Duo ladder laris: necessity or pride?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by nyotsaeba »

Kalo soal pede geber 150-190 pake gajah 2gd, tergantung sebelumnya pake apa. Ane paling pede geber top speed ya pake anf, berat, lengket ke jalan ga ngerti yg namanya limbung tuh kyk apa sih, dr istri,anak, mbak ga pernah ada bilang mual . kl ada jln lowong ya pasti bawaannya pedal to metal,lha wong ga pernah ada alarm penumpang kl pake anf.

Penumpang jg anteng kalo lari 150 mah ky ga ada apa2. Coba pake anki facelift. 160 uda lebih berisik road noise lbh masuk, stir jg lbh melayang.

Oya srbelumnya ya pake anki pfl, gnki, avanza 1st gen. Nah yg paling horor ya avansa, 100+ aja kyk mau take off.

Sensitivitas tiap org beda2 kali yak
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Jan 2023, 00:32
Terahir punya diesel itu santafe 2013, jujur kesan murah piara diesel hanyalah mitos.... :big_biglaugh: ancur ekspektasi.

Pdhl mikir beli diesel wah enak nih irit torsi besar ternyata tidaaaak kalo pake dex dalem ngisinya belum spare parts nya jauh lbh mahal dari mobil2 lain yang ane punya :big_biglaugh:

Zaman beberapa bulan lalu waktu bbm mahal mahalnya sempat 2x papasan sama santafe TM yang sama di spbu yang sama, sekali ngisi 1.5juta. hebat lah orang2 ini tetep konsisten bayarin dex :big_exellent:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

lebih ribet om apalagi isi solar idup kagak tenang kalo dari kaum maunya mobil sehat mulu :wkkk: :wkkk:

cuma saya enjoy aja sih dari dulu emang kepengen punya mobil ban gede karna tiap bajir was was tapi gak pernah kepikiran suv ladderframe dulu mikirnya mau modif panther pickup jd kayak GMC :big_biglaugh:

Image

kan ganteng kek gini cuma kapan makenya :big_biglaugh:
nyotsaeba wrote: 30 Jan 2023, 08:38 Kalo soal pede geber 150-190 pake gajah 2gd, tergantung sebelumnya pake apa. Ane paling pede geber top speed ya pake anf, berat, lengket ke jalan ga ngerti yg namanya limbung tuh kyk apa sih, dr istri,anak, mbak ga pernah ada bilang mual . kl ada jln lowong ya pasti bawaannya pedal to metal,lha wong ga pernah ada alarm penumpang kl pake anf.

Penumpang jg anteng kalo lari 150 mah ky ga ada apa2. Coba pake anki facelift. 160 uda lebih berisik road noise lbh masuk, stir jg lbh melayang.

Oya srbelumnya ya pake anki pfl, gnki, avanza 1st gen. Nah yg paling horor ya avansa, 100+ aja kyk mau take off.

Sensitivitas tiap org beda2 kali yak
saya kalo dari pajero pas pindah ke jazz itu jazz enaak banget cuma kalo kebalikan itu pajero lsg dosanya saya baca2xin semua setir kagak enak oleng dll , dalam hati sumpah serampah bangke kebanyakan pake jazz nih jd kagak enak :wkkk:

cuma ati2x om fisika gak boong saya berapa kali ampir celaka naek pajero dimana di jazz kejadian kek gitu ud kayak maen2x malah kadang saya sengaja kalo di jazz di pajero kagak sengaja aja ngerii :mky_03:
ChZ wrote: 28 Jan 2023, 09:54 kalau di ane mobil sebagong fortuner/pajero malah nyusahin krn jalanan di kota banyak gang sempit. :big_biglaugh: makanya dari dulu gak pernah beli pake CRV aja dah susah di sini ujungnya jadi weekend car aja buat jalan sama serumah.

problemnya nambah ga cuma ugal ugalan atau polisi polisian, tapi kalo parkir ya tuhan ribetnya kaga masuk-masuk. biasa apalagi cewek yang bawa badannya kecil gitu liatnya kasian :big_biglaugh: belom misal musim libur orang luar kota gak hapal jalan dia maksa puter balik di gang sempit udah kepalang bt liatnya bawa pajero mau muter di gang yang 2 mobil aja udah sesek.

masalahnya di sini banyak ciwi ciwi atau ibu-ibu dibawain fortuner sama bokap atau suaminya dengan alasan keamanan biar gak diganggu orang :ungg: cuma ya gitu dia gak diganggu malah dia yang ngeganggu, ngerepotin se RT kalo parkir saking postur tubuh ga mendukung buat bawa mobil sebagong itu.
gang sempit enakan ladder om :big_biglaugh:

soalnya biasa suka ada sisa2x pinggiran mungkin trotoar atau ramp rumah itu bisa kita hajar gak tau saya bawa jazz sama freed di gang sempit malah risih yang bikin risih itu takut nyerempet karena mobilnya pendek gitu pula crv lebarna cuma jd intimidasi buat kitanya sendiri padahal sih tinggi cuma tingginya kurang buat hajar2x, jd bikin risih juga, saya mulai ngerasain enaknya dulu pas bawa hilux single cab ternyata cuma urusan size mobil masih gampang diliat cuma kalo ud urusan liat kolong lebih puyeng ngedettectnnya solusi paling bener tingal lindes bahkan mundur di gang sempit pun saya enakan pake pajero :big_biglaugh: parkir pun enakan pajero bisa ngakang sana sini kalo cuma sempit tinggal ngalah cuma kadang kayak jazz aja saya ud berapa kali kenalpot mentok pas parkir :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote: 30 Jan 2023, 08:38 Kalo soal pede geber 150-190 pake gajah 2gd, tergantung sebelumnya pake apa. Ane paling pede geber top speed ya pake anf, berat, lengket ke jalan ga ngerti yg namanya limbung tuh kyk apa sih, dr istri,anak, mbak ga pernah ada bilang mual . kl ada jln lowong ya pasti bawaannya pedal to metal,lha wong ga pernah ada alarm penumpang kl pake anf.

Penumpang jg anteng kalo lari 150 mah ky ga ada apa2. Coba pake anki facelift. 160 uda lebih berisik road noise lbh masuk, stir jg lbh melayang.

Oya srbelumnya ya pake anki pfl, gnki, avanza 1st gen. Nah yg paling horor ya avansa, 100+ aja kyk mau take off.

Sensitivitas tiap org beda2 kali yak
nah kl kestabilan SUV ban lebar gede lawan MPV ban kecil kurus ya pasti lebih stabil SUV nya :mky_03: mungkin sama LCGC asal ga meliuk-liuk jg lebih stabil SUV.
b0ku wrote: 30 Jan 2023, 08:40 lebih ribet om apalagi isi solar idup kagak tenang kalo dari kaum maunya mobil sehat mulu :wkkk: :wkkk:
iya kalo peduli sama harus pake dex, ganti filsol teratur, oli musti oli keraton, dll itu sih jatohnya malah mending miara bensin :mky_07: kuras filter bensin asal ngga pake bensin subsidi ya paling blom tentu setaun sekali.

gang sempit enakan ladder om :big_biglaugh:
wah di gw sama sekali ngga deh. udah pengalaman pake xpander nyasar ke gang yang ga bisa dilewatin mobil. keluar musti mundur. ya mungkin enaknya SUV kasih aja ban lebar biar kalo ada parit kaga jeblos ban.

cuma kl drama cari parkir haduh males banget. udah senep sama parkiran di kota sendiri pinggir jalan kecil bisa ada kafe rame banget sembarang tempat jadi kafe. idealnya ya mobil kayak BRV. tinggi tapi ramping.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by ctopher7 »

kalo gaada bio solar auto ga laku mobil ginian. drpd isi dex, cari aja mobil bensin skalian yang bneran enak handlingnya

fyi foto filsol abis 27 rebu km (filsol ori pabrik) masih ga kotor kotor amat isi biosol full dri lahir. ganti pake aspira abis itu gaspol lagi. kebayang kan sebrapa murah dan practical pake mobil gajah di indo hehehe
EE0A1D21-E756-41A5-ADE3-4CFDE83E1C40.jpeg
pecinta bio solar
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: 30 Jan 2023, 09:49 kalo gaada bio solar auto ga laku mobil ginian. drpd isi dex, cari aja mobil bensin skalian yang bneran enak handlingnya

fyi foto filsol abis 27 rebu km (filsol ori pabrik) masih ga kotor kotor amat isi biosol full dri lahir. ganti pake aspira abis itu gaspol lagi. kebayang kan sebrapa murah dan practical pake mobil gajah di indo hehehe

EE0A1D21-E756-41A5-ADE3-4CFDE83E1C40.jpeg

saya mikirnya dulu kek gitu cuma lama2x mikir handlingnya gak kepake mau manuver kek apa sih kalo ud isinya 7 orang :mky_03:

yang pasti butuh torsi buat tanjakan gas dikit tenaga ud dapet karena torsi maksimal di rpm rendah :mky_03:

apalagi ud berapa kali saya coba cruising di tol pake gigi 5 dari low speed pun torsinya masih nendang :mky_03:

kalo handing malah mikir saya gak berani nambahin banyak stabilizer mendingan otak atik bushing sama ganjel baut chasisnya soalnya kalo kebanyakan stabilizer kesian penumpangnya pas di tol hajar lobang takutnya mobilnya membal isinya palanya kejdut semua :mky_07:

toh mau diapain juga bakalan tetep oleng karena emang yang bikin oleng bobot chasisnya itu sendiri jd gak bakalan bisa tajem kek moncoque jd mendingan meminmalisir aja tanpa terlalu ngurangin kenyamanan :big_bored:

dan di bensin suv 7 seater muat 7 orang yang enak torsinya paling zenix hybrid itu juga gara2x torsi instant dari motor listrik cuma iuran batrenya ngeri2x sedep :mky_03:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by lexnic »

b0ku wrote: 30 Jan 2023, 08:40
ChZ wrote: 30 Jan 2023, 00:32
Terahir punya diesel itu santafe 2013, jujur kesan murah piara diesel hanyalah mitos.... :big_biglaugh: ancur ekspektasi.

Pdhl mikir beli diesel wah enak nih irit torsi besar ternyata tidaaaak kalo pake dex dalem ngisinya belum spare parts nya jauh lbh mahal dari mobil2 lain yang ane punya :big_biglaugh:

Zaman beberapa bulan lalu waktu bbm mahal mahalnya sempat 2x papasan sama santafe TM yang sama di spbu yang sama, sekali ngisi 1.5juta. hebat lah orang2 ini tetep konsisten bayarin dex :big_exellent:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

lebih ribet om apalagi isi solar idup kagak tenang kalo dari kaum maunya mobil sehat mulu :wkkk: :wkkk:
klo di luar negeri, orang beli diesel karena incer torsi besarnya. soalnya kan emg torsi besar jdi salah satu keunggulan mesin diesel dibanding mesin bensin.
b0ku wrote: 30 Jan 2023, 08:40 cuma saya enjoy aja sih dari dulu emang kepengen punya mobil ban gede karna tiap bajir was was tapi gak pernah kepikiran suv ladderframe dulu mikirnya mau modif panther pickup jd kayak GMC :big_biglaugh:
Image

kan ganteng kek gini cuma kapan makenya :big_biglaugh:
klo tinggalnya di pelosok mngkin msh kepake. beda cerita klo tinggalnya di kota besar ahahaha. tapi penasaran sih, klo panther dimodif bgtu apakah dia tetep 4x2 ato bisa diganti jdi 4x4? klo msh tetep 4x2, cuma buat gegayaan doang dong..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

lexnic wrote: 30 Jan 2023, 13:03
klo di luar negeri, orang beli diesel karena incer torsi besarnya. soalnya kan emg torsi besar jdi salah satu keunggulan mesin diesel dibanding mesin bensin.

klo tinggalnya di pelosok mngkin msh kepake. beda cerita klo tinggalnya di kota besar ahahaha. tapi penasaran sih, klo panther dimodif bgtu apakah dia tetep 4x2 ato bisa diganti jdi 4x4? klo msh tetep 4x2, cuma buat gegayaan doang dong..
saya sih incer torsi gede sama GC tingginya om, belakangan saya ud berkeluarga ditambah kalo mau muas2xin nafsu ngebut saya masih ada jazz tua saya jd ya gak ada salahnya ada diesel ladder frame satu buat jalan2x keluarga lagian jazz saya ud kurang nyaman buat pegi rame2x soalnya ud banyak di modif kaki2xnya nyaman kalo saya bawa sendiri kadang kalo pegi sama istri naek sama itu suka ada rasa bersalah juga :mky_03:

kalo panther pick up sih bingung juga kepakenya kalo ada banjir juga cuma mau di bikin 4x4 bisa2x aja tapi kemungkinan ganti mesin pake mesin hilux :mky_03:

cuma kalo ladder si di kita kepake mulu kabinya gak berisik kalo kena jalan rusak karena keredam chasis, torsi enak buat angkut 8 manusia terutama di tanjakan berasa banget enaknya kita bawa sante2x aja yang penting gas dikit tenaga berasa biarpun full load, ditambah gak pusing sama kolong sikat sana sikat sini :mky_03:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by sherryandkez »

kayaknya om salah tempat nanya, kalo di SM pasti ya (hampir) semua beli sesuai necessity nya, beda sama di luaran :big_biglaugh:

btw soal ladder ini mau cerita dikit deh. bokap melihara satu soalnya (dakar 2017)

2017 bokap beli mobil ini buat pakean dia sehari2. gak ngerti jg kenapa dia beli karena saya sangat ga rekomen dan ga suka mobil beginian. tau2 udah ada di rumah.

6 tahun mobil ini ada di rumah lebih banyak penyesalannya daripada puasnya. naikan ga enak, ngayun, sempit banget, boros, naik turun susah, model juga ga demen (saya tipe orang yang beli mobil harus demen desainnya, kalo ga demen ya pas parkir ga ditengok lagi malah mau cepet2 pergi), dan yang paling sial : MONEY PIT. :big_bored:

saya sampe bingung darimana orang bisa hemat dengan pake mobil beginian. dex mahal, isi fulltank sejuta abisnya cepet banget. ga ngurus kalo isinya solbus karena bokap ga pernah mau isi solbus. servis luar biasa mahalnya dan pelayanan beres (maaf) sampah. ruang tunggu aja ga ada acnya. mobil ini servis dari baru selalu di beres, 2023 ini cooling system enginenya jebol dan merembet ke yang lain. rewelnya ngalah2in mobil apapun yang pernah saya punya, even european kayak W220.

perawatan murah? ke laut aja. servis 100rb di beres kena 8jt lebih, padahal lexus saya servis 100rb cuma 5.4jt. saya ga bicara di luar beres ya karena mobil2 baru pasti rata2 masih lari ke beres untuk servis. perbaikan ac waktu itu habis belasan juta cuma tahan seminggu udah panas lagi. saya juga bingung kenapa mobil ini dibilang tahan padahal menurut saya ga ada reliable2nya ini mobil. drl redup, jok elektrik bunyi, jok sobek, dan banyak banget problemnya.

2022 pas saya beli lexus bokap langsung naksir dan mau cepet2 jual dakarnya ganti camry hybrid baru. turns out harganya juga lumayan jeblok :ungg: jadi bokap harus nunggu sampe tahun ini baru cukup uangnya. itupun skrg dia malah naksir bZ4X :big_biglaugh:

apakah trus mobil ladder gini selalu jelek?

ya gak juga. temen2 saya yang expat thai atau orang2 tambang yang ngurusin expat suka banget sama anps (mereka pakenya glx 4x4) karena menurut mereka empuk dan nyaman buat medan berat di tambang. dan menurut mereka juga mobil ini reliable, entah kenapa mobilnya bokap (dan dakar lain yang saya cek di showroom mobkas) banyak bener problemnya. ya mungkin definisi reliable mereka = jalan :mky_01:

kalo di jakarta pake ginian, paling cuma ada 2 alesan = takut banjir/jalan rusak sama GENGSI.

saya gak ngerti padahal mobil ginian kan banyak ya di jalan, trus apa gengsinya :ungg: dulu pas saya ngajar banyak bgt ibu2 ortu murid yang bawa fortuner/pajero karena satu pake yang lainnya ngikut, gengsi dong masa sekolah mahal tapi mobil gak keliatan "mahal"?

dulu pernah ada temen yang ngambil vrz karena nyari gengsi di mata klien. saya bilang, lu cari gengsi ya beli lah alphard bekas atau sekalian mercy, ngapain beli fortuner.

lagian soal presence di jalan juga kalah sama mobil saya yang 100jt lebih murah. udah berapa kali di jalan fortuner/pajero plat sipil/dinas yang tetot tetot wiu wiu slonong kanan kiri juga takut pas papasan sama mobil saya di jalan, langsung dimatiin strobonya :big_biglaugh:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by kendibocor »

sherryandkez wrote: 30 Jan 2023, 13:58 kayaknya om salah tempat nanya, kalo di SM pasti ya (hampir) semua beli sesuai necessity nya, beda sama di luaran :big_biglaugh:

btw soal ladder ini mau cerita dikit deh. bokap melihara satu soalnya (dakar 2017)

2017 bokap beli mobil ini buat pakean dia sehari2. gak ngerti jg kenapa dia beli karena saya sangat ga rekomen dan ga suka mobil beginian. tau2 udah ada di rumah.

6 tahun mobil ini ada di rumah lebih banyak penyesalannya daripada puasnya. naikan ga enak, ngayun, sempit banget, boros, naik turun susah, model juga ga demen (saya tipe orang yang beli mobil harus demen desainnya, kalo ga demen ya pas parkir ga ditengok lagi malah mau cepet2 pergi), dan yang paling sial : MONEY PIT. :big_bored:

saya sampe bingung darimana orang bisa hemat dengan pake mobil beginian. dex mahal, isi fulltank sejuta abisnya cepet banget. ga ngurus kalo isinya solbus karena bokap ga pernah mau isi solbus. servis luar biasa mahalnya dan pelayanan beres (maaf) sampah. ruang tunggu aja ga ada acnya. mobil ini servis dari baru selalu di beres, 2023 ini cooling system enginenya jebol dan merembet ke yang lain. rewelnya ngalah2in mobil apapun yang pernah saya punya, even european kayak W220.

perawatan murah? ke laut aja. servis 100rb di beres kena 8jt lebih, padahal lexus saya servis 100rb cuma 5.4jt. saya ga bicara di luar beres ya karena mobil2 baru pasti rata2 masih lari ke beres untuk servis. perbaikan ac waktu itu habis belasan juta cuma tahan seminggu udah panas lagi. saya juga bingung kenapa mobil ini dibilang tahan padahal menurut saya ga ada reliable2nya ini mobil. drl redup, jok elektrik bunyi, jok sobek, dan banyak banget problemnya.

2022 pas saya beli lexus bokap langsung naksir dan mau cepet2 jual dakarnya ganti camry hybrid baru. turns out harganya juga lumayan jeblok :ungg: jadi bokap harus nunggu sampe tahun ini baru cukup uangnya. itupun skrg dia malah naksir bZ4X :big_biglaugh:

apakah trus mobil ladder gini selalu jelek?

ya gak juga. temen2 saya yang expat thai atau orang2 tambang yang ngurusin expat suka banget sama anps (mereka pakenya glx 4x4) karena menurut mereka empuk dan nyaman buat medan berat di tambang. dan menurut mereka juga mobil ini reliable, entah kenapa mobilnya bokap (dan dakar lain yang saya cek di showroom mobkas) banyak bener problemnya. ya mungkin definisi reliable mereka = jalan :mky_01:

kalo di jakarta pake ginian, paling cuma ada 2 alesan = takut banjir/jalan rusak sama GENGSI.

saya gak ngerti padahal mobil ginian kan banyak ya di jalan, trus apa gengsinya :ungg: dulu pas saya ngajar banyak bgt ibu2 ortu murid yang bawa fortuner/pajero karena satu pake yang lainnya ngikut, gengsi dong masa sekolah mahal tapi mobil gak keliatan "mahal"?

dulu pernah ada temen yang ngambil vrz karena nyari gengsi di mata klien. saya bilang, lu cari gengsi ya beli lah alphard bekas atau sekalian mercy, ngapain beli fortuner.

lagian soal presence di jalan juga kalah sama mobil saya yang 100jt lebih murah. udah berapa kali di jalan fortuner/pajero plat sipil/dinas yang tetot tetot wiu wiu slonong kanan kiri juga takut pas papasan sama mobil saya di jalan, langsung dimatiin strobonya :big_biglaugh:
Pengalaman pake fortie emang relatif maintenance-free sih om. Kok pakjero rewel ya. Mengenai servis sama om sebenernya kalo servis di beres ga murah jg. Terakhir fortie saya servis di beres pas odo 80rb km jg hampir nyentuh 5 jeti (gara2 banyak ramuan dan ganti oli pake q8 yg ditawarin) Belum banyak ritual2 yg diluar beres macam purging, ganti filsol segala buat yg mimik biosol.
Kalo tempat service mitsu emang harus nyari om, beberapa masih join sama service truk makanya kurang enak jd tempat nunggu.

Untuk yg demen nyetir dan ga ada kebutuhan tertentu misalkan jalanan sehari2 hancur lebur, rumahnya daerah banjir atau anggota kelgnya banyak ya emang agak aneh beli mobil ginian karena untuk nyetir ga ada enak2nya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by ChZ »

sherryandkez wrote: 30 Jan 2023, 13:58 kayaknya om salah tempat nanya, kalo di SM pasti ya (hampir) semua beli sesuai necessity nya, beda sama di luaran :big_biglaugh:

btw soal ladder ini mau cerita dikit deh. bokap melihara satu soalnya (dakar 2017)

2017 bokap beli mobil ini buat pakean dia sehari2. gak ngerti jg kenapa dia beli karena saya sangat ga rekomen dan ga suka mobil beginian. tau2 udah ada di rumah.

6 tahun mobil ini ada di rumah lebih banyak penyesalannya daripada puasnya. naikan ga enak, ngayun, sempit banget, boros, naik turun susah, model juga ga demen (saya tipe orang yang beli mobil harus demen desainnya, kalo ga demen ya pas parkir ga ditengok lagi malah mau cepet2 pergi), dan yang paling sial : MONEY PIT. :big_bored:

saya sampe bingung darimana orang bisa hemat dengan pake mobil beginian. dex mahal, isi fulltank sejuta abisnya cepet banget. ga ngurus kalo isinya solbus karena bokap ga pernah mau isi solbus. servis luar biasa mahalnya dan pelayanan beres (maaf) sampah. ruang tunggu aja ga ada acnya. mobil ini servis dari baru selalu di beres, 2023 ini cooling system enginenya jebol dan merembet ke yang lain. rewelnya ngalah2in mobil apapun yang pernah saya punya, even european kayak W220.

perawatan murah? ke laut aja. servis 100rb di beres kena 8jt lebih, padahal lexus saya servis 100rb cuma 5.4jt. saya ga bicara di luar beres ya karena mobil2 baru pasti rata2 masih lari ke beres untuk servis. perbaikan ac waktu itu habis belasan juta cuma tahan seminggu udah panas lagi. saya juga bingung kenapa mobil ini dibilang tahan padahal menurut saya ga ada reliable2nya ini mobil. drl redup, jok elektrik bunyi, jok sobek, dan banyak banget problemnya.
2017 berarti udah model ANPS? cooling systemnya masih sampah ya kayak 4D56. gw udah sampe heran ngurusin 4D56 L300 yang katanya badak rewel abis pdhl mobil juga muda-muda.

itu bengkel resmi gabung sama fuso? kalo iya di sini juga gitu, ruang tunggu emang seadanya. kalo ngga gabung sama fuso mendingan. gw sih biasa antara gw bawa atau driver yang bawa servis di dealer yang ga gabung fuso. emang lebih kecil tapi rg tunggu lantai 2 nya bersih dan ada sofa nya.

yang gabung sama fuso, lebih gede lebih lengkap cuma ruang tunggu nya kurang enak.

to be blunt sebenernya mitsu diesel engine itu ngga durable kalo contest kuat kuatan tetep toyota atau isuzu.

cuma dipilih orang karena menang

1. power, canter terkenal paling joss tenaganya di kalangan supir. paling loyo isuzu. sama kyk passenger kan pajero terkenal paling gede powernya. dan sayangnya karena mobil muatan faktor tenaga angkatan a.k.a torsi ini ngaruh banget, jadi ngga heran banyak dipilih. bayangin udah mah bawa ODOL 8 ton lalu disuruh nanjak loyo. gw punya canter th 95 juga ga ad cerita gagal nanjak. L300 ya sama, kenapa udah ada traga yang lebih modern tetep pada milih L300. krn traga pake 4JA1 itu loyo banget.

2. sparepart melimpah. hebatnya supply chain mitsu dia jual mobil nggak lupa jual sparepart. coba aja cari part truk isuzu 83 udah gak ada mahal pula, tapi kalo cari part fuso canter tahun berapapun mah pada berani nyetok.

3. karena dua faktor ini akhirnya ngaruh ke resale value. canter paling kuat resale valuenya dan paling likuid.

kalo nyimak yutub om soni istimiwir bilangnya triton itu rewel tapi partnya paling gampang. dipilih orang karena partnya gampang.

bahkan gasoline engine passenger aja itu mitsu ngga terkenal badak. tapi terkenal kenceng iya.
Last edited by ChZ on 30 Jan 2023, 14:57, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 30 Jan 2023, 14:42 Pengalaman pake fortie emang relatif maintenance-free sih om. Kok pakjero rewel ya. Mengenai servis sama om sebenernya kalo servis di beres ga murah jg. Terakhir fortie saya servis di beres pas odo 80rb km jg hampir nyentuh 5 jeti (gara2 banyak ramuan dan ganti oli pake q8 yg ditawarin) Belum banyak ritual2 yg diluar beres macam purging, ganti filsol segala buat yg mimik biosol.
Kalo tempat service mitsu emang harus nyari om, beberapa masih join sama service truk makanya kurang enak jd tempat nunggu.

Untuk yg demen nyetir dan ga ada kebutuhan tertentu misalkan jalanan sehari2 hancur lebur, rumahnya daerah banjir atau anggota kelgnya banyak ya emang agak aneh beli mobil ginian karena untuk nyetir ga ada enak2nya.
pajero mah parah :mky_07:

menang krempeng doank jadi lebih enak dipake buat jalanan sempit di banding ladder yang laen yang cendrung gemuk dan lebar, sama outlander saya megang outlander kalo daya tahan ud ngerasain sendiri, kalo mesin sekarang ada fortuner 2.8 mendingan fortuner 2.8 dah :big_smoking:

paling ngeselin setir ud diapain juga tetep aja geter kalo lari 140keatas dulu geter gara2x rem sekarang geter kudu finish balance :big_slap: , saya ud cobain beberapa pajero di tol pasti semua setirnya geter terutama kalo ngerem lari kenceng :big_bored:

saya suka pajero saya soalnya ini model tua pernya pake per gerobak :big_biglaugh:
ChZ wrote: 30 Jan 2023, 14:50
2017 berarti udah model ANPS? cooling systemnya masih sampah ya kayak 4D56. gw udah sampe heran ngurusin 4D56 L300 yang katanya badak rewel abis pdhl mobil juga muda-muda.

itu bengkel resmi gabung sama fuso? kalo iya di sini juga gitu, ruang tunggu emang seadanya. kalo ngga gabung sama fuso mendingan. gw sih biasa antara gw bawa atau driver yang bawa servis di dealer yang ga gabung fuso. emang lebih kecil tapi rg tunggu lantai 2 nya bersih dan ada sofa nya.

yang gabung sama fuso, lebih gede lebih lengkap cuma ruang tunggu nya kurang enak.

to be blunt sebenernya mitsu diesel engine itu ngga durable kalo contest kuat kuatan tetep toyota atau isuzu.

cuma dipilih orang karena menang

1. power, canter terkenal paling joss tenaganya di kalangan supir. paling loyo isuzu. sama kyk passenger kan pajero terkenal paling gede powernya.
2. sparepart melimpah. hebatnya supply chain mitsu dia jual mobil nggak lupa jual sparepart. coba aja cari part truk isuzu 83 udah gak ada mahal pula, tapi kalo cari part fuso canter tahun berapapun mah pada berani nyetok.
3. karena dua faktor ini akhirnya ngaruh ke resale value. canter paling kuat resale valuenya dan paling likuid.

kalo nyimak yutub om soni istimiwir bilangnya triton itu rewel tapi partnya paling gampang. dipilih orang karena partnya gampang.

bahkan gasoline engine passenger aja itu mitsu ngga terkenal badak. tapi terkenal kenceng iya.
gak juga om malah belakangan saya kesel sama partsnya kemaren mau ganti filter matic sampe pake KW dulu saya karena gak ada barang terus kemarn sodara mau ganti shock belakang mirage sampe saya beliin monroe gara2x gak ada barang juga :big_bored: , kemaren saya beli apa tuh temen saya sampe buru2x nanya saya mau di keep gak mumpung ada soalnya :big_bored:

cooling system emang aneh sih itu jarum temp gerak mulu gak stabil kadang bisa di baawah kadang bisa naek sampe mentok sisa 1/4 dari high tapi normal soalnya saya liat di youtube dakar ditarik sampe top speed aja jarum tempnya kek gitu :big_bored:

makannya kepikiran mau gantin intercoller sama radiatornya aj dah sama thermostartnya parah mitsu mobil laen saya gak pernah kena termo ini katanya sering banget sampe pada turun mesin akhirnya saya punya saya cabut gak pake efeknya kalo warming up jd ribet deh lama nunggu mesin panas :big_bored:

soalnya biasa di honda kalo jarum gerak naek diatas tempt biasa itu pasti ada trouble pajero jarum gerak naek turun itu normal karena mobilnya di geber2x :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 30 Jan 2023, 14:54 gak juga om malah belakangan saya kesel sama partsnya kemaren mau ganti filter matic sampe pake KW dulu saya karena gak ada barang terus kemarn sodara mau ganti shock belakang mirage sampe saya beliin monroe gara2x gak ada barang juga :big_bored: , kemaren saya beli apa tuh temen saya sampe buru2x nanya saya mau di keep gak mumpung ada soalnya :big_bored:

cooling system emang aneh sih itu jarum temp gerak mulu gak stabil kadang bisa di baawah kadang bisa naek sampe mentok sisa 1/4 dari high tapi normal soalnya saya liat di youtube dakar ditarik sampe top speed aja jarum tempnya kek gitu :big_bored:

makannya kepikiran mau gantin intercoller sama radiatornya aj dah sama thermostartnya parah mitsu mobil laen saya gak pernah kena termo ini katanya sering banget sampe pada turun mesin akhirnya saya punya saya cabut gak pake efeknya kalo warming up jd ribet deh lama nunggu mesin panas :big_bored:
mungkin gampang kalo pikup aja kali ya krn ngga pernah ganti model :big_biglaugh: kalo mirage model discontinue mungkin agak susah.

gw pernah sih susah 1x L300 cari pipa radiator gak ready krn modelnya beda sama yang tua yg ini plastik. benernya emang karena apes aja bongkar barang kena kait di lokasi proyek. di akalin beli radiator bekas deh.

kalo liat intercooler bawaan dakar lama emang sedih sih, imut gitu. bandingin sama fortuner VNT menyedihkan banget itu ukuran intercooler dakar. pdhl power output jelas gedean dakar. pantes lebih problematis di sisi pendinginan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Jan 2023, 15:05
mungkin gampang kalo pikup aja kali ya krn ngga pernah ganti model :big_biglaugh: kalo mirage model discontinue mungkin agak susah.

gw pernah sih susah 1x L300 cari pipa radiator gak ready krn modelnya beda sama yang tua yg ini plastik. benernya emang karena apes aja bongkar barang kena kait di lokasi proyek. di akalin beli radiator bekas deh.

kalo liat intercooler bawaan dakar lama emang sedih sih, imut gitu. bandingin sama fortuner VNT menyedihkan banget itu ukuran intercooler dakar. pdhl power output jelas gedean dakar. pantes lebih problematis di sisi pendinginan.
mungkin itu juga kenapa kadang turbo lagnya berasa banget karena turbonya kepanasan :big_biglaugh:

padahal saya bawa excednya bokap lebih enak tarikan bawahnya turbo lagnya lebih gak berasa ya iya sih satu turbo segede kelapa ijo (dakar) satu lagi turbonya segede kepalan tangan (exced) otomatis tarikan bawahnya lebih nampol si exced :big_biglaugh:

makanya bener nih ganti BRD aja intecollernya :mky_03:
corollae11
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 31 Aug 2022, 09:13
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by corollae11 »

pandaendut wrote: 28 Jan 2023, 05:46 Sorry OOT...
Imagenya mirip yamaha RX KING di kelas motor
Gagah, parts murah, image jagoan berasa jadi raja kecil
Dan ugal ugalan di jalan, strobonya bunyi knalpotnya :big_slap:
sekarang sudah bergeser ke matic sotoy namex dan fuccrio modal otak atik cvt, ngaku spek goib padahal mesin racik asal asalan, knalpot bobokan sama lampu daylight gonjreng kaya konter hp itece arogannya nyaingin motor PM
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by bensinsolar »

Satu-satunya mobil leder yg keluarga peliara setelah kijang kapsul 2.0 yg dijual taon 2009, ANF 2016.
Beli ini gara2 banjir besar Jkt 2009,2012,2015/16 selalu nerobos banjir tsb pake Harrier ada yg sampe setengah ban lbh dikit. Tiap kali nerobos pake Harrier liat Fortuner/Pajero jd kepikiran terus perlu ada ladder frame biar nerobosnya lbh effortless. Tp sampai saat ini si Harrier masih tetap sehat
& sehat walafiat. Cm pernah turun setengah mesin gara2 air radiator masuk ke ruang mesin pdhl A2000 ud cek ga ketemu melulu kenapa air radiatornya cepet abis. Mobilnya kedap air waktu nerobos banjir tsb gaada rembes kedalem. Mantap pokoknya. Jd ladder frame bwt saya lbh ke necessity... Tp sekarang ANF ud dijual, mau liat situasi dulu apa masih banjir atau ud aman utk menentukan mobil selanjutnya...
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by Venturtle »

sudah kapok dengan ladder frame..
mata terpuaskan dengan ANF, ANPS, Venturer facelift karena eksterior ganteng dan keren abis.. interior juga mewah..
apalagi di jalanan ada dimana mana..makin dilihat makin kepengenlah..
setelah dimiliki?
indah dipandang tapi gak enak dinaikin.. padahal mobil itu alat transportasi dimana kita duduk di dalamnya..
untuk menikmati mobil mobil ini harus jadi driver.. torsi diesel putaran bawah di 2GD memang enak, kalo di 4N15 torsinya baru enak di putaran atas..
kalo jadi penumpang row 2 dan row 3 is a big no :off_no:
bantingan suspensi row 2 dan row 3 adalah minus besarnya..
ANF terlalu keras, ANPS terlalu empuk, Venturer facelift juga gak kalah keras.. bagi yang ngomong innova empuk.. coba duduk di row 2 dan row 3 Venturer facelift dan lewati jalan agak rusak..dijamin bakal berubah semua persepsi itu.. goyang goyang mulu dan keras..
kalo pada waktunya ganti mobil, bakal balik ke monokok lagi..
tapi ada pelajaran hidup yang ane petik dari ini.. sekarang ane ga gitu wah lagi terhadap model mobil yang keren keren.. ride quality no.1 sekarang :big_okay:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

Venturtle wrote: 30 Jan 2023, 23:07 sudah kapok dengan ladder frame..
mata terpuaskan dengan ANF, ANPS, Venturer facelift karena eksterior ganteng dan keren abis.. interior juga mewah..
apalagi di jalanan ada dimana mana..makin dilihat makin kepengenlah..
setelah dimiliki?
indah dipandang tapi gak enak dinaikin.. padahal mobil itu alat transportasi dimana kita duduk di dalamnya..
untuk menikmati mobil mobil ini harus jadi driver.. torsi diesel putaran bawah di 2GD memang enak, kalo di 4N15 torsinya baru enak di putaran atas..
kalo jadi penumpang row 2 dan row 3 is a big no :off_no:
bantingan suspensi row 2 dan row 3 adalah minus besarnya..
ANF terlalu keras, ANPS terlalu empuk, Venturer facelift juga gak kalah keras.. bagi yang ngomong innova empuk.. coba duduk di row 2 dan row 3 Venturer facelift dan lewati jalan agak rusak..dijamin bakal berubah semua persepsi itu.. goyang goyang mulu dan keras..
kalo pada waktunya ganti mobil, bakal balik ke monokok lagi..
tapi ada pelajaran hidup yang ane petik dari ini.. sekarang ane ga gitu wah lagi terhadap model mobil yang keren keren.. ride quality no.1 sekarang :big_okay:
pajero gen 1 pake profender setting LV4 nyimak :ngacir:

sebenernya chasis bagusan pajero tinggal modalin suspensi gerobak sih ud nyaman buat saya, fortuner innova itu chasis kurang bagus dihajar suspensi keras akhirnya jd serba gak enak resep sama dipake di yaris bakpao :big_biglaugh:

makannya saya kurang suka anps karena malah pernya di bikin empuk hasilnya limbung parah padahal ops pake per gerobak sampe saya pernah pakein ban bekas pun bannya bisa makan rata semua 🤣🤣 efek dr per keras itu ban makannya rata dulu ge8 saya pake hnr awet bener bannya tukang ban pada bingung liat ban jazz saya makannya rata giliran balik pake per std lsg acak2xan tuh ban :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by Profith83 »

b0ku wrote: 30 Jan 2023, 12:38
ctopher7 wrote: 30 Jan 2023, 09:49 kalo gaada bio solar auto ga laku mobil ginian. drpd isi dex, cari aja mobil bensin skalian yang bneran enak handlingnya

fyi foto filsol abis 27 rebu km (filsol ori pabrik) masih ga kotor kotor amat isi biosol full dri lahir. ganti pake aspira abis itu gaspol lagi. kebayang kan sebrapa murah dan practical pake mobil gajah di indo hehehe

EE0A1D21-E756-41A5-ADE3-4CFDE83E1C40.jpeg

saya mikirnya dulu kek gitu cuma lama2x mikir handlingnya gak kepake mau manuver kek apa sih kalo ud isinya 7 orang :mky_03:

yang pasti butuh torsi buat tanjakan gas dikit tenaga ud dapet karena torsi maksimal di rpm rendah :mky_03:

apalagi ud berapa kali saya coba cruising di tol pake gigi 5 dari low speed pun torsinya masih nendang :mky_03:

kalo handing malah mikir saya gak berani nambahin banyak stabilizer mendingan otak atik bushing sama ganjel baut chasisnya soalnya kalo kebanyakan stabilizer kesian penumpangnya pas di tol hajar lobang takutnya mobilnya membal isinya palanya kejdut semua :mky_07:

toh mau diapain juga bakalan tetep oleng karena emang yang bikin oleng bobot chasisnya itu sendiri jd gak bakalan bisa tajem kek moncoque jd mendingan meminmalisir aja tanpa terlalu ngurangin kenyamanan :big_bored:

dan di bensin suv 7 seater muat 7 orang yang enak torsinya paling zenix hybrid itu juga gara2x torsi instant dari motor listrik cuma iuran batrenya ngeri2x sedep :mky_03:
Bener saya setuju.
Kalau sudah berkeluarga mau manuver seperti apa sih?
Naik mobil daerah pegunungan sama keluarga adalah kesenangan dan kenikmatan rekreasi bersama di udara segar dan bersih di pegunungan.
Yang enak kan ber 6 naik gunung dan jalanan rada jelek khas daerah pegunungan gak kuatir sama sekali.

Sudah senang, hati tambah senang lagi karena digas dikit, mobil langsung narik ... nikmat mana lagi kau dustakan :big_grin: :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by Profith83 »

sherryandkez wrote: 30 Jan 2023, 13:58 kayaknya om salah tempat nanya, kalo di SM pasti ya (hampir) semua beli sesuai necessity nya, beda sama di luaran :big_biglaugh:

btw soal ladder ini mau cerita dikit deh. bokap melihara satu soalnya (dakar 2017)

2017 bokap beli mobil ini buat pakean dia sehari2. gak ngerti jg kenapa dia beli karena saya sangat ga rekomen dan ga suka mobil beginian. tau2 udah ada di rumah.

6 tahun mobil ini ada di rumah lebih banyak penyesalannya daripada puasnya. naikan ga enak, ngayun, sempit banget, boros, naik turun susah, model juga ga demen (saya tipe orang yang beli mobil harus demen desainnya, kalo ga demen ya pas parkir ga ditengok lagi malah mau cepet2 pergi), dan yang paling sial : MONEY PIT. :big_bored:

saya sampe bingung darimana orang bisa hemat dengan pake mobil beginian. dex mahal, isi fulltank sejuta abisnya cepet banget. ga ngurus kalo isinya solbus karena bokap ga pernah mau isi solbus. servis luar biasa mahalnya dan pelayanan beres (maaf) sampah. ruang tunggu aja ga ada acnya. mobil ini servis dari baru selalu di beres, 2023 ini cooling system enginenya jebol dan merembet ke yang lain. rewelnya ngalah2in mobil apapun yang pernah saya punya, even european kayak W220.

perawatan murah? ke laut aja. servis 100rb di beres kena 8jt lebih, padahal lexus saya servis 100rb cuma 5.4jt. saya ga bicara di luar beres ya karena mobil2 baru pasti rata2 masih lari ke beres untuk servis. perbaikan ac waktu itu habis belasan juta cuma tahan seminggu udah panas lagi. saya juga bingung kenapa mobil ini dibilang tahan padahal menurut saya ga ada reliable2nya ini mobil. drl redup, jok elektrik bunyi, jok sobek, dan banyak banget problemnya.

2022 pas saya beli lexus bokap langsung naksir dan mau cepet2 jual dakarnya ganti camry hybrid baru. turns out harganya juga lumayan jeblok :ungg: jadi bokap harus nunggu sampe tahun ini baru cukup uangnya. itupun skrg dia malah naksir bZ4X :big_biglaugh:

apakah trus mobil ladder gini selalu jelek?

ya gak juga. temen2 saya yang expat thai atau orang2 tambang yang ngurusin expat suka banget sama anps (mereka pakenya glx 4x4) karena menurut mereka empuk dan nyaman buat medan berat di tambang. dan menurut mereka juga mobil ini reliable, entah kenapa mobilnya bokap (dan dakar lain yang saya cek di showroom mobkas) banyak bener problemnya. ya mungkin definisi reliable mereka = jalan :mky_01:

kalo di jakarta pake ginian, paling cuma ada 2 alesan = takut banjir/jalan rusak sama GENGSI.

saya gak ngerti padahal mobil ginian kan banyak ya di jalan, trus apa gengsinya :ungg: dulu pas saya ngajar banyak bgt ibu2 ortu murid yang bawa fortuner/pajero karena satu pake yang lainnya ngikut, gengsi dong masa sekolah mahal tapi mobil gak keliatan "mahal"?

dulu pernah ada temen yang ngambil vrz karena nyari gengsi di mata klien. saya bilang, lu cari gengsi ya beli lah alphard bekas atau sekalian mercy, ngapain beli fortuner.

lagian soal presence di jalan juga kalah sama mobil saya yang 100jt lebih murah. udah berapa kali di jalan fortuner/pajero plat sipil/dinas yang tetot tetot wiu wiu slonong kanan kiri juga takut pas papasan sama mobil saya di jalan, langsung dimatiin strobonya :big_biglaugh:
Ah kalau ngikutin beres bisa habis TAMBAHAN 2 sd 3 jt lebih karena ditambahin cairan macam macam dan jasa macam2x.
4 tahun di BeRes selalu disodorkan tambahan sd 1 jt lebih, saya minta buang semua tambahan gak perlu hahahah ...

Cuma ganti oli dan paling ganti ring oli yang lain minta coret
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by Venturtle »

b0ku wrote: 30 Jan 2023, 23:58
Venturtle wrote: 30 Jan 2023, 23:07 sudah kapok dengan ladder frame..
mata terpuaskan dengan ANF, ANPS, Venturer facelift karena eksterior ganteng dan keren abis.. interior juga mewah..
apalagi di jalanan ada dimana mana..makin dilihat makin kepengenlah..
setelah dimiliki?
indah dipandang tapi gak enak dinaikin.. padahal mobil itu alat transportasi dimana kita duduk di dalamnya..
untuk menikmati mobil mobil ini harus jadi driver.. torsi diesel putaran bawah di 2GD memang enak, kalo di 4N15 torsinya baru enak di putaran atas..
kalo jadi penumpang row 2 dan row 3 is a big no :off_no:
bantingan suspensi row 2 dan row 3 adalah minus besarnya..
ANF terlalu keras, ANPS terlalu empuk, Venturer facelift juga gak kalah keras.. bagi yang ngomong innova empuk.. coba duduk di row 2 dan row 3 Venturer facelift dan lewati jalan agak rusak..dijamin bakal berubah semua persepsi itu.. goyang goyang mulu dan keras..
kalo pada waktunya ganti mobil, bakal balik ke monokok lagi..
tapi ada pelajaran hidup yang ane petik dari ini.. sekarang ane ga gitu wah lagi terhadap model mobil yang keren keren.. ride quality no.1 sekarang :big_okay:
pajero gen 1 pake profender setting LV4 nyimak :ngacir:

sebenernya chasis bagusan pajero tinggal modalin suspensi gerobak sih ud nyaman buat saya, fortuner innova itu chasis kurang bagus dihajar suspensi keras akhirnya jd serba gak enak resep sama dipake di yaris bakpao :big_biglaugh:

makannya saya kurang suka anps karena malah pernya di bikin empuk hasilnya limbung parah padahal ops pake per gerobak sampe saya pernah pakein ban bekas pun bannya bisa makan rata semua 🤣🤣 efek dr per keras itu ban makannya rata dulu ge8 saya pake hnr awet bener bannya tukang ban pada bingung liat ban jazz saya makannya rata giliran balik pake per std lsg acak2xan tuh ban :big_biglaugh:
suspensi agak keras buat manuver lebih mantap dan enak buat driver.. tapi kasihan penumpang row 2 dan 3.. :big_childish:
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by esaka »

ChZ wrote: 30 Jan 2023, 14:50
sherryandkez wrote: 30 Jan 2023, 13:58 kayaknya om salah tempat nanya, kalo di SM pasti ya (hampir) semua beli sesuai necessity nya, beda sama di luaran :big_biglaugh:

btw soal ladder ini mau cerita dikit deh. bokap melihara satu soalnya (dakar 2017)

2017 bokap beli mobil ini buat pakean dia sehari2. gak ngerti jg kenapa dia beli karena saya sangat ga rekomen dan ga suka mobil beginian. tau2 udah ada di rumah.

6 tahun mobil ini ada di rumah lebih banyak penyesalannya daripada puasnya. naikan ga enak, ngayun, sempit banget, boros, naik turun susah, model juga ga demen (saya tipe orang yang beli mobil harus demen desainnya, kalo ga demen ya pas parkir ga ditengok lagi malah mau cepet2 pergi), dan yang paling sial : MONEY PIT. :big_bored:

saya sampe bingung darimana orang bisa hemat dengan pake mobil beginian. dex mahal, isi fulltank sejuta abisnya cepet banget. ga ngurus kalo isinya solbus karena bokap ga pernah mau isi solbus. servis luar biasa mahalnya dan pelayanan beres (maaf) sampah. ruang tunggu aja ga ada acnya. mobil ini servis dari baru selalu di beres, 2023 ini cooling system enginenya jebol dan merembet ke yang lain. rewelnya ngalah2in mobil apapun yang pernah saya punya, even european kayak W220.

perawatan murah? ke laut aja. servis 100rb di beres kena 8jt lebih, padahal lexus saya servis 100rb cuma 5.4jt. saya ga bicara di luar beres ya karena mobil2 baru pasti rata2 masih lari ke beres untuk servis. perbaikan ac waktu itu habis belasan juta cuma tahan seminggu udah panas lagi. saya juga bingung kenapa mobil ini dibilang tahan padahal menurut saya ga ada reliable2nya ini mobil. drl redup, jok elektrik bunyi, jok sobek, dan banyak banget problemnya.
2017 berarti udah model ANPS? cooling systemnya masih sampah ya kayak 4D56. gw udah sampe heran ngurusin 4D56 L300 yang katanya badak rewel abis pdhl mobil juga muda-muda.

itu bengkel resmi gabung sama fuso? kalo iya di sini juga gitu, ruang tunggu emang seadanya. kalo ngga gabung sama fuso mendingan. gw sih biasa antara gw bawa atau driver yang bawa servis di dealer yang ga gabung fuso. emang lebih kecil tapi rg tunggu lantai 2 nya bersih dan ada sofa nya.

yang gabung sama fuso, lebih gede lebih lengkap cuma ruang tunggu nya kurang enak.

to be blunt sebenernya mitsu diesel engine itu ngga durable kalo contest kuat kuatan tetep toyota atau isuzu.

cuma dipilih orang karena menang

1. power, canter terkenal paling joss tenaganya di kalangan supir. paling loyo isuzu. sama kyk passenger kan pajero terkenal paling gede powernya. dan sayangnya karena mobil muatan faktor tenaga angkatan a.k.a torsi ini ngaruh banget, jadi ngga heran banyak dipilih. bayangin udah mah bawa ODOL 8 ton lalu disuruh nanjak loyo. gw punya canter th 95 juga ga ad cerita gagal nanjak. L300 ya sama, kenapa udah ada traga yang lebih modern tetep pada milih L300. krn traga pake 4JA1 itu loyo banget.

2. sparepart melimpah. hebatnya supply chain mitsu dia jual mobil nggak lupa jual sparepart. coba aja cari part truk isuzu 83 udah gak ada mahal pula, tapi kalo cari part fuso canter tahun berapapun mah pada berani nyetok.

3. karena dua faktor ini akhirnya ngaruh ke resale value. canter paling kuat resale valuenya dan paling likuid.

kalo nyimak yutub om soni istimiwir bilangnya triton itu rewel tapi partnya paling gampang. dipilih orang karena partnya gampang.

bahkan gasoline engine passenger aja itu mitsu ngga terkenal badak. tapi terkenal kenceng iya.
Sebagai pria beristri...
Pahero dan Fortie adalah kelas ultimate dari segala jenis kendaraan penumpang jalan raya, di luar mobil mewah Jerman. Espander baru dibandingin ama Fortie CBU bekas 2005 pun secara kelas udah beda. Mobil segede bagong ya nggak mungkin perawatannya disamakan dengan mobil kelas di bawahnya. Pajak tahunan aja udah lebih mahal, belum bensinnya. Kalau bukan orang kaya, apa ya mau piara mobil begituan...(itu anggapan istri loh)
Jadi bisa ane simpulkan, Ladder Frame car adalah Necessity for a Pride.
Kalau ane, ya sama seperti yang om bilang di depan (better safe than sorry), :big_exellent:
80% jalan bagus : 20% jalan jelek, secara alam bawah sadar mayoritas orang lokal ya bakal lebih mumet mikirin efek yang 20% jalan jelek itu meskipun amat jarang dilewati. Tapi ketika kaki-kaki ada kerusakan, jalan jelek lah yang selalu disalahkan lebih dulu (padahal udah kodrat FWD nggak setangguh RWD utk jalan jelek)
Ane udah dari tahun lalu mau ganti ke Fortie aja masih mikir berkali-kali om... :big_childish:
Mudik tuh bawaannya nggak cuma seonggok tas ransel, ruang kabin yang lega adalah sebuah kebutuhan tapi maintenance-free juga harus dipenuhi.
Pilihannya sekarang cuma satu doang itupun udah ganti ke hybrid juga model barunya.

Tapi sebenarnya, realitanya, dan faktanya...Ladder Frame itu Necessity karena notabene kargo pengangkut muatan kebutuhan orang banyak kan semuanya pake sasis tangga. Kebetulan aja ANPS ama ANF tuh punya desain yang rada ganteng akhirnya bikin orang banyak juga kesengsem. Coba aja desain bodinya masih mirip FJ40, laku hanya di kalangan tertentu aja tuh.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by b0ku »

Venturtle wrote: 31 Jan 2023, 09:22 suspensi agak keras buat manuver lebih mantap dan enak buat driver.. tapi kasihan penumpang row 2 dan 3.. :big_childish:
malah gak bikin mabok om terutama di jalanan gunung atau tol kayak cipularang, saya ada pengalaman ber 8 kebetulan row paling belakang yang duduk anak kena autoimun dan susah makan, saya tanya mabok gak tuh anak kata emaknya baek2x aja :big_biglaugh:

dan dari 8 orang ini gak ada satupun yang mabok :mky_03:

dulu saya pernah nonton iklan tein edfc pas pake suspensi std ilustrasinya mabok semua penumpangnya pas pake tein malah seger semua karena kenapa??? pas mobilnya manuver atau kena lobang sebenernya chasisnya lebih banyak goyang apalagi kalo strukturnya chasisnya sendiri jelek akhirnya mual lah penumpang saya dulu pake bakpao jadi supirnya aja suka mual2x sendiri, kalo gak dulu saya waktu masih bocah suka pegi keluar kota sama keluarga saya bokap bawa LGX diesel selalu mual2x pasti deh sakit kepala :big_biglaugh:

kalo chasis rigid suspensi keras itu sebenernya bikin mobil gak gampang goyang kena angin dan pas manuver efeknya penumpang lebih nyaman lagian berapa % sih kita kena jalanan keriting sampe bela2xin pake mobil pernya soft ??? kebnayakan juga kena aspal mulus :big_biglaugh:

emang efek jeleknya pas kena jalan keriting bisa berasa patah pinggang cuma balik lagi ada kok dampernya yaitu joknya itu sendiri kalo joknya bagus juga gak berasa kayak pajero saya joknya nyaman makanya gak berasa di hajar suspensi keras malah saya berasa naek pajero itu nyaman makin saya bikin gerobak makin nyaman :big_biglaugh: cuma balik lagi terlalu kaku juga bikin chasis gak bisa flek yang ada pas kena lobang efek joltnya makin parah ini kenapa saya gak berani masang stabilizer bar saya upgrade di bagian2 yang flex aja macem bushing2x, kencengin baut chasis aja cukup :mky_03:

ya balik lagi lah namanya juga tuningan atau upgrade jd bisa milih mau larinya kemana??? nyaman max apa handling max kalo saya sih mungkin maen di nyaris handling max aja ibaratnya kalo meteran bensin sisa 1/4 ke arah handling max rantingnya :mky_03:

FYI aja pajero saya juga banyakan dipake nenek2x 60thn gak pernah complain kok tut nenek naek pajero gerobak profnder LV4 istri saya lagi hamil pun anteng2x aja naek ge8 sama pajero gerobak soalnya sebenernya malah nyaman lagi apalagi pajero bobotnya ampir 2ton kena suspensi keras jd kayak tuningan mobil eropa jaman dulu suspensi keras dihajar chasis berat jatohnya nyaman bantinganya juga :mky_03:
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by bimzbim »

Kalo ada yg bilang beli VRZ buat keliatan orkay, itu banyak benernya dan terjadi sama saya sendiri 😂.
Tapi kesimpulan saya the real orkay ga pake fortuner buat PP ngantor di kota ya, karena nih mobil ga nyaman, ga berasa mewahnya didalam kabin, miskin fitur. Sorry buat pengguna VRZ yg lain.

Btw kenapa nih mobil suka ugal dijalan, kalo saya pribadi mungkin karena feelnya dikabin yg emang kurang nyaman dan cenderung "kasar". Saya kalo bawa mobil istri (CRV & Accord), mendadak jadi kalem dijalan. Enak aja mobilnya otomatis jadi santay gitu. Tapi kalo bawa VRZ, ntah kenapa bawaannya pengen cepet cepet aja. Sampe skrg masih saya pake VRZ nya.

*mantan orang yg krisis identitas*
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by ChZ »

esaka wrote: 31 Jan 2023, 09:35 Tapi sebenarnya, realitanya, dan faktanya...Ladder Frame itu Necessity karena notabene kargo pengangkut muatan kebutuhan orang banyak kan semuanya pake sasis tangga. Kebetulan aja ANPS ama ANF tuh punya desain yang rada ganteng akhirnya bikin orang banyak juga kesengsem. Coba aja desain bodinya masih mirip FJ40, laku hanya di kalangan tertentu aja tuh.
nah ini om... yang bikin akhirnya kesan pajero fortuner itu mobil mewah. krn stylingnya sekarang lebih ke metroseks daripada utilitarian. alesan knp duo ini melenggang sendiri dibanding terra mux ya salah satunya itu. emang hrs diakui kalo dijejerin CRV, fortuner kliatan "mobil cowok banget". kalo dulu jaman fortuner-pajero lama msh utilitarian.
b0ku wrote: 31 Jan 2023, 10:13
kalo chasis rigid suspensi keras itu sebenernya bikin mobil gak gampang goyang kena angin dan pas manuver efeknya penumpang lebih nyaman lagian berapa % sih kita kena jalanan keriting sampe bela2xin pake mobil pernya soft ??? kebnayakan juga kena aspal mulus :big_biglaugh:
mobil empuk itu serba salah kalo muatan kosong dia suspensinya jadi lompat lompat. kalo under load dia rentan mentok stopper. gw kalo sama ortu bawa xpander kalo lewat sambungan jembatan kekencengan dikit pasti bokongnya lompat. dan makin sempurna lagi ban nya eco eco yang hard compound gak nyerap jd mantulnya makin gila dan setir ringan makin bikin sempurna itu serem kalo lari di atas 100 setirnya kena jari aja geser.

giliran jalan jerawatan pavingblock gelombang gak rata ampun deh itu suspensi xpander reaktif banget. ini ngga cuma terjadi di mobil murah, alphard pun rasanya gini kalo kena pavingblock gak rata cuma ayunan lebih slow aja. makin parah lg karena rear nya gak independent jadi gak dibantu arm suspensi, yang belakang makin mabok digoyang kanan kiri atas bawah :big_biglaugh:

makanya gw rewel sama rear independent krn ngebantu banget di situasi kayak gini tuning suspensi lebih gampang buat dapet yang balance.
bimzbim wrote: 31 Jan 2023, 11:13 Kalo ada yg bilang beli VRZ buat keliatan orkay, itu banyak benernya dan terjadi sama saya sendiri 😂.
Tapi kesimpulan saya the real orkay ga pake fortuner buat PP ngantor di kota ya, karena nih mobil ga nyaman, ga berasa mewahnya didalam kabin, miskin fitur. Sorry buat pengguna VRZ yg lain.

Btw kenapa nih mobil suka ugal dijalan, kalo saya pribadi mungkin karena feelnya dikabin yg emang kurang nyaman dan cenderung "kasar". Saya kalo bawa mobil istri (CRV & Accord), mendadak jadi kalem dijalan. Enak aja mobilnya otomatis jadi santay gitu. Tapi kalo bawa VRZ, ntah kenapa bawaannya pengen cepet cepet aja. Sampe skrg masih saya pake VRZ nya.

*mantan orang yg krisis identitas*
driving position itu emang rasanya ngaruh banget buat mood berkendara. makanya jarang orang bawa mercedes ugal ugalan. jok kayak sofa, duduk selonjor. pasti moodnya lebih santai.

emang bener sih duduk di SUV itu kan tegak serba keras juga kurang rileks. bawaannya cenderung emosian. di gw nggak nyaman dengan posisi duduk tinggi selama ini. ketinggian kursi dinaikin dikit di cucian aja gw berasa aneh udahan.
Last edited by ChZ on 31 Jan 2023, 11:18, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Duo ladder laris: necessity or pride?

Post by AbdulHakim »

Kalo di daerah, duo Fortie dan Pasport ini adalah lambang kesuksesan (apalagi bagi perantau, karena orang kaya lama, lazimnya pake mercy)
Bawa Santa Fe/Palisade pun, karena brand Korea, belum mendapat pengakuan dari orang kampung.
kalo masalah medan berat, orang kampung pake pickup, CalSig sama Avanza juga bisa lewat medan yg "berat" tersebut.
Kalo kelegaan kabin, innova ladder frame lega bingit kok.
Post Reply