros. Tapi ga bs dibuktiin.
4. Pake eco mode atau S? Beda banget itu respons tarikannya.
5. Tekanan angin ban. Saya pakai tpms tambahan jd enak pantaunya.
6. Ac juga pengaruh, matiin ac range akan tambah 30km an di mid.
7. Gaya setir. Paling irit pulse and glide. Trik nya kalo saya biasa narik dikit, trus masukin netral aja, mendekati berenti lgs masuk D lagi, regen sampe berenti. Hampir tdk perlu injak pedal apapun juga kalau sdh biasa.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon Oct 03, 2022 8:13
Bpurna wrote: Mon Oct 03, 2022 8:03
Maaf om, itu sebenernya kicksnya skrg problemnya apa? Kalau tdk salah skrg jadi boros yah? Dibawah 15km/ltr?

Ada bbrp cara utk test nya sih. saya biasa memang suka mereset avg fuel cons.
1. Pagi nyalain trus reset lgs, karena mesin baru nyala dan belum panas, biasanya cons di 12-15km/l, tapi kalau udh jalan 5km plus biasanya sdh naik jd 20-22 km/l.

2. Kalau mau agak curang, reset setelah mesin panas, batre full. Nah cons nya kan pasti 99km/l, trus setelah jalan 10km plus dia akan stabil di 22-25km/ltr.

3. Kalo om reset, trus jalan driving normal 20-30km tapi cons dibawah 15km/ltr sih itu fix ada yg salah. Mnurut saya kicks ini ngebut2an banget masih dapet di 15km/l plus, santai di 18-20km/l, eco banget bisa 20-25km/ltr.
justru setelah di reset jadinya 13.8 km/l om. itu fotonya ada di page 1. dengan kondisi batre ngedrop parah.

terakhir SA nissan coba bisa 26 km perliter dan kondisi batre full, tapi kalau kata cewe ane ya emang bisa full, abis itu pake aja beberapa kilo langsung drop lagi.

kmrn mau coba batal terus gak bisa keluarin mobilnya.
Ga coba email atpm mbah? Sayang aja beli mbl 400jt lebih demi batere (value aslinya paling 300an kalo mbl bensin) eh cuman 2 thn batere kaya gitu. Kalo saya sih mending kontak atpm, minta pembuktian objektif kapasitas batere melalui obd. Mungkin bakalan di beres luar kota tp ya bela2in dah buang waktu 1-2 hari demi mbl nyaman. Lagian malesin banget beli mbl hybrid tp FC sama kayak mbl gasoline :big_weee:

Tp emang duit ga bohong, Tuh montir2 vw pik aja bisa troubleshoot golep2 yg uda tuned up. Padahal harusnya ga ada di diktat training mereka. Saking banyaknya golep yg tuned dan beres cuma dikit :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Mon Oct 03, 2022 6:56
darrelund wrote: Mon Oct 03, 2022 6:44
lah ya makanya itu

kan oe bilang, tesla sama rivian kyk kg mau dikasih duit. batere segala di cor, klo ganti per pack scr business emg lebih untung

hemat tempat, dan biaya per packnya bisa lebi dimahalin.

bisa" tar makin kita banyak beli pack makin dibikin ilusi tambah murah :big_biglaugh:

1x pack 115jt, 2x pack 195jt (harusnya 230jt). sebuah ilusi lebi murah, pdhl ud untung gedeeee :big_biglaugh:

itu jason fenske yg engineering explained aja mau bli sparepart tesla susah bener, dilempar sana sini.

brand laen mau beli sparepart dengan senang hati overcharge :big_biglaugh:
:mky_03: KEKNYA ada yang gak nyambung ni om saya jelasin dulu

module itu jadi bagian kecil belinya nyicil kalo rusak biasanya jadi 4-5-6 module

kalo pack whole battery jadi kalo rusak ganti semua :mky_03:

module itu bisa jadi Biased info padahal jatohnya bakalan lebih mahal dari pack :mky_03: tapi module bisa nyelametin owner yang lembiru gitu mobil beres lsg jual beli baru :mky_01: jadi bisa di bilang WIN WIN sih yang lose ya yang bego aja ud tau rusak ud dibenerin bukanya dijual malah tetep di pake :wkkk:

tesla emang ngelock mobilnya mereka doank yang boleh service ya sama aja kek iphone harusnya barang kek gini dijauhin kasusnya ya kek john dereee tuh di resein jadinya :big_bored:
iya um oe fahammm

ketuker pack sama module :big_biglaugh:

tapi ya bener win win um, pabrikan bisa ngambil cuan gampang bgt ituh permodule.

makanya heran jg tesla pke dikunci kunci segala. padahal klo di open gitu malah bisa lebi untung lho......

tar tinggal kuncinya sama software aja. apple kan skrg gitu, klo ga ori muncul warning mulu. harusnya tesla jg bisa tuh

software bisa diakalin, tar klo kedetect ga ori tinggal turunin performa & bbrp fitur dimatiin "karena safety"

oe jd ngasih ide nih :mky_07:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Bibieight »

darrelund wrote: Mon Oct 03, 2022 10:46
b0ku wrote: Mon Oct 03, 2022 6:56
darrelund wrote: Mon Oct 03, 2022 6:44
lah ya makanya itu

kan oe bilang, tesla sama rivian kyk kg mau dikasih duit. batere segala di cor, klo ganti per pack scr business emg lebih untung

hemat tempat, dan biaya per packnya bisa lebi dimahalin.

bisa" tar makin kita banyak beli pack makin dibikin ilusi tambah murah :big_biglaugh:

1x pack 115jt, 2x pack 195jt (harusnya 230jt). sebuah ilusi lebi murah, pdhl ud untung gedeeee :big_biglaugh:

itu jason fenske yg engineering explained aja mau bli sparepart tesla susah bener, dilempar sana sini.

brand laen mau beli sparepart dengan senang hati overcharge :big_biglaugh:
:mky_03: KEKNYA ada yang gak nyambung ni om saya jelasin dulu

module itu jadi bagian kecil belinya nyicil kalo rusak biasanya jadi 4-5-6 module

kalo pack whole battery jadi kalo rusak ganti semua :mky_03:

module itu bisa jadi Biased info padahal jatohnya bakalan lebih mahal dari pack :mky_03: tapi module bisa nyelametin owner yang lembiru gitu mobil beres lsg jual beli baru :mky_01: jadi bisa di bilang WIN WIN sih yang lose ya yang bego aja ud tau rusak ud dibenerin bukanya dijual malah tetep di pake :wkkk:

tesla emang ngelock mobilnya mereka doank yang boleh service ya sama aja kek iphone harusnya barang kek gini dijauhin kasusnya ya kek john dereee tuh di resein jadinya :big_bored:
iya um oe fahammm

ketuker pack sama module :big_biglaugh:

tapi ya bener win win um, pabrikan bisa ngambil cuan gampang bgt ituh permodule.

makanya heran jg tesla pke dikunci kunci segala. padahal klo di open gitu malah bisa lebi untung lho......

tar tinggal kuncinya sama software aja. apple kan skrg gitu, klo ga ori muncul warning mulu. harusnya tesla jg bisa tuh

software bisa diakalin, tar klo kedetect ga ori tinggal turunin performa & bbrp fitur dimatiin "karena safety"

oe jd ngasih ide nih :mky_07:
Nah ntar lama2 ada orang jual jasa jailbreak kan, terus sebagian modul diganti batere yg C ratingnya gede, total pack yg tdnya C ratingnya max 2-3 di bypass dijadiin 5, kejadian deh pada mbledug semua…. :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Tuner EV tu ntar ndak ada yg bau bensin, olie, otot gede2 mainan wrench, yg ada modal colok USB oprek2 di Notebook….. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Mon Oct 03, 2022 11:24

Nah ntar lama2 ada orang jual jasa jailbreak kan, terus sebagian modul diganti batere yg C ratingnya gede, total pack yg tdnya C ratingnya max 2-3 di bypass dijadiin 5, kejadian deh pada mbledug semua…. :big_peace: :big_peace: :big_peace: . Tuner EV tu ntar ndak ada yg bau bensin, olie, otot gede2 mainan wrench, yg ada modal colok USB oprek2 di Notebook….. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
TUNER ev badannya gede2x om batre berat itu badan gede tampang culun pake kacamata :big_biglaugh:

bau motherboard om :wkkk:

makannya saya bilang tesla cuma bisa nguasain market first world country kalo negara kayak kita mah dijamin cuma jadi merek idup segan mati gak mau
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by nyotsaeba »

Palingan last resort ngadu ke atpm pusat om mod.

Ini sy jg barusan stori sama dealer merek nihon yg ktnya ASS nya paling top. Pas tahun lalu beli kan dpt remote alarm cuma sebjii. Uda capeee 10 bulan tanyain ke dealer, remote cadangan saya manaaaa???? Cuma dijawab belum ada info dari atpm pusat, ga berani janjiin brp lama... WTH???

Minggu lalu ngadu ke atpm lewat hotline, hasilnya ga sampe seminggu tuh remote dikirim ke dealer....



User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon Oct 03, 2022 9:13 Ga coba email atpm mbah? Sayang aja beli mbl 400jt lebih demi batere (value aslinya paling 300an kalo mbl bensin) eh cuman 2 thn batere kaya gitu. Kalo saya sih mending kontak atpm, minta pembuktian objektif kapasitas batere melalui obd. Mungkin bakalan di beres luar kota tp ya bela2in dah buang waktu 1-2 hari demi mbl nyaman. Lagian malesin banget beli mbl hybrid tp FC sama kayak mbl gasoline :big_weee:

Tp emang duit ga bohong, Tuh montir2 vw pik aja bisa troubleshoot golep2 yg uda tuned up. Padahal harusnya ga ada di diktat training mereka. Saking banyaknya golep yg tuned dan beres cuma dikit :big_biglaugh:
yah itu mobil aslinya naikan jg gak lebih enak dari HRV. wkwkwkwkw. makanya gw kalo disuruh beli sendiri ya gak mau. udah mah trust issue sama mereknya, ngga selera sama listrik, mahal lagi.

mungkin tuh VW satu satunya ATPM yang ngga nolak warranty dengan kondisi mobil tuned :big_biglaugh: malah beberapa dealernya nawarin tuningbox tuh dulu awal2 TSI muncul :mky_03:
nyotsaeba wrote: Mon Oct 03, 2022 14:21 Palingan last resort ngadu ke atpm pusat om mod.

Ini sy jg barusan stori sama dealer merek nihon yg ktnya ASS nya paling top. Pas tahun lalu beli kan dpt remote alarm cuma sebjii. Uda capeee 10 bulan tanyain ke dealer, remote cadangan saya manaaaa???? Cuma dijawab belum ada info dari atpm pusat, ga berani janjiin brp lama... WTH???

Minggu lalu ngadu ke atpm lewat hotline, hasilnya ga sampe seminggu tuh remote dikirim ke dealer....
nanti mungkin ane akan sarankan buat ngadu ke ATPM. :mky_03: tinggal gimana putusan camer ni mobil jadi ditarik lagi ke BSD apa kaga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by TUFF Stough »

ice mo phase out

rwd mo phase out

tipi analog mo phase out

kompor gas mo phase out (walopun ditunda)

ini ngejar ketinggalan ato revolusi?

sekalian aja civilization di-phase out
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by timbermaniac123 »

TUFF Stough wrote: Tue Oct 04, 2022 4:57 ice mo phase out

rwd mo phase out

tipi analog mo phase out

kompor gas mo phase out (walopun ditunda)

ini ngejar ketinggalan ato revolusi?

sekalian aja civilization di-phase out
Rata2 hampir semua negara menargetkan phase out ice di 2030+. Indonesia sendiri yang startnya telat, hybrid di luar sduah tren dari 10 tahun lalu, kita tren hybrid dilongkapin.

kompor gas jadi listrik mah karena emang pln nya yg oversupply, maksain kebijakan demi kepentingan pribadi :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Tue Oct 04, 2022 5:35
TUFF Stough wrote: Tue Oct 04, 2022 4:57 ice mo phase out

rwd mo phase out

tipi analog mo phase out

kompor gas mo phase out (walopun ditunda)

ini ngejar ketinggalan ato revolusi?

sekalian aja civilization di-phase out
Rata2 hampir semua negara menargetkan phase out ice di 2030+. Indonesia sendiri yang startnya telat, hybrid di luar sduah tren dari 10 tahun lalu, kita tren hybrid dilongkapin.

kompor gas jadi listrik mah karena emang pln nya yg oversupply, maksain kebijakan demi kepentingan pribadi :wkkk:
lagian barat aneh katanya free market tapi bikin kebijakan baunya fasis gini :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by gwsecretc »

Sundul thread lama..

https://otodriver.com/berita/2023/nissa ... isdceadnda

“pihak Nissan mengatakan bahwa ada masalah pada Blow By Hose and Vehcile Control milik Kicks. Sementara untuk Leaf, Nissan menganjurkan kepada pemiliknya datang untuk mengecek Vehicle Control modul.”

Buruan cek om @chz, sapa tau masuk recall