Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by Nightster Guy »

maskopat wrote: bukannya penerus mark II ini cressida ya?
Bingung mod.. :mky_01:

Soalnya judulnya si Mark II ini kan Corona yah.. Entah displit di gen penerusnya jd Cressida dan Corona GL, ato gimana?
Das Beste oder nichts.
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

Nightster Guy wrote:
maskopat wrote: bukannya penerus mark II ini cressida ya?
Bingung mod.. :mky_01:

Soalnya judulnya si Mark II ini kan Corona yah.. Entah displit di gen penerusnya jd Cressida dan Corona GL, ato gimana?
mungkin ngisi kekosongan u/ tipe Corona..
tapi kenapa ya Corona TT132 cuma dirilis tahun 1981 saja?
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: 21 Jul 2011, 12:44

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by glendotan »

Model2 big sedan toyota jaman dlu emang gokil dah... berkharisma semua..cuma makin kesini makin susah aja barangnya..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by maskopat »

Nightster Guy wrote:
maskopat wrote: bukannya penerus mark II ini cressida ya?
Bingung mod.. :mky_01:

Soalnya judulnya si Mark II ini kan Corona yah.. Entah displit di gen penerusnya jd Cressida dan Corona GL, ato gimana?
kalo dari wiki seperti itu... mark II itu pake platform X, corona T dan camry V (yang kemudian jadi XV)....
ane gak paham posisi produk dari ke tiga sedan ini yang menurut dalam level yang berdekatan.
dan sepengetahuan ane, mark x itu penerus dari cressida yang pake code X... cmiiw sangat...
yang tersisa sekarang tinggal platform cressida dan camry. corona sudah ditiadakan sejak tahun 00-an...

source: wikipedia
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

Beres ganti ban.. pas mo spooring, gagal.. karena terdeteksi oleh tukang pasang ban ada idle arm roda depan kiri yang oblak..
Gejala stir ngebuang pas lagi jalan, dan ban lama depan kiri, gundul sebagian (tapak ban sisi luar).

Apakah ganti saja idle arm nya saja? (Idle arm fungsinya apa sih?)
Atau wajib satu paket dengan yang lainnya (apa saja?)

Setelah baca2 ada merek 555 yang Jepang dan Cina, beda harganya seberapa jauh kah? vs kualitasnya.

Trus ada info, kalau dana cekak, bisa diservis saja tanpa ganti parts. Apakah bisa bertahan lama?

Nah, sebaiknya gimana ya?
:e-think: :e-think: :e-think: :e-think:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by Nightster Guy »

Ada harga ada rupa. Kl utk kaki2 sy PASTI prefer brg orsi/equivalent/OEM replacement bro. Karena apa?

pake barang CINA SAMPAH kliatannya aja murah di awal, gak lama oblak lagi, bongkar lg. Cape di ati, waktu, dan beli brg lagi, ujung2nya beli barang sampahnya Cina pasti lebih mahal kok secara kalkulasi akhir/total.
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by DOHC »

setau ane... utk merek 555 itu umum nya japan dehh... itu aja masi diragukan japan asli nya atau cuman cap... apalagi 555 china.. kalo di atrium sehh, 555 biasanya japan.. dan pedege2 dsana masukin merek ini sbg kategori KW1 atau super utk replacement parts..

tp ipah ane uda full 555 utk suspensi depan (ball joint atas bawah, terod dkk) sudah setaon ane pake, lintas pantura sering banget... masi kuat2 aja... di panther ane malah lebi kuat dr bawaan mobil yg gampang bener ancur idle arm ama terod nya...

spengalaman ane beli tuh parts.. ane perna dikasi tau, kalo yg aseli itu di barangnya ada embos ukiran 555 dan tulisan made in japan atau japan yg rapi.. kualitas bikinan nya pun ckup rapi, mirip sperti oem... soal harga sehh jauhh dibawah oem tp utk kategori non oem ckup mahal dia...

imaly..
didietkeren wrote:Beres ganti ban.. pas mo spooring, gagal.. karena terdeteksi oleh tukang pasang ban ada idle arm roda depan kiri yang oblak..
Gejala stir ngebuang pas lagi jalan, dan ban lama depan kiri, gundul sebagian (tapak ban sisi luar).

Apakah ganti saja idle arm nya saja? (Idle arm fungsinya apa sih?)
Atau wajib satu paket dengan yang lainnya (apa saja?)

Setelah baca2 ada merek 555 yang Jepang dan Cina, beda harganya seberapa jauh kah? vs kualitasnya.

Trus ada info, kalau dana cekak, bisa diservis saja tanpa ganti parts. Apakah bisa bertahan lama?

Nah, sebaiknya gimana ya?
:e-think: :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

Mejeng dulu.. abis ganti headlamp..

Nah, ngeset arah sinar lampu yang bener tuh kaya gimana? :ungg:
Masih perlu setting level...
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

pugpartner wrote:
didietkeren wrote:Hmm...
Sekalian mejeng juga ya... Tapi bukan corona TT

Image
Om, itu pake velg ukuran dan dop apa yach?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by asudarsono »

Wah jawaban saya di depan jadi masalah ya. Makasih untuk momod Gay yg berkenan meluruskan. kita ini pecinta mobil tua juga, sayang suka jail di sini, jadi kadang2 suka melupakan cara menulis yg baik dan benar.

Kalau masalah oblak, baiknya direstorasi aja om. Sering karet udah oblak, bahkan chasis juga oblak. Tinggal didongkrak masing2 ban terus dicek semua komponennya. Ciri2 suspensi oblak itu lari di kecepatan di mana aerodinamika udah mulai berperan, lewat 160 kpj. Kalau stir masih lurus tapi ban maunya belok2, berarti ban itu udah oblak.

Kalau goyangan ban itu di kecepatan lebih rendah, kemungkinan juga velg rusak atau ban udah mati / benjol. Banyak velg kaleng yg kelihatannya bagus, ternyata dalamnya udah karatan.
Ready to Race
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

Parkir dulu ahh...

:e-whistle: :e-whistle:
sknhd69
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 21 Jul 2013, 04:59

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by sknhd69 »

didietkeren wrote:Parkir dulu ahh...

:e-whistle: :e-whistle:
ehhh ada mas didit :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

sknhd69 wrote:
didietkeren wrote:Parkir dulu ahh...

:e-whistle: :e-whistle:
ehhh ada mas didit :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Ehh kayaknya kenal id itu... :ungg: :ungg:
Bikin thread atuhh :off_good_job:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by maskopat »

didietkeren wrote:Mejeng dulu.. abis ganti headlamp..
Image

Nah, ngeset arah sinar lampu yang bener tuh kaya gimana? :ungg:
Masih perlu setting level...
wuih... pake head lamp apa om? ori atau after market?

ngeset arah sinar lampu bisa dilakukan manual. syaratnya ada tembok vertikal minimal setinggi kap mobil dan lantainya datar tar tar...
majukan mobil sampe bumper menempel ke tembok dengan posisi tegak lurus. trus nyalakan lampu. tandakan titik cahaya yang paling terang di dinding.
lalu mundurkan mobil sekitar 5-10 m dari tembok. tinggal setelah titik terang lampu berdasarkan titik acuan di atas. idealnya di bawah titik acuan sekitar 5mm dan sedikit ke kiri.
cmiiw...

sory baru bales..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
sknhd69
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 21 Jul 2013, 04:59

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by sknhd69 »

didietkeren wrote: Ehh kayaknya kenal id itu... :ungg: :ungg:
Bikin thread atuhh :off_good_job:
masih baca2 dulu om :e-doh:

ngemeng2 corona, gw pernah pake Mark II :mrgreen:
emang bandel nih mobil...meskipun seharga motor, tapi selama gw pake sekitar 6 bulan ga pernah nyusahin :off_good_job:
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

maskopat wrote:
didietkeren wrote:Mejeng dulu.. abis ganti headlamp..
Image

Nah, ngeset arah sinar lampu yang bener tuh kaya gimana? :ungg:
Masih perlu setting level...
wuih... pake head lamp apa om? ori atau after market?

ngeset arah sinar lampu bisa dilakukan manual. syaratnya ada tembok vertikal minimal setinggi kap mobil dan lantainya datar tar tar...
majukan mobil sampe bumper menempel ke tembok dengan posisi tegak lurus. trus nyalakan lampu. tandakan titik cahaya yang paling terang di dinding.
lalu mundurkan mobil sekitar 5-10 m dari tembok. tinggal setelah titik terang lampu berdasarkan titik acuan di atas. idealnya di bawah titik acuan sekitar 5mm dan sedikit ke kiri.
cmiiw...

sory baru bales..
Pake aftermarket aja Om.. harga yang ori 4x lebih mahal :D

itu ngeset kondisi lampu dekat ya Om?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by maskopat »

didietkeren wrote:
maskopat wrote:
didietkeren wrote:Mejeng dulu.. abis ganti headlamp..
Image

Nah, ngeset arah sinar lampu yang bener tuh kaya gimana? :ungg:
Masih perlu setting level...
wuih... pake head lamp apa om? ori atau after market?

ngeset arah sinar lampu bisa dilakukan manual. syaratnya ada tembok vertikal minimal setinggi kap mobil dan lantainya datar tar tar...
majukan mobil sampe bumper menempel ke tembok dengan posisi tegak lurus. trus nyalakan lampu. tandakan titik cahaya yang paling terang di dinding.
lalu mundurkan mobil sekitar 5-10 m dari tembok. tinggal setelah titik terang lampu berdasarkan titik acuan di atas. idealnya di bawah titik acuan sekitar 5mm dan sedikit ke kiri.
cmiiw...

sory baru bales..
Pake aftermarket aja Om.. harga yang ori 4x lebih mahal :D

itu ngeset kondisi lampu dekat ya Om?
after marketnya pake merk apa om? hella ada gak?

low beam atau high beam sih sama aja om, kira2 seperti itu ngeset pencahayaannya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

maskopat wrote: after marketnya pake merk apa om? hella ada gak?

low beam atau high beam sih sama aja om, kira2 seperti itu ngeset pencahayaannya...
pake merek "CZ" aja Om.. sip.. dah coba ngeset.. lumayan lah lebih ok.. cuma kalo full passanger ni boil jadi ngedongak.. mungkin perlu cek per belakang.. :mky_01:

Parkir dulu ahh..
Image
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

Review pemakaian Osram NBR+ 55/60W disanding All Season 80/100W di Corona TT (bisa juga diaplikasikan di mobil ber-headlamp 4)

Osram NBR+ yang cenderung bersinar agak putih (walau mash ada sedikit kuning), nampaknya masih kurang memuaskan buat mata minus saya, dan mungkin juga karena menggunakan reflektor lampu murmer/kw.

Jadi si NBR+ fungsinya seebagai penerang jalan saja.. ketika masih kurang jelas, baru si All Season yang sinar kuning, saya nyalakan juga sebagai driving lamp..

Untuk mengoptimalkan penyinaran, si Corona TT yang berlampu depan 4 biji dengan bentuk kotak, saya memasang perkabelan secara terpisah antara dua lampu sebelah luar (dekat sein, pasang NBR+) dengan dua lampu sebelah dalam (dekat grill, pasang AS), masing2 set dilengkapi relay dan switch lampu yang berbeda/terpisah.

Hasilnya saya bisa atur mau nyala lampu NBR+ atau All Season atau keduanya bersamaan dengan settingan bisa Hi-Hi/Lo-Lo/Hi-Lo/Lo-Hi antara NBR+ dan AS.. jadi arah penyinaran bisa lebih luas dan fleksibel.

4 lampu kotak

NBR+ dan AS menyala bersamaan

Setting NBR+/AS: Lo/Lo .. buat pantau lubang terdekat hehe..

Setting NBR+/AS: Hi/Hi .. buat liat penampakan.. :mky_04:

Setting NBR+/AS: Lo/Hi .. area penyinaran lebih luas... jauh dekat tercakupi

Switch/saklar lampu AS, saya pasang model tarik 1x lampu dekat, tarik 2x lampu jauh, posisi dipasang di kanan setir, kayak di mobil jeep/kijang jadul)
Switch/saklar lampu NBR+ masih pakai bawaan mobil, yaitu model tangkai yang nempel ke bodi/casing setir.

Sekian review dan trik perlampuan di si Corona TT. :mky_02:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by marmut »

oom didiet, kalo ada rejeki coba cari headlamp hella atau sukur-sukur dapet cibie. dijamin hasil NBR-nya jadi lebih maksimal dan jarang nyalain lampu dim.
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: 30 Dec 2012, 19:48

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by Prast84 »

bedanya ama corona 2000 apa om??soalnya alm.bapak saya pernah pelihara tuh mobil tp waktu itu masih mulus dan orisinil ditahun 1998
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: 29 Jun 2007, 17:23

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by didietkeren »

marmut wrote:oom didiet, kalo ada rejeki coba cari headlamp hella atau sukur-sukur dapet cibie. dijamin hasil NBR-nya jadi lebih maksimal dan jarang nyalain lampu dim.
(^Ő^)/ ŐĶĂŶ...., mudah2an ada rejeki lebih.. fyi. Koito harganya 4x yg skarang saya pakai.. Ђέђέђέ«{^⌣^}»

Hella brapa duid yach?
Prast84 wrote:bedanya ama corona 2000 apa om??soalnya alm.bapak saya pernah pelihara tuh mobil tp waktu itu masih mulus dan orisinil ditahun 1998
Bedanya di mesin dan desain eksterior + speedometer.

Corona 2000 kodenya RT132, Corona TT kodenya TT132. Artinya beda seri mesin (18R vs 3T), rangka/platform sama2 T132.
Tapi versi luar Indonesia ada juga yang mesin R tapi bodi sama dengan yang saya pakai. Jadi mungkin boleh dibilang Corona yang saya pakai ini adalah facelift tapi dengan mesin T (entah kenapa).

Corona 2000 bodi sedikit lebih kecil dan bemper chrome pendek+spion tanduk,sedangkan Corona TT bodi sedikit lebih bongsor dan bemper plastik hitam mancung + spion di pintu. Front & rear facia juga berbeda (grill,frame, lampu,dsb).

Corona 2000 interior warna hitam, dengan speedometer model memanjang/trapesium, sedangkan Corona TT interior warna coklat (ada juga yang merah),speedometer model lingkaran. Selain itu, secara umum interior keduanya hampir sama persis

Yang terakhir.. Corona 2000 barunya ada di tahun 79-80. Corona TT hanya di tahun 1981.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by walid_007 »

Menarik sekali mobil sedan toyota jaman dulu emang aristokrat

Sekarang tinggal camry, mark x dan crown,,, sisanya? Banter avalon

Yg paling lucu sih spidometrnya, yang dari kiri ke kanan,, udah ngak ada lagi tuh speedometer di mobil jaman sekarang
engine roaring!
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by montirangin »

nanti juga balik lagi om walid..
manusia kan selalu begitu..perhatiin sifat kebanyakan manusia aja, nanti bakal dpt alesannya knp bakalan balik spt itu lagi.

seperti warna..kalo diinget tahun 80an, mana ada yg mau putih..jual putih setengah mati..hitam pun org kurang demen karena banyak yg berkesan hitam itu bawa sial..90an org mulai suka hitam, putih tetap mati..
2000an silver merajalela..putih masih belom terlalu..kecuali mungkin dipenghujung ..2009..
2010an.. silver udah mulai org males..
2020an.. udah pasti ganti lagi..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Corona 1981 1800 cc alias Corona TT

Post by marmut »

koito cukup bagus, wajar kalo harganya juga nggak murah. kalo hella saya nggak tau harganya. harus sering jalan2 ke pusat onderdil, harusnya di seputaran sawah besar masih ada barangnya.
Post Reply