Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2411
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Re:

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 27 May 2021, 11:19
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:17
DOHC wrote: 27 May 2021, 09:27

As kopel ga bsa d tembak vet ?

SA mana tuh, coba sebut sini namanya

Kl saya seh beneran ta ladenin tuh suru angkat mobilnya, ampe ketemu, ta konciin ybs bareng igun nasar suru maen2an as kopel biar tau rasa
iya coba diladenin ya sampe angkat mobil. penasaran pengen liat muka nya, menahan malu atau msh ngeles n ngegas juga tuh si SA.
kl ane ketemu yg gituan pasti pindah beres, udah ketauan ga ngerti dia. mekaniknya jg pasti yg ijo.
Dl saya perna mbah

Waktu bawa inofa jadul

Perihal baut drain coolant dr enjin block

SA kekeuh ga ad, cuman drain dr radiator bawah, bahkan ampe ta buka tu kap mesin unit yg d showroom tunjukin pun doi masi blg bukan, itu buat oli lah, dll

Akhirnya balik lg ke bengkel saya suru montir nya buka tu baut di inofa saya, kl ampe isi nya yg kuar oli mesin, ta bayar itu ongkos jasa dan oli nya... pas d buka ehh yg coolant donk yg kuar

Lgs ta ngegas, blg baca lg tu manual book yg bener, jgn cuman jd pajangan workshop atau kl ga buat saya aj sini
Filter solar ANKI yang harga 1 juta saja tuh SA bilang gak ada ... filter solar cuma 1 saja waakakaka
Sampai debat 3x dengan saya. Saya jelasin ada yang sudah ganti dan ada part numbernya.
Saya jelasin indikator solar mampet gak bisa hilang nyala terus, akhirnya filter itu diganti problem selesai.

Baru SA nya diem
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:30
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
coba buka baut pengisiannya aja (fill plug) dan masukin obeng atau apa yg gunanya sbg dipstick utk colok dikit sampai ke permukaan olinya. nanti kan ketauan warna dan kondisinya spt apa om.

sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
Terima kasih sudah reply om. Nanti saya praktekan

13 rb, rentang berapa tahun om?
Saya kebayang umur 2 thn apa oli tidak merusak seal seal karetnya? yang dilewati oli gardan sepertinya ada seal karet yah.

Apakah bisa dilihat dan dirasakan/diraba pakai tangan. Kondisi oli bagaimana yang menyebabkan oli gardan bisa merusak seal karet?
rentang kurleb 1 tahun om. tadinya mau ganti kl kotor tp krn msh bersih ya lanjut dipake terus. maklum oli gardan sy keraton 320rb sebotol, perlu 4 botol. :upss: kl PDS nya sih bilang bisa 100rb miles (normal use) atau 50rb miles (severe use).

menurut sy yg bikin rusak seal kl olinya kotor penuh dgn gram. besi itu warnanya hitam, kl kita poles besi di rubbing pad pasti hitam warnanya. jd kl oli gardan hitam pasti penuh dr kandungan besi sebab dia ga ada karbon spt oli mesin krn tdk ada proses pembakaran disitu.

kl diraba tangan ga bisa kecuali besinya kasar, itu jg artinya gardan set udah kemakan parah. paling bisa di UOA (used oil analysis) kl mau tau pasti.

oli gardan bisa cepet hitam atau ngga nya tergantung pemakaian. kl sering angkut beban berat, narik gandengan, atau lewat jalan pegunungan itu bisa lbh cepat hrs diganti dibanding yg cuma dipakai di jalan datar perkotaan. tp perkotaan juga kl sering stop n go beda lagi krn stop n go = high load = high wear
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2411
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 14:36
Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:30
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21

coba buka baut pengisiannya aja (fill plug) dan masukin obeng atau apa yg gunanya sbg dipstick utk colok dikit sampai ke permukaan olinya. nanti kan ketauan warna dan kondisinya spt apa om.

sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
Terima kasih sudah reply om. Nanti saya praktekan

13 rb, rentang berapa tahun om?
Saya kebayang umur 2 thn apa oli tidak merusak seal seal karetnya? yang dilewati oli gardan sepertinya ada seal karet yah.

Apakah bisa dilihat dan dirasakan/diraba pakai tangan. Kondisi oli bagaimana yang menyebabkan oli gardan bisa merusak seal karet?
rentang kurleb 1 tahun om. tadinya mau ganti kl kotor tp krn msh bersih ya lanjut dipake terus. maklum oli gardan sy keraton 320rb sebotol, perlu 4 botol. :upss: kl PDS nya sih bilang bisa 100rb miles (normal use) atau 50rb miles (severe use).

menurut sy yg bikin rusak seal kl olinya kotor penuh dgn gram. besi itu warnanya hitam, kl kita poles besi di rubbing pad pasti hitam warnanya. jd kl oli gardan hitam pasti penuh dr kandungan besi sebab dia ga ada karbon spt oli mesin krn tdk ada proses pembakaran disitu.

kl diraba tangan ga bisa kecuali besinya kasar, itu jg artinya gardan set udah kemakan parah. paling bisa di UOA (used oil analysis) kl mau tau pasti.

oli gardan bisa cepet hitam atau ngga nya tergantung pemakaian. kl sering angkut beban berat, narik gandengan, atau lewat jalan pegunungan itu bisa lbh cepat hrs diganti dibanding yg cuma dipakai di jalan datar perkotaan. tp perkotaan juga kl sering stop n go beda lagi krn stop n go = high load = high wear
harusnya kalau bening dan coba dilap tissue yah harusnya ketahuan.
Bukan baut isi berarti lebih pas kalau mobil habis dipakai yah om.
Siap coba nanti saya post disini hasilnya
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 27 May 2021, 15:35
harusnya kalau bening dan coba dilap tissue yah harusnya ketahuan.
Bukan baut isi berarti lebih pas kalau mobil habis dipakai yah om.
Siap coba nanti saya post disini hasilnya
kl sy kemarin di dipstick (pakai pick 90°) juga udah keliatan beningnya sih. trus ga hrs mobilnya habis dipakai, sy malah sukanya dingin krn ga rawan baut dol. kl punya TW baut fill plug kekencangannya 49Nm. (penting, jangan sampai kendor nanti air masuk kl lewat genangan. jangan kekencengan juga ntar dol)
ilhamr
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 25 Oct 2016, 18:27

Post by ilhamr »

DOHC wrote: 27 May 2021, 09:27
As kopel ga bsa d tembak vet ?

SA mana tuh, coba sebut sini namanya

Kl saya seh beneran ta ladenin tuh suru angkat mobilnya, ampe ketemu, ta konciin ybs bareng igun nasar suru maen2an as kopel biar tau rasa
Diler Deltam*s balaikota medan om, sa nya rik* rob*anta

Iya padahal sa udh saya tunjukin snapshoot dari buku manual ttp aja dia bilang itu buat 4wd atau mobilnya udh ga standar, ane males lah ngeladeninnya soalnya produknya sendiri aja ga faham dan males debat
evanbngdor wrote: 27 May 2021, 08:54
Ganti oli transmisi&gardan sih harusnya gak ngefek sampe 'grek' gitu sih, spek nya sesuai kan?

Bunyi 'grek' gitu bisa jadi jd cross joint yg udah seret, bisa juga kopling yg udah menipis karena kalo saya baca Om suka main kopling untuk engine brake ya. Odo jg udah 80rb jd baiknya coba dicek dulu apa kopling nya udah abis. FYI kopling innova diesel itu agak sensitif, pas masih garansi baru saya sampe ganti kopling set 3 kali baru ngga geter, padahal sama2 ori.

Reservoir jadi satu sama minyak rem, coba pastiin ngga ada angin di saluran kopling nya, coba kuras aja yg ada di saluran minyak kopling nya, kalo gak salah ada 3 nipple yg bisa dibuka untuk kuras minyak kopling. Semua mobil berpenggerak belakang itu pasti pake kopel, mungkin dia ngga tau kalo Innova itu penggerak belakang, maklumi aja mungkin bukan orang yg paham otomotif, cuma orang yg paham administrasi bengkel
Spek sesuai om trans pakai tmo 75-90 gl-4, diff pake tmo 90 gl-5, cara mereka ngisinya di pindah olinya ke tabung seukuran tabung freon terus ada selang angin di sambung ke tabung itu, dan ada selang satu lg yg dipake buat ngisi ke diff sm trans,

Pas servis sih saya minta cek kelayakan kopling kata sa masih layak, tp ane ga yakin om sm sa nya soalnya saya minta bersiin selang yg jalur turbo yg terkenal suka rembes itu aja ngga dilakuin.
Wah ganti kopling set 3x? Tanda2nya apa aja om yg paling berasa udh minta ganti

Nah jadi ane baru ingat juga sejak km 50rban klw pagi start pertama saat sudah mundurin mobil dari carport ke jalanan (gear R), trus ganti ke gear 1 pas mau lepas kopling stengah jika tidak dibantu throttle mesin kayak mau mati gt tapi kalo udah jalan dia normal om lepas pelan2 tanpa di gas dia crawling pelan, dan juga kadang buat masukin perseneling ke gear R kayak ketahan stengah harus ke N dulu baru coba masuk ke gear R, kira2 tanda2 minta ganti kopling set juga kah?
marmut wrote: 27 May 2021, 09:56 innova fortuner ada nipple cross joint.
avanza xenia tidak ada.
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:17 iya coba diladenin ya sampe angkat mobil. penasaran pengen liat muka nya, menahan malu atau msh ngeles n ngegas juga tuh si SA.
kl ane ketemu yg gituan pasti pindah beres, udah ketauan ga ngerti dia. mekaniknya jg pasti yg ijo.
Sudah kuduga sa nya kurang faham produknya, next time pas ganti kopling set deh ane ladenin sa nya
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
saya jg pake eneos 75-90

ini malah ud pas jalan 29.500 km dari trakir di ganti

pas jalan 28.000 an perna saya buka baut fill trus sedot sikit pake sedotan, warna nya masi kuning cerah .. lumayan, scara mobil sering pedal to kampret

kayanya beberapa rebu km lagi saya mo ganti, kasian kl di push ampe 40 rebu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 27 May 2021, 18:04
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
wakakakakaka ketauan deh busi. tadi baru bikin lagi yg runcing seruncing2nya mbah. yg kemaren ga enak soalnya pake yg heat 6 stok lama di lemari :upss:

buang langsung ganti lagi. dipake cuma 200 km. :big_weee:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 903
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Ntu VRZ baru 13 rebu perak? Padahal sdh di gade 2x trans jawa bhan bandung - bali.

Kl gak mah paling berarti baru 7 rebu perak doang itu odonya yah, padahal umurnya sdh 1,5 taon.

Bilang mobil org garage queen... sendiri jg garage queen tp sdh service jadwal yg cepek ceng punya
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 865
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: 27 May 2021, 18:04
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
wakakakakaka ketauan deh busi. tadi baru bikin lagi yg runcing seruncing2nya mbah. yg kemaren ga enak soalnya pake yg heat 6 stok lama di lemari :upss:

buang langsung ganti lagi. dipake cuma 200 km. :big_weee:
Ganti busi apa ini mbah suhu, bisikin link belinya
triport13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by triport13 »

DOHC wrote:
Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
saya jg pake eneos 75-90

ini malah ud pas jalan 29.500 km dari trakir di ganti

pas jalan 28.000 an perna saya buka baut fill trus sedot sikit pake sedotan, warna nya masi kuning cerah .. lumayan, scara mobil sering pedal to kampret

kayanya beberapa rebu km lagi saya mo ganti, kasian kl di push ampe 40 rebu
Ini eneos yang ini ya om?
Adjustments.jpg
Adjustments.jpg (996.5 KiB) Viewed 128 times
Walaupun gl-5 tp infonya boleh utk trans manual juga ya om? Bisa dipake berapa taun kira kira kalo setaun ga nyampe 10 rb km?
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 18:23
DOHC wrote: 27 May 2021, 18:04
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
wakakakakaka ketauan deh busi. tadi baru bikin lagi yg runcing seruncing2nya mbah. yg kemaren ga enak soalnya pake yg heat 6 stok lama di lemari :upss:

buang langsung ganti lagi. dipake cuma 200 km. :big_weee:
Mbah

Pecaya deh, ga guna itu runcingin ampe selancip burung pelatuk

Masi mending teori posisi busi yg electrode ngadep ke posisi intake, at least teori ini dipake loh oleh honda insight, d mamarika sana ngk jual busi special utk insight yg ulir dratnya seragam per 4 biji, jd at least ga bakal ad bagian lengkungan electrode yg memblakangi intake
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: 27 May 2021, 18:47
DOHC wrote:
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Ntu VRZ baru 13 rebu perak? Padahal sdh di gade 2x trans jawa bhan bandung - bali.

Kl gak mah paling berarti baru 7 rebu perak doang itu odonya yah, padahal umurnya sdh 1,5 taon.

Bilang mobil org garage queen... sendiri jg garage queen tp sdh service jadwal yg cepek ceng punya
:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

triport13 wrote: 27 May 2021, 19:02
DOHC wrote:
Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
saya jg pake eneos 75-90

ini malah ud pas jalan 29.500 km dari trakir di ganti

pas jalan 28.000 an perna saya buka baut fill trus sedot sikit pake sedotan, warna nya masi kuning cerah .. lumayan, scara mobil sering pedal to kampret

kayanya beberapa rebu km lagi saya mo ganti, kasian kl di push ampe 40 rebu
Ini eneos yang ini ya om?
Adjustments.jpg
Walaupun gl-5 tp infonya boleh utk trans manual juga ya om? Bisa dipake berapa taun kira kira kalo setaun ga nyampe 10 rb km?
Betul eneos yg itu om

Kl trans manual asalkan minta GL5 yah bisa pake oli ini om

Kl utk masa pakai, kira2 20-30 rebu km jg ckup om, oli mineral ini, ga bsa tralu panjang masa pakainya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 27 May 2021, 18:47
DOHC wrote:
Omnibus wrote: 27 May 2021, 10:21
sy juga baru cek oli gardan 13rb km msh bening, ga jadi diganti stlh dicek.
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Ntu VRZ baru 13 rebu perak? Padahal sdh di gade 2x trans jawa bhan bandung - bali.

Kl gak mah paling berarti baru 7 rebu perak doang itu odonya yah, padahal umurnya sdh 1,5 taon.

Bilang mobil org garage queen... sendiri jg garage queen tp sdh service jadwal yg cepek ceng punya
Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2411
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

DOHC wrote: 27 May 2021, 20:20
benzz89 wrote: 27 May 2021, 18:47
DOHC wrote:
13 rebu tapi belom diganti ????? mencurigakan :big_think: :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:

minyak cvt belom bango aj ud dganti

busi belom bango jg ud ganti brapa kali tuh



takut dicatet yahhh :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Ntu VRZ baru 13 rebu perak? Padahal sdh di gade 2x trans jawa bhan bandung - bali.

Kl gak mah paling berarti baru 7 rebu perak doang itu odonya yah, padahal umurnya sdh 1,5 taon.

Bilang mobil org garage queen... sendiri jg garage queen tp sdh service jadwal yg cepek ceng punya
Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
1 thn sabango buat kemana saja?
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 27 May 2021, 20:32
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:20
benzz89 wrote: 27 May 2021, 18:47 Ntu VRZ baru 13 rebu perak? Padahal sdh di gade 2x trans jawa bhan bandung - bali.

Kl gak mah paling berarti baru 7 rebu perak doang itu odonya yah, padahal umurnya sdh 1,5 taon.

Bilang mobil org garage queen... sendiri jg garage queen tp sdh service jadwal yg cepek ceng punya
Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
1 thn sabango buat kemana saja?
Sputaran jakarta dan skitar , plus beberapa kl transjawabahn
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 903
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
Profith83 wrote: 27 May 2021, 20:32
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:20 Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
1 thn sabango buat kemana saja?
Sputaran jakarta dan skitar , plus beberapa kl transjawabahn
Itu mubil apa AKAP mbah setaon siban... setaon ganti oli 8x... tanggung sebulan sekali aja sekalian kaya si mbah plof DIY itu
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3959
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

DOHC wrote: 27 May 2021, 18:06
Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
saya jg pake eneos 75-90

ini malah ud pas jalan 29.500 km dari trakir di ganti

pas jalan 28.000 an perna saya buka baut fill trus sedot sikit pake sedotan, warna nya masi kuning cerah .. lumayan, scara mobil sering pedal to kampret

kayanya beberapa rebu km lagi saya mo ganti, kasian kl di push ampe 40 rebu
Cieee.. Sudah naik pake 75W90 mbah?

Dulu bukannya ente pecinta Rored SAE90?

Eh emang ms ada ya di pasaran 75W90?
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: 27 May 2021, 20:32
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:20
benzz89 wrote: 27 May 2021, 18:47 Ntu VRZ baru 13 rebu perak? Padahal sdh di gade 2x trans jawa bhan bandung - bali.

Kl gak mah paling berarti baru 7 rebu perak doang itu odonya yah, padahal umurnya sdh 1,5 taon.

Bilang mobil org garage queen... sendiri jg garage queen tp sdh service jadwal yg cepek ceng punya
Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
1 thn sabango buat kemana saja?
biasa itu mbah delko nganterin koleksi gungun-gungun nya .....


:wkkk:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 27 May 2021, 21:13
DOHC wrote:
Profith83 wrote: 27 May 2021, 20:32

1 thn sabango buat kemana saja?
Sputaran jakarta dan skitar , plus beberapa kl transjawabahn
Itu mubil apa AKAP mbah setaon siban... setaon ganti oli 8x... tanggung sebulan sekali aja sekalian kaya si mbah plof DIY itu
Percaya ga mbah, itu saya perna jalan setaon siban cuman mostly jakarta dan skitar loh.. bahkan bukan utk keperluan taksol pula

Rutenya waktu itu, klp gading - tomang - kedoya - sudirman - kota - pluit - klp gading (ini dikali 2 kl sehari).. dilakukan 4 hari seminggu

Lalu sisa 2 hari seminggunya, klp gading - karawaci - kl gading - pluit - kota - kelapa gading (ini jg 2 kl dlm sehari)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

sintoni wrote: 27 May 2021, 21:18
DOHC wrote: 27 May 2021, 18:06
Profith83 wrote: 27 May 2021, 10:08 Tanya dong.

Saya pakai oli gardan Eneos 75w90. Pasti asli karena dulu beli 1 dus.
Pernah pakai di Innova 2017, waktu kuras masih bening dan tekstur masih bagus (pemakaian 1 thn KM sekitar 10 rb an)

Nah di mobil yang lain Innova 2012 saya isi dari dus yg sama, di April 2019 sudah jalan 15rb KM sampai sekarang.
Apakah waktunya ganti?
saya jg pake eneos 75-90

ini malah ud pas jalan 29.500 km dari trakir di ganti

pas jalan 28.000 an perna saya buka baut fill trus sedot sikit pake sedotan, warna nya masi kuning cerah .. lumayan, scara mobil sering pedal to kampret

kayanya beberapa rebu km lagi saya mo ganti, kasian kl di push ampe 40 rebu
Cieee.. Sudah naik pake 75W90 mbah?

Dulu bukannya ente pecinta Rored SAE90?

Eh emang ms ada ya di pasaran 75W90?
Rored makin lama makin mahal, trakir ud ga beda jauh ama oli multigrade

75-90 eneos mah ud lama ga ad, apalagi sjak skrg ud blending lokal
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 27 May 2021, 21:30
Profith83 wrote: 27 May 2021, 20:32
DOHC wrote: 27 May 2021, 20:20

Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
1 thn sabango buat kemana saja?
biasa itu mbah delko nganterin koleksi gungun-gungun nya .....


:wkkk:
Kl yg itu mah ga perlu d anterin, tinggal kasi unjuk mangsanya jg lgs melesat pas ta lepas dari kerangkengnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
triport13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 26 Apr 2018, 14:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by triport13 »

DOHC wrote:
triport13 wrote: 27 May 2021, 19:02
DOHC wrote: saya jg pake eneos 75-90

ini malah ud pas jalan 29.500 km dari trakir di ganti

pas jalan 28.000 an perna saya buka baut fill trus sedot sikit pake sedotan, warna nya masi kuning cerah .. lumayan, scara mobil sering pedal to kampret

kayanya beberapa rebu km lagi saya mo ganti, kasian kl di push ampe 40 rebu
Ini eneos yang ini ya om?
Adjustments.jpg
Walaupun gl-5 tp infonya boleh utk trans manual juga ya om? Bisa dipake berapa taun kira kira kalo setaun ga nyampe 10 rb km?
Betul eneos yg itu om

Kl trans manual asalkan minta GL5 yah bisa pake oli ini om

Kl utk masa pakai, kira2 20-30 rebu km jg ckup om, oli mineral ini, ga bsa tralu panjang masa pakainya
Mintanya gl-4 sih om, tp kalo ga salah di page2 belakang om turbo pernah bilang masih compatible. Atau ada saran lain utk gl-4 yg ok selain wuling sinopec? Yg ga rawan acdc jg om
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5552
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

indeskey wrote: 27 May 2021, 18:48 Ganti busi apa ini mbah suhu, bisikin link belinya
masih sama mbah

puyeng pala berbie liat stok di lemari kaga abis2. dipake eksperimen aja lah biar cepet abis. kasian toko sama fabriek busi kl kelamaan ga beli lagi. :mky_03:
Post Reply