Page 4 of 117

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 8:14
by aceagung
Turboman wrote: Distro valvoline di Smg :

Sindhunoto Hadi Santoso
PT Margodadi Putra Mandiri
Jl. MT Haryono No. 1 H
Semarang, Jawa Tengah
Tel: 024 3546540
Fax: 024 3551691
Email ID: [email protected]

http://www.valvolineasia.com/countryhom ... =Indonesia
mantap om turbooo, gak tau kalo valvoline ada websitenya... :big_peace:
btw beli oli di distributor emg bisa ngecer??
ecco wrote: Saya sedang pakai :), baru sabtu kemarin masukin...XADO EX120...nanti di apdet deh hasilnya seperti apa. Pada saat ganti oli kemarin juga masukin XADO AMC Max 1 Stage, baru jalan 200KM...waktu orang di bengkel liat...langsung bilang "barang bagus tuh"...bagus di mana gak tau juga makanya saya cobain. kalo udah 1500KM nanti di apdet :big_grin:
beli di mana bos?? kl blh tau brapaan?? thanks

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 8:45
by ecco
aceagung wrote:
ecco wrote: Saya sedang pakai :), baru sabtu kemarin masukin...XADO EX120...nanti di apdet deh hasilnya seperti apa. Pada saat ganti oli kemarin juga masukin XADO AMC Max 1 Stage, baru jalan 200KM...waktu orang di bengkel liat...langsung bilang "barang bagus tuh"...bagus di mana gak tau juga makanya saya cobain. kalo udah 1500KM nanti di apdet :big_grin:
beli di mana bos?? kl blh tau brapaan?? thanks
Beli di:
http://www.xado.co.id/
yang AMC kebetulan beli di singapur...lebih murah.
yang EX120 390rb udah sama ongkir, yang AMC 1 stage 95SGD...

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 10:09
by azu
dulu pernah pakai Xado di motor, tp saya kurang begitu tahu bedanya karena saat itu kondisi motor relatif baru.. tapi pas terakhir harus turun mesin karena telat ganti oli (hampir kosong olinya :mrgreen:)jadi macet sehernya.. sekarang belum coba Xado lg karena harganya mahal sekali.. rasanya dulu waktu distronya blm yg sekarang (PT Xado Indonesia) sih tidak terlalu mahal.. sedangkan utk produk merk Verylube dulu dan skrg malah tdk terlalu jauh naiknya, pdhl 1 pabrik..
vvti16valve wrote:
azu wrote:ATF Suzuki 3317 yg equifalentnya ya yg tertulis di Dipstick itu om.. 3309 itu maksudnya Mobil ATF 3309 :mrgreen:

kalau liat disini http://www.mobiloil.com/USA-English/Mot ... _3309.aspx# Mobil ATF 3309 ini specnya:

Mobil ATF 3309 meets or exceeds the requirements of:
Ford WSS-M2C924-A
VW TL 52540-A

According to ExxonMobil, Mobil ATF 3309 is of the following quality level:
Audi G-055-025-A2
Saturn GM9986195
Toyota Type T-IV
VW G-055-025-A2

semoga membantu :)

:thanks: :thanks:

thanks for quick reply suhu..
btw itu pake merk mobil bisa ya ? kira2 berapa ya harganya.. :e-doh:
kemarin sempet udh mau di eksekusi sama beres ganti oli atf pake sizuki 3317
estimasi biaya sekitar 1jtaan termasuk 10 kaleng dan jasa..
suhu, bener ga sih itu beres make sebanyak itu. katanya sekalian flushing.. :e-think:
maklum selama ini belom pernah flushing juga sih, odo baru masuk 70rb sih..

:puppydogeyes:
coba liat di buku manual om, disana tertera berapa kapasitas oli transmisinya.. tapi kalau flush, umumnya mobil sih habis 8liter-10liter (tergantung mobilnya)

kalau lihat spesifikasi Mobil 3309, rasanya sih bisa pakai Toyota TIV.. tapi mending nunggu masternya saja biar lebih jelas :mrgreen:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 11:24
by rakasutadiwiria
Numpang tanya, saya pengguna crv matic 2013. Apakah bener pergantian oli transmisi per 60 ribu sekali? Saya liat di buku servicenya begitu, kmarin saya sempet tanya di toda pergantian oli transmisi matic crv per 15 ribu sekali. Mohon infonya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 13:28
by Turboman
rakasutadiwiria wrote:Numpang tanya, saya pengguna crv matic 2013. Apakah bener pergantian oli transmisi per 60 ribu sekali? Saya liat di buku servicenya begitu, kmarin saya sempet tanya di toda pergantian oli transmisi matic crv per 15 ribu sekali. Mohon infonya
Kalo pake ATF Z-1 sih utk amannya ganti total di 40.000 Km atau 2 tahun yg mana duluan aja

Di Matic-nya CR-V gen.3 sih ATF bisa awet, karena kalo kita buang di 25.000 Km warna ATF nya masih merah agak bening

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 13:30
by Turboman
@azu :

Ya JWS 3309 itu sama dengan toyota T-IV

Bisa pakai ATF ATF Universal yg comply dgn JWS 3309 spt yg dipake oleh para pengguna Innova

Spt nya matic-nya Suzuki buatan Aisin Warner juga.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 14:28
by imsus2c
Turboman wrote:
aceagung wrote: kalo saya cek di toda berat di ongkos om turbo, secara tkp ane di smg :big_biglaugh:
btw thanks. :big_exellent:
Distro valvoline di Smg :

Sindhunoto Hadi Santoso
PT Margodadi Putra Mandiri
Jl. MT Haryono No. 1 H
Semarang, Jawa Tengah
Tel: 024 3546540
Fax: 024 3551691
Email ID: [email protected]

http://www.valvolineasia.com/countryhom ... =Indonesia
Ngomongin valvoline dan oli transmisi, jadi ingat tempohari ke salah satu toko oli di sby, lihat oli atf valvoline yg spek Dex IID
Spek yg cukup kuno dan langka....
Harga kalau ngga salah Rp.45ribuan per L

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jan 28, 2014 15:38
by ecco
Para suhu, mohon pencerahan. Kalau mobil baru tapi taon tua (stok lama) perlu diganti gak semua oli-nya yah? kayaknya ada trit khusus soal ini yah...he..he..he..nyari2 gak nemu. Ini kasusnya mobil CBU...thanks

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat May 31, 2014 7:02
by aryaguna
permisi para suhu...
selamat siang semua


ane barusan ganti oli mesin, oli tranmisi matic dan oli gardan toyota Rush TRD AT 2014. mobil baru jalan 1000 KM dan td barusan servis pertama dan ane minta ganti oli mesin. matic dan gardan.

tapi ternyata oli gardan di pake oleh BeRes Toyota ternyata MANUAL TRANSMISSION FLUID 2 Liter, dan pas prosesnya ane gak liat. setelah selesai dan mw bayar ane liat kwitansi ternyata tertulis oli gardan pake MANUAL TRANSMISSION FLUID 2 Liter. ohhh my god

apakah hal ini bs menyebabkan kerusakan di mobil ane ? klo emang berbahaya, ane mw segera ganti lg itu oli gardannya dgn spek GL-5
di manual book mobil ane, tertulis klo gardan menggunakan API GL-5 SAE 80W-90, 85W-90 atau 90.
sementara ane gak tau oli manual transmission fluid jenis apa yg diisikan oleh BeRes Toyota ke mobil ane...apakah avanza punya, innova, fortuner, atau bahkan camry punya....

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jun 07, 2014 19:50
by bangrosi
@aryaguna astaga transmisi matic diisi oli transmisi manual yg bener lah itu beres,bisa hancur tuh maticnya oli matic+oli manual..

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sun Jun 08, 2014 10:32
by nugroho bagor
bangrosi wrote:@aryaguna astaga transmisi matic diisi oli transmisi manual yg bener lah itu beres,bisa hancur tuh maticnya oli matic+oli manual..
Nunggu updatenya :big_childish:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sun Jun 08, 2014 14:45
by DOHC
aryaguna wrote:permisi para suhu...
selamat siang semua


ane barusan ganti oli mesin, oli tranmisi matic dan oli gardan toyota Rush TRD AT 2014. mobil baru jalan 1000 KM dan td barusan servis pertama dan ane minta ganti oli mesin. matic dan gardan.

tapi ternyata oli gardan di pake oleh BeRes Toyota ternyata MANUAL TRANSMISSION FLUID 2 Liter, dan pas prosesnya ane gak liat. setelah selesai dan mw bayar ane liat kwitansi ternyata tertulis oli gardan pake MANUAL TRANSMISSION FLUID 2 Liter. ohhh my god

apakah hal ini bs menyebabkan kerusakan di mobil ane ? klo emang berbahaya, ane mw segera ganti lg itu oli gardannya dgn spek GL-5
di manual book mobil ane, tertulis klo gardan menggunakan API GL-5 SAE 80W-90, 85W-90 atau 90.
sementara ane gak tau oli manual transmission fluid jenis apa yg diisikan oleh BeRes Toyota ke mobil ane...apakah avanza punya, innova, fortuner, atau bahkan camry punya....
kalo oli gardan sehh wajib GL-5... kalo utk branding toyota nya sehh utk manual transmision fluid seinget ane ada yg GL-4 tp ada jg yg GL-5.. cuman kalo mengenai tulisan di faktur, dulu ane perna serpis di beres jg ditulis manual transmision fluid padahal yg diisi spirax GL-5 75-90 (jaman dahulu, skrg sehh spirax seri ini uda kaga ada) biasanya sehh MTF toyota yahh sama2 aja utk smua line up nya...

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 7:20
by ecco
Mohon petunjuk dan pertimbangan para Suhu terkait dengan ATF.
Singkat cerita, ATF di yaris saya udah berjalan 15rb KM setelah flush terakhir dengan ATF Toyota WS yang asli Toyota. Nah, karena jalur macet dan panas bukan main, saya berniat menyegarkan ATF yaris, tapi kali ini dengan Redline D6 yang memang comply ke T-WS. Saya liat D6 ini lebih encer dibandingkan dengan yang toyota. Pertanyaan:
pakai flush dengan mesin (di toda bayar 75rb kalo atf beli sama mereka), atau saya beli ATF-nya dan lakukan sendiri drain and fill.
Apakah dengan flush total atf kotor yang keluar lebih banyak dibanding dengan drain & fill?

mohon petunjuk. makasih sebelumnya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 7:59
by aryaguna
nugroho bagor wrote:
bangrosi wrote:@aryaguna astaga transmisi matic diisi oli transmisi manual yg bener lah itu beres,bisa hancur tuh maticnya oli matic+oli manual..
Nunggu updatenya :big_childish:
ane servis 1000 KM pertama, trus krn baca trit om turbo soal pentingnya ganti oli di 1000 KM pertama utk mobil CKD Indonesia, maka ane putuskan utk ganti oli...

Beres nya salah ngisi oli gardan om, bukan oli matic....tranmisi matic mobil ane aman om.
jd ane ganti oli gardan, ehhh ternyata di isi oli MTF GL 4, itu krn ane gak liat proses mekanik nyaa..ehh pas mw bayar ternyata oli gardan di isi MTF GL 5....trus ane kkonsultasi via PM ke om turbo, kata beliau gpp gardan isi GL 4 asalkan tidak lebih 5000 KM dan mobilnya harus dipake dengan halus dan tidak dgn beban berat...


jd akhirnya ane ganti lagi tu oli gardan GL 4, sekarang udh terisi oli gardan GL 5 toyota di mobil ane...oli gardan GL 4 hanya berumur sekitar 30 KM doang digardan ane...sempat panic dan kebanyakan bengkel di daerah ane cuman jual oli gardan GL 5 merk TOP 1...cuman ane baca2 forum2 otomotif indonesia, dan oli TOP 1 kek nya kurang direkomendasikan....namun ane sabar aja, sambil trus keliling nyari bengkel yg jual GL 5, akhirnya dpt juga tuh oli gardan merk toyota GL 5..

langsung ganti oli dan di isi oli gardan GL 5, kapasitas mobil ane cuman 2,6 liter, terpaksa beli 3 botol @1 Liter dan sisanya ane hibahkan ke mekanik yg ngerjain mobil ane :off_good_job:

oh ya..oli tranmisi matic ane bukan di kuras oleh BeRes, tetapi cuman dibuang dgn cara buka baut karter nya saja, dan di isi dgn oli matic baru oli merk toyota ATF dexron sebanyak 3 liter

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 8:09
by Turboman
ecco wrote:Mohon petunjuk dan pertimbangan para Suhu terkait dengan ATF.
Singkat cerita, ATF di yaris saya udah berjalan 15rb KM setelah flush terakhir dengan ATF Toyota WS yang asli Toyota. Nah, karena jalur macet dan panas bukan main, saya berniat menyegarkan ATF yaris, tapi kali ini dengan Redline D6 yang memang comply ke T-WS. Saya liat D6 ini lebih encer dibandingkan dengan yang toyota. Pertanyaan:
pakai flush dengan mesin (di toda bayar 75rb kalo atf beli sama mereka), atau saya beli ATF-nya dan lakukan sendiri drain and fill.
Apakah dengan flush total atf kotor yang keluar lebih banyak dibanding dengan drain & fill?

mohon petunjuk. makasih sebelumnya
Jangan drain and fill, tapi sistem manual flushing

Detail step step-nya :
http://www.kaskus.co.id/show_post/51fbc ... erlongquot

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 8:28
by montirangin
aryaguna wrote: ane servis 1000 KM pertama, trus krn baca trit om turbo soal pentingnya ganti oli di 1000 KM pertama utk mobil CKD Indonesia, maka ane putuskan utk ganti oli...

Beres nya salah ngisi oli gardan om, bukan oli matic....tranmisi matic mobil ane aman om.
jd ane ganti oli gardan, ehhh ternyata di isi oli MTF GL 4, itu krn ane gak liat proses mekanik nyaa..ehh pas mw bayar ternyata oli gardan di isi MTF GL 5....trus ane kkonsultasi via PM ke om turbo, kata beliau gpp gardan isi GL 4 asalkan tidak lebih 5000 KM dan mobilnya harus dipake dengan halus dan tidak dgn beban berat...


jd akhirnya ane ganti lagi tu oli gardan GL 4, sekarang udh terisi oli gardan GL 5 toyota di mobil ane...oli gardan GL 4 hanya berumur sekitar 30 KM doang digardan ane...sempat panic dan kebanyakan bengkel di daerah ane cuman jual oli gardan GL 5 merk TOP 1...cuman ane baca2 forum2 otomotif indonesia, dan oli TOP 1 kek nya kurang direkomendasikan....namun ane sabar aja, sambil trus keliling nyari bengkel yg jual GL 5, akhirnya dpt juga tuh oli gardan merk toyota GL 5..

langsung ganti oli dan di isi oli gardan GL 5, kapasitas mobil ane cuman 2,6 liter, terpaksa beli 3 botol @1 Liter dan sisanya ane hibahkan ke mekanik yg ngerjain mobil ane :off_good_job:

oh ya..oli tranmisi matic ane bukan di kuras oleh BeRes, tetapi cuman dibuang dgn cara buka baut karter nya saja, dan di isi dgn oli matic baru oli merk toyota ATF dexron sebanyak 3 liter
beresnya parah amat itu..itu kesalahan yg ga dpt di maklumin sebenernya..

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 8:29
by montirangin
ecco wrote:Para suhu, mohon pencerahan. Kalau mobil baru tapi taon tua (stok lama) perlu diganti gak semua oli-nya yah? kayaknya ada trit khusus soal ini yah...he..he..he..nyari2 gak nemu. Ini kasusnya mobil CBU...thanks
intinya mobil tua itu ya ditahan digudang atua di jemur di lapangan..oli ga diganti jadi ya wajar harus di ganti ...kan oli pun ada manualnya..5rb 10rb atau 6 bulan mana yg lebih cepat.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 8:31
by montirangin
rakasutadiwiria wrote:Numpang tanya, saya pengguna crv matic 2013. Apakah bener pergantian oli transmisi per 60 ribu sekali? Saya liat di buku servicenya begitu, kmarin saya sempet tanya di toda pergantian oli transmisi matic crv per 15 ribu sekali. Mohon infonya
moso...professor dibidang engineering..dgn segudang pengalaman...diragukan..dan ditanya kepada yg mekanik amaturan disini.. :big_think:
apa ga salah persepsi nanti abang rakasutadiwiria?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 8:35
by Turboman
rakasutadiwiria wrote:Numpang tanya, saya pengguna crv matic 2013. Apakah bener pergantian oli transmisi per 60 ribu sekali? Saya liat di buku servicenya begitu, kmarin saya sempet tanya di toda pergantian oli transmisi matic crv per 15 ribu sekali. Mohon infonya
kalau ATF nya pakai genuine Z-1 maksimal 2 tahun harus diganti

Cuman ATF di Matic-nya CRV gen.3 (dan juga gen. 4 mestinya) sih relatif bersih walau dah jalan 25.000 Km

jadi dibagi aja = setahun sekali buang ATF di pan dan isi sesuai volume yg keluar, pas di tahun ke 2 kuras total

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 8:50
by ecco
Turboman wrote:
ecco wrote:Mohon petunjuk dan pertimbangan para Suhu terkait dengan ATF.
Singkat cerita, ATF di yaris saya udah berjalan 15rb KM setelah flush terakhir dengan ATF Toyota WS yang asli Toyota. Nah, karena jalur macet dan panas bukan main, saya berniat menyegarkan ATF yaris, tapi kali ini dengan Redline D6 yang memang comply ke T-WS. Saya liat D6 ini lebih encer dibandingkan dengan yang toyota. Pertanyaan:
pakai flush dengan mesin (di toda bayar 75rb kalo atf beli sama mereka), atau saya beli ATF-nya dan lakukan sendiri drain and fill.
Apakah dengan flush total atf kotor yang keluar lebih banyak dibanding dengan drain & fill?

mohon petunjuk. makasih sebelumnya
Jangan drain and fill, tapi sistem manual flushing

Detail step step-nya :
http://www.kaskus.co.id/show_post/51fbc ... erlongquot
Waduh, gak ada asisten nih Om Turbo, cuman ada istri dan anak 5 taon kurang he..he..gak ngerti dia liat warna atf :D

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 9:02
by Turboman
ecco wrote:
Waduh, gak ada asisten nih Om Turbo, cuman ada istri dan anak 5 taon kurang he..he..gak ngerti dia liat warna atf :D
Lakukan di bengkel azaa.....kita yg bimbing

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 9:04
by DOHC
om turbo, krn ane punya problem yg sama ama om ecco.. ane kalo kuras atf di ge8 pake cara ngetap, trus isi, muter2 komplek trus di tap lagi, trus isi lagi, dan proses ini ampe 3 kali kira2 bersih ga ?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 9:05
by Turboman
Intinya sih oli baru ngedorong oli lama keluar, jangan bikin oli baru bercampur dgn oli lama

Kuras ATF ala Gerlong aza.....irit ATF dan efektif :mrgreen:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 9:06
by DOHC
jahh... wess dah kalo gt nunggu taon depan dehh baru d kuras pake cara gerlong..

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 12, 2014 9:12
by shale shaker
Turboman wrote:
rakasutadiwiria wrote:Numpang tanya, saya pengguna crv matic 2013. Apakah bener pergantian oli transmisi per 60 ribu sekali? Saya liat di buku servicenya begitu, kmarin saya sempet tanya di toda pergantian oli transmisi matic crv per 15 ribu sekali. Mohon infonya
kalau ATF nya pakai genuine Z-1 maksimal 2 tahun harus diganti

Cuman ATF di Matic-nya CRV gen.3 (dan juga gen. 4 mestinya) sih relatif bersih walau dah jalan 25.000 Km

jadi dibagi aja = setahun sekali buang ATF di pan dan isi sesuai volume yg keluar, pas di tahun ke 2 kuras total
Om turbo, untuk D4D matic hampir 2 tahun belum pernah ganti ATF dari baru, kalau metode drain dari pan dan trus top up pakai Motul ATF 1A boleh ga ya? Jadi olinya bawaann asli Toyota nyampur dengan Motul boleh ga ya?

makasih.