Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

jalananDOHC wrote:oli transmisi cvt mobilio bisa pake oli selain honda cvtf gak? pake oli yang cocok apa ?
Hati2 krn oli CVT sgt spesifik

kalo mau upgrade bisa survey Moty's dan Motorex, yg jual si Sphinx di pins square Lb bulus......nanti pelajari dulu spec nya / std nya, harus yg benar2 match......
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

sesuai petunjuk oom Turboman tempo hari mengenai oli mesin mobil saya, ganti per 10.000 KM atau maksimum 1 tahun. bagaimana dengan oli transmisi dan gardan, apa ada batasan waktu atau tetap mengacu KM?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

marmut wrote:sesuai petunjuk oom Turboman tempo hari mengenai oli mesin mobil saya, ganti per 10.000 KM atau maksimum 1 tahun. bagaimana dengan oli transmisi dan gardan, apa ada batasan waktu atau tetap mengacu KM?
ATF :
Mineral = 2 tahun Max

Full Synth = 3 tahun Max

Indikasi lain = jika dlm range waktu tsb mulai terasa gejala selip, maka ATF ganti aja


Gardan :
Mineral = 1,5 tahun Max

Full Synth = 3 tahun Max

Utk jarak bisa refer ke buku manual atau ekomendasi dari si produsen oli utk yg kelas Full synth (jarak atau waktu mana yg duluan)

Transmisi manual :
Sejauh sampe ganti gigi mulai gak enak aja, tapi pastikan volume-nya full
cacaldo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jun 04, 2015 4:24

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by cacaldo »

oli gardan biasanya lebih kental bro dibanding oli transimi, sepengetahuan ane sih
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11007
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

cacaldo wrote:oli gardan biasanya lebih kental bro dibanding oli transimi, sepengetahuan ane sih
tengkyu oom, ane ikutin manual book. sae 80 buat gardan, dan atf buat gearbox.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
marmut wrote:sesuai petunjuk oom Turboman tempo hari mengenai oli mesin mobil saya, ganti per 10.000 KM atau maksimum 1 tahun. bagaimana dengan oli transmisi dan gardan, apa ada batasan waktu atau tetap mengacu KM?
ATF :
Mineral = 2 tahun Max

Full Synth = 3 tahun Max

Indikasi lain = jika dlm range waktu tsb mulai terasa gejala selip, maka ATF ganti aja


Gardan :
Mineral = 1,5 tahun Max

Full Synth = 3 tahun Max

Utk jarak bisa refer ke buku manual atau ekomendasi dari si produsen oli utk yg kelas Full synth (jarak atau waktu mana yg duluan)

Transmisi manual :
Sejauh sampe ganti gigi mulai gak enak aja, tapi pastikan volume-nya full
Om, atf perlu flush ga?
Apa cukup diganti aja?
Pakenya atf honda z1
Mobil 3 tahun 20,8xx KM
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Jambangan wrote:
Om, atf perlu flush ga?
Apa cukup diganti aja?
Pakenya atf honda z1
Mobil 3 tahun 20,8xx KM
Flush lah

Ngapain ganti di pan, scr sama flush ala Gerlong cuman selisih dikit, paling selisih 2 L aja
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jalananDOHC »

Turboman wrote:
Jambangan wrote:
Om, atf perlu flush ga?
Apa cukup diganti aja?
Pakenya atf honda z1
Mobil 3 tahun 20,8xx KM
Flush lah

Ngapain ganti di pan, scr sama flush ala Gerlong cuman selisih dikit, paling selisih 2 L aja
biaya flush atf sampe berapa?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Flush lah

Ngapain ganti di pan, scr sama flush ala Gerlong cuman selisih dikit, paling selisih 2 L aja
Oke makasih infonya om :thanks:
Rencana minggu depan mau flush
Dari baru belum pernah ganti atf udah 3 tahun 20rb KM :mrgreen:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by nugroho bagor »

Jambangan wrote:
Turboman wrote:
Flush lah

Ngapain ganti di pan, scr sama flush ala Gerlong cuman selisih dikit, paling selisih 2 L aja
Oke makasih infonya om :thanks:
Rencana minggu depan mau flush
Dari baru belum pernah ganti atf udah 3 tahun 20rb KM :mrgreen:
Wah 3 tahun baru 20 ribu Km garage queen nih :frm_salut: horang kayah apa males jalan2 om :upss:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Jambangan »

nugroho bagor wrote: Wah 3 tahun baru 20 ribu Km garage queen nih :frm_salut: horang kayah apa males jalan2 om :upss:
Lebih sering dipake jarak dekat om bagor :mky_01:
Ga pernah jarak jauh. paling jauh cuma ke bandung :upss:
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dracoantoni »

bro, kalau oli manual pke yang lbh encer ada efek negatif gak ya??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Dracoantoni wrote:bro, kalau oli manual pke yang lbh encer ada efek negatif gak ya??
SAE sesuaikan dengan di buku manual aja

Tapi Kalo mau coba yg sedikitt lebih "light" sih boleh aja

Dulu ada teman pake Panther always pake ATF di trans manualnya (ATF = SAE 20), sedangkan kekentalan yg dianjurkan di buku manual = SAE 40 or bisa juga pake yg buntut 30
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jalananDOHC »

klo ganti oli transmisi matic berdasarkan km atau tahun?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by FMEAKD »

Mana yg tercapai terlebih dahulu..
Biasa nya ane tiap 20K km nya,kalo tahun mungkin sekitar 1 tahunan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

jalananDOHC wrote:klo ganti oli transmisi matic berdasarkan km atau tahun?
kalo ATF yg mineral 2 tahun atau 35 - 40 rb Km yg mana duluan lah
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dracoantoni »

barusan ganti Redline MTL di Ertiga, gak terlalu kerasa bedanya sma SGO yah???
mungkin perlu break in??
still notchy
jdi inget kmren IIMS 2015, ada Datsun Go Panca turbo modifikasian, transmisinya enteng n effortless bgt shiftingnya
pke oli apaan yak???
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

Dracoantoni wrote:barusan ganti Redline MTL di Ertiga, gak terlalu kerasa bedanya sma SGO yah???
mungkin perlu break in??
still notchy
jdi inget kmren IIMS 2015, ada Datsun Go Panca turbo modifikasian, transmisinya enteng n effortless bgt shiftingnya
pke oli apaan yak???

Redline MTL itu oli transmisi manual 75w80 ya om? enteng sekali ya om? beli dmn sama DC per liternya brp? :mky_01:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
Dracoantoni
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Sep 23, 2015 1:15

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dracoantoni »

dieselman228 wrote:
Dracoantoni wrote:barusan ganti Redline MTL di Ertiga, gak terlalu kerasa bedanya sma SGO yah???
mungkin perlu break in??
still notchy
jdi inget kmren IIMS 2015, ada Datsun Go Panca turbo modifikasian, transmisinya enteng n effortless bgt shiftingnya
pke oli apaan yak???

Redline MTL itu oli transmisi manual 75w80 ya om? enteng sekali ya om? beli dmn sama DC per liternya brp? :mky_01:
iya, tdi langsung break in pp bekasi-kuningan, msh kerasa pas ganti gigi sih, tpi masuknya gampang bgt, pas di pindahin shifternya msh kerasa jalur2nya, tpi enak bgt langsung masuk, mungkin kalo mw kerasa lbh halus, pke MT85 ato MT90 kali ya???
ane ambil di daerah fatmawati bro, ya baca2 disini sih, dapet yg harganya bgus 170rbu/ltr
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by scorpio »

Dracoantoni wrote:
iya, tdi langsung break in pp bekasi-kuningan, msh kerasa pas ganti gigi sih, tpi masuknya gampang bgt, pas di pindahin shifternya msh kerasa jalur2nya, tpi enak bgt langsung masuk, mungkin kalo mw kerasa lbh halus, pke MT85 ato MT90 kali ya???
ane ambil di daerah fatmawati bro, ya baca2 disini sih, dapet yg harganya bgus 170rbu/ltr
wah murah tu oom redline mtl nya. kemaren pas mampir ke toda nyari oli 75-80 GL4 sempet nemu redline, harganya 200an (lupa berapa tepatnya, tapi cukup mencengankan) :drinking:
sekarang lagi dipakein castrol GL4 80-90 buat di miras, dan hasilnya keras banget shiftingnya :frm_bang_head:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dieselman228 »

scorpio wrote:
Dracoantoni wrote:
iya, tdi langsung break in pp bekasi-kuningan, msh kerasa pas ganti gigi sih, tpi masuknya gampang bgt, pas di pindahin shifternya msh kerasa jalur2nya, tpi enak bgt langsung masuk, mungkin kalo mw kerasa lbh halus, pke MT85 ato MT90 kali ya???
ane ambil di daerah fatmawati bro, ya baca2 disini sih, dapet yg harganya bgus 170rbu/ltr
wah murah tu oom redline mtl nya. kemaren pas mampir ke toda nyari oli 75-80 GL4 sempet nemu redline, harganya 200an (lupa berapa tepatnya, tapi cukup mencengankan) :drinking:
sekarang lagi dipakein castrol GL4 80-90 buat di miras, dan hasilnya keras banget shiftingnya :frm_bang_head:

thx infonya om draco..
iya nih ane juga pake itu castrol di ipah :big_dunno: alhasil lumayan agak berat...baru jalan 13 ribuan jadi nanti aja di gantinya mau coba yang enceran dikit :big_biglaugh:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aceagung »

Image

http://www.redlineoil.com/product.aspx?pid=51&pcid=9

om2 sekalian, adakah yg pernah pakai oli ini?? di label nya bisa untuk matik & manual.

emg bener bisa untuk manual?? :big_think:

:thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

aceagung wrote:Image

http://www.redlineoil.com/product.aspx?pid=51&pcid=9

om2 sekalian, adakah yg pernah pakai oli ini?? di label nya bisa untuk matik & manual.

emg bener bisa untuk manual?? :big_think:

:thanks:
ATF std Dexron III & derivatnya itu pada dasarnya memiliki kekentalan SAE 20

Jika buku manual mobil anda megijinkan oli trans manual pake SAE 20 ya monggo

BMW E36 manual tuh std nya oli ATF

Kalo temen dulu pernah di Trans Panther-nya pake ATF, enak katanya......std oli trans Panther itu = SAE oli mesin.....
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Thu Dec 05, 2013 14:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aceagung »

Turboman wrote:
ATF std Dexron III & derivatnya itu pada dasarnya memiliki kekentalan SAE 20

Jika buku manual mobil anda megijinkan oli trans manual pake SAE 20 ya monggo

BMW E36 manual tuh std nya oli ATF

Kalo temen dulu pernah di Trans Panther-nya pake ATF, enak katanya......std oli trans Panther itu = SAE oli mesin.....

Code: Select all

TYPICAL PROPERTIES

SAE Viscosity Grade (Motor Oil) 	0W20
SAE Viscosity Grade (Gear Oil) 	70W80
Vis @ 100°C, cSt 	7.5
Vis @ 40°C, cSt 	34
Viscosity Index 	198
Pour Point, °C 	-60
Pour Point, °F 	-76
Brookfield Viscosity @ -40°C, Poise 	52
thanks om turbo

di websitenya SAE gear = 70W80

buku manual minta 75W80 GL4, berarti msh bisa om??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

aceagung wrote:
thanks om turbo

di websitenya SAE gear = 70W80

buku manual minta 75W80 GL4, berarti msh bisa om??
Bisa

Nah itu harusnya pas.......krn saat di suhu panas keduanya masuk range SAE 80 - SAE utk gear oli std

Ini trans manual Nissan bukan ?