Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

well wrote: 28 Jun 2021, 10:13
hurricane wrote: 12 Jun 2021, 12:13 Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again 🙏
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved 🤞
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya

perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:

-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.

my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 10:37
well wrote: 28 Jun 2021, 10:13
hurricane wrote: 12 Jun 2021, 12:13 Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again 🙏
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved 🤞
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya

perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:

-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.

my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
itu SA kudu ditabok pantatnya pakai TW tekiro :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

well wrote: 28 Jun 2021, 10:13
hurricane wrote: 12 Jun 2021, 12:13 Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again 🙏
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved 🤞
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Wah kacau om ini, di buku panduan jelas banget HARUS GL5 buat gardan baik yg reborn maupun model lama. Kl yg lama itu justru di MTFnya boleh GL4 atau GL5. Paling anti saya sama kata2 "sudah sering" "ga ada masalah" "biasanya begini/pake ini". Mungkin jg gara2 embel2 shell yg "bagus" sih jd langsung buta mo spek apa.

Mungkin dia berani gitu soalnya banyak yg manut2 aja om, sama ga pernah ngerasain long term/pake innova sendiri kasih oli gardan GL4. Dulu sy di avansa lama sama innova jg salah masukin pake shell GL4 di gardan om, bkn di bengkel resmi ya tapi. Terus ganti oli gardan wuling yg GL5 sih lebih enak delivery tenaganya. Untung di avansa sama innova saya belum dengung. Alt kl dr auto2000 tanyain TMO rored yg sae 90 GL5 ato ga TMO 75W85 GL5 ada apa enggak om, kl yg ready rored TMO sih pake aja sejauh msh meet GL5
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: 28 Jun 2021, 10:41
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 10:37
well wrote: 28 Jun 2021, 10:13

barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya

perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:

-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.

my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
itu SA kudu ditabok pantatnya pakai TW tekiro :mky_03:
SAnya minta dikeroyok sama tim RnD toyota om ini :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

well wrote: 28 Jun 2021, 10:13

barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Coba sebutin toyota a2000 mana itu om SAnya

Ngasal koq lebi parah dr kenek montir asemregez musatek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

DOHC wrote: 28 Jun 2021, 11:20
well wrote: 28 Jun 2021, 10:13

barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Coba sebutin toyota a2000 mana itu om SAnya

Ngasal koq lebi parah dr kenek montir asemregez musatek
Toyota A2000 kertajaya surabaya om..
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 10:37
well wrote: 28 Jun 2021, 10:13
hurricane wrote: 12 Jun 2021, 12:13 Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again 🙏
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved 🤞
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya

perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:

-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.

my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
wah, bilangnya nubie tp ilmunya sudah tinggi :)
thx om
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

well wrote: 28 Jun 2021, 12:10
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 10:37
well wrote: 28 Jun 2021, 10:13

barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
nubie coba jawab ya

perbedaan mendasar GL4 dan GL5 adalah:

-GL4 memiliki additif EP (extreme pressure) yg biasanya hanya 50% dr GL5.
-EP additive diperlukan utk gear yg bekerja berat memindahkan power terutama gardan, krn di gardan selain krn ada ratio juga ada perubahan arah. makanya gardan biasanya specify GL5. di dalam gardan tdk ada komponen terbuat dr brass (kuningan). *baca point bawah.
-GL5 selain punya EP additive lbh tinggi tp juga mengandung sulfur dlm konsentrasi tinggi, krn EP additive nya ya si sulfur itu. makanya baunya khas.
namun sulfur ini akan menyebabkan korosi dan premature failure pada komponen yg terbuat dr brass (kuningan) yg biasanya ada di transmisi manual yaitu synchromesh gears. makanya M/T biasanya specify GL4 bukan GL5.

my advice: jika bukman minta GL5 kasih GL5. jika minta GL4 kasih GL4. jika ada pilihan boleh GL4 dan GL5, kasih GL5.
wah, bilangnya nubie tp ilmunya sudah tinggi :)
thx om
u're welcome om

belom tinggi ilmunya, cuma sering baca2 aja. :n00b:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

triport13 wrote: 28 Jun 2021, 06:26 Sepertinya lebih gejalnya sepertinya yg om jelaskan utk bearing roda om, saat aksel/desel ttp ada suara.

Suara dengung kecil mulai kedengeran >30km/jam, >60km/jam ditambah suara grok grok dr bagian belakang.

Sangat ga mungkin kalo wherl cylinder kalo menurut saya ya...

Menurut om marmut gimana?

saya cari di gugel untuk wheel cylinder, hasilnya ini :

https://www.google.com/search?q=wheel+c ... e&ie=UTF-8

kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

DOHC wrote: 28 Jun 2021, 08:46

Mbah

Nubie numpang nanya

Kl kes nya kaya gini, mobil RWD bergardan solid tp bearing yg kena

Kl misalnya nubie dongkrak roda blakang dan coba muterin, ntuh arm, atau shock nya bakal geter ga

coba saja dipegang mana yang ada vibrasi. biasanya per.


btw ada salam dari :










































2826207952.jpg
2826207952.jpg (14.65 KiB) Viewed 852 times
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

rendr wrote: 28 Jun 2021, 09:35
mbah kalo misal suara dengungnya pas di teken gas aja tapi pas dilepas biarin ngegelinding hilang suaranya, itu dari crown wheel juga kah?

abis ganti bearing tinggal suara ini aja sih... cuman kyknya ga mudah dan murah gantinya ... :ngacir:

saya nggak tau pasti, tapi ada kemungkinan dari bearing end play.
pasangnya mungkin gampang, tapi setau saya itu harus disetel lagi bearing end play-nya supaya pas, nggak seret nggak longgar.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote: 28 Jun 2021, 13:43
triport13 wrote: 28 Jun 2021, 06:26 Sepertinya lebih gejalnya sepertinya yg om jelaskan utk bearing roda om, saat aksel/desel ttp ada suara.

Suara dengung kecil mulai kedengeran >30km/jam, >60km/jam ditambah suara grok grok dr bagian belakang.

Sangat ga mungkin kalo wherl cylinder kalo menurut saya ya...

Menurut om marmut gimana?

saya cari di gugel untuk wheel cylinder, hasilnya ini :

https://www.google.com/search?q=wheel+c ... e&ie=UTF-8

kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
mbah, punten nih nubie mau nanya


bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?


Image


kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point. :big_okay:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:06
mbah, punten nih nubie mau nanya


bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?


Image


kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point. :big_okay:

sebentar, gk5 sama vrz kan rem belakang udah disc, lha itu mobil tetangga yang mana maen bongkar?

saya nggak yakin brake fluid bisa nyusup ke bearing karena ada seal.
tapi bagaimanapun, wheel cylinder bocor ya patut dibikin betul, bukan dicuekin.

ada salam juga dari :

















































2826207952.jpg
2826207952.jpg (14.65 KiB) Viewed 839 times


udah ngoceh panjang lebar dan ocehannya bener semua, masih ngaku nubie...
kena UU ITE pasal 28 ayat 1.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

marmut wrote: 28 Jun 2021, 13:43
triport13 wrote: 28 Jun 2021, 06:26 Sepertinya lebih gejalnya sepertinya yg om jelaskan utk bearing roda om, saat aksel/desel ttp ada suara.

Suara dengung kecil mulai kedengeran >30km/jam, >60km/jam ditambah suara grok grok dr bagian belakang.

Sangat ga mungkin kalo wherl cylinder kalo menurut saya ya...

Menurut om marmut gimana?

saya cari di gugel untuk wheel cylinder, hasilnya ini :

https://www.google.com/search?q=wheel+c ... e&ie=UTF-8

kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
Di Great Corolla tuwir saya wheel cylindernya rusak sebelah pun ngga ada dengung sih, hanya aja minyak rem nya aja yg jd lebih cepet berkurang karena ada rembesan dr wheel cylinder
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote: 28 Jun 2021, 14:18
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:06
mbah, punten nih nubie mau nanya


bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?


Image


kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point. :big_okay:

sebentar, gk5 sama vrz kan rem belakang udah disc, lha itu mobil tetangga yang mana maen bongkar?

saya nggak yakin brake fluid bisa nyusup ke bearing karena ada seal.
tapi bagaimanapun, wheel cylinder bocor ya patut dibikin betul, bukan dicuekin.

ada salam juga dari :


















































2826207952.jpg



udah ngoceh panjang lebar dan ocehannya bener semua, masih ngaku nubie...
kena UU ITE pasal 28 ayat 1.
kamfrettt lama2 kebawa mimpi itu foto suzanna mendelik :wkkk:

nganu mbah gk5 msh tromol tp bearing roda belakang nya sdh tipe bolt-on, bukan press lagi. itu nganu, foto dr mbah gugel.

nah kl gk5 yg wheel cylinder nya rembes, itu ada kemungkinan bikin bearing kehilangan grease nya apalagi kl sealnya kalah meskipun lama prosesnya. modelnya itu sealed bearing kaya roda depan fwd.
beda sm avanza yg rwd yg bearing roda blkg nya msh dpt lubrikasi dr oli gardan. cmiiw mbah.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:35
nah kl gk5 yg wheel cylinder nya rembes, itu ada kemungkinan bikin bearing kehilangan grease nya apalagi kl sealnya kalah meskipun lama prosesnya. modelnya itu sealed bearing kaya roda depan fwd.
beda sm avanza yg rwd yg bearing roda blkg nya msh dpt lubrikasi dr oli gardan. cmiiw mbah.

sealed bearing kaya gk5 ataupun bearing rendeman kaya afansa, tetep ada seal.
dan kalopun sampe pelumas bearing terkontaminasi sama brake fluid, itu udah keterlaluan.

brake fluid rembes, brake shoe pasti basah.
brake shoe basah, rem nggak pakem.
gila aja kalo sampe nggak bisa ngerasain rem nggak pakem.
apalagi brake fluid pasti akan netes di lantai....
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote: 28 Jun 2021, 15:38
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:35
nah kl gk5 yg wheel cylinder nya rembes, itu ada kemungkinan bikin bearing kehilangan grease nya apalagi kl sealnya kalah meskipun lama prosesnya. modelnya itu sealed bearing kaya roda depan fwd.
beda sm avanza yg rwd yg bearing roda blkg nya msh dpt lubrikasi dr oli gardan. cmiiw mbah.

sealed bearing kaya gk5 ataupun bearing rendeman kaya afansa, tetep ada seal.
dan kalopun sampe pelumas bearing terkontaminasi sama brake fluid, itu udah keterlaluan.

brake fluid rembes, brake shoe pasti basah.
brake shoe basah, rem nggak pakem.
gila aja kalo sampe nggak bisa ngerasain rem nggak pakem.
apalagi brake fluid pasti akan netes di lantai....
rem ga pakem? tenang. masih ada sendal jepit digesekin ke aspal.

:mky_03:


............ :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:06
marmut wrote: 28 Jun 2021, 13:43
triport13 wrote: 28 Jun 2021, 06:26 Sepertinya lebih gejalnya sepertinya yg om jelaskan utk bearing roda om, saat aksel/desel ttp ada suara.

Suara dengung kecil mulai kedengeran >30km/jam, >60km/jam ditambah suara grok grok dr bagian belakang.

Sangat ga mungkin kalo wherl cylinder kalo menurut saya ya...

Menurut om marmut gimana?

saya cari di gugel untuk wheel cylinder, hasilnya ini :

https://www.google.com/search?q=wheel+c ... e&ie=UTF-8

kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
mbah, punten nih nubie mau nanya


bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?


Image


kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point. :big_okay:
Nubie numpang jawap ya mbah

Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa

Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg

Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet

Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 28 Jun 2021, 16:46
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:06
marmut wrote: 28 Jun 2021, 13:43


saya cari di gugel untuk wheel cylinder, hasilnya ini :

https://www.google.com/search?q=wheel+c ... e&ie=UTF-8

kalau memang itu yang dimaksud oleh pihak bengkel, itu hubungannya dengan rem.
saya belum pernah tau ada kasus wheel cylinder bikin suara dengung.
mbah, punten nih nubie mau nanya


bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?


Image


kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point. :big_okay:
Nubie numpang jawap ya mbah

Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa

Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg

Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet

Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
hmm nih jagoannya udah turun gunung.

ngaku2 nubie lagi. awas dikasih salam titipan sm mbah rektor lagi.

:emo-photo:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 18:04
DOHC wrote: 28 Jun 2021, 16:46
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 14:06

mbah, punten nih nubie mau nanya


bentuknya begini kan ya setelah hub dilepas. kl wheel cylinder bocor maka minyak rem akan netes ke bagian rear wheel bearing. ada pengaruh ngga ya misalnya si pelumas jd washed out oleh minyak rem?


Image


kl saya, even ga ada hubungannya tetep aja wheel cyl yg bocor itu hrs segera dibetulkan. kan itu bahaya. kl ternyata jg berkaitan dgn noise yg dikeluhkan (spt kata auto2000) ya itu bonus point. :big_okay:
Nubie numpang jawap ya mbah

Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa

Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg

Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet

Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
hmm nih jagoannya udah turun gunung.

ngaku2 nubie lagi. awas dikasih salam titipan sm mbah rektor lagi.

:emo-photo:
anuuuu :ungg: :ungg:

aku hanyalah sebuah remahan rengginang nubie kenek maling delko depan musatek


siapalah aku ini ilmu secetek genangan abis ujan rintik2 doank :upss: :upss:


btw, itu poto dari mbah 69, kl dbayangin, lumayan bikin jiper loh.... jd kbayang mo ta iseng malem2 pasang di dinding wc kantor, pengen tau besok pagi siapa yg pingsan :upss: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 28 Jun 2021, 18:36
Omnibus wrote: 28 Jun 2021, 18:04
DOHC wrote: 28 Jun 2021, 16:46

Nubie numpang jawap ya mbah

Jawapannya, bisa, bener emg bakal ke washout, tp kl bocornya itu masif dan dicuekin dalam jangka waktu lama.. dan liat jg bentuk seal bearingnya kaya apa

Kl nubie ga sala liat, itu model bearing gt, persis kaya bearing blakang susuki swip gen yg sblom skrg

Nubie perna temui, d swip tsb, silinder rem nya mmg ud rembes parah (maklum, mobil cewe, gantol aj bsa per gerhana bulan kl), nahh waktu d buka, itu di sisi bawah bearingnya ud ad beberapa lendir kaya bekas vet

Lah pertanyaanya skrg, koq bsa minyak rem nyisip ke bearing situ, kan ad seal ? Nahh di swip gen pertama yg masi cbu nippon itu, entah knapa bearingnya punya seal itu masi model besi yg ga tralu rapet seal nya, kl kata engkoh penjual spare part yg d atrium, katanya kl yg bearing SgP lokal ud seal rapet
hmm nih jagoannya udah turun gunung.

ngaku2 nubie lagi. awas dikasih salam titipan sm mbah rektor lagi.

:emo-photo:
anuuuu :ungg: :ungg:

aku hanyalah sebuah remahan rengginang nubie kenek maling delko depan musatek


siapalah aku ini ilmu secetek genangan abis ujan rintik2 doank :upss: :upss:


btw, itu poto dari mbah 69, kl dbayangin, lumayan bikin jiper loh.... jd kbayang mo ta iseng malem2 pasang di dinding wc kantor, pengen tau besok pagi siapa yg pingsan :upss: :upss: :upss: :upss:
jadiin poster.
pas di biji matanya.
diselipin led lights warna merah dr belakang, trus nyalain tengah malam kliwon.
:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

erwinign wrote: 28 Jun 2021, 10:56
well wrote: 28 Jun 2021, 10:13
hurricane wrote: 12 Jun 2021, 12:13 Wah mantab pencerahannya om Omnibus, detil sekali, thanks again 🙏
Wkt divonis backlash sm SA, dia blg gapa2, ga bahaya, pake aja.
Kt dia kl mau diberesin bunyinya, plg diadjust jarak antar giginya tp ga dijamin suara akan hilang 100%.
Mobil ini dipastikan tidak pernah lewat banjir om
Sy jg bingung, servis rutin di beres tp koq bs bermasalah gardannya.
Seumur idup baru kl ini ketemu masalah di gardan.
Wkt ganti oli gardan pas service 40rb km di beres sekitaran akhir thn kmrn, tp tumben setelah servis ga diksh botol oli bekasnya (apa ini SOP skg?)
Mgkn ga ya trnyt oli gardan ga diganti?
Kl oli transmisi + mesin selalu ganti di luar beres, bs bebas milih merek + liat proses gantinya
Oh ya, mobil ini kan produksi 2016, baca2 byk kasus di 2016 yg masalah di tranmisi (jedug) + turbo (bunyi sprt tkg kue putu), apa mgkn ada hub nya?
Hari ini rencana mau ganti oli gardan dl om, semoga problem solved 🤞
barusan ini saya servis di A2K, oli gardan innova reborn diberi Shell GL4. saya komplain di buk man minta GL5.
SA bilang gpp pak pakai Shell GL4, sudah sering, buat mobil2 BU jg pakainya ini ga ada masalah.
apa pny pengalaman yg sama?
Wah kacau om ini, di buku panduan jelas banget HARUS GL5 buat gardan baik yg reborn maupun model lama. Kl yg lama itu justru di MTFnya boleh GL4 atau GL5. Paling anti saya sama kata2 "sudah sering" "ga ada masalah" "biasanya begini/pake ini". Mungkin jg gara2 embel2 shell yg "bagus" sih jd langsung buta mo spek apa.

Mungkin dia berani gitu soalnya banyak yg manut2 aja om, sama ga pernah ngerasain long term/pake innova sendiri kasih oli gardan GL4. Dulu sy di avansa lama sama innova jg salah masukin pake shell GL4 di gardan om, bkn di bengkel resmi ya tapi. Terus ganti oli gardan wuling yg GL5 sih lebih enak delivery tenaganya. Untung di avansa sama innova saya belum dengung. Alt kl dr auto2000 tanyain TMO rored yg sae 90 GL5 ato ga TMO 75W85 GL5 ada apa enggak om, kl yg ready rored TMO sih pake aja sejauh msh meet GL5
Kalau Innova lama thn 2012 diesel matic, oli gardan juga pakai GL5 yah?
EDITED - benar pakai GL5 juga
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 11 Jan 2014, 01:26

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by AGSA »

Suhu suhu sekalian adakah yang mengetahui jenis oli transmisi manual untuk Suzuki Ertiga lama dan kekentalannya karena bukman saya hilang?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

AGSA wrote: 01 Jul 2021, 21:49 Suhu suhu sekalian adakah yang mengetahui jenis oli transmisi manual untuk Suzuki Ertiga lama dan kekentalannya karena bukman saya hilang?
GL4 75W-80

Image

infonya ganti per 20rb Km / 1 tahun
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AGSA
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 11 Jan 2014, 01:26

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by AGSA »

@Suryaputra: di beres ada nya yang ecstar gl4 75w-90 apakah bisa dipakai buat Ertiga jg ga ya Om? Ini bukman saya ilang ada yg bisa bantu fotokan bukman di bagian oli transmisi mgkn supaya bisa jd panduan
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post