Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Asfur »

Bicara soal kendaraan manusia ini sbnrnya hanya memindahkan polusi dari polusi 1 ke polusi lainnya, tinggal mana yg lbh parah nyisain polusinya.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.

Filing2 ane, mobil EV udah dibikin mirip kayak smartphone raksasa dgn roda, once you buy Samsung Flip dan menjualnya 1 atau 2 taon kmdn harganya udah drop 50%, yg beli seken nerusin pake dan tinggal liat baterenya tahan brp lama lagi, kalo udah soak yah tinggal dibuang aja.
Contoh nyata, sy punya jam Amazfit bergaransi resmi, pake 2 tahunan terus batere soak, dan ngk bisa charge full. Ane telpon lah itu CS nya dan dibilang, ngk bisa svc om.....lah kalo gitu garansi buat apa......garansi itu kalo ada kerusakan kami ganti baru, atau kami kanibal dgn part jika ada, tp kalo udah ngk garansi yah sudah tidak bisa di svc lagi om.....yah sudah mau gmn lagi, beli lagi lah jam digital baru dan tetep belinya amazfit,.....krn murmer....rusak buang.
Dan mgkn ini yg jg bakal kejadian di mobil EV.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9520
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

Asfur wrote: 29 Sep 2022, 08:56 Bicara soal kendaraan manusia ini sbnrnya hanya memindahkan polusi dari polusi 1 ke polusi lainnya, tinggal mana yg lbh parah nyisain polusinya.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.

Filing2 ane, mobil EV udah dibikin mirip kayak smartphone raksasa dgn roda, once you buy Samsung Flip dan menjualnya 1 atau 2 taon kmdn harganya udah drop 50%, yg beli seken nerusin pake dan tinggal liat baterenya tahan brp lama lagi, kalo udah soak yah tinggal dibuang aja.
Contoh nyata, sy punya jam Amazfit bergaransi resmi, pake 2 tahunan terus batere soak, dan ngk bisa charge full. Ane telpon lah itu CS nya dan dibilang, ngk bisa svc om.....lah kalo gitu garansi buat apa......garansi itu kalo ada kerusakan kami ganti baru, atau kami kanibal dgn part jika ada, tp kalo udah ngk garansi yah sudah tidak bisa di svc lagi om.....yah sudah mau gmn lagi, beli lagi lah jam digital baru dan tetep belinya amazfit,.....krn murmer....rusak buang.
Dan mgkn ini yg jg bakal kejadian di mobil EV.
ya emang spt itu om.
EV ini fully electric. Mulai dr power steering, braking system, kompresor AC, dsb semua dikontrol secara elektronik dan computerized.

Jadi klo ada yg rusak, bisa merembet (chain reaction) sampai ke pcb dan micro chip controller nya.
bahasa simple nya gtu.

Karena sistemnya modular, terlalu risky untuk diservis apalagi disolder" gtu :big_biglaugh:
jadi klo ada yg rusak? ya ganti 1 modul baru.
udah makin banyak yg rusak, ya dijual apa adanya, dan beli EV yg baru.

Contoh: spt CPU gaming,
klo rusak VGA nya, kan gak bisa diservis, yg ada muncul artifact images, jadinya ya ganti utuh 1 VGA baru.
Rusak processornya, ganti utuh processornya.
Motherboard, RAM, SSD, dsb, rusak jg lembiru.

Emang EV ini marketnya untuk orang yg diijinkan Tuhan; punya kelebihan uang.
Beli baru gak perlu mikir panjang, tinggal SPK, cicil/cash, bawa pulang.
gak diperbudak mobil

Gak usah mikir resale value, apalagi buat liquid jual cepet.
Ya ikhlaskan aja di masa depan, klo rusaknya dah merembet kmn".
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: 03 Apr 2009, 19:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ninodiablo »

IONIQ5 Battery packnya pake liquid coolant, enggak kyk sodara2nya di batu makam yg msh air coolant, jd kl di tes posisi diem udh pasti adem yg IONIQ5, kl si daun sm kicks udh pasti lbh panas.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Syauqi »

Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.

Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual :big_biglaugh:
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..

Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9520
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

Syauqi wrote: 29 Sep 2022, 09:29 Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.

Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual :big_biglaugh:
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..

Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
yahh gak heran mbah,
tiga cyl kapasitas total 1 liter.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Syauqi wrote: 29 Sep 2022, 09:29 Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.

Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual :big_biglaugh:
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..

Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
makannya belakangan kalo ada nanya beli mobil tapi masih mikir BBM lsg saya suruh beli raize atau rocky 1.0 turbo mau loe apain juga bisa kalo berasa kurang power, handling parts pasti banyak karena JDM asal kuat duitnya aja :ngacir:
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Syauqi »

Suryaputra wrote: 29 Sep 2022, 09:31
yahh gak heran mbah,
tiga cyl kapasitas total 1 liter.
Kalo saya tetep heran krn saya sendiri pake mobil itu, paling irit ngitung full to full pertalite dapet 19,4km/l. Tapi ntahlah saya belum pernah coba juga pengujian ala mereka, krn itu saya itung dgn kondisi mobil udh dipake bbrp hari.

Apalagi ntu mesin kaga ada teknologinya apa2 wkwk
b0ku wrote: 29 Sep 2022, 09:33
makannya belakangan kalo ada nanya beli mobil tapi masih mikir BBM lsg saya suruh beli raize atau rocky 1.0 turbo mau loe apain juga bisa kalo berasa kurang power, handling parts pasti banyak karena JDM asal kuat duitnya aja :ngacir:
Mesin turbo tapi karena orang2 pada nganggep mesinnya sama kaya agya jadinya diisi pertalie HAHA kalo mau pake sebentar 3 tahun jual gapapa dah paling yg apes ya yg ngelanjutin ngerawatnya.

Raize/Rocky turbo itu sebenarnya potensial buat jadi bahan ya, remap dikit setting buat minum RON 95/98, modif mesin dikit" udah deh 0-100 bisa sub 8s. Kalo ga jebol aja itu DCVT nya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9520
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

Syauqi wrote: 29 Sep 2022, 09:58
Suryaputra wrote: 29 Sep 2022, 09:31
yahh gak heran mbah,
tiga cyl kapasitas total 1 liter.
Kalo saya tetep heran krn saya sendiri pake mobil itu, paling irit ngitung full to full pertalite dapet 19,4km/l. Tapi ntahlah saya belum pernah coba juga pengujian ala mereka, krn itu saya itung dgn kondisi mobil udh dipake bbrp hari.

Apalagi ntu mesin kaga ada teknologinya apa2 wkwk
b0ku wrote: 29 Sep 2022, 09:33
makannya belakangan kalo ada nanya beli mobil tapi masih mikir BBM lsg saya suruh beli raize atau rocky 1.0 turbo mau loe apain juga bisa kalo berasa kurang power, handling parts pasti banyak karena JDM asal kuat duitnya aja :ngacir:
Mesin turbo tapi karena orang2 pada nganggep mesinnya sama kaya agya jadinya diisi pertalie HAHA kalo mau pake sebentar 3 tahun jual gapapa dah paling yg apes ya yg ngelanjutin ngerawatnya.

Raize/Rocky turbo itu sebenarnya potensial buat jadi bahan ya, remap dikit setting buat minum RON 95/98, modif mesin dikit" udah deh 0-100 bisa sub 8s. Kalo ga jebol aja itu DCVT nya
coba mattin ac mbah
hahahaha.

AC itu bikin beban mesin cukup besar, klo kapasitas nya <1.8L
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

b0ku wrote: 28 Sep 2022, 11:20 ini yang selalu saya omong cuma tuhan yang tahu batre itu tewasnya kapan ud koma aja kita bisa kagak tau, bagus kalo ada warranty kalo gak da apa gak bolong tuh kantong ngirit belom seberapa ud kena cost gede :mky_03:

saya curiga pihak nissan lagi tahap denial karena mereka juga males ngurus claim garansinya :big_bored:
mending BEV sekalian um, pusing sekalian aja dah. atau ICE biasa

beli hibrid modelan begini ribet, ud mesti rawat mesin, mesti nabung buat batere pula

jadi dobel dobel, ujungnya gada yg dihemat
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling

tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg

kicks gitu jg ga ya?

masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest :big_biglaugh:

hibrid toyota aja ga segitunya :big_biglaugh:

lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

darrelund wrote: 29 Sep 2022, 10:11 mending BEV sekalian um, pusing sekalian aja dah. atau ICE biasa

beli hibrid modelan begini ribet, ud mesti rawat mesin, mesti nabung buat batere pula

jadi dobel dobel, ujungnya gada yg dihemat
sama aja om EV dan Hybrid cuma bedanya EV batre lebih long last aja cuma 2 2nya sama2x buat gorok duit :mky_03:

EV apa yang di hemat cost batrenya juga 2-10x harga batre hybrid juga om :mky_03:

kalo omongin irit BBM itu cuma orang kaya aja om ntar di itung2x juga lebih buang duit banyak karena belom tentu mereka abuse pake gila2xan, yang modelan saya mau beli apa2x bundle aja mikir duitnya bisa buat yang laen ya beli EV ibarat beli makanan bundle jatohnya lebih murah tapi gak tau dipake apa kagak sampe masa expired :big_biglaugh:

soalnya batre itu bisa di abuse sampe kilometer gila2xan selama umurnya di bawah masa garansi biasa kalo di tesla 300.000 mile pun baek2x aja mungkin baru tewas pas 400-500rban mile slama umurnya di bawah 5-8thn nah kalo pakenya gini ya gak bakalan rugi masalahnya di indo apalagi jakarta pake mobil sampe 300rb km aja gak gampang saya banyak jual mobil exs taxi mayoritas kilometer juga 200-300rban soalnya :mky_03: bahkan mobil umur 20thn pun jarang masuk angka 300rb :big_biglaugh:
darrelund wrote: 29 Sep 2022, 10:15 ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling

tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg

kicks gitu jg ga ya?

masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest :big_biglaugh:

hibrid toyota aja ga segitunya :big_biglaugh:

lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
kebiasaan om teknologinya baru tapi ngejar setoran tuningnya juga suka ngawur paling parah di kasus livina L11 dari 110 ke 115hp 5hpnya buat ngeden di CVT mana lebih letoy pula dari 4AT , dulu seneng banget pertama bawa L11 bisa nyobain livina baru eh malah kuciwa tau gitu bawa l10 aja deh :wkkk:

kalo mereka bisa phase out paling susah itu nyingkirin diesel :big_biglaugh:

di us ud banyak kasus SUT EV gak sanggup towing jauh range drop dari 500 bisa ke 80mile :wkkk:

mungkin salah satu alesan cybertruck gak keluar2x sampe sekarang masih nyari formulanya sampe bego...... :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

daimler wrote: 28 Sep 2022, 16:05 "EV is a not a solution because combustion engine is not the problem"
Emang peralihan dari ICE ke EV ini bukan berarti bikin emisi jd berkurang, udara lebih bersih, langit lebih cerah, lingkungan lebih terawat. Media mainstream+government pula pake gembor2in isu lingkungan terselesaikan dengan beralih ke EV padahal lebih berefek kalo kontrol emisi dilakukan ke industri pabrik2, manufaktur, tambang, dll dibanding kendaraan pribadi.

Peralihan dari karbu ke injeksi dulu ga seperti ICE ke EV karena yg berubah cuma sistem penyaluran bbm nya. Sumber bbm nya masih sama. Ya kalo agenda ini terlaksana apalagi first world country pd ngasi subsidi buat beli EV bahkan beberapa jalan hanya bisa dilalui pakai EV di cina sono, ICE ga boleh lewat.
Ya wasalam kita liat isu2 problema batere EV di masa depan :big_dunno:
kalau d indo yang vokal ngomong gini si opung dan govt officials, ane udah ga liat sisi environmentalnya dimana :mky_03:

bahkan peralihan steam engine ke ICE pun sebenernya gak kayak ICE ke EV. gw yakin dulu zaman steam engine ke ICE gak sulit tuh mekanik adaptasi wong sama-sama mekanikal.
ac235287 wrote: 28 Sep 2022, 17:31 Worst of both worlds, ini mungkin yg tepat ya. Kenapa?

Karena klo rusak salah satu nya itu mobil jd rongsokan. Dia produce pollutants of the both worlds hahahaha asap iya, limbah oli iya nah tetep aja ntar punya limbah batere.

Secara maintenance dia bawa headache both worlds, masalah2 kerusakan ICE nya dan motor listrik/batere.

Nahh dia bakal makan biaya tinggi buat maintenance, karena butuh tools dan skill of both worlds. Tools buat ICE dan listrik nya. Skilset engineer/tech nya juga musti ada buat both worlds hahahaha.

Kalo Masi mau hybrid, Mending ambil yg paralell hybrid macam Camry/Honda punya. Atau sekalian EV. Biar sakit kepalannya di one world aja hahaha. Peace ya. Just my 50 rupiah.
hybrid itu sebenernya recipe for disaster mau secanggih apapun cooling system itu batre doomed to fail. batrenya kecil otomatis jadi sering habis = sering charge. masalahnya gak ngerti juga kapan nge charge nya suka-suka sistemnya. kebetulan di batu makam tendangan dulu ane TD punya dealer, tuh genset kalo dibejeg hampir 100% nyala terus. udah boros ngebunuh batre. wkwkwkwkwk.
Joehard30 wrote: 28 Sep 2022, 18:37
Harusnya secara teori, model kicks ini lebih simpel dan well proven drpda hybrid yg lain yg masih pake transmisi. Udah berdekade2 Loko kereta pake drivetrain serupa kan diesel-elektrik, batu makam aja yg ngehek paling, g serius2 amat trouble shooting nya
makanya om saya udah males sama ini merek sejak punya T32 dulu, durabilitynya kelas chinese car. desain mekanikal juga setengah mateng banyak banget yang punya masalah long term. too much corners cut.

kalau batre udah kena sih to be expected. mo bilang gini gak enak sama camer pdhl gw mau saranin udah lem biru aja beliin HRV SE :big_biglaugh:
kingpower wrote: 29 Sep 2022, 01:06 Wah mau nikmatin hybrid series malah jadi dongkol ya om chz.
Ditunggu update penanganannya ya om. Semoga cepet kelar masalahnya.

Padahal di indo kalo ga salah garansi batre nya lumayan lama ini 8th compare to toyota lineup yang cuma 5 tahun
wkwkwkwk ce ane pdhl udah seneng banget ini mobil irit banget. ternyata baru pake setaun bikin kesel :big_biglaugh:

kata om ween waktu itu sistem epower garansinya 5 tahun.
Syauqi wrote: 29 Sep 2022, 09:29 Barusan ngeliat videonya Moladin, uji komparasi Agya 1200cc vs Brio old 1200cc vs Ayla old 1000cc, semuanya pake transmisi manual.
Ga nyangka bener itu ayla 1000cc bisa dapet 29,7km/l full to full pertamax dgn rute mayoritas toll jalanan lancar, jarak sekitar 78,5km.

Nah dari video itu kesimpulannya adalah.. mari kita balik lagi pake lcgc manual :big_biglaugh:
Walaupun kaga enak yg penting bensin irit, perawatan murah, nyetirnya gampang, dijual lagi juga gampang..

Wah saya ngomong kaya gini bisa2 ditimpuk netizen si paling car enthusiast nich wkwkwk
jepang sebenernya udah paling bener solusi buat urban transport ya bikin aja kebijakan kei-car / small car. cc maksimal 660cc + turbo. dimensi maksimal sekian x sekian. maksimalin aja yang sudah ada.

EV terlalu gede lah yang harus disiapin. investment nya ngga sebanding dengan efek ke lingkungannya alias sama-sama buruk juga.
Asfur wrote: 29 Sep 2022, 08:56 Bicara soal kendaraan manusia ini sbnrnya hanya memindahkan polusi dari polusi 1 ke polusi lainnya, tinggal mana yg lbh parah nyisain polusinya.
Inget dong, dulu sblm ada mobil....orang2 bepergian dgn kereta kuda, ini ngk ada polusi pabrik2, asep2 kendaraan, tapi TAI kuda bikin polusi dijalanan2 dan kata orang tua dulu kalo ada lecet dan jato ke tai kuda, bisa langsung tetanus......akhirnya teknologi motor ditemukan dan mulai lah kuda ditinggalkan dan berganti ke mobil dgn bbm fosil, polusinya yah asap mobil dan limbah mobil.......skrg mau bikin EV, udah pasti polusi asep dipindahin ke penambangan bahan baku, pabrik2 yg produksi batere, dan yg pasti baterenya juga bakal jadi limbah, entah sampe seberapa worth di daur ulang, tp kayaknya batere ABC aja kalo udah mati juga ngk ada yg refurbish jadi batere ABC seken.
fun fact sebenernya pake kuda pun emisinya tidak lebih bersih daripada mobil bensin wkwkwkkwkw.

emission free itu emang susah sih selama ada orang ya pasti menghasilkan emisi. kita idup aja sbenernya udah bikin emisi.

paling bener solusi energi itu ya population control dan infrastruktur kota dulu :big_bored: selama orang dibiarin beranak terus ya gak kelar-kelar. bbrp negara kan ada tu yang ngatur birth control. indo tuh termasuk pesat, liat aja tiap weekend venue kondangan selalu rame. :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by MSU »

ditunggu perkembangan kasusnya om...
sbtlnya hybrid model kick atau corolla cross ni paling cocok sebelum era full ev
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

darrelund wrote: 29 Sep 2022, 10:15 ya gimana kaga cpt drop, org masih air cooling

tpi sistem cooling batere kicks tu gimana ya? klo toyota ama oonda kan ambil dari udara dingin ac jg

kicks gitu jg ga ya?

masa 20 rebu baru drop, nissin at its finest :big_biglaugh:

hibrid toyota aja ga segitunya :big_biglaugh:

lagian phase out ICE jg masi lama, jauh diatas 2030, oe perkirakan 2040 lah baru mulai
yang pada bilang 2030-2035, gw yakin ntar juga mundur2. dulu ada yang bilang 2020 jg pada mundur.

industri maksa kita tuh ganti mobil 5 tahun sekali. 5 tahun keluarin model lebih baru, lebih keren. dipaksa ngikutin model terus.

padahal kalau dipikir-pikir mobil usia 20 tahun tuh masih oke lho. di USA pada mileage nya serem-serem tuh honda civic sama toyota corolla. blom ada major repair sama sekali. bahkan ampe VW atau shirr repairing plisurr emang ganti apa mesinnya paling paking2 rembes aja sama sensor2 ama karet interior lainnya masih works.

lha mobil idola forum ini, innivii dijil mitic, tarohan ama gw 10 tahun lagi jg blom ada repair serius. blom ngomong literal tank macem land cruiser. 50 thn juga masih jalan.

gak yakin hybrid atau EV bisa gini. minimal thn ke 7-8 batre udah kenapa-napa.

jadi ICE lebih sustainable donk malahan :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 10:49 yang pada bilang 2030-2035, gw yakin ntar juga mundur2. dulu ada yang bilang 2020 jg pada mundur.

industri maksa kita tuh ganti mobil 5 tahun sekali. 5 tahun keluarin model lebih baru, lebih keren. dipaksa ngikutin model terus.

padahal kalau dipikir-pikir mobil usia 20 tahun tuh masih oke lho. di USA pada mileage nya serem-serem tuh honda civic sama toyota corolla. blom ada major repair sama sekali. bahkan ampe VW atau shirr repairing plisurr emang ganti apa mesinnya paling paking2 rembes aja sama sensor2 ama karet interior lainnya masih works.

lha mobil idola forum ini, innivii dijil mitic, tarohan ama gw 10 tahun lagi jg blom ada repair serius. blom ngomong literal tank macem land cruiser. 50 thn juga masih jalan.

gak yakin hybrid atau EV bisa gini. minimal thn ke 7-8 batre udah kenapa-napa.

jadi ICE lebih sustainable donk malahan :mky_03:
masalahnya ICE itu dicari2x mulu kesalahannya apalagi di amrik EPA ud jadi Ev Protection Agency ditambah si musk ngomporin mulu :big_bored:

yang tua2x aja di incer lewat smog test :big_bored:

tapi EV keknya bebas banget kek mesin gak punya dosa :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 29 Sep 2022, 10:58
masalahnya ICE itu dicari2x mulu kesalahannya apalagi di amrik EPA ud jadi Ev Protection Agency ditambah si musk ngomporin mulu :big_bored:

yang tua2x aja di incer lewat smog test :big_bored:
elon musk padahal hipokrit abis,

liat aja koleksi mobilnya dia emang EV semua :mky_03: sama aja kayak china gak peduli barang kayak apa yang dijual (tesla build quality hello?), yang penting kekayaannya buat dia nikmatin mobil2 ICE mewah :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 11:00 elon musk padahal hipokrit abis,

liat aja koleksi mobilnya dia emang EV semua :mky_03: sama aja kayak china gak peduli barang kayak apa yang dijual (tesla build quality hello?), yang penting kekayaannya buat dia nikmatin mobil2 ICE mewah :mky_03:
apalagi yang ini ditanya apa jawabnya apa gak nyambung, kualitas presiden modelannya kek gini USA pula :big_bored:

presiden ngerangkap influenza keknya ........ :big_bored:

Zboy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 09 Jan 2016, 20:24

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Zboy »

Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9520
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

Zboy wrote: 29 Sep 2022, 11:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
yes, it could be,
but not today... :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by b0ku »

Zboy wrote: 29 Sep 2022, 11:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.


:big_bored: :big_bored: :big_bored:

ngimpi di siang bolong yang ada kita disuruh pake EV biar subsidi BBM mereka hemat :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

Zboy wrote: 29 Sep 2022, 11:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
Dari pengalaman yang sudah sudah sih tidak pernah berhasil. Polanya kan raw material emang ambil di kita, tp diolah diproses di luar, dijual lg di sini mahal :mky_03:

Industri batre dalam negeri? Ha ha ha.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9520
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 29 Sep 2022, 12:09
Zboy wrote: 29 Sep 2022, 11:16 Plausible? Harusnya sih iya. Cadangan nikel indo 50% cadangan dunia. If indo can manage it well, bikin industri hulu-hilir lokal, semua akan jauh lebih terjangkau. Mungkin bs kyk arab nanti rakyat bs nikmatin batre subsidi.
Dari pengalaman yang sudah sudah sih tidak pernah berhasil. Polanya kan raw material emang ambil di kita, tp diolah diproses di luar, dijual lg di sini mahal :mky_03:

Industri batre dalam negeri? Ha ha ha.
Hush jangan gtuu.
Kan generasi boomers as govt officials akan phase-out, digantikan sm generasi milennials dan gen-z yg lebih baik, jujur, cerdas dan enerjikk (aamiin)
Last edited by Suryaputra on 29 Sep 2022, 12:18, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: 29 Dec 2015, 08:59

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by Mrvin »

Mbah klo teknologi kayak gini gimn?

Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen

Lg prototyping di GR Corolla

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by ChZ »

Mrvin wrote: 29 Sep 2022, 12:14 Mbah klo teknologi kayak gini gimn?

Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen

Lg prototyping di GR Corolla

Nah sbenernya menarik ni kenapa kok japan ga terlalu tertarik di electric car. Ternyata bukan gegara eksekutif boomer ga mau maju macem propaganda fans tesla yg jelekin toyota (little did they know toyota jg ada saham di tesla).

Krn energi mereka tu mayoritas import, ngga strategis buat maksa penduduknya beralih ke ev. Mereka lbh tertarik hydrogen soalnya itu cocok sama kondisi geografis jepang yang dikelilingi laut.



Makanya sebenernya indo tuh mirip2 jd gak perlu latah mobil listrik. Ikutan jepang aja kembangin hydrogen.

Cm kayaknya skrg opung lbh hobi salaman ma china sih :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Curcol Nissan Kicks : is ICE phase out really plausible?

Post by darrelund »

Mrvin wrote: 29 Sep 2022, 12:14 Mbah klo teknologi kayak gini gimn?

Mesin tetep ICE, ga pake motor n baterai tapi bahan bakarnya hydrogen

Lg prototyping di GR Corolla

masalahnya mbikin hydrogen ini lebih ga efisien dibanding bikin e-fuel, butuh listrik gede hasil ga seberapa banyak

emang bersih

cuma inves dari hulu ke hilir mao pindah ke hydrogen terlalu boros, krn semua komponen mesti khusus. lawannya bukan cuma pressure, tapi sama kondensasi juga

di amrik aja yg pom hydrogen khsus aja masih trobel, biasanya selang & katupnya pada beku. mau nyolokin jadi susah :big_biglaugh:

makanya drpd hydrogen mending e-fuel aja, krn bisa pke existing infra
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post