Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Turboman »

Bagus ini

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

Wah menarik nih mbah suhu.
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja

Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by AbdulHakim »

Tergantung rem nya apa kl saya, mbah.
Kalo EPB kyk CRV, saya di D dan brakehold.
Kalo manual hand/foot brake saya pindah ke N trus injek/tarik parking brake.
Tetap bisa tidur nyenyak, alhamdulillah.
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: 13 May 2017, 23:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

Turboman wrote: 05 Oct 2022, 09:58 Bagus ini

iya saya juga sudah nonton ahapedia ini om, memang menarik karena mereka pakai data saat kondisi berjalan bukan sekedar simulasi gearbox copotan dan ilmu kira2, dan sepahaman saya memang kalau lampu merah lama baiknya di N saja, meskipun entah lebih awet atau tidak , posisi D kadang kalau kita luput lepas rem bakal nyundul bebas depannya, jadi cari amannya saja :big_childish:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: 05 Oct 2022, 10:10 Wah menarik nih mbah suhu.
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja

Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi :upss:
Mungkin ausnya tinggi tapi dengan temperatur oli atf yg lebih rendah dibanding dipanteng terus di D itu temperatur oli atfnya naik tinggi dan slipnya juga tinggi kalau model konverter. Mungkin mereka ga pernah colok OBD berapa temperatur oli atf.. Semakin tinggi temperatur oli atf kan umur olinya juga menurun. Apalagi cvt ga ada cooler seperti di at konvensional.
Saya juga kalau lampu merah / macet lama gak pernah pake P. Musingin kendaraan belakang karna lampu mundur pasti nyala walau sebentar pas pindah2 P ke D. Padahal cukup N dan rem tangan udah bisa santai2 dalem mobil, transmisi juga ga kerja kelas buat ganjelan mobil.
Urusan daleman transmisi biar oli amsoil atf fe aja yg bekerja.. Dah gw bayar mahal kerjanya harus optimal lah.. Hahaha :big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by sintoni »

Sudah dari dulu sih begini.

Kalau ga begitu, ngapain jg dikasi pilihan transmisi N.

:big_weee:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: 05 Oct 2022, 11:35
Suryaputra wrote: 05 Oct 2022, 10:10 Wah menarik nih mbah suhu.
Berlawanan nih sama pendapat mainstream yg ngaku nya expert matic, klo lamer pakai D aja

Konon mereka jg punya alasan, sentakan dr N ke D itu ausnya tinggi :upss:
Mungkin ausnya tinggi tapi dengan temperatur oli atf yg lebih rendah dibanding dipanteng terus di D itu temperatur oli atfnya naik tinggi dan slipnya juga tinggi kalau model konverter. Mungkin mereka ga pernah colok OBD berapa temperatur oli atf.. Semakin tinggi temperatur oli atf kan umur olinya juga menurun. Apalagi cvt ga ada cooler seperti di at konvensional.
Saya juga kalau lampu merah / macet lama gak pernah pake P. Musingin kendaraan belakang karna lampu mundur pasti nyala walau sebentar pas pindah2 P ke D. Padahal cukup N dan rem tangan udah bisa santai2 dalem mobil, transmisi juga ga kerja kelas buat ganjelan mobil.
Urusan daleman transmisi biar oli amsoil atf fe aja yg bekerja.. Dah gw bayar mahal kerjanya harus optimal lah.. Hahaha :big_biglaugh:
Wkwkwkwk jadi gak gabut yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by michaelgiri93 »

Saya setuju sih itu
Kalo di D waktu berhenti kerasa banget emg mobilnya berusaha nyundul ke depan, gak ada ceritanya mesin ama gearbox diputus powernya kaya kata beberapa "influencer otomotif".
Yang saya penasaran itu kalau matikan mesin di N terus pindah ke P kondisi mesin masih mati itu boleh gak sih
Apa sebelum mesin di matiin transmisi harus di P dulu?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 30 Jun 2015, 15:10

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by fenrir »

Turboman wrote: 05 Oct 2022, 09:58 Bagus ini

hehehe, liat komen di utubenya, macem-macem ya, selama tuh orang yg komen punya referensi yang sesuai dengan opini mereka, ya bakal tetep keukeuh bahwa [D] di lampu merah yg paling bener, begitu juga sebaliknya.
Sampai banyak-banyakan data aja sih sebenernya, data yang valid ya, diukur real-time dan dapat ter-replikasi, harusnya si AHA kasih liat juga cvt oil temp-nya kalo ada, kayaknya om turbo perna kasih data tsb, bahwa pas posisi [D], oil temp transmission naik saat di lampu merah, jadi minimal ada 2 jenis data valid.

tapi tetep aja biarpun dikasih data valid, sebanyak apapun, tetep aja ada yang masi keukeuh migor is da bes (maap oot), berlaku juga dengan komen-komen utubenya si AHA tsb.

kalo mau shut orang-orang ngeyel macem gini ya rada susah, harus disediain 2 mobil, satu selalu [N] dan satu selalu [D] di lampu merah, 50rb km kuras matic, UOA. ato kalo berani nelen kata-kata pabrikan "lifetime transmission", 100rb langsung bongkar kasih liat mana yang aus duluan. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

Ini mirip casenya, TV
bagus di-standby?
atau matiin switch colokan listrik? (gak terhubung ke listrik sama sekali)

wkwkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by 3mul »

ane setuju banget dgn teori & pemaparan di video: geser ke N di lamer.
tapi kalo timer di lamer kurang dari 20 detik atau kalo brenti bentar, ane sih tetap stay di D.
Kelamaan stay di D gak bagus, tapi terlalu sering/cepat pindah D-N-D-N juga gak bagus.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by pengendiesel »

Selama ini bawa mobil matic,,,,begitu berhenti langsung ke n, gak peduli lamernya sebentar,,,palagi kalo lama
Dengan cara pemakaian kayak gitu di ogl 90rb km sama sekali gak pernah ada masalah

Gak enak banget nahan mobil berhenti di d
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: 24 Aug 2022, 15:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011
Contact:

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by daimler »

Ane termasuk kaum yg setuju berhenti di posisi N :big_grin:
Channel luar yg isinya papan tulis ama spidol, entah kenapa juga bilang kalo berhenti di D aja ga perlu N, mana alasannya membingungkan karena kalo sering pindah2 D->N->D bikin solenoidnya bikin berkurang masa pakainya :big_think:
Alasan no.4 *ane ga ngikutin sarannya

*Oot channel ahapedia ini yg punya bengkel spesialis nissan di jogja, pernah nonton videonya juga yg cerita katanya mobil2 ber EPS racksteernya rawan oblak dibanding yg masih pakai power steering
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Asfur »

Kalo berdasarkan pengalaman sy dgn kendaraan operasional kantor dimana sy pake dari baru sampe diganti baru sekitar 5 tahunan, pertama itu kia carens 2, kmdn innova dan kmdn reborn, itu semua pemakaian bener2 abuse sih untuk matik, maju mundur langsung R D , D R, ngk pake tunggu mobil diem baru pindahin gigi, dan kalo di lamer selalu masukin N dan dikemacetan juga N, so far sampe dijual ngk ada yg bermasalah sih girbox nya. Yg kepunyaan mobil pribadi sih juga gitu yah, kalo lamer atau macet pasti di N in.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by josomba »

idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.

dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by DOHC »

josomba wrote: 05 Oct 2022, 17:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.

dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,

yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok

pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by RezPrat »

Di kijang 2gd klo berenti d lamer posisi trans di D Tarek rem tangan tu mobil bakal terus ngeloyor, torsi nya terlalu kuat, mesti d oper k N biar aman d lamer. Hahaha...
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 01 Feb 2017, 20:13

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Montero »

pengendiesel wrote: 05 Oct 2022, 16:55 Selama ini bawa mobil matic,,,,begitu berhenti langsung ke n, gak peduli lamernya sebentar,,,palagi kalo lama
Dengan cara pemakaian kayak gitu di ogl 90rb km sama sekali gak pernah ada masalah

Gak enak banget nahan mobil berhenti di d
Sama nih, kadang berenti 10 detik aja tangan gemes udah pengen pindahin ke N. Selagi mindahin nya alus, dan ketika jalan jangan langsung di gas yang saya lakukan selama ini aman sih.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by josomba »

DOHC wrote: 05 Oct 2022, 19:23
josomba wrote: 05 Oct 2022, 17:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.

dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,

yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok

pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by alexand »

saya sih selalu di N pas lampu merah, walaupun berhentinya cuman 20 detik tetep aja di N tapi pakai rem kaki ngak tarik rem tangan kalo cuman bentar doang
logika bodoh saya sih mikir kalo nahan di D tapi di rem itu seperti orang ngeden tapi ngak di keluarin itu eeknya :big_biglaugh:
jadi mendingan jangan ngeden sekalian :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 05 Oct 2022, 19:23
josomba wrote: 05 Oct 2022, 17:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.

dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,

yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok

pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Paling bener kaya gini
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: 06 Oct 2022, 09:11
DOHC wrote: 05 Oct 2022, 19:23
josomba wrote: 05 Oct 2022, 17:58 idem, saya juga di N kalau lampu merah. Kecuali sisa lampu merah <20 detik, baru deh tahan di D.

dr jaman mobil matic pertama alm bokap dulu crv 2002 dipake 8 tahun/170rb KM selalu metode ini, aman2 aja.
kelean kelean kutengok pd salah itu caranya,

yg bener nya, tahan di D, kaki kiri injek rem kasi kuat2, kaki kanan bejeg pedal gas mentok

pas lampu ijo , lgs betot gas sembari lepas rem , kaya si dominic toreto

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Paling bener kaya gini
:big_exellent: :big_exellent:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Or4cle »

Lhaaaaa nanti di mobil Tamiya gimana ?
Denger2 di trit Toyota Cross Hybrid (kalo gak salah), kudu di D baru bisa nge-charge battery
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Zaxis »

Paling aman pas lamer yah geser ke N trus tarik rem tgn

Pernah nyundul mobil depan pas lamer
Lagi posisi di D dan bengong
Ga kerasa injekan pedal rem kelepas
Tau2 kaget duk aja dah nyundul mobil depan
Untung nya ga sampe lecet sih
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by peterming77 »

Or4cle wrote: 06 Oct 2022, 09:52 Lhaaaaa nanti di mobil Tamiya gimana ?
Denger2 di trit Toyota Cross Hybrid (kalo gak salah), kudu di D baru bisa nge-charge battery
Bener, kalo di N kayaknya pully yg sambung ke traction batre nya di cut off, jadi dinamo nya ga bisa charge itu batre, kalo idle lama harus pindah ke P, kalo posisi N di lamer sih jarang2 diminta ke D, kecuali posisi batre memang lagi low sekali ditambah posisi N di lamer lama (bermenit2).
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post