SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by supriyadi »

DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 .....
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
Cocok Om :big_deal: :big_deal:

Ngirit gak seberapa, bikin emosi iya

Apalagi dengar lengkingan HR15 si raja ngelitik ini puas juga
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

supriyadi wrote: Fri Jul 17, 2020 11:43
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43

eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
Cocok Om :big_deal: :big_deal:

Ngirit gak seberapa, bikin emosi iya

Apalagi dengar lengkingan HR15 si raja ngelitik ini puas juga
HR15 mah harus bejeg rpm redline terus donk..

masa enjin resing dibawa irit irit ritt rit.. malu ama lcgc karawang laen nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by blloewy »

DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 16:53
supriyadi wrote: Fri Jul 17, 2020 11:43
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37

irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
Cocok Om :big_deal: :big_deal:

Ngirit gak seberapa, bikin emosi iya

Apalagi dengar lengkingan HR15 si raja ngelitik ini puas juga
HR15 mah harus bejeg rpm redline terus donk..

masa enjin resing dibawa irit irit ritt rit.. malu ama lcgc karawang laen nya
Seandainya jalanan nya bisa seperti itu di tol setiap hari :big_biglaugh:
Lagi psbb sama ada tol baru di depok akhirnya bisa digeber 120 kemaren...
Enak emang larinya dan suara engine jd agak halus setelah idle...
Ajaib...jd penasaran kl pake TQ9000 nanti akan gmn suara engine racing ini
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by josomba »

blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:41

Seandainya jalanan nya bisa seperti itu di tol setiap hari :big_biglaugh:
Lagi psbb sama ada tol baru di depok akhirnya bisa digeber 120 kemaren...
Enak emang larinya dan suara engine jd agak halus setelah idle...
Ajaib...jd penasaran kl pake TQ9000 nanti akan gmn suara engine racing ini
Om, bukannya ada gigi L atau 1 ya kalau nissin? seinget saya juke/march sih ada n suka pantengin situ aja terus geber .... kagak perlu ngebut2 jadinya .... oli trans dah ganti ini khan?
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by blloewy »

josomba wrote: Sat Jul 18, 2020 1:26
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:41

Seandainya jalanan nya bisa seperti itu di tol setiap hari :big_biglaugh:
Lagi psbb sama ada tol baru di depok akhirnya bisa digeber 120 kemaren...
Enak emang larinya dan suara engine jd agak halus setelah idle...
Ajaib...jd penasaran kl pake TQ9000 nanti akan gmn suara engine racing ini
Om, bukannya ada gigi L atau 1 ya kalau nissin? seinget saya juke/march sih ada n suka pantengin situ aja terus geber .... kagak perlu ngebut2 jadinya .... oli trans dah ganti ini khan?
maksudnya geber dgn gigi 1 itu Italian Tune Up?
daerah saya macet om...jalan 3 km aja butuh 45 menit sampe 1 jam.
jalan 3 m per 5 menit.
Oli Trans sdh ganti pake dedemitsu MTF tadi dan sdh jalan hampir 10 bln kurleb 3000 km.
kayanya mau diganti yg oli MTF Nissin aja krn sdh ,ultigrade meskipun ngga ada keluhan jg di transmisi ama dedmitsu
nubie in all things - still need to learn
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ChZ »

DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 .....
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
idem... pabrikan mobil capek-capek bikin mesin yg powerbandnya luas, enak dibetot ampe tereak...

eh pada dipakenya cm 40 kph dalem kota gas diirit-irit... biar gak boros... ama takut ngelanggar speed limit. agak gemes tiap pagi pemandangan selalu kyk gini isinya jalur lambat jalur cepet larinya sama aj... gak bs disalip.

halah speed limit apaan d indonesia dalem kota ngebut 100-120 di lurusan pendek jg biasa bgt... :ngacir:

pdhl mobil skrg dibetot ama diirit-irit ga trlalu ngaruh... mesinnya pd irit-irit bawaan orok... dibuat untuk dinikmati, bkn buat dihemat-hemat...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

ChZ wrote: Sat Jul 18, 2020 2:34
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43

eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
idem... pabrikan mobil capek-capek bikin mesin yg powerbandnya luas, enak dibetot ampe tereak...

eh pada dipakenya cm 40 kph dalem kota gas diirit-irit... biar gak boros... ama takut ngelanggar speed limit. agak gemes tiap pagi pemandangan selalu kyk gini isinya jalur lambat jalur cepet larinya sama aj... gak bs disalip.

halah speed limit apaan d indonesia dalem kota ngebut 100-120 di lurusan pendek jg biasa bgt... :ngacir:

pdhl mobil skrg dibetot ama diirit-irit ga trlalu ngaruh... mesinnya pd irit-irit bawaan orok... dibuat untuk dinikmati, bkn buat dihemat-hemat...
Nah itu mods

ANH140 saya yg kaya gt, mau irit rit ritt tetep aj dapet nya 1:9an dalkot, mau bejeg gila2an jg sgitu dapetnya, krn smua ud d atur ama metik nya.. makanya mending skalian bejeg2, enak sensasi suara ngoooonggg nya

Ad lg agya metik saya, nah ini br beda lmayan antara irit ritt ritt ama pecicilan.. tp masalah nya kl nyetir irit rit rit, itu metik nya ga enak banget, giliran mau nyalip atau aksellerasi kaya ad jeda satu jurang antar gigi, downshift nya luamaaa.. nyetir ini mobil cocok nya sblom psbb, sore hari jem pulang kantor macet2an
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 .....
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
ky mobil CVT nyiksa diri ya....gak boleh A B C....harus 3D...di elus di raba di tidurin ah.... :big_childish:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Sat Jul 18, 2020 11:48
DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 11:37
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43

eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
ky mobil CVT nyiksa diri ya....gak boleh A B C....harus 3D...di elus di raba di tidurin ah.... :big_childish:
CVT honda masi mendingan, ada selah nya kl mau nyetir seruntulan.. pedal gas injek lepas injek lg, kaya main gasing.. komputer nya lgs pinter respon.. tp bensin malah jd boros, tp yah gapapa, lebi ga enak mobil jalan pelan2 kaya pengantin sunat

injek pedal gas jgn lgs d mentokin, cuman nguuuuuuu doank tp ga jalan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ChZ »

DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:09 Nah itu mods

ANH140 saya yg kaya gt, mau irit rit ritt tetep aj dapet nya 1:9an dalkot, mau bejeg gila2an jg sgitu dapetnya, krn smua ud d atur ama metik nya.. makanya mending skalian bejeg2, enak sensasi suara ngoooonggg nya

Ad lg agya metik saya, nah ini br beda lmayan antara irit ritt ritt ama pecicilan.. tp masalah nya kl nyetir irit rit rit, itu metik nya ga enak banget, giliran mau nyalip atau aksellerasi kaya ad jeda satu jurang antar gigi, downshift nya luamaaa.. nyetir ini mobil cocok nya sblom psbb, sore hari jem pulang kantor macet2an
1TR resing breed engine... :ngacir:

gw di CRV aja skrg avg di 10.4 padahal gak gw irit-irit, kadang mesin idle lama jg nungguin bisa masuk toko pas rame bgt... waktu gw eco ecoan malah 1:9.5 doank... :ngacir: ada alay bermotor sering gw pepet sambil gaspol...

ah metik 4speed nya daitoyo emang juara klo soal begini... dari agya calya avanza semuanya gt :mky_07: emang beneran deh di rnd di indonesia cocoknya buat jalanan macet dan tanjakan curam...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

ChZ wrote: Sat Jul 18, 2020 15:52
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:09 Nah itu mods

ANH140 saya yg kaya gt, mau irit rit ritt tetep aj dapet nya 1:9an dalkot, mau bejeg gila2an jg sgitu dapetnya, krn smua ud d atur ama metik nya.. makanya mending skalian bejeg2, enak sensasi suara ngoooonggg nya

Ad lg agya metik saya, nah ini br beda lmayan antara irit ritt ritt ama pecicilan.. tp masalah nya kl nyetir irit rit rit, itu metik nya ga enak banget, giliran mau nyalip atau aksellerasi kaya ad jeda satu jurang antar gigi, downshift nya luamaaa.. nyetir ini mobil cocok nya sblom psbb, sore hari jem pulang kantor macet2an
1TR resing breed engine... :ngacir:

gw di CRV aja skrg avg di 10.4 padahal gak gw irit-irit, kadang mesin idle lama jg nungguin bisa masuk toko pas rame bgt... waktu gw eco ecoan malah 1:9.5 doank... :ngacir: ada alay bermotor sering gw pepet sambil gaspol...

ah metik 4speed nya daitoyo emang juara klo soal begini... dari agya calya avanza semuanya gt :mky_07: emang beneran deh di rnd di indonesia cocoknya buat jalanan macet dan tanjakan curam...
Tp masalahnya

Metik d agya jg letoy buat nanjak2 an, perna denger agya ga bsa nanjak d tanjakan ampe musti d dorong pak pulisi kan ? Yah sgitulah kira2..

Saya perna bawa agya d cipularang, isi penumpang cuman ber 4 plus tas bawaan kira2 15an kg... mesin ga berhentinya meraung2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
acil08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Jan 22, 2019 11:57
Location: Tangerang
Daily Vehicle: CB150R K15

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by acil08 »

Hallo semuanya,saya mau nanya nih terkait octane number dan CR berdasarkan pengalaman saya.
Apakah ada efek buruk penggunaan RON yang lebih tinggi dari anjuran sesuai CR kendaraan kita? misal kendaraan kita memiliki CR 9,5 tetapi diisi RON 95 atau 98, sebelumnya terima kasih ya om :big_deal:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by leogalih »

Halo semuanya.. Saya mau tanya mengenai pengalaman membersihkan ruang bakar metode bongkar silinder head vs pakai cairan chemical.

(Mohon maaf apabila salah kamar atau ada pembahasan serupa karena saya belum baca seksama thread SM).

Jadi begini, saya pernah punya GV 2.4 saat KM 60ribuan ganti packing silinder head karena ada kompresi yang bocor, air radiator nyembur. Mumpung bongkar silinder sekalian dibersihkan ruang bakarnya, ga tau metodanya bagaimana, mungki digosok pake chemical.
Sebelum bongkar silinder head memang sering terasa ngelitik, bensin selalu pertalite. Setelah silinder dibongkar, dibersihkan dan ganti packing baru. Sampe dipakai 105rb km ga pernah gejala ngelitik, tarikan enak dan topspeed masih dapat 180kpj (tol batang-pemalang)..

Memang sih biayanya lumayan, jasa bongkar silinder head aja 2jt (termasuk bersihinnya), lalu belum beli packingnya, dan nginepnya, mobilitas pekerjaan jadi terhambat.

Nah jika dibandingkan dengan cairan kimia engine cleaner, apakah hasilnya juga sebersih bongkar silinder head?

Lalu, mana yang lebih ekonomis dan aman untuk jangka panjang. Lets say, selalu pertamax untuk 100rb km, tanpa engine cleaner.
Atau pertalite ajalah, toh menurut manual book bisa ron90, tapi diselingin engine cleaner tiap 50rb km (misalnya)??

Terima kasih teman-teman senior SM
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Valach »

suhuuu mau tanya kalo Brio Satya di kasih minum Premium aman gak? soalnya sodara saya brionya dikasih minum Premium dan pernah saya tanya ada gak ada keluhan selama pake Premium

jadi apakah memang aman?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Omnibus »

leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 7:42 Halo semuanya.. Saya mau tanya mengenai pengalaman membersihkan ruang bakar metode bongkar silinder head vs pakai cairan chemical.

(Mohon maaf apabila salah kamar atau ada pembahasan serupa karena saya belum baca seksama thread SM).

Jadi begini, saya pernah punya GV 2.4 saat KM 60ribuan ganti packing silinder head karena ada kompresi yang bocor, air radiator nyembur. Mumpung bongkar silinder sekalian dibersihkan ruang bakarnya, ga tau metodanya bagaimana, mungki digosok pake chemical.
Sebelum bongkar silinder head memang sering terasa ngelitik, bensin selalu pertalite. Setelah silinder dibongkar, dibersihkan dan ganti packing baru. Sampe dipakai 105rb km ga pernah gejala ngelitik, tarikan enak dan topspeed masih dapat 180kpj (tol batang-pemalang)..

Memang sih biayanya lumayan, jasa bongkar silinder head aja 2jt (termasuk bersihinnya), lalu belum beli packingnya, dan nginepnya, mobilitas pekerjaan jadi terhambat.

Nah jika dibandingkan dengan cairan kimia engine cleaner, apakah hasilnya juga sebersih bongkar silinder head?

Lalu, mana yang lebih ekonomis dan aman untuk jangka panjang. Lets say, selalu pertamax untuk 100rb km, tanpa engine cleaner.
Atau pertalite ajalah, toh menurut manual book bisa ron90, tapi diselingin engine cleaner tiap 50rb km (misalnya)??

Terima kasih teman-teman senior SM
packing head udah pecah di 60k km? mobilnya beli baru atau second? kl beli baru, wow banget nih GV.

menurut nubie terlalu over kl bongkar lagi head cuma utk bersihin carbon build up. cukup pakai chemicals aja tp jangan yg keras. banyak di pasaran yg terlalu keras malah merusak.

kl ane cukup pakai engine cleaner yg dimasukin ke fuel tank, pake tiap 5-10k km sekali. tp yg lebih utama jagalah kebersihan filter udara, oli mesin, busi dan sensor2 (maf, map, iat, kesehatan 02). krn dgn itu semua dlm kondisi prima maka pembakaran akan menghasilkan H2O (air) dalam ruang bakar, air itu yg akan membersihkan carbon build up.
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by leogalih »

Omnibus wrote: Wed Mar 10, 2021 12:34
leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 7:42 Halo semuanya.. Saya mau tanya mengenai pengalaman membersihkan ruang bakar metode bongkar silinder head vs pakai cairan chemical.

(Mohon maaf apabila salah kamar atau ada pembahasan serupa karena saya belum baca seksama thread SM).

Jadi begini, saya pernah punya GV 2.4 saat KM 60ribuan ganti packing silinder head karena ada kompresi yang bocor, air radiator nyembur. Mumpung bongkar silinder sekalian dibersihkan ruang bakarnya, ga tau metodanya bagaimana, mungki digosok pake chemical.
Sebelum bongkar silinder head memang sering terasa ngelitik, bensin selalu pertalite. Setelah silinder dibongkar, dibersihkan dan ganti packing baru. Sampe dipakai 105rb km ga pernah gejala ngelitik, tarikan enak dan topspeed masih dapat 180kpj (tol batang-pemalang)..

Memang sih biayanya lumayan, jasa bongkar silinder head aja 2jt (termasuk bersihinnya), lalu belum beli packingnya, dan nginepnya, mobilitas pekerjaan jadi terhambat.

Nah jika dibandingkan dengan cairan kimia engine cleaner, apakah hasilnya juga sebersih bongkar silinder head?

Lalu, mana yang lebih ekonomis dan aman untuk jangka panjang. Lets say, selalu pertamax untuk 100rb km, tanpa engine cleaner.
Atau pertalite ajalah, toh menurut manual book bisa ron90, tapi diselingin engine cleaner tiap 50rb km (misalnya)??

Terima kasih teman-teman senior SM
packing head udah pecah di 60k km? mobilnya beli baru atau second? kl beli baru, wow banget nih GV.

menurut nubie terlalu over kl bongkar lagi head cuma utk bersihin carbon build up. cukup pakai chemicals aja tp jangan yg keras. banyak di pasaran yg terlalu keras malah merusak.

kl ane cukup pakai engine cleaner yg dimasukin ke fuel tank, pake tiap 5-10k km sekali. tp yg lebih utama jagalah kebersihan filter udara, oli mesin, busi dan sensor2 (maf, map, iat, kesehatan 02). krn dgn itu semua dlm kondisi prima maka pembakaran akan menghasilkan H2O (air) dalam ruang bakar, air itu yg akan membersihkan carbon build up.
Beli second, km 45rb di tahun ke 6, barang simpenan eks user wanita. Tapi ternyata boomerang.
Ga selamanya barang simpenan dan low km itu barang prima.

Kaki-kaki pun juga udah ganti swing armnya dan link stabilizernya om, karena bushingnya udah pada pecah.

Agak sedikit kecewa dengan image robustnya suzuki di GV ini, karena pengalaman punya Jimny 4WD waktu kuliah, mesin F10A bener bener worry free, sampe pernah kebalik di track offroad masih tetap bisa pulang ke rumah dengan selamat. Dan juga setelah berkeluarga miara Ertiga Gen1 bener-bener handal dan bebas masalah di kaki-kaki sekalipun, pakai 2 tahun hampir 50rb km, sampe sampe pas dijual sempet dikira buat taxol, padahal karena sering road trip aja mudik setahun bisa 5-6x, ke Bali PP, ke bromo..

Terima kasih sarannya om..
Btw, komparasinya lebih bersih mana om?
Kira-kira pertalite dengan engine cleaner 5-10rb km
Atau
Pakai pertamax tanpa engine cleaner?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Omnibus »

leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 13:05
Beli second, km 45rb di tahun ke 6, barang simpenan eks user wanita. Tapi ternyata boomerang.
Ga selamanya barang simpenan dan low km itu barang prima.

Kaki-kaki pun juga udah ganti swing armnya dan link stabilizernya om, karena bushingnya udah pada pecah.

Agak sedikit kecewa dengan image robustnya suzuki di GV ini, karena pengalaman punya Jimny 4WD waktu kuliah, mesin F10A bener bener worry free, sampe pernah kebalik di track offroad masih tetap bisa pulang ke rumah dengan selamat. Dan juga setelah berkeluarga miara Ertiga Gen1 bener-bener handal dan bebas masalah di kaki-kaki sekalipun, pakai 2 tahun hampir 50rb km, sampe sampe pas dijual sempet dikira buat taxol, padahal karena sering road trip aja mudik setahun bisa 5-6x, ke Bali PP, ke bromo..

Terima kasih sarannya om..
Btw, komparasinya lebih bersih mana om?
Kira-kira pertalite dengan engine cleaner 5-10rb km
Atau
Pakai pertamax tanpa engine cleaner?
sy ga punya pengalaman dgn pertalite jd ga bisa komen. kl pertamax aslinya udah bersih. sisanya pake engine cleaner cuma sugesti menambah bersih aja, kadang merasa useless jg. jd kayanya tetap bagusan pertamax tanpa embel2 apapun. kasih engine cleaner tiap 10k jg ga mahal.

mengenai mobilnya, 45k km swing arm udah pada pecah bushing, sorry to say it tp sptnya kl 45k seharusnya belum sampai begitu om.
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by leogalih »

Omnibus wrote: Wed Mar 10, 2021 13:27
leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 13:05
Beli second, km 45rb di tahun ke 6, barang simpenan eks user wanita. Tapi ternyata boomerang.
Ga selamanya barang simpenan dan low km itu barang prima.

Kaki-kaki pun juga udah ganti swing armnya dan link stabilizernya om, karena bushingnya udah pada pecah.

Agak sedikit kecewa dengan image robustnya suzuki di GV ini, karena pengalaman punya Jimny 4WD waktu kuliah, mesin F10A bener bener worry free, sampe pernah kebalik di track offroad masih tetap bisa pulang ke rumah dengan selamat. Dan juga setelah berkeluarga miara Ertiga Gen1 bener-bener handal dan bebas masalah di kaki-kaki sekalipun, pakai 2 tahun hampir 50rb km, sampe sampe pas dijual sempet dikira buat taxol, padahal karena sering road trip aja mudik setahun bisa 5-6x, ke Bali PP, ke bromo..

Terima kasih sarannya om..
Btw, komparasinya lebih bersih mana om?
Kira-kira pertalite dengan engine cleaner 5-10rb km
Atau
Pakai pertamax tanpa engine cleaner?
sy ga punya pengalaman dgn pertalite jd ga bisa komen. kl pertamax aslinya udah bersih. sisanya pake engine cleaner cuma sugesti menambah bersih aja, kadang merasa useless jg. jd kayanya tetap bagusan pertamax tanpa embel2 apapun. kasih engine cleaner tiap 10k jg ga mahal.

mengenai mobilnya, 45k km swing arm udah pada pecah bushing, sorry to say it tp sptnya kl 45k seharusnya belum sampai begitu om.
Iya memang om, sepertinya saya kena zonk.
Memang belinya di showroom mobkas sih..
Mungkin karena bener bener jarang pakai jadi karet-karet jadi getas karena penyimpanan

Perbandingan, miara granmax minibus, selama 4 tahun sampe km 75rb itu aja trouble free, padahal sering roadtrip dan sering overload.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11003
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by marmut »

leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 7:42
Nah jika dibandingkan dengan cairan kimia engine cleaner, apakah hasilnya juga sebersih bongkar silinder head?

secara teori, bongkar head bisa 100% bersih. karena semua dilepas dan akses untuk memeriksa serta membersihkan sangat mudah.
tapi, itupun tergantung dari si mekaniknya jorok dan males atau perfeksionis?

membersihkan dengan cairan kimia pun musti teliti dan sabar. kalau tidak, hanya buang uang percuma.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11003
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by marmut »

leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 13:05
Beli second, km 45rb di tahun ke 6, barang simpenan eks user wanita. Tapi ternyata boomerang.
Ga selamanya barang simpenan dan low km itu barang prima.

radiator pakai coolant atau air keran biasa?
kalau pakai air keran plus barang simpenan, saya nggak kaget kalau head gasket bocor.

mobil simpenan dan low KM itu ibarat manusia kerjanya hanya makan tidur nonton tv. olahraga nggak mau karena nanti keringetan dan capek katanya...
:mky_03:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by leogalih »

marmut wrote: Wed Mar 10, 2021 13:49
leogalih wrote: Wed Mar 10, 2021 13:05
Beli second, km 45rb di tahun ke 6, barang simpenan eks user wanita. Tapi ternyata boomerang.
Ga selamanya barang simpenan dan low km itu barang prima.

radiator pakai coolant atau air keran biasa?
kalau pakai air keran plus barang simpenan, saya nggak kaget kalau head gasket bocor.

mobil simpenan dan low KM itu ibarat manusia kerjanya hanya makan tidur nonton tv. olahraga nggak mau karena nanti keringetan dan capek katanya...
:mky_03:
Untuk air radiator seinget saya pakai coolant. Tapi ga tau juga apakah sempat dikuras sebelum dijual oleh pemiliknya atau oleh showroomnya.

Analogi yang menarik om marmut
Mobil simpenan dan low KM ternyata bisa jadi jebakan juga..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11003
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by marmut »

Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 9:02 suhuuu mau tanya kalo Brio Satya di kasih minum Premium aman gak? soalnya sodara saya brionya dikasih minum Premium dan pernah saya tanya ada gak ada keluhan selama pake Premium

jadi apakah memang aman?

kalau anda makan nasi sama kuah sop plus tahu sepotong aman nggak?

ada alasan kuat kenapa di manual book tertera jelas angka oktan minimum.
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Valach »

marmut wrote: Wed Mar 10, 2021 15:12
Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 9:02 suhuuu mau tanya kalo Brio Satya di kasih minum Premium aman gak? soalnya sodara saya brionya dikasih minum Premium dan pernah saya tanya ada gak ada keluhan selama pake Premium

jadi apakah memang aman?

kalau anda makan nasi sama kuah sop plus tahu sepotong aman nggak?

ada alasan kuat kenapa di manual book tertera jelas angka oktan minimum.
Ampun suhuu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Mar 10, 2021 15:12
Valach wrote: Wed Mar 10, 2021 9:02 suhuuu mau tanya kalo Brio Satya di kasih minum Premium aman gak? soalnya sodara saya brionya dikasih minum Premium dan pernah saya tanya ada gak ada keluhan selama pake Premium

jadi apakah memang aman?

kalau anda makan nasi sama kuah sop plus tahu sepotong aman nggak?

ada alasan kuat kenapa di manual book tertera jelas angka oktan minimum.
kl saya mau nya nasi ama sop buntut trus tambah tahu gejrot mbah

abis itu minum nya es campur + susu kentel manis lebihan

dijamin 100 % GA aman buat jantung
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Mar 10, 2021 12:34
kl ane cukup pakai engine cleaner yg dimasukin ke fuel tank, pake tiap 5-10k km sekali. tp yg lebih utama jagalah kebersihan filter udara, oli mesin, busi dan sensor2 (maf, map, iat, kesehatan 02). krn dgn itu semua dlm kondisi prima maka pembakaran akan menghasilkan H2O (air) dalam ruang bakar, air itu yg akan membersihkan carbon build up.
berarti gurah2, semprot2 enjin kondisioner ke ruang busi gt ga perlu yah mbah ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: