Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21061
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

fajarrian wrote:aisin AFW+ sama PTT ATF 1A yang lebih enak buat suzuki 3317 kira kira yang mana suhu2?
AUTOMAT 1A
AGSA
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 11 Jan 2014, 01:26

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by AGSA »

Adakah pengganti oli matic yang kompatibel dengan mitsubishi ma1 karena saya lihat PTT automat 1a dan PTT LV serta total mvlv tdk mencantumkan ma1 di pds nya
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 870
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.

Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?
slapnuts
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by slapnuts »

indeskey wrote: 23 Apr 2021, 23:57
slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.

Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?
Pakai mesin mereka Om.
Pertama karter oli cvt bawah dibuka, keluar sekitar 3,5-4 liter. Lalu oli baru dimasukan 3,5-4 liter dari lubang dipstick, sambil mesin dinyalakan. Kemudian oli yang sudah tercampur disedot lagi dari lubang dipstick pakai mesin. Lalu dimasukan lagi 3,5-4 liter oli baru. Total habis 8 botol.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21061
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

AGSA wrote:Adakah pengganti oli matic yang kompatibel dengan mitsubishi ma1 karena saya lihat PTT automat 1a dan PTT LV serta total mvlv tdk mencantumkan ma1 di pds nya
LV1 meet MA1

di ACT udah banyak Mitsu yg pake LV1
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 870
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

slapnuts wrote:
indeskey wrote: 23 Apr 2021, 23:57
slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.

Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?
Pakai mesin mereka Om.
Pertama karter oli cvt bawah dibuka, keluar sekitar 3,5-4 liter. Lalu oli baru dimasukan 3,5-4 liter dari lubang dipstick, sambil mesin dinyalakan. Kemudian oli yang sudah tercampur disedot lagi dari lubang dipstick pakai mesin. Lalu dimasukan lagi 3,5-4 liter oli baru. Total habis 8 botol.
Noted om. Makasih
AGSA
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 11 Jan 2014, 01:26

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by AGSA »

@ om turbo : thank you info nya Om
User avatar
Duvebriliant0
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Location: (JOG)JAKARTA
Daily Vehicle: 2L 4 Banger

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Duvebriliant0 »

abis ganti oli cvt Altis 2.0 odo 100ribu di ACT, udh item bener... ganti make PTT automat CVT total 8 botol langsung terasa mobil jadi alus banget.. sebelumnya blum pernah flush cuma ganti dengan buka karter trus isi make tmo cvt fe di 85k km
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

ZRE143R
TGN140R
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 26 Jul 2015, 13:33

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sarwani »

review oli trans wuling sinopec pada girbok rusak (bunyi krek setiap masuk 2 karena mungkin dulu salah oli dan ada dengung girbok) pada innova bensin 2005 km 245.000

500km pemakaian bunyi krek hilang dan lancar smp dg 2500km pemakaian dan bunyi dengung jauh berkurang 👍
doko86
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 247
Joined: 05 Jun 2020, 14:50
Location: *bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by doko86 »

Mau tanya om, kalau oli mtf wuling rekomend yg warna kuning atau yg biru y om? Untuk tipe sama 75w90 GL4, beda di kemasan doank
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21061
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

doko86 wrote:Mau tanya om, kalau oli mtf wuling rekomend yg warna kuning atau yg biru y om? Untuk tipe sama 75w90 GL4, beda di kemasan doank
antara yg buatan SINOPEC vs TOTAL ?

bebas
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

Salam kenal dan selamat pagi semuanya .. :big_smile]

Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.

Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.

Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?

Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah .. :big_deal:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3970
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

DJpapi wrote: 21 May 2021, 06:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya .. :big_smile]

Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.

Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.

Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?

Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah .. :big_deal:
Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

sintoni wrote: 21 May 2021, 07:06
DJpapi wrote: 21 May 2021, 06:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya .. :big_smile]

Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.

Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.

Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?

Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah .. :big_deal:
Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
triport13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by triport13 »

DJpapi wrote:
sintoni wrote: 21 May 2021, 07:06
DJpapi wrote: 21 May 2021, 06:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya .. :big_smile]

Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.

Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.

Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?

Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah .. :big_deal:
Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pake
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3970
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Ya kayak oktan min 90 tapi kalau diisi agak bagusan kan gpp.

Single grade 90 sama multi grade bedanya sih pas kondisi dingin aja, kalau yang single grade mungkin kentel banget pas dingin.

Valvoline bagus jg kalau diliat dari harganya.

Kalau masalah rusak karena diks multi grade ane ga perna denger sih
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2168
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

DJpapi wrote: 21 May 2021, 07:39
sintoni wrote: 21 May 2021, 07:06
DJpapi wrote: 21 May 2021, 06:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya .. :big_smile]

Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.

Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.

Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?

Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah .. :big_deal:
Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

triport13 wrote: 21 May 2021, 07:50
DJpapi wrote:
sintoni wrote: 21 May 2021, 07:06

Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pake
2021-05-21_08-14-07.jpg
2021-05-21_08-14-07.jpg (91.23 KiB) Viewed 110 times
Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.
Kalau masalah bunyi-bunyi an di gardan saya kurang paham krn selama ini pake Avanza dari 1.5S,GNA,sampai skr si GNV blm pernah sih ada kendala di gardan blkg ..

Baru pernah pake bawaan Daihatsu, makanya kepikiran utk NEXT, apa ada yg lebih baik drpd versi pabrikan .. hehehe :big_smile]

Image
Last edited by DJpapi on 21 May 2021, 09:04, edited 1 time in total.
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

sintoni wrote: 21 May 2021, 08:02 Ya kayak oktan min 90 tapi kalau diisi agak bagusan kan gpp.

Single grade 90 sama multi grade bedanya sih pas kondisi dingin aja, kalau yang single grade mungkin kentel banget pas dingin.

Valvoline bagus jg kalau diliat dari harganya.

Kalau masalah rusak karena diks multi grade ane ga perna denger sih
Iya om betul, antara single dan multi grade viscocity ..
Boleh lah .. ke depannya saya stock in si VALVOLINE .. :big_smile] :big_okay: thanks utk masukannya om
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

evanbngdor wrote: 21 May 2021, 08:19
DJpapi wrote: 21 May 2021, 07:39
sintoni wrote: 21 May 2021, 07:06

Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.

Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal

Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe :big_deal:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2168
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

DJpapi wrote: 21 May 2021, 08:31
evanbngdor wrote: 21 May 2021, 08:19
DJpapi wrote: 21 May 2021, 07:39

Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.

Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal

Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe :big_deal:
Kalo saya sih anti ikutin jadwal service dr manual book ya. Oli gardan&transmisi saya selalu ganti setiap 20rb km
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by classicrock »

DJpapi wrote:
triport13 wrote: 21 May 2021, 07:50
DJpapi wrote: Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) .. :big_childish:
Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pake
Image

Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.
Kalau masalah bunyi-bunyi an di gardan saya kurang paham krn selama ini pake Avanza dari 1.5S,GNA,sampai skr si GNV blm pernah sih ada kendala di gardan blkg ..

Baru pernah pake bawaan Daihatsu, makanya kepikiran utk NEXT, apa ada yg lebih baik drpd versi pabrikan .. hehehe :big_smile]

Image
Hehehe sama om, Avanza 2017 saya selama ini pake SAE 90 terus untuk gardan. Intervalnya tiap 20 rb km saya ganti.

Selama ini pake Rored HDA 90 (GL5). Sejauh ini baik baik aja, km udah masuk 56 rb.

Yang unik kapasitas oli gardannya ini mobil kok ya gede banget. Baru kali ini saya miara mobil kecil tapi oli gardannya 3,7 ltr.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 18 Jan 2020, 12:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Honda HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

evanbngdor wrote: 21 May 2021, 08:39
DJpapi wrote: 21 May 2021, 08:31
evanbngdor wrote: 21 May 2021, 08:19

Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.

Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal

Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe :big_deal:
Kalo saya sih anti ikutin jadwal service dr manual book ya. Oli gardan&transmisi saya selalu ganti setiap 20rb km
Maaf, saya salah baca, seharusnya sesuai manual book adl 40rb KM/2thn sekali (sblmnya saya tulis 2thn sekali) :big_sorry:
2021-05-21_08-53-33.jpg
2021-05-21_08-53-33.jpg (121.65 KiB) Viewed 112 times
Oh iya .. mau tanya lg, bisa utk yg lainnya jg menjawab .. krn saya jg biar belajar di sini.
Apa mungkin, pemilihan single grade agar proteksinya jg lebih maksimal, maksudnya cukup kental jg SAE-90 (walau ada SAE 140 di mbl lain), maksudnya biar itu oli lengket bgt sprt grease saking kentalnya??

Karena nemu video sprt di bawah:

https://youtu.be/WtZyNbiZaao
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: 12 Jan 2008, 19:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by iwansiagian »

2 minggu lalu flushing oli matic pake PTT LV untuk kijang diesel 2GD di Toda kelapa gading, kesan setelah pergantian dibandingkan bawaan pabrik, setelah pake PTT LV belum pernah muncul gejala gearbox nya bingung pake gigi apa.

Dan harga oli matic nya lumayan bersaing dengan official store PTT Plus jasa flushing machine 75 ribu

Untuk oli gardan pake PTT 80/90 GL 5 bawa sendiri kena jasa 60 ribu
Screenshot_20210521-085520_Gallery.jpg
Screenshot_20210521-085520_Gallery.jpg (30.9 KiB) Viewed 109 times
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3970
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

SAE90 untuk mobil penumpang sudah cukup.

Terlalu kental jg berakibat ke akselerasi / fuel economy.

Ada terasa mobil ga bs meluncur mulus gitu.

Mungkin pencantuman single grade bukan multi grade jg buat marketing kali om.

Biasa pengguna Avanza ini kan menggunakan buat daily car atau jg sebagian sebagai taksi online, jadi pasti milih yang seekonomis mungkin.

Kalau ditulis di buku manual harus double grade, bisa menurunkan pandangan kalau Avanza ini bukan mobil manja, "masak oli gardan aja harus yang mahal / multigrade"
Post Reply