Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

Sore smers sekalian ... numpang nanya boleh dong :ungg:

Mungkin sekitar awal tahun depan mau cari2 mobil pengganti corolla GL yg udh dijual & rencana mau jual innova G at ex direntalin jg ...
Nah setelah ditimang2 sih ada ngelirik E30 ini, dikarenakan kayanya sih teknologinya sederhana & memang semua bilang ini teh generasi 3 series yg bener2 pure driving machine ...

Dengan budget dan biaya pemeliharaan yg sama daripada miara corona accord gtgt kan rasanya mending miara E30 yg jelas berasa nikmat nya kan... sayangnya ane ga ada gambaran tentang e30 ini jd pengen nanya2 barangkali ada yang paham hehehe...

1.Mending yang M10 (pre fl) apa M40 (fl) ya? Dengan budget 50 jutaan sih ane liat udah lumayan cakep 22 kondisinya, tapi mau tau aja gimana perbandingannya M10 vs M40 ini ...

2.Barangkali ada yg pernah pake, boleh share dong review sekilas nya biar ada gambaran gmn makenya (misal ergonomisnya gmn, manualnya berat ga, fc berapa dsb) ... :big_smile]

3.Penyakitnya yg utama apa aja ya? Dan kalo pas angkut yg perlu dicek bener2 tuh bagian mananya aja ya yg persisnya? :mky_01:

4.Spareparts nya awet or cepet rusak?

Makasih sblmnya :big_deal:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by jivos »

blm pernah pake si Om, br pk biem mulai dr e36 m50 m52 trus up ke model brikutnya. mungkin om octafiantos pernah pk tuh. ini ane copas dr forum biem sblh buat gambaran perbedaanya:
===================
"Prbedaan mesin e30
versi M40 dangan yang versi M10:
Mesin M40 adalah sebuah mesin dengan blok mesin
kecil dengan sabuk tunggal didorong cam (single belt
cam). Pada dasarnya merupakan versi 4 silinder dari
mesin M20.
Bila pernah mendengar versi mesin M42, ini juga
merupakan blok mesin yang kecil. Pengertian
sederhananya merupakan versi silinder 4 dari model
mesin M50 tersebut.
Nah.. untuk mesin M10, ini adalah mesin dengan blok
mesin yang besar, sehingga jika agan mau upgrage
kapasitas cc dengan crankshaft dan komponen punya
M3, mesin tipe M10 dapat dengan mudah dinaikan
menjadi 2200cc.
Jadi meskipun mesin M10 lebih tua, tapi dia lebih
badak...
Kalau segi fisik luar:
Perbedaan mencolok kalau M10:
bemper pakai lis atas chrome/stainless dan lebih
panjang (seperti american style pada mercy tiger)
daripada bemper M40. kalau lampu belakang M10 dibagi
dua tingkat.
Ciri khas M40:
bemper sewarna bodi dengan lis karet. lebih pendek
dibanding bemper M10
lampu belakang tiga tingkat.
lainnya radiator masih biasa (reservoir
pisah) kaya mobil2 jepang, trus masi pake distributor u/
pengapiannya"
=================

*Sy pribadi suka e30, bbrp user yg sy kenal justru si owner dailynya pk bmw mdl t'baru, semantara si e30 jd mbl kesayangan buat dipandang2.

* krn sebagian msh mekanikal, yg jelas lbh badak drpd model stlhnya,

dr bbrp tmn yg pk:
*FC dalkot kitaran 1:7
*pijakan manualnya, yg sy cb "sedang" mirip dg gti mk4, msh lbh Berat Peugeot punya.
*keluhan umumnya overheat krn usia cooling system
*Cek items: wire harness nya sebaiknya cari yg sdh diganti satu set, sdh pd getas, cooling system normal tdk overheat, body ngaleng non kropos. Dan yg utama printilan Isi cabin lengkap n standard bawaan pabrik. mahal bok di luaran. mulai dr slimut jok tdk robek sampe knob2 tombol

* utk usia parts ori kuat punya comp to biem new model
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by octafiantos »

Maaf bukan ngiklan forum sebelah. Ini sekilas pengalaman saya piara e30 beberapa tahun lalu saya tuliskan di sini. Sorry om, seksi diskusi BMW mesti login, jadi register dulu. Instan kok, ga ribet.

http://www.bimmerforum.web.id/plaza/ind ... topic=18.0

Kalo m10 vs m40, dari sisi usia dan teknologi injeksi dan part sebaiknya pilih m40. Karena lebih muda, lebih advanced injeksinya dan mengurangi resiko karat bodi. Karena e30 cenderung mulai berkarat sasis kiri dan deknya meskipun bisa direpair. M10 dengan desain sistem injeksinya lebih boros dari M40.

Ergonominya dipandang dari sudut desain 2000an jelek. Sempit, setir ga bisa diatur, lampu kabin depan defaultnya ngga ada, mesti beli kaca spion tengah yang map light kisaran 1.500. Pedal lebih enteng dari Benz defaultnya, sedikit lebih berat dari mobil Jepang seangkatan. Fc mobil jadul, rwd, ga bisa dibandingin mobil baru. Kondisi normal ngga ngomong mint full dalkot non tol paling banter 6, lukot 12, combined 10an. Kalo yang di atas itu bersyukur, di bawah itu juga wajar. Power so so, 110an HP, itu juga barunya. 25 tahun kemudian kurs disesuaikan ruang bakar dan inflasi paking dan pengapian.

Penyakit utama yang kena usia: afm, icv dan tps, hva. Bisa diganti semua. Yang wajib ga boleh bunyi gardan karena mahal jadi sebisa mungkin yang normal mileage. Karena harus diakui usia termuda e30 itu 25 tahun. Penyakit interior jok, karena wool bisanya sobek. Rem jelek, belakang tromol kurang pakem. Jadi mesti pake disk yang bener dan kampas yang bagus, minimal Ate.

Negatif semua ya hehe.
Pros: blok kuat. Km 300k belum belah mesin biasa, kabin cukup kedap, plafon ga bakal turun, door trim selama kancing bener, ga rattling. Ada rear krey mo disenterin lampu hid dari belakang ga silau spion tengahnya, dasbor miring pro driver, bodi kecil buat selip gampang, dibawa sampe 160 asal kaki lurus juga ga terbang, kotak jadi semua pojok keliatan pas nyetir. Satu lagi, sebagus apapun bmw lain, mas boy cuman nyetir e30 hihihi.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: 18 Jun 2012, 14:22

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by dany_pos »

Lah tumben ente bikin trid nanya2 ginian? bukannya biasanya tiap ada yg nanya2 ginian ente jagonya jawab?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by newrubble »

beli e23 saja ...di jkt byk yg 728i ...dulu sy kadang kadang pakai ini ke kampus ...kalo bosan turun naik bus

harga lbh kurang sama dg e30

namanya mobil tua mau dipilih yg masih low mileage ...anggap sj ready2overhaul

kalo e30 318i m40 ex ckd indo pakai bosch L-jetronic injection ...sama spt fuel injection vw beetle sy jaman dulu ...rewel nya apa sy tdk tau krn unit wkt itu masih baru (mobil milik nv isc ...tempat ckd facility bmw dulu , alm ayah dulu buka clinic disana) n clutch tdk berat krn mmg dr baru itu matic ....routine service ya di sana ...jln lodan no 2-8 n smua all in gratis ...mobil pinjaman dr oom hasjim
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by richard t »

Dulu saya ada pakai e30 m40 '91 hijau tua. Body lumayan kuat. Penyakit di mesin suara klep kasar, biasanya motor antena di bagasi suka rusak. Agak melayang mgkin agak tinggi. Bisa dikurangi melayang nya dgn sport kit. Kalau menurut saya agak terlalu kecil Om. Mending 520 e34 m50 '95 .harga 50jt . Masih dalam range. Jauh feel nya Om apalagi ktemu 520 yg masih sehat
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

Wah makasih ya semua udh pada jawab :mky_02:
jivos wrote:blm pernah pake si Om, br pk biem mulai dr e36 m50 m52 trus up ke model brikutnya. mungkin om octafiantos pernah pk tuh. ini ane copas dr forum biem sblh buat gambaran perbedaanya:
===================
"Prbedaan mesin e30
versi M40 dangan yang versi M10:
Mesin M40 adalah sebuah mesin dengan blok mesin
kecil dengan sabuk tunggal didorong cam (single belt
cam). Pada dasarnya merupakan versi 4 silinder dari
mesin M20.
Bila pernah mendengar versi mesin M42, ini juga
merupakan blok mesin yang kecil. Pengertian
sederhananya merupakan versi silinder 4 dari model
mesin M50 tersebut.
Nah.. untuk mesin M10, ini adalah mesin dengan blok
mesin yang besar, sehingga jika agan mau upgrage
kapasitas cc dengan crankshaft dan komponen punya
M3, mesin tipe M10 dapat dengan mudah dinaikan
menjadi 2200cc.
Jadi meskipun mesin M10 lebih tua, tapi dia lebih
badak...
Kalau segi fisik luar:
Perbedaan mencolok kalau M10:
bemper pakai lis atas chrome/stainless dan lebih
panjang (seperti american style pada mercy tiger)
daripada bemper M40. kalau lampu belakang M10 dibagi
dua tingkat.
Ciri khas M40:
bemper sewarna bodi dengan lis karet. lebih pendek
dibanding bemper M10
lampu belakang tiga tingkat.
lainnya radiator masih biasa (reservoir
pisah) kaya mobil2 jepang, trus masi pake distributor u/
pengapiannya"
=================

*Sy pribadi suka e30, bbrp user yg sy kenal justru si owner dailynya pk bmw mdl t'baru, semantara si e30 jd mbl kesayangan buat dipandang2.

* krn sebagian msh mekanikal, yg jelas lbh badak drpd model stlhnya,

dr bbrp tmn yg pk:
*FC dalkot kitaran 1:7
*pijakan manualnya, yg sy cb "sedang" mirip dg gti mk4, msh lbh Berat Peugeot punya.
*keluhan umumnya overheat krn usia cooling system
*Cek items: wire harness nya sebaiknya cari yg sdh diganti satu set, sdh pd getas, cooling system normal tdk overheat, body ngaleng non kropos. Dan yg utama printilan Isi cabin lengkap n standard bawaan pabrik. mahal bok di luaran. mulai dr slimut jok tdk robek sampe knob2 tombol

* utk usia parts ori kuat punya comp to biem new model
Sip om jivos inponya membantu bgt hehe ...
Ga akan diupgrade2 sih bakal stay standar aja, jd mending M40 kali ya... :big_childish:
Wiring harness cara ngeceknya gmn ya om getas apa engganya? Kalo cooling system sih pasti ane cek banget2, vital bgt di BMW wkwk...
richard t wrote:Dulu saya ada pakai e30 m40 '91 hijau tua. Body lumayan kuat. Penyakit di mesin suara klep kasar, biasanya motor antena di bagasi suka rusak. Agak melayang mgkin agak tinggi. Bisa dikurangi melayang nya dgn sport kit. Kalau menurut saya agak terlalu kecil Om. Mending 520 e34 m50 '95 .harga 50jt . Masih dalam range. Jauh feel nya Om apalagi ktemu 520 yg masih sehat
Wah sempet pake tho :mky_02:
Suara klep kasar yg gimana om... bunyi tik tik tik gt kah?
Ini sengaja nyari E30 soalnya ukurannya compact om wkwk... E34 ane suka bgt tapi kalo buat skrg rasanya nanti dulu deh, lebih costly pasti ngerawatnya krn 6cyl jg :big_childish:
Melayangnya pas speed berapa om ?
newrubble wrote:beli e23 saja ...di jkt byk yg 728i ...dulu sy kadang kadang pakai ini ke kampus ...kalo bosan turun naik bus

harga lbh kurang sama dg e30

namanya mobil tua mau dipilih yg masih low mileage ...anggap sj ready2overhaul

kalo e30 318i m40 ex ckd indo pakai bosch L-jetronic injection ...sama spt fuel injection vw beetle sy jaman dulu ...rewel nya apa sy tdk tau krn unit wkt itu masih baru (mobil milik nv isc ...tempat ckd facility bmw dulu , alm ayah dulu buka clinic disana) n clutch tdk berat krn mmg dr baru itu matic ....routine service ya di sana ...jln lodan no 2-8 n smua all in gratis ...mobil pinjaman dr oom hasjim
Wiw E23 kegedean banget om NR wkwkwk... Nyarinya yg compact n easy to maintain for an old european :big_smile]
Oh jetronic kyk 300E tho, syukurlah jd ga ribet2 wkwk...
dany_pos wrote:Lah tumben ente bikin trid nanya2 ginian? bukannya biasanya tiap ada yg nanya2 ginian ente jagonya jawab?
Khusus seri E30 ini ane kurang paham om hehehe, lagian kan jadi menjaring pendapat2 master2 yg jauh d atas ane & jd sama2 belajar buat jd bahan referensi smers yg mo tau ttg E30 jg :big_grin:
octafiantos wrote:Maaf bukan ngiklan forum sebelah. Ini sekilas pengalaman saya piara e30 beberapa tahun lalu saya tuliskan di sini. Sorry om, seksi diskusi BMW mesti login, jadi register dulu. Instan kok, ga ribet.

http://www.bimmerforum.web.id/plaza/ind ... topic=18.0

Kalo m10 vs m40, dari sisi usia dan teknologi injeksi dan part sebaiknya pilih m40. Karena lebih muda, lebih advanced injeksinya dan mengurangi resiko karat bodi. Karena e30 cenderung mulai berkarat sasis kiri dan deknya meskipun bisa direpair. M10 dengan desain sistem injeksinya lebih boros dari M40.

Ergonominya dipandang dari sudut desain 2000an jelek. Sempit, setir ga bisa diatur, lampu kabin depan defaultnya ngga ada, mesti beli kaca spion tengah yang map light kisaran 1.500. Pedal lebih enteng dari Benz defaultnya, sedikit lebih berat dari mobil Jepang seangkatan. Fc mobil jadul, rwd, ga bisa dibandingin mobil baru. Kondisi normal ngga ngomong mint full dalkot non tol paling banter 6, lukot 12, combined 10an. Kalo yang di atas itu bersyukur, di bawah itu juga wajar. Power so so, 110an HP, itu juga barunya. 25 tahun kemudian kurs disesuaikan ruang bakar dan inflasi paking dan pengapian.

Penyakit utama yang kena usia: afm, icv dan tps, hva. Bisa diganti semua. Yang wajib ga boleh bunyi gardan karena mahal jadi sebisa mungkin yang normal mileage. Karena harus diakui usia termuda e30 itu 25 tahun. Penyakit interior jok, karena wool bisanya sobek. Rem jelek, belakang tromol kurang pakem. Jadi mesti pake disk yang bener dan kampas yang bagus, minimal Ate.

Negatif semua ya hehe.
Pros: blok kuat. Km 300k belum belah mesin biasa, kabin cukup kedap, plafon ga bakal turun, door trim selama kancing bener, ga rattling. Ada rear krey mo disenterin lampu hid dari belakang ga silau spion tengahnya, dasbor miring pro driver, bodi kecil buat selip gampang, dibawa sampe 160 asal kaki lurus juga ga terbang, kotak jadi semua pojok keliatan pas nyetir. Satu lagi, sebagus apapun bmw lain, mas boy cuman nyetir e30 hihihi.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Wah lengkap bgt om octafiantos, mantab :mky_02:
Soal ergonomi sih ane apal gimana mobil early-late 80s mah, jd emg bener ga bisa dibandingin ama yg 2000an up wkwk...
FC nya boros jg ya buat power segitu doang, tp ya untungnya disarankan premium E30 ini ...

Rem jelek nya sejelek apa tuh om? Kalo diganti kampasnya aja jd yg bagus punya ngaruh ga ya tanpa harus ganti jd discbrake?
Interior sih gapapa namanya jg mobil tahun 90, syukur2 masih lengkap semua interiornya, jok sobek bisa diatur ...
Kalo suatu hari pas dipake gardannya bunyi trus dibiarin aja gmn om?

Nah itu dia mas boy cuma pake E30 :mky_07:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by DOHC »

@ mods fibi : gardan bunyi ?? gampang... masukin gemuk trus campurin kulit pisang aj... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:






................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

DOHC wrote:@ mods fibi : gardan bunyi ?? gampang... masukin gemuk trus campurin kulit pisang aj... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:






................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Berasa kijang :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by DOHC »

btw kl gardan bunyi, coba pake oli gardan yg kentel banget aj... yg sae 140... pertamini atau topwan ad tuh... murmer... mrek win yg lebi murmer jg ad...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by octafiantos »

Kondisi mobil biasa om fc segitu. Kalo sehat banget bisa jadi lebih. Full dalkot saya ngacunya Jakarta dsk. Kayaknya sih wajar segitu, memang teknologi 80an. M43 pasti lebih irit karena perbaikan di intake, dual path dia intakenya.

Rem kan hampir pasti rotor udah ganti, banyak yang pake disk murah seharga 600an. Kurang pakem kalo udah gantian begitu, direm berasa ngeloyor. Bagusnya pake minimal ATE dari disk sampe kampas biar ga ngeloyor.

Gardan ya paling cari copotan om kalo bunyi. Umur sih, paling yang bisa ngelawan gemuk, macem metromini :D

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 24 Aug 2014, 01:24

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by GunturSon »

Ikut saran om..

Cek Kotak sekring kudu mulus om soket2nya jgn ada yang leleh, puyeng ntar kalau cacat elektrikal nya.

Cek body biasa karat, pas ujan bisa bocor haha

Kalau ada yang udah swap m42 lebih asik.

Cek Steering rack rembes ga...
Percuma di repair ky di botak seng dll, ga lama rembes lagi, swap punya e36 yang baru mending
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by jivos »

utk harness body rd susah sec ada dlm dash ato door trim, plg ditanya ke sellernya, klo engine harness bs liat di hood, banyak jumperan kabel ato tdk.

*pont yg di sbt om guntur, tepat itu.
cek n pastikan fuse box rely yg sblh kanan dpn kaca
kondisinya sgt baik n bersih, electrical e30 command pusatnya disini.

jgnkan ownernya, mekaniknya aja bakal puyeng ngurut kabel pas b'mslh, t kdg dash cabin pun hrs di bongkar,
bbrp kali nemenin mekanik yg tengah malam msh aja ngurut electrical harnessnya e30 sembari liat2 wiring diagramnya :wkkk:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by richard t »

Benar bunyi2 sprti itu Om Amfibi. Melayang dikec <100km/h.padahal sdah di spooring. Tenaga jg agak kurang. Ini smua kalau main standar ya Om. Smua ini akan agak hilang kalau dimodif . Kalau di 520 biar standar sdah enak.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

octafiantos wrote:Kondisi mobil biasa om fc segitu. Kalo sehat banget bisa jadi lebih. Full dalkot saya ngacunya Jakarta dsk. Kayaknya sih wajar segitu, memang teknologi 80an. M43 pasti lebih irit karena perbaikan di intake, dual path dia intakenya.

Rem kan hampir pasti rotor udah ganti, banyak yang pake disk murah seharga 600an. Kurang pakem kalo udah gantian begitu, direm berasa ngeloyor. Bagusnya pake minimal ATE dari disk sampe kampas biar ga ngeloyor.

Gardan ya paling cari copotan om kalo bunyi. Umur sih, paling yang bisa ngelawan gemuk, macem metromini :D

Sent from my 2014817 using Tapatalk
M43, berarti 318i E36 yg taun diatas 92 ... Wah takut om E36 kalo dgn 50 jt an rasanya blm dapet yg kondisi bagus2 gmn gt :big_childish:

Kemaren udh baca ketikan ttg e30 forumna om octa, thx om membantu :mky_02:
richard t wrote:Benar bunyi2 sprti itu Om Amfibi. Melayang dikec <100km/h.padahal sdah di spooring. Tenaga jg agak kurang. Ini smua kalau main standar ya Om. Smua ini akan agak hilang kalau dimodif . Kalau di 520 biar standar sdah enak.
Sebenernya sih ga masalah om keliatannya, soalnya cuma buat muter2 dalkot aja jg nantinya wkwk...
:big_smile]
E34 tentu beda kelas, seri 5 emg juara deh ga bs dibandingin ama seri 3 yg msh belom 'nyaman' n kalah stabil ...
jivos wrote:utk harness body rd susah sec ada dlm dash ato door trim, plg ditanya ke sellernya, klo engine harness bs liat di hood, banyak jumperan kabel ato tdk.

*pont yg di sbt om guntur, tepat itu.
cek n pastikan fuse box rely yg sblh kanan dpn kaca
kondisinya sgt baik n bersih, electrical e30 command pusatnya disini.

jgnkan ownernya, mekaniknya aja bakal puyeng ngurut kabel pas b'mslh, t kdg dash cabin pun hrs di bongkar,
bbrp kali nemenin mekanik yg tengah malam msh aja ngurut electrical harnessnya e30 sembari liat2 wiring diagramnya :wkkk:
Sip om :mky_02:
So mungkin ane cari2 yg udh diganti wiring harness set nya ya ...
GunturSon wrote:Ikut saran om..

Cek Kotak sekring kudu mulus om soket2nya jgn ada yang leleh, puyeng ntar kalau cacat elektrikal nya.

Cek body biasa karat, pas ujan bisa bocor haha

Kalau ada yang udah swap m42 lebih asik.

Cek Steering rack rembes ga...
Percuma di repair ky di botak seng dll, ga lama rembes lagi, swap punya e36 yang baru mending
Sippp om :mky_02:
Tipsnya ane catet...
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: RE: Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by octafiantos »

amfibi wrote:
octafiantos wrote:Kondisi mobil biasa om fc segitu. Kalo sehat banget bisa jadi lebih. Full dalkot saya ngacunya Jakarta dsk. Kayaknya sih wajar segitu, memang teknologi 80an. M43 pasti lebih irit karena perbaikan di intake, dual path dia intakenya.

Rem kan hampir pasti rotor udah ganti, banyak yang pake disk murah seharga 600an. Kurang pakem kalo udah gantian begitu, direm berasa ngeloyor. Bagusnya pake minimal ATE dari disk sampe kampas biar ga ngeloyor.

Gardan ya paling cari copotan om kalo bunyi. Umur sih, paling yang bisa ngelawan gemuk, macem metromini :D

Sent from my 2014817 using Tapatalk
M43, berarti 318i E36 yg taun diatas 92 ... Wah takut om E36 kalo dgn 50 jt an rasanya blm dapet yg kondisi bagus2 gmn gt :big_childish:

Kemaren udh baca ketikan ttg e30 forumna om octa, thx om membantu :mky_02:
E36 318i sampai 95 pake mesin M40 Om. 96 sebelum facelift baru pake M43, 97 wajahnya difacelift.

Ga harus cari yang rewiring sih, imo. Yang utuh aja, sukur ga ada gosong. Yang ga boleh ada jumperan. Listrik E30 sederhana kok untuk ukuran BMW, minim banget dan belum model pake modul kaya E36. Yang bikin gosong suspectnya biasanya extra fan, karena gede dan jeleknya bengkel masih ada yang kalo sering putus bukan replace extra fan malah gedein sikring.



Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: RE: Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

octafiantos wrote:
amfibi wrote:
octafiantos wrote:Kondisi mobil biasa om fc segitu. Kalo sehat banget bisa jadi lebih. Full dalkot saya ngacunya Jakarta dsk. Kayaknya sih wajar segitu, memang teknologi 80an. M43 pasti lebih irit karena perbaikan di intake, dual path dia intakenya.

Rem kan hampir pasti rotor udah ganti, banyak yang pake disk murah seharga 600an. Kurang pakem kalo udah gantian begitu, direm berasa ngeloyor. Bagusnya pake minimal ATE dari disk sampe kampas biar ga ngeloyor.

Gardan ya paling cari copotan om kalo bunyi. Umur sih, paling yang bisa ngelawan gemuk, macem metromini :D

Sent from my 2014817 using Tapatalk
M43, berarti 318i E36 yg taun diatas 92 ... Wah takut om E36 kalo dgn 50 jt an rasanya blm dapet yg kondisi bagus2 gmn gt :big_childish:

Kemaren udh baca ketikan ttg e30 forumna om octa, thx om membantu :mky_02:
E36 318i sampai 95 pake mesin M40 Om. 96 sebelum facelift baru pake M43, 97 wajahnya difacelift.

Ga harus cari yang rewiring sih, imo. Yang utuh aja, sukur ga ada gosong. Yang ga boleh ada jumperan. Listrik E30 sederhana kok untuk ukuran BMW, minim banget dan belum model pake modul kaya E36. Yang bikin gosong suspectnya biasanya extra fan, karena gede dan jeleknya bengkel masih ada yang kalo sering putus bukan replace extra fan malah gedein sikring.



Sent from my 2014817 using Tapatalk
Nah itu kepincut E30 juga karna teknologinya masih sederhana terutama elektronik, injeksinya aja belom computerized & masih bisa lah dipelajarin sendiri gmn gmn benerinnya ... :mky_02:
Tapi dgn budget 50jt an sih seharusnya ane dapet yg udh rapih & tinggal bebenah dikit ya om wkwkwk...

BTW kemaren ada nemu yg cakep di OLX, 60jt, nopol 1 digit, super mint odo 86k ... boleh juga ya kyknya :frm_tumbleft:
Sudah ganti parts :

~ Timing belt , tensioner timing
~ Kanvas rem depan blakang + kabel sensornya
~ Minyak rem,selang & filter bensin,Olie mesin & Filter oli
~ Busi,Filter udara & kalibrasi injector
~ Master rem,Engine dan transmisi Mounting
~ Selang dan valve boster
~ Dryer AC dan evaporator AC dLL

Image

Image

Image

Image

Image
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by octafiantos »

Udah pake ECU om.
Jadi timing injektornya dikontrol dari situ. Ada throttle position sensor juga buat ngatur injeksi pas idle. Model injektornya Bosch top feed, injektor yang sama dengan M50/M52/S50/S52, beda di flow rate. Buku wiring dan versi Hayness ada kok di sticky post di forum kalo mau download. Kalo tune up sendiri juga gampang, yang bikin males kalo mo bersihin injektor kudu copot intake di mesin ini. Fuel railnya ketutup intake.

Ya itu juga kelihatannya bagus, meskipun buat saya sih overprice. Yang salah dari itu mobil fog lampnya. Ga tau itu pake foglamp apa, kaya foglamp E28.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

octafiantos wrote:Udah pake ECU om.
Jadi timing injektornya dikontrol dari situ. Ada throttle position sensor juga buat ngatur injeksi pas idle. Model injektornya Bosch top feed, injektor yang sama dengan M50/M52/S50/S52, beda di flow rate. Buku wiring dan versi Hayness ada kok di sticky post di forum kalo mau download. Kalo tune up sendiri juga gampang, yang bikin males kalo mo bersihin injektor kudu copot intake di mesin ini. Fuel railnya ketutup intake.

Ya itu juga kelihatannya bagus, meskipun buat saya sih overprice. Yang salah dari itu mobil fog lampnya. Ga tau itu pake foglamp apa, kaya foglamp E28.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Oh udah pake ecu tho... abis di atas om rubble bilangnya jetronic, ta pikir sama kyk 300E :mky_01:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by octafiantos »

M10 yang Jetronic, tapi kurang hafal tipenya. Kalo ngga salah L-Jetronic. M40 udah Motronic Om, pake ecu Bosch. Masih model ganti chip, jadi di pasaran ada beberapa model performance chip buat dongkrak tenaga, beda di kurva pengapian dan naikin limiter jadi 7000an. Tapi wallohualam hasilnya, ga pernah mainan begini, tapi ada barangnya.

Mulai generasi M52 udah ga bisa ganti chip, hanya bisa di remap.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: 28 Nov 2008, 16:04
Location: jkt

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by jivos »

selain di toko elex, bs cb liat2 di fb komunitas bmw infonesia om phibi, yg psg iklan mikir2 jg kali klo mbl na busuk di lempar k forum yg ngerti ni mbl, meski bkn jaminan.

btw ngga cb buka option buat lirik e36 320i m50/52 om, sec budget segitu msh msk range rasana, brg jg ngga jelek2 amat di hrg segitu. Fc n parts mirip2 rasana, power ckp buat asepin biem 320i di bwh fseries atopun mbl baru merk lain.
e30 leads di compact model + more charcter kali.

*nanya om octa, dl knp ambil e36 n lepas e30 nya
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: 11 Nov 2005, 11:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by octafiantos »

Ga ada transmisi matik Om.
E30 matik mungkin cuma ada berapa biji dan mungkin dikandangin semua yang mesin M40. Swap juga mungkin abis 20juta sendiri sampe kepasang. Jadi tuker bpkb hehehe.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7351
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by newrubble »

e30 m40 sy pernah ganti chip th90 dulu jaman aud1 = rp. 1,600++

namanya maxichip dijual seharga aud.250 sdh trmsk ongkos kirim ...sy lupa dr mana mrk kirim tapi chip panjang warna hitam ada tulisan made in uk

cara ganti mudah ...disconnet battery ...trus under dashboard driver side ...sebelah kanan ignition key ada square column n disitu ssdh buka ...ada bbrp chips n ambil yg paling panjang n ganti maxichip

changingover skitar 10menit n hasilnya low-rpm (0-2,500) terasa lbh ringan n alm ayah sy tau chip di ganti tapi dia tdk minta yg ori di pasang lg n mobil tetap spt itu saat di kembalikan krn ditukar 320i e36 m50 engine auto....sbg farewell krn nv isc closingdown (1995)
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by amfibi »

octafiantos wrote:M10 yang Jetronic, tapi kurang hafal tipenya. Kalo ngga salah L-Jetronic. M40 udah Motronic Om, pake ecu Bosch. Masih model ganti chip, jadi di pasaran ada beberapa model performance chip buat dongkrak tenaga, beda di kurva pengapian dan naikin limiter jadi 7000an. Tapi wallohualam hasilnya, ga pernah mainan begini, tapi ada barangnya.

Mulai generasi M52 udah ga bisa ganti chip, hanya bisa di remap.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Ooooh gitu wkwkwk... Kirain ane yg M40 yg jetronic, heran jg soalnya E36 M40 nya ane apal bgt injeksi elektronik wkwkwk..
jivos wrote:selain di toko elex, bs cb liat2 di fb komunitas bmw infonesia om phibi, yg psg iklan mikir2 jg kali klo mbl na busuk di lempar k forum yg ngerti ni mbl, meski bkn jaminan.

btw ngga cb buka option buat lirik e36 320i m50/52 om, sec budget segitu msh msk range rasana, brg jg ngga jelek2 amat di hrg segitu. Fc n parts mirip2 rasana, power ckp buat asepin biem 320i di bwh fseries atopun mbl baru merk lain.
e30 leads di compact model + more charcter kali.

*nanya om octa, dl knp ambil e36 n lepas e30 nya
Sip om jivos ane liat2 dulu di fb :mky_02: Emang kalo di group fb tuh jualannya pada mayoritas cakep2, yg busuk keliatan bgt kok gmn wkwk...

E36 6cyl takut terlalu boros om buat harian wkwk, fc & perawatannya nya buat kantong ane terlalu berat... Nanti rencananya dipake kuliah :big_childish:
Ama kalo E36 kan udah pernah pake, nah E30 ini belom pernah nyentuh sama sekali jd penasaran wkwk...
octafiantos wrote:Ga ada transmisi matik Om.
E30 matik mungkin cuma ada berapa biji dan mungkin dikandangin semua yang mesin M40. Swap juga mungkin abis 20juta sendiri sampe kepasang. Jadi tuker bpkb hehehe.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
E30 matic mahal bgt om :big_cry:
Sebenernya ane jg pengen yg matic tp ya gitu kan langka & mahal, jd apa daya terpaksa manualan aja deh nyarinya wkwk...
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: 24 Aug 2014, 01:24

Re: Ask : tentang BMW 318i E30 M10/M40

Post by GunturSon »

Kalau lihat iklan dr foto :
-rapi interior sptnya, jok kain juga masih utuh.
-Body bisa repair, part bisa ganti, interior itu susah sekali cari yang utuh.
-Bumper moga2 utuh, langka n mahal, sekali retak di repair n dempul pasti retak lagi,
-Rpm 700 an ac mati kalau ga naik turun brarti msih ok afm nya (afm bs di service sih)
-Temperatur di 1/4, harusnya normal di 1/2 (atau belum naik?)
-Lampu Indikator service mungkin msih fungsi (service n ganti oli ada warning lampu merah, ga kalah ama mobil yg sekarang2 loh wkwk)
-Bensin habis? Atau mati itu jarum nya hehe
-Jok belakang utuh, cover handle buka pintu ga ada, tp banyak yang jual baru sih murah.
-Engine bay rapih kayanya om, cover hitam plastik di atas throttle juga masih utuh, biasa suka hilang itu.

Kesimpulan :
-patut di tengok om tuh biem, tes drive juga,
-Murah2 klo ancur malah abis banyak, pernah dengar cerita ada bpk2 restorasi nih mobil ke original nya habis 100jt
-kebetulan ane dulu sempat pelihara e30 and e36 jadi mayan hapal, bagian yang pernah rusak2 and error2, sampai error daku di buatnya, tiap malam browsing melulu penasaran rusak nya dimana wkwkwk
-ini mobil di bilang ga rumit, ga juga loh, kabel2 kecil2nya banyak, sekring banyak, relay banyak, siap siap puyeng ria kalau pas problem, yang paling greget pas socket nya doang yang kendor ternyata wkwkwk.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post