Saran utk pihak marketing Nissan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21987
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Saran utk pihak marketing Nissan
Sekedar saran utk pihak marketing Nissan Motor Indonesia yg mungkin juga join di forum ini (kalau memang benar ada) :
Jikalau ingin membuat produk lebih berkesan di mata orang banyak / calon customer :
1. Daripada propaganda yg nggak ada habis2 nya di forum, bagaimana jika membuat acara yg berkesan khusus bagi member SM ? Intinya adalah "Membangkitkan minat orang banyak"
2. Soal konsumsi BBM, nggak perlu sampe "semangat 45" utk menjelaskan ke org. banyak / calon konsumen, yg. penting selalu ada solusi utk "membahagiakan" konsumen bila ternyata ada konsumen yg kurang puas (misalnya) either servis dgn bersihkan ruang bakar scr teratur, guidance penggunaan busi yg pas, setting lambda / CO yg pas, jasa bersihkan saringan udara (tiup angin) scr gratis / biaya sgt. murah bagi pengguna Nissan yg lewat / mampir sesaat, dll.
3. Bikin event / promosi yg menarik, misalnya saja (di masa datang nanti) pembeli Livina utk setahun pertama mendapat kartu Cashback dr bank tertentu tanpa harus bayar iuran tahunan, dimana pada saat2 tertentu kartu cashback ada program diskon bensin di SPBU2 tertentu. (Utk tagihan bulanan ya tetep konsumen / pengguna harus bayar)
4. Kerjasama dgn bengkel tertentu, jadi kalau misalnya pembeli Livina mau tambah ini itu (audio, TV, DVD, electric mirror, peredam, jok kulit, etc.) bisa dapat dengan harga sangat miring.
Demikian ide & usulan dari ogut, semoga bermanfaat & maap se besar besarnya jika ada yg kurang berkenan.
Jikalau ingin membuat produk lebih berkesan di mata orang banyak / calon customer :
1. Daripada propaganda yg nggak ada habis2 nya di forum, bagaimana jika membuat acara yg berkesan khusus bagi member SM ? Intinya adalah "Membangkitkan minat orang banyak"
2. Soal konsumsi BBM, nggak perlu sampe "semangat 45" utk menjelaskan ke org. banyak / calon konsumen, yg. penting selalu ada solusi utk "membahagiakan" konsumen bila ternyata ada konsumen yg kurang puas (misalnya) either servis dgn bersihkan ruang bakar scr teratur, guidance penggunaan busi yg pas, setting lambda / CO yg pas, jasa bersihkan saringan udara (tiup angin) scr gratis / biaya sgt. murah bagi pengguna Nissan yg lewat / mampir sesaat, dll.
3. Bikin event / promosi yg menarik, misalnya saja (di masa datang nanti) pembeli Livina utk setahun pertama mendapat kartu Cashback dr bank tertentu tanpa harus bayar iuran tahunan, dimana pada saat2 tertentu kartu cashback ada program diskon bensin di SPBU2 tertentu. (Utk tagihan bulanan ya tetep konsumen / pengguna harus bayar)
4. Kerjasama dgn bengkel tertentu, jadi kalau misalnya pembeli Livina mau tambah ini itu (audio, TV, DVD, electric mirror, peredam, jok kulit, etc.) bisa dapat dengan harga sangat miring.
Demikian ide & usulan dari ogut, semoga bermanfaat & maap se besar besarnya jika ada yg kurang berkenan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
ide2 bung turboman boleh juga tuh.
memang yg penting nurut gua tuh produsen bisa memberikan service LEBIH yg membuat konsumen merasa diperhatikan, diperdulikan n spesial. jadinya loyalitas lebih bisa bertahan. drpd cuman promosi2 produknya.... bukan berarti produknya gak harus bagus loh. produk bagus kalo disertai dengan servis yg EXCELLENCE, baru hebat....
memang yg penting nurut gua tuh produsen bisa memberikan service LEBIH yg membuat konsumen merasa diperhatikan, diperdulikan n spesial. jadinya loyalitas lebih bisa bertahan. drpd cuman promosi2 produknya.... bukan berarti produknya gak harus bagus loh. produk bagus kalo disertai dengan servis yg EXCELLENCE, baru hebat....
-
- SM Specialist
- Posts: 21987
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Betul sekali pak, biasanya kalau di lapangan nanti complain tuh pasti ada aja, jangankan Livina, mobil yg kelasnya jauh di atas Livina pun bisa di recall, dulu spt X5 pernah recall gara2 selang rem.hunter wrote: memang yg penting nurut gua tuh produsen bisa memberikan service LEBIH yg membuat konsumen merasa diperhatikan, diperdulikan n spesial. jadinya loyalitas lebih bisa bertahan. drpd cuman promosi2 produknya.... bukan berarti produknya gak harus bagus loh. produk bagus kalo disertai dengan servis yg EXCELLENCE, baru hebat....
Nah daripada pihak Nissan gembar gembor scr bombastis ttg Livina, sampai ada yg menyuarakan pendapat yg berbeda pun mau "dihajar" (istilahnya mau coba2 jelekkin Livina, langkahin dulu mayat guwe !) lebih baik membangkitkan minat konsumen dgn pendekatan persuasive yang unik & menarik.
Kalau after sales service (ASS) saya sih percaya NMI oke, 1 teman baik saya & 2 sodara saya pakai X-Trail 2.5 mereka semua cerita sgt puas dgn ASS dr NMI, ada yg reflektor headlampnya diganti krn berembun, muffler diganti, radiator diganti & semuanya Free.
Membangkitkan minat konsumen, dengan rasa rendah hati & tulus, saya rasa tentu akan jauh lebih berkenan di mata konsumen drpd otoriterisme dalam berpendapat.
Maap bila ada yg kurang berkenan.
Sukses selalu buat pihak NMI & jangan lupa consider Qashqai 1.5 dCi atau X Trail 2.2 dCi utk market Indonesia di masa yg akan datang.
-
- Administrator
- Posts: 2491
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Saya setuju, daripada koar-koar nggak ada bukti.
Akhirnya ekspetasi calon konsumen sudah mencapai nilai 99, barang dan service yang diperoleh cuman 75 atau bahkan lebih rendah.
Akibatnya sudah pasti dimaki-maki.
Kan udah ada contoh, beberapa orang mulai komplain dengan cara indent NMI yang amburadul dan tidak tranparant.
Akhirnya ekspetasi calon konsumen sudah mencapai nilai 99, barang dan service yang diperoleh cuman 75 atau bahkan lebih rendah.
Akibatnya sudah pasti dimaki-maki.
Kan udah ada contoh, beberapa orang mulai komplain dengan cara indent NMI yang amburadul dan tidak tranparant.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
post topic pertama dari jam 8 tadi... sekarang uda mau jam 2, n dari pembela nissan yg paling bersemangat sampe sekarang kok belon bersuara?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
- Location: Yogyakarta
Aha ... setelah sekian lama jadi "viewer", ada juga topik yang mendorong untuk join dan nimbrung.
Setuju banget bung Turboman. Dan sedikit tambahan adalah :
Program "trade off". Kalau ada customer yang mau upgrade, entah itu grill, spion, kursi, handel, etc ... kasih dong program fasilitas. Komponen yang lama dihargain dan cukup tambah sedikit uang untuk dapat yang baru. Jangan disuruh beli, sebab kalau beli yang lama mo dikemanain.... Pelopor custom-made.
Paling sebel, ada yang mau bela2in beli electric mirror, malah dijawab gak bisalah, ganggu ecu dsb. Padahal kalau masalah catu dayatoh bisa ambil dari lighter. Masak lighter ganggu ecu ...
Peace
Setuju banget bung Turboman. Dan sedikit tambahan adalah :
Program "trade off". Kalau ada customer yang mau upgrade, entah itu grill, spion, kursi, handel, etc ... kasih dong program fasilitas. Komponen yang lama dihargain dan cukup tambah sedikit uang untuk dapat yang baru. Jangan disuruh beli, sebab kalau beli yang lama mo dikemanain.... Pelopor custom-made.
Paling sebel, ada yang mau bela2in beli electric mirror, malah dijawab gak bisalah, ganggu ecu dsb. Padahal kalau masalah catu dayatoh bisa ambil dari lighter. Masak lighter ganggu ecu ...
Peace
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Mungkin kalo Nissan udah sebesar Toyota di Indonesia, baru bisa memberikan services yang lebih lagi, karena adanya responds dari customers Indonesia sendiri.
Tapi gw liat psotnya bung Turbo, sepertinya servicesnya udah cukup memuaskan ya ? seperti gantiin lampu karena berembun secara free.
Sedangkan untuk post dari Yol127, kayaknya hal itu ga bisa terjadi deh. Kalo misalnya kecelakaan dan grill'nya pecah, lalu ke dealer nissan mau ganti grill. Apa bisa Nissan "membeli" grill yang udah pecah itu ?
Tapi kalau trade off sih, gw udah pernah tanya ke dealer Nissan, kalau misalnya beli tapi ga mau tape'nya dikurangin berapa ? dia ga mau ngurangin... katanya ga bisa. Soalnya harga'nya udah segitu complete semuanya, ga bisa kurangin ini itu.
Tapi gw liat psotnya bung Turbo, sepertinya servicesnya udah cukup memuaskan ya ? seperti gantiin lampu karena berembun secara free.
Sedangkan untuk post dari Yol127, kayaknya hal itu ga bisa terjadi deh. Kalo misalnya kecelakaan dan grill'nya pecah, lalu ke dealer nissan mau ganti grill. Apa bisa Nissan "membeli" grill yang udah pecah itu ?
Tapi kalau trade off sih, gw udah pernah tanya ke dealer Nissan, kalau misalnya beli tapi ga mau tape'nya dikurangin berapa ? dia ga mau ngurangin... katanya ga bisa. Soalnya harga'nya udah segitu complete semuanya, ga bisa kurangin ini itu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
- Location: Yogyakarta
----
Sedangkan untuk post dari Yol127, kayaknya hal itu ga bisa terjadi deh. Kalo misalnya kecelakaan dan grill'nya pecah, lalu ke dealer nissan mau ganti grill. Apa bisa Nissan "membeli" grill yang udah pecah itu ?
----
Maksud saya adalah untuk yang baru inden trus pingin upgrade. Dari forum udah banyak - terutama yang varian 1.5 - pada mau upgrade tuh.
Sedangkan untuk post dari Yol127, kayaknya hal itu ga bisa terjadi deh. Kalo misalnya kecelakaan dan grill'nya pecah, lalu ke dealer nissan mau ganti grill. Apa bisa Nissan "membeli" grill yang udah pecah itu ?
----
Maksud saya adalah untuk yang baru inden trus pingin upgrade. Dari forum udah banyak - terutama yang varian 1.5 - pada mau upgrade tuh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Setuju sekali.Jikalau ingin membuat produk lebih berkesan di mata orang banyak / calon customer :
1. Daripada propaganda yg nggak ada habis2 nya di forum, bagaimana jika membuat acara yg berkesan khusus bagi member SM ?
2. Soal konsumsi BBM, nggak perlu sampe "semangat 45" utk menjelaskan ke org. banyak / calon konsumen
Lebih setuju lagi. Been there, done that.Nah daripada pihak Nissan gembar gembor scr bombastis ttg Livina, sampai ada yg menyuarakan pendapat yg berbeda pun mau "dihajar" (istilahnya mau coba2 jelekkin Livina, langkahin dulu mayat guwe !)
Belakangan rasanya memang makin parah saja (masak tiap orang yang kritis sedikit, langsung dituduh sebagai orang TAM semuanya) dan aku mulai merasakan forum ini tidak lagi se-independen dulu. Memang aneh karena waktu peluncuran Avanza/Innova, APV lalu Jazz pun, forum ini tidak pernah dibanjiri oleh begitu banyak pihak yang merasa atau memang berkepentingan dengan merk yang bersangkutan.
Dulu CRV vs X-Trail dapat dibahas secara objektif dan bebas dari bias, kalau sekarang aku tidak yakin lagi dan jangan2 nanti waktu new X-Trail keluar, akan dipuji2 setinggi langit lagi dan siapapun yang kritik, lagi2 akan diserang habis2an?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hahahaha, kita dari tadi ngoceh di sini tapi si nissannya sendiri diem aja... apa karena semuanya mengena?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Apr 23, 2007 6:56
yup2 , agree banget ama saran dari para mod ..
cuman sekedar usulan , gimana kalo emang ini forum udah makin rame , ada sub forum dari masing2 merk yang diwakili oleh perwakilannya masing2 , kaya customer service or FAQ gitu lah .. dari pada trolling or flaming yg ga jelas ..
Gua rasa orang juga kalo tahu bahwa yg bersangkutan adalah perwakilan dari merk2 tersebut , bakal lebih respek or minimal bertanya secara baik2 (kan namanya juga orang kerja) .. daripada yg ngaku orang ga ada affiliation tapi membelanya berlebihan , kan bisa bikin banyak orang ill fill.. jujur aja gw fanatic MU , tapi kalo emang MU maen kaya sampah and deserved kalah yah musti nerima dunk .. or kalo ngga dalam soal mobil sih , kasih masukan ama brand favorit dia supaya bisa memperbaiki kelemahannya ( bukan dengan cara menjelekkan brand lain )
Hopefully , apapun yang ada di forum ini (terutama perdebatan) dapat memberikan masukan buat para produsen mobil disini , how to keep their (the protester) mouth shut , dengan improvement buat mobil2 tsbt yang ujung2nya kita para konsumen lebih diuntungkan lagi
salam kenal buat semua
cheers !
cuman sekedar usulan , gimana kalo emang ini forum udah makin rame , ada sub forum dari masing2 merk yang diwakili oleh perwakilannya masing2 , kaya customer service or FAQ gitu lah .. dari pada trolling or flaming yg ga jelas ..
Gua rasa orang juga kalo tahu bahwa yg bersangkutan adalah perwakilan dari merk2 tersebut , bakal lebih respek or minimal bertanya secara baik2 (kan namanya juga orang kerja) .. daripada yg ngaku orang ga ada affiliation tapi membelanya berlebihan , kan bisa bikin banyak orang ill fill.. jujur aja gw fanatic MU , tapi kalo emang MU maen kaya sampah and deserved kalah yah musti nerima dunk .. or kalo ngga dalam soal mobil sih , kasih masukan ama brand favorit dia supaya bisa memperbaiki kelemahannya ( bukan dengan cara menjelekkan brand lain )
Hopefully , apapun yang ada di forum ini (terutama perdebatan) dapat memberikan masukan buat para produsen mobil disini , how to keep their (the protester) mouth shut , dengan improvement buat mobil2 tsbt yang ujung2nya kita para konsumen lebih diuntungkan lagi
salam kenal buat semua
cheers !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Apr 23, 2007 6:56
kan sub forumnya ada perwakilan dari merk bersangkutan bro , dan ditujukan buat pemakai langsung yg mau uneg2 .. jadi kalo gw liat di forum2 lain ( khususnya forum komputer yah ) , kalo ada complain , lebih baik buat liat dulu tanggapan brand tsb , daripada koar2 ga jelas maunya apa .. but ini cuman saran gw bro , dan ini pun kalo pihak brand menganggap forum ini cukup besar anggotanya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
bikin grup aja kalee, kan ada tuh fungsinya, cuman kagak kepake
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
don't forget, they don't care we talk bad
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
KAlo dibuat subforum antar merek kurang efisien lah.. mending kaya sekarang, dibagi berdasar jenis kendaraan. Jadi kalo sedan Toyota di forum sedan, MPV Nissan bisa di forum minibus, SUV Suzuki di forum SUV, dan seterusnya. Begitu jauh lebih teratur dan tertata.
Kalopun ada masalah dalam mobil masing2, misal member mengeluh suatu hal, bisa dijawab sama member lain yg juga memiliki mobil serupa, atau orang yg mengerti akan hal tsb. Begitu kan inti dari sebuah forum?
GA usah terlalu melebih2kan keunggulan dari sebuah produk, mengkomparasi boleh, tapi harus relevan dan sesuai fakta.
KAn kita semua tahu, namanya buatan manusia, pasti ada saja kekurangannya. Di satu sisi mungkin sebuah produk unggul dari kompetitor, tapi di sisi lain pasti ada kekurangannya.
Kalo sudah masuk dalam unsur subjektif seperti desain dan lain2, hal ini malah tidak perlu diperdebatkan, karena hanya merupakan opini pribadi.
Kalopun ada masalah dalam mobil masing2, misal member mengeluh suatu hal, bisa dijawab sama member lain yg juga memiliki mobil serupa, atau orang yg mengerti akan hal tsb. Begitu kan inti dari sebuah forum?
GA usah terlalu melebih2kan keunggulan dari sebuah produk, mengkomparasi boleh, tapi harus relevan dan sesuai fakta.
KAn kita semua tahu, namanya buatan manusia, pasti ada saja kekurangannya. Di satu sisi mungkin sebuah produk unggul dari kompetitor, tapi di sisi lain pasti ada kekurangannya.
Kalo sudah masuk dalam unsur subjektif seperti desain dan lain2, hal ini malah tidak perlu diperdebatkan, karena hanya merupakan opini pribadi.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 526
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
omong2 soal headlamp berembun, kayaknya semua pabrikan kasih garansi utk produknya (headlamp), jadi ada cacat dikit boleh minta ganti langsung (gratis). contoh : xenia abang saya yg selalu berembun, diganti oleh DAI.
brgkali nissan harus kasih servis lebih daripada sekedar garansi utk produknya... biar berbeda gicu loh
brgkali nissan harus kasih servis lebih daripada sekedar garansi utk produknya... biar berbeda gicu loh
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Sun Apr 08, 2007 10:26
- Location: depan notebook
setuju bro....WP wrote:KAlo dibuat subforum antar merek kurang efisien lah.. mending kaya sekarang, dibagi berdasar jenis kendaraan. Jadi kalo sedan Toyota di forum sedan, MPV Nissan bisa di forum minibus, SUV Suzuki di forum SUV, dan seterusnya. Begitu jauh lebih teratur dan tertata.
cuman kalo bisa memang ada semacam perwakilan resmi dari setiap merek, jadi ada penjelasan yg akurat....
jangan sampai info yg disampaikan tidak valid
jadi kalo ada yg menyampaikan kelemahan atas produk satu merek, mereka akan bisa kasih penjelasan berdasarkan fakta.... bukan asal bela... tapi ga berani ngaku mewakili merek tertentu....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
nice reply... tp orang itu kemana ya? yuhuu?neostungsten wrote:setuju bro....WP wrote:KAlo dibuat subforum antar merek kurang efisien lah.. mending kaya sekarang, dibagi berdasar jenis kendaraan. Jadi kalo sedan Toyota di forum sedan, MPV Nissan bisa di forum minibus, SUV Suzuki di forum SUV, dan seterusnya. Begitu jauh lebih teratur dan tertata.
cuman kalo bisa memang ada semacam perwakilan resmi dari setiap merek, jadi ada penjelasan yg akurat....
jangan sampai info yg disampaikan tidak valid
jadi kalo ada yg menyampaikan kelemahan atas produk satu merek, mereka akan bisa kasih penjelasan berdasarkan fakta.... bukan asal bela... tapi ga berani ngaku mewakili merek tertentu....
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
- Location: Yogyakarta
Bagaimana ya kalau para humas / public relation masing2 ATPM diinvite secara resmi untuk gabung aja ? Internet kan harusnya salah satu media yang bisa dipakai oleh mereka untuk berhubungan dengan customer.
Bos-bos moderator atau pengurus club atau yang punya relasi dengan ATPM barangkali bisa kirim undangan ?
Bos-bos moderator atau pengurus club atau yang punya relasi dengan ATPM barangkali bisa kirim undangan ?