Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

mjieffect0909
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Mon Mar 14, 2022 6:39
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by mjieffect0909 »

Numpang tanya dong suhu, Nissan Teana J31 kemaren dipake Lewat Jalur Puncak, Posisi D, tanjakan baru mo mulai (belom nanjak banget) sempet slip dan bunyi gitu (kaya gesekan besi gitu), pas coba matiin AC trus di keep di posisi 2, baru aman, ga bunyi2 .... apakah itu slip matic ?

Pas pulangnya, posisi D kaya ketahan di gigi rendah gitu, (30-40kpj, 2000rpm) dibejek cuma naek RPM ampe 4000 tapi kpj ga naek2 padahal trek lurus.
Nepi dlu.... pas agak lamaan start normal ... tp ga lama ketahan lg.

Kondisi oli matic masih Pink cerah tidak ada bau gosong, cuman yg worry pas lg keadaan start idle, trus pindah2transmisi idle ... dipstick dikit bat (diujung doang) ....apakah cuma karena kurang Oli Matic nya ya ?

Oiya bte records ganti oli matic 1-1,5 taun yg lalu posisi KM 112rban, skrg KM 115rb an pake Castrol ATF

Ada tips atau rekomen Oli buat nextnya ? (terlepas perlu bongkar matic atau ganti/tambah oli aja)
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

mjieffect0909 wrote: Thu May 12, 2022 6:36 Numpang tanya dong suhu, Nissan Teana J31 kemaren dipake Lewat Jalur Puncak, Posisi D, tanjakan baru mo mulai (belom nanjak banget) sempet slip dan bunyi gitu (kaya gesekan besi gitu), pas coba matiin AC trus di keep di posisi 2, baru aman, ga bunyi2 .... apakah itu slip matic ?

Pas pulangnya, posisi D kaya ketahan di gigi rendah gitu, (30-40kpj, 2000rpm) dibejek cuma naek RPM ampe 4000 tapi kpj ga naek2 padahal trek lurus.
Nepi dlu.... pas agak lamaan start normal ... tp ga lama ketahan lg.

Kondisi oli matic masih Pink cerah tidak ada bau gosong, cuman yg worry pas lg keadaan start idle, trus pindah2transmisi idle ... dipstick dikit bat (diujung doang) ....apakah cuma karena kurang Oli Matic nya ya ?

Oiya bte records ganti oli matic 1-1,5 taun yg lalu posisi KM 112rban, skrg KM 115rb an pake Castrol ATF

Ada tips atau rekomen Oli buat nextnya ? (terlepas perlu bongkar matic atau ganti/tambah oli aja)
Seal2 aman? Udah pernah turun transmisi sebelumnya?

Kalo misal ATF nya kurang cb top up dulu aja sampe batas max, ATF nya pake tipe yg sesuai manual book merek bebas sesuai budget aja
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

mjieffect0909 wrote: Thu May 12, 2022 6:36 Numpang tanya dong suhu, Nissan Teana J31 kemaren dipake Lewat Jalur Puncak, Posisi D, tanjakan baru mo mulai (belom nanjak banget) sempet slip dan bunyi gitu (kaya gesekan besi gitu), pas coba matiin AC trus di keep di posisi 2, baru aman, ga bunyi2 .... apakah itu slip matic ?

Pas pulangnya, posisi D kaya ketahan di gigi rendah gitu, (30-40kpj, 2000rpm) dibejek cuma naek RPM ampe 4000 tapi kpj ga naek2 padahal trek lurus.
Nepi dlu.... pas agak lamaan start normal ... tp ga lama ketahan lg.

Kondisi oli matic masih Pink cerah tidak ada bau gosong, cuman yg worry pas lg keadaan start idle, trus pindah2transmisi idle ... dipstick dikit bat (diujung doang) ....apakah cuma karena kurang Oli Matic nya ya ?

Oiya bte records ganti oli matic 1-1,5 taun yg lalu posisi KM 112rban, skrg KM 115rb an pake Castrol ATF

Ada tips atau rekomen Oli buat nextnya ? (terlepas perlu bongkar matic atau ganti/tambah oli aja)
Coba aja level olinya ditambah dulu sampe sesuai ilang gak gejalanya.

Kalo mau oli atf bagus bisa coba Q8 Auto JK untuk transmisi 4 speednya. Tapi sih saya gak yakin issuenya kualitas oli karena castrol atfnya baru jalan 3rb km, jadi ganti oli lebih bagus gak jaminan sembuh juga.
mjieffect0909
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Mon Mar 14, 2022 6:39
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by mjieffect0909 »

evanbngdor wrote: Thu May 12, 2022 6:47
mjieffect0909 wrote: Thu May 12, 2022 6:36 Numpang tanya dong suhu, Nissan Teana J31 kemaren dipake Lewat Jalur Puncak, Posisi D, tanjakan baru mo mulai (belom nanjak banget) sempet slip dan bunyi gitu (kaya gesekan besi gitu), pas coba matiin AC trus di keep di posisi 2, baru aman, ga bunyi2 .... apakah itu slip matic ?

Pas pulangnya, posisi D kaya ketahan di gigi rendah gitu, (30-40kpj, 2000rpm) dibejek cuma naek RPM ampe 4000 tapi kpj ga naek2 padahal trek lurus.
Nepi dlu.... pas agak lamaan start normal ... tp ga lama ketahan lg.

Kondisi oli matic masih Pink cerah tidak ada bau gosong, cuman yg worry pas lg keadaan start idle, trus pindah2transmisi idle ... dipstick dikit bat (diujung doang) ....apakah cuma karena kurang Oli Matic nya ya ?

Oiya bte records ganti oli matic 1-1,5 taun yg lalu posisi KM 112rban, skrg KM 115rb an pake Castrol ATF

Ada tips atau rekomen Oli buat nextnya ? (terlepas perlu bongkar matic atau ganti/tambah oli aja)
Seal2 aman? Udah pernah turun transmisi sebelumnya?

Kalo misal ATF nya kurang cb top up dulu aja sampe batas max, ATF nya pake tipe yg sesuai manual book merek bebas sesuai budget aja
Belom pernah turun matic om sblumny ... jadi coba tambah oli dlu brati ya ? tp pas kmren nepi kondisi Hot sih sesuai indikator dipstick ... cuma pas cold ga sesuai indikator
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

mjieffect0909 wrote: Thu May 12, 2022 6:59
evanbngdor wrote: Thu May 12, 2022 6:47
mjieffect0909 wrote: Thu May 12, 2022 6:36 Numpang tanya dong suhu, Nissan Teana J31 kemaren dipake Lewat Jalur Puncak, Posisi D, tanjakan baru mo mulai (belom nanjak banget) sempet slip dan bunyi gitu (kaya gesekan besi gitu), pas coba matiin AC trus di keep di posisi 2, baru aman, ga bunyi2 .... apakah itu slip matic ?

Pas pulangnya, posisi D kaya ketahan di gigi rendah gitu, (30-40kpj, 2000rpm) dibejek cuma naek RPM ampe 4000 tapi kpj ga naek2 padahal trek lurus.
Nepi dlu.... pas agak lamaan start normal ... tp ga lama ketahan lg.

Kondisi oli matic masih Pink cerah tidak ada bau gosong, cuman yg worry pas lg keadaan start idle, trus pindah2transmisi idle ... dipstick dikit bat (diujung doang) ....apakah cuma karena kurang Oli Matic nya ya ?

Oiya bte records ganti oli matic 1-1,5 taun yg lalu posisi KM 112rban, skrg KM 115rb an pake Castrol ATF

Ada tips atau rekomen Oli buat nextnya ? (terlepas perlu bongkar matic atau ganti/tambah oli aja)
Seal2 aman? Udah pernah turun transmisi sebelumnya?

Kalo misal ATF nya kurang cb top up dulu aja sampe batas max, ATF nya pake tipe yg sesuai manual book merek bebas sesuai budget aja
Belom pernah turun matic om sblumny ... jadi coba tambah oli dlu brati ya ? tp pas kmren nepi kondisi Hot sih sesuai indikator dipstick ... cuma pas cold ga sesuai indikator
Cb top up oli pd saat dingin, abis itu cb rasain dulu masih gitu jg atau ngga. Kalo iya mungkin seal2 nya perlu ganti
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by kingpower »

Misi suhu2 dimari numpang tanya soal transmisi dual clutch.

Berkaitan dengan maintenance, kalo untuk matic TC ataupun cvt banyak yang menyarankan untuk tidak mengikuti standar service schedule bengkel resmi melainkan interval penggantian oli matic dipercepat, contohnya cvt honda ataupun nissan yang menyarankan penggantian tiap 20rb km instead of ikutin jadwal bengkel resmi (ada yang tiap 60rb atau tiap 100rb).

Lalu bagaimana dengan penggantian oli2 dualclutch seperti dsg vw ataupun dualclutch santa fe facelift? Apakah dengan mengikuti panduan bengkel resmi akan ada resiko lebih untuk jebol daripada yang seharusnya? Saya belum baca manual vw tapi untuk santafe menurut service book oli transmisi diganti tiap 100rb km?
Mungkin dari teman2 user vw ataupun yang lain bisa share mengenai maintenance dualclutch sebagai preventif jebolnya transmisi ini.
Terima kasih
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

kingpower wrote: Tue May 17, 2022 11:10 Misi suhu2 dimari numpang tanya soal transmisi dual clutch.

Berkaitan dengan maintenance, kalo untuk matic TC ataupun cvt banyak yang menyarankan untuk tidak mengikuti standar service schedule bengkel resmi melainkan interval penggantian oli matic dipercepat, contohnya cvt honda ataupun nissan yang menyarankan penggantian tiap 20rb km instead of ikutin jadwal bengkel resmi (ada yang tiap 60rb atau tiap 100rb).

Lalu bagaimana dengan penggantian oli2 dualclutch seperti dsg vw ataupun dualclutch santa fe facelift? Apakah dengan mengikuti panduan bengkel resmi akan ada resiko lebih untuk jebol daripada yang seharusnya? Saya belum baca manual vw tapi untuk santafe menurut service book oli transmisi diganti tiap 100rb km?
Mungkin dari teman2 user vw ataupun yang lain bisa share mengenai maintenance dualclutch sebagai preventif jebolnya transmisi ini.
Terima kasih
Ganti aja setiap 40rb/2 tahun, max pake 60rb/3 tahun kalo pake oli yang bagusan. Kalau di eropa biasanya oli dct memang digantinya tiap 100rb km, tapi kalo di Indo kan sering macet merambat. Kalau system dry clutchnya sante fe sih belum sering denger jebol ya, jadi mungkin memang lebih durable dari dry clutchnya VW.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


sahabatq8 wrote: Ganti aja setiap 40rb/2 tahun, max pake 60rb/3 tahun kalo pake oli yang bagusan. Kalau di eropa biasanya oli dct memang digantinya tiap 100rb km, tapi kalo di Indo kan sering macet merambat. Kalau system dry clutchnya sante fe sih belum sering denger jebol ya, jadi mungkin memang lebih durable dari dry clutchnya VW.
Dct nya santa fe ini bukannya baru dipakai taon 2021 ini kan yah di TM facelift, jd msh baru yah wajar blom kedengeran banyak masalah.

Btw setau ane dct nya bukan yg dry yah tapi yg wet alias terendam oli cmiiw... kl wet sih harusnya jauh lebih durable banding dry.

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

benzz89 wrote: Tue May 17, 2022 14:07
sahabatq8 wrote: Ganti aja setiap 40rb/2 tahun, max pake 60rb/3 tahun kalo pake oli yang bagusan. Kalau di eropa biasanya oli dct memang digantinya tiap 100rb km, tapi kalo di Indo kan sering macet merambat. Kalau system dry clutchnya sante fe sih belum sering denger jebol ya, jadi mungkin memang lebih durable dari dry clutchnya VW.
Dct nya santa fe ini bukannya baru dipakai taon 2021 ini kan yah di TM facelift, jd msh baru yah wajar blom kedengeran banyak masalah.

Btw setau ane dct nya bukan yg dry yah tapi yg wet alias terendam oli cmiiw... kl wet sih harusnya jauh lebih durable banding dry.
Pake olinya soalnya 70w gl4 , mobil dry yang biasa pake itu. Santa fenya sendiri baru, tapi sistemnya kyknya mirip mirip sama seltos yang in general gak sebermasalah vw dry clutch.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


sahabatq8 wrote:
benzz89 wrote: Tue May 17, 2022 14:07
sahabatq8 wrote: Ganti aja setiap 40rb/2 tahun, max pake 60rb/3 tahun kalo pake oli yang bagusan. Kalau di eropa biasanya oli dct memang digantinya tiap 100rb km, tapi kalo di Indo kan sering macet merambat. Kalau system dry clutchnya sante fe sih belum sering denger jebol ya, jadi mungkin memang lebih durable dari dry clutchnya VW.
Dct nya santa fe ini bukannya baru dipakai taon 2021 ini kan yah di TM facelift, jd msh baru yah wajar blom kedengeran banyak masalah.

Btw setau ane dct nya bukan yg dry yah tapi yg wet alias terendam oli cmiiw... kl wet sih harusnya jauh lebih durable banding dry.
Pake olinya soalnya 70w gl4 , mobil dry yang biasa pake itu. Santa fenya sendiri baru, tapi sistemnya kyknya mirip mirip sama seltos yang in general gak sebermasalah vw dry clutch.
Kalau baca di link ini sih dct santa fe tm facelift adalah wet clutch sih om, yg bicara adalah product expertnya HMI langsung dan santa fe ini adalah satu2nya Big suv yg pakai dct.

Imho kl di kasih dry clutch sih sgt beresiko utk mobil sebesar, seberat & sekuat ini tenaga & torsi jumbonya. Btw hati2 om kasih referensi oli buat santa fe dct ini, jgn sampai salah kasih spec yg buat seltos punya loh [emoji3526]

https://www.gridoto.com/read/222674700/ ... g-fortuner
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by kingpower »

sahabatq8 wrote: Tue May 17, 2022 11:32
kingpower wrote: Tue May 17, 2022 11:10 Misi suhu2 dimari numpang tanya soal transmisi dual clutch.

Berkaitan dengan maintenance, kalo untuk matic TC ataupun cvt banyak yang menyarankan untuk tidak mengikuti standar service schedule bengkel resmi melainkan interval penggantian oli matic dipercepat, contohnya cvt honda ataupun nissan yang menyarankan penggantian tiap 20rb km instead of ikutin jadwal bengkel resmi (ada yang tiap 60rb atau tiap 100rb).

Lalu bagaimana dengan penggantian oli2 dualclutch seperti dsg vw ataupun dualclutch santa fe facelift? Apakah dengan mengikuti panduan bengkel resmi akan ada resiko lebih untuk jebol daripada yang seharusnya? Saya belum baca manual vw tapi untuk santafe menurut service book oli transmisi diganti tiap 100rb km?
Mungkin dari teman2 user vw ataupun yang lain bisa share mengenai maintenance dualclutch sebagai preventif jebolnya transmisi ini.
Terima kasih
Ganti aja setiap 40rb/2 tahun, max pake 60rb/3 tahun kalo pake oli yang bagusan. Kalau di eropa biasanya oli dct memang digantinya tiap 100rb km, tapi kalo di Indo kan sering macet merambat. Kalau system dry clutchnya sante fe sih belum sering denger jebol ya, jadi mungkin memang lebih durable dari dry clutchnya VW.
Kalo untuk oli original brand nya apakah terhitung oli bagus om? Kalo ga salah oli dsg vw itu pake oli oem tapi gatau sih apakah itu rebranding oli di pasaran atau memang specifically formulated oleh vw untuk dsg nya. Kalo diliat ditoped yang jual sparepart vw harganya bisa gope perliternya tapi ada brand lain sebagai substitutionnya. Entahlah kalo dct hyundai pake olinya gimana karena terhitung baru juga ya di santafe facelift.

Oh iya om untuk tiguan dan santafe pake wet clutch bukan dry clutch kalo ga salah ya. Jadi untuk biaya flushingnya lumayan mahal kalo liat harga oli dsg vw perliternya itupun harga tokped bukan harga bengkel resminya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

benzz89 wrote: Wed May 18, 2022 1:10
sahabatq8 wrote:
benzz89 wrote: Tue May 17, 2022 14:07

Dct nya santa fe ini bukannya baru dipakai taon 2021 ini kan yah di TM facelift, jd msh baru yah wajar blom kedengeran banyak masalah.

Btw setau ane dct nya bukan yg dry yah tapi yg wet alias terendam oli cmiiw... kl wet sih harusnya jauh lebih durable banding dry.
Pake olinya soalnya 70w gl4 , mobil dry yang biasa pake itu. Santa fenya sendiri baru, tapi sistemnya kyknya mirip mirip sama seltos yang in general gak sebermasalah vw dry clutch.
Kalau baca di link ini sih dct santa fe tm facelift adalah wet clutch sih om, yg bicara adalah product expertnya HMI langsung dan santa fe ini adalah satu2nya Big suv yg pakai dct.

Imho kl di kasih dry clutch sih sgt beresiko utk mobil sebesar, seberat & sekuat ini tenaga & torsi jumbonya. Btw hati2 om kasih referensi oli buat santa fe dct ini, jgn sampai salah kasih spec yg buat seltos punya loh [emoji3526]

https://www.gridoto.com/read/222674700/ ... g-fortuner
Bener juga ya om , ternyata 8 speed dct santa fe ini wet clutch kalo liat video documentasinya. Tapi kenapa mintanya oli manual GL4 ya , which is oli untuk dry clutch. Sempet tanya jg ke kenalan di Hyundai Indonesia (kita vendor) dan mintanya 70w Gl4. Saya cek di Q8 Oil Recommendation juga dikasihnya oli GL4.

So far sih customer yang pake santa fe baru oli mesin aja sih.

Apa si hyundai ini system dct wetclutchnya beda dibanding yang lain? Sehingga pakenya oli gl4
Screenshot_20220518-102224__01.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

sae 70w itu berarti single grade ya? winter specific single grade? baru tau ada visco begitu nulisnya ga ada buntutnya


Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 3:35 sae 70w itu berarti single grade ya? winter specific single grade? baru tau ada visco begitu nulisnya ga ada buntutnya


Image
Ini berarti udh equipped sama friction modifier serupa oli mesin JASO MA di bebek 4 tak.
buat kopling basah biar gak selip.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
andrejunior
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by andrejunior »

ac235287 wrote: Tue May 10, 2022 12:38
Ane pake ini d gardan Innova Om, licin, udah 6 bulanan, Alhamdulillah aman jaya. :upss:
Ane penyuka oli2 exotis Om hahaha. Motto ane murah meriah muncrat. :big_grin:

Oli LSD itu dia ada tambahan aditif buat kopling LSD nya, aditifnya compatible dgn seluruh gigi2 gardan conventional om sebab gardan LSD itu sendiri terdiri dari gigi2 gardan konvensional + kopling. Jd pastinya sama roda gigi2 konven dia ttp cocok.

apa aja tuh oli eksotis om?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24 barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
Moso sich mbah 21k/2 tahun? Bukan 2,1k/2 tahun? :big_peace: :glodak: :glodak:

Btw ams ini bukannya 1 quartz nya harga 300an ya mbah? :big_think:
Apa itu u yg 75W-90 GL4 oli transmisi ya yg saya liat harganya :big_childish:
nubie in all things - still need to learn
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24 barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Wed May 18, 2022 14:43
Moso sich mbah 21k/2 tahun? Bukan 2,1k/2 tahun? :big_peace: :glodak: :glodak:

Btw ams ini bukannya 1 quartz nya harga 300an ya mbah? :big_think:
Apa itu u yg 75W-90 GL4 oli transmisi ya yg saya liat harganya :big_childish:
si Hank mah rute jarak jauh. Bali pp udah 3x abis itu ngendon di garasi :big_biglaugh:

330rb se quart iya betul. severe service dia 30,000 miles. normal service 50,000 mi kl ga salah. tp kita cari aman aja meskipun dompet bisa dilipet 4, mang gw pikirin, yg penting hepiii :big_grin:
Profith83 wrote: Wed May 18, 2022 15:38
saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
wah rajin juga mbah. pake oli apa mbah?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


Profith83 wrote: saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
Gile om profit tiap taon oci oli gardan... kalah nih mbah suhu kita yg ono [emoji3526]

Pas di tap bersih dr gram2an halus kali yah baut mangnetnya... kinclong [emoji1]

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

benzz89 wrote: Thu May 19, 2022 1:44
Profith83 wrote: saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
Gile om profit tiap taon oci oli gardan... kalah nih mbah suhu kita yg ono [emoji3526]

Pas di tap bersih dr gram2an halus kali yah baut mangnetnya... kinclong [emoji1]
Itu awalnya doang mbah yang rajin karena lihat gram nempel jadi takut.

Lihat dari 2019 sampai sekarang belum ganti karena pandemi. sdh jalan 20rb KM dari terakhir ganti 2019, jadi waktunya ganti lagi
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 17:00
Profith83 wrote: Wed May 18, 2022 15:38
saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
wah rajin juga mbah. pake oli apa mbah?
3 thn terakhir belum ganti mbah karena pandemi. Awalnya saja yang tiap tahun ganti karena awal awal.

Pakai yang 100 rb an saja Eneos. Sekarang kayanya sudah gak ada tuh oli
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

Profith83 wrote: Wed May 18, 2022 15:38
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 12:24 barusan ganti oli gardan fortuner vrz sy, oci 21k km/2 tahun. kondisi oli bekas keruh (warna awal light yellow), tdk hitam n msh agak kuning2. di drain plug ada magnetnya dan ada deposit serbuk halus metal jumlahnya lumayan tp ga ada metal chunks. oli sebelumnya Ams severe gear 75w90 dan penggantinya juga oli yg sama. 4 quart pas habis, ga luber tp tepat di bibir fill hole.
yg di drain ini oli kedua setelah oli factory fill yg udah diganti di 1k km inreyen.

mudah2an next ini wear rate nya semakin bagus n bisa oci 30k km.
saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
Kalo saya ngga sampe setahun udah ganti oli gardan mbah, tp bukan karena terlalu rajin, karena memang tiap 20rb km gantinya
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Thu May 19, 2022 2:04
Omnibus wrote: Wed May 18, 2022 17:00
Profith83 wrote: Wed May 18, 2022 15:38
saya hampir 3 thn 20rb KM belum sempat ganti. KM sekarang 38rb. Ini oli ke 3.
Oli dari Pabrik 1rb ganti thn 2017, Oli ke 2 ganti di 10rb KM thn 2018, Olie ke 3 ganti di 18rb thn 2019. Ini mau ganti oli ke 4
wah rajin juga mbah. pake oli apa mbah?
3 thn terakhir belum ganti mbah karena pandemi. Awalnya saja yang tiap tahun ganti karena awal awal.

Pakai yang 100 rb an saja Eneos. Sekarang kayanya sudah gak ada tuh oli
ganti lagi sendiri dong mbah, kan tools nya kumplit skrg :big_smile]
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adri31 »

mau tanya oli transmisi manual untuk xenia 2022 m/t. di buku panduan, mintanya gl4 sae 80. kalau tidak pakai oli standar dgo, ada rekomendasi oli yg lebih baik?