Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak

Post by Yongis_CD »

saya punya unek2 yaitu betapa tidak enaknya berkendara dibelakang kendaraan bemesin 2 tak baik sepeda motor vespa bajai dan bemo. terasa sangat menggangu pemandangan pernapasan yg jelas sangat POLUSI!

4tak lebih irit
4tak gak pake oli samping shingga tidak berasap
4tak pada pemakaian normal tidak perlu buka blok kepala silinder & blok sampai 100.000km sedangkan 2tak harus sering2 untuk menghilangkan kerak2 hasil pembakaran oli samping

dinegara2 maju udah lama melarang produksi motor dua tak ( produsen oli samping dua tak diluar negri pada pindah jualan ke asia)
gp500 udah berubah jadi motogp dan terbukti 4 tak lebih hebat dan anti polusi
malah sebenarnya negara kita udah pernah mo membatasi produksi sepeda motor 2 tak sekitar pertengahan 90 an sehingga suzuki & yamaha buru2 mengeluarkan shogun dan crypton dan kawasaki nongol lagi dengan kaze nya waktu itu padahal pasar 4 tak dan 2 tak udah stabil dan masing2 yaitu honda 4 tak dan suzuki & yamaha di 2 tak cuma mungkin karena tomy suharto mo masukin timor motorcycle yg lisensi cagiva 2 tak kebijaksanaan tadi jadi gak jelas disusul adanya reformasi sehingga tambah gak jelas hingga kini......
terus terang saya mengharapkan kepunahan motor 2 tak.....hehehehe

saya harapkan tanggapan teman2 sekalian terima kasih

Mbakmas Yongis
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Re: Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak

Post by indy »

Namun ada yang menyebabkan 2 tak tetap ada. Yaitu dari tenaga yang dihasilkan. Dan sebenarnya untuk perawatannya 2 tak lebih mudah lho!! :D

Meskipun harus sering buka blok silinder/bersihin kerak knalpot, tapi membongkarnya jauh lebih mudah dibanding mesin 4tak. Mungkin untuk orang tua atau orang yang nggak mau repot pasti milih 4tak. Tapi buat anak muda yang masih seneng "lari kencang" pilihannya ke 2tak. :o :) :D
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Sebenernya saya juga sebel sama motor 2Tak itu :x assapnya betul2 mengganggu en bikin baju jadi bau knalpot semua ..
ilang deh bau jazz yang udah crot sana sini

Tapi ada beberapa jenis olie samping yg lumayan wangi .. meskipun judulnya berasap juga tapi yaa lumayan lah :D
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

soal perawatan juga saya ngerti sekali saya lulusan STM otomotif kok :) waktu masih kuliah saya pake GL pro dan saya merawat yamaha RZR teman saya setiap berapa bulan kami bongkar kop head dan bloknya gampang kok cuma modal kape, kunci2, sama paking baru kami pokoknya mulai dari piston sampe kop head bersih!......kami rutin lakukan itu selama 2 tahun 1991-1993 selama jangka waktu itu temen saya nanya ..mesinmu kok gak dibuka2 sih?...nahh.saya jelaskan membongkar mesin 4 tak memang lebh suit..tapi dalam waktu lama 8) TIDAK PERLU DIBONGKAR 8) karena ruang bakar senantiasa bersih...dengan kata lain perawatanya justru lebih mudah dan gak merepotkan cuma perlu ganti oli mesin aja plus sekali2 bersihin karburator...

ya saya ngerti sih....pernah muda juga kok....memang anak2 muda yg seneng lari iini gak pernah mikirin masalah polusi udara sebetulnya yang saya concern disini adalah masalah POLUSI! udara itulah alasan negara2 maju membunuh motor 2 tak.lagian motor 4 tak disini kalah lari ama 2 tak wong mesinya udah ketinggalan zaman banget cuma 2 klep persilinder?!, yamaha ada YEIS honda ada RC valve trus 4 tak honda dan lainya itu mana ada teknologinya? terang aja gak ada larinya dan cuma diminati bapak2, paling tidak kalo mereka pake 4 klep persilinder jamin larinya gak bakal kalah!

trus untuk oli samping perfumed atau scented memang wangi tapi POLUSI!nya gak berkurang! memang mereka berkoar udah sintetislah non smokelah,smokeless lah non polusi lah tapi toh belum ada pembuktian bahwa oli mereka gak berpolusi, toh kalo bisa diciptakan oli 2 tak gak berpolusi ngapain negara maju menyetop produksinya?

jadi marilah kita sukseskan prgram langit biru dengan pelan2 meninggalkan pemakaian motor 2 tak
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2491
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Post by WiraSoenaryo »

soal perawatan juga saya ngerti sekali saya lulusan STM otomotif kok
Wah, lumayan juga nih ada yang lulusan dari otomotif...
Btw, ayo dong ajak temen2 lainnya gabungan... Okay..
Thanks.
User avatar
saintfalcon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Wed Aug 14, 2002 13:14
Location: Surabaya

Post by saintfalcon »

Motor 2 tak itu larinya kenceng, tarikannya kuat kalo dibandingin sama motor 4 tak, tapi ya ga enaknya itu polusinya... saya setuju kalo kita meninggalkan motor 2 tak... :twisted:
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

Nah definisi Polusi tuh apa? Kalau polusi suara, asap, mungkin 2 tax bisa lebih kuantitas dan kualitasnya.
Nah secara kimiawi belum tentu! haru tau dunk kadar CO-nya.
Ini berkaitan dengan efisiensi pembakaran, kalo 2 tax yg rajin diservis belum tentu menghasilkan kadar CO lebih tinggi dari 4 tax.
Masalahnya kan banyak mesin 2 tax (bajaj, bemo or motor) yg jarang diservis sehingga ruang pembakarannya kotor. Akibatnya efisiensi pembakarannya juga rendah, so asap yg ditimbulkan akibat pembakaran yg kurang sempurna juga banyak.
Nah begitu pula dengan mesin 4 tax, meski tidak menghasilkan asap belum tentu di ruang silindernya bersih dari karbon/kerak. Ini bisa menyebabkan inefisiensi yang ujung2nya juga polusi kimiawi.
So ini kembali juga kepada perawatan masing2.
Nah soal perawatan kan jelas 2 tax lebih unggul......so the conclusion is...... :roll:
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

nahh kalo kadar CO ( saya menyesal tidak menyimpan sebuah kompas tahun 1996 yg pernah memuat tabel pengetesan seluruh motor lokal berikut detil racun2 yg dikeluarkan )contoh kadar CO tiger2000 justru lebih tinggi dari yamaha RZR sekalipun TAPI! total racun yg dikeluarkan motor2 2tak tsb jauh lebih tinggi dan lebih berbahaya yaitu berasal dari bekas pembakaran oli samping! kesimpulan saya motor 2tak tetap lebih berpolusi dari 4 tak dan negara2 maju menyetop produksi 2tak dan berubahnya gp500 jadi moto gp juga sudah membuktikan betapa tidak efisien dan berpolusinya motor 2tak.jadi karena negara kita gak maju2 juga masyarakat bermotornya yah saya hanya bisa mengurut dada... contohnya: masyarakat kita juga yg salah selalu takut dengan setelan standar bengkel resmi..pasti pompa olinya distel agak boros dengan asumsi piston&dinding silinder lebih awet padahal akibatnya asap tebal mengganggu pengendara dibelakang serta ruan bakar dan pistonya lebih cepat berkerak ahirnya servis malah lebih sering..makanya hal2 seperti ini harusnya didukung oleh negara, seperti pelan2 mengurangi pembuatan seperda motor 2 tak demi mensukseskan program langit biru misalnya
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

oh ya ada yg kurang, soal perawatan 2tak kalimatnya salah perawatan 2tak bukan lebih unggul tapi LEBIH MUDAH! jadi lebih disukai orang indonesia yg mau enaknya,gampangnya aja inilah salah satu bukti orang indonesia gak maju2 maunya yg gampang aja...( termasuk saya hahahahahahahaha, wong saya juga indonesia jadi mengeritik diri sendiri juga nih hihihihihi ) kalo perawatan yang lebih unggul sebetulnya justru 4 tak dibanding 2tak asal motornya sama standar, make nya normal 4 tak hanya butuh ganti oli plus sekali2 bersihin karburator & saringan udara mesin gak perlu dibuka sampe 100.000 km lebih! betapa unggulnya!
ivanov2609
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Sep 23, 2002 4:56

Post by ivanov2609 »

Tul... 2 tak itu walaupun agak ngebul(tergantung oli mesinnya) punya keunggulan, spt tenaga lebih gede, gampang dikorek, komponen yang bergerak lebih sedikit jadi partsnya juga lebih murah. Tapi ada juga tuh kelemahannya spt lebih boros, merusak alam....
hondasonic
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Oct 23, 2002 17:50
Location: surabaya

Post by hondasonic »

wah kalo gue mah milih 4 tak............ :twisted:
contohnya gue pilih beli honda sonic daripada honda dash.......... :lol:
yang gue tau di negara thailand sekarang motor 2 tak udah gak laku dan yang paling booming di sono adalah motor 4 tak.........hahahahahaha
tapi yah itu semua tergantung selera masing2 individu :wink:
masalah polusi? wah gak ikut2an, gue bukan anggota green peace sihh :D
ikutan dong
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

thailand 2tak udah gak laku?? alhamdulillah.........mudah2 an suatu saat nanti indonesia bisa mengikuti................yg dijual hanya 4 tak
ME_45
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
Location: Bandung

Post by ME_45 »

Lah bukannya nanti tahun 2007 pemerintah sudah tidak memperbolehkan menjual motor 2 tak ( bocoran dari dealer yamaha)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

wah saya malah berharap lebih cepat tuh........tapi wajar kok kalo pemerintah punya kebijakan begitu..soalnya yg jualan 2 tak itu tinggal negara2 asia yg belum maju......kiblat motor kecil asia spt di thailand aja motor2 2 tak udah gak laku.......
John Doe
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 15, 2002 2:34

Post by John Doe »

halo met kenal semua,seneng juga nih ketemu ama forum yg ngebahas mengenai dunia otomotif tapi sayang kenapa cuma forumnya aja linknya mana nih paling dikit screenshotlah biar lebih genahan dikit

anyway,mengenai permasalahan motor 4 tak & 2 tak go rasa kalo di indonesia ngga masalah,soalnya kalo di bilang motor 2 tak tuh biangnya polusi go rasa ngga jugalah,justru yg biangnya polusi tuh yah metromini ama kopaja itu biangnya polusi.lagipula polisi eh... polusi di indonesia tuh dah ngga tau deh (males mikirin polusi),kalo ngga mau kena polusi yah naek mobil lah pake ac.

dulo sih emang gua lebih prefer motor 2 tak macam RG yah karena larinya juga kencengan motor gua di banding ama NSR temen gua,tapi sekarang aneh juga yah kenapa sih motor suzuki fxr yg baru itu dia pake 4 tak?
jadi ngga niat deh belilagi.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

loh jangan salah mas.....jangan liat asap hitamnya itu....polusi asap solar tetap lebih rendah daripada bensin, bahkan gas sisa pembakaran solar itu cenderung mengendap kebawah,sedangkan bensin polusinya tetap mengambang di atmosfir.......

suzuki FXR itu mesinya udah DOHC 4 valve,kompresi tinggi larinya kuenceng bangeet
John Doe
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 15, 2002 2:34

Post by John Doe »

ooo begitu yah kirain asep hitam itu lebih bahaya daripada asep bensin.

tapi begini masih mengenai permasalahan motor 2 tak,sekarang ada ngga kira² motor 4 tak yg bisa ngalain motor 2 tak(khusus bebek)?jawabannya jelas ngga ada kalo liatnya di sini,

sama kalo boleh tau suzuki yg fxr itu kan 4 tak tuh,kok bisa kenceng sih?
terus terang gua masih bener² buta sama mesin 4 tak
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
Rama
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Dec 13, 2002 8:53

Post by Rama »

Bisa gak sih motor 4tak 110cc dipasangi turbo seperti mobil, kan sama sama 4tak
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Mungkin kalu ngomongin polusi, yg paling baek emang motor listrik deh. Aprilia udah punya skuter Mojito yg gak kentut...... :wink: :wink: :wink:

Image
Image
Image

Lebih jelasnya liat aja disini
http://www.aprilia.com/ridezone/ing/models/fuellfr.htm
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

1 silinder cc kecil tidak efektif memakai turbo ,sebenarnya kita bisa ngikutin sistem "RAM AIR" memanfaatkan hembusan dari depan nya kawasaki seri zx1000/ tapi repot karena karburator harus distel ulang begitu juga knalpotnya
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

salam temen2

wah kalo me di zaman yg susah ini lebih suka naik tunggangan 4 tak tuh :P 8) lebih irit maklum lah bensin mahal kalo naik 2 tak bisa kedodoran di bensin :x :roll: :cry:
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

Yongis_CD wrote:suzuki FXR itu mesinya udah DOHC 4 valve,kompresi tinggi larinya kuenceng bangeet


wah me kurang percaya tuh ma suzuki FXR soal larinya kalo me beling larinya suzuki FXR masegh kala ma suzuki Satrianya :cry: me dah pernah bandingin waktu di sirkuit sentul tuh antara suzuki Satria ma Suzuki FXR wah kalah banget lumayan jauh jaraknya :wink: menang suzuki satria 8)
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

lagain kalo me pikir suzuki masegh bluum jago soal motor 4 tak masegh jagoan honda dan yamaha kalo soal 4 tak

disamping itu masegh jarang sekali mechanic suzuki FXR yg bener menguasai mesinya :cry: :wink: me pernah iseng2 jalan liat 2 n tanya2 soal mesin FXR ma mekanik motor n kebanyakan bilang tenaganya masegh kendor tuh 8)

oh ya bagi penggemar suzuki jangan marah me juga penggemar suzuki me pakai new shogun karena buat 4 tak keluaran suzuki shogun yg terbaik :P 8)
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Numpang ngobrol

Post by mickey »

Halo all Biker's.....

Salam kenal dari Bro mickey, menurut saya motor 2 tak tuh masih lama beredar di Ind mungkin sekitar 6 or 7 thn lagi jadi saran saya untuk penggemar 4 tak yah tunggu aja deh sekitar 6 or 7 thn lagi baru bisa dimulai program langit biru itu dan untuk penunggang 2 tak jangan sedih di tuding sebagai penghambat program langit biru, rawatlah motor anda sebaik mungkin sehingga tidak terlalu banyak menyumbang racun di udara negri ini. (kalo perlu beli 2 tak yg pake catalik converter)