Manual atau matic?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Manual atau matic?

Post by Landie »

Kalian lebih suka mobil dengan transmisi manual atau yg automatic? Lalu kenapa?
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

KAlo di jakarta saya suka matic, berhubung saya sering ke bandung dan tenaga masih kuat maka untuk saat ini saya prefer manual....lebih kenceng bo'akselerasinya ;-) :evil:
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Saya prefer manual..
Tarikan'nya lebih enak tuh ketimbang kalo transmisi matic..
Lagian kalo matic, trus mobilnya ngadat.. wah.. bisa berabe tuh kagak bisa didorong mobilnya. :-p
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Saya pilih Matic! Di masa yang akan datang, matic akan lebih berguna. Apalagi kota2 besar udah mulai macet... udah pasti prospek Matic lebih cerah.

Matic juga bikin kita nyaman saat berkendara. Enak deh kalo udah pake matic. Dan jarang yang mau balik lagi ke manual. Walopun ada yang balik lagi ke manual, karena lebih sering berakselerasi.

Untuk mobil matic memang dibutuhkan kapasitas mesin yang besar, agar setiap perpindahan gigi ada tenaganya. Misalnya matic 1500cc lebih pas untuk dipake dalam kota. Kalo matic diatas 1800cc udah enak banget, baik di dalam kota atopun di luar kota.

Kalo mau lebih canggih lagi yah TIPTRONIC, matic ada dan manual juga bisa.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Seperti kata Bung DigitALL, .. mending pake Tiptronic :D

untuk luar kota saya milih manual, untuk dalam kota lebih enak matic
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yah udah deh pada beli Peugeot 307 Sporty aja!
Kan 307 udah Tiptronic tuh, dan harganya juga sekelas dengan ALTIS dan CIVIC. OTR 275 juta.

Hayo! mau pilih yang mana?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

setuju deh.......karena banyakan di jakarta sepertinya matic adalah pilihan saat ini dan masa depan.....
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Bandung juga deh... Temen2 saya udah pada pake Atoz dan Visto Matic untuk di dalam kota. Bandung juga macet banget sekarang ini. Mall di mana2 bahkan di perempatan pun dibikin mall. Rasanya prospek transmisi matic jauh lebih cerah. Dan akan mempengaruhi harga jual yang tinggi.
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Kalo sistem'nya bisa dual matic ama manual gitu cara kerjanya gimana ya? Maksudnya Gear Box'nya tuh gimana ya cara kerjanya? Ada yang tau gak? :-)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Dual matic and manual? Itu kan TIPTRONIC Transmission. Merangkap manual dan otomatis sekaligus.

Cara kerjanya sih kurang tau.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

whitewolf wrote:Kalo sistem'nya bisa dual matic ama manual gitu cara kerjanya gimana ya? Maksudnya Gear Box'nya tuh gimana ya cara kerjanya? Ada yang tau gak? :-)
Yg dimaksud triptonik? Atau sistem transmisi modifikasi yg ada di Indo (sorry lupa namanya)? Kalo yg transmisi modifikasi, sepertinya cara kerjanya hampir sama dengan yg manual karena kita sendiri yg harus shift gearnya, dan dengan pola yg sama dengan gear box asli, tapi koplingnya yg special krn bukan berupa pedal, tp tombol di tuas transmisi (kayak yg otomatis).
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Thanks untuk jawaban rekan2, tampaknya memang transmisi otomatis lebih cocok untuk kondisi jalan yg makin lama makin macet, tapi biaya perawatannya gimana ya? Apa beda jauh dengan yg manual? Lalu kalo mogok harus gimana (kan gak bisa didorong)? apa harus diderek ke bengkel terdekat?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yup Matic aja deh. Mengenai perawatan transmisi matic mudah koq. Cukup mengganti oli transmisi secara teratur. Teknologi sekarang udah canggih2, jadi ngga serepot / sejelek transmisi matic pertama kali keluar. Bahkan matic baru lebih awet... asalakan perawatan teratur.

Mobil baru jarang mogok lah. Asal ngga ditinggalin berbulan2 mobil ngga akan mogok.
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

gua pernah baca artikel otomotif maticnya Audi TT ( kupe ) pake triptonic, trus disebutin bebas perawatan dan life time warranty ( jaminan seumur hidup ) dimana system mekanisme akselerasinya mirip bebek matic ( yamaha nuvo ) dimana ada dua diaphragm disc yg bisa mengecil dan membesar diameter pulleynya sesuai beban yg diterima, dan juga belt yg menghubungkan keduanya. Cuman .... kalo motor beltnya dari karet .... mala-lama aus, tapi kalo Audi beltnya dari rantai baja berlapis-lapis .... diklaim nggak akan rusak. Jadi ... system maticnya udah nggak banyak pake valve dan oli lagi.

Kelebihan laen Triptoniknya Audi ...... tanpa sentakan ! even gas dibecek habis ampe kandas dari posisi diam ! Kayaknya sekarang ini merk laen udah pake transmisi model beginian. Temen gua ada yg pake Civic matic baru juga tanpa sentakan even dibecek abis ...... matic sekarang hebaaat tenannnnn !!!
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Ternyata matic sekarang sudah bagus ya, dari dulu keluargaku gak mau pake matic, berhubung takut repot dalam perawatannya, tapi kayaknya sekarang udah ok ya. Thanks ya atas saran2nya, kebetulan aku dapet all new city second yg automatic.
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Emang secara lebih spesifik, kenapa sih mobil matic tarikannya kurang daripada manual?? Trus denger-denger ada yang bilang TopSpeed Matic kalah ama yang manual.... bener gak tuh?? Kenapa yah..?? Ada yang bisa jelasin...?


Thx.... :oops: :P
BlacK CorLift
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

Kalo dilihat filosofinya .... matic tuh dibikin buat kenyamanan, so ... memang bukan buat tarik-tarikan, dimana perpindahan gigi di set-up pada putaran tertentu ( pada rpm sedikit diatas rpm torsi puncak, sekitar 2500 ~ 3500 rpm tergantung jenis mobil ). Nah ... kalo manual perpindahan giginya terserah kita, mau ngeden ampe 6000 rpm it's okay.... asal gigi nggak rontok aja. Disamping itu umumnya matic jumlah giginya lebih sedikit dibanding manual, misal klo versi manualnya 5 speed ... maticnya biasanya 4 speed, dan yg pasti rasio antar gigi manual lebih rapat ..... ini salah satu yg bikin tarikan lebih responsif dibanding matic.

Soal top speed .... final gear ratio manual lebih kecil dibanding matic, it means .... putaran gardan/as roda lebih mendekati putaran mesin ketimbang matic, so .... dengan rpm mesin yg sama, prm roda manual lebih gede dari matic ..... laju kendaraan jadi lebih cepat.

TAPI ITU DULUUUU ..........

era mid 90'an tehnologi matic udah berkembang pesat, salah satunya Tiptronic .... dan udah di applied hampir seluruh merk mobil untuk versi maticnya. Kelebihan laen Tiptronic adalah bisa juga buat manual .... sehingga rpm perpindahan giginya terserah kita. Kalo toh kita tetep pengen pake matic tapi yg responsif .... biasanya ada tombol sekitar tuas ( 2 mode : normal & sport ) dan tekan mode sport maka perpindahan gigi akan terjadi pada rpm lebih tinggi ....... tarikan lebih terasa.
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Ooo gitu...
Wow.... kereennn... bgt yah Tiptronic... :e-clap: :e-clap: :e-clap:
Baru tau... hehe... :oops: :oops: :oops:

Thanx 4 the info-nya mas Boplang...

:wink: :lol: :)
BlacK CorLift
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Kalo gitu, I pilih Tiptronic aja dehhhh.....

:roll: :P 8) :lol: :D :)
BlacK CorLift
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Mas Boplang, mau tanya nih, apakah cuma triptonik atau mode sport aja yg bikin akselerasi lebih cepat? Soalnya dulu waktu aku test drive Honda CR-V, perpindahan gear mengikuti akselerasi, contohnya kalo lagi jalan pelan, paling rpm antara 2-3 udah shift, tapi kalo gas aku injak sampe dalam, rpm 4 (mungkin lebih) baru shift, apakah ini salah satu tehnologi baru yg diapply pada transmisi matic? Btw untuk tambahan kenapa matic lebih lambat: biasanya lebih berat :lol:
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

yup .... kayaknya gitu deh ........... the latest matic makin pintar aja, seingat gw udah make microchip yg bisa baca karakter/style pengemudi. Lancer matic baru juga spt itu ... jika dibejek abis shiftnya pada rpm lebih tinggi.

iya tuh ..... gearbox matic lama gede banget, berat n bikin lamban.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

So ... matic adalah pilihannya !
PearlyGate
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Oct 22, 2003 4:57

Post by PearlyGate »

boplang wrote:Temen gua ada yg pake Civic matic baru juga tanpa sentakan even dibecek abis ...... matic sekarang hebaaat tenannnnn !!!
Civic tahun berapa 2003 atau 2004? bener nih gak sentak walaupun di tekan abis2an? tapi tarikannya gimana?
I can't believe that God would choose to play dice with universe -Albert Einstein
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

wehh, pada mbahas yang baru-baru neh. ikutan tanya yang lama dunk. baru nemu genio matik 92.

1. apa stasioner/idle posisi gear netralnya tinggi? 1000-1200 rpm.

2. ada 3 transmisi yang gue masi bingung penggunaannya. D4, D3 dan 2. masing-masingnya untuk apa sih?

3. biasanya, kelemahan matik apa?

thanks yak, segitu dulu deh pertanyaan gue. btw, salam kenal...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Civic baru baik taon 2003 versi matic enak koq. Tarikannya bagus, padahal matic. Kalo dilakukan kick down untuk nyiap mobil di depan hentakan terjadi halus dan sedikit sentak tentu ada, namanya juga kick down.

Tarikan Civic sedikit dibawah ALTIS, tapi Civic 1700cc dan Altis 1800cc. Btw, keduanya oke punya apalagi versi Matic. Kalo mau lebih canggih dan harga sekelasnya bisa ambil Peugeot 307 XS Tiptronic (matic dan manual ada).