Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
bulukuhalus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 08 Feb 2010, 18:07
Location: Bogor
Daily Vehicle: toyota

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by bulukuhalus »

Selamat pagi om om.. smg sehat semua dan dihindarkan dr covid-19, mhn info bengkel yang bagus untuk masang locker di daerajh Jakarta dan bogor dimana ya om? mungkin bs sharing infonya thank you
:big_cat:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1463
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by MSU »

otonglenon wrote: 08 Apr 2020, 18:10 Numpang tanya Suhu TLC, Kalo TLC diesel apa masih bisa minum Dexlite kalo ga dapet Pertadex?
ini menurut pemahaman ane ya bro, tepatnya mungkin turboman yg lebih paham.

Injector pump VX-80 itu jadul menggunakan pompa mekanik untuk menyedot solar dari tank dan menyemburkan solar tersebut ke injector.
Karena injector pump itu mekanik maka perlu pelumasan yg bagus ketika terjadi gesekan metal di bilah pompanya.............dan itu salah satu fungsi solar jadul itu. Solar jadul itu pelumasan bagus bila murni tetapi dampaknya sulfurnya tinggi.............padahal di dexlite dan pertadex justru itu yang ditekan karena sifatnya korosif dan pencemaran udara.

Nah injector pump modern sudah melibatkan pompa listrik yang harus in line dg standar solar baru yang rendah sulfur dan cetan tinggi.........cocok untuk common rail.

VX-80 pake dexlite or pertadex dari sisi pembakaran jelas bagus karena cetane tinggi, tapi ane kuatir dari sisi pelumasannya cuy.
Ane juga pake dexlite atau pertadex karena cetane tinggi, tapi ane suka dan sering tambahin oli 2 tak yg bagus utk pelumasan injector pump. Dulu turboman pernah rekomendasi additif oli khusus (marvel oil) tapi susah carinya). Dulu mudah dicari di Ace tapi seiring dollar menguat maka menghilang juga di rak..........makanya ane pake oli 2 tak bagus (rendah deposit).

Dulu ane di gunung kidul pernah isi pertadex dan hasilnya injector pump menjerit hebat, ane di kamar aje sampe kedengeran jelas kasarnya mesin..........sampe loncat kaget ane denger suara kasar kayak gitu.. Makanye ane tambahin 200 cc oli 2 tak itu.................baru pelan-pelan menghilang jadi halus lagi..

Bahwa penambahan oli itu bikin munculnya deposit itu jelas, bahkan solar murni pun juga bikin deposit..............tapi buat ane masih lebih baik dari pada injector pump bermasalah. Untuk bersiin endapan sulfur di nozzel injector dan di ruang bakar ane rutin purging om.

Itulah the best what i can do...............dicari titik ekuilibrium dari kekuatan dan kelemahan akibat kondisi scarcity yg ada.

Nah sekarang B20 diterapkan.............artinya ada aditif 20% biofuel ke solar, saya gak tau pelumasan akibat penambahan aditif itu bagus apa nggak untuk injector pump jadul kayak vx80................mungkin om turboman bisa jelasin.
[/quote]


Ijin menyimak om,jadi kesimpulannya pertadex memang bagus digunakan,khususnya untuk pembakaran ya om. tapi dari sisi pelumasan masih meragukan ya? hemmm... vxr saya sih menggunakan pertadex om,dan saya rasa tidak merasakan perbedaan yang signifikan (mungkin memang saya kurang peka).. Hanya saja untuk filter solar lebih bersih saja,dan lebih irit sedikit. hehehe
[/quote]

om Basah , VXR ane slesei ganti nozle dan o ring injector pump : hasilnya kalo gas dikit ; asap bagus bersih ,ttp kalo di bejek , gk bisa lari dan asap kebul hitam. uda oprex2 2 mekanik kagak bener juga , tkg kalibrasi dah dipanggil lagi katanya sdh bener (?)
Mohon sara oom kudu diapain lagi ;
o ya pompa filter solar sdh ganti baru pake L300 , dr sebelum kalibrasi pake L300 gk masalah masi bisa 160 kpj , skrg 100 aja ngebul
pls ... :big_dunno:
[/quote]

ganti bengkel kalibrasi om..kl Jakarta banyak rekomen unggul jaya diesel...tp sy sendiri blm pernah ke sana
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

Sekedar sharing aja om,vxr saya sekitar 10 bulan menggunakan pertadex selalu,jadi tidak pernah ganti dexlite/solbus.
Awal masalah muncul,ketika mobil berhenti/parkir semalam dalam kondisi moncong naik (agak dongak parkirnya) mobil ga bisa di starter,kemudian saya mesti pompa dl agar bbm naik,setelah itu saya ganti filter solar (meskipun filter solar yang lama tdk trllu kotor). Kemudian kejadian tsb terulang lagi,tp saya siasati kalau parkir mobil tdk dongak,sehingga tetep bisa di start meskipun agak panjang pada saat starter... Masalah menjadi parah mobil parkir cuman 1-2 jam posisi dongak mobil ga bisa di starter dan harus di pompa.. setelah saya konsultasi ke bbrp teman dan bengkel disarankan mencoba solbus,akhirnya bbm saya kuras dan saya ganti pakai solbus. Masalah tsb berhenti dan mau parkir dongak seminggu jg ga mslh (pdhl mobil tidak dihidupkan sama sekali.
User avatar
bulukuhalus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 08 Feb 2010, 18:07
Location: Bogor
Daily Vehicle: toyota

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by bulukuhalus »

kevienwijaya wrote: 15 Apr 2020, 13:59 Sekedar sharing aja om,vxr saya sekitar 10 bulan menggunakan pertadex selalu,jadi tidak pernah ganti dexlite/solbus.
Awal masalah muncul,ketika mobil berhenti/parkir semalam dalam kondisi moncong naik (agak dongak parkirnya) mobil ga bisa di starter,kemudian saya mesti pompa dl agar bbm naik,setelah itu saya ganti filter solar (meskipun filter solar yang lama tdk trllu kotor). Kemudian kejadian tsb terulang lagi,tp saya siasati kalau parkir mobil tdk dongak,sehingga tetep bisa di start meskipun agak panjang pada saat starter... Masalah menjadi parah mobil parkir cuman 1-2 jam posisi dongak mobil ga bisa di starter dan harus di pompa.. setelah saya konsultasi ke bbrp teman dan bengkel disarankan mencoba solbus,akhirnya bbm saya kuras dan saya ganti pakai solbus. Masalah tsb berhenti dan mau parkir dongak seminggu jg ga mslh (pdhl mobil tidak dihidupkan sama sekali.
terima kasih infonya om.. semakin yakin pakai solbus

:mky_02: :big_deal: :big_deal: :big_deal: :big_deal:
:big_cat:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1463
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by MSU »

kevienwijaya wrote: 15 Apr 2020, 13:59 Sekedar sharing aja om,vxr saya sekitar 10 bulan menggunakan pertadex selalu,jadi tidak pernah ganti dexlite/solbus.
Awal masalah muncul,ketika mobil berhenti/parkir semalam dalam kondisi moncong naik (agak dongak parkirnya) mobil ga bisa di starter,kemudian saya mesti pompa dl agar bbm naik,setelah itu saya ganti filter solar (meskipun filter solar yang lama tdk trllu kotor). Kemudian kejadian tsb terulang lagi,tp saya siasati kalau parkir mobil tdk dongak,sehingga tetep bisa di start meskipun agak panjang pada saat starter... Masalah menjadi parah mobil parkir cuman 1-2 jam posisi dongak mobil ga bisa di starter dan harus di pompa.. setelah saya konsultasi ke bbrp teman dan bengkel disarankan mencoba solbus,akhirnya bbm saya kuras dan saya ganti pakai solbus. Masalah tsb berhenti dan mau parkir dongak seminggu jg ga mslh (pdhl mobil tidak dihidupkan sama sekali.
Kalo menurut sy...ni bukan mslh bahan bakarnya...cm ada yg abnormal...kemungkinan pas mesin mati solarnya balik ke tangki jd mesti dipompa dl....perkiraan sy ada semacam klep yg kurang rapat (kl di filter solar model L300 ada klep dr plat tipis)...
Tp better tunggu opini dr member lain yg lbh ngerti dah
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

MSU wrote: 15 Apr 2020, 17:24
kevienwijaya wrote: 15 Apr 2020, 13:59 Sekedar sharing aja om,vxr saya sekitar 10 bulan menggunakan pertadex selalu,jadi tidak pernah ganti dexlite/solbus.
Awal masalah muncul,ketika mobil berhenti/parkir semalam dalam kondisi moncong naik (agak dongak parkirnya) mobil ga bisa di starter,kemudian saya mesti pompa dl agar bbm naik,setelah itu saya ganti filter solar (meskipun filter solar yang lama tdk trllu kotor). Kemudian kejadian tsb terulang lagi,tp saya siasati kalau parkir mobil tdk dongak,sehingga tetep bisa di start meskipun agak panjang pada saat starter... Masalah menjadi parah mobil parkir cuman 1-2 jam posisi dongak mobil ga bisa di starter dan harus di pompa.. setelah saya konsultasi ke bbrp teman dan bengkel disarankan mencoba solbus,akhirnya bbm saya kuras dan saya ganti pakai solbus. Masalah tsb berhenti dan mau parkir dongak seminggu jg ga mslh (pdhl mobil tidak dihidupkan sama sekali.
Kalo menurut sy...ni bukan mslh bahan bakarnya...cm ada yg abnormal...kemungkinan pas mesin mati solarnya balik ke tangki jd mesti dipompa dl....perkiraan sy ada semacam klep yg kurang rapat (kl di filter solar model L300 ada klep dr plat tipis)...
Tp better tunggu opini dr member lain yg lbh ngerti dah
Yups,awal mula saya berpikir tsb,dan makanya saya ganti filter solarnya,tp setelah saya berpindah ke solbus tidak ada masalah apapun dr dulu sampai dengan skrg (hampir 2 tahun).
kalau memang dari klep yang kurang rapat,harusnya tanpa ada perubahan apapun ketika saya berpindah dari pertadex ke solbus,masalah tsb harusnya masih muncul,tetapi kenyataannya tidak kok om.
Dan mgkn untuk refrensi om coba buka di youtube penggunaan dexlite/pertadex pada vx 80 di tempat hare siapa gt namanya lupa.
Dan mslh diatas itu jg terjadi di vx100 saya pada saat penggunaan pertadex,dan setelah pindah ke solbus aman2 aja om sampai skrg.
terimakasih om.
User avatar
udeste
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 12 Dec 2018, 10:19
Location: Garut
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by udeste »

Om, sekalian.. Kalau Land Cruiser 80 transmisi matic yg ada di indonesia apa sudah pake cruise control? Saya iseng lihat daftar sparepart kok ada modul cruise control ya..
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

udeste wrote: 26 Apr 2020, 09:25 Om, sekalian.. Kalau Land Cruiser 80 transmisi matic yg ada di indonesia apa sudah pake cruise control? Saya iseng lihat daftar sparepart kok ada modul cruise control ya..
Untuk vxr belum om,tp utk vx limited keliatanya ada yang sudah terutama untuk yang bensin.. kalau vx 81 ga tau apakah ada cruise controlnya atau tidak..
otonglenon
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 22 Nov 2008, 11:46
Location: tangsel
Daily Vehicle: vx80 starlet ep70

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by otonglenon »

MSU wrote: 15 Apr 2020, 10:57
otonglenon wrote: 08 Apr 2020, 18:10 Numpang tanya Suhu TLC, Kalo TLC diesel apa masih bisa minum Dexlite kalo ga dapet Pertadex?
om Basah , VXR ane slesei ganti nozle dan o ring injector pump : hasilnya kalo gas dikit ; asap bagus bersih ,ttp kalo di bejek , gk bisa lari dan asap kebul hitam. uda oprex2 2 mekanik kagak bener juga , tkg kalibrasi dah dipanggil lagi katanya sdh bener (?)
Mohon sara oom kudu diapain lagi ;
o ya pompa filter solar sdh ganti baru pake L300 , dr sebelum kalibrasi pake L300 gk masalah masi bisa 160 kpj , skrg 100 aja ngebul
pls ... :big_dunno:
[/quote]

ganti bengkel kalibrasi om..kl Jakarta banyak rekomen unggul jaya diesel...tp sy sendiri blm pernah ke sana
[/quote]
akhirnya :
Pindah Kalibrasi ke Betawi Disel , abis gotiaw , diganti shaft drive dan 6pc delivery valve , JOSS ...
makasih 0m2
otonglenon
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 22 Nov 2008, 11:46
Location: tangsel
Daily Vehicle: vx80 starlet ep70

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by otonglenon »

kevienwijaya wrote: 16 Apr 2020, 08:04
MSU wrote: 15 Apr 2020, 17:24
kevienwijaya wrote: 15 Apr 2020, 13:59 Sekedar sharing aja om,vxr saya sekitar 10 bulan menggunakan pertadex selalu,jadi tidak pernah ganti dexlite/solbus.
Awal masalah muncul,ketika mobil berhenti/parkir semalam dalam kondisi moncong naik (agak dongak parkirnya) mobil ga bisa di starter,kemudian saya mesti pompa dl agar bbm naik,setelah itu saya ganti filter solar (meskipun filter solar yang lama tdk trllu kotor). Kemudian kejadian tsb terulang lagi,tp saya siasati kalau parkir mobil tdk dongak,sehingga tetep bisa di start meskipun agak panjang pada saat starter... Masalah menjadi parah mobil parkir cuman 1-2 jam posisi dongak mobil ga bisa di starter dan harus di pompa.. setelah saya konsultasi ke bbrp teman dan bengkel disarankan mencoba solbus,akhirnya bbm saya kuras dan saya ganti pakai solbus. Masalah tsb berhenti dan mau parkir dongak seminggu jg ga mslh (pdhl mobil tidak dihidupkan sama sekali.
Kalo menurut sy...ni bukan mslh bahan bakarnya...cm ada yg abnormal...kemungkinan pas mesin mati solarnya balik ke tangki jd mesti dipompa dl....perkiraan sy ada semacam klep yg kurang rapat (kl di filter solar model L300 ada klep dr plat tipis)...
Tp better tunggu opini dr member lain yg lbh ngerti dah
Yups,awal mula saya berpikir tsb,dan makanya saya ganti filter solarnya,tp setelah saya berpindah ke solbus tidak ada masalah apapun dr dulu sampai dengan skrg (hampir 2 tahun).
kalau memang dari klep yang kurang rapat,harusnya tanpa ada perubahan apapun ketika saya berpindah dari pertadex ke solbus,masalah tsb harusnya masih muncul,tetapi kenyataannya tidak kok om.
Dan mgkn untuk refrensi om coba buka di youtube penggunaan dexlite/pertadex pada vx 80 di tempat hare siapa gt namanya lupa.
Dan mslh diatas itu jg terjadi di vx100 saya pada saat penggunaan pertadex,dan setelah pindah ke solbus aman2 aja om sampai skrg.
terimakasih om.
Make sanse ... Solbus lebih baek buat VX apalagi tambah Sawit30 :big_grin:
Saya jd Curiga injector pump VXR jadi pendek umur gegara pake dexlite/pertadex : driveshaft bared2 dan deliveriy valve nya di ganti baru ..
Indrajati90
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 01 May 2020, 11:22
Location: Kota dan Pedalaman
Daily Vehicle: Mazda6 2012 - VX80 1997

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Indrajati90 »

Halo om-om dimari...

Salam kenal semuanya dari pengguna VX80 buosok kerja di pedalaman Sumatera Utara. Mencoba untuk dibangun perlahan-lahan dan ternyata kalau cuannya sedikit, muter otaknya jadi agak berani

Mau bertanya,
1. Ada yang tau cari rail jok VX80 dimana (atau substitusinya)? Joknya mulai goyang dombret kalau tikungan dan mengerem.(Mounting jok ke body udah
kencang semua bautnya)
2. VX80 kalau tanpa thermostat aman ndak yah ? Mobil saya sudah berjalan 1 tahun tanpa thermostat, suhu dibawah terus, tetapi kalau berjalan
tanjakan-turunan bukit terus menerus suhunya akan ditengah. Ndak lama berhenti, temperature drop lagi ke paling rendah.
3. Radiator saya itu kepalanya pakai kuningan. Pertanyaannya, apakah pemakaian sehari-hari aman ? Trayeknya selalu lancar jaya, jalanan berbukit
dan panjang perjalanan ~120km/hari
4. Oli transmisi setiap berapa Kilometer ya gantinya ?
5. Oli Gardan setiap berapa Kilometer ya gantinya ?

Maintenance mobil sih lumayan rajin:
1. Setiap 5000km ganti oli pakai deltalube (Disana yang paling banyak itu)
2. Setiap 10.000km pasti ganti oli filter dan filter solar)
3. Setiap minggu bersihin filter udara. (Pakai Ferrox karena trayek panjang dan berdebu terus, jadi sering dibersihin). Aman ndak yah ?
4. Oli transmisi setiap berapa Kilometer ya gantinya ?
5. Oli Gardan setiap berapa Kilometer ya gantinya ?

Kilometer mobil saat ini masih kategori sedang. 312.000km.
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

Indrajati90 wrote: 01 May 2020, 12:00 Halo om-om dimari...

Salam kenal semuanya dari pengguna VX80 buosok kerja di pedalaman Sumatera Utara. Mencoba untuk dibangun perlahan-lahan dan ternyata kalau cuannya sedikit, muter otaknya jadi agak berani

Mau bertanya,
1. Ada yang tau cari rail jok VX80 dimana (atau substitusinya)? Joknya mulai goyang dombret kalau tikungan dan mengerem.(Mounting jok ke body udah
kencang semua bautnya)
2. VX80 kalau tanpa thermostat aman ndak yah ? Mobil saya sudah berjalan 1 tahun tanpa thermostat, suhu dibawah terus, tetapi kalau berjalan
tanjakan-turunan bukit terus menerus suhunya akan ditengah. Ndak lama berhenti, temperature drop lagi ke paling rendah.
3. Radiator saya itu kepalanya pakai kuningan. Pertanyaannya, apakah pemakaian sehari-hari aman ? Trayeknya selalu lancar jaya, jalanan berbukit
dan panjang perjalanan ~120km/hari
4. Oli transmisi setiap berapa Kilometer ya gantinya ?
5. Oli Gardan setiap berapa Kilometer ya gantinya ?

Maintenance mobil sih lumayan rajin:
1. Setiap 5000km ganti oli pakai deltalube (Disana yang paling banyak itu)
2. Setiap 10.000km pasti ganti oli filter dan filter solar)
3. Setiap minggu bersihin filter udara. (Pakai Ferrox karena trayek panjang dan berdebu terus, jadi sering dibersihin). Aman ndak yah ?
4. Oli transmisi setiap berapa Kilometer ya gantinya ?
5. Oli Gardan setiap berapa Kilometer ya gantinya ?

Kilometer mobil saat ini masih kategori sedang. 312.000km.
Halo om,saya coba bantu jawab yg saya bisa ya..
Ini Mobil om vx80 ya? bukan vxr?
1 Kalau masalah jok di vxr biasa memang joknya ada plastik yang sudah aus,pengalaman saya coba cek di IG nya partslc89,ternaklandcruiser. Terladang mrka ada gear plastiknya.
2. Alasannya knp ya om kok thermostatnya di lepas? Kalau menurut saya lebih baik dipasang saja,toh thermostat jg barangnya cukup banyak. Berarti ini extra fan mobil nyala terus ya om? biasanya sih kalau dilangsungkan gitu mesin akan adem terus,jd kayak tidak bisa mencapai panas ideal mesin.
3. Selama radiator tidak bocor bagi saya ga ada masalah om,apabila ada yang bocor lebih baik diganti,apalagi untuk vxr (matic) apabila bocor dan kemudian di akal atau diganti dengan barang KW,pada saat digunakan perpindahan gigi pada mobil akan ada jedug nya (pengalaman pribadi).
4. Kalau saya di vxr sih ganti oli matic 30-40 ribu om.
5. Untuk oli gardan saya juga 30-40ribu om.
Oh ya om,apabila mobil sering digunakan untuk medan yang banyak debu lebih disarankan menggunakan filter bawaan mobil,karena kalau menggunakan merk ferr*x debu akan gampang masuk.
Berikut jawaban yang saya beri,mohon apabila ada yang perlu di koreksi bisa ditambahkan,agar bisa menjadi perbaikan utk mobil saya jg.
Terimakasih
Indrajati90
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 01 May 2020, 11:22
Location: Kota dan Pedalaman
Daily Vehicle: Mazda6 2012 - VX80 1997

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Indrajati90 »

kevienwijaya wrote: 02 May 2020, 09:03
Halo om,saya coba bantu jawab yg saya bisa ya..
Ini Mobil om vx80 ya? bukan vxr?
1 Kalau masalah jok di vxr biasa memang joknya ada plastik yang sudah aus,pengalaman saya coba cek di IG nya partslc89,ternaklandcruiser. Terladang mrka ada gear plastiknya.
2. Alasannya knp ya om kok thermostatnya di lepas? Kalau menurut saya lebih baik dipasang saja,toh thermostat jg barangnya cukup banyak. Berarti ini extra fan mobil nyala terus ya om? biasanya sih kalau dilangsungkan gitu mesin akan adem terus,jd kayak tidak bisa mencapai panas ideal mesin.
3. Selama radiator tidak bocor bagi saya ga ada masalah om,apabila ada yang bocor lebih baik diganti,apalagi untuk vxr (matic) apabila bocor dan kemudian di akal atau diganti dengan barang KW,pada saat digunakan perpindahan gigi pada mobil akan ada jedug nya (pengalaman pribadi).
4. Kalau saya di vxr sih ganti oli matic 30-40 ribu om.
5. Untuk oli gardan saya juga 30-40ribu om.
Oh ya om,apabila mobil sering digunakan untuk medan yang banyak debu lebih disarankan menggunakan filter bawaan mobil,karena kalau menggunakan merk ferr*x debu akan gampang masuk.
Berikut jawaban yang saya beri,mohon apabila ada yang perlu di koreksi bisa ditambahkan,agar bisa menjadi perbaikan utk mobil saya jg.
Terimakasih
Alasan Thermostat dicopot karena dari pemilik sebelumnya juga tidak dipakai. Sering diwanti, kalau kepala radiator dari kuningan (Dilem sama radiatornya) tidak akan kuat jika pakai thermostat. Pertanyaannya, bener tidak ? Ada rencana memang untuk ganti radiator, tapi Tahun depan.

Mengenai filter udara, agak dilemma juga sih. Beberapa kali pakai Filter Standard, kotornya lmyan cepat, pesannya bisa 5-6 hari, biaya sekali kirim agak mahal. Makanya pakai ferrox, tapi rajin bersihinnya. Pgin pakai K&N kayak mobil saya yang di Jakarta, tapi nunggu cleanernya bisa semaput lama.

thanks
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

Wah kalau untuk radiator sendiri saya krng tahu ya om,dulu pnya saya ada bocor,kemudian saya ganti original. Opini sotoy saya sih thermostat itu hanya mengatur sirkulasi air (apabila mesin sudah mencapai panas tertentu,dan memberikan info kepada extra fan untuk bekerja) makanya saya tanya mobilnya om itu extra fan otomatis hidup terus? atau gmna?

Dan untuk filter udara standart pasti akan lebih cepat kotor karena rapat sekali,beda dengan after market yang kerapatannya agak longgar dibanding dengan filter udara standart. Cuman kalau di jalan yang berdebu menurut saya alangkah baiknya menggunakan filter udara yang rapat,menghindari debu yang masuk ke mesin.
User avatar
udeste
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 12 Dec 2018, 10:19
Location: Garut
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by udeste »

kevienwijaya wrote: 27 Apr 2020, 09:47
udeste wrote: 26 Apr 2020, 09:25 Om, sekalian.. Kalau Land Cruiser 80 transmisi matic yg ada di indonesia apa sudah pake cruise control? Saya iseng lihat daftar sparepart kok ada modul cruise control ya..
Untuk vxr belum om,tp utk vx limited keliatanya ada yang sudah terutama untuk yang bensin.. kalau vx 81 ga tau apakah ada cruise controlnya atau tidak..
VX limited berarti yg dua baris ya, om.. Coba nanti ane tanya kenalan yg punya HDJ 81..
Indrajati90
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 01 May 2020, 11:22
Location: Kota dan Pedalaman
Daily Vehicle: Mazda6 2012 - VX80 1997

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Indrajati90 »

kevienwijaya wrote: 04 May 2020, 07:47 Wah kalau untuk radiator sendiri saya krng tahu ya om,dulu pnya saya ada bocor,kemudian saya ganti original. Opini sotoy saya sih thermostat itu hanya mengatur sirkulasi air (apabila mesin sudah mencapai panas tertentu,dan memberikan info kepada extra fan untuk bekerja) makanya saya tanya mobilnya om itu extra fan otomatis hidup terus? atau gmna?

Dan untuk filter udara standart pasti akan lebih cepat kotor karena rapat sekali,beda dengan after market yang kerapatannya agak longgar dibanding dengan filter udara standart. Cuman kalau di jalan yang berdebu menurut saya alangkah baiknya menggunakan filter udara yang rapat,menghindari debu yang masuk ke mesin.
Extra Fan selalu nyala om. Berarti Thermostat hanya temperature saja ya ? Thermostat tidak membuat pressure didalam radiator makin tinggi.

Lalu pertanyaan lagi terakhir, ada yg pernah konversi dr Manual ke Matic ?
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

Indrajati90 wrote: 05 May 2020, 19:43
kevienwijaya wrote: 04 May 2020, 07:47 Wah kalau untuk radiator sendiri saya krng tahu ya om,dulu pnya saya ada bocor,kemudian saya ganti original. Opini sotoy saya sih thermostat itu hanya mengatur sirkulasi air (apabila mesin sudah mencapai panas tertentu,dan memberikan info kepada extra fan untuk bekerja) makanya saya tanya mobilnya om itu extra fan otomatis hidup terus? atau gmna?

Dan untuk filter udara standart pasti akan lebih cepat kotor karena rapat sekali,beda dengan after market yang kerapatannya agak longgar dibanding dengan filter udara standart. Cuman kalau di jalan yang berdebu menurut saya alangkah baiknya menggunakan filter udara yang rapat,menghindari debu yang masuk ke mesin.
Extra Fan selalu nyala om. Berarti Thermostat hanya temperature saja ya ? Thermostat tidak membuat pressure didalam radiator makin tinggi.

Lalu pertanyaan lagi terakhir, ada yg pernah konversi dr Manual ke Matic ?
Brrti extra fan memang dilangsungkan om. Thermostat memang mengatur temprature mesin om,karena thermostat jg yang akan mengatur buka atau tutup sirkulasi air om,jadi menjaga mesin biar mencapai di panas yang ideal . utk masalah tekanan saya jg kurang tahu om. Sekedar cerita saja dulu cherokee saya thermostatnya di lepas sama yang pnya sblm saya,jadi extra fan hidup terus salah 1 efeknya mobil jadi boros,kemudian saya ganti radiator dan pasang thermostat baru,mobil bisa mencapai suhu yang ideal dan konsumsi bbm menjadi normal,tapi untuk jangka panjang jika melepas thermostat saya kurang tahu om. Yang jelas dalam pikiran saya thermostat ada dan dipasang oleh yang menciptakan berarti memiliki fungsi.
Masalah konversi manual ke matic saya ga tau om. Cuman om indra sudah pernah coba maticnya land cruiser belum? kalau belum saran saya coba dulu,krn maticnya lemot.
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: 13 Sep 2018, 11:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by kevienwijaya »

udeste wrote: 05 May 2020, 15:50
kevienwijaya wrote: 27 Apr 2020, 09:47
udeste wrote: 26 Apr 2020, 09:25 Om, sekalian.. Kalau Land Cruiser 80 transmisi matic yg ada di indonesia apa sudah pake cruise control? Saya iseng lihat daftar sparepart kok ada modul cruise control ya..
Untuk vxr belum om,tp utk vx limited keliatanya ada yang sudah terutama untuk yang bensin.. kalau vx 81 ga tau apakah ada cruise controlnya atau tidak..
VX limited berarti yg dua baris ya, om.. Coba nanti ane tanya kenalan yg punya HDJ 81..
kurang tahu om kalo yang vx limited,blm pernah pnya dan temen jg blm ada yang punya,jadi ga bisa omong hehehe
Indrajati90
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 01 May 2020, 11:22
Location: Kota dan Pedalaman
Daily Vehicle: Mazda6 2012 - VX80 1997

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Indrajati90 »

kevienwijaya wrote: 06 May 2020, 07:54
Brrti extra fan memang dilangsungkan om. Thermostat memang mengatur temprature mesin om,karena thermostat jg yang akan mengatur buka atau tutup sirkulasi air om,jadi menjaga mesin biar mencapai di panas yang ideal . utk masalah tekanan saya jg kurang tahu om. Sekedar cerita saja dulu cherokee saya thermostatnya di lepas sama yang pnya sblm saya,jadi extra fan hidup terus salah 1 efeknya mobil jadi boros,kemudian saya ganti radiator dan pasang thermostat baru,mobil bisa mencapai suhu yang ideal dan konsumsi bbm menjadi normal,tapi untuk jangka panjang jika melepas thermostat saya kurang tahu om. Yang jelas dalam pikiran saya thermostat ada dan dipasang oleh yang menciptakan berarti memiliki fungsi.
Masalah konversi manual ke matic saya ga tau om. Cuman om indra sudah pernah coba maticnya land cruiser belum? kalau belum saran saya coba dulu,krn maticnya lemot.
Berarti dari pengalaman, mending radiatornya sekalian diganti ya biar fresh sekalian selang-selangnya biar bersih.

Soal matic, sudah pernah coba sih. Untuk sehari-hari sebenarnya ok, tapi manual lebih joss memang. Mungkin lebih mending bikin hardtop mesin 1KZ-TE matic buat calon Polda (polisi dapur) ketimbang swap matic. "rencana jangka panjang"
Wgn81
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 09 May 2020, 08:28
Location: Karawang
Daily Vehicle: Car

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Wgn81 »

Salken para suhu2.... Info harga vx80 harga pasarannya?
User avatar
udeste
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 12 Dec 2018, 10:19
Location: Garut
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by udeste »

Wgn81 wrote: 26 May 2020, 10:09 Salken para suhu2.... Info harga vx80 harga pasarannya?
Tergantung kondisi, om.. Manual rata2 250-350.. Matic 375-450..

Kalo males beres2 mending beli yg terawat aja.. Daripada bingung benerin & ujung2nya mahal..
Jagur1964
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 20 Jun 2017, 22:51

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Jagur1964 »

Mohon pencerahan dari para suhu...
Cerita nya Hzj80 tetangga dah lama ngga dpencet itu tombol H4 nya..😁..
Minggu lalu iseng dpencet...loh ngga nyala indikator 4wd nya..coba maju mundur masih ngga mau juga.
Gantung ban dan dputer sebelah, dan cm sebelah aja yg muter( apa 4wd nya ngga main ya?)... Tp shaft ikut muter.
Mohon pencerahannya suhu bgmana cara ngecek yg sahih...kira2 electrical nya atw mekanikal nya ya?
Terima kasih sebelum nya utk para suhu..
Wgn81
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 09 May 2020, 08:28
Location: Karawang
Daily Vehicle: Car

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by Wgn81 »

:
udeste wrote: 26 May 2020, 20:53
Wgn81 wrote: 26 May 2020, 10:09 Salken para suhu2.... Info harga vx80 harga pasarannya?
Tergantung kondisi, om.. Manual rata2 250-350.. Matic 375-450..

Kalo males beres2 mending beli yg terawat aja.. Daripada bingung benerin & ujung2nya mahal..
Makasih info nya..... :big_exellent:
Last edited by Wgn81 on 27 May 2020, 11:43, edited 1 time in total.
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: 26 Sep 2019, 14:33
Location: BSD-SBY

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by henbob »

wah vx80 mobil idamanku nih..
kevienwijaya wrote: 06 May 2020, 07:54
Brrti extra fan memang dilangsungkan om. Thermostat memang mengatur temprature mesin om,karena thermostat jg yang akan mengatur buka atau tutup sirkulasi air om,jadi menjaga mesin biar mencapai di panas yang ideal . utk masalah tekanan saya jg kurang tahu om. Sekedar cerita saja dulu cherokee saya thermostatnya di lepas sama yang pnya sblm saya,jadi extra fan hidup terus salah 1 efeknya mobil jadi boros,kemudian saya ganti radiator dan pasang thermostat baru,mobil bisa mencapai suhu yang ideal dan konsumsi bbm menjadi normal,tapi untuk jangka panjang jika melepas thermostat saya kurang tahu om. Yang jelas dalam pikiran saya thermostat ada dan dipasang oleh yang menciptakan berarti memiliki fungsi.
Masalah konversi manual ke matic saya ga tau om. Cuman om indra sudah pernah coba maticnya land cruiser belum? kalau belum saran saya coba dulu,krn maticnya lemot.
Kalo dari pengalaman bokap yg dulu ngebengkel ngurusin lc oz dan truck digrasberg, thermostat tuh penting bgt utk njaga mesin biar ga overcooling. Overcooling membuat gesekan dinding selinder dgn ring piston menjadi besar. Piston seperti dicekik pelan2, karena suhu piston lebih tinggi dibanding silinder blok. Hasilnya sering turun mesin deh lama2. Gitu sih pesen dr bokap. Smoga membantu. :mky_02:
wild
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 04 Jun 2020, 08:31
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LC VX 80

Re: Mohon Info tentang Land Cruiser VX-R Turbo Diesel

Post by wild »

Mohon pencerahan dari para Suhu dan Senior...
Salken dari ane, (masih newbie)
ane baru ambil LC VX 80 thn 96, mobil yang menjadi idaman selama ini akhirnya kesampaian juga Alhamdulillah...
mohon info senior2 dan Suhu2 Ane, bengkel yang bagus dan rekomendasi daerah jakarta dan sekitarnya dari suhu dan kira apa saja yang perlu di cek dan di ganti?
selama ini yang udah ane ganti baru yang standar saja oil dan filter.

mohon percerahan nya suhu, pakan ane perlu gantu teming belt saat ini?

terimakasih sebelumya.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post