Tanya2 tentang permobilan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

balongmojo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 13:17

Tanya2 tentang permobilan

Post by balongmojo »

Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by ricz »

balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
1. Innova Rebornnya masih blm ada problem yg mengganggu dlm segi durability? Kalo blm sih pake aja dulu sampe ada mobil yg kira" om liatnya cukup sreg dan pantes utk menggantikan reborn yg sekarang.. palingan diservice rutin dan perbaiki bagian" yg ga sreg diliatnya kaya cat, interior, mesin dan kaki" ...

Innova Reborn mah kalo masih 100k aman banget utk dipake at least bbrp tahun kedepan selama perawatannya bener :mky_03:

2. Getah pohon mangga setau saya agak bersifat abrasif, jadi kalo ga langsung dibersihkan nyerep ke clear coat mobil... Dulu ibu saya pernah parkir dibawah pohon mangga terus mobilnya beliau kena getahnya, dibiarin 3 hari doang itu getahnya susah bgt diilangin :big_slap:

Coba om konsultasi ke workshop detailing / coating terdekat :ungg:
2021 Fortuner VRZ
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by carlzeiss »

Kalo getah mangga sih udh sukses banget ngebuat mobil saya warna hita jadi punya tompel dikap mesin, pernah konsultasi ke workshop detailing katanya udh masuk ke clearcoat jadi klo di polish banget bisa abis clear coatnya, mungkin caranya cuman cat ulang
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by kendibocor »

1. Kalo alesan mo gantiin reborn gara2 odo aja sih mending dipertahankan om. Odo 100rb itu dikit loh sebenernya, di amrik segala orang bisa 1 thn jalan 50rb karena jarak jauh2. Apalg ganti jenik nambah duit lumayan juga kan.

2. Kalo getah, kotoran burung uda ngebercak n ga bisa hilang jalan satu2nya repaint. Uda rusak itu clearcoatnya.

3. Kalo requirement pertabo dicekokin pertalite/pertamax ya jangka pendek yg berasa performanya jd turun. Jangka panjang kalo knocking terus ya piston, cylinder wall segala lama2 rusak.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by doge »

klo ngeri liat zenix laka atap sobek, reborn jg sama kok om klo laka ya bs sobek, g percaya?

https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all

jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros
:ngacir:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by pendoli »

Pug 2008 tu yg suv kecil ya, kaya raize?
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by Suryaputra »

doge wrote: Sun May 28, 2023 5:58 klo ngeri liat zenix laka atap sobek, reborn jg sama kok om klo laka ya bs sobek, g percaya?

https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all

jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros
Bisa utuh
Pakai Roll cage kyk gini

Image

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by KielConstantine »

balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis)
Butuh banget 7 seaternya kg? Kalo dirasa jinix kurang mantep buildnya . Coba naek kelas ke corolla cross hybrid aj om.. Yaaaa nambah budget sehh tp gpp biar puas pakenya :big_blushing:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Sun May 28, 2023 6:21 Bisa utuh
Pakai Roll cage kyk gini

Image

:ngacir:
itu mah cuma tahan keguling mbah.
gimana kalau bikin body ulang saja pake plat 1 mm... :big_biglaugh:

mobil zaman now dengan berbagai alasan ya plat body makin tipis, saya pribadi si ga pusing, lebih nyebelin itu justru di cat yg udah lah waterbased, makin tipis makin ngaco QC-nya terutama warna antar panel yang belang dan ga rata itu finishing clear coatnya. ketambahan lagi panel gap. :ungg:
balongmojo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 13:17

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by balongmojo »

Terima kasih atas saran om2 semua yang sangat bermanfaat. Sy byk belajar dr forum ini.
1. Pgn ganti jinik krn anak 3 sdh besar2 sering lukot (jd hrs 7 seater), yg belakang biar lebih lega, dan sptny tidak terlalu limbung ya om kl jinik. Utk rebon yg skrg kaki sdh ganti long tie rod sm ball joint aja,kt beres si sbnrnya steering rack sudh mulai bermasalah,krn mahal dan tdk terlalu bergejala blm sy ganti. Mesin dll msh aman walopun sahabat solar. Cm kabin mulai ada kriyet2 dr pintu2, sm dashboard. Tiap hari lewat jalan jelek om.
2. Baik om, cb besok2 sy tanya2 ke detailing
3. Kalo memang hrs pertabo ya sptny mau ambil hrv aja kl gt om, biar g boncos [emoji120][emoji120]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Sun May 28, 2023 11:48
Suryaputra wrote: Sun May 28, 2023 6:21 Bisa utuh
Pakai Roll cage kyk gini

Image

:ngacir:
itu mah cuma tahan keguling mbah.
gimana kalau bikin body ulang saja pake plat 1 mm... :big_biglaugh:

mobil zaman now dengan berbagai alasan ya plat body makin tipis, saya pribadi si ga pusing, lebih nyebelin itu justru di cat yg udah lah waterbased, makin tipis makin ngaco QC-nya terutama warna antar panel yang belang dan ga rata itu finishing clear coatnya. ketambahan lagi panel gap. :ungg:
setidaknya lbh tahan benturan atau ketiban sesuatu mbah
dibanding kondisi pabrikan :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by doge »

Suryaputra wrote: Sun May 28, 2023 6:21
doge wrote: Sun May 28, 2023 5:58 klo ngeri liat zenix laka atap sobek, reborn jg sama kok om klo laka ya bs sobek, g percaya?

https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all

jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros
Bisa utuh
Pakai Roll cage kyk gini

Image

:ngacir:
ah ini mah ganti kepala yg di dalam yg sobek (klo g pke helm) :big_biglaugh:
:ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by Pboyz97 »

balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
1. tergantung mau cari apa. kebetulan saya pernah punya reborn diesel at jg, sekarang make voxy yg drivetrain dan mesinnya mirip sm zenix + udh pernah test drive zenix hybrid jg . sm kalo odo 100rb mah masih normal om, apalagi umur mobilnya udh diatas 5 tahun. diesel model gini emg rata2 jadi mobil AKAP om, makanya odonya rata2 gondrong :big_biglaugh: . kalo nyari fitur, desain interior yg lebih modern, rute mayoritas dalkot , sering duduk di row 2 + nyari kenyamanan ya worthed upgrade ke zenix ini . tapi kalo mayoritas rutenya lukot, sering lewat tanjakkan turunan or jalan rusak, saya lebih prefer reborn (apalagi rebornnya diesel) . pengalaman bawa voxy full load ke lukot tarikan bawahnya kurang bgt. harus digas dalem dulu kalo nanjak or mau nyalip mobil depan. dulu pake reborn kondisi sama rute sama saya injek 1/2 gas doang udh nendang bgt tarikannya, berasa efortless bgt apalagi kalo nanjak sm mau nyalip mobil depannya :big_biglaugh:

2. bawa ke tempat body repair or detailing. paling di tambel aja kalo bekasnya ngga terlalu gede cuma 1 titik doang/ repaint kap mesin jg bisa, ntr pas jual tinggal kasih jaminan aja kalo kap mesin cuma repaint doang karena kejatuhan benda dari atas hehehe (apron, bullhead, sasis dll dijamin 100% aman dan normal hehehe)

3. kalo soal puegot saya kurang tau. tp kl emg masih suka ke bengkel biasa, AN HRV SE udh pilihan paling wise menurut saya. kebetulan saya dulu jg pernah punya yaris bakpao keluaran awal 2006 sm old hrv 2018 yg 1.5 nya. AN HRV upgrade jauh dari kedua mobil itu terutama dari segi interior sm fiturnya. driving feel tarikan handling jg lebih enak dibanding bakpao hehehe. or kalo om masih bingung dan udh mantep ambil zenix, bisa dijadiin 1 mobil dulu (jadi innova reborn + yaris bakpao dilipet buat dijadiin 1 zenix), jual 2 mobil buat dijadiin 1 mobil aja

balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 12:29 Terima kasih atas saran om2 semua yang sangat bermanfaat. Sy byk belajar dr forum ini.
1. Pgn ganti jinik krn anak 3 sdh besar2 sering lukot (jd hrs 7 seater), yg belakang biar lebih lega, dan sptny tidak terlalu limbung ya om kl jinik. Utk rebon yg skrg kaki sdh ganti long tie rod sm ball joint aja,kt beres si sbnrnya steering rack sudh mulai bermasalah,krn mahal dan tdk terlalu bergejala blm sy ganti. Mesin dll msh aman walopun sahabat solar. Cm kabin mulai ada kriyet2 dr pintu2, sm dashboard. Tiap hari lewat jalan jelek om.
2. Baik om, cb besok2 sy tanya2 ke detailing
3. Kalo memang hrs pertabo ya sptny mau ambil hrv aja kl gt om, biar g boncos [emoji120][emoji120]
1. tidak worthed. coret aja. zenix cuma enak buat dalkot doang, lukot mending reborn diesel kemana mana. pengalaman saya bawa reborn diesel sm voxy jauh lebih enak reborn diesel kemana mana buat lukot, tarikannya berasa efortless, kalo zenix /voxy tarikan bawahnya bengek bgt bgt kalo mau nyalip, apalagi fullload, mesti digas dalem dulu :big_biglaugh: , di reborn diesel efortless bgt. sm kalo lewt jalan jelek saya jg masih lebih prefer reborn . dibanding reborn ya memang jauh lebih stabil zenix om. secara sasisnya jg udh jadi monokok, sedangkan reborn masih ladder frame, jangankan reborn, sm anf anps pun saya berani bilang zenix ini jauh lebih nyaman dan nggak limbung kalo duduk di row 2 nya (kebetulan saya sudah pernah coba semua) . kalo pengen yg nyaman tapi tarikan enak, bisa coba santa fe diesel, kalo di jabodetabek harusnya aftersales aman,
2. ke bengkel body repair jg bisa, kalo penyok, paling digetok jg ilang hehehe or dispet dikit doang
3. hrv aja udh paling bener, cari yg tipe se , berasa upgradenya kalo biasa make yaris bakpao . all rounder jg. lega dapet, handling enak tarikan enak driving feel enak sm bentuknya jg enak diliat hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by ChZ »

balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
1. kalau soal laka si sebenernya reborn ga lebih baik sih. rigidity mbl sasis ladder itu jelek. tp ini zenix pakai tnga-c yang harusnya se basis dgn toyota corolla. atap sobek tinggal tabrakan sama apa dulu tp kembali lg atap dikasih tebel2 ga bagus buat balance apalagi mobil tinggi malah bisa bikin oleng. kalau 100rb banyak tidak relatif jg sih kl tinggal di jawa tengah 100rb 5 tahun itu tinggi pasti sering luar kota saya xpander bokap pake 3 thn aja udah 65 ribu pdhl kota-kota aja.

kl di DKI rasanya normal2 aja apalagi kl tinggal di bodetabek kerja di jakarta sehari 50 kilo lebih bisa.

pertanyaannya tinggal maintenance sdh dirasa memberatkan belum krn nurut saya mobil skrg kemahalan kalo ga kepingin2 banget / butuh2 banget ya ga usah ganti justru habit kita ganti mobil terus itu bikin kualitas menurun hahahaha. kecuali emg merasa sasis ladder kurang nyaman pengen ganti yg lebih nyaman.

2. bawa ke tempat detailing. ginian kalo masih baru bisa jurus pake minyak solar. tp kl udah kelamaan emang wajib ke detailing. skalian nanoceramic aja penting buat mobil skrg yang catnya tipis dan gampang kusem.

3. tanya dulu rekomen pabrik apa. kadang pertamax cukup kadang minta RON95 minimal. klw mesin turbocharged isi lower octane sebenernya risky nya ini mobil eropa bukan jepang. kl jepang sih macem CRV turbo jg dirancang bisa minum premium keknya knock sensornya disetel gitu dgn konsekuensi setelannya jadi lelet orang isi pertamax aja lelet. ya gak tau yang isi pertalite udah kek gimana itu fuel pump wkwkwk.

kl mesin eropa byk kasus keknya digas ga knocking tp dibaca di OBD 2 udah heavy knocking. biasa eropa emang mintanya RON95 ke atas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
balongmojo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 13:17

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by balongmojo »

Makasih saran2nya om sekalian.
Jadinya rebon sy keep dl aja kl gt. Bakponya yg renc penyegaran. Tdnya tertarik yaris cross juga, tp begitu lihat versi indo kok beda sm yg di luar, trs baca2 disini yg ternyata DNGA yg ya begitulah, sepertinya emg mending hrv aja.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by t105erd »

balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
1. Kalau ganti karena menganggap 100rb km itu sudah gondrong yaa silahkan saja selama ada budgetnya, tapi menurut saya untuk sebuah Toyota Innova segitu masih kecil om, paling nggak kalo dirawat dengan baik bisa sampai 500rb km lebih, di Dubai atau UEA bisa sampai 800rb++ km soalnya dipakai taxi, kalaupun ada rusak gampang dan murah benerinya soalnya parts tersedia lengkap. Tapi kalo emang om tipe pemakai mobil yang lebih emosional dibanding rasional yaa silahkan aja, karena kalo dilihat juga Innova model ini terlihat lebih tua dibanding dengan model terbarunya. Untuk crash test dan BQ saya ga tau deh, tapi harusnya sih aman yaa untuk mobil tahun terbaru pasti ada peningkatan di segi keselamatnnya.

2. kalo udah lama yaa ga bakal bisa hilang om, pasrah saja, kalo cuma diatap sih cuekin aja, dibawa kesalon terus dipoles aja, abis itu diwax atau pakai paint sealant gitu, abis di kasih wax/sealant kalo nyuci jangan pakai sabun biar ga ilang lapisanya. Tapi kembali lagi kalo om tipe pemilik yang harus perfect yaa dicat itu bodi satu panel terus kasih ppf aja biar ga pusing kedepannya.

3. Kalau alasanya bosen yaa silahkan om ganti dengan Pug 2008 toh nanti kalau sudah 100rb km juga kayanya bakal ganti lagi, jadi ga usah ribet mikirin parts dll, kecuali kalau buat dipakai jangka panjang, kalau untuk BBM meskipun minimal oktan 95 tapi masih bisa pakai 92 asal jangan dibawahnya, efeknya yaa jadi lebih agak kurang tenaga aja sama agak boros soalnya ECU menyesuaikan dengan timing pengapiannya. Tapi kalo saya sayang sih, soalnya Yaris yang bulet ini awet bgt bisa sampai 500rb km lebih untuk mesinnya dan lebih enak distir dibanding yaris model baru, spareparts juga ga ribet.
balongmojo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed May 24, 2023 13:17

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by balongmojo »

Siap om. Makasih tips.nya. jadinya rebon sy pertahankan, bakpo mau lepas aja om, penyegaran jg. Utk mesin sm setir2an memang bakpo enak, terutama radius putar yang jempolan, bs puter balik di tempat sempit. Cm ya pendek, kurang berani lewat genangan air pas hujan deres, jdnya sering muter2 cari jalan yg aman pas hujan deres.
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by bangsaun »

balongmojo wrote: Tue May 30, 2023 13:41 Siap om. Makasih tips.nya. jadinya rebon sy pertahankan, bakpo mau lepas aja om, penyegaran jg. Utk mesin sm setir2an memang bakpo enak, terutama radius putar yang jempolan, bs puter balik di tempat sempit. Cm ya pendek, kurang berani lewat genangan air pas hujan deres, jdnya sering muter2 cari jalan yg aman pas hujan deres.
Selamat pagi om, maaf out of topic, mau tanya2 terkait Yaris bakpao yang mau dilepas, Yaris nya tahun brp dan transmisi nya manual/matic ya?

Terimakasih.
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by Aswajr »

No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by AbdulHakim »

Aswajr wrote: Wed May 31, 2023 1:39 No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
Mungkin (asumsi saya saja ini ya), di Indo ini mobil yg kondisi odo >100rb adalah mobil cape, sering jalan tapi jarang yang terawat, setir ngelupas, eksterior lecet penyok dibiarin, lampu ada yg mati, jok udah ambles, ban lama kalo pun dah diganti diganti dengan ban seken atau ban eco2an yg semurah mungkin, kondisi kaki2 yang butuh peremajaan dan steering rack yg berimbas kepada driving feel yang meleset dari ekspektasi.
ga banyak siy orang yang mampu beli mobil sekaligus mampu merawat mobil.
mindset mobil dah >7 tahun ngapain dibenerin, ntar juga mau dijual lagi.
apalagi gampang banget jaman now ngredit mobil, dp minim, berkas dibantu, sehingga mobil lama dijual buat jadi dp mobil baru.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by ChZ »

Aswajr wrote: Wed May 31, 2023 1:39 No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
krn average waktu orang indo habis di macet.

klo orang US 400 ribu nya jalan terus di interstate highway / countryside. emang infrastruktur nya orang amrik itu diciptakan untuk pake mobil pribadi. jalan lebar lebar dan panjang.

meski keliatannya low km, mobil di indo lebih capek sebenernya krn stop and go itu bebannya lebih besar ketimbang jalan terus.

dari sisi engine load dan engine working hours sebenarnya sama malah lbh berat mobil yang macet sejam dibanding mobil yang digeber sejam. blom start/stop cycle nya lebih banyak di indo jauh. makanya kenapa mobil travel antar provinsi bisa awet-awet pdhl odometernya ya hampir mirip mobil di US. krn itu mobil travel berenti di SPBU buat toilet doang aja mesin ga mati kan.

di kota kecil lebih parah lagi, jalan ga seberapa paling 3 kilometer, macet pulak.

indo itu soalnya variatif banget. klo kayak surabaya/jabodetabek yang tanahnya gede-gede ya cocok dibikin kayak amrik infra nya utk mobil. tp di beberapa kota kecil di jateng, pendekatan kyk nippon lebih cocok. jalannya kecil-kecil tanah cuma sepetak sepetak. pake moped lebih efisien utk transport.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by Pboyz97 »

Aswajr wrote: Wed May 31, 2023 1:39 No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
AbdulHakim wrote: Wed May 31, 2023 2:28 Mungkin (asumsi saya saja ini ya), di Indo ini mobil yg kondisi odo >100rb adalah mobil cape, sering jalan tapi jarang yang terawat, setir ngelupas, eksterior lecet penyok dibiarin, lampu ada yg mati, jok udah ambles, ban lama kalo pun dah diganti diganti dengan ban seken atau ban eco2an yg semurah mungkin, kondisi kaki2 yang butuh peremajaan dan steering rack yg berimbas kepada driving feel yang meleset dari ekspektasi.
ga banyak siy orang yang mampu beli mobil sekaligus mampu merawat mobil.
mindset mobil dah >7 tahun ngapain dibenerin, ntar juga mau dijual lagi.
apalagi gampang banget jaman now ngredit mobil, dp minim, berkas dibantu, sehingga mobil lama dijual buat jadi dp mobil baru.
nggak juga. ijinkan saya sedikit sharing ya, tergantung daerah juga, kebetulan saya jg cukup sering jual - beli mobil pribadi maupun dagangan. pengalaman dagang 4 tahunan ini & 95% laku ke daerah luar jabodetabek , kalo di jabodetabek, rata2 emg gitu. km 100rb mau tahun berapapun jg dianggep gondrong. gausah jauh2 ke LN dah, di daerah juga mobil rata2 pada gondrong kok. per tahun bisa jalan minimal bgt 20-25 rb per tahun, saya pernah beberapa kali rental mobil pas saya jalan2 ke daerah kaya jogja , malang & bali. km nya ya rata2 emg udh pada gondrong karena emg tiap hari jalan non stop. pertama pas saya ke jogja. tahun 2013 lalu saya pernah rental innova g diesel mt 2009 fl1 odonya udh 295rb, terus saya kesana lg tahun 2014, saya rental lg GNKI g diesel mt umur baru 3 bulan odo udh 45rb. di malang jg saya rental avanza umur baru 2 tahun odonya udh 70rb sm di bali saya rental apansa jg umur 4 tahun odonya udh 200rb :big_biglaugh: .

dan emg bener km 100rb kalo disini dianggep gondrong kriting, mungkin karena image jaman dulu kalo mobil diatas 100 rb = mobil cape, apalagi di jabodetabek, buyer saya tau km gondrong diatas 100rb pada mundur semua, padahal disisi lain buyer saya dari daerah rebutan pada mau ngecek bahkan ada yg berani DP padahal cuma saya kasih foto sm video doang :big_biglaugh: . padahal ya km tinggi pun asal perawatannya bener mah gak masalah. asal part gantinya teratur jg aman2 aja harusnya. saya dulu pernah pake cx5 2013 ampe km 162rb jg interior masih solid, naikkan enak, gak kalah sm yg kmnya baru 60-80rban. cx5 gen 2 saya jg dulu saya jual di km 60rb umur 3 tahun gak ada masalah yg aneh2, cuma ganti shock depan blkg doang. terakhir crv turbo saya jg 4 tahun umur km 60rb ampe dijual 2 bulan lalu jg gaada trouble yg aneh2 jg di mesin sm kaki2 , masih enak tarikannya hehehe, semuanya laku ke luar jabodetabek . beda mungkin ya, kalo di luar jabodetabek, km gondrong ya dibagi tahun, biasanya kalo 100 rb tp umurnya udh diatas 5 tahun = km normal. buat org sana mayoritas mobil asal odonya per tahun dibawah 30 rb jg masih pemakaian wajar normal, ya 20-30rb an lah per tahun. 10-15 rb dianggep rendah disana per tahunnya , apalagi modelan mobil workhorse kaya trio ladder or mobil sejuta umat hehehe . sedangkan di jabodetbaek mobil tahun berapapun km 100rb up dianggep tinggi, biasanya jg antara kagak mao ambil ya potong harga karena km tinggi.

pengalaman saya jual cx5 gen 2 km agak gondrong di jabodetabek nawar sadis bgt, akhirnya laku ke serang banten dengan harganya selisihnya cukup jauh dari jabodetabek, orgnya niat bgt pula, malem2 dateng ke tempat saya, bawa scanner, cek, beres udh. km udh 60rb 3 tahun asal mobil aman laka banjir, interior bagus, mesin sehat jg langsung angkut, ga pake ba bi bu hehehe (karena mazda emg imagenya adalah mobil simpenan km 5 tahun jg rata2 dibawah 60 hehehe, punya saya dulu umur 3 tahun aja udh tembus segitu km nya karena emg tiap hari dipake). terakhir jg crv turbo saya inget bgt mobil udh nyaris 60rb umur 4 thn, normal sih per tahun 15rb km. tp disini nawar sadis semua , dibilangnya km gonodrong lah ini lah itu lah. sampe akhirnya ada orang dari sumatra ngotot bgt mau cek unit buru2 , nguber saya terus, akhirnya malem2 dateng ke tempat saya. cek mobil, abis itu udh, langsung deal dengan harga 20 jt lebih tinggi dari tawaran jabodetabek & saat itu jg langsung dibawa nyebrang ke pulau sumatra

kalo yg dibilang om abdulhakim ada benernya, tp skrg udh gak separah dulu kok. secara udh banyak jg youtuber or bengkel yg bahas kalo beli mobil km tinggi nggak masalah asal perawatannya teratur, nggak bisa dipukul rata hehehe. sekian dari saya, maaf spamming :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by esaka »

Urun rembug pendapat aja :
1. Gw ada 1TR-FE udah >300.000km bukan pemakaian rental hanya pemakaian pribadi, mending keep aja itu boil. Coba lebih didandanin atau ganti beberapa parts. Yakin deh akan terasa seperti boil baru. Kalau punya duit, ambil Zenik tipe G itu oke. BQ emang trondolan tapi basisnya udah bagus banget. Meskipun sudah bukan berbasis truk (mobil perang) seperti Innova non Zenik.

2. Bawa ke ahli detailing dan coating cat

3. Cek lagi requirement dari mobilnya, kalau memang di buku manual disebutkan wajib RON 92, ya udah pake Pertamax atau yang setara. Biasanya Yurop keluaran lama sering aneh-aneh ECU-nya kalau dikasih BBM yang underspec.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tanya2 tentang permobilan

Post by kunaskun »

Pboyz97 wrote: Wed May 31, 2023 3:21 dan emg bener km 100rb kalo disini dianggep gondrong kriting, mungkin karena image jaman dulu kalo mobil diatas 100 rb = mobil cape, apalagi di jabodetabek, buyer saya tau km gondrong diatas 100rb pada mundur semua, padahal disisi lain buyer saya dari daerah rebutan pada mau ngecek bahkan ada yg berani DP padahal cuma saya kasih foto sm video doang :big_biglaugh: . padahal ya km tinggi pun asal perawatannya bener mah gak masalah. asal part gantinya teratur jg aman2 aja harusnya. saya dulu pernah pake cx5 2013 ampe km 162rb jg interior masih solid, naikkan enak, gak kalah sm yg kmnya baru 60-80rban. cx5 gen 2 saya jg dulu saya jual di km 60rb umur 3 tahun gak ada masalah yg aneh2, cuma ganti shock depan blkg doang. terakhir crv turbo saya jg 4 tahun umur km 60rb ampe dijual 2 bulan lalu jg gaada trouble yg aneh2 jg di mesin sm kaki2 , masih enak tarikannya hehehe, semuanya laku ke luar jabodetabek . beda mungkin ya, kalo di luar jabodetabek, km gondrong ya dibagi tahun, biasanya kalo 100 rb tp umurnya udh diatas 5 tahun = km normal. buat org sana mayoritas mobil asal odonya per tahun dibawah 30 rb jg masih pemakaian wajar normal, ya 20-30rb an lah per tahun. 10-15 rb dianggep rendah disana per tahunnya , apalagi modelan mobil workhorse kaya trio ladder or mobil sejuta umat hehehe . sedangkan di jabodetbaek mobil tahun berapapun km 100rb up dianggep tinggi, biasanya jg antara kagak mao ambil ya potong harga karena km tinggi.
faktor pola pikir ya, berasanya Jakarta itu gede jarak 50 km udah pindah dari jakbar ke bekasi padahal di daerah yang masih satu pulau saja jarak 50 km itu baru pindah kabupaten :big_biglaugh:

makanya mobil plat daerah itu cuma laku di daerah asal ga mungkin laku di Jakarta, sedangkan mobil plat B itu pasti laku di daerah biarpun km gondrong. belum lagi ada faktor: rawatan plat B itu lebih bagus biarpun sama2 jebolan beres, tapi karena saya sudah alami sendiri emang bener si sekelas Astra saja di daerah itu masih 1-2 level dibawah Jakarta. :big_biglaugh: