SMBC = Seraya Motor Beater Car

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by ariswp »

SMBC saya masih crv kura2 keluaran 2008, tipe terendah 2.0at yg dikenal boyo
Beli seken 2014, saat itu odo sekitar 70ribuan

Pemeliharaan? Lumayan banyak sih udah :
- servis racksteer sekali di 2016 odo 118ribuan kena 1.2juta tapi sampe skrg masih aman,

- ganti extra fan dan motor fan radiator di 2020 akhir (odo 130ribuan) karena iseng2 ketika bersih2 engine bay nyalain ac yg satu nyala pelan, akhirnya demi keamanan dan umur takutnya di tengah jalan apes overheat, ganti keduanya sekalian, di bengkel resmi ac denso koolbreeze kena 1.4juta (pasti ori)

- semi overhaul kaki2 di 2022 odo 140ribuan ganti shockbreaker keempat roda pake merk bensco (2.4juta)+support shock depan(2x700rb)+link stabil 555 (lupa)+bearing belakang kiri NTN 850rb

- ganti radiator tahun 2022 odo 150ribuan karena uppertank mulai rembes, ganti pake merk koyorad, kena 2.5juta termasuk jasa dan coolant honda tipe 1

- semi overhaul bagian luar ac di 2023 ini (odo 168rb) : ganti dryer, expansion valve, dan ganti kompresor, permasalahannya karena dibuat ngebut di tol terutama di kecepatan 170 keatas ini ac ga dingin, dicek magnetic clutch udah gosong, mau ganti magnet clucth (sudah pasti tidak ori) kena 1.3juta, ditawari kompresor ori sanden trse 09 box honda di bengkel resmi denso koolbreze 4.5jt ditawar kena di 4.3juta (kompresor saja), yang lain saya lupa termasuk jasa karena nota keselip
Untuk kondisi ac bagian dalam (evap dll) masih bagus dan bersih, rutin ganti sendiri filter ac setahun 2x dan sering vacum lantai mobil sendiri

- yang lain2 sih ganti brakeshoe, vanbelt, oli, ban, busi, filter udara, tidak perlu dijelaskan sih ya
Sudah 2x ganti set busi pertama dr ngk izfr6k-11s bawaan ke denso ik20l di odo 120ribu, lalu ganti ke denso ik20tt di odo 150ribuan,
Oli selalu 0w20 generic berbagai merk, atf udah hijrah ke ptt automat lv1 dan aisin afw vi

Mesin? Elektrikal? Matic? Tidak ada rewel sama sekali

Alasan masih pakai mobil ini buat daily : ya karena yg masi enak aja,
dirumah sebenernya ada brio rs 2017 odo 42ribu sama hrv prestige 2017 odo 21ribu tapi ya jadi jarang kepake, kadang ketika onsite pun pakenya fleet reborn 2gd mt

Dibilang bantingan keras ya keras, tapi ya dipake berlama lama tetep aja tidak cape, ergonomi driver pas, handling enak, jadi betah nyetir, diisi 4 penumpang dewasa langsung nyaman, malah saya kurang cocok dengan karakter innova yg empuk tapi kapal, berasa gak enak aja buat setir berlama lama,
Ambien interior juga selera saya, luas pandangan enak, desain dashboard juga enak dipandang meskipun mulai berasa kuno, desain speedo di jamannya juga elegan
Akomodasi juga lega dan luas, jok belakang bisa sliding, bagasi luas, ruang kepala dan kaki sangat memadai khas honda

Untuk style luar ya saya juga masi belom bosen, dan jujur saja dengan mobil ini sudah ada 2 orang teman saya yg sukses ikutan beli crv setelah mencoba punya saya : si a dari t31 2.5 ke re 2.4 2012 facelift, sama si b vnt 2kd ke rm3 2.4 2015

Reliability juga so far ya bandel buat saya, dengan kondisi jalan yg sering saya lewati : solo - cilacap kadang via banyumas, kadang deandels yg jalannya dulu remuk

Bbm? Ya buat saya yg minggu kemaren pas weeekend di tengah keramaian solo + wc u17 + masjid zayed macet2an di mid masi dapet 8.8 km/l sih tergolong irit
Di tol solo madiun rata2 jalan santai 120-140 ya juga masi 13.5km/l
Jalan raya solo - jogja yg lancar padat masi dapet 11 sekian km/l

Tenaga? Ya lemot, tapi ya ga lemot2 amat
Yg jadi biang masalah ya 5ATnya yg rasio giginya dibuat sama dengan 5ATnya 2.4
Dengan figur power dan torsi berbeda tapi rasio sama persis jadi berasa lemot,
5AT ini dibuat panjang2, kurang banget buat perkotaan, lari 100km/h pun rpm sedikit dibawah 2000
2100rpm dapet 120km/h
Dan karakter 5AT honda era ini emang rada bego + selip masi lumayan (kunci selip : ganti pake atf z1 bawaan dengan atf yg bagusan dan speknya up ke dex vi, jauh berkurang tuh selip), yah emang masi berasa matic kuno 4AT tapi ketambahan 1gigi overdrive lagi jadi 5AT, jauh sama skyactiv mazda
Misal lepas gas, lalu tekan gas lagi berasa lemot sih, jauh sama cvt baru honda di brio sama hrv yg lebih gigit malah
Tapi klo buat tol sih asal berani boncos bensin buat kickdown ya kencang, 0-100 12detik, berani lah nempel 2gd yg belom diremap, lari ke 170 relatif cepat tapi 170 ke 190 mulai lambat, dan bonus bau gosong + berisik road noise itu sudah takdir
Mesin R20A sohc juga gak kencang sih, berasa mesin eco oriented, kayak mappingnya disetel main aman sama honda, figur 150hp/190nm yah masi bejaban sama mesin2 2.0 dohc di merk lain di zamannya
Kelebihannya ya ini mesin bandel, ga rewel, tidak pernah ada suara ngelitik, palinh minusnya getaran ketika ac nyala rpm sempat drop di 650 dan ini bawaan orok R20
Cek engine mounting aman semua, paling ya habis tune up, bersih2 EGR, throttle body, idle learning, getaran jauh berkurang, tapi ntar sebulan ada lagi

Modifikasi? Masi standar semua secara fisik
Jok sudah kulit dari beli seken, masi bagus dengan pattern dot, HU bawaan single din diganti pioneer touchscreen avh 1250,
Yg rombak besar ya bagian lampu, low beam projector bawaan diganti biled osram cbi pro, tapi tampilan persis standar, tidak pake angel/demon eyes yg aneh2, cuma agar lebih terang aja, dan leveling lampu masi berfungsi dengan normal
High beam hb3 pake autovision highway
Lampu kota pake phillips ultinon t10
Lampu dome interior dan lampu baca semua ganti led phillips ultinonpro 5000
Lampu plat juga ultinonpro 5000
Lampu kota belakang, lampu rem 21/5w belakang, lampu mundur pake ultinon pro 7000
High mount stop lamp pake led osram,
Jadi yg masi halogen tinggal lampu sein depan belakang

Overall puas sih, meskipun jauh dari mobil sempurna, malah pinginnya misal ada rejeki malah kepingin pug 3008/5008 seken, cakep banget ini mobil, bikin saya melirik terus pas ketemu
Bokap dulu berani pelihara bx16trs mk2 1994 ex total indonesie, masak saya ga berani mencoba merk prancis kelak hehe
Attachments
IMG_6317.jpeg
IMG_3465.jpeg
IMG_9535.jpeg
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
sapifr22
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by sapifr22 »

Beater car ?
Diesel jadul :big_smile]

Panther LS AT 2003, dibeli di 47k, ganti oli tiap 5k di beres karena murah :big_grin:
Ganti oli transmisi pakai Pertamina yang drum saja.
Putar dikit baut pengatur solar di injector supaya bisa ngacir.
Gara2 pakai filter solar yang bisa dicuci, alhasil injector sering kotor, jadi tiap 50k bongkar injector dan kalibrasi.

Sampai 275k masih maknyos tanpa masalah sama sekali, sampai dijual...
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Greenhunter »

naga17 wrote: 24 Nov 2023, 10:02 Topic yg sangat menarik ini...
Daily beater car saya adalah Suzuki Grand Vitara 2.4AT 2013, ODO 120K
Susah sekali move on dari mobil ini, pake daily ke kantor rute PP 36KM, fuel cons 1:8 rute dalam kota (Jagorawi-dalam kota)
Ada juga Fortuner 2.7, tp lbh senang pakai mobil ini, all standard
Duka nya: Spare-part cenderung mahal, karena mobil nya CBU Jepun, shock belakang saja SGP sekitar 2jtan
Sisa nya ga pernah nyusahin ini mobil 😊 dan masih akan dipakai dlm waktu lama :big_peace: :big_peace:
mantapp om, saya suka kalau ada yang pakai mobil lama dan terawat baik, seneng melihatnya. OGL saya barusan saya poles sendiri pakai mesin poles bosch, obat poles nanotech wax polish lumayan mengangkat kembali warnanya lalu finishing pakai graphene hybrid, hasil polesnya bisa dibandingkan dengan mobil tahun 2020an gak kalah glowing. kalau jongkok di bodi samping bisa ngaca.
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 21 Jun 2020, 04:28

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by faridrach »

ekanov wrote: 24 Nov 2023, 13:51

Cinere - Karawang Timur, Om.. enaknya bisa lewat tol layang.. at least selama tol layang.. kaya cruising aja.. stabil di 90-100 km/jam..
Salut bgt om, 170 km PP konsisten bertahun2 :big_exellent: .
Berapa jam perjalanan itu om?
ekanov
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 12 Sep 2019, 16:35
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota All New Yaris E 2015

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by ekanov »

faridrach wrote: 25 Nov 2023, 14:19
ekanov wrote: 24 Nov 2023, 13:51

Cinere - Karawang Timur, Om.. enaknya bisa lewat tol layang.. at least selama tol layang.. kaya cruising aja.. stabil di 90-100 km/jam..
Salut bgt om, 170 km PP konsisten bertahun2 :big_exellent: .
Berapa jam perjalanan itu om?
kalo saya. pagi 1.5 jam.. pulang sore 2-2.5 jam... beneran tua dijalan.. .
temen saya lebih edan.. bintaro karawang timur... kalo diliat.. sebenarnya banyak kok yg jauh seperti itu.. bogor - cikarang dll..

paling parah sih dulu.. pas pembangunan tol layang... pergi 2jam.. pulang ga jelas.. bisa 3 jam..

yang menarik ntar nih. kalo pembangunan tol layang jorr(jatiasih - tanahkusir).. kira kira bakal semacet apa..
mudah mudahan jorr 2 udah nyambung, kalo ngga mah.. :big_dunno:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1526
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by MSU »

KielConstantine wrote: 24 Nov 2023, 03:28
sintoni wrote: 23 Nov 2023, 19:28
levofloxacine wrote: 23 Nov 2023, 11:02 manual donk om, kalo cvt mungkin udah lama tewas, riwayat ganti kopling set di 2010, sampe 2021 belum diganti lg
paling langganan ganti bearing kiri belakang udah lupa berapa kali saking seringnya gegara berisik
yg nyumbang odo paling utama bolak balik palembang - muara enim tiap minggu selama 12 taon, kadang seminggu bisa lebih dari sekali
Iye om, kalau yg CVT ane ga yakin sih bisa odo segitu pake transmisi original. Haha.

Dulu ortu perna punya beli dari baru 2005, rasanya 2008 sudah keok tuh CVT, ga bisa mundur mobilnya pas masuk R. Padahal full rawatan bengkel resmi. Ga tau kenapa atau diisi ATF biasa,pas taun segitu belum ngerti beginian.
Kira2 record transmisi CVT tertinggi (di indo) tanpa overhaul alias masih perawan dari pabrik ada di odo brapa ya mbahh? (Ini catatan dirawat jg rutin ganti oli cvtf sgala macem ritual)

Pernah denger ada yg punya mobilio CVT odo 150k masih original blom turun matic cvt. Masih simpang siur sehh infonya :e-think:
pernah baca di comment youtube...ada owner lio di batam odo 400rb km
resepnya kl ga salah cm rutin ganti oli & style nyetir ga ugal om..
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3465
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by kendibocor »

ekanov wrote: 27 Nov 2023, 14:58
faridrach wrote: 25 Nov 2023, 14:19
ekanov wrote: 24 Nov 2023, 13:51

Cinere - Karawang Timur, Om.. enaknya bisa lewat tol layang.. at least selama tol layang.. kaya cruising aja.. stabil di 90-100 km/jam..
Salut bgt om, 170 km PP konsisten bertahun2 :big_exellent: .
Berapa jam perjalanan itu om?
kalo saya. pagi 1.5 jam.. pulang sore 2-2.5 jam... beneran tua dijalan.. .
temen saya lebih edan.. bintaro karawang timur... kalo diliat.. sebenarnya banyak kok yg jauh seperti itu.. bogor - cikarang dll..

paling parah sih dulu.. pas pembangunan tol layang... pergi 2jam.. pulang ga jelas.. bisa 3 jam..

yang menarik ntar nih. kalo pembangunan tol layang jorr(jatiasih - tanahkusir).. kira kira bakal semacet apa..
mudah mudahan jorr 2 udah nyambung, kalo ngga mah.. :big_dunno:
Wah salut om :big_biglaugh:
Ane pp tiap hari 60km trus plg ga jem macet aja uda males. Lg mikir2 mau pindah kerjaan :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Supersedan »

KielConstantine wrote: 24 Nov 2023, 03:28
sintoni wrote: 23 Nov 2023, 19:28
levofloxacine wrote: 23 Nov 2023, 11:02 manual donk om, kalo cvt mungkin udah lama tewas, riwayat ganti kopling set di 2010, sampe 2021 belum diganti lg
paling langganan ganti bearing kiri belakang udah lupa berapa kali saking seringnya gegara berisik
yg nyumbang odo paling utama bolak balik palembang - muara enim tiap minggu selama 12 taon, kadang seminggu bisa lebih dari sekali
Iye om, kalau yg CVT ane ga yakin sih bisa odo segitu pake transmisi original. Haha.

Dulu ortu perna punya beli dari baru 2005, rasanya 2008 sudah keok tuh CVT, ga bisa mundur mobilnya pas masuk R. Padahal full rawatan bengkel resmi. Ga tau kenapa atau diisi ATF biasa,pas taun segitu belum ngerti beginian.
Kira2 record transmisi CVT tertinggi (di indo) tanpa overhaul alias masih perawan dari pabrik ada di odo brapa ya mbahh? (Ini catatan dirawat jg rutin ganti oli cvtf sgala macem ritual)

Pernah denger ada yg punya mobilio CVT odo 150k masih original blom turun matic cvt. Masih simpang siur sehh infonya :e-think:
Beberapa kali nemu mobilio matic km 300-350rb++ di group mobilio, ada yg taxol, ada yg suka family trip.

Kalo ketemu langsung pernah dapet taxol mobilio 2017 matic km 180rb.
Transmisi rasanya masih smooth2 aja selama perjalanan, cuma interiornya kacau bener, ya udah kek aura kamar kost2an gak kerawat :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by ChZ »

MSU wrote: 27 Nov 2023, 15:14
KielConstantine wrote: 24 Nov 2023, 03:28
sintoni wrote: 23 Nov 2023, 19:28

Iye om, kalau yg CVT ane ga yakin sih bisa odo segitu pake transmisi original. Haha.

Dulu ortu perna punya beli dari baru 2005, rasanya 2008 sudah keok tuh CVT, ga bisa mundur mobilnya pas masuk R. Padahal full rawatan bengkel resmi. Ga tau kenapa atau diisi ATF biasa,pas taun segitu belum ngerti beginian.
Kira2 record transmisi CVT tertinggi (di indo) tanpa overhaul alias masih perawan dari pabrik ada di odo brapa ya mbahh? (Ini catatan dirawat jg rutin ganti oli cvtf sgala macem ritual)

Pernah denger ada yg punya mobilio CVT odo 150k masih original blom turun matic cvt. Masih simpang siur sehh infonya :e-think:
pernah baca di comment youtube...ada owner lio di batam odo 400rb km
resepnya kl ga salah cm rutin ganti oli & style nyetir ga ugal om..
antara jalanan dan suhu di sini terlalu kejam atau memang interval ganti oli CVT di +62 ini terlalu panjang untuk transmisi CVT sehingga banyak kejadian seratusan ribu udah rontok. kalo per 20 ribu ganti harusnya aman yah :upss:

cm kalo denger rontok bayangan orang ud horror belt putus bla bla bla padahal emang CVT tu yang common bukan beltnya putus tp malah pulley bearingnya. masalahnya ngeganti bearing harus turun 1 transmisi itu yang bikin mahal.

mangkanya bener gak usah takut berlebih ama CVT sih sebenernya transmisi itu ya gitu gitu aja rusaknya klo logikanya transmisi CVT rentan panas ya rajin aj ganti olinya :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1665
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by darrelund »

kendibocor wrote: 27 Nov 2023, 15:35
ekanov wrote: 27 Nov 2023, 14:58
faridrach wrote: 25 Nov 2023, 14:19

Salut bgt om, 170 km PP konsisten bertahun2 :big_exellent: .
Berapa jam perjalanan itu om?
kalo saya. pagi 1.5 jam.. pulang sore 2-2.5 jam... beneran tua dijalan.. .
temen saya lebih edan.. bintaro karawang timur... kalo diliat.. sebenarnya banyak kok yg jauh seperti itu.. bogor - cikarang dll..

paling parah sih dulu.. pas pembangunan tol layang... pergi 2jam.. pulang ga jelas.. bisa 3 jam..

yang menarik ntar nih. kalo pembangunan tol layang jorr(jatiasih - tanahkusir).. kira kira bakal semacet apa..
mudah mudahan jorr 2 udah nyambung, kalo ngga mah.. :big_dunno:
Wah salut om :big_biglaugh:
Ane pp tiap hari 60km trus plg ga jem macet aja uda males. Lg mikir2 mau pindah kerjaan :big_biglaugh:
yang males tuh sebenerna bukan jaraknya

tapi macet sama lanehogger :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1665
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by darrelund »

ekanov wrote: 22 Nov 2023, 14:33 klo ngomong beater car..

setiap hari 150 km - 170 km(mainly tol) untuk PP Rumah ke Kantor..

2015-2020 pake All New Yaris E M/T... badak jg.. ga pernah ada masalah mesin.. cuman ganti oli, aki.. ama kampas kopling. terakhir di lepas di 2020, odo udah di 220rb-km

2020-skrg pake HRV E A/T.. ini jg mantap.. ga pernah ada masalah mesin.. minum apapun bisa... cuman emang kaki kaki udah mulai kerasa.. ama ada bunyi bunyi dikit.. skrg udah 150rb km -an..

oya.. ban jg ganti.. cuman kalo ban dari pabrikan.. bisa kuat ampe 100rb km.. udah itu.. ganti per 50rb km...

kayanya kalo mobil.. dipake setiap hari.. akan semakin badak...
klo liat cerita um oe jadi ingat ada dosen di kampus

belio tiap hari pp jkt-bdg, beneran daily commute bolak balik rumah-kampus

tau dah tu odo mobilna berapa

pp 300km sehari, serpis rutin 2 bulan sekali kayakna :big_biglaugh:
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by lamatlancah »

beater car saya innova 2010 bensin manual, beli dari baru, km masih di 68000an.
tangguh ini mobil, evaporator AC bocor dibiarin bisa self fixed.
kaki2 tangguh, cuma konsumsi bbm aja agak boros sktr 1:7 dalkot pake pertalite.
Alex511
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 08 Nov 2022, 09:56
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Belum Ada

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Alex511 »

Definisi beater car minimal berapa km setahun?
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: 11 Jun 2015, 20:50

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by touchme »

Absen beater car… innova 2.0 v manual 2005…

Sejak pertama dianter kerumah sampai tahun 2012, dipake nguli rute jakbar - dawuan/citeureup tiap hari pp. selama itu sempet ngalamin 3x incident besar… tapi karena nilai historisnya... ni boil bakal ane rawat semampunya sampe bener” mobil mesin ice dibanned dari bumi pertiwi.

18 tahun berlalu dan sekarang odo 320rban. odo segini mah masih abg lah dibanding innova lintas sumatra.. haha. kondisinya nyaris 100% ori. Aksesoris non ori yang nempel cuma hu alpine dan speaker+twit sbacoustic.

armada lain dirumah silih berganti keluar masuk garasi, dan si ipah sekarang jadi si paling paling.. Ya paling boros. Paling pelan. Paling bontot kenyamanannya… tapi doi ga pernah masuk radar buat dilepas.

Kondisinya jelas ngga perfect. Interior sih paling keliatan usangnya. Kursi sopir kempes, setir shift knob buluk, pedal” aus sebagian, kisi ac blower belakang pada protol, stopper pintu apalagi… lempeng ga bersisa. Wkwk. Beberapa sengaja ngga gue rapiin… biar jadi pengingat kalo kita menua bersama… halaahhh.. :big_biglaugh:

Lain interior lain cerita urusan mesin dan kaki. Buat maintenance ane ga pernah kasi kendor. Parts harus ori atau kalau terpaksa banget oem ya harus yang jelas. Karna gimana mau jadi beater car kalo dipakenya ga enak apalagi sampe mogok. PR sekarang yang belum dikerjain cuma cover timing rembes aja.

semoga bisa bertahan 18tahun lagi.. :mky_04:
Soedirman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 28 Nov 2023, 14:15

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Soedirman »

Untuk beater car,
ada merk asuransi mobil all risk yg paling rekomend om?

yg harganya murah, all risk dan polisnya gak strict2 banget..

wehehehee,, saya banyak maunyaa...
naga17
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 10 Feb 2016, 20:10

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by naga17 »

touchme wrote: 28 Nov 2023, 13:31 Absen beater car… innova 2.0 v manual 2005…

Sejak pertama dianter kerumah sampai tahun 2012, dipake nguli rute jakbar - dawuan/citeureup tiap hari pp. selama itu sempet ngalamin 3x incident besar… tapi karena nilai historisnya... ni boil bakal ane rawat semampunya sampe bener” mobil mesin ice dibanned dari bumi pertiwi.

18 tahun berlalu dan sekarang odo 320rban. odo segini mah masih abg lah dibanding innova lintas sumatra.. haha. kondisinya nyaris 100% ori. Aksesoris non ori yang nempel cuma hu alpine dan speaker+twit sbacoustic.

armada lain dirumah silih berganti keluar masuk garasi, dan si ipah sekarang jadi si paling paling.. Ya paling boros. Paling pelan. Paling bontot kenyamanannya… tapi doi ga pernah masuk radar buat dilepas.

Kondisinya jelas ngga perfect. Interior sih paling keliatan usangnya. Kursi sopir kempes, setir shift knob buluk, pedal” aus sebagian, kisi ac blower belakang pada protol, stopper pintu apalagi… lempeng ga bersisa. Wkwk. Beberapa sengaja ngga gue rapiin… biar jadi pengingat kalo kita menua bersama… halaahhh.. :big_biglaugh:

Lain interior lain cerita urusan mesin dan kaki. Buat maintenance ane ga pernah kasi kendor. Parts harus ori atau kalau terpaksa banget oem ya harus yang jelas. Karna gimana mau jadi beater car kalo dipakenya ga enak apalagi sampe mogok. PR sekarang yang belum dikerjain cuma cover timing rembes aja.

semoga bisa bertahan 18tahun lagi.. :mky_04:
Salut Om, luar biasa.
Mobil nya benar2 jadi partner sejati :big_exellent: :big_exellent:
Point yg didapat:
1. Perawatan rutin sesuai buku petunjuk
2. Standard
3. Part replacement ori
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Or4cle »

Alex511 wrote: 28 Nov 2023, 13:18 Definisi beater car minimal berapa km setahun?
Apprx >7500 KM/tahun menurut ane sudah layak masuk daily beater car
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by doge »

Or4cle wrote: 28 Nov 2023, 17:01
Alex511 wrote: 28 Nov 2023, 13:18 Definisi beater car minimal berapa km setahun?
Apprx >7500 KM/tahun menurut ane sudah layak masuk daily beater car
wah freed '12 di rmh dlu udh masuk jg ini mah

setaun rata" 10rb km an lah; tp udh dilego di km ~150k

ga ada problem aneh"... mobil enak utk kls roti tawar beroda, sayang aja girboksnya rasio kepanjangan... lemot boros (bs 1:7 pertalit) klo dalkot.. tp di tol buset.. 100kph 2000 rpm, lari di 160kph rpm msh 4rb an... sisa 2rb nya ga bs dipake klo g nurun jalannya :big_biglaugh:

ac jg krn msh yg single blower klo siang keteteran... tp surprisingly acnya msh ada heaternya (set suhu Hi keluarnya angin panas, mantep klo abis keujanan ato lg ujan gede)
:ngacir:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Or4cle »

doge wrote: 28 Nov 2023, 17:38
Or4cle wrote: 28 Nov 2023, 17:01
Alex511 wrote: 28 Nov 2023, 13:18 Definisi beater car minimal berapa km setahun?
Apprx >7500 KM/tahun menurut ane sudah layak masuk daily beater car
wah freed '12 di rmh dlu udh masuk jg ini mah

setaun rata" 10rb km an lah; tp udh dilego di km ~150k

ga ada problem aneh"... mobil enak utk kls roti tawar beroda, sayang aja girboksnya rasio kepanjangan... lemot boros (bs 1:7 pertalit) klo dalkot.. tp di tol buset.. 100kph 2000 rpm, lari di 160kph rpm msh 4rb an... sisa 2rb nya ga bs dipake klo g nurun jalannya :big_biglaugh:

ac jg krn msh yg single blower klo siang keteteran... tp surprisingly acnya msh ada heaternya (set suhu Hi keluarnya angin panas, mantep klo abis keujanan ato lg ujan gede)
Tadinya sih mau di angka 10rb KM, tapi korting jadi >7500 KM biar dibagi rata2 dapat 20 KM/hari :big_biglaugh:
Honda cukup awet, tapi dipakai lama tetap toyota lebih reliable :big_peace:
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Greenhunter »

Soedirman wrote: 28 Nov 2023, 15:05 Untuk beater car,
ada merk asuransi mobil all risk yg paling rekomend om?

yg harganya murah, all risk dan polisnya gak strict2 banget..

wehehehee,, saya banyak maunyaa...
Saya gak pakai asuransi karena pemakaian mostly dalam kota. kalau diitung itung anggap aja asuransi allrisk sktr 3.5 jt per tahun. Kalau 3 tahun udah 10.5 jt. Perbaikan bodi untuk mobil pemakaian dlm kota saya rasa tdk akan sebanyak itu kecuali lagi bener bener apes mobil ilang atau keruntuhan pohon pas hujan angin. Memang sih ada poin lain di dapat dgn asuransi, mau parkir dimana aja hati tenang ninggain mobil, itu yg lebih mahal harganya. Dulu pakai asuransi malacca trust gampang proses klaimnya, telp aja dia datang survey mobilnya.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3465
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by kendibocor »

darrelund wrote: 28 Nov 2023, 12:08
ekanov wrote: 22 Nov 2023, 14:33 klo ngomong beater car..

setiap hari 150 km - 170 km(mainly tol) untuk PP Rumah ke Kantor..

2015-2020 pake All New Yaris E M/T... badak jg.. ga pernah ada masalah mesin.. cuman ganti oli, aki.. ama kampas kopling. terakhir di lepas di 2020, odo udah di 220rb-km

2020-skrg pake HRV E A/T.. ini jg mantap.. ga pernah ada masalah mesin.. minum apapun bisa... cuman emang kaki kaki udah mulai kerasa.. ama ada bunyi bunyi dikit.. skrg udah 150rb km -an..

oya.. ban jg ganti.. cuman kalo ban dari pabrikan.. bisa kuat ampe 100rb km.. udah itu.. ganti per 50rb km...

kayanya kalo mobil.. dipake setiap hari.. akan semakin badak...
klo liat cerita um oe jadi ingat ada dosen di kampus

belio tiap hari pp jkt-bdg, beneran daily commute bolak balik rumah-kampus

tau dah tu odo mobilna berapa

pp 300km sehari, serpis rutin 2 bulan sekali kayakna :big_biglaugh:
Yg begini apa ga tekor biaya transport yak. Atau orkay ga ada kerjaan emang passionnya ngajar :mky_03:
Soedirman wrote: 28 Nov 2023, 15:05 Untuk beater car,
ada merk asuransi mobil all risk yg paling rekomend om?

yg harganya murah, all risk dan polisnya gak strict2 banget..

wehehehee,, saya banyak maunyaa...
Setau saya aturan besar premi uda diatur pemerintah jd mirip2 semua harga premi antar asuransi. Paling nego di harga mblnya mau dinilai brp. Pengalaman pake bbrp asuransi mirip2 lah claimnya jaman sekarang, ga ribet. Rata2 1-2 minggu dari proses claim sampai mobil selesai kalo cuman ngerjain yg simpel2 macem repaint.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Soedirman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 28 Nov 2023, 14:15

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Soedirman »

kendibocor wrote: 28 Nov 2023, 22:45
Soedirman wrote: 28 Nov 2023, 15:05 Untuk beater car,
ada merk asuransi mobil all risk yg paling rekomend om?

yg harganya murah, all risk dan polisnya gak strict2 banget..

wehehehee,, saya banyak maunyaa...
Setau saya aturan besar premi uda diatur pemerintah jd mirip2 semua harga premi antar asuransi. Paling nego di harga mblnya mau dinilai brp. Pengalaman pake bbrp asuransi mirip2 lah claimnya jaman sekarang, ga ribet. Rata2 1-2 minggu dari proses claim sampai mobil selesai kalo cuman ngerjain yg simpel2 macem repaint.
Greenhunter wrote: 28 Nov 2023, 21:20
Soedirman wrote: 28 Nov 2023, 15:05 Untuk beater car,
ada merk asuransi mobil all risk yg paling rekomend om?

yg harganya murah, all risk dan polisnya gak strict2 banget..

wehehehee,, saya banyak maunyaa...
Saya gak pakai asuransi karena pemakaian mostly dalam kota. kalau diitung itung anggap aja asuransi allrisk sktr 3.5 jt per tahun. Kalau 3 tahun udah 10.5 jt. Perbaikan bodi untuk mobil pemakaian dlm kota saya rasa tdk akan sebanyak itu kecuali lagi bener bener apes mobil ilang atau keruntuhan pohon pas hujan angin. Memang sih ada poin lain di dapat dgn asuransi, mau parkir dimana aja hati tenang ninggain mobil, itu yg lebih mahal harganya. Dulu pakai asuransi malacca trust gampang proses klaimnya, telp aja dia datang survey mobilnya.
Wahh,, nice info.. Makasih sharingnya om..

Brrti tinggal dicari aja untuk asuransi yg cabangnya ada di tmpt saya tinggal..
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by pengendiesel »

Anf 2gd 2021,pemakaian awal 2022.
Odo 27 rb.
Full biosol dari awal. Ya iyalah,tujuan utama beli mobil ini buat nguli,kasih minumnya yang paling ekonomis.
Kondisi standard semua,perawatan standard semua.

Yang sudah diganti
Filsol km 17.500,warning nyala. Dc sekitar 1 juta include ongkos pasang.
Sokbreker belakang kiri kanan km 22.000. Dc gratis,garansi. Agak kaget km segini sudah pada bocor.
Sedikit minusnya, lebih capek bawa mobil segede,setinggi dan sekeras ini buat harian.

Tapi yang the real daily beater saya adalah yamaha mio 2013. Odo 70 rb on going.
Bbm pertalite.
Baru ganti sabuk cvt 1x.
Minus bawaan dari orok : posisi duduk didesain buat wanita,suspensi kayak batu,tenaga kosong,mesin kasar,lampu2 sering mati. Dan harus sabar kalo servis di beres saat ditambahin item ini itu sama service advisornya.
Tapi dengan kondisi lalin yang makin hari makin gak bersahabat bawa mobil,mio ini jadi pilihan paling masuk akal buat aktivitas sehari hari
Mau tukar ke motor baru, saya masih belom dapat alasan kenapa saya harus nambah lagi budget 200% dari harganya sekarang. Pake aja sampe ancur
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9806
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: 29 Nov 2023, 08:10 Anf 2gd 2021,pemakaian awal 2022.
Odo 27 rb.
Full biosol dari awal. Ya iyalah,tujuan utama beli mobil ini buat nguli,kasih minumnya yang paling ekonomis.
Kondisi standard semua,perawatan standard semua.

Yang sudah diganti
Filsol km 17.500,warning nyala. Dc sekitar 1 juta include ongkos pasang.
Sokbreker belakang kiri kanan km 22.000. Dc gratis,garansi. Agak kaget km segini sudah pada bocor.
Sedikit minusnya, lebih capek bawa mobil segede,setinggi dan sekeras ini buat harian.

Tapi yang the real daily beater saya adalah yamaha mio 2013. Odo 70 rb on going.
Bbm pertalite.
Baru ganti sabuk cvt 1x.
Minus bawaan dari orok : posisi duduk didesain buat wanita,suspensi kayak batu,tenaga kosong,mesin kasar,lampu2 sering mati. Dan harus sabar kalo servis di beres saat ditambahin item ini itu sama service advisornya.
Tapi dengan kondisi lalin yang makin hari makin gak bersahabat bawa mobil,mio ini jadi pilihan paling masuk akal buat aktivitas sehari hari
Mau tukar ke motor baru, saya masih belom dapat alasan kenapa saya harus nambah lagi budget 200% dari harganya sekarang. Pake aja sampe ancur
klo mau upgrade, sekalian lgs ke Aerox atau NMax buat daily dan lbh pas buat laki2.
bodynya gak terlalu gede atau terlalu ramping.
posisi duduk jg lbh enak dr mio.

tetap yamaha debest skutik lah, rangkanya mantap compare ke INSAF :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SMBC = Seraya Motor Beater Car

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 28 Nov 2023, 22:45
Yg begini apa ga tekor biaya transport yak. Atau orkay ga ada kerjaan emang passionnya ngajar :mky_03:
dulu inget ada guru mandarin sekolah bawaannya LC80 dan accord V6 3.0. ya emang sekolah swasta favorit tapi gajinya nggak segede itu jg buat ngempanin LC80. parkirnya biasa gak di parkiran guru. incognito di parkiran murid walaupun ya tetep aja ketauan itu mobil dia :mky_07:

usut punya usut emang background keluarga pengusaha. kayaknya jadi guru cuma hobi aja :mky_07:

biasa modelan gini emang kaya atau baru dapet warisan mbah. :mky_03: gaji guru cuma buat makan keknya, ngisi bensin aja ga cukup :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post