apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
saya ada old pajero 2012 , di tahun 2018 sudah pernah ganti kompresor , evap , kondensor , pipa2 dll dengan merek valeo
tapi baru saja saya dari bengkel ac mobil untuk maintenance ac rutin dibilang kompresor sudah lemah dan siap siap ganti max 6 bulan - 1 tahun ke depan
padahal tiap 6 bulan rutin ganti oli kompresor, seal vacum
apa umur pakai valeo memang begitu ya dibawah sanden denso ? beberapa teman saya dengan berbagai merek mobil juga mengiyakan bahwa umur ac mobil dan ac rumah sekarang mentok 5-6 tahun apa ini efek global warming yang bikin kerja ac jadi pada over
atau ini bagian dari planned obsolete
tapi baru saja saya dari bengkel ac mobil untuk maintenance ac rutin dibilang kompresor sudah lemah dan siap siap ganti max 6 bulan - 1 tahun ke depan
padahal tiap 6 bulan rutin ganti oli kompresor, seal vacum
apa umur pakai valeo memang begitu ya dibawah sanden denso ? beberapa teman saya dengan berbagai merek mobil juga mengiyakan bahwa umur ac mobil dan ac rumah sekarang mentok 5-6 tahun apa ini efek global warming yang bikin kerja ac jadi pada over
atau ini bagian dari planned obsolete
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Tiap 6 bulan ganti oli kompresor? Dryer diganti jg?fansdiesel wrote: ↑Mon Jan 22, 2024 9:45 saya ada old pajero 2012 , di tahun 2018 sudah pernah ganti kompresor , evap , kondensor , pipa2 dll dengan merek valeo
tapi baru saja saya dari bengkel ac mobil untuk maintenance ac rutin dibilang kompresor sudah lemah dan siap siap ganti max 6 bulan - 1 tahun ke depan
padahal tiap 6 bulan rutin ganti oli kompresor, seal vacum
apa umur pakai valeo memang begitu ya dibawah sanden denso ? beberapa teman saya dengan berbagai merek mobil juga mengiyakan bahwa umur ac mobil dan ac rumah sekarang mentok 5-6 tahun apa ini efek global warming yang bikin kerja ac jadi pada over
atau ini bagian dari planned obsolete
Kalo saya AC cuma ganti filter kabin aja per 3 bulan, beli yg 50rban merek denso.
Per 2 thn baru ganti oli compesor
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Gak coba second opinion di bengkel ac lain om? Klo freon & oli kompresor tuh setau ane ganti tiap 2-4 taun sekali asal gak ada kebocoran freon. Yg ganti 6-12 bulan itu cukup saringan ac kabin.
Sama klo ac mo awet & dingin yg perlu dikombinasi dgn riben yg oke & parkiran yg terhalang dr matahari sih, setau nubie
Sama klo ac mo awet & dingin yg perlu dikombinasi dgn riben yg oke & parkiran yg terhalang dr matahari sih, setau nubie
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27288
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
kompresor ac (mobil) ganti tiap 5 taon itu montir nya pasti lulusan asemreges musatek sana
palagi kl blg ganti oli kompresor tiap 6 bulan
jangan ke tu bengkel lg, cari yg lebi terpecaya
palagi kl blg ganti oli kompresor tiap 6 bulan
jangan ke tu bengkel lg, cari yg lebi terpecaya
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 591
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Crv 2008 saya
2018 ganti expansion valve sama dryer (dc lupa)
2020 ganti motor fan sekalian extra fan dan nambah freon di denso authorized (dc 1.7)
2022 ganti oli kompresor (dc 450rb)
2023 ganti kompresor sanden asli tapi dus honda genuine bukan dus sanden, ganti di denso authorized juga
Awalnya keluhan di magnetic clutch, lalu ditawari ganti magnetic clutch doang (dc1.6) (sudah pasti tidak ori karena sanden tidak membuat magnet clutch terpisah kata bengkelnya) tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya ganti kompresor set sekalian aja (dc 4.5)
Cek2 konden, evap, pipa2 kata bengkelnya ga ada bocor sih
habis ganti kompresor ademnya emang nusuk sih, jadi sering set separuh bahkan seperempat aja di kenop temperatur, jujur malah enak ademnya kompresor yg lama, sejuknya gak bikin masuk angin
bedanya lagi memang ctek magnet lebih alus, getaran halus ketika kompresor engage sudah gak terlalu berasa
2018 ganti expansion valve sama dryer (dc lupa)
2020 ganti motor fan sekalian extra fan dan nambah freon di denso authorized (dc 1.7)
2022 ganti oli kompresor (dc 450rb)
2023 ganti kompresor sanden asli tapi dus honda genuine bukan dus sanden, ganti di denso authorized juga
Awalnya keluhan di magnetic clutch, lalu ditawari ganti magnetic clutch doang (dc1.6) (sudah pasti tidak ori karena sanden tidak membuat magnet clutch terpisah kata bengkelnya) tapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya ganti kompresor set sekalian aja (dc 4.5)
Cek2 konden, evap, pipa2 kata bengkelnya ga ada bocor sih
habis ganti kompresor ademnya emang nusuk sih, jadi sering set separuh bahkan seperempat aja di kenop temperatur, jujur malah enak ademnya kompresor yg lama, sejuknya gak bikin masuk angin
bedanya lagi memang ctek magnet lebih alus, getaran halus ketika kompresor engage sudah gak terlalu berasa
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 774
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
ngga ah; mobil di rmh >10th semua tiap pegang smpe jokul (escudo ves, ipah, prit) cm escudo yg gtw knp 3th sekali jebol ac nya
btw itu bengkel matre; masa suruh ganti oli kompresor 6bln sekali
mana bru 6th udh jebol lg
btw itu bengkel matre; masa suruh ganti oli kompresor 6bln sekali
mana bru 6th udh jebol lg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
shifu, bikin tutorial ganti oli kompresor sendiri. biar ane nambah ilmu n bisa ganti sebulan sekali shifu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11593
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12276
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Menurut sy, coba cari second opinion di bengkel lain deh. Ngga dijelasin juga kenapa kompressornya sampe minta ganti. Takutnya salah diagnosa aja, soalnya agak ngga masuk akal kompressor umur 5 taun udah minta ganti.
Pengalaman sy naik Avanza gen 1, awalnya sudah ganti ISC krn kompressor AC kadang nggak mau engage krn RPM nggak stabil, udah ganti masih ttp gejalanya sama kalo lagi macet / idle ACnya suka sisa angin doang (angin dinginnya ngga keluar)
Tanya ke 2 bengkel AC di kota sy tinggal semua kompak bilang harus ganti kompressor AC. Terakhir tanya bengkel AC dekat rumah sy, katanya coba service cuci AC + ganti oli kompressor + cek freon. Kata pemilik bengkelnya, ganti kompressor AC itu solusi terakhir kalo udah ngga ketolong lagi.
Akhirnya sy proceed, dan setelah service dingin AC nya lancar lagi seperti sebagaimana mestinya sampe mobil itu dijual akhir 2021 lalu..
Pengalaman sy naik Avanza gen 1, awalnya sudah ganti ISC krn kompressor AC kadang nggak mau engage krn RPM nggak stabil, udah ganti masih ttp gejalanya sama kalo lagi macet / idle ACnya suka sisa angin doang (angin dinginnya ngga keluar)
Tanya ke 2 bengkel AC di kota sy tinggal semua kompak bilang harus ganti kompressor AC. Terakhir tanya bengkel AC dekat rumah sy, katanya coba service cuci AC + ganti oli kompressor + cek freon. Kata pemilik bengkelnya, ganti kompressor AC itu solusi terakhir kalo udah ngga ketolong lagi.
Akhirnya sy proceed, dan setelah service dingin AC nya lancar lagi seperti sebagaimana mestinya sampe mobil itu dijual akhir 2021 lalu..
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
mbah...
dimari aja ada yang perna bilang ganti kompresor ac dalam 1 thn pemakaian itu "wajar"...
pdhl mobilnya masih baru...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 923
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
setahu saya newbie, dari cek tekanan freon yg high pressure dan low pressure bisa ketahuan apakah kinerja kompresor bermasalah atau memang freonnya yg kurang sehingga tidak dingin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1307
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Trust me, service AC mobil itu memang paling tricky ...
Apalagi buat yg punya kebiasaan mobil ditinggal, selesai baru diambil
Apalagi buat yg punya kebiasaan mobil ditinggal, selesai baru diambil
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
yang nubi tau si...
miara Grandis 2008, dari beli seken di 2014 nggak pernah sekalipun isi freon. boro2 ganti oli , ganti o-ring, overhaul, ganti magnet apalagi kompresor.
miara Subaru 2009, ini mobil hobi ganti o-ring kompresor, evap udah KO, magnet juga KO (untung bisa pake pake magnet datsun go)
miara juga Subaru 2008, AC-nya ga pernah diapa-apain juga n masih adem.
pernah ngobrol sama tukang AC yg bilang... evap-kondensor jaman now lebih tipis, supaya pertukaran panas lebih efisien. yes, logikanya masuk sih... but at the expense of longevity.
kesimpulan versi ane: yes, planned obsolency.
miara Grandis 2008, dari beli seken di 2014 nggak pernah sekalipun isi freon. boro2 ganti oli , ganti o-ring, overhaul, ganti magnet apalagi kompresor.
miara Subaru 2009, ini mobil hobi ganti o-ring kompresor, evap udah KO, magnet juga KO (untung bisa pake pake magnet datsun go)
miara juga Subaru 2008, AC-nya ga pernah diapa-apain juga n masih adem.
pernah ngobrol sama tukang AC yg bilang... evap-kondensor jaman now lebih tipis, supaya pertukaran panas lebih efisien. yes, logikanya masuk sih... but at the expense of longevity.
kesimpulan versi ane: yes, planned obsolency.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
PAJERO 2012 ane ud 10thn gak ada tanda2x rusak om kemaren aja saya service dikirain bocor tau2x dari mesinfansdiesel wrote: ↑Mon Jan 22, 2024 9:45 saya ada old pajero 2012 , di tahun 2018 sudah pernah ganti kompresor , evap , kondensor , pipa2 dll dengan merek valeo
tapi baru saja saya dari bengkel ac mobil untuk maintenance ac rutin dibilang kompresor sudah lemah dan siap siap ganti max 6 bulan - 1 tahun ke depan
padahal tiap 6 bulan rutin ganti oli kompresor, seal vacum
apa umur pakai valeo memang begitu ya dibawah sanden denso ? beberapa teman saya dengan berbagai merek mobil juga mengiyakan bahwa umur ac mobil dan ac rumah sekarang mentok 5-6 tahun apa ini efek global warming yang bikin kerja ac jadi pada over
atau ini bagian dari planned obsolete
keknya bukan umur deh lebih ke pemakaian emang ud berapa KM??? mobil saya 2 2nya 90rban apalagi yang jazz gak pernah diapa2xin cuma emang keknya ada bocor alus di freonnya soalnya suka ngisi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
mobilnya apa tuh??? kalo CRV gen 2 ane percaya deh dulu aja gara2x saya bawa ngebut lsg bubar tuh kompresor pecah berkeping2x emang defect bawaam pabrik modelnya pake rotary iya sih lebih efiesien karena moving partsnya lebih dikit sama ringan, akhirnya karena tau sendiri honda mobil ud kayak lego akhirnya pake kompresor stream sesama k series modelnya masih piston masuk cuma fan beltnya gak bisa pake bawaan crv aja
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
bukan.b0ku wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 6:55 mobilnya apa tuh??? kalo CRV gen 2 ane percaya deh dulu aja gara2x saya bawa ngebut lsg bubar tuh kompresor pecah berkeping2x emang defect bawaam pabrik modelnya pake rotary iya sih lebih efiesien karena moving partsnya lebih dikit sama ringan, akhirnya karena tau sendiri honda mobil ud kayak lego akhirnya pake kompresor stream sesama k series modelnya masih piston masuk cuma fan beltnya gak bisa pake bawaan crv aja
ntuh dl ada yang pake espandir 1 thn ganti kompresor ac katanya normal "cuma" ganti kompresor ac.
dimari kok orangnya. jago banget pulak ngerti dan udah pernah coba semua mobil kek kamus berjalan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
ChZ wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 7:51bukan.b0ku wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 6:55 mobilnya apa tuh??? kalo CRV gen 2 ane percaya deh dulu aja gara2x saya bawa ngebut lsg bubar tuh kompresor pecah berkeping2x emang defect bawaam pabrik modelnya pake rotary iya sih lebih efiesien karena moving partsnya lebih dikit sama ringan, akhirnya karena tau sendiri honda mobil ud kayak lego akhirnya pake kompresor stream sesama k series modelnya masih piston masuk cuma fan beltnya gak bisa pake bawaan crv aja
ntuh dl ada yang pake espandir 1 thn ganti kompresor ac katanya normal "cuma" ganti kompresor ac.
dimari kok orangnya. jago banget pulak ngerti dan udah pernah coba semua mobil kek kamus berjalan
setaon sekali ganti kompresor AC, jadi berasa bayar pajak STNK double Om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
itumah lagi halu kali padahal mobilnya defect
xpander juga keknya mayoritas acnya pada gak ada masalah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1307
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
Yang suka kebetulan itu yaaaChZ wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 7:51bukan.b0ku wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 6:55
mobilnya apa tuh??? kalo CRV gen 2 ane percaya deh dulu aja gara2x saya bawa ngebut lsg bubar tuh kompresor pecah berkeping2x emang defect bawaam pabrik modelnya pake rotary iya sih lebih efiesien karena moving partsnya lebih dikit sama ringan, akhirnya karena tau sendiri honda mobil ud kayak lego akhirnya pake kompresor stream sesama k series modelnya masih piston masuk cuma fan beltnya gak bisa pake bawaan crv aja
ntuh dl ada yang pake espandir 1 thn ganti kompresor ac katanya normal "cuma" ganti kompresor ac.
dimari kok orangnya. jago banget pulak ngerti dan udah pernah coba semua mobil kek kamus berjalan
Lhaaaa bukannya belinyo review CX5 nya 2 taon sdh ganti kompressor
-
- SM Specialist
- Posts: 16466
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
kalo mobil yang dy suka rusaknya kayak apa juga wajar om
tp giliran yg doi gak suka pake 5 thn ada rusaknya dibilang rewel kok udah lama gak nongol yah orangnya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1289
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
1-2 taon ganti kompresor sih dapet cacat pabrik kl ya?Or4cle wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 11:52Yang suka kebetulan itu yaaaChZ wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 7:51bukan.b0ku wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 6:55
mobilnya apa tuh??? kalo CRV gen 2 ane percaya deh dulu aja gara2x saya bawa ngebut lsg bubar tuh kompresor pecah berkeping2x emang defect bawaam pabrik modelnya pake rotary iya sih lebih efiesien karena moving partsnya lebih dikit sama ringan, akhirnya karena tau sendiri honda mobil ud kayak lego akhirnya pake kompresor stream sesama k series modelnya masih piston masuk cuma fan beltnya gak bisa pake bawaan crv aja
ntuh dl ada yang pake espandir 1 thn ganti kompresor ac katanya normal "cuma" ganti kompresor ac.
dimari kok orangnya. jago banget pulak ngerti dan udah pernah coba semua mobil kek kamus berjalan
Lhaaaa bukannya belinyo review CX5 nya 2 taon sdh ganti kompressor
Sy dl pake ertiga 8 taon, 155rb km, itu ac perawatan cm ganti filter kabin doang, tau aja kaga kl kompresor itu ada oli yg harus diganti
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
tergantung om kalo kenanya magnet terus di cepuin bengkel resmi si kena satu gelondong padahal gak bisa di bilang kompresornya jelek magnet tuh bisa karena kita nerabas genangan konslet akhirnya rusak kek freed saya dulu 5x ganti ada kali wong tiap liat genangan malah saya samperin gara2x bannya buang aernya bagus saya jd seneng nabrakin aer bikin splash kek naek speedboat
setelah tau kek gitu saya tiap nerabas genangan ac saya matiin biar gak ada arus listrik di magnetnya, jadi awet semua tuh magnetnya malah ge8 ud 90rb 10thn gak jebol2x padahal ud berapa kali saya nerobos banjir lumayan dalem pake ge8
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
sekarang 120 ribu km..... pertama ganti kompression di 68 ribuan kmb0ku wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 6:49PAJERO 2012 ane ud 10thn gak ada tanda2x rusak om kemaren aja saya service dikirain bocor tau2x dari mesinfansdiesel wrote: ↑Mon Jan 22, 2024 9:45 saya ada old pajero 2012 , di tahun 2018 sudah pernah ganti kompresor , evap , kondensor , pipa2 dll dengan merek valeo
tapi baru saja saya dari bengkel ac mobil untuk maintenance ac rutin dibilang kompresor sudah lemah dan siap siap ganti max 6 bulan - 1 tahun ke depan
padahal tiap 6 bulan rutin ganti oli kompresor, seal vacum
apa umur pakai valeo memang begitu ya dibawah sanden denso ? beberapa teman saya dengan berbagai merek mobil juga mengiyakan bahwa umur ac mobil dan ac rumah sekarang mentok 5-6 tahun apa ini efek global warming yang bikin kerja ac jadi pada over
atau ini bagian dari planned obsolete
keknya bukan umur deh lebih ke pemakaian emang ud berapa KM??? mobil saya 2 2nya 90rban apalagi yang jazz gak pernah diapa2xin cuma emang keknya ada bocor alus di freonnya soalnya suka ngisi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5294
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
di ane punya masih ok2x aja om masih kompresor bawaan 2012 km 90rbfansdiesel wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 8:05
sekarang 120 ribu km..... pertama ganti kompression di 68 ribuan km
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1754
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: apa usia komponen AC mobil juga semakin pendek ?
saya dulu kuda diesel...jual di odo 340K
kompresor aman, evap-nya aja yg selama sy pake 2x ganti jadi ketemu tukang ac pas ganti evap itu
kompresor aman, evap-nya aja yg selama sy pake 2x ganti jadi ketemu tukang ac pas ganti evap itu