BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

KielConstantine wrote: Tue Feb 27, 2024 2:55
linschneider wrote: Sat Feb 24, 2024 9:33

Ini nih spec 3.8 detik satu lg yg kalah populer ama si anjink laut. taun dpn moga2 trimnya di ckd :mky_08:
Perhatiin deh. Batre nya ngurang cepet banget

Pas awal video 67% . Di gaspolssss sampe menit 4:22 sisa 54%
Brarti dalam 4 menit berkurang 13%

Trus tiba2 somehow balik 80% keknya masuk pitstop trus di fast charge :upss:
si driver uda comment tuh dpt cmn 3 lap doang. :big_biglaugh:

tp untung rute daily ane bukan nurburgring dikelilingin porsche :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo dlm balap endurance mah ane lebi condong ky formula e, car swap total drpd ngecas 10 menit :wkkk:

or seenggaknya swap battery. masih lebih berseni dikit, tp ngga bisa di cell-to-body. hrs ada platform baru yg assembly baterainya lbi plug n play.
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

Nunggu tol ada wireless charger sepanjang jalan biar bisa ngecas sambil jalan...
Tapi ngimpi aja dulu, masih banyak jalan yang kualitasnya memperihatinkan dan banyak truk2 odol dibawah minimum speed yang harus diberesin
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by bimzbim »

b0ku wrote: Tue Feb 27, 2024 5:43
KielConstantine wrote: Tue Feb 27, 2024 2:55
Perhatiin deh. Batre nya ngurang cepet banget

Pas awal video 67% . Di gaspolssss sampe menit 4:22 sisa 54%
Brarti dalam 4 menit berkurang 13%

Trus tiba2 somehow balik 80% keknya masuk pitstop trus di fast charge :upss:
jadi yang 80% footage sebelomnya om :mky_03:

itu maksud saya gak bisa nyetir kek mobil le mans mau 0-100 3.8 detik juga 4 menit 13% jkt bandung record saya 1jem 30menit itung4 menit 10% 4x10 = 40 menit ud mogok di jalan :mky_03:

makannya saya pertaiin ev di jalan jalannya pelan semua pecicilan mah ada ada cuma mayoritas pasti pelan power mereka itu cuma buat nujukin mereka superior aja padahal gak kepake karena rangenya drop bannya pun bisa cepet botak karena torsi instant :mky_07:

pajero jazz saya aja jkt bandung cuma abis 1/4 paling kalo di geber mulu itupun ud itungan boros :ngacir:
sebagai pengguna motor listrik, hard acceleration emang bikin batere drop sangat sangat cepat, termasuk top speed. Pengalaman dengan mode sport, hard acceleration, jarak tempuh bisa turun sampe 1/4 dibandingkan mode eco, accelerasi sopan. Dan emang bener, saya ga pernah lagi pake mode sport, untuk harian selalu pake mode eco karena pertimbangan range
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by 3mul »

linschneider wrote: Tue Feb 27, 2024 5:41
3mul wrote: Mon Feb 26, 2024 16:37
Minggu kemaren ane & istri main ke IIMS, test drive MG4, dolphin, atto3 & omoda e5. Untuk bbrp hal yg sifatnya subjektif seperti desain exterior & interior kita sering gak sepakat. Tapi kita berdua sepakat MG4 emang mantap, paling easy to drive, mantap buat zigzag, juga paling comfortable buat penumpang. Sasisnya kerasa rigid, minim body roll, tapi mampu serap guncangan waktu ngelindes speed trap besi dengan bantingan yg tetap terasa nyaman. Kelihatannya ini efek dari subframe di depan + belakang. kekurangannya di sisi interior yg simple ala mobil eropa bbrp tahun lalu, hardware & software entertainment system yg kurang responsif. kalah gimmick dari 3 ev lain.

e5 nomor 2 soal kenyamanan bantingan tapi kerasa ragu waktu zigzag, interiornya mewah tapi kalah futuristis dari atto3. .

atto3 nomor 3 utk kenyamanan tapi jawara urusan desain interior. kalo lihat dari foto aja mungkin kelihatan aneh, tapi kalo udah duduk di row 1 efek wow nya dapat banget serasa di film science fiction. row 2 nya juga paling lega.

paling ga enak si dolphin yg rasanya gedubrakan bikin penumpang pontang-panting kanan kiri.
tks inponya om. selain driver oriented ternyata mg4 masih nyaman yah. masih good deal di kepala 4 utk platform ev rwd, atasnya uda seal premium dan ioniq 5 yg kepala 6++. mugi2 piranti lunak bisa diperbaiki di update kedepan dan trim xpower produksi sini. :mky_02:

tp mg4 ground clearance rendah ya?
Nah, di media eropa ada info HW bakal dpt upgrade di versi FL MG4, naga2nya pake snapdragon 8155 seperti cyberster. Mudah2an MG jual HW terpisah buat customer lamanya.
GC 147mm kondisi kosong. mirip2 hatchback pada umumnya.
Di UK bakal meluncur dua versi SUVnya akhir tahun ini: CyberS (IP42) & CyberX (AS34)
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by 3mul »

b0ku wrote: Tue Feb 27, 2024 5:43 jadi yang 80% footage sebelomnya om :mky_03:

itu maksud saya gak bisa nyetir kek mobil le mans mau 0-100 3.8 detik juga 4 menit 13% jkt bandung record saya 1jem 30menit itung4 menit 10% 4x10 = 40 menit ud mogok di jalan :mky_03:

makannya saya pertaiin ev di jalan jalannya pelan semua pecicilan mah ada ada cuma mayoritas pasti pelan power mereka itu cuma buat nujukin mereka superior aja padahal gak kepake karena rangenya drop bannya pun bisa cepet botak karena torsi instant :mky_07:

pajero jazz saya aja jkt bandung cuma abis 1/4 paling kalo di geber mulu itupun ud itungan boros :ngacir:
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

3mul wrote: Tue Feb 27, 2024 19:04
b0ku wrote: Tue Feb 27, 2024 5:43 jadi yang 80% footage sebelomnya om :mky_03:

itu maksud saya gak bisa nyetir kek mobil le mans mau 0-100 3.8 detik juga 4 menit 13% jkt bandung record saya 1jem 30menit itung4 menit 10% 4x10 = 40 menit ud mogok di jalan :mky_03:

makannya saya pertaiin ev di jalan jalannya pelan semua pecicilan mah ada ada cuma mayoritas pasti pelan power mereka itu cuma buat nujukin mereka superior aja padahal gak kepake karena rangenya drop bannya pun bisa cepet botak karena torsi instant :mky_07:

pajero jazz saya aja jkt bandung cuma abis 1/4 paling kalo di geber mulu itupun ud itungan boros :ngacir:
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
Tp ngisinya cepet
Di gunung pun bs ngisi dan ada pertamini dan pertashop resmi :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Tue Feb 27, 2024 23:47, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

3mul wrote: Tue Feb 27, 2024 19:04
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
gak ngompol kek gitu juga kali :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue Feb 27, 2024 22:37
Tp ngisinya cepet
Di gunung pun bs ngisi dan ada pertamini dan pertashop resmi :big_biglaugh:
ev juga bisa malah di tengah antah berantah pun bisa

pake ini :big_grin:



siapin nasi yang banyak :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

3mul wrote: Tue Feb 27, 2024 19:04
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
masalah nya EV (dan any battery based termasuk hybrid) performance itu sangat banyak *** nya.

1. kalau batrenya full (battery di bawah sekian persen, power akan dicut supaya batre nggak cepet habis ke SPKLU berikutnya)
2. kalau cuaca gak panas
3. kalau gak dikasih beban (towing atau tanjakan bakal berdampak sangat banyak ke range, makanya di negara bule EV skrg gak laku, terbukti range berkurang banyak ketika dikasih towing)

semua rontok begitu ketiganya nggak terpenuhi om :big_bored:

itu BYD seal, kemaren ada yg cerita 0-100 3.8s itu kalo batrenya full. kalo enggak di cut powernya. Tesla begitu pake ludicrous mode juga langsung panas gak bisa consecutive launch macem Porsche 911. bayangin padahal porsche 911 pake PDK dual clutch yang juga rentan panas.

electric motor itu masalahnya punya kurva efisiensi berbeda dgn bensin. makin digeber efisiensi akan makin rendah beda dgn petrol yang di range 80-120 malah lagi irit-iritnya apalagi kl turbo atau sese besar lari 140-150 masih rpm 2000-3000 itu masih irit. EV begitu digeber segitu range drop udah.

TL,DR;

kalo nggak bisa jaga speed atau tahan iman buat salip-salipan di toll, don't buy any battery powered car :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 3:21
3mul wrote: Tue Feb 27, 2024 19:04
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
masalah nya EV (dan any battery based termasuk hybrid) performance itu sangat banyak *** nya.

1. kalau batrenya full (battery di bawah sekian persen, power akan dicut supaya batre nggak cepet habis ke SPKLU berikutnya)
2. kalau cuaca gak panas
3. kalau gak dikasih beban (towing atau tanjakan bakal berdampak sangat banyak ke range, makanya di negara bule EV skrg gak laku, terbukti range berkurang banyak ketika dikasih towing)

semua rontok begitu ketiganya nggak terpenuhi om :big_bored:

itu BYD seal, kemaren ada yg cerita 0-100 3.8s itu kalo batrenya full. kalo enggak di cut powernya. Tesla begitu pake ludicrous mode juga langsung panas gak bisa consecutive launch macem Porsche 911. bayangin padahal porsche 911 pake PDK dual clutch yang juga rentan panas.

electric motor itu masalahnya punya kurva efisiensi berbeda dgn bensin. makin digeber efisiensi akan makin rendah beda dgn petrol yang di range 80-120 malah lagi irit-iritnya apalagi kl turbo atau sese besar lari 140-150 masih rpm 2000-3000 itu masih irit. EV begitu digeber segitu range drop udah.

TL,DR;

kalo nggak bisa jaga speed atau tahan iman buat salip-salipan di toll, don't buy any battery powered car :big_biglaugh:
Nahhh saya penasaran Om, Kalau di Nissan Kick yang mesin genset dijor kecepatan tinggi gimana ya?
Apakah si mesin gensetnya bakal tambah kenceng juga RPMnya, secara kan kalau kecepatan tinggi si daya yang harus dikeluarkan untuk suplay power ke motor listriknya butuh lebih gede
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 3:21
3mul wrote: Tue Feb 27, 2024 19:04
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
masalah nya EV (dan any battery based termasuk hybrid) performance itu sangat banyak *** nya.

1. kalau batrenya full (battery di bawah sekian persen, power akan dicut supaya batre nggak cepet habis ke SPKLU berikutnya)
2. kalau cuaca gak panas
3. kalau gak dikasih beban (towing atau tanjakan bakal berdampak sangat banyak ke range, makanya di negara bule EV skrg gak laku, terbukti range berkurang banyak ketika dikasih towing)

semua rontok begitu ketiganya nggak terpenuhi om :big_bored:

itu BYD seal, kemaren ada yg cerita 0-100 3.8s itu kalo batrenya full. kalo enggak di cut powernya. Tesla begitu pake ludicrous mode juga langsung panas gak bisa consecutive launch macem Porsche 911. bayangin padahal porsche 911 pake PDK dual clutch yang juga rentan panas.

electric motor itu masalahnya punya kurva efisiensi berbeda dgn bensin. makin digeber efisiensi akan makin rendah beda dgn petrol yang di range 80-120 malah lagi irit-iritnya apalagi kl turbo atau sese besar lari 140-150 masih rpm 2000-3000 itu masih irit. EV begitu digeber segitu range drop udah.

TL,DR;

kalo nggak bisa jaga speed atau tahan iman buat salip-salipan di toll, don't buy any battery powered car :big_biglaugh:
KONON katanya copet eh corvette bisa cruising lari 200kmh 2000rpm :mky_03:

keknya dulu suka ada yang share juga lexus crusiing 200kmh pake rpm 2000 :mky_03:

jgn2x seal diadu sama ayla jakarta bandung masih kencengan ayla :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

faizzz wrote: Wed Feb 28, 2024 5:34
Nahhh saya penasaran Om, Kalau di Nissan Kick yang mesin genset dijor kecepatan tinggi gimana ya?
Apakah si mesin gensetnya bakal tambah kenceng juga RPMnya, secara kan kalau kecepatan tinggi si daya yang harus dikeluarkan untuk suplay power ke motor listriknya butuh lebih gede
iya om, pastinya itu suara genset makin kenceng buat ngimbangin kapasitas battery yang makin cepet juga :big_bored: kan prinsipnya dia charger. masalahnya batre kicks itu cuma 1koma sekian kWh, dipake kebut bentar juga abis :big_bored:

top speed kalau battery full 155 kph... kalau low ya diturunin jadi 145 :mky_07: kasian, dijejerin ma brio standar blm open limiter ini mah...
b0ku wrote: Wed Feb 28, 2024 5:34 KONON katanya copet eh corvette bisa cruising lari 200kmh 2000rpm :mky_03:

keknya dulu suka ada yang share juga lexus crusiing 200kmh pake rpm 2000 :mky_03:

jgn2x seal diadu sama ayla jakarta bandung masih kencengan ayla :mky_07:
lancer evo dibejeg ya boros masalahnya kl di toll lancer evo lari 150-160 kph sih enteng2 aja mungkin 1:8 juga dapet pan tetep mesin 2000cc. jelek2 cuma perlu refuel 1x itu aja kalo supirnya kalap. kl ga kalap ya 400 km enteng atuh. maren liat vlog orang roadtrip pake air EV jkt bali kok sengsara bener sih tiap 2 jam harus recharge nyetirnya mana aliran siksa diri jg 60-80 kph di kiri.

mobil kenceng tapi cuma buat show off sekali launch terus lemes sih buat apa... kita orang kan maunya kenceng terusss. ngapain 3.8s tapi cuma kalo batrenya penuh. :big_bored: trs range sisa 70 km jadi mode kura kura :big_bored:
Last edited by ChZ on Wed Feb 28, 2024 5:44, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

faizzz wrote: Tue Feb 27, 2024 6:54 Nunggu tol ada wireless charger sepanjang jalan biar bisa ngecas sambil jalan...
Tapi ngimpi aja dulu, masih banyak jalan yang kualitasnya memperihatinkan dan banyak truk2 odol dibawah minimum speed yang harus diberesin
Masih jauh kayanya om, aspal tol aja ujan 2 jam uda bolong2 lg :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ExorT »

faizzz wrote: Wed Feb 28, 2024 5:34

Nahhh saya penasaran Om, Kalau di Nissan Kick yang mesin genset dijor kecepatan tinggi gimana ya?
Apakah si mesin gensetnya bakal tambah kenceng juga RPMnya, secara kan kalau kecepatan tinggi si daya yang harus dikeluarkan untuk suplay power ke motor listriknya butuh lebih gede
Kalau mau lihat kicks digenjot kecepatan tinggi, lihat channelnya pribadinya om Rosano Carmudi.

Waktu battery "habis" ya tarikan jadi lemot karena motor listriknya ga jalan. tipikal mesin 1200cc NA. :upss:
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

3mul wrote: Tue Feb 27, 2024 19:04
sama aja sih mobil dijel / bensin kalo digeber ya boros. 2gd ane kalo speed dibawah 120 bisa dpt 1:18 an. kalo manteng di 140an cuma 1:12 an
gimana2 utk sekarang long trip antar kota masih blom lah utk kalahin diesel+solbus, apalagi dgn infrastruktur ev yg blm matang. klo utk dalkot yg padat sih utk range2 yg diberi rata2 moblis sekarang bagi ane sdh lebih dari cukup, bahkan untuk oe pribadi separuhnya aja uda bisa apalagi dgn regen braking. kecuali keliling kota mpe total 100+++ km sehari misal ngegrab atau taxi hrs lebih teratur manage chargingnya.

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 3:21 masalah nya EV (dan any battery based termasuk hybrid) performance itu sangat banyak *** nya.

1. kalau batrenya full (battery di bawah sekian persen, power akan dicut supaya batre nggak cepet habis ke SPKLU berikutnya)
2. kalau cuaca gak panas
3. kalau gak dikasih beban (towing atau tanjakan bakal berdampak sangat banyak ke range, makanya di negara bule EV skrg gak laku, terbukti range berkurang banyak ketika dikasih towing)

semua rontok begitu ketiganya nggak terpenuhi om :big_bored:

itu BYD seal, kemaren ada yg cerita 0-100 3.8s itu kalo batrenya full. kalo enggak di cut powernya. Tesla begitu pake ludicrous mode juga langsung panas gak bisa consecutive launch macem Porsche 911. bayangin padahal porsche 911 pake PDK dual clutch yang juga rentan panas.

electric motor itu masalahnya punya kurva efisiensi berbeda dgn bensin. makin digeber efisiensi akan makin rendah beda dgn petrol yang di range 80-120 malah lagi irit-iritnya apalagi kl turbo atau sese besar lari 140-150 masih rpm 2000-3000 itu masih irit. EV begitu digeber segitu range drop udah.

TL,DR;

kalo nggak bisa jaga speed atau tahan iman buat salip-salipan di toll, don't buy any battery powered car :big_biglaugh:
lha malah bagus om

klo mau balap inget musti disiapin dulu di tempat dan waktu yg tepat supaya menang

klo mau ugal inget2 batere

jadi negara tertib bos :wkkk:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Wed Feb 28, 2024 5:41
faizzz wrote: Tue Feb 27, 2024 6:54 Nunggu tol ada wireless charger sepanjang jalan biar bisa ngecas sambil jalan...
Tapi ngimpi aja dulu, masih banyak jalan yang kualitasnya memperihatinkan dan banyak truk2 odol dibawah minimum speed yang harus diberesin
Masih jauh kayanya om, aspal tol aja ujan 2 jam uda bolong2 lg :upss:
Emg designed spt itu.
"proyek" rutin.
Repeat order mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

linschneider wrote: Wed Feb 28, 2024 6:56
lha malah bagus om

klo mau balap inget musti disiapin dulu di tempat dan waktu yg tepat supaya menang

klo mau ugal inget2 batere

jadi negara tertib bos :wkkk:
makin banyak lanehogger om yang ada. pada takut batrenya abis :mky_07:

jalan macem transjawabahn itu enaknya dinikmati speed di atas 120... kl di bawah itu ngantuk. nyalip truk aja udah pasti lebih dari 100.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 5:36
lancer evo dibejeg ya boros masalahnya kl di toll lancer evo lari 150-160 kph sih enteng2 aja mungkin 1:8 juga dapet pan tetep mesin 2000cc. jelek2 cuma perlu refuel 1x itu aja kalo supirnya kalap. kl ga kalap ya 400 km enteng atuh. maren liat vlog orang roadtrip pake air EV jkt bali kok sengsara bener sih tiap 2 jam harus recharge nyetirnya mana aliran siksa diri jg 60-80 kph di kiri.

mobil kenceng tapi cuma buat show off sekali launch terus lemes sih buat apa... kita orang kan maunya kenceng terusss. ngapain 3.8s tapi cuma kalo batrenya penuh. :big_bored: trs range sisa 70 km jadi mode kura kura :big_bored:


jadi inget ini :mky_03:

air ev juga ada sempet liat video dia nanjak motornya panas mulu akhirnya nepi berkali :mky_03:

evo pun di bejek paling parah abis 1/2 tank kalo mesin std ya soalnya seinget saya semua mobil saya di bawa bandung-jkt 90 menit paling abisnya cuma 1/4tangki saya apal karena sebelom berangkat selalu full tank :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Feb 28, 2024 10:30


jadi inget ini :mky_03:

air ev juga ada sempet liat video dia nanjak motornya panas mulu akhirnya nepi berkali :mky_03:

evo pun di bejek paling parah abis 1/2 tank kalo mesin std ya soalnya seinget saya semua mobil saya di bawa bandung-jkt 90 menit paling abisnya cuma 1/4tangki saya apal karena sebelom berangkat selalu full tank :mky_03:
Nah tuh akhirnya kl dikasih load spt tanjakan ga kuat terus EV / hybrid jatohnya lebih boros daripada sebuah M3 V8 :mky_07: soalnya di speed dan load sama ICE sese besar / turbo itu malah anteng rpm mesinnya :mky_03:

Jangan2 diadu ma fortuner 400hp juga iritan fortuner 400hp :mky_07: jakarta bali paling sekali refuel :mky_07:

Nyetir pelan pelan mah bkn jawaban, orang pada umumnya di toll ya gaspoll gaspoll. Mbl kan jalan di aspal bkn di brosur
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 12:12
b0ku wrote: Wed Feb 28, 2024 10:30


jadi inget ini :mky_03:

air ev juga ada sempet liat video dia nanjak motornya panas mulu akhirnya nepi berkali :mky_03:

evo pun di bejek paling parah abis 1/2 tank kalo mesin std ya soalnya seinget saya semua mobil saya di bawa bandung-jkt 90 menit paling abisnya cuma 1/4tangki saya apal karena sebelom berangkat selalu full tank :mky_03:
Nah tuh akhirnya kl dikasih load spt tanjakan ga kuat terus EV / hybrid jatohnya lebih boros daripada sebuah M3 V8 :mky_07: soalnya di speed dan load sama ICE sese besar / turbo itu malah anteng rpm mesinnya :mky_03:

Jangan2 diadu ma fortuner 400hp juga iritan fortuner 400hp :mky_07: jakarta bali paling sekali refuel :mky_07:

Nyetir pelan pelan mah bkn jawaban, orang pada umumnya di toll ya gaspoll gaspoll. Itulah gunanya mobil diciptakan kenceng dgn sese besar.
Klo pk mobil malah:
- Range Anxiety
- "Ngisi ulang" energi lama
- Monitor ini itu

Jadinya bukan enjoy the car, tp tidak sadar diperbudak mobil
Last edited by Suryaputra on Wed Feb 28, 2024 12:22, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Feb 28, 2024 12:18 Klo pk mobil malah:
- Range Anxiety
- "Ngisi ulang" energi lama
- Monitor ini itu

Jadinya bukan enjoy the car, tp tidak sadar diperbudak mobil :ngacir:
Nah tuh akhirnya muncul istilah dibudakin mobil lg :mky_07:

Orang nyetir pake liat km/l aja udah kek dibudakin, ini segala pake ngitung range ama jadwalin charging per 2 jam :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 12:21
Suryaputra wrote: Wed Feb 28, 2024 12:18 Klo pk mobil malah:
- Range Anxiety
- "Ngisi ulang" energi lama
- Monitor ini itu

Jadinya bukan enjoy the car, tp tidak sadar diperbudak mobil :ngacir:
Nah tuh akhirnya muncul istilah dibudakin mobil lg :mky_07:

Orang nyetir pake liat km/l aja udah kek dibudakin, ini segala pake ngitung range ama jadwalin charging per 2 jam :mky_03:
Contohnya saya nih.
Pk mbl CVT, klo nanjak terus2an, itu jd mantengin OBD suhu temperatur girboks CVT.

Salah satu contoh itu yaa saya sendiri

Klo mobil batre, aduh anxiety nya poll klo saya.
Mungkin berasa jd pilot pesawat terbang mantau segala macam instrumen

Udah plg bener ipah dijel matic :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Feb 28, 2024 12:22 Contohnya saya nih.
Pk mbl CVT, klo nanjak terus2an, itu jd mantengin OBD suhu temperatur girboks CVT.

Salah satu contoh itu yaa saya sendiri

Klo mobil batre, aduh anxiety nya poll klo saya.
Mungkin berasa jd pilot pesawat terbang mantau segala macam instrumen

Udah plg bener ipah dijel matic :ngacir:
APALAGI EVnya ATTO 3 di pengangin terus tuh gear shifter ud kayak gasnya pesawat :big_grin:

Image
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 12:12
Nah tuh akhirnya kl dikasih load spt tanjakan ga kuat terus EV / hybrid jatohnya lebih boros daripada sebuah M3 V8 :mky_07: soalnya di speed dan load sama ICE sese besar / turbo itu malah anteng rpm mesinnya :mky_03:

Jangan2 diadu ma fortuner 400hp juga iritan fortuner 400hp :mky_07: jakarta bali paling sekali refuel :mky_07:

Nyetir pelan pelan mah bkn jawaban, orang pada umumnya di toll ya gaspoll gaspoll. Mbl kan jalan di aspal bkn di brosur
soalnya mobil bbm selama settingan fuelnya bener mah ud ada maxs consumptionnya jd gak bakalan borosnya ilang 50% kecuali tuh tangki bensin sama saluran bensin bocor :mky_03:

jatohnya pun lebih gampang di prediksi :mky_03:

nyetir pelan bikin ngantuk saya aja pernah microsleep di tol cirebon untung itu freed lurus mulu gak lari pas melek saya cuma nyadar hah gw tidur tapi mobil masih jalan lari 100kmh saking kosong dan jauh jalannya :big_bored:

ev mana seru lagian drag race aja juga gak usah lomba bacain brosur aja juga ud ketauan hasilnya tinggal suruh lawanya kalo mobil bensin run aja sendiri itung waktunya :wkkk:
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 8:35
linschneider wrote: Wed Feb 28, 2024 6:56
lha malah bagus om

klo mau balap inget musti disiapin dulu di tempat dan waktu yg tepat supaya menang

klo mau ugal inget2 batere

jadi negara tertib bos :wkkk:
makin banyak lanehogger om yang ada. pada takut batrenya abis :mky_07:

jalan macem transjawabahn itu enaknya dinikmati speed di atas 120... kl di bawah itu ngantuk. nyalip truk aja udah pasti lebih dari 100.
stay ice deh om

gitu aja ngantuk apalagi ini ga ada geter ama bunyinya

diesel biosol spido mentok kanan josssss :big_exellent: