Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Post by mansetha »

ok, kemaren ane pake oli transmisi castrol SAE90, oli mesin magnatec SAE 10-40, ok nggak .... sip lah... hehehe...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman »

Kalo oli transmisi kental yg multi viscosity yg harganya paling affordable setahu saya Shell Spirax 80W-90 GL-4, sekitar Rp. 30 rb. / l. plus - minus.

Biasanya dibandingkan yg straight SAE 90, yg multi viscosity umumnya lebih enak buat transmisi manual.
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Post by mansetha »

waqh...bung Turbo telat kasi infonya, udah terlanjur beli castrol buat transmisi manual, hiks....
idaycom
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 05 Jun 2009, 07:26

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by idaycom »

wow, urusan oli aja bisa panjang bahasannya ya? Thx infownya..
User avatar
mtony
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 26 Feb 2009, 10:43
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by mtony »

Memang Penting urusan Oli
Transmisi Manual Biasanya (karena di dunia tidak ada yang absolut) GL-1 s/ GL-4 dimana additive Extrem Pressure yang 'biasanya' terbuat dari sulfur tebih ringan
Gardan "biasanya' pake GL-5 karena additive EP nya lebih dibutuhkan
Jika Additive Sulphur 'sebanyak' GL-5 dipake di transmisi akan menimbulkan sifat korosif terhadap Sincromesh -nya yang 'biasanya terbuat dari kuningan
ATF TASA - Dexron I-IV untuk matic tergantung masing2 engine
Engine Oil Banyak dipake Transmisi manual baik Mobil maupun alat berat ....kembali lagi ke manual book, bahkan Oli SAE 10 yang biasanya dipake hydraulic juga direkomendasikan untuk Transmisi Alat Berat.
Gardan Selain GL-5 ada yang type Limited Slip. Untuk type LS kalo ganti harus pake Oli Gardan Type LS, GL-5 hanya boleh untuk TOP UP

CMIIW
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: 10 Aug 2011, 20:56

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by salah obat »

buat ipah disel, Oli gardan FK Pulse 80w-90 dan FK Pulse LSD 75w-90, sama2 GL-5 bagus mana ya?
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by didietkeren »

Ceritanya kemarin2 sempet rembes oli transmisinya (manual), setelah ganti seal mo nambahin oli transmisi.
Nah, apakah harus pakai oli yang sama (Pert. Rored) atau boleh campur dengan merek lain (Mis: Sh.Sprx)?

Kalo di manual book tulisannya SAE90, & kalo ga salah GL-4..
Apakah boleh pake yang multigrade buat nambahin doang?

Berapa an ya harganya skrg per Liter?
Last edited by didietkeren on 19 Jun 2013, 09:30, edited 2 times in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Nice info...... :frm_tumbright:

Sy sgt appreciate tulisan spt ini
mtony wrote:Memang Penting urusan Oli
Transmisi Manual Biasanya (karena di dunia tidak ada yang absolut) GL-1 s/ GL-4 dimana additive Extrem Pressure yang 'biasanya' terbuat dari sulfur tebih ringan
Gardan "biasanya' pake GL-5 karena additive EP nya lebih dibutuhkan
Jika Additive Sulphur 'sebanyak' GL-5 dipake di transmisi akan menimbulkan sifat korosif terhadap Sincromesh -nya yang 'biasanya terbuat dari kuningan
ATF TASA - Dexron I-IV untuk matic tergantung masing2 engine
Engine Oil Banyak dipake Transmisi manual baik Mobil maupun alat berat ....kembali lagi ke manual book, bahkan Oli SAE 10 yang biasanya dipake hydraulic juga direkomendasikan untuk Transmisi Alat Berat.
Gardan Selain GL-5 ada yang type Limited Slip. Untuk type LS kalo ganti harus pake Oli Gardan Type LS, GL-5 hanya boleh untuk TOP UP

CMIIW
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by didietkeren »

Image
Mobil Corona 81.

Nah, di manual tertulis bahwa oli transmisi boleh pakai API GL4 atau GL5 SAE90. Sedangkan oli gardan (eh sama kah dengan differensial?) API GL5 SAE90.
Apakah artinya boleh pakai oli API GL5 SAE90 yang sama u/ oli transmisi dan gardan? :ungg:
Kuatir malah bikin rusak part transmisi (syncromesh mgkn)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Trnasmmisi kasi 80W-90 GL-4 aja

gardan kasih 80W-90 / 90 GL-5

pilihan banyak kok
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: 10 Aug 2011, 20:56

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by salah obat »

permisi suhu mau nanya spesifikasi oli mesin, transmisi dan gardan buat L300 apa ya? nubie baru dapet L300 pu jadi mo ganti oli2 nya. thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

salah obat wrote:permisi suhu mau nanya spesifikasi oli mesin, transmisi dan gardan buat L300 apa ya? nubie baru dapet L300 pu jadi mo ganti oli2 nya. thanks
Mesin = 15W40 khusus Diesel
Trans = mungkin 75W90 GL-4 (see manual book)
Gardan = SAE 90 GL-5

merek bebas sesuaikan dgn budget & avialibility di daerah anda aja
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Unta_item »

salah obat wrote:permisi suhu mau nanya spesifikasi oli mesin, transmisi dan gardan buat L300 apa ya? nubie baru dapet L300 pu jadi mo ganti oli2 nya. thanks
Mau ngetap sendiri baca dulu ya
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/07 ... ardan.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/06 ... eling.html
:mky_03:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6899
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re:

Post by marmut »

StRaDe_Jazz wrote:hooo, oli mesin buat transmisi? yg bener tuh?
kalo transmisi manual, emang sapa yang ngelarang? mobil saya transmisi manual pake oli ATF.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ilhami »

transmisi manual biasanya pakai oli transmisi GL-4.
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6899
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

ilhami wrote:transmisi manual biasanya pakai oli transmisi GL-4.
kalau mau nurutin buku petunjuk (mayoritas mobil) memang seperti itu, kalau mau enak saat ngoper ganti pake 20w/50. kalo anda mau iseng baca buku petunjuk mobil saya, diwajibkan pake ATF minimal dexron II.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ilhami »

ya sebenarnya masalahnya selesai, kalau anda sebutkan merek mobil anda, kalau perlu tampilkan hasil scan di buku manualnya.

Disini kan kita ambil kasus nya yang paling umum, ada oli transmisi yang pake oli mesin, GL-4, transmisi matic dsb.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Ada bbrp mobil yg transmisi manualnya memang minta oli ATF spt BMW E36 misalnya.

Juga spt Ford Everest & Ranger TDCi manual mintanya ATF MERCON V.

Juga ada bbrp mobil yg transmisi manualnya minta oli std SAE oli mesin spt trans manual Honda dan Isuzu Panther

mayoritas mobil mintanya 75W90 GL-4

setuju dgn um ilhami, jadi sebaiknya kita jelaskan jenis mobilnya krn ada bbrp kendaraan yg require-nya spesifik.
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6899
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

apa ada efek buruk (entah ke synchromesh atau bearing atau lainnya) apabila transmisi manual yang "meminta" oli dengan tingkat kekentalan tinggi (SAE 90 ataupun multigrade 75w/90) lalu diberi oli dengan SAE 20w/50 atau 15w/50 atau single grade SAE 40?
karena selama ini saya hanya merasakan efek "enak dan ringan" saat ngoper, manakala saya ganti yang tadinya SAE 90 menjadi SAE 20w/50.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

marmut wrote:apa ada efek buruk (entah ke synchromesh atau bearing atau lainnya) apabila transmisi manual yang "meminta" oli dengan tingkat kekentalan tinggi (SAE 90 ataupun multigrade 75w/90) lalu diberi oli dengan SAE 20w/50 atau 15w/50 atau single grade SAE 40?
karena selama ini saya hanya merasakan efek "enak dan ringan" saat ngoper, manakala saya ganti yang tadinya SAE 90 menjadi SAE 20w/50.
Setahu saya oli transmisi dgn predikat API GL-4 itu memiliki kandungan zat yg disebut "EP additive" dimana EP additive ini pada oli mesin jumlahnya sgt kecil / jauh lebih kecil drpd oli transmisi.

kalo soal kekentalannya : Sebetulnya SAE 90 pada oli gigi kalo dilihat di chart ISO itu kalo ga salah kekentalan sama spt oli mesin SAE 50, kalo 75W90 itu kira2 mirip oli mesin sekitar SAE 30 - 40 (bisa di google ttg kekentalan menurut chart ISO)

Jadi percobaan om Marmut sah2 aja utk om Marmut pribadi dimana sifatnya disclaimer alias bukan utk general advise bagi publik :mrgreen:
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6899
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Turboman wrote:Setahu saya oli transmisi dgn predikat API GL-4 itu memiliki kandungan zat yg disebut "EP additive" dimana EP additive ini pada oli mesin jumlahnya sgt kecil / jauh lebih kecil drpd oli transmisi.
jadi dengan kata lain penggunaan oli yang EP additive-nya sangat sedikit pada transmisi manual, efeknya akan terlihat pada jangka panjang? bagaimana jika tetap menggunakan oli yang jumlah EP additive-nya sedikit lalu ditambahkan "ramuan pelicin"/additive yang dijual bebas?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ilhami »

EP itu bukan pelicin ya. perlindungan keausan supaya gear tidak ompong. Saya pernah denger addtive untuk oli gl-4 ditambah aditif supaya shifting lebih enteng
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

EP additip :
http://en.wikipedia.org/wiki/Extreme_pressure_additive

Licin ?

Pasti licin lah
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6899
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

@ ilhami dan Turboman, terimakasih penjelasannya.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ilhami »

konon ada additif untuk transmisi supaya enteng pindah gigi, merek x*do
apakah ada yang pernah pakai?
Post Reply