Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

ChZ wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 7:15 Kalo di otomotif, EV welcome, tapi harusnya ICE tetap diproduksi saja, jangan ada phase out ICE, biarkan masyarakat memilih produk yg dirasa paling pas

Juga soal std emisi, dari Euro 2 ke Euro 6 saya percaya itu lebih banyak unsur bisnisnya.....mobil2 yg Euro 6 pake perangkat pengurang emisi bejibun, meningkatkan omzet produsen parts hingga omzet persh tambang Rare earth metal spt Palladium dll

Mengurangi emisi paling ampuh = Perbanyak Transportasi massal modern yang nyaman.....setuju ?

wkwkwkkwkw

- Disclemer -

- Opini pribadi saja -
sbenernya kita kita ini argumennya jg gitu om. udah kalo emang EV bagus ya biarin aja bersaing di free market. mang ada gitu dulu steve jobs nyuruh govt buat phase out hape jadul. :big_bored: kaga kan, marketnya yang beralih sendiri.

lagian bener deh mau di phase out emang bisa? emang realistis? krn buat bisnis ongkos produksi ICE tuh sampai saat ini tetep lebih murah.

oh jelas makanya saya ngelepas tuh CC di mobil bikin umur komponen mesin makin cepet kalah aja. udah tarikan bolot komponen2 lain cepet kalah gegara panas. DPF dah terbukti makin kesini klo bikin rusak mesin di luar.

selain transport massal arsitektur kota dibenahi, population control jg perlu om. manusia bernapas aja tuh dah mencemari lingkungan. jgn dikira emisi tuh dari kendaraan bermotor aja.
Bener
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 7:44
banglontong wrote:wah kalo batre yang udah berat aja mau disubmerge ke mineral oil, mau berapa berat itu satu set batre nanti
EV EV yg skg pun rata2 Liquid cooled utk batere nya

cuman pake Coolant yg utk Radiator

sekaligus dinginin inverter & Elec Motor

maka itu di depan ada radiator & Elec Fan

tapi yg saya bingung, rata2 gak pake Grill bolong

padahal ada Kondensor AC & Radiator yg butuh aliran angin dr depan

aneh

ha ha ha
mungkin doi ngebuka grill nya klo fan dah jalan
"thermos" detect klo suhu batre dah harus didinginin wkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 7:15 Kalo boleh tahu

ada yang sangat benci sekali dgn kehadiran mobil EV, ada masalah apa ya.......wwkwkkw.......

Apa ada yg Bisnis nya terancam jika produksi ICE di setop ?

apa ada yg bisnis nya terancam jika populasi ICE menurun ?

Itu mah sama aja spt Restoran di jalan antar kota yg mengeluh omzet turun gara2 ada jalan Tol, restoran jadi sepi.......he he he

Maap ya sebelumnya

Kalo saya pribadi senang dgn kehadiran terobosan baru, apapun itu, mau Smart phone / AI pengganti pekerjaan manusia / Robot pengganti pekerjaan manusia / Drone pengganti helikopter dll

Kalo di otomotif, EV welcome, tapi harusnya ICE tetap diproduksi saja, jangan ada phase out ICE, biarkan masyarakat memilih produk yg dirasa paling pas

Juga soal std emisi, dari Euro 2 ke Euro 6 saya percaya itu lebih banyak unsur bisnisnya.....mobil2 yg Euro 6 pake perangkat pengurang emisi bejibun, meningkatkan omzet produsen parts hingga omzet persh tambang Rare earth metal spt Palladium dll

Mengurangi emisi paling ampuh = Perbanyak Transportasi massal modern yang nyaman.....setuju ?

wkwkwkkwkw

- Disclemer -

- Opini pribadi saja -
sbenernya orang gak benci EVnya mereka benci karena mereka di paksa dan mereka ogah di masa depan pilihan mobil mereka makin berkurang :big_bored:

ntar tungguin aja kalo makin pushnya kenceng tapi tetep kagak laku pemerintah ud panik mode liatin aja buang2x duitnya di china aja banyak charger gak kepake :big_biglaugh:

ditambah batre itu gak bisa diandalkan ngerusak juga pula buat apa di push ini belom masuk logistik loh, mereka sejauh ini urusan logitik yang berat2x masih urusan diesel mana ada yang coba kirim mobil pake EV??? keknya belom, orang EV itu sensitif sama bobot kena bobot makin berat range dropnya gila2xan :wkkk:

satu lagi yang jadi concern saya kalo semua EV kesian orang yang cuma sanggup beli mobil bekas di 40-50jt jaman sekarang 50jt kita beli soluna parts murah bener2xin paling 10-20jt ud kayak mobil baru kondisi operasionalnya itu juga kalo di benerin kayak adek saya dulu di us pake accord 2000usd asal gelinding aja dia ac juga rusak tapi temennya yang beli tuh accord bekas dia aja seneng dapet tuh mobil soalnya adek saya kerja di resort dan tempatnya ada di antah berantah , bayangin kalo EV baru beli 50jt disuruh ganti batre 50jt apa kagak bakar duit namanya :big_bored:

yang susah ya yang kelas menengah ngomong gampang kalo punya duit mah kayak saya juga punya mobil 10thn umurnya rusak paling benerin jalan bisa dipake lagi sampe 20thn kalo saya bosen saya jual saya juga nyari bekas lagi, lumayan kan carbon footprint saya ud sama si tangan ke 1 jd pas saya beli tuh mobil carbon footprintnya 0 :big_grin:, coba beli ev baru ud sama aja carbon footprintnya sama mobil bensin jalan 100rbkm :big_biglaugh:

beli EV bekas kena batre jebol carbon footprintnya lsg naek setara 80-90rbkm mobil bensin :wkkk:

dikira bikin batrenya gak keluar CO2 :big_biglaugh:

dan satu lagi kalo budayanya apa2x buang itu sama aja buang2x resouces dan ngerusak lingkungan, contohnya ya EV ini calon barang disposable mau orang sanggup beli pun barang kek gini gak pernah bagus karena bikinnya aja ud pake banyak material terus 10-20thn dibuang gitu aja, kadang mobil bekas kita biarpun butut buat kita, tapi pas kita jual itu bisa bantu orang susah yang bener2x butuh transport :big_bored:
Last edited by b0ku on Tue Oct 04, 2022 8:49, edited 1 time in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Bibieight »

Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 7:44
banglontong wrote:wah kalo batre yang udah berat aja mau disubmerge ke mineral oil, mau berapa berat itu satu set batre nanti
EV EV yg skg pun rata2 Liquid cooled utk batere nya

cuman pake Coolant yg utk Radiator

sekaligus dinginin inverter & Elec Motor

maka itu di depan ada radiator & Elec Fan

tapi yg saya bingung, rata2 gak pake Grill bolong

padahal ada Kondensor AC & Radiator yg butuh aliran angin dr depan

aneh tuh pabrikan2 mobil

ha ha ha
Kalo yg Ioniq 5 louvernya ditaro dibawah dan buka tutup pake motor, jadi buka otomatis jika dirasa perlu tambahan aliran angin, paling nyata kalo lagi ngecas pake fast charging diatas 50 kW. Kalo kita sengaja nunggu di mobil, AC-nya tau2 agak ndak dingin sedikit, terus louver-nya ngebuka, tanda2 baterenya butuh pendinginan. Pernah saya tancap OBD pas fast charge, kayaknya dia ada plot kurvanya, begitu suhu batere masuk 33-34 C si louver mulai buka dan heat exchangernya mulai dingin, AC mulai ndak dingin pas mendekati 35 -36 C-an dan ditahan disitu.

Kalo Ioniq 5 bener baterenya water cooled, tapi ndak dicelup, dia pake heat exchanger yg didinginin AC. Jalur AC-nya agak unik, jadi keluar kompresor cabang dua, satu masuk evap ke kabin, satu lagi masuk ke blok heat exchanger buat dinginin air pendingin batere. Model pendinginnya pake pelat heat exchanger, jadi batere-nya dijepit diantara dua pelat alumunium, terus pelat alumunium ini ditempel ke papan pendingin pake thermal pad. Liquid Coolant-nya ngalirnya ya di papan pendingin ini. Kalo diliat speknya si kayaknya - CMMIW - bukan minyak tapi air, speknya yang 100% tidak menghantarkan listrik, jadi tiap 40k km harus kuras karena kontaminasi bikin airnya menghantarkan listrik.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Tue Oct 04, 2022 8:38
Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 7:15 Kalo boleh tahu

ada yang sangat benci sekali dgn kehadiran mobil EV, ada masalah apa ya.......wwkwkkw.......

Apa ada yg Bisnis nya terancam jika produksi ICE di setop ?

apa ada yg bisnis nya terancam jika populasi ICE menurun ?

Itu mah sama aja spt Restoran di jalan antar kota yg mengeluh omzet turun gara2 ada jalan Tol, restoran jadi sepi.......he he he

Maap ya sebelumnya

Kalo saya pribadi senang dgn kehadiran terobosan baru, apapun itu, mau Smart phone / AI pengganti pekerjaan manusia / Robot pengganti pekerjaan manusia / Drone pengganti helikopter dll

Kalo di otomotif, EV welcome, tapi harusnya ICE tetap diproduksi saja, jangan ada phase out ICE, biarkan masyarakat memilih produk yg dirasa paling pas

Juga soal std emisi, dari Euro 2 ke Euro 6 saya percaya itu lebih banyak unsur bisnisnya.....mobil2 yg Euro 6 pake perangkat pengurang emisi bejibun, meningkatkan omzet produsen parts hingga omzet persh tambang Rare earth metal spt Palladium dll

Mengurangi emisi paling ampuh = Perbanyak Transportasi massal modern yang nyaman.....setuju ?

wkwkwkkwkw

- Disclemer -

- Opini pribadi saja -
sbenernya orang gak benci EVnya mereka benci karena mereka di paksa dan mereka ogah di masa depan pilihan mobil mereka makin berkurang :big_bored:

ntar tungguin aja kalo makin pushnya kenceng tapi tetep kagak laku pemerintah ud panik mode liatin aja buang2x duitnya di china aja banyak charger gak kepake :big_biglaugh:

ditambah batre itu gak bisa diandalkan ngerusak juga pula buat apa di push ini belom masuk logistik loh, mereka sejauh ini urusan logitik yang berat2x masih urusan diesel mana ada yang coba kirim mobil pake EV??? keknya belom, orang EV itu sensitif sama bobot kena bobot makin berat range dropnya gila2xan :wkkk:

satu lagi yang jadi concern saya kalo semua EV kesian orang yang cuma sanggup beli mobil bekas di 40-50jt jaman sekarang 50jt kita beli soluna parts murah bener2xin paling 10-20jt ud kayak mobil baru kondisi operasionalnya itu juga kalo di benerin kayak adek saya dulu di us pake accord 2000usd asal gelinding aja dia ac juga rusak tapi temennya yang beli tuh accord bekas dia aja seneng dapet tuh mobil soalnya adek saya kerja di resort dan tempatnya ada di antah berantah , bayangin kalo EV baru beli 50jt disuruh ganti batre 50jt apa kagak bakar duit namanya :big_bored:

yang susah ya yang kelas menengah ngomong gampang kalo punya duit mah kayak saya juga punya mobil 10thn umurnya rusak paling benerin jalan bisa dipake lagi sampe 20thn kalo saya bosen saya jual saya juga nyari bekas lagi, lumayan kan carbon footprint saya ud sama si tangan ke 1 jd pas saya beli tuh mobil carbon footprintnya 0 :big_grin:, coba beli ev baru ud sama aja carbon footprintnya sama mobil bensin jalan 100rbkm :big_biglaugh:

beli EV bekas kena batre jebol carbon footprintnya lsg naek setara 80-90rbkm mobil bensin :wkkk:

dikira bikin batrenya gak keluar CO2 :big_biglaugh:
Nah kayaknya kedepannya konsep bisnis mobil bekas EV itu bukan mobil bekas yg sekarang, yang model car flipping gitu tapi model refurbisher, jadi ndak model lagi kayak pdg yg beli pagi jual sore (model beginian yg selalu bikin sy ill-feel tiap sy jual mobil bekas :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ).

Yang ada orang jual ke refurbisher, duitnya yg penting cukup buat uang muka sama ada lebihan. Nah si refurbisher akan rekondisi itu battery pack balik ke 80-90an persen kondisi baru tergantung kondisi asalnya, berhubung batere mobil cuma kayak lego, line bongkar pasang batere ndak butuh banyak orang, paling modular, per modul 2-3 orang, satu tukang tes listrik, satu tukang assy batere, ngetesnya dah di alat yg otomatis pulak, paling2 satu papan batere selesai satu shift, palingan yg agak banyak orang paling rekondisi kaki2, sama kosmetik body panel dan interior. Kalo High Voltage listriknya (macam BMS, Motor Controller, on board charger dll) si pake statistik aja, berapa % yg bakal kaput setelah 7-10 taun, masukin aja ke factoring harga jual dan garansi....
Nah selesai direfurbish jual deh ke yg gak mau beli mobil baru dengan harga 70%an harga baru tapi ditambahin embel2 dikembalikan ke kondisi semula dan bergaransi. Rasa2nya pembelinya juga jauh merasa lebih aman beli ama refurbisher begini drpd beli ke pdg biasa, kalahnya cuma di model, tapi barangnya ada garansi.

Kalo model bisnisnya begitu mestinya ndak akan ada lagi mobil bekas yg dijual dengan harga tinggal 10-20% dari harga aslinya, yg ada malah mobil bakal muter doang sampai strukturalnya ndak bisa direfurbish. Nah karena akhirnya mobil akan direfurbish sampe kalah di struktural mestinya mobil baru yg dibuat pabrik ndak sebanyak sekarang lagi, alias circular ekonomi-nya akan jalan :big_deal: :big_deal: :big_deal:

Bayangin kalo bisnis model beginian dimasukkin ke model ICE, mau butuh berapa banyak karyawan, turunin mesin+girbok, bongkar, ukur satu2, ya vooring-nya, kruk as-nya, seher-nya, bersih2 colant passage di cyl head+cyl blok (kerak kan dah kayak panci umur 10 taun tu pasti), ganti hose air, cek kabel2 yg getas karena panas engine bay baru rakit lagi jadi mesin+girbok baru, sama aja kayak buka line assembling engine sama assembling transmission baru, mangkanya bisnis model refurbish ndak pernah ada, yg ada car flipping kaaan..... :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...


BTW, kenapa koq mendadak kepikir refurbish, jadi inget nun dahulu kala, pernah punya 505 alternatornya 3 bulan sekali keluar masuk tukang dinamo, yang spoolnya lah, kiprok lah, bearing lah.... akhirnya main ke Jayapura Senen, ditawarin Valeo Refurbish Pabrik (asli Valeo yg refurbish ni, kardusnya jelas2 tulisan recondition), harganya cuma 60%an dari Valeo yg gress, setelah diangkut bener2 peace of mind tuh..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Tue Oct 04, 2022 9:52
Nah kayaknya kedepannya konsep bisnis mobil bekas EV itu bukan mobil bekas yg sekarang, yang model car flipping gitu tapi model refurbisher, jadi ndak model lagi kayak pdg yg beli pagi jual sore (model beginian yg selalu bikin sy ill-feel tiap sy jual mobil bekas :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ).

Yang ada orang jual ke refurbisher, duitnya yg penting cukup buat uang muka sama ada lebihan. Nah si refurbisher akan rekondisi itu battery pack balik ke 80-90an persen kondisi baru tergantung kondisi asalnya, berhubung batere mobil cuma kayak lego, line bongkar pasang batere ndak butuh banyak orang, paling modular, per modul 2-3 orang, satu tukang tes listrik, satu tukang assy batere, ngetesnya dah di alat yg otomatis pulak, paling2 satu papan batere selesai satu shift, palingan yg agak banyak orang paling rekondisi kaki2, sama kosmetik body panel dan interior. Kalo High Voltage listriknya (macam BMS, Motor Controller, on board charger dll) si pake statistik aja, berapa % yg bakal kaput setelah 7-10 taun, masukin aja ke factoring harga jual dan garansi....
Nah selesai direfurbish jual deh ke yg gak mau beli mobil baru dengan harga 70%an harga baru tapi ditambahin embel2 dikembalikan ke kondisi semula dan bergaransi. Rasa2nya pembelinya juga jauh merasa lebih aman beli ama refurbisher begini drpd beli ke pdg biasa, kalahnya cuma di model, tapi barangnya ada garansi.

Kalo model bisnisnya begitu mestinya ndak akan ada lagi mobil bekas yg dijual dengan harga tinggal 10-20% dari harga aslinya, yg ada malah mobil bakal muter doang sampai strukturalnya ndak bisa direfurbish. Nah karena akhirnya mobil akan direfurbish sampe kalah di struktural mestinya mobil baru yg dibuat pabrik ndak sebanyak sekarang lagi, alias circular ekonomi-nya akan jalan :big_deal: :big_deal: :big_deal:

Bayangin kalo bisnis model beginian dimasukkin ke model ICE, mau butuh berapa banyak karyawan, turunin mesin+girbok, bongkar, ukur satu2, ya vooring-nya, kruk as-nya, seher-nya, bersih2 colant passage di cyl head+cyl blok (kerak kan dah kayak panci umur 10 taun tu pasti), ganti hose air, cek kabel2 yg getas karena panas engine bay baru rakit lagi jadi mesin+girbok baru, sama aja kayak buka line assembling engine sama assembling transmission baru, mangkanya bisnis model refurbish ndak pernah ada, yg ada car flipping kaaan..... :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...


BTW, kenapa koq mendadak kepikir refurbish, jadi inget nun dahulu kala, pernah punya 505 alternatornya 3 bulan sekali keluar masuk tukang dinamo, yang spoolnya lah, kiprok lah, bearing lah.... akhirnya main ke Jayapura Senen, ditawarin Valeo Refurbish Pabrik (asli Valeo yg refurbish ni, kardusnya jelas2 tulisan recondition), harganya cuma 60%an dari Valeo yg gress, setelah diangkut bener2 peace of mind tuh..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
justru motor listrik lebih sering rusak om itu tesla 1jt mile ud pake 8 motor listrik dan 3 battery pack :wkkk:

percaya sama saya ujung2xnya dibuang ke besi tua alesan kenapa mobil2x combustion bisa ada yang tahan lama karena mesinnya ada karakter kayak B18 sama K20 itu mesin beda karakter kayak saya sukanya B18 karena lebih enak suara REVVingnya, K20 buat yang mau punya mesin lebih efisien tapi suara revvnya kurang galak, nah ketika semua EV karakter mesin semua sama, begitu ada generasi baru siapa yang mau lirik EV lama yang baru selalu lebih bagus dan dan lebih efisien yang lama pasti jadi rongsok ya kayak HP aja siapa yang sekarang masih pake nokia 8210 jgn kan nokia iphone 4 aja ud punah sekarang :big_bored:

70% dari harga baru yang ada buat DP mobil baru om mendingan nyicil DP segitu cicilannya ringan pasti :wkkk:

masalahnya kalo di combustion selama perawatan bagus jarang sekali cases turun mesin kijang aja banyak yang belom turun mesin saya aja ud nemu 2 kijang 1997 km 450rb turun mesin aja belom VOLVO record holder mobil dengan km paling banyak aja cuma baru turun mesin 3x :big_bored:

ICE itu gak perlu di refurbish juga tinggal pake, kayak saya kemaren beli kijang 1997 diesel tinggal modalin 20jt beres semua troublenya tinggal pake :big_bored:

lagian parts2x macem kaki, rem, ac, gearbox, body parts interior di EV juga sama aja kok lah orangnya barangnya sama yang bedain kan cuma tangki besin jadi batre nah batre ini ada umurnya, dan mesin jadi motor listrik dan motor listrik ini kalo dah rontok ganti satu assy sedangkan mesin bensin tinggal overhaul aja beres :big_bored:



dengerin nih orang ngomong deh om :mky_01:

https://insideevs.com/news/541361/grube ... roadsters/

sama ini bengkel ud 3x sebenernya kebakaran :big_biglaugh:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

Walopun saya juga termasuk yg berharap jangan ada Phase out ICE sampe kapanpun

EV ini membuka peluang bisnis baru bagi yg jeli melihat peluang

Contoh :
- Pemilik tempat komersil (Hotel / Resto / Resort / Office bldg / Rest Area dll) dapat membuat SPKLU mini 7 - 22 Kw sebagai daya tarik / nilai tambah bagi pengunjung

- Penjualan mesin Cass baik AC / DC, di Indo udah ada bbrp pemain spt Powerindo / Bambang Djaya - PhiHong dll

- Bisnis SPKLU spt STARVO / EVCUZZ & Astra Auto pun juga udah mulai

- Importir / pedagang Batere aftermarket utk EV

- Bengkel spesialis serpis Control Unit / layar LCD.......nanti toko2 servis di Roxy Mas bisa makin berkembang, kebayang ada tukang2 gotong2 battery pack dr parkiran ke toko......akakakkaka

- Servis Electro Motor & parts2 nya

- Servis inverter

- Performance Parts semisal Bearing Low Drag (kayak sepeda)

- Pedagang Ban.....di EV ban3 bisa cepet abis jika yg nyetir nya kaki bengis........

- Buzzer sound aftermarket (utk suara2 agar pejalan kaki aware)

- Penjual kabel2 / soket konverter Chademo - CCS2 dll

- Usaha freelance ahli IT utk maintain sopware mesin Cass (supaya gak kena hack)

Dan masi banyak lagi

Trend baru pasti akan membuka peluang usaha baru bagi yg jeli & open minded

So, antisipasilah sejak sekarang.

wkwkwkwwkw

* Termasuk saya yg sedang study Mesin Cass, karena ada kawan yg mau pasang mesin Casss di tempat komersial nya*



Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Bibieight »

Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 15:25 Walopun saya juga termasuk yg berharap jangan ada Phase out ICE sampe kapanpun

EV ini membuka peluang bisnis baru bagi yg jeli melihat peluang

Contoh :
- Pemilik tempat komersil (Hotel / Resto / Resort / Office bldg / Rest Area dll) dapat membuat SPKLU mini 7 - 22 Kw sebagai daya tarik / nilai tambah bagi pengunjung

- Penjualan mesin Cass baik AC / DC, di Indo udah ada bbrp pemain spt Powerindo / Bambang Djaya - PhiHong dll

- Bisnis SPKLU spt STARVO / EVCUZZ & Astra Auto pun juga udah mulai

- Importir / pedagang Batere aftermarket utk EV

- Bengkel spesialis serpis Control Unit / layar LCD.......nanti toko2 servis di Roxy Mas bisa makin berkembang, kebayang ada tukang2 gotong2 battery pack dr parkiran ke toko......akakakkaka

- Servis Electro Motor & parts2 nya

- Servis inverter

- Performance Parts semisal Bearing Low Drag (kayak sepeda)

- Pedagang Ban.....di EV ban3 bisa cepet abis jika yg nyetir nya kaki bengis........

- Buzzer sound aftermarket (utk suara2 agar pejalan kaki aware)

- Penjual kabel2 / soket konverter Chademo - CCS2 dll

- Usaha freelance ahli IT utk maintain sopware mesin Cass (supaya gak kena hack)

Dan masi banyak lagi

Trend baru pasti akan membuka peluang usaha baru bagi yg jeli & open minded

So, antisipasilah sejak sekarang.

wkwkwkwwkw

* Termasuk saya yg sedang study Mesin Cass, karena ada kawan yg mau pasang mesin Casss di tempat komersial nya*
Konsul ke PLN oom, soalnya kalo stroomnya dijual sbg stroom hrs ada ijin usaha jualan, enaknya kl punya izin usaha bisa beli bulk dr PLN 450an/kWh (CMIIW), jualnya bisa MSRP 2400an/kWh. Tp kalo ndak pake ijin jg bole, jualnya bisa sbg VAS, macam parkir 30k gratis stroom 1 jam, atau makan min 250k gratis stroom 1 jam..... Kalo dipasang cas kapasitas 10.5 kWh (sayang diatas itu, Hyundai mentok disitu) kan cuma modal 1700×10=17.000, parkir sejam 5000, untung 8.000, dibalik jg bd bikin happy hour cas2an, 20.000 min makan 100.000..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 15:25 Walopun saya juga termasuk yg berharap jangan ada Phase out ICE sampe kapanpun

EV ini membuka peluang bisnis baru bagi yg jeli melihat peluang

Contoh :
- Pemilik tempat komersil (Hotel / Resto / Resort / Office bldg / Rest Area dll) dapat membuat SPKLU mini 7 - 22 Kw sebagai daya tarik / nilai tambah bagi pengunjung

- Penjualan mesin Cass baik AC / DC, di Indo udah ada bbrp pemain spt Powerindo / Bambang Djaya - PhiHong dll

- Bisnis SPKLU spt STARVO / EVCUZZ & Astra Auto pun juga udah mulai

- Importir / pedagang Batere aftermarket utk EV

- Bengkel spesialis serpis Control Unit / layar LCD.......nanti toko2 servis di Roxy Mas bisa makin berkembang, kebayang ada tukang2 gotong2 battery pack dr parkiran ke toko......akakakkaka

- Servis Electro Motor & parts2 nya

- Servis inverter

- Performance Parts semisal Bearing Low Drag (kayak sepeda)

- Pedagang Ban.....di EV ban3 bisa cepet abis jika yg nyetir nya kaki bengis........

- Buzzer sound aftermarket (utk suara2 agar pejalan kaki aware)

- Penjual kabel2 / soket konverter Chademo - CCS2 dll

- Usaha freelance ahli IT utk maintain sopware mesin Cass (supaya gak kena hack)

Dan masi banyak lagi

Trend baru pasti akan membuka peluang usaha baru bagi yg jeli & open minded

So, antisipasilah sejak sekarang.

wkwkwkwwkw

* Termasuk saya yg sedang study Mesin Cass, karena ada kawan yg mau pasang mesin Casss di tempat komersial nya*
ngomong mah gampang om kenyataannya banyak bengkel EV itu langganan pemadam kebakaran kayak gruber motor aja ud 3x kebakar

rich iseng2x bikin mobil pake mesin tesla malah jadi kembang api

terakhir pabrik tesla pun kebakaran ditambah lucid ud 3x kebakaran pabriknya :big_bored:

kalo om mau coba buka usaha mesin cass saran saya antisipasi dulu legal TEAMnya karena ada rsiko sewaktu2x kebakar dan ngerusak peroperty orang siap2x aja ngadepin lawsuitnya :big_bored:

ya sama team maintenace yang sigap karena biasanya sering banget rusak apalagi kalo banyak yang pake gak di pake aja bisa rusak moga2x cuan deh :big_bored:

makin lama saya ngerti kenapa tesla sendiri gak kasih orang buat ngotak ngatik mobilnya mereka juga takut itu mobil sembarangan di bongkar bisa bikin kebakaran :big_bored:

makannya partsnya di kunci sama mereka karna itu mobil sebenernya gak mateng

ya sama kek dulu kasus EV1 nya GM kenapa tiba2x semua di tarik tanpa sisa karena mereka takut sama lawsuit kalo ud kebakaran karena charger dan batrenya ada resiko besar buat kebakar tapi semua malah nuduh perusahaan minyak, padahal emang EVnya aja yang sebenernya bahaya :big_bored:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by timbermaniac123 »



ford focus 2014, ganti batre kena 14.000$ belum labour.



nissan leaf 2013 susah cari batre nya. Tapi ini brand jepang di us.



chevrolet volt 2012. Hampir 30.000$.\

Jadi yang bilang dalam 10 tahun lagi batre bakal lebih murah, belum tentu. 10 tahun lagi entah itu wuling ev apa masih diproduksi batrenya, secara teknologi batre bakal berkembang pesat dalam 10 tahun.
Bibieight wrote: Wed Oct 05, 2022 0:36
Konsul ke PLN oom, soalnya kalo stroomnya dijual sbg stroom hrs ada ijin usaha jualan, enaknya kl punya izin usaha bisa beli bulk dr PLN 450an/kWh (CMIIW), jualnya bisa MSRP 2400an/kWh. Tp kalo ndak pake ijin jg bole, jualnya bisa sbg VAS, macam parkir 30k gratis stroom 1 jam, atau makan min 250k gratis stroom 1 jam..... Kalo dipasang cas kapasitas 10.5 kWh (sayang diatas itu, Hyundai mentok disitu) kan cuma modal 1700×10=17.000, parkir sejam 5000, untung 8.000, dibalik jg bd bikin happy hour cas2an, 20.000 min makan 100.000..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Nah, sebenernya bisa jadi potensi bisnis, asal punya lahan dibikin gedung parkiran bertingkat di tengah2 daerah perkantoran seperti sudirman / thamrin atau cari lahan di seberang mall.
Last edited by timbermaniac123 on Wed Oct 05, 2022 1:35, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

b0ku wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 15:25 Walopun saya juga termasuk yg berharap jangan ada Phase out ICE sampe kapanpun

EV ini membuka peluang bisnis baru bagi yg jeli melihat peluang

Contoh :
- Pemilik tempat komersil (Hotel / Resto / Resort / Office bldg / Rest Area dll) dapat membuat SPKLU mini 7 - 22 Kw sebagai daya tarik / nilai tambah bagi pengunjung

- Penjualan mesin Cass baik AC / DC, di Indo udah ada bbrp pemain spt Powerindo / Bambang Djaya - PhiHong dll

- Bisnis SPKLU spt STARVO / EVCUZZ & Astra Auto pun juga udah mulai

- Importir / pedagang Batere aftermarket utk EV

- Bengkel spesialis serpis Control Unit / layar LCD.......nanti toko2 servis di Roxy Mas bisa makin berkembang, kebayang ada tukang2 gotong2 battery pack dr parkiran ke toko......akakakkaka

- Servis Electro Motor & parts2 nya

- Servis inverter

- Performance Parts semisal Bearing Low Drag (kayak sepeda)

- Pedagang Ban.....di EV ban3 bisa cepet abis jika yg nyetir nya kaki bengis........

- Buzzer sound aftermarket (utk suara2 agar pejalan kaki aware)

- Penjual kabel2 / soket konverter Chademo - CCS2 dll

- Usaha freelance ahli IT utk maintain sopware mesin Cass (supaya gak kena hack)

Dan masi banyak lagi

Trend baru pasti akan membuka peluang usaha baru bagi yg jeli & open minded

So, antisipasilah sejak sekarang.

wkwkwkwwkw

* Termasuk saya yg sedang study Mesin Cass, karena ada kawan yg mau pasang mesin Casss di tempat komersial nya*
ngomong mah gampang om kenyataannya banyak bengkel EV itu langganan pemadam kebakaran kayak gruber motor aja ud 3x kebakar

rich iseng2x bikin mobil pake mesin tesla malah jadi kembang api

terakhir pabrik tesla pun kebakaran ditambah lucid ud 3x kebakaran pabriknya :big_bored:

kalo om mau coba buka usaha mesin cass saran saya antisipasi dulu legal TEAMnya karena ada rsiko sewaktu2x kebakar dan ngerusak peroperty orang siap2x aja ngadepin lawsuitnya :big_bored:

ya sama team maintenace yang sigap karena biasanya sering banget rusak apalagi kalo banyak yang pake gak di pake aja bisa rusak moga2x cuan deh :big_bored:

makin lama saya ngerti kenapa tesla sendiri gak kasih orang buat ngotak ngatik mobilnya mereka juga takut itu mobil sembarangan di bongkar bisa bikin kebakaran :big_bored:

makannya partsnya di kunci sama mereka karna itu mobil sebenernya gak mateng

ya sama kek dulu kasus EV1 nya GM kenapa tiba2x semua di tarik tanpa sisa karena mereka takut sama lawsuit kalo ud kebakaran karena charger dan batrenya ada resiko besar buat kebakar tapi semua malah nuduh perusahaan minyak, padahal emang EVnya aja yang sebenernya bahaya :big_bored:
Ya pilihan masing2 aja pak

Kalo selalu takut meledak.......maka Pembangkit Listrik Nuklir dari dulu2 juga gak akan pernah ada kemajuan

nyata nya skg PLTN saat ini terus berkembang dan skg udah ada PLTN micro ukuran kecil sebesar Kontener 40 feet

Saya pribadi pilih jalan utk terus mengikuti perkembangan menuju hal2 yg lebih maju & lebih baik

Salam
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

Bibieight wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 04, 2022 15:25 Walopun saya juga termasuk yg berharap jangan ada Phase out ICE sampe kapanpun

EV ini membuka peluang bisnis baru bagi yg jeli melihat peluang

Contoh :
- Pemilik tempat komersil (Hotel / Resto / Resort / Office bldg / Rest Area dll) dapat membuat SPKLU mini 7 - 22 Kw sebagai daya tarik / nilai tambah bagi pengunjung

- Penjualan mesin Cass baik AC / DC, di Indo udah ada bbrp pemain spt Powerindo / Bambang Djaya - PhiHong dll

- Bisnis SPKLU spt STARVO / EVCUZZ & Astra Auto pun juga udah mulai

- Importir / pedagang Batere aftermarket utk EV

- Bengkel spesialis serpis Control Unit / layar LCD.......nanti toko2 servis di Roxy Mas bisa makin berkembang, kebayang ada tukang2 gotong2 battery pack dr parkiran ke toko......akakakkaka

- Servis Electro Motor & parts2 nya

- Servis inverter

- Performance Parts semisal Bearing Low Drag (kayak sepeda)

- Pedagang Ban.....di EV ban3 bisa cepet abis jika yg nyetir nya kaki bengis........

- Buzzer sound aftermarket (utk suara2 agar pejalan kaki aware)

- Penjual kabel2 / soket konverter Chademo - CCS2 dll

- Usaha freelance ahli IT utk maintain sopware mesin Cass (supaya gak kena hack)

Dan masi banyak lagi

Trend baru pasti akan membuka peluang usaha baru bagi yg jeli & open minded

So, antisipasilah sejak sekarang.

wkwkwkwwkw

* Termasuk saya yg sedang study Mesin Cass, karena ada kawan yg mau pasang mesin Casss di tempat komersial nya*
Konsul ke PLN oom, soalnya kalo stroomnya dijual sbg stroom hrs ada ijin usaha jualan, enaknya kl punya izin usaha bisa beli bulk dr PLN 450an/kWh (CMIIW), jualnya bisa MSRP 2400an/kWh. Tp kalo ndak pake ijin jg bole, jualnya bisa sbg VAS, macam parkir 30k gratis stroom 1 jam, atau makan min 250k gratis stroom 1 jam..... Kalo dipasang cas kapasitas 10.5 kWh (sayang diatas itu, Hyundai mentok disitu) kan cuma modal 1700×10=17.000, parkir sejam 5000, untung 8.000, dibalik jg bd bikin happy hour cas2an, 20.000 min makan 100.000..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Terima kasi info nya

Denger2 utk jualan listrik ke user EV, harus ada ijin dr ESDM ya ?

Maka itu byk pemilik property yg milih bermitra dgn provider SPKLU swasta spt EVCuzz / STARVO supaya "nggak ribet"

CMIIW
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

Btw kalo bicara resiko batt terbakar (termasuk terbakar saat nge cass)

berarti sistem charging ter-aman = AC charge type 2 yg 7 - 22 Kw dong yah ?

karena dia nge feed ke unit inverter di dalam mobil, inverter yg convert AC ke DC baru disupply ke batere

Inverter di dalam mobil udah pasti di disain "selaras" dengan batere si mobil

Mohon masukkan rekan2

CMIIW
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 1:34 Kalo selalu takut meledak.......maka Pembangkit Listrik Nuklir dari dulu2 juga gak akan pernah ada kemajuan

nyata nya skg PLTN saat ini terus berkembang dan skg udah ada PLTN micro ukuran kecil sebesar Kontener 40 feet

Saya pribadi pilih jalan utk terus mengikuti perkembangan menuju hal2 yg lebih maju & lebih baik

Salam
emang gak pernah ada kemajuan liat dulu siapa yang pake nuklir sampe sekarang ada konsumen kah yang pake kan goverment semua ??? :big_bored:

padahal dulu nuklir itu ud di uji coba buat komersil karena cocok sekali buat kapal kargo akhirnya projectnya gagal total meskipun itu kapal ud keliling dunia berapa kali dan sempet operasional 5TH

maaf kalo EV gak akan lebih baik malah blangsak calon kasus sama kek plastik di masa depan tungguin aja :big_biglaugh:

mereka cuma fokus sama air pollution tapi lupa sama polusi di tanah EV lebih ngerusak kemana2x ntar sampahnya belom chemical nya mereka cuma bersihin polusi di sekitar user aja tapi polusi industri dan sampahnya malah lebih toxic :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Wed Oct 05, 2022 1:18

ford focus 2014, ganti batre kena 14.000$ belum labour.



nissan leaf 2013 susah cari batre nya. Tapi ini brand jepang di us.



chevrolet volt 2012. Hampir 30.000$.\

Jadi yang bilang dalam 10 tahun lagi batre bakal lebih murah, belum tentu. 10 tahun lagi entah itu wuling ev apa masih diproduksi batrenya, secara teknologi batre bakal berkembang pesat dalam 10 tahun.


Nah, sebenernya bisa jadi potensi bisnis, asal punya lahan dibikin gedung parkiran bertingkat di tengah2 daerah perkantoran seperti sudirman / thamrin atau cari lahan di seberang mall.
gimana mau murah om demand belom seberapa aja harga materialnya ud naek sekarang mau naekin demandnya 400% lagi :wkkk: bisa2x batre harganya kek emas siap2x aja imbasnya gadget kita yang makin mahal saya ud ngomong dari jauh2x hari :wkkk:

terus masalah belom kelar kayak range pas loadnya berat buat gantiin diesel aja belom beres ud ngimpi siang bolong mau ngeban diesel :big_biglaugh:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

b0ku wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 1:34 Kalo selalu takut meledak.......maka Pembangkit Listrik Nuklir dari dulu2 juga gak akan pernah ada kemajuan

nyata nya skg PLTN saat ini terus berkembang dan skg udah ada PLTN micro ukuran kecil sebesar Kontener 40 feet

Saya pribadi pilih jalan utk terus mengikuti perkembangan menuju hal2 yg lebih maju & lebih baik

Salam
emang gak pernah ada kemajuan liat dulu siapa yang pake nuklir sampe sekarang ada konsumen kah yang pake kan goverment semua ??? :big_bored:

padahal dulu nuklir itu ud di uji coba buat komersil karena cocok sekali buat kapal kargo akhirnya projectnya gagal total meskipun itu kapal ud keliling dunia berapa kali dan sempet operasional 5TH

maaf kalo EV gak akan lebih baik malah blangsak calon kasus sama kek plastik di masa depan tungguin aja :big_biglaugh:

mereka cuma fokus sama air pollution tapi lupa sama polusi di tanah EV lebih ngerusak kemana2x ntar sampahnya belom chemical nya mereka cuma bersihin polusi di sekitar user aja tapi polusi industri dan sampahnya malah lebih toxic :big_bored:
Ada opini

Mobil Hydrogen Fuel Cell akan berkembang ?

H2 Fuel Cell enaknya refuelling cepet, mungkin mirip2 kayak isi CNG yah ?

Masalahnya infrastruktur SPB H2 sgt mahal en resiko mudah terbakar juga

en mobil H2 Fuel Cell kalo isi H2 harus ke SPB H2 kayak ICE......he he

Well perkembangan apapun saya sih seneng aja dah......asal membawa dampak + bagi user & jangan merepotkan user


b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 2:56
Ada opini

Mobil Hydrogen Fuel Cell akan berkembang ?

H2 Fuel Cell enaknya refuelling cepet, mungkin mirip2 kayak isi CNG yah ?

Masalahnya infrastruktur SPB H2 sgt mahal en resiko mudah terbakar juga

en mobil H2 Fuel Cell kalo isi H2 harus ke SPB H2 kayak ICE......he he

Well perkembangan apapun saya sih seneng aja dah......asal membawa dampak + bagi user & jangan merepotkan user
gini om harus di bedain meledak sama thermal runway kek mobil listrik mobil listrik itu gak meledak loh tapi thermal runway kebakar :big_bored:

kalo meledak paling 2-5detik ilang kalo sekelilingnya gak ada flameable material api juga lsg ilang dalam sekejap




saya kasih contoh extreme mesin diesel meleduk skip aja ke 5:44





bandingin sama EV lagi thermal runway

bandingin sama ini, konon kalo batrenya bocor pas kena banjir bukannya konslet malah kebakaran...... :big_think:

soalnya katanya kalo dah gitu makin di sirem makin menjadi2x biangnya sebenernya muatan listrik yang disimpen di batre itu sendiri sumber apinya :big_bored:



saya sih hidrogen juga gak yakin bisa om yang ribet itu tangkinya terlalu besar dan berat dan bener resiko KABOOOM juga :big_bored: ditambah belakangan saya denger kalo gak salah keknya gak bisa dipake di tempat dingin :big_think:

saya bilang back to drawing board lupakan batre cari sumber tenaga laen mereka terlalu fokus yang sudah ada ice aja sebenernya emisinya bisa berubah tergantung apa yang di bakar :big_biglaugh:

saya nunggu kemajuan hidrogen kalo mereka bisa lsg rubah aer jadi hidrogen di mobilnya jd tangki BBMnya cuma nampung aer :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Bibieight »

Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 1:50 Btw kalo bicara resiko batt terbakar (termasuk terbakar saat nge cass)

berarti sistem charging ter-aman = AC charge type 2 yg 7 - 22 Kw dong yah ?

karena dia nge feed ke unit inverter di dalam mobil, inverter yg convert AC ke DC baru disupply ke batere

Inverter di dalam mobil udah pasti di disain "selaras" dengan batere si mobil

Mohon masukkan rekan2

CMIIW
Pengalaman pribadi si, itu coolant system tambah kenceng kalo dicolok ke DC Charger yg gede, saya colok ke 60 kW sama 30 kW beda waktu nyala cooling systemnya (lebih cepet yg 60 kW0, karena logika sederhana aja, selama masuknya < C rate batere si panasnya lebih lama, jadi emang saya menghindari colok ke DC yg > 73 kW (batere I5 LR). Lagian emang di Jawa belun ada DC > 60 kWh (di Nusa Dua si katanya ada yg 150 kW, suatu saat kalo sampe sana pingin ngetes... :big_smile] :big_smile] :big_smile] )....

Nah kalo colokan AC, bener itu, kan AC-DC-nya pake konverter bawaan mobil, cuma masalahnya kalo pasang 22 kWh kan sayang wong mobil yg konverter AC-DC-nya paling gede si Ioniq 5, cuma 10.2 kWh, sayang material juga kan... Secara bisnis, untuk AC charger si bener strategi EVCuzz/Starvo, pasang di hotel2, mall2, jd tempat2 orang yg bakal buang waktu lama buat ngecas dan di luar kota. Contoh kasus : sy kalo rapat di Semarang, bisa jadi saya hajar sd Semarang (kondisi batere 10-15%), terus rapat 6 jam (60 kW kan) balik lagi dah 80%, yg penting disini kuantitas, semakin banyak semakin bagus, jangan dipasang 22 kW tapi cuma ada 4 colokan, mending 10.5 kW tapi ada 20 colokan.....

Naah kalo jalan tol atau jalur2 luar kota non tol (Surabaya Banyuwangi misalnya, atau Jogja-Bandung jalur selatan) ndak butuh2 banget DC charger gede2 banget. DC yg dibutuhkan si cukup yg bisa isi 50-60% dalam 45-60 menit, karena asumsinya orang masuk ke charger di level 20an% dan dibawa ke 80% (diatas itu protokol BMS mobil akan kirim info ke charger supaya dikurangin arusnya). Yang penting SLA-nya itu diatas 95%, jangan sampe cuma ada 2 mati 2-2nya. Naah untuk jalur lukot kalo pake patokan I5 LR kurleb : DC min kapasitas 6x7.3 kW = 45 kW, jarak DC charger pertama dari kota besar 200 - 250 km, terus ada DC charger berikut tiap 200-250 km. Ini ndak berlaku untuk urusan mudik lho ya, lagian saya pribadi kalo mudik sudah sejak 2014 ndak pernah bawa mobil, mudharatnya lebih besar dari manfaatnya, mending saya nyepur terus sewa mobil di tujuan, sayang otak dipake stress buat mudik..... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Turboman »

Bibieight wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 1:50 Btw kalo bicara resiko batt terbakar (termasuk terbakar saat nge cass)

berarti sistem charging ter-aman = AC charge type 2 yg 7 - 22 Kw dong yah ?

karena dia nge feed ke unit inverter di dalam mobil, inverter yg convert AC ke DC baru disupply ke batere

Inverter di dalam mobil udah pasti di disain "selaras" dengan batere si mobil

Mohon masukkan rekan2

CMIIW
Pengalaman pribadi si, itu coolant system tambah kenceng kalo dicolok ke DC Charger yg gede, saya colok ke 60 kW sama 30 kW beda waktu nyala cooling systemnya (lebih cepet yg 60 kW0, karena logika sederhana aja, selama masuknya < C rate batere si panasnya lebih lama, jadi emang saya menghindari colok ke DC yg > 73 kW (batere I5 LR). Lagian emang di Jawa belun ada DC > 60 kWh (di Nusa Dua si katanya ada yg 150 kW, suatu saat kalo sampe sana pingin ngetes... :big_smile] :big_smile] :big_smile] )....

Nah kalo colokan AC, bener itu, kan AC-DC-nya pake konverter bawaan mobil, cuma masalahnya kalo pasang 22 kWh kan sayang wong mobil yg konverter AC-DC-nya paling gede si Ioniq 5, cuma 10.2 kWh, sayang material juga kan... Secara bisnis, untuk AC charger si bener strategi EVCuzz/Starvo, pasang di hotel2, mall2, jd tempat2 orang yg bakal buang waktu lama buat ngecas dan di luar kota. Contoh kasus : sy kalo rapat di Semarang, bisa jadi saya hajar sd Semarang (kondisi batere 10-15%), terus rapat 6 jam (60 kW kan) balik lagi dah 80%, yg penting disini kuantitas, semakin banyak semakin bagus, jangan dipasang 22 kW tapi cuma ada 4 colokan, mending 10.5 kW tapi ada 20 colokan.....

Naah kalo jalan tol atau jalur2 luar kota non tol (Surabaya Banyuwangi misalnya, atau Jogja-Bandung jalur selatan) ndak butuh2 banget DC charger gede2 banget. DC yg dibutuhkan si cukup yg bisa isi 50-60% dalam 45-60 menit, karena asumsinya orang masuk ke charger di level 20an% dan dibawa ke 80% (diatas itu protokol BMS mobil akan kirim info ke charger supaya dikurangin arusnya). Yang penting SLA-nya itu diatas 95%, jangan sampe cuma ada 2 mati 2-2nya. Naah untuk jalur lukot kalo pake patokan I5 LR kurleb : DC min kapasitas 6x7.3 kW = 45 kW, jarak DC charger pertama dari kota besar 200 - 250 km, terus ada DC charger berikut tiap 200-250 km. Ini ndak berlaku untuk urusan mudik lho ya, lagian saya pribadi kalo mudik sudah sejak 2014 ndak pernah bawa mobil, mudharatnya lebih besar dari manfaatnya, mending saya nyepur terus sewa mobil di tujuan, sayang otak dipake stress buat mudik..... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Thanks utk feedback nya um

kalo dari sisi pihak yg ingin pasang mesin charger

Mesin Casss DC harga nya wuedaannn........bisa 10X harga mesin Cass AC jika kapasitas dihittung Equal (misal install 2 mesin 22 Kw VS 1 DC - 40 Kw)........wkwkwkwkwkw

Saya advise kawan utk pasang mesin AC 11 Kw - 2 biji dulu utk tahap awal.......liat nanti gimana traffic nya

Utk Kona EV & Ayonik5 sejauh ini cuman bisa jalan 11 Kw utk AC charge kan yah, jadi mesin AC 22 Kw = no use

Juga berarti di SPKLU harus sediakan tabung pemadam kebakaran type CO2 / Powder yah utk jaga2.......amit2.......wkwkwkw




b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 4:10 Thanks utk feedback nya um

kalo dari sisi pihak yg ingin pasang mesin charger

Mesin Casss DC harga nya wuedaannn........bisa 10X harga mesin Cass AC jika kapasitas dihittung Equal (misal install 2 mesin 22 Kw VS 1 DC - 40 Kw)........wkwkwkwkwkw

Saya advise kawan utk pasang mesin AC 11 Kw - 2 biji dulu utk tahap awal.......liat nanti gimana traffic nya

Utk Kona EV & Ayonik5 sejauh ini cuman bisa jalan 11 Kw utk AC charge kan yah, jadi mesin AC 22 Kw = no use

Juga berarti di SPKLU harus sediakan tabung pemadam kebakaran type CO2 / Powder yah utk jaga2.......amit2.......wkwkwkw
kalo bisa fire blanket om dan apapun yang bisa ilangin O2 sekitaran api co2 powder juga kagak mempan kalo masih seger2xnya

Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Bibieight »

Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 4:10
Bibieight wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 05, 2022 1:50 Btw kalo bicara resiko batt terbakar (termasuk terbakar saat nge cass)

berarti sistem charging ter-aman = AC charge type 2 yg 7 - 22 Kw dong yah ?

karena dia nge feed ke unit inverter di dalam mobil, inverter yg convert AC ke DC baru disupply ke batere

Inverter di dalam mobil udah pasti di disain "selaras" dengan batere si mobil

Mohon masukkan rekan2

CMIIW
Pengalaman pribadi si, itu coolant system tambah kenceng kalo dicolok ke DC Charger yg gede, saya colok ke 60 kW sama 30 kW beda waktu nyala cooling systemnya (lebih cepet yg 60 kW0, karena logika sederhana aja, selama masuknya < C rate batere si panasnya lebih lama, jadi emang saya menghindari colok ke DC yg > 73 kW (batere I5 LR). Lagian emang di Jawa belun ada DC > 60 kWh (di Nusa Dua si katanya ada yg 150 kW, suatu saat kalo sampe sana pingin ngetes... :big_smile] :big_smile] :big_smile] )....

Nah kalo colokan AC, bener itu, kan AC-DC-nya pake konverter bawaan mobil, cuma masalahnya kalo pasang 22 kWh kan sayang wong mobil yg konverter AC-DC-nya paling gede si Ioniq 5, cuma 10.2 kWh, sayang material juga kan... Secara bisnis, untuk AC charger si bener strategi EVCuzz/Starvo, pasang di hotel2, mall2, jd tempat2 orang yg bakal buang waktu lama buat ngecas dan di luar kota. Contoh kasus : sy kalo rapat di Semarang, bisa jadi saya hajar sd Semarang (kondisi batere 10-15%), terus rapat 6 jam (60 kW kan) balik lagi dah 80%, yg penting disini kuantitas, semakin banyak semakin bagus, jangan dipasang 22 kW tapi cuma ada 4 colokan, mending 10.5 kW tapi ada 20 colokan.....

Naah kalo jalan tol atau jalur2 luar kota non tol (Surabaya Banyuwangi misalnya, atau Jogja-Bandung jalur selatan) ndak butuh2 banget DC charger gede2 banget. DC yg dibutuhkan si cukup yg bisa isi 50-60% dalam 45-60 menit, karena asumsinya orang masuk ke charger di level 20an% dan dibawa ke 80% (diatas itu protokol BMS mobil akan kirim info ke charger supaya dikurangin arusnya). Yang penting SLA-nya itu diatas 95%, jangan sampe cuma ada 2 mati 2-2nya. Naah untuk jalur lukot kalo pake patokan I5 LR kurleb : DC min kapasitas 6x7.3 kW = 45 kW, jarak DC charger pertama dari kota besar 200 - 250 km, terus ada DC charger berikut tiap 200-250 km. Ini ndak berlaku untuk urusan mudik lho ya, lagian saya pribadi kalo mudik sudah sejak 2014 ndak pernah bawa mobil, mudharatnya lebih besar dari manfaatnya, mending saya nyepur terus sewa mobil di tujuan, sayang otak dipake stress buat mudik..... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Thanks utk feedback nya um

kalo dari sisi pihak yg ingin pasang mesin charger

Mesin Casss DC harga nya wuedaannn........bisa 10X harga mesin Cass AC jika kapasitas dihittung Equal (misal install 2 mesin 22 Kw VS 1 DC - 40 Kw)........wkwkwkwkwkw

Saya advise kawan utk pasang mesin AC 11 Kw - 2 biji dulu utk tahap awal.......liat nanti gimana traffic nya

Utk Kona EV & Ayonik5 sejauh ini cuman bisa jalan 11 Kw utk AC charge kan yah, jadi mesin AC 22 Kw = no use

Juga berarti di SPKLU harus sediakan tabung pemadam kebakaran type CO2 / Powder yah utk jaga2.......amit2.......wkwkwkw
Urusan 4W mbledug di Indonesia si baru denger sekali, BYD-nya si Biru, itupun pas lagi ndak dicas, katanya kejadiannya pas papasan mlipir ke bahu jalan eh nyangkut ke kerb trotoar... blarr.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .. Urusan per-mbledug-an ini kan ujung pangkalnya cuman dua : thermal runaway (cas kegedean amper, panas, di-cut telat, atau tarik2an narik kebanyakan batere panas, telat masuk ke limp mode) sama konslet (bisa mekanik krn tubrukan, pecah casing, bisa karena mutu busbar dan connector), jadi memang perlu dicermati.

Tapi mestinya kalo di 4W yg merek2 bener sih probabilitas mbledug si udah di level six sigma ya, karena desainnya yg dah lebih bener (ada BMS, software BMS yg konservatif, sensor2 suhu dan short circuit yg standar, sistem cooling, kualitas busbar dan konektor dll..dsb) terus juga proses QC di pabrik yg sdh tertib. Contoh, dicelup airpun belun tentu bikin konslet, kemaren di IIMS kan dah dites tu, batere si Woleng Air dicelup ke bak air terus dipake dinyalain pompa air, ada 2 minggu kan itu pameran dan ndak konslet.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Sy itu yg kuatir pada mbledug itu malah yg merek2 2W ndak jelas asal Cungkuo, desainnya rata2 pake 18650, air cooled, spot welding ke head battery, itu batere di tengah ama di pinggir panasnya mana rata, terus casingnya juga manatau pake standard getaran+tabrakan yg kayak gimana.
Ini contoh produksinya ya, di yutup resmi merek ybs, jadi mestinya gpp., kalo bandingin ini ama proses produksi pabrik koq jadi rada jauh...

Bukan yg ini ya yang 2W mbledug, tapi ya bisa jadi gambaran lah....

Balik ke bisnis, rasa2nya si kalo murni jualan bisnis dari cas2an doang koq ndak ada untungnya ya ?, habis space krn ngecasnya pake AC lama, bahkan meskipun margin-nya kalo ada ijin SPKLU 400%. Sy pribadi (CMIIW) buat orang yg punya area komersil malah mbayanginnya model bisnisnya dijadiin bundling, value added buat bisnis utamanya, misalnya restoran, mall, cafe, co-working space dll. Jadi mau ke cafe karena di cafe itu ada cas2an, mau kerja di co-working space itu kerna ada cas2an, mau nginep di hotel butik itu kerna ada cas2an....
Yg sy kurang paham (perlu nanya PLN juga), bole ndak belinya tetep 400 tapi jualnya dibawah 2400, yg penting cut-nya PLN tetep (2400 itu kan dibagi lagi : PLN, pemilik charger, pemilik lokasi). Umpama 2000 dibagi 3, jatah PLN 660, saya jual 1400 dah, yg beli untung tapi dia bakal lama ngafe/makan/kerja kan ?
Ide oom : pan banyak tu cafe kekinian, nah bikin aja tyg instagrammable banget, pasang 10-an charger 7kWan, ICE dilarang parkir depan colokan, yg dateng pasti mau keluar duit lebih, mereka kan early adopters, spending income lumayan bagus, kasih harga makanan ada premium 20an% ndak bakal masuk tiktok bikinan alay2 pengguna LCGC protes digetok harga.... :big_peace: :big_biglaugh: :big_weee: :big_peace: :big_biglaugh: :big_weee:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Wed Oct 05, 2022 4:43 Urusan 4W mbledug di Indonesia si baru denger sekali, BYD-nya si Biru, itupun pas lagi ndak dicas, katanya kejadiannya pas papasan mlipir ke bahu jalan eh nyangkut ke kerb trotoar... blarr.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .. Urusan per-mbledug-an ini kan ujung pangkalnya cuman dua : thermal runaway (cas kegedean amper, panas, di-cut telat, atau tarik2an narik kebanyakan batere panas, telat masuk ke limp mode) sama konslet (bisa mekanik krn tubrukan, pecah casing, bisa karena mutu busbar dan connector), jadi memang perlu dicermati.

Tapi mestinya kalo di 4W yg merek2 bener sih probabilitas mbledug si udah di level six sigma ya, karena desainnya yg dah lebih bener (ada BMS, software BMS yg konservatif, sensor2 suhu dan short circuit yg standar, sistem cooling, kualitas busbar dan konektor dll..dsb) terus juga proses QC di pabrik yg sdh tertib. Contoh, dicelup airpun belun tentu bikin konslet, kemaren di IIMS kan dah dites tu, batere si Woleng Air dicelup ke bak air terus dipake dinyalain pompa air, ada 2 minggu kan itu pameran dan ndak konslet.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Sy itu yg kuatir pada mbledug itu malah yg merek2 2W ndak jelas asal Cungkuo, desainnya rata2 pake 18650, air cooled, spot welding ke head battery, itu batere di tengah ama di pinggir panasnya mana rata, terus casingnya juga manatau pake standard getaran+tabrakan yg kayak gimana.
Ini contoh produksinya ya, di yutup resmi merek ybs, jadi mestinya gpp., kalo bandingin ini ama proses produksi pabrik koq jadi rada jauh...

Bukan yg ini ya yang 2W mbledug, tapi ya bisa jadi gambaran lah....

Balik ke bisnis, rasa2nya si kalo murni jualan bisnis dari cas2an doang koq ndak ada untungnya ya ?, habis space krn ngecasnya pake AC lama, bahkan meskipun margin-nya kalo ada ijin SPKLU 400%. Sy pribadi (CMIIW) buat orang yg punya area komersil malah mbayanginnya model bisnisnya dijadiin bundling, value added buat bisnis utamanya, misalnya restoran, mall, cafe, co-working space dll. Jadi mau ke cafe karena di cafe itu ada cas2an, mau kerja di co-working space itu kerna ada cas2an, mau nginep di hotel butik itu kerna ada cas2an....
Yg sy kurang paham (perlu nanya PLN juga), bole ndak belinya tetep 400 tapi jualnya dibawah 2400, yg penting cut-nya PLN tetep (2400 itu kan dibagi lagi : PLN, pemilik charger, pemilik lokasi). Umpama 2000 dibagi 3, jatah PLN 660, saya jual 1400 dah, yg beli untung tapi dia bakal lama ngafe/makan/kerja kan ?
Ide oom : pan banyak tu cafe kekinian, nah bikin aja tyg instagrammable banget, pasang 10-an charger 7kWan, ICE dilarang parkir depan colokan, yg dateng pasti mau keluar duit lebih, mereka kan early adopters, spending income lumayan bagus, kasih harga makanan ada premium 20an% ndak bakal masuk tiktok bikinan alay2 pengguna LCGC protes digetok harga.... :big_peace: :big_biglaugh: :big_weee: :big_peace: :big_biglaugh: :big_weee:
iya tungguin aja om kalo dah ngejamur kek di india sama china :big_bored:

china sehari 7 kok ud kayak minum obat itu juga kebanyakan yang kena malah merek2x terkenal cungkwo :big_bored:

kalo dah waktunya mbleduk ya mbleduk aja cuma tuhan yang tahu kapan mbleduknya :ngacir:

lagian faktor yang bikin susah buat dimatiin juga dari casenya mayoritas case baternya terlalu kuat jd aer pun gak tembus
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Suryaputra »

Btw..

https://www.msn.com/id-id/berita/other/ ... r-AA12Bdn9
Menurut Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, alasan Elon Musk malas untuk membangun pabrik kendaraan listrik di Indonesia adalah karena sektor hulu yang masih bergantung pada batu bara.

----
----

“Jadi nanti ke depannya, udara yang akan bersih itu di Jakarta, karena transportasi listriknya banyak menggunakan listrik. Tapi, saudara-saudara kita yang di Sulawesi tempat asal bahan baku kendaraan listrik, dampak ke penyakit ispa, bahkan bisa mengakibatkan korban kematian karena efek polusi yang diciptakan,” tegas dia.
So.. konteksnya polusi udara yaa..
hulunya makin kotor, hilirnya bersih.


:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by arsaerescool »

Tempat baterai EV dipakein water jacket gitu bisa juga kan ya? Kan sudah umum di mesin2 ICE, terbukti aman walaupun mesin digoyang-goyang kena jalanan berlobang ataupun aspal ngga rata.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Teknik Immersion cooling utk Batere EV

Post by Suryaputra »

arsaerescool wrote: Wed Oct 05, 2022 9:28 Tempat baterai EV dipakein water jacket gitu bisa juga kan ya? Kan sudah umum di mesin2 ICE, terbukti aman walaupun mesin digoyang-goyang kena jalanan berlobang ataupun aspal ngga rata.
ya saat ini emg spt itu kan, untuk EV yg pakai radiator coolant?
termasuik untuk cooling-down motor listrik nya :big_think:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri