dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

poeticmind wrote:waks! malah nemu vitara JX 2doors! buset... :D
dan memang tetep 4X4.

Image
tp knapa ga masuk di indonesia ya bro? :e-think: adakah yg punya di indonesia?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by €lj€p€ »

Zook 2 pintu ini ada beberapa di Ina... terutama di Batam...
Yang bisa sampai Jakarta... juga ada beberapa.... baik yang hardtop maupun yang softtop... karena yang pakai kebenyakan orang awam... sekarang sudah mulai dijual.. dan berubah menjadi hot stuff nya teman-2 SJI. SekUm SJI rela melepaskan SV 620 / body masih basis vitara gen I tetapi engine compartment agak lebih lebar untuk menampung mesin V6 2000CC untuk diganti dengan 2 pintu yang JX softtop...
Dari Solo ke Oslo
Image
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by WP »

uch wrote:
andy1800 wrote:bro uch cs utk Opel/Chevy Blazer
..... :e-dance: :e-dance: :e-dance: ......
Pertama2 salam hormat kami kepada Ketua RT, RW dan para pemuka masyarakat. Terima kasih kepada pembawa acara yg telah memberi tempat dan kesempatan kepada kami walaupun sejujurnya kami juga masih bingung ama mobil gado-gado ini. Mesin dari Australia (Holden), merek Jerman (Opel), body dari Amrik (Chevy S10, adek nya Tahoe).

Blazer (Indonesia) punya banyak varian. Saking banyaknya gw jg kagak hafal (Ngeles nih). Tapi yg bikin banyak varian itu hanya kelengkapan interior dan exterior.

Kalau mesin, cuman ada 3 macam.
1. Blazer CBU dari USA dengan mesin V6 Vortex 4.3L. Jumlahnya cuma segelintir.
2. Blazer lokal dengan mesin 2.2 liter DOHC (ada sejak tahun 1996)
3. Blazer lokal dengan mesin 2.2 liter SOHC (ada sejak tahun 1999)

Mesin no. 2 & 3 basenya sama cuman beda atas dan design intake, tapi jangan ditanya kodenya. Tidak ada kode, karena kata dukunnya, "mesin ini ndak international, base nya sih dari Holden Commodore, Australia. Tapi dari awal sudah dicustomize dan dikembangkan/disesuaikan dengan body berat dan teknologi chevy S10". Ntah Commodore tahun berapa, kagak jelas.

Dari segi exterior dan interior, blazer punya banyak varian terutama yg pake mesin SOHC. Tapi kalo mau dibagi garis besarnya... :
1. Blazer DOHC Luxuary Touring
2. Blazer DOHC nggak pake LT
3. Montera (SLI, LV, LN, Sport)
No. 1&2 int/ext mirip dengan CBU, bahkan generasi awal/pertama, cuman mesin, aki dan roda doang yg dipasang di Indonesia. Lainnya kumplit udah terpasang diimpor dari sono.

No. 3 (Montera) udah benar2 dilokalisasi dan copot sana sini kelengkapannya. Untung rem ABS masih dipertahankan disemua varian.

Untuk lebih jelas soal varian2 montera ini, mic kami serahkan kepada bro Agriadi karena beliau yg lebih tahu. (semoga beliau mendengarkan).

Semoga ada gunanya, mohon maaf bila ada kesalahan, kami sudahi dengan "Wassalaum 'alaikum".
kalo soal mesin, apa mungkin dari Commodore '80an? tapi saya pernah denger ini mesinnya dari Opel. Kalo benar begitu, mesin Opel yg dimaksud mungkinkah milik Omega, karena di era 1990an, Omega punya line-up 2.2 litre.

Btw, bukannya duluan yg SOHC baru yg DOHC ya Blazer? ppertama kali keluar (1996) Blazer, lalu Blazer DOHC bareng dengan versi 'murah' pertama, SLi yg SOHC. Blazer SLi ada perbedaan eksterior dengan saudaranya, yaitu lampu depannya beda (celong ke dalam seperti Kijang kapsul LX/SX yg beda dengan LGX), lalu gril abu2 kehitaman, termasuk lis body yg hitam juga.

Soal rem ABS, memang ada di semua varian, tapi sebagai tamabahn info, ABSnya tidak di semua roda, melainkan hanya di roda belakang.

Thanks
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by mansetha »

ampir sama dg room sebelah ya... terlanjur disebelah...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by andy1800 »

yg sebelah gw pakai utk kita bisa catat2 dulu bro.... apa yg keinget, lsg catat dulu disana.
lalu ntar kita kompile (siapa saja, silakan)...dilengkapi dg tahun edisi...lalu pembeda2nya apa antar facelift-nya...
lalu variannya apa saja: spt kijang kan ada varian2nya SX, LX, SSX, LSX, LSX, LGX... xtrail ada St Xt Stt dsb
kalau bisa, kita cari dulu juga foto2nya.... lbh baik lagi kalau foto detailnya...

nah, barulah kemudian kita compile ulang, dan dimasukkan di thread ini, dlm kedaaan (hampir) matang.
dg pemikiran: mari kita berusaha bikin wikicars indonesia... krn wikicars luar itu nggak sesuai dg realnya indonesia.
begitulah.... then, thanks bro....keep suggesting.

.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

hmm.. gw baru inget beda familia dengan lantis

1. letak lampu sen depan , amilia menyatu dengan lampu senja, lamtis ada di bumper
2. bentuk lampu mundur, familia full, kalau lantis tidak full dan masih terlihat menyatu dengan lampu sein belakang
3. bentuk dashboard, familia lebih berbentu kotak
4. perbedaan pada ECU
5. perbedaan pada lingkar kemudi

kira2 sekian yg gw tw.. jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon dikoreksi.. :D

ThX!
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by WP »

nescafe wrote:hmm.. gw baru inget beda familia dengan lantis

1. letak lampu sen depan , amilia menyatu dengan lampu senja, lamtis ada di bumper
2. bentuk lampu mundur, familia full, kalau lantis tidak full dan masih terlihat menyatu dengan lampu sein belakang
3. bentuk dashboard, familia lebih berbentu kotak
4. perbedaan pada ECU
5. perbedaan pada lingkar kemudi

kira2 sekian yg gw tw.. jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon dikoreksi.. :D

ThX!
Tambahan: Logo Mazda-nya juga beda, Lantis masih pakai yg lama seperti di 626 Cronos, Familia sudah yg baru yg sama sampai sekarang
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

WP wrote:
nescafe wrote:hmm.. gw baru inget beda familia dengan lantis

1. letak lampu sen depan , amilia menyatu dengan lampu senja, lamtis ada di bumper
2. bentuk lampu mundur, familia full, kalau lantis tidak full dan masih terlihat menyatu dengan lampu sein belakang
3. bentuk dashboard, familia lebih berbentu kotak
4. perbedaan pada ECU
5. perbedaan pada lingkar kemudi

kira2 sekian yg gw tw.. jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon dikoreksi.. :D

ThX!
Tambahan: Logo Mazda-nya juga beda, Lantis masih pakai yg lama seperti di 626 Cronos, Familia sudah yg baru yg sama sampai sekarang
oh iya, karena hampir bertabrakan dengan logo renault..

thx a lot bro! :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by uch »

€lj€p€ wrote:Blazer yang keluar paling akhir khan dirancang dan dicetak di Brazil. Lalu dirakit / setir kanan di Ina.
Yup. Betul Pak.

Tahun 1996-1997 = USA style dengan lampu belo/celong
Tahun 1998-2002 = USA style dengan lampu sipit/bertingkat
Tahun 2003-discontinue = Bralizilian style, dengan lekukan dibody dan menggunakan lampu mirip2 diamond cut. Grill juga beda.

WP wrote: kalo soal mesin, apa mungkin dari Commodore '80an? tapi saya pernah denger ini mesinnya dari Opel. Kalo benar begitu, mesin Opel yg dimaksud mungkinkah milik Omega, karena di era 1990an, Omega punya line-up 2.2 litre.

Btw, bukannya duluan yg SOHC baru yg DOHC ya Blazer? ppertama kali keluar (1996) Blazer, lalu Blazer DOHC bareng dengan versi 'murah' pertama, SLi yg SOHC. Blazer SLi ada perbedaan eksterior dengan saudaranya, yaitu lampu depannya beda (celong ke dalam seperti Kijang kapsul LX/SX yg beda dengan LGX), lalu gril abu2 kehitaman, termasuk lis body yg hitam juga.

Soal rem ABS, memang ada di semua varian, tapi sebagai tamabahn info, ABSnya tidak di semua roda, melainkan hanya di roda belakang.

Thanks
Lebih dulu DOHC bro.

Nah soal mesin gw juga masih bingung tuh. Apa 'asli' Holden atau jangan2 Holden juga dulu "ngimpor" punya Opel. Tapi yg (agak) pasti, itu mesin dipake duluan ama Holden Commodore. Masih menerima mesin bertimbal (konon katanya saat itu tahun 1995, satu2 nya mesin yg masih menerima mesin bertimbal di group nya GM).
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by Ryan Steele »

mansetha wrote:ampir sama dg room sebelah ya... terlanjur disebelah...
Ya udah, saya rangkumkan saja di sini:

lancer kotak SL
lancer GLX karburator
lancer GTi 1600cc DOHC th 89-90
lancer GTi 1800cc DOHC th 91
lancer GLXi model evo III
lancer GLXi model evo IV / CK4
lancer GTi model evo III / CB5
lancer SEi
lancer new lancer

eterna SOHC
eterna DOHC 2000 cc
eterna DOHC 2000 cc turbo (buat rally)

Galant sigma
Galant DOHC (lele)
Galant SOHC 2500 cc (hiu)

lancer EVO 1 - 9 turbo (type mesin 4g63T) 4WD for rally

colt supercap
colt T120ss
colt L300 bensin/diesel

Kuda GLS/GLX
Kuda seper exceed
Kuda diamond
Kuda Grandia

Grandis

Doeble Cabin
strada L200
Triton

Truk kepala kuning
PS 100,...FUSO

Kalo mau lebih lengkap soal produk Mitsu, lihat aja di http://www.ktb.co.id/companyhistory.php
Lengkap tuh, dari company history, passenger car, commercial car. Tapi mentok di tahun 2005.
Maklum deh, tau 'kan masalah Mitsu secara global. KTB pake ikut2an lagi.
Maaf, belom bisa bantuin rangkum. Waktunya belom ada.
no signature
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

ane coba tambahken ya..
mohon ditambahkan bila ada kekurangan :D

honda jazz 1st generation: (di indonesia hadir dengan list body yg sewarna dengan body mobil)

Image


Honda jazz 2nd generation:

Image
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by WP »

HONDA JAZZ

1st Generation: GD3

Image

Honda Jazz pertama kali diperkenalkan ke konsumen Indonesia pada tahun 2004. Publik Indonesia yang sudah cukup terbiasa melihat Honda Fit (model JDM) dengan harga Rp 200jutaan, langsung terpesona dengan Jazz yang diimpor secara utuh dari Thailand dan dijual dengan harga jauh lebih murah (sekitar Rp 120jutaan waktu itu). Hal ini langsung membuat Jazz menjadi salah satu mobil terlaris dan terpopuler pada tahun 2004-2005. Berdampingan dengan Toyota Avanza yang juga booming, Jazz mencetak waktu inden yang lama, dan pada tahun 2004-2005, unit bekasnya dihargai tidak jauh dari harga resmi unit baru. Di tahun 2005, ketika harga resmi unit baru sekitar Rp 134 juta, unit bekas Jazz yang berusia beberapa bulan pun bisa dijual dengan harga Rp 130 juta bahkan lebih. Hal ini karena untuk membeli unit baru diperlukan waktu inden yang cukup lama, sehingga tercipta hal seperti itu (seperti dijelaskan pada hukum penawaran-permintaan dalam ilmu ekonomi).

Hanya ada satu pilihan mesin pada awal peluncurannya, yakni 1500cc 4 silinder L15A i-DSI bertenaga 87hp. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Honda City. Ada dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan CVT otomatis dengan mode manual 7 speed Steermatic. Transmisi Steermatic memungkinkan pengemudi merasakan transmisi ala 'manual' dengan mengganti posisi persneling di setir (walaupun sebenarnya transmisi CVT tidak mengenal sistem gigi).

Karena banyaknya permintaan konsumen, maka Honda Prospect Motor (ATPM Honda di Indonesia) melakukan proses perakitan di dalam negeri. Di tahun 2005, perbedaan versi CBU Thailand dengan CKD antara lain rims versi CKD berukuran 14 inci, sedangkan versi CBU 15 inci dengan berbeda desain. Di interior, terdapat vanity mirror di sunvisor penumpang depan pada versi CKD, sedangkan pada versi CBU terdapat pada sunvisor pengemudi. Tuas putar pengatur suhu AC pun terdapat 2 warna: biru dan merah sesuai temperatur AC pada versi CKD, sedangkan versi CBU hanya biru. Selain hal tersebut tidak ada perbedaan lain di kedua versi ini, kecuali versi CBU dihargai Rp 2 juta lebih mahal. Selanjutnya, versi CBU dihapus dan hanya terdapat versi CKD. Varian manual lebih murah Rp 10 juta dari varian transmisi otomatis.

Di pertengahan tahun 2005, diluncurkan varian bermesin VTEC bertenaga 110hp serupa dengan City VTEC. Mesin juga berkode L15A dengan pilihan transmisi yang sama dengan varian i-DSI. Di eksterior, varian VTEC sudah terdapat bodyit di sekujur body, termasuk spoiler atap di belakang. Antena radio pun terletak di belakang (i-DSI di atap depan seperti City). Rims yang digunakan berukuran 15 inci dengan warna gunmetal dengan desain jari-jari.
Pembeda dengan i-DSI ada di emblem VTEC dan "SPORTS" di pintu bagasi. Interior hanya berbeda jenis bahan dan warna pelapis interior.

Harga varian VTEC berselisih Rp 10 juta lebih mahal dari model i-DSI. Itu berarti, harga i-DSi otomatis sama dengan VTEC manual.

Di tahun 2006 terdapat versi edisi terbatas ROCKS di mesin VTEC transmisi otomatis. Bedanya hanya di sistem audio yang lebih canggih: sudah terdapat midrange dan headunit single DIN yang terdapat colokan USB. Harganya hanya lebih mahal Rp 1 juta dari VTEC otomatis biasa.

Di akhir 2006 terdapat facelift dengan perbedaan eksterior seperti bumper baru, lampu belakang LED (sein clear untuk i-DSI , smoked untuk VTEC), interior berbeda motif pelapis, headunit Kenwood, terdapat airbag dan ABS di varian termahal (VTEC ABS+Airbag). Rims berbeda desain dengan ukuran sama di i-DSI, dan berdesain sama dengan warna silver baru di VTEC. Bodykit dan bumper VTEC baru dengan bentuk fullbumper (Sebelumnya add-on kits). Perbedaan harga untuk i-DSI dengan VTEC tetap Rp 10 juta, dan varian berairbag lebih mahal Rp 6 juta dari VTEC biasa.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by WP »

HONDA JAZZ

2nd generation

Image

Jazz baru telah diluncurkan. Mesin tetap L15A yang berteknologi katup variabel i-VTEC, dengan tenaga 120hp. Hanya varian VTEC yang ditawarkan.

nescafe: yg gw tulis cuma buat nambahin yaa...no offense
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

@WP: oh, memang ini yang saya harapkan pak, karena saya ndak bsa memberi informasi yg lengkap, hanya gambar saja.. hehehe.. :D

trimakasih pak WP! :D

o'ya pak, untuk perbedaan Jazz CBU dan CKD, selain pada rims dan vanity miror, bukannya jazz CBU jg dilengkapi dengan catalic converter yah?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by WP »

oh iya, yg CBU ada catalytic converter. Di fuel lid juga kayanya ada tulisan UNLEADED FUEL ONLY.

Di ruang mesin, perbedaan hanya pada label nomor mesin dan nomor rangka yg ada tulisan pabriknya (apakah HPM atau Honda Thailand).

Ada satu hal lagi yg saya lupa, kaca depan (windscreen) versi CBU kalo ga salah atasnya uda model tinted hijau. Dan semua kacanya buatan Saint Gobain. Versi CKD HPM labelnya Asahimas.

Nanti saya edit post saya di atas biar terrangkum semua.

Terus niih...saya rasain, kok peredaman udara Jazz yg CKD agak kurang ya? udara dari luar masih berasa masuk. Jadi kalo tailgating truk berasa bau asap knalpot. Versi CBU lebih bagus...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

wah.. kalau yg ini saya ndak tahu pak, perasaan punya saya yg CKD baik2 saja ndak ada maslah..

wahh.. ok pak, ditunggu rangkumannya :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by GTR »

jazz CBU sejak awal ada EGR, Exhaust Gas Recirculation, langsung keliatan di dekat cover klep.
makanya kalo jazz 1gen better ambil yg CBU aja.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by poeticmind »

kalo diliat2 lebih agak gagah 2nd gen ya buat jazz... hanya menurut gue kurang perubahan nya, tanggung gitu... sekilas ya mirip2.
Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

nanti klo berubahnya terlalu jauh, seolah2 nafas "honda Jazz"nya hilang bro.. jd ga pada suka deh.. hehehehe.. :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by WP »

daripada kaya Baleno, yg berubah ke NextG langsung jeblok salesnya...

@nescafe: mungkin kalo uda biasa memang ga ada masalah, tapi mungkin bro bisa coba bandingin deh langsung... agak mengganggu juga sih..
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
eternorockstar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 01, 2007 14:30

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by eternorockstar »

tambahan bro....honda jazz punya lis pintu samping sedangakan fit ga punya, jazz Thailand udah ada sun roof sedangkan jazz indonesia ga ada
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by andy1800 »

*note: foto dikutip dari berbagai sumber, termasuk dari intern SMers: relisar, extreme n all id42ner's, satyr, rio, dll yg nggak bisa tersebutkan satu demi satu.....thanks all


mumpung faceliftnya masih hangat... dan belum terlalu byk varian dan modelnya...jd blm terlalu sulit mencari gambarnya.
so, ini dulu:

Toyota Fortuner

katagori: Large Sized SUV
ini kode model mobilnya apa ya?...ada nggak sih? ....TGN51R (?)
platform-shared with: Toyota Hilux Figo
chasis: Ladder Frame


Juli 2005 - Juli 2008 = Gen-1, Face-1


dipasarkan dg 3 varian:
  • - G = 4 x 2 A/T
    - G Lux (ury) = 4 x 2 A/T , perbedaan dengan G adalah trim interior, yaitu jok kulit & HU double-din.
    - V = 4 x 4 A/T , dg kata lain V adalah G Lux yg double gardan.
pada awalnya tersedia 1 type engine: 2TR-FE ...2.7 liter ...2694 cc ...VVT-i ...160.4 HP @5200 RPM ...246 Nm @3800
maka, di depan emblem varian tsb, ditambahkan emblem "2.7"

lalu pada late 2007 dipasarkan pula varian yg ditenagai mesin commonrail turbo diesel: D-4D 2.5L 2,494 cc ...102 HP @3600 RPM ...265 Nm @2000 RPM
yg hanya dipasarkan dg Manual Transmission
maka, variannya disebut dengan
  • - G Diesel = 4 x 2 M/T ...dan emblem "2.5" dipasangkan sebelum emblem varian "G"
pilihan warna yg disediakan ada ...... warna ..(berapa?..5 ya?)
apa saja ?.... silakan bantu ini doong... nggak apal...heheheh
kalau warna dasarnya sih: hitam, silver, abu-abu, putih, biru
tapi namanya yg inget cuma black mica doang.... yg lain disebut apa itu warnanya ?
Silver Metallic, Dark Grey Mica, Super White, Blue Metallic ya ?
sedangkan nuansa warna utk interior hanya tersedia satu pilihan, yaitu light (fabric) grey kombinasi dg (apa? light cream?)



since Juli 2008 = Gen-1, Face-2

-tidak ada perubahan sama sekali pada power plant...
-sedangkan varian yg dipasarkan, dikurangi.... yaitu 2.7 G dihilangkan...krn G disediakan hanya utk diesel.

namun diadakan facelift pada bebrapa bagian, spt nampak pada lampiran foto.
-nuansa warna interior termasuk yg mengalami sentuhan facelift, menjadi kombinasi dark grey dg medium cream (?)
-sdgkan warna exterior, yg black mica menjadi entahlah. nampaknya menjadi lbh gelap..atau cuma krn "salah" pencahayaan waktu difoto..entah.
-lalu, nampaknya akan tersedia juga pilihan warna Greyish Brown Metallic/Gold/Champagne/Peach (?)

sedangkan velg yg pd Face-1 dipasangkan R16, pd Face-2 ini dibawain yg R17
sebenarnya ada sedikit perubahan juga di plafon, tp gak punya fotonya niiih.... :e-pray:




foto sebelah kiri adalah Face-1 ................................................................dan foto sebelah kanan adalah Face-2

Image



Image



Image



Image


.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by nescafe »

koq lampu blakangnya mash bagus yg 1st gen yah?
yg 2nd gen ini seperti LC wannabe..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Re: dokumentasi FACELIFT & GENERASI mobil Indonesia

Post by plasworld88 »

andy1800 wrote:[size=85
since Juli 2008 = Gen-1, Face-2

-tidak ada perubahan sama sekali pada power plant...
-sedangkan varian yg dipasarkan, dikurangi.... yaitu 2.7 G dihilangkan...krn G disediakan hanya utk diesel.

namun diadakan facelift pada bebrapa bagian, spt nampak pada lampiran foto.
-nuansa warna interior termasuk yg mengalami sentuhan facelift, menjadi kombinasi dark grey dg medium cream (?)
-sdgkan warna exterior, yg black mica menjadi entahlah. nampaknya menjadi lbh gelap..atau cuma krn "salah" pencahayaan waktu difoto..entah.
-lalu, nampaknya akan tersedia juga pilihan warna Greyish Brown Metallic/Gold/Champagne/Peach (?).

err...kyknya warna Brown Metallic/Gold/Champagne ada juga bro di versi pertama (sblm facelift)
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Mobil : Histori & Facelift

Post by andra »

Sebuah Mobil dalam perjalanannya penuh dengan berbagai pengembanagan & inovasi termasuk facelift. Itu entah karena suatu kebutuhan atau untuk lebih meningkatkan penjualannya ataupun dalam rangka menghadapi kompetitor.

Dimulai dengan mobil SUV korea

Pabrikan : Hyundai
Produk : Santa Fe
Kelas : SUV

History :
The Hyundai Santa Fe is a sports utility vehicle that is classified as a mid-sized vehicle. The Santa Fe made its debut in 2001. In the United States the vehicle came with a 2.4 liter engine that had four cylinders and a choice between a manual gear system with five gears or an automatic gear system with four gears. The 2.4 Liter engine used less fuel but was criticized for being less powerful, so Hyundai introduced a 2.7 Liter Delta V6 engine which was only available with the automatic gear system. The vehicle was offered with a front wheel drive version, though optional was the all-wheel drive version. The vehicle came in three versions, GL, GLS and LX. In 2002, Hyundai increased the size of the gas tank of the vehicle and changed the look of the dashboard. In 2003, the Santa Fe got a bigger more powerful 3.5 liter V6 engine and a better looking dashboard. Added on the GLS was a stereo system manufactured by Monsoon and the LX had a CD player along with the same stereo system. In 2004, no changes were made to the Santa Fe while in 2005 changes were made to the bumper at the back, lights at the back and the GL version was discontinued.

The second generation Santa Fe made its debut in 2007. It was first displayed at The North American Auto Show in 2006. The new Santa Fe comes in three versions, GLS, SE and Limited. While the GLS derives its power from a 3.3 Liter V6 engine and is equipped with 16 inch tires, power windows, mirrors that are heated, and a CD player that can play MP3 music. The SE version derives its power from a 3.3 Liter V6 engine and is equipped with 18 inch tires, a rear view mirror that dims the lights of the traffic behind, headlights that can be switched on automatically and stereo system buttons that are located on the steering wheel. The Limited has the same engine and equipment as the SE, but also has heated leather seats, and temperatures inside the vehicle can be controlled. Optional on the Limited is a third row of seats, and a sunroof. Included on all Hyundai Santa Fe models are anti-lock disc brakes for all four tires, airbags and a system to monitor air pressure in all four tires.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
Fly Like a Bird