Page 80 of 117

Re:

Posted: Thu May 27, 2021 15:49
by marmut
ilhamr wrote: Thu May 27, 2021 10:27
Pas servis sih saya minta cek kelayakan kopling kata sa masih layak,

1. tidak semua mobil kondisi plat koplingnya bisa diintip dengan jelas.
2. karena sulit untuk diintip (bahkan bisa jadi tidak ada celah untuk ngintip), kemungkinan terbesar hanya dari "perasaan" saja dan lihat odometer angkanya sudah di berapa.
3. odometer pun, bisa dijadikan perkiraan, bisa juga tidak.
karena tergantung dari gaya berkendara dan lalu lintas yang dilewati. sering stop and go atau lancar atau sering bawa beban penuh atau sering gantung kopling? banyak faktor yang membuat plat kopling awet/cepat habis.

salah satu cara tes paling primitif :
1. mesin idle.
2. parking brake on.
3. masuk gigi 1 dan lepas pedal kopling perlahan tanpa menginjak pedal gas.

kalau mesin mati, pertanda plat kopling masih layak pakai.
tapi, "seberapa layak" ini yang tidak diketahui.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu May 27, 2021 15:50
by DOHC
Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 15:45
indeskey wrote: Thu May 27, 2021 11:48 Ganti busi apa ini mbah suhu, bisikin link belinya
masih sama mbah

puyeng pala berbie liat stok di lemari kaga abis2. dipake eksperimen aja lah biar cepet abis. kasian toko sama fabriek busi kl kelamaan ga beli lagi. :mky_03:
Mo ta ajarin gmana menghasilkan wang banyak dr busi2 ga kepake ? :big_grin:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu May 27, 2021 15:53
by DOHC
triport13 wrote: Thu May 27, 2021 15:42
DOHC wrote:
triport13 wrote: Thu May 27, 2021 12:02
Ini eneos yang ini ya om?
Adjustments.jpg
Walaupun gl-5 tp infonya boleh utk trans manual juga ya om? Bisa dipake berapa taun kira kira kalo setaun ga nyampe 10 rb km?
Betul eneos yg itu om

Kl trans manual asalkan minta GL5 yah bisa pake oli ini om

Kl utk masa pakai, kira2 20-30 rebu km jg ckup om, oli mineral ini, ga bsa tralu panjang masa pakainya
Mintanya gl-4 sih om, tp kalo ga salah di page2 belakang om turbo pernah bilang masih compatible. Atau ada saran lain utk gl-4 yg ok selain wuling sinopec? Yg ga rawan acdc jg om
Justru utk yg gl4 multigrade, si wuling sinopec ud plg value for money om dan jarang dipalsuin..

Dulu ad alternatif laennya, mtf nissan, ini bagus neh, encer tp multigrade, dan konon masi import punya... tp ud lama mreka ganti vendor ke eneos, dan feel nya ud beda jauh ama mtf kuaran pertama mreka itu

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu May 27, 2021 16:07
by Omnibus
DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:50
Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 15:45
indeskey wrote: Thu May 27, 2021 11:48 Ganti busi apa ini mbah suhu, bisikin link belinya
masih sama mbah

puyeng pala berbie liat stok di lemari kaga abis2. dipake eksperimen aja lah biar cepet abis. kasian toko sama fabriek busi kl kelamaan ga beli lagi. :mky_03:
Mo ta ajarin gmana menghasilkan wang banyak dr busi2 ga kepake ? :big_grin:
ga mau. capek lari2 dikejar tekap abisan nya. :weekk:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu May 27, 2021 23:24
by blloewy
Omnibus wrote: Thu May 27, 2021 15:45
indeskey wrote: Thu May 27, 2021 11:48 Ganti busi apa ini mbah suhu, bisikin link belinya
masih sama mbah

puyeng pala berbie liat stok di lemari kaga abis2. dipake eksperimen aja lah biar cepet abis. kasian toko sama fabriek busi kl kelamaan ga beli lagi. :mky_03:
Ini busi yg harga selawe sebiji ya mbah? :big_think:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu May 27, 2021 23:28
by sintoni
DOHC wrote: Thu May 27, 2021 15:38
Rored makin lama makin mahal, trakir ud ga beda jauh ama oli multigrade

75-90 eneos mah ud lama ga ad, apalagi sjak skrg ud blending lokal
Iya sih mbah, skrg per liter itungan ane sudah 40-45rb.

Ada toko di Surabaya sini ms ada itu stok Eneos 75W-90 mbah kalau mau beli

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri May 28, 2021 1:36
by evanbngdor
ilhamr wrote: Thu May 27, 2021 10:27
evanbngdor wrote: Thu May 27, 2021 1:54
Ganti oli transmisi&gardan sih harusnya gak ngefek sampe 'grek' gitu sih, spek nya sesuai kan?

Bunyi 'grek' gitu bisa jadi jd cross joint yg udah seret, bisa juga kopling yg udah menipis karena kalo saya baca Om suka main kopling untuk engine brake ya. Odo jg udah 80rb jd baiknya coba dicek dulu apa kopling nya udah abis. FYI kopling innova diesel itu agak sensitif, pas masih garansi baru saya sampe ganti kopling set 3 kali baru ngga geter, padahal sama2 ori.

Reservoir jadi satu sama minyak rem, coba pastiin ngga ada angin di saluran kopling nya, coba kuras aja yg ada di saluran minyak kopling nya, kalo gak salah ada 3 nipple yg bisa dibuka untuk kuras minyak kopling. Semua mobil berpenggerak belakang itu pasti pake kopel, mungkin dia ngga tau kalo Innova itu penggerak belakang, maklumi aja mungkin bukan orang yg paham otomotif, cuma orang yg paham administrasi bengkel
Spek sesuai om trans pakai tmo 75-90 gl-4, diff pake tmo 90 gl-5, cara mereka ngisinya di pindah olinya ke tabung seukuran tabung freon terus ada selang angin di sambung ke tabung itu, dan ada selang satu lg yg dipake buat ngisi ke diff sm trans,

Pas servis sih saya minta cek kelayakan kopling kata sa masih layak, tp ane ga yakin om sm sa nya soalnya saya minta bersiin selang yg jalur turbo yg terkenal suka rembes itu aja ngga dilakuin.
Wah ganti kopling set 3x? Tanda2nya apa aja om yg paling berasa udh minta ganti

Nah jadi ane baru ingat juga sejak km 50rban klw pagi start pertama saat sudah mundurin mobil dari carport ke jalanan (gear R), trus ganti ke gear 1 pas mau lepas kopling stengah jika tidak dibantu throttle mesin kayak mau mati gt tapi kalo udah jalan dia normal om lepas pelan2 tanpa di gas dia crawling pelan, dan juga kadang buat masukin perseneling ke gear R kayak ketahan stengah harus ke N dulu baru coba masuk ke gear R, kira2 tanda2 minta ganti kopling set juga kah?
Ya itu spek standar sih manual book, kalo saya penganut radikal manual book, gardan pake 75w-90 GL5.

Om ini servis berkala ya di bengkel resmi? Wajar kalo servis berkala disuruh tambahan kerjaan ini itu ngga mau, kalo ada charge tambahan baru mau mereka.

Ganti kopling set 3x karena pas unit baru dateng itu saya ngerasa ada sedikit getaran waktu tarikan awal gigi 1, awalnya SA jg ngotot itu normal harus injek gas biar ngga geter pas setengah kopling, drpd capek debat paling gampang saya suruh bandingin aja dengan unit baru lainnya, ternyata dia baru ngeh ada beda nya meskipun sedikit. Karena masih garansi ya hajar aja klaim terus sampe 3x baru bener2 smooth gak ada getaran sama sekali.

Paling gampang ngecek kopling mau abis atau ngga itu ya terasa udah ada selip&geter2 terutama pas lg macet2an nanjak ngga?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri May 28, 2021 1:43
by Omnibus
blloewy wrote: Thu May 27, 2021 23:24
Ini busi yg harga selawe sebiji ya mbah? :big_think:
ho oh selawe nobango each

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri May 28, 2021 2:40
by Profith83
DOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:42
Profith83 wrote: Thu May 27, 2021 13:32
DOHC wrote: Thu May 27, 2021 13:20

Yahhhh kalian ber2 sama aj mbah

Mobil koq jalan sikit sikit, kasian itu odo digitnya ga kepake smua :big_weee:

Sini deh lungsurin ke saya aj, setaon ta jamin minimal sabango lah dapet, atau kl korona ud beres, siban seh enteng lah
1 thn sabango buat kemana saja?
Sputaran jakarta dan skitar , plus beberapa kl transjawabahn
Saya saja 2 thn cuma 7rb KM
Tapi ini memang mobil karena Corona, semua WFH.
Saya, anak 2 semua WFH.
Polda di rumah juga jadi jarang keluar rumah

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri May 28, 2021 17:11
by Omnibus
indeskey wrote: Thu May 27, 2021 11:48
ternyata cv boot pecah emang penyakit langganan brv ya mbah. mobilio engga katanya.



Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri May 28, 2021 18:01
by marmut
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 17:11
ternyata cv boot pecah emang penyakit langganan brv ya mbah. mobilio engga katanya.



nemu aja yang beginian...

kelar nonton pasti langsung order engine mounting buat GK.

:mky_03:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri May 28, 2021 18:42
by Omnibus
marmut wrote: Fri May 28, 2021 18:01
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 17:11
ternyata cv boot pecah emang penyakit langganan brv ya mbah. mobilio engga katanya.



nemu aja yang beginian...

kelar nonton pasti langsung order engine mounting buat GK.

:mky_03:
:big_grin: :big_grin: :big_grin:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat May 29, 2021 1:50
by blloewy
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 17:11
indeskey wrote: Thu May 27, 2021 11:48
ternyata cv boot pecah emang penyakit langganan brv ya mbah. mobilio engga katanya.


Mbah shifu ini mah sama ama penyakit FWD dech.
Lipindut juga gt tp cuma Karet Boot aja biasanya dan Lower Arm plus support shock.
Kl lipindut biasanya seal CV Joint yg minta diganti begitu grease nya keluar dan buat basah karet CV Boot.
Kl EM jarang sich paling krn usia tp kebanyakan support shock nganga bahkan temen sampe copot itu supportnya dari t4 nya pas di jalan :big_slap:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat May 29, 2021 1:55
by indeskey
Omnibus wrote:
indeskey wrote: Thu May 27, 2021 11:48
ternyata cv boot pecah emang penyakit langganan brv ya mbah. mobilio engga katanya.


Correct sekali mbah suhu... Emang disuruh sering2 ngolong sama ensinirnya brv

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat May 29, 2021 6:12
by DOHC
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 18:42
marmut wrote: Fri May 28, 2021 18:01
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 17:11
ternyata cv boot pecah emang penyakit langganan brv ya mbah. mobilio engga katanya.



nemu aja yang beginian...

kelar nonton pasti langsung order engine mounting buat GK.

:mky_03:
:big_grin: :big_grin: :big_grin:
# ambil catetan ama bolpen hero

# siap2 nyatet

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat May 29, 2021 8:12
by Omnibus
DOHC wrote: Sat May 29, 2021 6:12
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 18:42
marmut wrote: Fri May 28, 2021 18:01


nemu aja yang beginian...

kelar nonton pasti langsung order engine mounting buat GK.

:mky_03:
:big_grin: :big_grin: :big_grin:
# ambil catetan ama bolpen hero

# siap2 nyatet
belom mbah ..... masih bagus. sering ane goyang2in msh kokoh. wkwkwkwk

btw gara2 mbah itu busi hasil pangkasan udah dilepas. pdhl busi baru status pengirimannya msh dibawa kuhrir. :big_slap:

Re: Re:

Posted: Wed Jun 02, 2021 1:47
by ilhamr
marmut wrote: Thu May 27, 2021 15:49
1. tidak semua mobil kondisi plat koplingnya bisa diintip dengan jelas.
2. karena sulit untuk diintip (bahkan bisa jadi tidak ada celah untuk ngintip), kemungkinan terbesar hanya dari "perasaan" saja dan lihat odometer angkanya sudah di berapa.
3. odometer pun, bisa dijadikan perkiraan, bisa juga tidak.
karena tergantung dari gaya berkendara dan lalu lintas yang dilewati. sering stop and go atau lancar atau sering bawa beban penuh atau sering gantung kopling? banyak faktor yang membuat plat kopling awet/cepat habis.

salah satu cara tes paling primitif :
1. mesin idle.
2. parking brake on.
3. masuk gigi 1 dan lepas pedal kopling perlahan tanpa menginjak pedal gas.

kalau mesin mati, pertanda plat kopling masih layak pakai.
tapi, "seberapa layak" ini yang tidak diketahui.
Sudah saya tes pakai cara yang om share, sepertinya kopling masih layak, tapi ada rencana dalam tahun ini mau ganti daripada pas jalan jauh keluar kota ngadat dan secara umur mobil sudah mau masuk tahun ke 8 dan penggunaan koplingnya kadang2 juga suka stengah kopling, terima kasih om atas tips pengecekan koplingnya
evanbngdor wrote: Fri May 28, 2021 1:36
Ya itu spek standar sih manual book, kalo saya penganut radikal manual book, gardan pake 75w-90 GL5.

Om ini servis berkala ya di bengkel resmi? Wajar kalo servis berkala disuruh tambahan kerjaan ini itu ngga mau, kalo ada charge tambahan baru mau mereka.

Ganti kopling set 3x karena pas unit baru dateng itu saya ngerasa ada sedikit getaran waktu tarikan awal gigi 1, awalnya SA jg ngotot itu normal harus injek gas biar ngga geter pas setengah kopling, drpd capek debat paling gampang saya suruh bandingin aja dengan unit baru lainnya, ternyata dia baru ngeh ada beda nya meskipun sedikit. Karena masih garansi ya hajar aja klaim terus sampe 3x baru bener2 smooth gak ada getaran sama sekali.

Paling gampang ngecek kopling mau abis atau ngga itu ya terasa udah ada selip&geter2 terutama pas lg macet2an nanjak ngga?
Iya om untuk spek oli trans dan diff saya ikut buku manual.

engga om saya ngga servis berkala, item servisnya saya sendiri yg pilih soalnya minyak rem & kopling, oli power steering, dan air radiator 7 tahun belum pernah di ganti.

So far ngga ada selip om begitu gear sudah masuk langsung engage baik pas macet atau nanjak

Re: Re:

Posted: Thu Jun 03, 2021 13:18
by doko86
ilhamr wrote: Wed Jun 02, 2021 1:47
marmut wrote: Thu May 27, 2021 15:49
1. tidak semua mobil kondisi plat koplingnya bisa diintip dengan jelas.
2. karena sulit untuk diintip (bahkan bisa jadi tidak ada celah untuk ngintip), kemungkinan terbesar hanya dari "perasaan" saja dan lihat odometer angkanya sudah di berapa.
3. odometer pun, bisa dijadikan perkiraan, bisa juga tidak.
karena tergantung dari gaya berkendara dan lalu lintas yang dilewati. sering stop and go atau lancar atau sering bawa beban penuh atau sering gantung kopling? banyak faktor yang membuat plat kopling awet/cepat habis.

salah satu cara tes paling primitif :
1. mesin idle.
2. parking brake on.
3. masuk gigi 1 dan lepas pedal kopling perlahan tanpa menginjak pedal gas.

kalau mesin mati, pertanda plat kopling masih layak pakai.
tapi, "seberapa layak" ini yang tidak diketahui.
Sudah saya tes pakai cara yang om share, sepertinya kopling masih layak, tapi ada rencana dalam tahun ini mau ganti daripada pas jalan jauh keluar kota ngadat dan secara umur mobil sudah mau masuk tahun ke 8 dan penggunaan koplingnya kadang2 juga suka stengah kopling, terima kasih om atas tips pengecekan koplingnya
evanbngdor wrote: Fri May 28, 2021 1:36
Ya itu spek standar sih manual book, kalo saya penganut radikal manual book, gardan pake 75w-90 GL5.

Om ini servis berkala ya di bengkel resmi? Wajar kalo servis berkala disuruh tambahan kerjaan ini itu ngga mau, kalo ada charge tambahan baru mau mereka.

Ganti kopling set 3x karena pas unit baru dateng itu saya ngerasa ada sedikit getaran waktu tarikan awal gigi 1, awalnya SA jg ngotot itu normal harus injek gas biar ngga geter pas setengah kopling, drpd capek debat paling gampang saya suruh bandingin aja dengan unit baru lainnya, ternyata dia baru ngeh ada beda nya meskipun sedikit. Karena masih garansi ya hajar aja klaim terus sampe 3x baru bener2 smooth gak ada getaran sama sekali.

Paling gampang ngecek kopling mau abis atau ngga itu ya terasa udah ada selip&geter2 terutama pas lg macet2an nanjak ngga?
Iya om untuk spek oli trans dan diff saya ikut buku manual.

engga om saya ngga servis berkala, item servisnya saya sendiri yg pilih soalnya minyak rem & kopling, oli power steering, dan air radiator 7 tahun belum pernah di ganti.

So far ngga ada selip om begitu gear sudah masuk langsung engage baik pas macet atau nanjak
waduh 7 tahun belum pernah ganti om.....

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 03, 2021 17:23
by DJpapi
Halo .. selamat malam semuanya .. [emo-police]

Abis diskusi di sini dan denger pendapat penghuni SM, jadi tertarik ganti oli lain utk differential dan oli maticnya .. sbnrnya iseng aja nyari apa alternatif drpd DGO dan AFW+

Akhirnya mutusin utk pengganti DGO, saya ke Deltalube dan SAEnya tetep pake -90 alias single grade viscosity.
Tertarik brand ini karena video dari Omega Lubricants yg ternyata di Indonesia rebranding jd Deltalube ditambah liat video gmana gardan mobil saat bekerja .. kok keknya berat jg kerja oli gardan. Oiya PDS oli Deltalube SAE-90 yg saya pesan jg unik, ada hasil test Agma EP Classification dan Kinematic Viscosity nya saya lihat paling rendah di suhu @ 100°C
IMG_20210603_110221.jpg



Trus untuk oli matic, saya putuskan ke Gulf ATF-MV karena di PDS menampilkan parameter Brookfield Viscosity, di mana saya baru nemu sekelas oli matic dari Amsoil yg ada parameter tsb .. oh iya saya jg lg dpt harga promo pas beli mgg kmrn cuman 69rb/ltr
Ditambah referensi wear testnya bgs banget saya lihat .. :big_smile]
IMG_20210603_105213.jpg


Tapi mohon maaf belom bisa review cepat, karena rencananya di odometer 40rb KM baru dipake semuanya ,, :mky_01: .. padahal skr mobil baru jalan 24rb KM :big_childish:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 03, 2021 18:37
by mcdelivery
Dpt harga brapa om gulfnya?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 04, 2021 2:04
by DJpapi
mcdelivery wrote: Thu Jun 03, 2021 18:37 Dpt harga brapa om gulfnya?
69rb/ltr di Gulf Official Store di TOPED .. :big_smile]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 11, 2021 10:02
by hurricane
Salam kenal semuanya. Sebelumnya sori kl udh ada yg pernah bahas topik ini. Mau tny, mobil innova reborn diesel selalu bunyi "nguk" wkt pindah gigi dari R ke N. Diagnosa beres: "gardan backlash". Mohon inputannya utk kasus sprt ini. Thanks all

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 11, 2021 11:38
by Omnibus
hurricane wrote: Fri Jun 11, 2021 10:02 Salam kenal semuanya. Sebelumnya sori kl udh ada yg pernah bahas topik ini. Mau tny, mobil innova reborn diesel selalu bunyi "nguk" wkt pindah gigi dari R ke N. Diagnosa beres: "gardan backlash". Mohon inputannya utk kasus sprt ini. Thanks all
-odometer brp om?
-sering ganti oli gardan ga? berapa km sekali? terakhir ganti kapan? pake oli apa?
-sering tembak ulang grease/stempet ke cross joint propeller shaft gardan ga?
-pernah ganti atf ngga? berapa km sekali? terakhir ganti kapan? pake oli apa?
-bunyi nguk nya cuma kl kondisi masih dingin atau kl panas jg bunyi?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 11, 2021 12:17
by hurricane
Omnibus wrote: Fri Jun 11, 2021 11:38
hurricane wrote: Fri Jun 11, 2021 10:02 Salam kenal semuanya. Sebelumnya sori kl udh ada yg pernah bahas topik ini. Mau tny, mobil innova reborn diesel selalu bunyi "nguk" wkt pindah gigi dari R ke N. Diagnosa beres: "gardan backlash". Mohon inputannya utk kasus sprt ini. Thanks all
-odometer brp om?
45rb om

-sering ganti oli gardan ga? berapa km sekali?
Ganti sesuai jadwal servis berkala di beres

terakhir ganti kapan? pake oli apa?
Ganti akhir thn kmrn
Pake oli rekomendasi beres

-sering tembak ulang grease/stempet ke cross joint propeller shaft gardan ga?
Ga ngerti soale ikut jadwal servis berkala

-pernah ganti atf ngga? berapa km sekali? terakhir ganti kapan? pake oli apa?
Akhir thn kmrn jg, pake WS

-bunyi nguk nya cuma kl kondisi masih dingin atau kl panas jg bunyi?
Selalu bunyi wkt panas / dingin

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 11, 2021 12:58
by Omnibus
hurricane wrote: Fri Jun 11, 2021 12:17
Omnibus wrote: Fri Jun 11, 2021 11:38
hurricane wrote: Fri Jun 11, 2021 10:02 Salam kenal semuanya. Sebelumnya sori kl udh ada yg pernah bahas topik ini. Mau tny, mobil innova reborn diesel selalu bunyi "nguk" wkt pindah gigi dari R ke N. Diagnosa beres: "gardan backlash". Mohon inputannya utk kasus sprt ini. Thanks all
-odometer brp om?
45rb om

-sering ganti oli gardan ga? berapa km sekali?
Ganti sesuai jadwal servis berkala di beres

terakhir ganti kapan? pake oli apa?
Ganti akhir thn kmrn
Pake oli rekomendasi beres

-sering tembak ulang grease/stempet ke cross joint propeller shaft gardan ga?
Ga ngerti soale ikut jadwal servis berkala

-pernah ganti atf ngga? berapa km sekali? terakhir ganti kapan? pake oli apa?
Akhir thn kmrn jg, pake WS

-bunyi nguk nya cuma kl kondisi masih dingin atau kl panas jg bunyi?
Selalu bunyi wkt panas / dingin
cobain dulu cross joint propeller shaft ditembak grease ulang om. 45rb km ga pernah di regrease sptnya kering cross joint nya, bisa bikin bunyi juga. dicoba dulu ini murah kok, ke bengkel biasa yg punya grease gun jg boleh. pengerjaan paling lama 30 menit.

atau alternatif kedua cari bengkel lain atau beres lain minta second opinion bener ngga penyebabnya backlash gardan.

btw 45rb km itu masih warranty dong ya? kl masih kenapa pusing, urusan beres dong benerin kan gratis.


posisi cross joint yg hrs di regrease dilingkari
Image