Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5353
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by kompresorz »

baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:

20200701_193207.jpg
20200701_193207.jpg (172.46 KiB) Viewed 682 times
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by agnisp »

kompresorz wrote: 01 Jul 2020, 19:43 baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:


20200701_193207.jpg
Salah fokus sama dompetnya..
:big_chicken:
lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by lamatlancah »

irdna wrote: 03 Feb 2020, 11:00 camry 2016 7,2 jt
padahal taun lalu bayarnya 6,3 jt
tangerang / gading serpong
ini kok bisa mahal sekali ya ?
padahal harga 2016 vx50 sekitar 290-310 jt-an, kurleb sama lah sama HRV. tapi HRV bayar pajaknya saya liat dibawah 5 jt.
pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1166
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by pengendiesel »

lamatlancah wrote: 01 Jul 2020, 20:21
irdna wrote: 03 Feb 2020, 11:00 camry 2016 7,2 jt
padahal taun lalu bayarnya 6,3 jt
tangerang / gading serpong
ini kok bisa mahal sekali ya ?
padahal harga 2016 vx50 sekitar 290-310 jt-an, kurleb sama lah sama HRV. tapi HRV bayar pajaknya saya liat dibawah 5 jt.
Patokan harga barunya om, bukan harga second. Dulu pelihara w202 tuwir, harga pasar 70jutaan, tapi pajak kalo gak salah ingat masih 3-4juta
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 903
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by benzz89 »

lamatlancah wrote:
irdna wrote: 03 Feb 2020, 11:00 camry 2016 7,2 jt
padahal taun lalu bayarnya 6,3 jt
tangerang / gading serpong
ini kok bisa mahal sekali ya ?
padahal harga 2016 vx50 sekitar 290-310 jt-an, kurleb sama lah sama HRV. tapi HRV bayar pajaknya saya liat dibawah 5 jt.
Ya kan CC nya juga beda om... camry 2.500 CC, HRV berapa? 1.500 CC atau 1.800 CC? Pajak kan liat dari kapasitas mesin utamanya selain juga dari penggerak roda, bukan sekedar harga jual di pasar nya. Blom lagi jenis sedan kena kategori barang mevvah di indo Image
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1360
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by lemonadelovers »

benzz89 wrote: 01 Jul 2020, 22:38
lamatlancah wrote:
irdna wrote: 03 Feb 2020, 11:00 camry 2016 7,2 jt
padahal taun lalu bayarnya 6,3 jt
tangerang / gading serpong
ini kok bisa mahal sekali ya ?
padahal harga 2016 vx50 sekitar 290-310 jt-an, kurleb sama lah sama HRV. tapi HRV bayar pajaknya saya liat dibawah 5 jt.
Ya kan CC nya juga beda om... camry 2.500 CC, HRV berapa? 1.500 CC atau 1.800 CC? Pajak kan liat dari kapasitas mesin utamanya selain juga dari penggerak roda, bukan sekedar harga jual di pasar nya. Blom lagi jenis sedan kena kategori barang mevvah di indo Image
Tarif pajaknya naik itu sih, mungkin ya dulu kepemilikan pertama tarif 1,5% atau 1,75% skg jd 2% dr NJKB

PKB udah ga liat kapasitas mesin, bentuk, sistem penggerak krna udah diperhitungkan di awal sbg hrg jual akhir termasuk pajak (khususnya BM dan PPnBM) dan selanjutnya menjadi acuan NJKB
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5353
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by kompresorz »

agnisp wrote: 01 Jul 2020, 20:01
kompresorz wrote: 01 Jul 2020, 19:43 baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:


20200701_193207.jpg
Salah fokus sama dompetnya..
:big_chicken:
:big_biglaugh:


standar dompetnya om.....penggemar crocodile ....msh harga terjangkau...gak sampe braun bufel hermes dll.... :big_slap:
Screenshot_20200702-074157_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074157_Gallery.jpg (191.91 KiB) Viewed 627 times
Screenshot_20200702-074831_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074831_Gallery.jpg (193.75 KiB) Viewed 627 times
Screenshot_20200702-074208_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074208_Gallery.jpg (185.19 KiB) Viewed 627 times
Screenshot_20200702-074224_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074224_Gallery.jpg (199.42 KiB) Viewed 627 times
slapnuts
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by slapnuts »

Maksudnya isi dompetnya Om Kompre yang di ujung, sampai gabisa ditutup 😂
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by DOHC »

kompresorz wrote: 02 Jul 2020, 07:51
agnisp wrote: 01 Jul 2020, 20:01
kompresorz wrote: 01 Jul 2020, 19:43 baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:


20200701_193207.jpg
Salah fokus sama dompetnya..
:big_chicken:
:big_biglaugh:


standar dompetnya om.....penggemar crocodile ....msh harga terjangkau...gak sampe braun bufel hermes dll.... :big_slap:

Screenshot_20200702-074157_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074831_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074208_Gallery.jpg
Screenshot_20200702-074224_Gallery.jpg
Itu dompet kelewat sesek ampe ga bsa nutup

Kaya spg lg pake baju kelwat ketat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
lamatlancah
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: 14 Sep 2016, 18:20
Daily Vehicle: 4Runner TRD Pro

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by lamatlancah »

bahaya untuk kesehatan kalau keseringan taruh dompet tebal di kantong celana belakng.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5353
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by kompresorz »

:big_biglaugh: ....

ooo gitu...gak mudeng....

yah abis kbiasaan di dompet minimal 2 jutaan....kt orang tua pamali dompet isinya dikit...tar jauh rejeki...
mknya jaman kuliah alias msh abg kere sering diceramahin klo pas ortu cek dompetnya isinya...cuma sampe puluhan ribu... :big_slap:

mknya ini beli dompet yg agak lebar panjang biar gak tlalu sempit lagi...

kalo bisa dompet isi 10 juta....

:ngacir:
agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: 07 Jun 2019, 11:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by agnisp »

Ikut om kompre deh kalo gitu, penuhin cash juga ah biar merah2
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 30 Oct 2015, 00:33

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by ipat »

Barusan bayar mazda2 sky 2014 dari 2,150,jadi 2.033 plat semarang
irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by irdna »

lemonadelovers wrote: 02 Jul 2020, 04:59
benzz89 wrote: 01 Jul 2020, 22:38
lamatlancah wrote:
ini kok bisa mahal sekali ya ?
padahal harga 2016 vx50 sekitar 290-310 jt-an, kurleb sama lah sama HRV. tapi HRV bayar pajaknya saya liat dibawah 5 jt.
Ya kan CC nya juga beda om... camry 2.500 CC, HRV berapa? 1.500 CC atau 1.800 CC? Pajak kan liat dari kapasitas mesin utamanya selain juga dari penggerak roda, bukan sekedar harga jual di pasar nya. Blom lagi jenis sedan kena kategori barang mevvah di indo Image
Tarif pajaknya naik itu sih, mungkin ya dulu kepemilikan pertama tarif 1,5% atau 1,75% skg jd 2% dr NJKB

PKB udah ga liat kapasitas mesin, bentuk, sistem penggerak krna udah diperhitungkan di awal sbg hrg jual akhir termasuk pajak (khususnya BM dan PPnBM) dan selanjutnya menjadi acuan NJKB
betul untuk tarif pajak khususnya di banten ada kenaikan PKB dan BBNKB nya
kebetulan naiknya per maret 2019
karena pajak saya bayarnya di bulan 1 jadi pas 2019 ga ada kenaikan baru bayar di awal tahun ini pas mau bayar ada kenaikan jd lmyn kaget jg naikny byk

untuk pajak jg jgn di samakan sama hrv karena harga barunya kan berbeda hahah
PribumiTulen
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 04 Jun 2020, 12:14
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Innova Venturer

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by PribumiTulen »

Innova Venturer Diesel 2020

5.8 juta plat L surabaya
affanfx
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 04 Sep 2020, 09:52
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Supra Fit X 2008__Corolla EE90 2E1300 1989

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by affanfx »

Corolla Twincam EE90 1989, mesin 2E 1300cc
PKB 2019 : 574 ribu
PKB 2020 : 556 ribu
Plat B Ciledug, Tangerang

Sekalian mau tanya, untuk plat B Jabodetabek, mobil2 mulai tahun 2000 ke atas itu PKB nya pasti diatas 1 juta kah ?
Liat punya babeh, Kijang Kapsul 2001 itu diatas 1 juta
Malah pernah liat, 806 2000 itu sekitar 1,7 juta

mohon pencerahan
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2153
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by evanbngdor »

affanfx wrote: 04 Sep 2020, 09:59 Corolla Twincam EE90 1989, mesin 2E 1300cc
PKB 2019 : 574 ribu
PKB 2020 : 556 ribu
Plat B Ciledug, Tangerang

Sekalian mau tanya, untuk plat B Jabodetabek, mobil2 mulai tahun 2000 ke atas itu PKB nya pasti diatas 1 juta kah ?
Liat punya babeh, Kijang Kapsul 2001 itu diatas 1 juta
Malah pernah liat, 806 2000 itu sekitar 1,7 juta

mohon pencerahan
Tergantung mobil juga kayaknya. Ngga semua di atas 1 juta. Tp mobil sebelum tahun 2000 juga belom tentu dibawah 1 juta
:big_smile]
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Taufiq6210
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by Taufiq6210 »

affanfx wrote: 04 Sep 2020, 09:59 Corolla Twincam EE90 1989, mesin 2E 1300cc
PKB 2019 : 574 ribu
PKB 2020 : 556 ribu
Plat B Ciledug, Tangerang

Sekalian mau tanya, untuk plat B Jabodetabek, mobil2 mulai tahun 2000 ke atas itu PKB nya pasti diatas 1 juta kah ?
Liat punya babeh, Kijang Kapsul 2001 itu diatas 1 juta
Malah pernah liat, 806 2000 itu sekitar 1,7 juta

mohon pencerahan
406 2001 saya itu PKBnya 1.112.200, tapi plat D sih
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5353
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by kompresorz »

nih baru bayar kijang n fortuner...walo bulan 2 jatuh tempo...

walo mobilku bukan kelas sultan tapi taat pajak....

maklum gak mau bikin punya hutang...

krn saya termasuk salah 1 manusia yang tidak punya hutang 1 rp pun... :wkkk:
Screenshot_20210107-082410_Gallery.jpg
Screenshot_20210107-082410_Gallery.jpg (250.79 KiB) Viewed 409 times
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1053
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote: 01 Jul 2020, 19:43 baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:


Image
Dompet ane ud mirip blom ky punya om kompre ?

Image


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 22221
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 19:39
kompresorz wrote: 01 Jul 2020, 19:43 baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:


Image
Dompet ane ud mirip blom ky punya om kompre ?

Image


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

Njirr ngakak ampe keguling
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 903
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 19:39
kompresorz wrote: 01 Jul 2020, 19:43 baru bayar skaligus ganti plat..harusnya bulan 8...cuma kbiasaan gak betah klo ada waktu dekat pembayaran...berasa ky ada utang harus dibayar jatuh tempo.....bawaan gelisah....biar klir nyenyak bobo bangun pagi segar.... :big_smoking:


lumayan turun ampir 3,5 juta....sempat ampir 30 jutiaw...27 jutiaw....20 jutiaw...

untung bbrp mobil udah gw usir dr rumah....gak bisa di atur n susahin aja....nakal... :ungg:


jaman lagi krisis bgini....resesi isi dompet.... :big_slap:


Image
Dompet ane ud mirip blom ky punya om kompre ?

Image


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

Njirr ngakak ampe keguling
Om kompre sudah merah semua isinya... om kiel masih ada biru2nya dikit , tebel2nya sih mirip2lah, warna warninya aja yang beda, sama rapihan om kiel lipetnya wakwkwkwk Image
ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4063
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by ginting »

gils wrote: 21 Jan 2020, 19:02 Om.. Ada yang tau pajak Fortuner G 2016 disel matic normal nya berapa area jkt/tangerang
tergantung oom,,kisaran 4.5 - 5 jutaan
KielConstantine
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1053
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by KielConstantine »

benzz89 wrote: 21 Mar 2021, 15:25
DOHC wrote:
KielConstantine wrote: 20 Mar 2021, 19:39

Dompet ane ud mirip blom ky punya om kompre ?

Image


:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

Njirr ngakak ampe keguling
Om kompre sudah merah semua isinya... om kiel masih ada biru2nya dikit , tebel2nya sih mirip2lah, warna warninya aja yang beda, sama rapihan om kiel lipetnya wakwkwkwk Image
:wkkk: :wkkk:

Kalo suhu kompresorz ud kg bisa dilawan itu

Ketua 3S :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
B 0 YZ
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 17 Aug 2007, 16:03

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by B 0 YZ »

ginting wrote: 21 Mar 2021, 23:19
gils wrote: 21 Jan 2020, 19:02 Om.. Ada yang tau pajak Fortuner G 2016 disel matic normal nya berapa area jkt/tangerang
tergantung oom,,kisaran 4.5 - 5 jutaan
Saya baru perpanjang stnk, fortuner g diesel matic, nik 2016, reg 2017, kena 6,7jt , mobil ke 1, tdk kena progresif
Post Reply