Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24 barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.

Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24 barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.

Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
Klo gear oil gtu,
Kepenuhan paling jd lbh berat ajah.
Better sesuai manual book ajah mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Suryaputra wrote: Sat May 21, 2022 14:34
Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24 barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.

Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
Klo gear oil gtu,
Kepenuhan paling jd lbh berat ajah.
Better sesuai manual book ajah mbah.
Saya gak dapat manual book mbah. Dapatnya CD tapi gak bisa dibaca. Info 3 liter dari google.
Tapi yah itu pernah ganti perhatikan detail di mobeng sambil saya tungguin dari botol pertama sampai 3.5 botol lebih
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.

Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.

hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya. :big_think:

edit: kl lihat disini malah 2.75L / 3.75L (w/o diff lock)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sat May 21, 2022 17:45
Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.

Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.

hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya. :big_think:

edit: kl lihat disini malah 2.75L / 3.75L (w/o diff lock)
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?

Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.

Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Di buku manual OPS Dakar cuma 1.9 tapi ane isi 2.7-2.8 baru mau luber.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

sintoni wrote: Sun May 22, 2022 0:29 Di buku manual OPS Dakar cuma 1.9 tapi ane isi 2.7-2.8 baru mau luber.
Nah jangan jangan yg tercantum di buku manual itu minimum yah.

Bayangan saya kalau tanjakan dengan oli sampai bibir memastikan semua terlumasi dengan baik.

Soalnya beda 700 cc sampai 1 liter itu cukup banyak.
Disarankan di ANKI 3 liter tapi sampai luber 3.7 liter.
Apa diisi 3.4 liter yah ... ambil tengahnya agar
1. Tidak terlalu nekan ke seal
2. Tapi gak kuatir kurang melumasi juga.

Saya mending gardan awet, seal kok kayanya gak menekan bagaimana juga kan ada selang hawanya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Untung inofa kita orang slalu sama

Gardan slalu isi 3 liter dan slalu pas d bibir lobang isi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Sun May 22, 2022 0:41 Untung inofa kita orang slalu sama

Gardan slalu isi 3 liter dan slalu pas d bibir lobang isi
Innova bensin ini :big_smile] :big_smile]
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »

Di fortuner GNF differential belakang (gardan) di buku manual tertulis kapasitas oli 3.35 lt atau 3.54 qt.

Nah pas mau beli oli bingung beli 4 botol atau 3 botol oli mobil 1 yg satuannya pakai quartz? Krn dr yg sdh2 selama ini pakai 3 botol mobil 1 cukup. Selama ini ane kurang ngeh kl mobil 1 satuannya quartz bukan liter.

Cek2 di google & tanya seller pd bilang 3 botol cukup, yah sdh beli 3 botol. Terakhir ganti di toda jg pas 3 botol alias 3 quartz sekitar 2.8 lt. Masalahnya skrng beli olinya di online jd repot kl smp kurang 1 botol. Di toda kl kurang yah tinggal ambil lg aja 1 botol.

Ternyata benar pas ganti di tempat mbah marmut gak sampai 3 botol jg sdh penuh itu gardan (netes oli di lobang pengisian oli), sisa tinggal sedikit sekali mungkin 150-200 ml-an krn ane ada tambah FR3 150 ml. Kl tdk tambah FR3 yah pas lah 3 quartz. Berarti selisih dgn manual book sekitar 500 ml-an.

Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38 Di fortuner GNF differential belakang (gardan) di buku manual tertulis kapasitas oli 3.35 lt atau 3.54 qt.

Nah pas mau beli oli bingung beli 4 botol atau 3 botol oli mobil 1 yg satuannya pakai quartz? Krn dr yg sdh2 selama ini pakai 3 botol mobil 1 cukup. Selama ini ane kurang ngeh kl mobil 1 satuannya quartz bukan liter.

Cek2 di google & tanya seller pd bilang 3 botol cukup, yah sdh beli 3 botol. Terakhir ganti di toda jg pas 3 botol alias 3 quartz sekitar 2.8 lt. Masalahnya skrng beli olinya di online jd repot kl smp kurang 1 botol. Di toda kl kurang yah tinggal ambil lg aja 1 botol.

Ternyata benar pas ganti di tempat mbah marmut gak sampai 3 botol jg sdh penuh itu gardan (netes oli di lobang pengisian oli), sisa tinggal sedikit sekali mungkin 150-200 ml-an krn ane ada tambah FR3 150 ml. Kl tdk tambah FR3 yah pas lah 3 quartz. Berarti selisih dgn manual book sekitar 500 ml-an.

Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
Perhatiin jg ubin nya mbah, rata ga

Kl kaya toda yg d klp gading itu kta orang liat depan ruko nya ga rata , otomatis yg masup jg ga bener

Kl gerasi 69, konon pas ngecor ubin nya aj si mbah 69 pake benang ukur yg ud d rendem aer bunga dr kawah ijen pas malem kemis pon, jd pasti akurat dan selamet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 0:24
Omnibus wrote: Sat May 21, 2022 17:45
Profith83 wrote: Sat May 21, 2022 14:15
Mbah gardan vrz sama ANKI apakah sama?
Di buku manual tertulis berapa liter oli gardan vrz?
Kalau ANKI tertulis 3 liter tapi pernah isi juga 3.5 liter lebih dikit baru sampai bibir.

Besok rencna ganti oli gardan tapi jadi galau yg benar 3.5 liter atau 3 liter oli gardan ANKI
nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.

hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya. :big_think:

edit: kl lihat disini malah 2.75L / 3.75L (w/o diff lock)
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?

Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.

Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.

coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun May 22, 2022 0:41 Untung inofa kita orang slalu sama

Gardan slalu isi 3 liter dan slalu pas d bibir lobang isi
sama kita orang mbah, 3.5L bibir, 3.75L bibir juga.

coba jij tambahin lagi 500mL pasti ga luber, pasti msh di bibir. soalnya dia spread ke housing kiri kanan as roda. :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38 ....
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 4:20
Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 0:24
Omnibus wrote: Sat May 21, 2022 17:45

nah itu dia, gimana jawabnya sy bingung. vrz manual bilang 3.5, waktu dulu ganti pertama sy paskan segitu posisi di bibir. kali kedua kemarin sy tambahin full 4 quart (3.8L) msh ga luber juga. kayanya sebelum luber dia ngisi terus sampai ujung kiri kanan bearing roda.
pertanyaannya, apakah bearing terendam oli itu preferable atau ngga. atau maunya sesuai manual tp bearing cuma dapat oil splash aja spy seal oli di ujung ga rembes trus kena ke kampas rem.

hehehe. perasaan dulu2 kl ganti oli gardan sampe luber ya. :big_think:

edit: kl lihat disini malah 2.75L / 3.75L (w/o diff lock)
Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?

Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.

Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.

coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan

Makasih mbah.
Harusnya 3.3 liter kayanya aman yah?

Tadi sudah siapin segala macam alat.
Waktu coba buka baut pengisian lah kunci shock flag terlalu panjang, gagang ratchet nya flag 1/2 terhalang.

Jadinya balikin semua alat2x lagi hahahah.
Beli kunci ring 24 tunggu datang
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38 ....
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 5:23
Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 4:20
Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 0:24

Tanya di group ada 2 jawaban juga.
Ada yang bilang 3 liter saja agar seal tidak rusak.
Buku manual gak mungkin salah cetak yah om?
Atau salah kasih anjuran?

Ada juga kubu yang isi sampai penuh toh karena isi penuh masih tersisa ruang cukup gede.

Bayangan saya sampai bibir lebih baik melumasi.... ah memusingkan kepala
hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.

coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan
Makasih mbah.
Harusnya 3.3 liter kayanya aman yah?

Tadi sudah siapin segala macam alat.
Waktu coba buka baut pengisian lah kunci shock flag terlalu panjang, gagang ratchet nya flag 1/2 terhalang.

Jadinya balikin semua alat2x lagi hahahah.
Beli kunci ring 24 tunggu datang
3.3 mah aman

lho kenapa ga didongkrak aja dulu biar longgar space kerjanya? lagian kl ga bisa kan pake kunci ring 24 bisa. punya ga?


IMG_20220522_124412~2.jpg

bonus pics. sekalian kencengin baut propeller shaft dong mbah :big_grin:
prop shaft flange bolt torque spec: 88Nm

tone Xtra long wrench in action. :mky_03:

IMG_20220522_124046~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 5:38
Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 1:38 ....
Kapasitas di buku manual itu apa mungkin kl gardan nya turun lalu olinya semua di kuras total sampai benar2 kosong kali yah, jd pas di isi ulang sampai penuh yah benar di 3.35 lt.
paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)

*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 5:38
Omnibus wrote: paling ga sampe 100mL om, cuma yg sisa2 nempel di gear aja itu juga cuma selapis. bisa dibilang keluar semua sih, kemaren buka drain plug trus sy tinggalin makan, balik2 udah ga netes samsek trus sy senterin dalemnya ya kosong. cuma gear basah selapis.
Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)

*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
Noted with thanks mbah penjelasannya... naini yg ane maksud "gardan turun total" & olinya semua dikuras sampai ke tube housingnya.

Jd circa 250 ml ke tube housing kiri & 250 ml ke tube housing kanan yah larinya itu oli, jd sesuai dgn di manual booknya 3.35 lt.

Berarti jg waktu kita tap oli gardan itu msh ada oli lama yg ke trap di housing yah mbah? Jd kecampur dong yah oli baru dgn oli lama krn tiap kali oci yah pst ada circa 500 ml oli lama di tube housing?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 5:48
Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 5:23
Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 4:20

hehe ga usah kuatir kekurangan oli selama sdh di bibir lubang meskipun ga luber om. sebab cara distribusi olinya splash kok jd pasti terlumasi semua.

coba tonton video ini menit ke 3:20, keliatan krn pakai cover transparan
Makasih mbah.
Harusnya 3.3 liter kayanya aman yah?

Tadi sudah siapin segala macam alat.
Waktu coba buka baut pengisian lah kunci shock flag terlalu panjang, gagang ratchet nya flag 1/2 terhalang.

Jadinya balikin semua alat2x lagi hahahah.
Beli kunci ring 24 tunggu datang
3.3 mah aman

lho kenapa ga didongkrak aja dulu biar longgar space kerjanya? lagian kl ga bisa kan pake kunci ring 24 bisa. punya ga?



IMG_20220522_124412~2.jpg


bonus pics. sekalian kencengin baut propeller shaft dong mbah :big_grin:
prop shaft flange bolt torque spec: 88Nm

tone Xtra long wrench in action. :mky_03:


IMG_20220522_124046~2.jpg
Ring 24 kagak punya. Punyanya sampai 22. Beli stw 14 cuma sampe 22 saja.
Lagi perjalanan KTC 24-27 mbah wakakaka
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 6:28
Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 5:48
Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 5:23

Makasih mbah.
Harusnya 3.3 liter kayanya aman yah?

Tadi sudah siapin segala macam alat.
Waktu coba buka baut pengisian lah kunci shock flag terlalu panjang, gagang ratchet nya flag 1/2 terhalang.

Jadinya balikin semua alat2x lagi hahahah.
Beli kunci ring 24 tunggu datang
3.3 mah aman

lho kenapa ga didongkrak aja dulu biar longgar space kerjanya? lagian kl ga bisa kan pake kunci ring 24 bisa. punya ga?



IMG_20220522_124412~2.jpg


bonus pics. sekalian kencengin baut propeller shaft dong mbah :big_grin:
prop shaft flange bolt torque spec: 88Nm

tone Xtra long wrench in action. :mky_03:


IMG_20220522_124046~2.jpg
Ring 24 kagak punya. Punyanya sampai 22. Beli stw 14 cuma sampe 22 saja.
Lagi perjalanan KTC 24-27 mbah wakakaka
hihihihi :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 6:09
Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 5:38 Jadinya kemana itu 500 ml yah mbah? Ane baca2 memang pd bilang 2,8 lt aja sih kapasitas oli gardan 2KD... rasanya tidak ada yg pernah isi diatas 3 lt, mentok2 paling 3 lt aja, apa salah cetak yah manualnya hahahah...
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)

*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
Noted with thanks mbah penjelasannya... naini yg ane maksud "gardan turun total" & olinya semua dikuras sampai ke tube housingnya.

Jd circa 250 ml ke tube housing kiri & 250 ml ke tube housing kanan yah larinya itu oli, jd sesuai dgn di manual booknya 3.35 lt.

Berarti jg waktu kita tap oli gardan itu msh ada oli lama yg ke trap di housing yah mbah? Jd kecampur dong yah oli baru dgn oli lama krn tiap kali oci yah pst ada circa 500 ml oli lama di tube housing?
you're most welcome om

di tube mungkin sisa sih ada ya tp kayanya ga banyak om krn bentuk tube nya rada miring ke arah tengah spt panah oren sy ini. jd kl di tap olinya ya dia ngikut kebuang.

IMG_20220522_124857~3.jpg

jangan gara2 ocd begini trus balik lagi ke garasi 69 minta dimiring2in mobilnya ya om. dongkrak roda kiri kan miring ke kanan tuh, trus dongkrak roda kanan nanti miringnya ke kiri, cuma mau ngeluarin oli bekas disitu. :wkkk: :wkkk:


:ungg:


buru2 kabur sebelum disambit kopler lippro sm mbah marmut ketauan ai yg ngasih ide.

... :ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 6:49
benzz89 wrote: Sun May 22, 2022 6:09
Omnibus wrote:
kepinggir om ngisi tube housing itu yg sy tunjuk. ujungnya itu deket disc brake adalah bearing roda belakang (yg ada di dalam tube housing itu juga. jd semi oil bath si bearing. tp tube itu ga akan bisa keiisi oli gardan sampai penuh krn posisi fill plug sdh ditentukan segitu tingginya (oli bakal keluar spt yg om liat di garasi 69)

*haha bisa kebetulan gini ai lg retorque flange bolt jd tinggal difoto2
Noted with thanks mbah penjelasannya... naini yg ane maksud "gardan turun total" & olinya semua dikuras sampai ke tube housingnya.

Jd circa 250 ml ke tube housing kiri & 250 ml ke tube housing kanan yah larinya itu oli, jd sesuai dgn di manual booknya 3.35 lt.

Berarti jg waktu kita tap oli gardan itu msh ada oli lama yg ke trap di housing yah mbah? Jd kecampur dong yah oli baru dgn oli lama krn tiap kali oci yah pst ada circa 500 ml oli lama di tube housing?
you're most welcome om

di tube mungkin sisa sih ada ya tp kayanya ga banyak om krn bentuk tube nya rada miring ke arah tengah spt panah oren sy ini. jd kl di tap olinya ya dia ngikut kebuang.


IMG_20220522_124857~3.jpg


jangan gara2 ocd begini trus balik lagi ke garasi 69 minta dimiring2in mobilnya ya om. dongkrak roda kiri kan miring ke kanan tuh, trus dongkrak roda kanan nanti miringnya ke kiri, cuma mau ngeluarin oli bekas disitu. :wkkk: :wkkk:


:ungg:


buru2 kabur sebelum disambit kopler lippro sm mbah marmut ketauan ai yg ngasih ide.

... :ngacir:
Loh mbah marmut makin suka mbah. Tagihan kan sesuai hasil kerja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun May 22, 2022 6:49


jangan gara2 ocd begini trus balik lagi ke garasi 69 minta dimiring2in mobilnya ya om. dongkrak roda kiri kan miring ke kanan tuh, trus dongkrak roda kanan nanti miringnya ke kiri, cuma mau ngeluarin oli bekas disitu. :wkkk: :wkkk:


:ungg:


buru2 kabur sebelum disambit kopler lippro sm mbah marmut ketauan ai yg ngasih ide.

... :ngacir:




tadinya mau saya dongkrak sampe ban blakang ngangkat 1 meteran mbah, jadi oli gardan bisa masuk 7 liter pas.

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Profith83 wrote: Sun May 22, 2022 6:28

Ring 24 kagak punya. Punyanya sampai 22. Beli stw 14 cuma sampe 22 saja.
Lagi perjalanan KTC 24-27 mbah wakakaka


punya toyota kok ga punya kunci 24.... :e-snooty:

tepokjidat.