Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
shale shaker wrote:
Om turbo, untuk D4D matic hampir 2 tahun belum pernah ganti ATF dari baru, kalau metode drain dari pan dan trus top up pakai Motul ATF 1A boleh ga ya? Jadi olinya bawaann asli Toyota nyampur dengan Motul boleh ga ya?
makasih.
Wah sayang oli Motul-nya
Mending lgs kuras ala GerLong aja, paling habisnya 6 L, bersih pula.
Drain and fill aja mau 4 L, cuman beda dikit, tapi kecampur ama oli lama.
Halo om Turboman, saya mau konsultasi ini om. Saya punya Yaris E AT 2007, waktu saya beli di temen
(sy beli second bln okt 2013) di Odo 14005 dan sekarang sdh di odo 220xx. Di odo 16xxx saya ke beres
buat servis berkala 20000, dan di odo 19xxx saya ke beres lagi buat servis kecil (terutama cek karet" dan oli ATF).
Kata SAnya oli ATFnya masih bagus, terus gantinya nanti di odo 40000. Apa saya tetep perlu untuk ganti oli ATF?
Karena Yaris saya sama owner sebelumnya (temen saya) jarang banget dipakai, soalnya cuman buat mobil serep.
Kalau misalnya saya mau check kondisi oli ATF di yaris saya, kl sudah harus ganti kondisi warna olinya bgmn ya om?
krn yaris ini mobil matic pertama saya. Mohon pencerahannya
shale shaker wrote:
Om turbo, untuk D4D matic hampir 2 tahun belum pernah ganti ATF dari baru, kalau metode drain dari pan dan trus top up pakai Motul ATF 1A boleh ga ya? Jadi olinya bawaann asli Toyota nyampur dengan Motul boleh ga ya?
makasih.
Wah sayang oli Motul-nya
Mending lgs kuras ala GerLong aja, paling habisnya 6 L, bersih pula.
Drain and fill aja mau 4 L, cuman beda dikit, tapi kecampur ama oli lama.
kalau di e39 m54 bisa kuras oli matic ala gerlong juga ngga, om Turbo?
soalnya kalau kuras biasa lumayan juga katanya bisa habis 20 liter atf.
om turbo... kalo cara gerlong gt, apakah ada momen dimana gearbox kekurangan cairan atau ampe ada bagian2 dari gearbox yg sempet ga terlumasi minyak atf ? takutnya ntar jadi rusak gt internal gearbox nya...
DOHC wrote:om turbo... kalo cara gerlong gt, apakah ada momen dimana gearbox kekurangan cairan atau ampe ada bagian2 dari gearbox yg sempet ga terlumasi minyak atf ? takutnya ntar jadi rusak gt internal gearbox nya...
Kalo cara tsb enggak proven tentu ane gak akan sharing um
Ipah ane udah 3X kuras ATF ala Gerlong
CRV ane 2X
Yg penting saat flushing dgn mesin idup dan shft di pindah2, begitu warna ATF yg keluar mulai bening segera STOP mesin.
oom Turbo, mau tanya bedanya ATF type G dengan ATF dexron apa ya? trus kalau di buku manual diminta ATF type G lalu diisinya pake dexron apa ada pengaruh?
matur nuwun oom.
oww ok sipp d om.. nanti tunggu 20 rebu km lg ane coba dehh cara gerlong ini... lmayan irit oli atf nya ktimbang cara konvensional ane..
Turboman wrote:
DOHC wrote:om turbo... kalo cara gerlong gt, apakah ada momen dimana gearbox kekurangan cairan atau ampe ada bagian2 dari gearbox yg sempet ga terlumasi minyak atf ? takutnya ntar jadi rusak gt internal gearbox nya...
Kalo cara tsb enggak proven tentu ane gak akan sharing um
Ipah ane udah 3X kuras ATF ala Gerlong
CRV ane 2X
Yg penting saat flushing dgn mesin idup dan shft di pindah2, begitu warna ATF yg keluar mulai bening segera STOP mesin.
^^^
Coba pakai STP khusus power steering (bukan ATF)
Warna olinya kuning/amber bening kayak oli mesin
Di label belakang, ada tulisan contains ZDDP (aditif anti/pengurang aus)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
imsus2c wrote:^^^
Coba pakai STP khusus power steering (bukan ATF)
Warna olinya kuning/amber bening kayak oli mesin
Di label belakang, ada tulisan contains ZDDP (aditif anti/pengurang aus)
sip...makasih sarannya mod imsus
kalau transmisi atau gardan sudah cocok kah dengan ctatan ane?
ato oom mod ada saran lain?
Dulu sekali waktu pelihara tokisul (tapi yg bensin), seingat saya juga pakai oli dgn spek itu.
Tapi pakai punya pertamina semua
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
kuras 'gerlong' cukup sekali di drain dan top up ?
selama proses mesin hidup, dan geser tuas dari P ke L, tidak perlu sambil nambahin ATF ?
bisa dilakukan untuk semua jenis mobil ? pajero sport misalnya ?
dan untuk merk dan spec oli ATF yang dipakai apakah harus sama dengan yang dipakai sekarang atau boleh merk dan spec lain ?
Alat & Bahan :
- Corong kecil utk tuang ATF baru
- Selang 8 mm sepanjang 30 - 40 cm
- Baskom ceper utk nadahin oli bekas
- Jerigen bekas oli yg ada leveler-nya utk ngukur volume oli
Asisten :
- 1 orang cukup (minimal)
Prosedur :
1. Buang ATF yg ada di Pan / karter matic
2. Ukur volume ATF yg keluar & tutup baut karter matic
3. Masukkan ATF baru ke Matic sebanyak ATF yg keluar (volume hrs sama)
4. Copot selang ATF cooler dekat radiator & pasang selang tambahan ke salah 1 ujung saluran yg logam. Arahkan ke 2 selang ke baskom ceper. Minta sang asisten untuk nanti lihat warna ATF yg keluar dari selang.
5. Masuk ke mobil & tarik rem tangan + injak rem
6. Hidupkan mesin dan segera pindahkan tuas Matic dari P ke L balik lagi ke P lalu ke L lagi secara bolak balik dan terus menerus (di tiap posisi biarkan tuas selama 1 - 2 detik, kecuali di N), sementara asisten melihat ATF yg keluar dari selang, begitu warna ATF menjadi merah bening maka asisten harus teriak STOP dan segera anda matikan mesin.
7. Ukur volume ATF yang keluar & masukkan ATF baru sesuai volume ATF yg keluar
8. Pasang kembali semua selang selang
9. Test jalan sekitar bengkel dan kembali ukur volume ATF pada dipstcik (ini semua sdh paham prosedurnya khan ?)
ecco wrote:Ada yang tau dimana beli motul gear 300 75-90? Udah cek ke toda dn graha gak ada eh...
Hehehehe.....oli 75W90 high spec di sini pilihan gak banyak......apalagi skg syarat apply NPT makin ketat......banyak importir resmi / distro ngurangin portofolio-nya
Ane bbrp bulan lalu dapetin Redline MT90 di Graha, lgs beli 3 biji utk ToKiDies
Mestinya Royal Purple 75W90 MaxGear masih bisa didapat
Atau yg lebih mudah bisa pakai Mobil1 - 75W90 LS
RP Maxgear saya liat di Toda ada Om, dgn harga yg bikin kantong cepet tipis. Ada pengalaman pakai RP maxgear? Skrg di subaru dikasih yang 80-90 motul hdx, di beres tuh...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Om gt..meneruskan pertanyaan bro DOHC mengenai gerlong aka semi manual flush...kalo boleh mohon dikasih penjelasan kenapa bisa cara spt itu bisa ngga apa apa.
Mengingat cara spt itu pasti ada momen dimana level atf di gearbox berkurang.
Sedangkan pengguna mobil matic diwanti wanti untuk sering2 cek atf..jngan sampe berkurang dan atau kalo kualitas nya sdh kurang baik...segera dikuras atau diganti.
Apa karena momen berkurangnya atf itu cuma sebentar dan mobilnya ngga dibawa jalan ?
Mohon maaf kalo nubie ada salah kata.
Kalo ane sarankan memilih oli transmisi adalah terbaik ikuti manual book nya diminta pabrikan pakai oli SAE berapa (75W90,80W90, 85W140, atau single grade 90 atau dipakai adalah jenis ATF Dexron...., API service apa (GL 4 tau GL 5, 6 ata Dexron....) ? Yang paling penting dari oli transmisi adalah adanya Anti Wear, Extreme Pressure untuk tahan beban, Anti Oksidasi supaya ga cepat rusak oleh oksidasi dan anti karat serta anti korosi, selebihnya adalah kekentalan jangan sampai melampaui standard yang dianjurkan, walaupun kadang sering dapat dianjurkan penggantian SAE 75W90 ke 80W90 sepanjang angka belakangnya sama maka kekentalannya hampir sama saja, ga masalah untuk angka didepannya apalagi dinegara tropis kita ini.
Halo om turbo. Newbie mau tanya ni om. Kebetulan ane pake grand livina manual n istri pake livina x gear matic.
Klo oli transmisi manual buat grandlivina yg bagus apa ya? Soalanya saya liat di manual book kok gl-4 75w-85.
Kalo buat matic livina x gear yg bagus apa ya?
Tengkyu om turbo..
lehor wrote:Halo om turbo. Newbie mau tanya ni om. Kebetulan ane pake grand livina manual n istri pake livina x gear matic.
Klo oli transmisi manual buat grandlivina yg bagus apa ya? Soalanya saya liat di manual book kok gl-4 75w-85.
Kalo buat matic livina x gear yg bagus apa ya?
Tengkyu om turbo..
agak aneh ya sepc-nya........berarti sebetulnya yg tepat yg manual pakai Redline MTL......cuman krn susah bgt nyari-nya, bisa pakai 75W-90 GL-4
Di manualnya diijinkan GL-5 nggak ? Kalau diijinkan sih banyak pilihan, kalo hanya GL-4 ya pake oli M/T Nissan punya aja dah
Kalau ATF nya Nissan Type D bisa pakai Universal ATF yg sama spt Universal ATF yg digunakan oleh Ipah / PJS.....krn type D ATF termasuk JASO 1A juga
Pilihan under 100 rb / L ada : Aisin AFW / Eneos Multi
Om turbo, ane ada oli transmisi manual 80W-90 GL4
Beli tahun lalu
Kira2 kalo sekarang mau dipake msh oke ga ya kualitasnya?
Oli belum pernah dibuka sih
Di beres lucu. Ganti oli transmisi malah dikasih GL5. Padahal mintanya GL4. Jadi ga enak nih ganti giginya
Pengalaman gonta-ganti oli mtf <100ribuan/L, akhirnya nemu yg enak dan tidak disangka malah oli yg semerk sama mobilnya.
Padahal banyak yg berpikiran, oli mesin & transmisi yg semerk dgn mobil itu sering overpricing.
Visko-nya juga aneh, 85w-85 GL-4. Padahal di buku manual tertulis 75w-90 GL-4
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking