Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by nescafe »

imsus2c wrote:Pengalaman gonta-ganti oli mtf <100ribuan/L, akhirnya nemu yg enak dan tidak disangka malah oli yg semerk sama mobilnya.

Padahal banyak yg berpikiran, oli mesin & transmisi yg semerk dgn mobil itu sering overpricing.

Visko-nya juga aneh, 85w-85 GL-4. Padahal di buku manual tertulis 75w-90 GL-4
mod, feel ga enaknya itu gimana ya? ada gambaran mungkin? :big_think:

beberapa bulan yang lalu habis ganti oli transmisi jazz, karena atf honda z1 nya habis, jadi saya pakai castrol transmax multivehicle, lebih mahal 15 rb sih dari atf honda z1, and now works well, ga ada masalah :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by imsus2c »

nescafe wrote:
imsus2c wrote:Pengalaman gonta-ganti oli mtf <100ribuan/L, akhirnya nemu yg enak dan tidak disangka malah oli yg semerk sama mobilnya.

Padahal banyak yg berpikiran, oli mesin & transmisi yg semerk dgn mobil itu sering overpricing.

Visko-nya juga aneh, 85w-85 GL-4. Padahal di buku manual tertulis 75w-90 GL-4
mod, feel ga enaknya itu gimana ya? ada gambaran mungkin? :big_think:

beberapa bulan yang lalu habis ganti oli transmisi jazz, karena atf honda z1 nya habis, jadi saya pakai castrol transmax multivehicle, lebih mahal 15 rb sih dari atf honda z1, and now works well, ga ada masalah :e-think:
Ini yg dimaksud MTF apa ATF, meneer?

Kalau yg MTF, gejala yang langsung terasa itu waktu oper gigi, suara gearbox sama oli buangan. Oli buangan maksudnya ya analisa awam/fisik saja, belum level analisa lab.
Seingat saya, beberapa merk ada karakter khusus.

Pengalaman MTF Castrol, kalau kondisi masih dingin baru jalan, masuk gigi semua lancar dan ringan. Tapi kalau sudah panas gearbox-nya, atau kira2 jalan diatas 20an km, mulai sulit masuk gigi rendah (1 & 2). Terasa berat dan ada yg nahan.
Ini rasanya sama saat pakai Shell Spirax.

Waktu pakai MTF merk Mobil (Mobilube HD), justru sebaliknya. Kalau panas, yg susah justru gigi tinggi (4 & 5). Keluarnya juga susah, maksudnya kalau gigi sdh posisi 5 misalnya, mau diturunkan atau netral, kayaknya ada yg nyangkut.

Lain lagi sama Motul (Motylgear), masuk semua gigi lancar, tapi saat oper gigi terasa ada logam bergesekan (bunyi krek halus). Waktu di buang di km 15000an, olinya encer banget dan berbusa. Sama dgn merk FK-Massimo, waktu di tap, olinya encer bening berbusa.

Ada 1 merk (lupa) yg pernah dicoba, kalau pas masuk engaged di gigi 3, timbul suara berdengung di gearbox-nya.

Oya, saya rada2 over/phobia masalah perawatan, jd pakai oli mtf ngga pernah lebih dari 15.000km atau minimal setahun sekali ganti.

Dan dari semua oli MTF yg dicoba diatas, yang paling mahal Motul Motylgear dan kerasa ngga sepadan antara kinerja dan harganya.

Kalau yg ATF, kerasa gejala selipnya agak banyak dan susah kickdown. Jadi rada phobia, makanya oli ATF yg dipakai sekarang main aman saja, se merk sama mobilnya. Apalagi yg odyssey tempohari pernah overhaul berat.

Utk ATF yg butuh spek dexron dan kebetulan ngga ada oli yg se merk sama mobilnya, sekarang pakai castrol. Sejauh ini sih lancar.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by nescafe »

imsus2c wrote:
nescafe wrote:
imsus2c wrote:Pengalaman gonta-ganti oli mtf <100ribuan/L, akhirnya nemu yg enak dan tidak disangka malah oli yg semerk sama mobilnya.

Padahal banyak yg berpikiran, oli mesin & transmisi yg semerk dgn mobil itu sering overpricing.

Visko-nya juga aneh, 85w-85 GL-4. Padahal di buku manual tertulis 75w-90 GL-4
mod, feel ga enaknya itu gimana ya? ada gambaran mungkin? :big_think:

beberapa bulan yang lalu habis ganti oli transmisi jazz, karena atf honda z1 nya habis, jadi saya pakai castrol transmax multivehicle, lebih mahal 15 rb sih dari atf honda z1, and now works well, ga ada masalah :e-think:
Ini yg dimaksud MTF apa ATF, meneer?

Kalau yg MTF, gejala yang langsung terasa itu waktu oper gigi, suara gearbox sama oli buangan. Oli buangan maksudnya ya analisa awam/fisik saja, belum level analisa lab.
Seingat saya, beberapa merk ada karakter khusus.

Pengalaman MTF Castrol, kalau kondisi masih dingin baru jalan, masuk gigi semua lancar dan ringan. Tapi kalau sudah panas gearbox-nya, atau kira2 jalan diatas 20an km, mulai sulit masuk gigi rendah (1 & 2). Terasa berat dan ada yg nahan.
Ini rasanya sama saat pakai Shell Spirax.

Waktu pakai MTF merk Mobil (Mobilube HD), justru sebaliknya. Kalau panas, yg susah justru gigi tinggi (4 & 5). Keluarnya juga susah, maksudnya kalau gigi sdh posisi 5 misalnya, mau diturunkan atau netral, kayaknya ada yg nyangkut.

Lain lagi sama Motul (Motylgear), masuk semua gigi lancar, tapi saat oper gigi terasa ada logam bergesekan (bunyi krek halus). Waktu di buang di km 15000an, olinya encer banget dan berbusa. Sama dgn merk FK-Massimo, waktu di tap, olinya encer bening berbusa.

Ada 1 merk (lupa) yg pernah dicoba, kalau pas masuk engaged di gigi 3, timbul suara berdengung di gearbox-nya.

Oya, saya rada2 over/phobia masalah perawatan, jd pakai oli mtf ngga pernah lebih dari 15.000km atau minimal setahun sekali ganti.

Dan dari semua oli MTF yg dicoba diatas, yang paling mahal Motul Motylgear dan kerasa ngga sepadan antara kinerja dan harganya.

Kalau yg ATF, kerasa gejala selipnya agak banyak dan susah kickdown. Jadi rada phobia, makanya oli ATF yg dipakai sekarang main aman saja, se merk sama mobilnya. Apalagi yg odyssey tempohari pernah overhaul berat.

Utk ATF yg butuh spek dexron dan kebetulan ngga ada oli yg se merk sama mobilnya, sekarang pakai castrol. Sejauh ini sih lancar.
hehe iya, lupa ngetiknya :mky_01: baik MTF maupun ATF Meneer :mky_01:

hmm okay, kalau mtf selama ini saya juga pakai yang semerek sama pabriknya aja sih, and setahun sekali diganti, udah masuk tahun ke 11 and so far so good, baik dalam sudah panas maupun masih dingin :big_think:

okay meneer, thx untuk infonya :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

fobia nya meneer mirip ama ane koq... biasanya kalo proses shifting gigi uda ga smooth... mulai ada greg greg nya gt pasti ane ganti... dan entah kebetulan atau memang kenyataan... biasanya kalo uda ada greg greg pas shifting gigi, pasti tuh oli mtf uda ga karuan pas di tap... entah uda encer banget atau malah bercampur busa2... yg pasti sehh uda item pekat warna nya...

apalagi gaya nyetir ane yg kalo shifting dan nge kopling proses nya agak cepet2... ntuh berasa banget kalo uda degradasi oli mtf nya... kalo baru ganti oli mtf pasti enak shifting nya.... minim greg2 walau ganti gigi nya agak cepet...
imsus2c wrote:
nescafe wrote:
imsus2c wrote:Pengalaman gonta-ganti oli mtf <100ribuan/L, akhirnya nemu yg enak dan tidak disangka malah oli yg semerk sama mobilnya.

Padahal banyak yg berpikiran, oli mesin & transmisi yg semerk dgn mobil itu sering overpricing.

Visko-nya juga aneh, 85w-85 GL-4. Padahal di buku manual tertulis 75w-90 GL-4
mod, feel ga enaknya itu gimana ya? ada gambaran mungkin? :big_think:

beberapa bulan yang lalu habis ganti oli transmisi jazz, karena atf honda z1 nya habis, jadi saya pakai castrol transmax multivehicle, lebih mahal 15 rb sih dari atf honda z1, and now works well, ga ada masalah :e-think:
Ini yg dimaksud MTF apa ATF, meneer?

Kalau yg MTF, gejala yang langsung terasa itu waktu oper gigi, suara gearbox sama oli buangan. Oli buangan maksudnya ya analisa awam/fisik saja, belum level analisa lab.
Seingat saya, beberapa merk ada karakter khusus.

Pengalaman MTF Castrol, kalau kondisi masih dingin baru jalan, masuk gigi semua lancar dan ringan. Tapi kalau sudah panas gearbox-nya, atau kira2 jalan diatas 20an km, mulai sulit masuk gigi rendah (1 & 2). Terasa berat dan ada yg nahan.
Ini rasanya sama saat pakai Shell Spirax.

Waktu pakai MTF merk Mobil (Mobilube HD), justru sebaliknya. Kalau panas, yg susah justru gigi tinggi (4 & 5). Keluarnya juga susah, maksudnya kalau gigi sdh posisi 5 misalnya, mau diturunkan atau netral, kayaknya ada yg nyangkut.

Lain lagi sama Motul (Motylgear), masuk semua gigi lancar, tapi saat oper gigi terasa ada logam bergesekan (bunyi krek halus). Waktu di buang di km 15000an, olinya encer banget dan berbusa. Sama dgn merk FK-Massimo, waktu di tap, olinya encer bening berbusa.

Ada 1 merk (lupa) yg pernah dicoba, kalau pas masuk engaged di gigi 3, timbul suara berdengung di gearbox-nya.

Oya, saya rada2 over/phobia masalah perawatan, jd pakai oli mtf ngga pernah lebih dari 15.000km atau minimal setahun sekali ganti.

Dan dari semua oli MTF yg dicoba diatas, yang paling mahal Motul Motylgear dan kerasa ngga sepadan antara kinerja dan harganya.

Kalau yg ATF, kerasa gejala selipnya agak banyak dan susah kickdown. Jadi rada phobia, makanya oli ATF yg dipakai sekarang main aman saja, se merk sama mobilnya. Apalagi yg odyssey tempohari pernah overhaul berat.

Utk ATF yg butuh spek dexron dan kebetulan ngga ada oli yg se merk sama mobilnya, sekarang pakai castrol. Sejauh ini sih lancar.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aceagung »

Om, kl oli gardan pake GL5 85w140, di buku GL5 85w90
Bakal masalah gak ya.
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by wenD »

Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

wenD wrote:Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
2tahun mesti nya masih free jasa service/garansi yah...? di A2K bukan?
coba ngintip/mantau trit veloz di kuskus deh, bbrp waktu yg lalu byk yg komplain servis 10.000km biayanya hampir 1jt dan 20.000km biaya hampir 2jt, pdhal bilang nya free jasa servis.
Klo emang cuma mempertimbangkan ganti oli mesin, gardan dan transmisi kenapa ga di bengkel umum/toko oli macam T*da aja? Ato salah satu user SM di sini ada yg punya bengkel kok di daerah pluit.. (htannis)
IMHO
*bukan sales bengkel
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

aceagung wrote:Om, kl oli gardan pake GL5 85w140, di buku GL5 85w90
Bakal masalah gak ya.
jadi berat doongg
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

wenD wrote:Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
Yap kalau kita gak mau kena Gorok BeRes better bawa aja sendiri barang2 yg diperlukan utk diganti

yg penting abis servis dapat cap stempel BeRes

Kalau rutin servis di BeRes tertentu, sekalian kenalan aja ama KaBeng-nya......nanti kalau menjelang garansi abis klaim2 aja semua yg bisa diklaim
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by wenD »

[/quote]

2tahun mesti nya masih free jasa service/garansi yah...? di A2K bukan?
coba ngintip/mantau trit veloz di kuskus deh, bbrp waktu yg lalu byk yg komplain servis 10.000km biayanya hampir 1jt dan 20.000km biaya hampir 2jt, pdhal bilang nya free jasa servis.
Klo emang cuma mempertimbangkan ganti oli mesin, gardan dan transmisi kenapa ga di bengkel umum/toko oli macam T*da aja? Ato salah satu user SM di sini ada yg punya bengkel kok di daerah pluit.. (htannis)
IMHO
*bukan sales bengkel[/quote]

Saya daerah samarinda bro...
Iya di a2k...
Utk biaya servis emg free...
Yg poin2ny belum dijwb tuh.. Hehe
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by wenD »

Turboman wrote:
wenD wrote:Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
Yap kalau kita gak mau kena Gorok BeRes better bawa aja sendiri barang2 yg diperlukan utk diganti

yg penting abis servis dapat cap stempel BeRes

Kalau rutin servis di BeRes tertentu, sekalian kenalan aja ama KaBeng-nya......nanti kalau menjelang garansi abis klaim2 aja semua yg bisa diklaim
Poin2ny om turbo tolong dijwb....
Utk mslh claim, biarkan saja.....
Selama ini sih pelayanan utk a2k bagus2 aj
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by wenD »

Turboman wrote:
wenD wrote:Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
Yap kalau kita gak mau kena Gorok BeRes better bawa aja sendiri barang2 yg diperlukan utk diganti

yg penting abis servis dapat cap stempel BeRes

Kalau rutin servis di BeRes tertentu, sekalian kenalan aja ama KaBeng-nya......nanti kalau menjelang garansi abis klaim2 aja semua yg bisa diklaim
Klaim2 apa nih om turbo?

Sekalian poin2 ny dijwb yah... Hehe :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

wenD wrote: Klaim2 apa nih om turbo?
Apa aja yg bisa di klaim sih klaim azaaa

Shock bereker / karet pintu misalnya

Ada tekniknya spy shock en karet diganti, tapi gak enak kalo sy jelasin di sini, monggo PM aja

Yg penting situ kenalan dulu ama KaBeng-nya

pokoknya kalau posisi kita sebagai customer, usahakan selalu kenal pimpinan / top level di persh yg kita beli produk-nya / jasa-nya........bilang aja dari komunitas Serayamotor, banyak yg pake Toyota.....heheheeh

Btw kalo soal barang2 yg anda bawa sendiri, ya kita atur aja laaa sesuai Nalar kita

Kalo spooring ya better di bkl khusus spooring lah
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lemonadelovers »

ALX7 wrote:
wenD wrote:Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
2tahun mesti nya masih free jasa service/garansi yah...? di A2K bukan?
coba ngintip/mantau trit veloz di kuskus deh, bbrp waktu yg lalu byk yg komplain servis 10.000km biayanya hampir 1jt dan 20.000km biaya hampir 2jt, pdhal bilang nya free jasa servis.
Klo emang cuma mempertimbangkan ganti oli mesin, gardan dan transmisi kenapa ga di bengkel umum/toko oli macam T*da aja? Ato salah satu user SM di sini ada yg punya bengkel kok di daerah pluit.. (htannis)
IMHO
*bukan sales bengkel
ane pernah servis avanza veloz at jg akhir th kmrn servis km 25rb.. jasa emang gratis, itu biaya ditagih atas bahan/ part.. dulu sih klo ga salah abis hampir sejuta jg oli dan part.. :big_bored:

semua diturutin karna ngejaga persyaratan warranty aja :big_dunno:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ALX7 »

wenD wrote:Misi nih numpang tanya ya

Mobil ane avanza veloz at
Bulan ini sudah hrs servis 24bln, KM cuman 24rb
Sebelumnya dapat email estimasi biayanya..
OLI MESIN 320,000
GASKET 6,100
OLI FILTER 37,100
BUSI 106,000
MINYAK REM 126,000
FILTER UDARA 170,000
BRAKE CLEANER 60,000
BALANCE 54,000
SPOORING 168,000
OLI TRANS GARDAN 450,000

Nah.... Utk oli mesin bakal saya bawa sendiri
Yg saya msh bingung n rancu adalah...
1. Filter udara hrs diganti?
2. Oli trans gardan yg dimaksud diatas itu apa ya? Oli transmisi atau oli gardan? Kok mahal yak
3. Kan oli mesin udh bawa sendiri tuh.. Apakah pantas jika minyak rem, busi n oil filter jg bawa sendiri?
:thanks:
Coba kasi pendapat:
1. Udah coba cek kondisi Filter Udara nya? Kondisi udara/jalanan di sana gimana? Berdebu kah?
Klo emang kondisi Filter Udah kotor /dekil banget ya sebaiknya diganti, tp klo msh bisa dibersihkan dgn cara ditiup pake kompresor angin ya kenapa harus ganti.
2. Itu yg perlu di-recheck lagi, oli ATF dan Gardan ato Gardan aja?
Klo menurut buku servis sih mestinya Oli Gardan,di ganti per 24bln/40.000km. Mahal? Ya iya lah, kan biaya jasa servis nya udah dimasukin kedalam harga oli nya :big_biglaugh:
3. Lebih baik dikonfirmasi lagi, klo oli mesin mungkin bisa lah, apalagi klo oli nya yg kita mau ga tersedia di BeRes.
Klo Filter Oli beli luaran sama beli di BeRes rasanya harga beda tipis sih, klo BRAKE CLEANER msh ada sisa servis sebelumnya ya dibawa aja, jd ga dikenakan charge lagi...

CMIIW dan IMHO aja yah
:big_peace:
I am a Driver... not a Racer...
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by wenD »

Tq bro alx sama om turbo ats jwbannya

Msh bingung mengenai oli trans gardanny itu

Begini deh, biasa oli gardan butuk spek n brp liter?
Trus, klo oli ATF butuh spek n brp liter jg?
Rekomendasi pergantian oli transmisi sama oli gardan tiap brp bulan ya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

nubie urung komen yah..

kl soal oli, apalagi transmisi ama gardan, saran ane mending di luaran aj... pengalaman servis di beres atoyot mreka itu dsamain antara oli gearbox dan gardan.. yg kadang sebenernya ga sesuai ama manual book... gearbox minta GL-4 koq dikasi GL-5.. dan lagi utk harga yg dibanderol ckup mahal, padahal ntuh oli biasa aj... duit nya setara ama oli gardan buatan luar negeri sana yg kualitas nya jauhhh lebi bagus..

btw, apanja ane ganti oli gardan cuman abis 2 liter lebi dikit doank... kl ampe 450 rebu emg abis brapa liter tuh... bahkan jasa nya emg sberapa mahal sehh cuman buat ganti oli gardan doank... ganti oli mesin ama filternya aj masi lebi rempong..

anyway, sekedar gambaran betapa kejem nya harga beres...

- minyak rem genuine toyota, sbotol 15-25 rebu
- oli transmisi GL-4 dan oli gardan GL-5 dgn branding atoyot, sliter nya kisaran 40an rebu
- busi sbiji nya 17-20an rebu
- gasket/ ring baut drain oli... sbiji 500 -1000 rupiah saja, kl di glodok, sekilo cuman 5000
- filter oli, genuine aatoyot thailand 30an rebu, aspira atau denso 18-20an rebu...
- filter udara, sakura, union kurang dari 80 rebu... yg genuine 90-100an lebi dikit
- brake cleaner merk nulon (buatan australia) sekaleng 20-30 rebu, kl beres seinget ane make dragon atau merk abal2 apalah yg bahkan ane cari di atrium kaga ada..

itu smua harga di sentra2 onderdil dan utk mobil apanja...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Post by VanzMatic »

Karrna itu lah sejak KM 20ribuan, ane udah males ke bengkel resmi.

Oh iya.. brake pad depan bisa pake Dai Taruna. Atau kalau ragu, pakai saja yg FOR XENIA.

Sama dan sebangun itu brakepad depan.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

Om om mau tny dong, bntr lagi waktunya ganti oli transmisi dan gardan, pingin ganti yg full synthetic dengan harapan setahun sekali ganti. Sy melaju setahun bs lebih dr 20rb km bahkan pernah setahun jalan 40 ribu km..kira" msh relevan ga yah ganti setahun sekali kalau full synthetic, ngeri jebol ni...thx
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:Om om mau tny dong, bntr lagi waktunya ganti oli transmisi dan gardan, pingin ganti yg full synthetic dengan harapan setahun sekali ganti. Sy melaju setahun bs lebih dr 20rb km bahkan pernah setahun jalan 40 ribu km..kira" msh relevan ga yah ganti setahun sekali kalau full synthetic, ngeri jebol ni...thx
Bagus doonkk...sehat mobilnya

Oli ATF dan Gardan yg synthetic banyak....sesuaikan budget aja

Oli Gardan bisa pake Q8 T65 - 75W90 GL-5 .....saya pakai 50 rb Km masih bagus kondisinya

Oli Trans manual sintetik boleh coba Redline MT 90 - 75W90 GL-4
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:
dieselman228 wrote:Om om mau tny dong, bntr lagi waktunya ganti oli transmisi dan gardan, pingin ganti yg full synthetic dengan harapan setahun sekali ganti. Sy melaju setahun bs lebih dr 20rb km bahkan pernah setahun jalan 40 ribu km..kira" msh relevan ga yah ganti setahun sekali kalau full synthetic, ngeri jebol ni...thx
Bagus doonkk...sehat mobilnya

Oli ATF dan Gardan yg synthetic banyak....sesuaikan budget aja

Oli Gardan bisa pake Q8 T65 - 75W90 GL-5 .....saya pakai 50 rb Km masih bagus kondisinya

Oli Trans manual sintetik boleh coba Redline MT 90 - 75W90 GL-4

Oke noted om turbo infonya
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

Om turbo boleh dong sebutin oli gardan dan transmisi manual yg 75w90 yg sekiranya di toda klp gading ada. Pernah nelpon tp ga hapal. Dan btuh alternatif lainnya. Harga bukan patokan.Thx om.
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

dieselman228 wrote:Om turbo boleh dong sebutin oli gardan dan transmisi manual yg 75w90 yg sekiranya di toda klp gading ada. Pernah nelpon tp ga hapal. Dan btuh alternatif lainnya. Harga bukan patokan.Thx om.
ya pake itu aja...gardan Q8 T65

Trans manual pake Redline MT90.....alternative bisa pake Eneos 75W90 GL-5 yg sticker biru......murah......kualitas oke, kandungan EP additip-nya mirip GL-4.....oli favorit pengguna RX-8 manual di US
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:
dieselman228 wrote:Om turbo boleh dong sebutin oli gardan dan transmisi manual yg 75w90 yg sekiranya di toda klp gading ada. Pernah nelpon tp ga hapal. Dan btuh alternatif lainnya. Harga bukan patokan.Thx om.
ya pake itu aja...gardan Q8 T65

Trans manual pake Redline MT90.....alternative bisa pake Eneos 75W90 GL-5 yg sticker biru......murah......kualitas oke, kandungan EP additip-nya mirip GL-4.....oli favorit pengguna RX-8 manual di US
Oke deh om turbo besok langsung hunting deh.. thx
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jalananDOHC »

oli transmisi cvt mobilio bisa pake oli selain honda cvtf gak? pake oli yang cocok apa ?