Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6899
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

ilhami wrote:konon ada additif untuk transmisi supaya enteng pindah gigi, merek x*do
apakah ada yang pernah pakai?
yang buatan UK itu? saya pernah baca-baca artikel tentang additive (untuk mesin dan girboks), yang pro dan kontra seimbang.
iritbensin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: 11 Dec 2013, 22:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by iritbensin »

Antara oli transmisi cvt, dengan oli transmisi automatic konvensional bisa saling substitusi ga?misal cvt fluid tc dipake ke transmisi automatic konvensional yg seharusnya menggunakan atf-ws?
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 395
Joined: 24 Dec 2013, 10:19

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by r1409 »

numpang tanya juga, bbrp bulan lalu bokap ane beli freed seken, km masih 6ribu.

setelah 10rb, bokap nyuruh ganti semua oli (mesin dan transmisi). bawa ke bengkel langganan ganti oli (karena oli dari dealer lebih mahal), sama orang bengkel dibilangin kalo honda freed pake CVT, jadilah dikasih idemitsu CVTF. pake 5rb km lebih, ga ada masalah. tapi lama2 ane heran, karena abis ngerasain mirage CVT yg ga ada perpindahan gigi, ane jadi heran dengan freed yg terasa pindah giginya dan karakter lajunya masih seperti matic biasa.

ane baca spek freed, ternyata masih pake transmisi 5AT, dan di manual book disuruh pake oli honda ATF-Z1.

nah yg jadi pertanyaan, aman ga yah oli CVTF dipake di transmisi AT? apa harus pake ATF? soalnya udah jalan 6rb km ga ada masalah apa2 di transmisi.

lagipula ane liat datasheet spec detail idemitsu CVTF dan idemitsu ATF, kedua oli ini punya spek yg hampir sama persis, untuk tiap2 kategori (viscosity, etc) berada di kategori yg sama cuma beda poin kecil banget. harusnya sama kan?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

r1409 wrote:numpang tanya juga, bbrp bulan lalu bokap ane beli freed seken, km masih 6ribu.

setelah 10rb, bokap nyuruh ganti semua oli (mesin dan transmisi). bawa ke bengkel langganan ganti oli (karena oli dari dealer lebih mahal), sama orang bengkel dibilangin kalo honda freed pake CVT, jadilah dikasih idemitsu CVTF. pake 5rb km lebih, ga ada masalah. tapi lama2 ane heran, karena abis ngerasain mirage CVT yg ga ada perpindahan gigi, ane jadi heran dengan freed yg terasa pindah giginya dan karakter lajunya masih seperti matic biasa.

ane baca spek freed, ternyata masih pake transmisi 5AT, dan di manual book disuruh pake oli honda ATF-Z1.

nah yg jadi pertanyaan, aman ga yah oli CVTF dipake di transmisi AT? apa harus pake ATF? soalnya udah jalan 6rb km ga ada masalah apa2 di transmisi.

lagipula ane liat datasheet spec detail idemitsu CVTF dan idemitsu ATF, kedua oli ini punya spek yg hampir sama persis, untuk tiap2 kategori (viscosity, etc) berada di kategori yg sama cuma beda poin kecil banget. harusnya sama kan?
Busettt.......Frit maticnya konvensional

Minta tanggung jawab bengkel tsb utk segera ganti dgn ATF yg sesuai, yg comply dgn Z-1or JASO 1A

Kasih unjuk aja tulisan di buku manual Frit
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by hafizh »

memang harus baca buku manual, kadang bengkel salah mengisi oli matik, seperti jazz lama yang diisi oli matik konvensional, terjadi di jazz teman saya, diisi oli matik castr*l sama bengkel, cari di web indonesia tidak ada produk utk cvt, saya kasih tahu tp temen saya kayaknya lebih percaya bengkel he he
pernah jg terjadi di avanza at punya temen juga, di isi sama oli at t iv innova akhirnya kena masalah di cek di beres katane salah oli
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2690
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Jambangan »

kalo transmisi mintanya 75W-90 GL-4 ane isikan 80W-90 GL-4 boleh ga ya??
soalnya ada stok oli transmisi nih sayang kalo ga dipake :mky_01:
2011 Toyota Rush
2012 Perodua Myvi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Jambangan wrote:kalo transmisi mintanya 75W-90 GL-4 ane isikan 80W-90 GL-4 boleh ga ya??
soalnya ada stok oli transmisi nih sayang kalo ga dipake :mky_01:
Boleh
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2690
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Jambangan wrote:kalo transmisi mintanya 75W-90 GL-4 ane isikan 80W-90 GL-4 boleh ga ya??
soalnya ada stok oli transmisi nih sayang kalo ga dipake :mky_01:
Boleh
Siap om turbo :frm_salut:
2011 Toyota Rush
2012 Perodua Myvi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Kalo girbox matic yg mintanya Dexron III trus kita isi ATF yg T-4 sih gak masalah sama sekali, justru hasilnya akan lebih baik drpd ATF Dexron III aja

Standard T-4 itu basisnya adalah Dexron 3 yg dikembangkan lebih lanjut (Slip lock / anti shudder)
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by hafizh »

oh gitu ya om turbo, tp avanza tmn sy dah dijual, ditawarkan ke pdg gak ada yg mau beli, akhire tt sama new avz mt baru, salese mau di tuker tambah
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2690
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Jambangan »

hafizh wrote:oh gitu ya om turbo, tp avanza tmn sy dah dijual, ditawarkan ke pdg gak ada yg mau beli, akhire tt sama new avz mt baru, salese mau di tuker tambah
wah ampe ga ada yg mau beli gara2 transmisinya bermasalah om?
emang masalahnya kyk gmn?
hmm, berarti serius jg ya masalahnya ampe pedege ga mau beli :big_think:
2011 Toyota Rush
2012 Perodua Myvi
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aceagung »

misi gan, udah ada yang pake shell spirax g 80w buat transmisi??
kira2 rekomen gak nih oli. thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

aceagung wrote:misi gan, udah ada yang pake shell spirax g 80w buat transmisi??
kira2 rekomen gak nih oli. thanks
gak enak
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aceagung »

Turboman wrote:gak enak
weeh, yg enak apa nih om turbo??
kalo CASTROL MANUAL GL-4 80W-90??

manual book nya sih bilang 75w-90 GL4, jgn yg mahal2 ya... :thanks:
arry_b
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 15 Nov 2007, 07:50

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by arry_b »

Omm Turbo, tanya dong...kasih saran untuk oli gardan mecedes benz w210 V engine th.2000 kira" recomend merk apa dan spec oli seperti apa ...krn sy cari mb oilnya ga ada yg jual...terimakasih sebelumnya :thanks:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by imsus2c »

aceagung wrote:
Turboman wrote:gak enak
weeh, yg enak apa nih om turbo??
kalo CASTROL MANUAL GL-4 80W-90??

manual book nya sih bilang 75w-90 GL4, jgn yg mahal2 ya... :thanks:
Sekarang ini memang susah cari oli gearbox yg masih GL4, rata2 sudah GL5 :e-think:

Yang sering kelihatan umum dijual ya paling Shell dan Castrol tadi :shrug:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

aceagung wrote:
Turboman wrote:gak enak
weeh, yg enak apa nih om turbo??
kalo CASTROL MANUAL GL-4 80W-90??

manual book nya sih bilang 75w-90 GL4, jgn yg mahal2 ya... :thanks:
Valvoline 75W90 GL-4 yg botolnya biru

Murah dan oke, tapi jarang yg jual....coba cek di Toda
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

arry_b wrote:Omm Turbo, tanya dong...kasih saran untuk oli gardan mecedes benz w210 V engine th.2000 kira" recomend merk apa dan spec oli seperti apa ...krn sy cari mb oilnya ga ada yg jual...terimakasih sebelumnya :thanks:
Gardan ?

Kasih aja 75W90 GL-5 yg synthetic

Q8 T-65 - 75W90 GL5 itu dah oke
arry_b
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 15 Nov 2007, 07:50

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by arry_b »

Trims om turbo
User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aceagung »

imsus2c wrote:Sekarang ini memang susah cari oli gearbox yg masih GL4, rata2 sudah GL5 :e-think:

Yang sering kelihatan umum dijual ya paling Shell dan Castrol tadi :shrug:
bener gan susah cari gl-4, kalo gak ketemu merk lain ya mau gimana lagi :frm_bang_head:
Turboman wrote:Valvoline 75W90 GL-4 yg botolnya biru

Murah dan oke, tapi jarang yg jual....coba cek di Toda
kalo saya cek di toda berat di ongkos om turbo, secara tkp ane di smg :big_biglaugh:
btw thanks. :big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21154
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

aceagung wrote: kalo saya cek di toda berat di ongkos om turbo, secara tkp ane di smg :big_biglaugh:
btw thanks. :big_exellent:
Distro valvoline di Smg :

Sindhunoto Hadi Santoso
PT Margodadi Putra Mandiri
Jl. MT Haryono No. 1 H
Semarang, Jawa Tengah
Tel: 024 3546540
Fax: 024 3551691
Email ID: [email protected]

http://www.valvolineasia.com/countryhom ... =Indonesia
User avatar
vvti16valve
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Jan 2014, 12:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by vvti16valve »

salam kenal suhu :frm_salut:

sijuki swift transmisi automatic rencana udah mau ganti oli atf nih..
selama ini sih pilihan hanya sgo atf 3317 aja dan harus di beres
kalo mau coba ganti sama flushing di luar beres, kira2 oli atf apa ya yg sama dengan spek itu ?
kalo di dipsticknya sih ada tertulis 3317 or 3309.
saya masih nubie nih belum ngerti banget arti itu.
mohon info merk yang rekomendasi untuk spek tersebut..
trims suhu..

:ungg:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 554
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by azu »

ATF Suzuki 3317 yg equifalentnya ya yg tertulis di Dipstick itu om.. 3309 itu maksudnya Mobil ATF 3309 :mrgreen:

kalau liat disini http://www.mobiloil.com/USA-English/Mot ... _3309.aspx# Mobil ATF 3309 ini specnya:

Mobil™ ATF 3309 is recommended for use in transmissions requiring fluids of JWS 3309 or GM 9986195 quality levels. It is also recommended for service fill applications where Toyota T-IV or T4, T-III or T3 are called for. Please refer to the owners’ manual for proper fluid requirements.

Mobil ATF 3309 meets or exceeds the requirements of:
Ford WSS-M2C924-A
VW TL 52540-A

According to ExxonMobil, Mobil ATF 3309 is of the following quality level:
Audi G-055-025-A2
Saturn GM9986195
Toyota Type T-IV
VW G-055-025-A2

Viscosity
@ 100ºC 7.1
@ 40ºC 33
cP @ -40ºC (-40ºF) 13,000
Viscosity Index 181
Pour Point, ºC -45
Flash Point, ºC 185
Density 0.8520
Color Red

semoga membantu :)
User avatar
vvti16valve
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 28 Jan 2014, 12:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by vvti16valve »

azu wrote:ATF Suzuki 3317 yg equifalentnya ya yg tertulis di Dipstick itu om.. 3309 itu maksudnya Mobil ATF 3309 :mrgreen:

kalau liat disini http://www.mobiloil.com/USA-English/Mot ... _3309.aspx# Mobil ATF 3309 ini specnya:

Mobil ATF 3309 meets or exceeds the requirements of:
Ford WSS-M2C924-A
VW TL 52540-A

According to ExxonMobil, Mobil ATF 3309 is of the following quality level:
Audi G-055-025-A2
Saturn GM9986195
Toyota Type T-IV
VW G-055-025-A2

semoga membantu :)

:thanks: :thanks:

thanks for quick reply suhu..
btw itu pake merk mobil bisa ya ? kira2 berapa ya harganya.. :e-doh:
kemarin sempet udh mau di eksekusi sama beres ganti oli atf pake sizuki 3317
estimasi biaya sekitar 1jtaan termasuk 10 kaleng dan jasa..
suhu, bener ga sih itu beres make sebanyak itu. katanya sekalian flushing.. :e-think:
maklum selama ini belom pernah flushing juga sih, odo baru masuk 70rb sih..

:puppydogeyes:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: 14 Aug 2013, 20:07

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ecco »

ilhami wrote:konon ada additif untuk transmisi supaya enteng pindah gigi, merek x*do
apakah ada yang pernah pakai?
Saya sedang pakai :), baru sabtu kemarin masukin...XADO EX120...nanti di apdet deh hasilnya seperti apa. Pada saat ganti oli kemarin juga masukin XADO AMC Max 1 Stage, baru jalan 200KM...waktu orang di bengkel liat...langsung bilang "barang bagus tuh"...bagus di mana gak tau juga makanya saya cobain. kalo udah 1500KM nanti di apdet :big_grin:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Post Reply