Manual atau matic?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

1> maksudnya apa ya?
2> Kalo ga salah D4 untuk rasio bawah, jadi ada efek engine brake. Terutama pd saat turun bukit. Ato pd saat naik bukit curam / tanjakan maka posisi paling baik adalah D3 ato 2. Tapi rata2 posisi D juga sudah cukup.

3> Kelemahan matic anyar hampir ngga ada. Asalkan perawatan dilakukan dengan benar serta penggantia oli teratur maka ngga akan ada masalah.
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

thanks digi...
DigitALL wrote:1> maksudnya apa ya?

duh, apa sih istilahnya? langsam? duh, itu, yang pas kita start kendaraan, kondisi rpmnya brapa ribu. gue waktu masi pake manual 750. kalo matik brapa?
o iya. kendaraan gue pas di rem keras bunyi "jduk" saat berhenti total[kalo pelan-pelan enggak] gitu juga waktu kendaraan maju.

kaki-kakinya atau apa ya?
PearlyGate
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Oct 22, 2003 4:57

Post by PearlyGate »

paling itu ABS-nya yang lagi jalan. Kan sometimes harus diteken2 kuat2 baru berfungsi
I can't believe that God would choose to play dice with universe -Albert Einstein
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

bunbun wrote:wehh, pada mbahas yang baru-baru neh. ikutan tanya yang lama dunk. baru nemu genio matik 92.

1. apa stasioner/idle posisi gear netralnya tinggi? 1000-1200 rpm.

2. ada 3 transmisi yang gue masi bingung penggunaannya. D4, D3 dan 2. masing-masingnya untuk apa sih?

3. biasanya, kelemahan matik apa?
1. Biasanya stationernya sama dengan mobil manual, keadaan normal sekitara 750-1000.
2. Di tranmisi matik Genio ada 'D' gak ya? Kalo gak ada 'D', berarti D4 itu untuk jalan normal, D3 untuk tanjakan ringan, 2 untuk yg curam, kalo ada 'D' berarti D4 untuk tanjakan yg lebih ringan daripada D3.
3. Kelemahan matik adalah biaya perawatannya yg lebih mahal dibanding manual, dan kalo mogok gak bisa didorong.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

bunbun wrote: o iya. kendaraan gue pas di rem keras bunyi "jduk" saat berhenti total[kalo pelan-pelan enggak] gitu juga waktu kendaraan maju.

kaki-kakinya atau apa ya?
Kayaknya sih remnya terlalu nempel, coba di cek aja.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kalo di rem bunyi "jduk", itu kemungkinan shock-breaker anda udah rusak. Oleh karena itu di rem keras akan jduk, kalo rem ringan yah gpp...

Itu juga kata teknisi bengkel. Soalnya waktu itu Eterna saya juga dibawa ke bengkel untuk cek kaki sekalian konsultasi. Semoga membantu. Liat juga topik saya yang berjudul " Tolong donk... Please..."
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

PearlyGate wrote:paling itu ABS-nya yang lagi jalan. Kan sometimes harus diteken2 kuat2 baru berfungsi

heee? :roll:
Landie wrote: 3. Kelemahan matik adalah biaya perawatannya yg lebih mahal dibanding manual, dan kalo mogok gak bisa didorong.

beneran nggak bisa di dorong kayak renault apa nggak bisa start dorong/jump start?
Landie wrote:Kayaknya sih remnya terlalu nempel, coba di cek aja.

maren dah liat rem, keknya gpp deh.
DigitALL wrote:Kalo di rem bunyi "jduk", itu kemungkinan shock-breaker anda udah rusak. Oleh karena itu di rem keras akan jduk, kalo rem ringan yah gpp...

Itu juga kata teknisi bengkel. Soalnya waktu itu Eterna saya juga dibawa ke bengkel untuk cek kaki sekalian konsultasi. Semoga membantu. Liat juga topik saya yang berjudul " Tolong donk... Please..."


wokeh, will do. keknya kaki-kakinya oi...
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

PearlyGate wrote:
boplang wrote:Temen gua ada yg pake Civic matic baru juga tanpa sentakan even dibecek abis ...... matic sekarang hebaaat tenannnnn !!!
Civic tahun berapa 2003 atau 2004? bener nih gak sentak walaupun di tekan abis2an? tapi tarikannya gimana?
Civic hachback matic type-R, tarikan top banget.
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Btw, kalo mau shift gear di transmisi matik apa bisa dalam keadaan jalan, misalnya pertama kita pakai D, lalu saat jalan menanjak kita mau pake L atau 2, apakah harus berhenti dulu atau bisa langsung shift?
MCoupe
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Oct 27, 2003 15:18

D4,D3,2...bukan untuk nanjak!

Post by MCoupe »

Selamat buat mobil baru loe..Gua mau coba jawab pertanyaan2 mengenai transmisi matik yang loe tanya dibawah.

Sebelom gua mulai..gua mau kasihtau dulu kalo transmisi Genio loe ada 4 gigi maju, makanya dia tulis D4. Kalo ada 5, pasti nulisnya D5 =)

1. RPM Idle setiap mobil beda tergantung preferensi masing2..yang jelas semakin tinggi RPM, bensin semakin boros..tapi kalo diset terlalu rendah (dibawah 800), getaran mesin bakal terasa bgt. RPM Idle jadi semakin rendah dgn banyaknya jumlah silinder: kebanyakan mesin mobil2 di indo, 4-silinder..rpm idlenya rata2 sekitar 800-1000 (1000 kalo baru di-start atau masih dingin). Mobil 6 silinder rpm idlenya bisa lebih rendah (sekitar 600an). Mobil 8 silinder bisa sekitar 500an.

2. Transmisi matic Honda biasanya dinamain D4,D3,2 atau D,2,L di Toyota atau 3/2/1 di mobil2 Eropa). Dari dulu orang2 bilang kalo gigi2 dibawah posisi "D" itu buat nanjak..sebenernya ini kurang tepat karena arti dari D4 itu berarti gigi maksimum yg bisa dipake adalah gigi: 4, D3 berarti gigi maksimum yg bisa dipake adalah gigi: 3, D2 berarti gigi maksimum yg bisa dipake adalah gigi: 2, dan L berarti gigi maksimum yg bisa dipake adalah gigi: 1. Tranmisi matic punya komputer yg bisa milih gigi sesuai beban, kecepatan, kondisi jalan, dll. Mau nanjak setinggi apapun atau selandai apapun ngga perlu pindahin posisi selain posisi "D". Sekarang kalau kita lagi nanjak, kita pindah ke posisi 2, berarti gigi maksimum yg bisa dipilih adalah gigi 2. Kalau tanjakannya jadi ngga curam lagi (melandai) atau misalnya jalanan kosong dan kita mau tancep gas...pada waktu kita nginjek gas, yg ada mobil 'ngeden' di rpm tinggi krn gigi ketahan di 2, kita malah jadi 'ngga gesit'. Jadi sebenernya ngga ada gunanya kita ganti2 posisi persneling waktu nanjak kecuali mau repot sendiri =)

Jadi kegunaan dari posisi2 persneling selain "D" cuma untuk TURUNAN!!! (orang Jawa bilang 'nggelondor'). Seperti halnya pada mobil manual kita turunin satu gigi pada waktu turunan untuk dapetin "engine braking" ato pengereman mesin, di mobil matic kita juga bisa ngelakuin itu dgn cara pake D3, D2 dsb...jadi kalo kita mau turun curam, taro aja di posisi itu, pasti efek engine braking langsung terasa dan bakal ngebantu ngelambatin laju mobil (dengan kata lain ngeringanin kerja rem). Kayanya banyak orang yang ngga pernah manfaatin fungsi ini krn mrk 'ngga mau ribet'. Kalo pake matic pokoknya abis stater, masuk D. Satu2nya ganti persneling adalah ke "P" pada waktu nyampe tempat tujuan =)

Terus terang di Jakarta kondisi jalannya juga landai2 aja dan ngga terlalu banyak tanjakan atau turunan curam kecuali di bbrp daerah (misalnya Kemang). Jadi dengan kata lain posisi2 selain "D" ini emang bisa diabaikan...jadi kalo ngga mau ribet, ya pake "D" aja! Percayain aja urusan ganti gigi ke transmisi kita..lagipula kalo kita musingin ganti gigi..apa gunanya kita beli mobil matic? =) Kalo ntar loe ke Puncak cobain deh pake engine braking pasti ngebantu bgt, apalagi di situasi turunan yang panjang, masukkin aja ke "D3" atau kalo mau lebih pelan lagi, "D2". Dengan cara gini juga bisa menghemat rem..emang sih suara mesin jadi sedikit keras krn kedengarannya kaya lagi 'ngeden'.

3. Kelemahan matik? kalo loe suka tarik2an..jgn harap bisa menang sama genio manual..kalo duit loe lagi seret..berarti bakal tambah seret! =) krn biasanya mobil matic lebih boros..apalagi kalo loe di Jakarta yg macet berat. Gua sendiri belum pernah denger kalo ada kelemahan di transmisi matik Genio (semoga ngga ada =), yg gua tau dan paling terkenal yaitu BM seri-3 E36 (taon 1992-1997). Itu maticnya pasti rusak berat kalo kena banjir...

Kelemahan matik satu lagi (tapi gua yakin ini ngga bakal loe alamin kalo loe tinggal di Jakarta) yaitu 'bingung milih gigi'. Matic2 jaman dulu (termasuk Genio, gua rasa), suka bingung milih gigi. Kalo loe lagi di kondisi jalanan yang berbukit2 (mis. Puncak), terus loe jalan sekitar 40an misalnya...nanti pas turunan dia bakal ngoper ke gigi 4, terus pas tanjakan ganti gigi 3, terus abis itu ada turunan lagi, ganti ke 4 lagi...yang ada jalannya mobil jadi tersendat2 dan ngga nyaman karena mesin keseringa ganti gigi. Cara ngatasinnya, masukkin ke D3, biarin gigi masuk 3 terus...pasti jalannya lebih halus walaupun kalo kecepatan udah agak tinggi suara mesin 'ngeden'. Matic jaman skrg lebih pinter dan bisa ngebaca jalan lebih baik dan juga ngebaca cara nyetir (driving style) sopirnya. Biasanya matic kaya gini disebut 'Adaptive Automatic Trans.'

OK deh gua harap bisa ngebantu dan sekali lagi selamat udah pilih mobil matic karena matic emang transmisi paling cocok buat Jakarta!!! =)

PS. Tips untuk kick-down supaya bisa kick-down terus "ngga abis2" =) Kalo mau kick-down pas kecepatan mobil udah lumayan tinggi, kadang2 kan rada susah..caranya biar kick-down pasti "kena", lepas dikit dulu kaki loe dari pedal gas, abis itu baru injek (atau lebih tepat, 'BEJEK') pedal gasnya dalem2. Karena sensor kick-down itu mendeteksi kalo kita nginjek pedal gasnya tiba2 / kasar. Biasanya di mobil lama, sensornya udah ngga sepeka mobil baru..setahu gua bisa disetel lagi sih kepekaan kick-downnya, kaya nyetel kopling atau rem aja. Kalo ngga mau susah2, ada cara satu lagi buat kick-down...pindahin aja giginya sendiri ke D3 hehehe...ini salah satu lagi kegunaan dari D3! =)
bunbun wrote:wehh, pada mbahas yang baru-baru neh. ikutan tanya yang lama dunk. baru nemu genio matik 92.

1. apa stasioner/idle posisi gear netralnya tinggi? 1000-1200 rpm.

2. ada 3 transmisi yang gue masi bingung penggunaannya. D4, D3 dan 2. masing-masingnya untuk apa sih?

3. biasanya, kelemahan matik apa?

thanks yak, segitu dulu deh pertanyaan gue. btw, salam kenal...
MCoupe
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Oct 27, 2003 15:18

Post by MCoupe »

Gua mau tambahin satu lagi..mobil matic BISA didorong, tapi biasanya jaraknya terbatas bgt utk ngelindungin transmisinya. Liat buku manualnya aja buat instruksi ngedorong. Kalo bukunya bhs. inggris...ada di bawah "Towing".

Kalo jump start..ngga mungkin bisa karena itu harus masuk gigi...mana mungkin bisa di matic, krn begitu masuk gigi kalau mesin mati, gigi pasti ngunci. Lagipula mobil2 baru juga ngga akan bisa dipindah dari "P" pada waktu mesin mati.
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

buat MCoupe, thanks banget atas penjelasannya. payah nee, nggak ada buku manualnya ><

lah, nggak di jkt duang. gue tinggal di bandung, dah sekitar 2-3 tahunan ini macet berat!
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks untuk info lengkpanya mengenai matic!
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

dah 3 hari ini dipinjem nyokap, akhirnya gue pake kijang bokap. keasyikan pake matik, giliran dibawa jalan pelan mobilnya grejet-grejet lupa injek kopling, huhuhu...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kacian banget... hehehe ... itulah enaknya pake matic. Kalo udah ketagihan pake matic pasti ga bakal enak deh bawa manual.