Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Suka atau koleksi akan mobil-mobil tahun lama? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by BADAK »

Setelah sekian lama join SM, baru kali ini saya tertarik untuk sharing pengalaman saya dalam meminang Mercedez Benz W124 E320. Yang mana sebenernya bagi saya sangat awam, karena seumur umur belum pernah saya mengemudikan sedan, apalagi memilikinya. Selama ini mobil tertua saya hanya Suzuki Sidekick th 1996, yg mana merupakan mobil pertama pemberian ortu saya, dan selanjutnya saya selalu membeli mobil Jap's yg antimainstream. Maklum karena saya stay di daerah dan beres tidak sebanyak dikota besar, jadi saya agak menghindari merk2 yg "tidak umum".
Tidak pernah terbersit sedikitpun akan membeli sebuah sedan tua, eropa pula, yg mana saya tidak memiliki pengalaman sama sekali. Tentu dibenak saya yg awam akan muncul kekuatiran2 seperti pada umumnya; mobil tua bakal rewel, sparepart mahal n susah cari part nya, harus dikerjakan di bengkel spesialis, bla..bla..bla, Tapi berkat racun dr sobat gua Mr. Gay n Om Peot, akhirnya saya memberanikan diri meminang Boxer W124 E320.

Untuk sejarah singkat nya sih sudah banyak di ulas, bahwa W124 alias Boxer ini merupakan next gen dari Mercy Tiger W123. Dinamakan boxer karena bentuknya yg boxy atau mengkotak, bukan karena menggunakan mesin boxer. Mercy Boxer ini merupakah salah satu karya masterpiece dr designer Italy Bruno Sacco, yg mana diakui banyak kalangan merupakan produksi Mercy yg overengineered. Maksud overengineered disini berarti teknologi yg digunakan saat itu sudah cukup modern di era nya, serta memiliki ketahanan yg sangat bagus bahkan hingga saat ini. Selain itu Boxer juga dikatakan memiliki model yg timeless, karena masih tetap terlihat cakep dan berwibawa hingga saat ini. Saya sendiri lgsg menyukai nya begitu disodorin foto nya oleh Mr. Gay. Setidaknya boxer masih terlihat classic modern. Kuno banget kagak, modern jg kagak, tp tetap enak dipandang walopun ini sebenernya subjektif. Hehehe.

Langkah awal sebelum hunting tentu saya perlu mencari tahu dulu harga pasaran boxer E320 yg menjadi target. Ternyata disparitas harga nya agak jauh jg antara yg bahan, semi bahan, ataupun yg sudah jadi. Yg kategori bahan bisa kisaran 25-35jt, yg semi bahan antara 35-60, sedangkan kategori jadi n masih terjaga orisinalitasnya berkisar antara 60-100jt lebih. Karena saya masih newbie, tentu paling aman membeli kategori jadi.

Setelah membulatkan tekad dan sedikit belajar dr youtube, maka dimulailah pencarian boxer yg sesuai dgn kriteria saya.
Proses huntingnya pun cukup cepat, setelah diskusi selama beberapa hari, saya datangin target terdekat dikota saya, dan langsung deal tidak lama kemudian. Tipenya E320 non MP M/T, th 1993 dengan low km. Tanpa melibatkan autospector atau montir, saya beranikan diri menawar berdasarkan kemampuan saya yg pas2an dalam menilai suatu mobil seken. Jadi saya melakukan pengamatan hanya berdasarkan masukan dr kedua sobat saya tsb, browsing internet dan menonton youtube, melihat target hanya 1x n langsung deal :big_childish:

Poin utama saya dalam membeli mobil seken selama ini adalah cari yg low km, dan untungnya sampai saat ini belum pernah meleset. Dan poin itupun saya terapkan kembali dlm hunting Boxer kali ini. Walopun untuk poin ini saya n Mr. Gay sempat memperdebatkan. Om Peot berprinsip mobil jarang pake biasanya penyakitan, saya n Mr.Gay berpendapat kebalikannya
Kebetulan target yg saya datangi pertama kali sudah sesuai dgn syarat tsb, dekat, low km, harga masih masuk budget. Kenapa harus dekat rumah, karena keterbatasan waktu saya untuk bekerja sehingga tidak memungkinkan hunting terlalu jauh.

Image

Poin berikutnya yg saya perhatikan adalah karat pada body, karena musuh utama dr motuba adalah karat. Saya perhatikan mobil yg jadi target saya masih mulus, tidak ada karat sama sekali baik di body luar atau kolong mobil. Kolong mobil dan ruang mesin jg kering, tidak ada rembesan2 oli yg berpotensi menjadi PR.

Image

Poin ketiga yg saya cek adalah electrical, karena ini jg salah satu kelemahan mobil tua. Entah kabel digigit tikus, kabel sudah getas, atau kabel yg semrawut karena sudah banyak modifikasi oleh owner sebelumnya. Saya lihat kondisi pengkabelan masih bagus dan tidak ada kabel2 tambahan, berarti masih aman. Electrical lain yg saya cek termasuk lampu2, combination switch, indikator2 apakah ada yg menyala, vacuum pump (central lock mercy tidak menggunakan switch seperti mobil jepang), kedua motor fan masih menyala, AC juga masih dingin, radiator tidak ada kebocoran, wiper msh berfungsi.
Kebetulan Boxer yg saya ambil ada trouble pada switch lampu yg sudah aus, ketahuannya setelah dipakai beberapa saat. Sesuai saran dr Om Peot percuma di servis maka langsung dilakukan penggantian switch yg baru. Penggantiannya cukup mudah, saya melakukannya sendiri dgn belajar dr youtube. Cukup melepas beberapa baut dashboard. Harganya jg masih terjangkau, 450rb merk Vemo.

Image
Image

Poin keempat adalah pengecekan interior. Sesuai masukan Mr. Gay n Mr. Peot sektor ini sangat krusial, untuk mercy boxer wajib tetap menjaga jok kulit nya masih ori. Lebih baik dpt jok ori ada sobeknya drpd jok baru mulis tp retrim. Untung saja Boxer yg saya lihat jok nya masih ori dan masih mulus, tidak ada sobek. Dan bau nya khas jok mercy jadul. Dashboard jg masih mulus, tidak ada pecah atau goresan2, setir msh ori, lampu interior masih menyala semua. Ketika boxer sudah saya bawa pulang saya mengecek bawah karpet kaki, ternyata terdapat genangan air yg cukup banyak. Jika terlambat mengetahui bisa jadi lantai boxer saya pst karatan. Genangan air ini bisa berasal dr cucian mobil yg tidak dikeringkan, atau bisa juga lubang saluran air hujan sudah buntu karena kotoran, sehingga air tidak mengalir keluar. Tidak lupa saya bersihkan jg lubang yg mampet agar kedepannya tidak mengalir ke dalam lg.

Image
2nd row masih cukup lega, hanya sayang bagi saya sandarannya masih kterlalu tegak

Image
1st row bagian driver

Image

Image

Image
Bagasi nya cukup luas untuk membawa barang

Image
Tutup ban serep masih utuh

Poin kelima saya cek kaki2, apakah masih empuk dan senyap, apakah ada suara2 mencurigakan. Saya coba mengendarai disekitaran komplek untuk mengetest nya, sekalian menguji rem nya. Ternyata bantingan masih nyaman, tidak ada suara-suara aneh. Good lah..

Setelah semua dirasa masih bagus, poin berikutnya yg saya cek adalah kondisi mesin. Saya perhatikan apakah ada kabel2 mencurigakan di ruang mesin. Saya starter mesin langsung menyala dan tidak ada gejala mesin pincang. Saya dengarkan suaranya masih halus dan putaran stasioner langsam. Tidak lupa juga saya cek kampas kopling dan matahari dengan menjalankannya. Apakah terasa ada loss power, apakah pijakan kopling dan rem terasa keras. Boxer yg saya target untuk koplingnya masih bagus, hanya rem nya yg butuh diinjak agak dalam. Begitu juga pijakan foot rem, terasa dalam sekali. FYI, untuk tuas handrem di boxer ada di kaki, bukan diatas seperti mobil jepang. Untuk masalah rem ini sudah saya bereskan di bengkel kenalan, cukup dibersihkan saja skrg sudah kembali normal.
Setelah saya pakai beberapa saat ternyata saya mengalami masalah kecil lg, tuas release footbrake nya patah. Ternyata dr owner sebelumnya sudah patah dan cuman disambung lem. Baca2 ternyata cukup sering dialami owner boxer yg lain. Ok lah saya beli online n ganti baru. DC 400rb. Penggantian juga mudah, saya lakukan DIY dgn membuka beberapa baut di dashboard.

Image
Tuas untuk release handrem patah

- Poin terakhir yg saya lakukan adalah mengecek VIN ke website www.datamb.com atau www.mbdecoder.com . Bisa dilihat apakah nomor VIN yg tertera sesuai dgn database Mercedez. Caranya bisa dgn melihat nomor VIN di STNK/BPKB, dimulai angka 124 (kode body) dan e angka selanjutnya kode seri.

Setelah boxer saya beli, saya lakukan beberapa maintenance agar kondisi nya kembali fit dan sehat. Beberapa penggantian dilakukan setelah ada muncul gejala gangguan, dan beberapa memang karena wajib diganti untuk unit baru beli.
- Mengganti semua pelumas2, seperti oli (disarankan tidak terlalu kental tp jg tidak terlalu encer), minyak rem saya menggunakan Dot4, mengganti oli gardan dan oli transmisi, mengganti oli power steering, mengganti air radiator dgn radiator coolant. Sempat menjadi pertimbangan untuk mengganti air radiator dgn air sulingan atau menggunakan radiator coolant pabrikan. Mengingat jaman dulu radiator coolant belum ada, kebykan boxer diisi air sulingan/destilasi. Akhirnya saya nekad ganti radiator coolant, toh saya yakin kondisi radiator masih bagus tidak ada karat. Dan so far hingga saat ini masih bagus dan tidak ada gangguan.
- Mengganti filter AC / filter cabin. Hal yg wajib dimasa pandemi ini, karena filter yg kotor bisa membawa virus dan bakteri. Saya membeli nya 300rb via online dan kembali saya lakukan DIY ,walopun ternyata susah bener melepasnya. Wkwkwwk
Image
Image
Penampakan filter AC setelah diganti

- Mengganti filter oli, bisa dilakukan di bengkel oli umum. Untuk penggantian filter bensin saya lakukan dibengkel kenalan saya.
- Mesin pincang dan tarikan loyo, ternyata 1 coil sudah bocor dan busi udah waktunya ganti. Bengkel kenalan bisa melakukan repair dgn menambalnya, tp saya putuskan mengganti keselurahan coil, cable busi & busi merk Bosch. Boxer total menggunakan 6 busi (Tipe nya Bosch FR8DPP33) dan 3 coil (merk Bosch) jd lumayan jg kocek yg dirogoh kalo mengganti semuanya. Kali ini saya berusaha mengganti busi sendiri tp ternyata tidak berhasil, karena tidak punya kunci yg cukup kuat untuk melepas nya. Bawa lg ke bengkel kenalan. Setelah diganti semuanya baru terasa perbedaan yg signifikan. Tarikan responsif, suara mesin lebih halus. Skrg baru terasa mesin boxer yg sebenarnya

Image

- Trouble indikator radiator menyala. Saya lakukan step pertama mengganti tutup radiator. Ternyata indikator tetap menyala. Setelah dilakukan pengecekan ternyata sensor ketinggian air radiator tertutup kerak. Posisi sensor ini menancap di tanung serep radiator. Saya lakukan pembersihan dan akhirnya kembali normal.

Image
Tutup radiator yg baru

- Remote infra red tidak berfungsi. Ini sempat bikin saya penasaran n otak atik sampai berhari2. Tanya kesaana kemarii minta 2jt untuk servis. Wah pusing jg neh, mana kunci infra red nya cuman 1. Coba sendiri ganti2 battery berkali2 tetap kadang nyala, kadang mati. Penasaran coba test sendiri pake AVO meter, hmm kyk nya ada yg bermasalah dgn switch nya. Ambil solder, beliin switch push-on ditoko 1.500 perak, ganti sendiri switch nya, dan voila akhirnya menyala dgn normal hingga saat ini. Wkwkwkwk

Image

- Regulator window belakang macet 1. Sempat bongkar sendiri untuk mengecek, ternyata kawat baja nya putus. Ganti dgn membeli di online 950rb. Normal kembali. Kali ini bawa ke bengkel lg karena masangnya susah, gak ada waktu DIY. Wkwkwk
- Ganti ke 4 ban. Sebenarnya ke 4 ban bawaan masih tebal, tp karena umurnya sudah 15th tentu bantingan jd keras dan mengurangi safety berkendara, maka sektor ini wajib segera diganti baru. Sektor ini jg cukup menguras budget karena hrs langsung 4 ban. Ok lah cari yg ekonomis saja pakai GT Champiro Eco. Setelah diganti bantingan jd lebih empuk. Ukuran ban tetap mempertahankan ukuran std nya 195/65-15. Tidak lupa jg dilakukan spooring balancing pada keempat roda.

Image
Persiapan penggantian ban

- Fanbelt berdecit, sudah saatnya ganti karena dr pertama beli kelihatannya belum pernah diganti. Kali ini jg dibawa ke bengkel kenalan lg, sebentar saja selesai. Bagi yg membutuhkan info ukuran fanbeltnya 6PK2415.
- Penambahan peredam panas. Penggantian bisa dilakukan sendiri, tinggal modal olesin lem dibalik kap mesin. Untuk boxer lebih baik dipasangin peredam panas, mengingat suhu mesin nya lebih panas diatas mobil2 jepang pada umumnya. Setelah ditambahin ya memang cukup membantu koq, kap mesin tidak terlalu panas lg.

Image

- Penggantian berikut termasuk opsional, karena hanya untuk menambah kenyamanan. Disini saya mengganti HU yg sebelumnya tape menjadi pemutar CD merk Blaupunkt. Merk ini atas saran Mr.Peot, alasannya tetap terlihat tetap simple dan classic. DC 1jt plus DIY kembali dgn bimbingan Om Peot. Cuman agak sial jg, pertama datang saya mendapatkan barang defect. HU tidak mengeluarkan suara sama sekali. Untung seller bersedia menggantinya.

Image
Proses penggantian secara DIY

Image
Penampakan setelah dipasang

- Penggantian sekring2 karena sekring bawaan timahnya banyak yg sudah lapuk termakan usia. Sekringnya unik jg, bentuk nya model peluru. Baru kali ini tau saya. Hehehe Sekalian jg ganti bohlam lampu utama dgn Osram NBR biar tetap terang dipake malam hari, DC 400rb.

Image

Setelah melewati beberapa perbaikan, akhirnya saya bisa menikmati kenyamanan mengendarai mobil eropa classic. Hehehe. Yg saya rasakan dibanding mobil jepang saya yg pernah saya punya, kenyamanan mmg good lah, kekedapan cabin mantap, bantingan suspensi agak keras tp tetap nyaman. Cuman karena masa pandemi, saya belum sempat mencoba mengendarainya pada rute panjang.
Jadi kalau mau disimpulkan sisi positif boxer menurut saya:
* nyaman
* bandel
* model timeless
* kekedapan cabin
* sparepart relatif murah untuk mobil eropa dan masih banyak tersedia dipasaran. Hanya untuk interior yg susah, kebanyakan ambil dr kampakan.
* bisa jadi investasi ke depan, karena populasinya makin berkurang akibat dikampak
* pajak tahunan cukup murah, kisaran 2-2.5jt
* fitur lengkap di era nya, AC dual zone, ABS+EBD, airbag, electric mirror

Sisi negatifnya
* boros. Kata Mr.Gay ya jangan berharap irit kalo pake mesin 3200cc 6cyl. Wkwkwk
* kurang lincah, karena body nya bongsor n berat.
* parkir agak susah kalau tidak terbiasa, karena body cukup panjang dan tidak ada rear cam.

Disini saya hanya share pengalaman sbg seorang pemula yg sebelumnya tidak pernah mengendarai atau mempunyai mobil sedan, mobil tua, mobil eropa. Bertahun2 saya hanya mengendarai mobil jepang, terutama tipe SUV. Jadi kalau ditanya perbandingan dgn tipe sedan yg lain, saya sama sekali tidak tahu. Hehehe. Untuk pengalaman menggunakan boxer atau mobil eropa saya jg masih newbie banget, pengetahuan saya secara teknis jg masih dangkal. Hanya sekiranya dgn sharing ini bisa memberikan perspektif bagi pemula seperti saya, yang mencoba memelihara sedan eropa tua . Tidak lupa saya ucapin thx a lot untuk Om Peot n Brader Gay yg sudah memberi masukan dan racun2nya, sehingga saya punya mainan baru di masa pandemi ini. :off_good_job:

Image
Bukan rumah saya yaa, ini rumah owner sebelumnya. wkwkwkwk

Image

Image
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by maastricht889 »

Wih kerennnnn om ini mersinya, bornite lagi wrnnya :big_love: Saya pernah nyetir ini yg lis becak 300E, ini pedal remnya bener agak ngglosor ya om? Saya wkt itu pertama bawa agak panik akhirnya pake engine brake versneleng. Yg enak di 3000cc 6cyl ini power deliverynya di awal jalan smooth banget, serasa naik bis mersi

Gimanapun, namanya mersi mau se repot pake manual sih tetep nyaman buat saya om khusus di W124. Mau dikata stirnya offser dikit, kaga tilt telescopic, saya duduk pertama aja langsung pewe dan ergonomis. Oper2 gigi juga lsg bs nyesuaiin mana gigi 1-2-3-4-5-atret

Hati2 om selama dibawa pergi, bakal ditongkrongin di parkiran ato sampe ditanya2in orang sampe nawar mesti kl model beginian :upss:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by marmut »

waini... ntap. :big_okay:

selamat om buat mersidesnya....

:big_deal:

shifternya yang seperti ini bukan?


IMG20210626111619.jpg
IMG20210626111619.jpg (474.57 KiB) Viewed 7883 times


paling suka m/t seperti ini.

btw, ganti fuel filter sebetulnya ga perlu ke bengkel om, gampang banget. lokasinya didepan roda kiri belakang. modal kunci sok 10mm buat buka 3 baut cover plastik, sama obeng kembang buat buka klem selangnya. jauh lebih gampang dari sedan jepang seumuran.

sekali lagi selamat...
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1271
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by pendoli »

Mantap om w124 nya.. semoga awet terus yakk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by BADAK »

erwinign wrote: 01 Jul 2021, 23:08 Wih kerennnnn om ini mersinya, bornite lagi wrnnya :big_love: Saya pernah nyetir ini yg lis becak 300E, ini pedal remnya bener agak ngglosor ya om? Saya wkt itu pertama bawa agak panik akhirnya pake engine brake versneleng. Yg enak di 3000cc 6cyl ini power deliverynya di awal jalan smooth banget, serasa naik bis mersi

Gimanapun, namanya mersi mau se repot pake manual sih tetep nyaman buat saya om khusus di W124. Mau dikata stirnya offser dikit, kaga tilt telescopic, saya duduk pertama aja langsung pewe dan ergonomis. Oper2 gigi juga lsg bs nyesuaiin mana gigi 1-2-3-4-5-atret

Hati2 om selama dibawa pergi, bakal ditongkrongin di parkiran ato sampe ditanya2in orang sampe nawar mesti kl model beginian :upss:
Thx Om.. Awal beli memang agak ngglosor, tp setelah diservis ke bengkel udah mendingan. Kalo saya awal pake masih kagok sih, soalnya udah 5th kagak pake manual. Mana shifter nya beda ama jepangan pula. Wkwkwkwk
Ini mobil lebih banyak nongkrong di garasi Om, paling 1bln cmn keluar 1-2x doang. Kadang malah 1bln kagak keluar sama sekali. Wkwkkwk
marmut wrote: 01 Jul 2021, 23:55 waini... ntap. :big_okay:

selamat om buat mersidesnya....

:big_deal:

shifternya yang seperti ini bukan?


IMG20210626111619.jpg


paling suka m/t seperti ini.

btw, ganti fuel filter sebetulnya ga perlu ke bengkel om, gampang banget. lokasinya didepan roda kiri belakang. modal kunci sok 10mm buat buka 3 baut cover plastik, sama obeng kembang buat buka klem selangnya. jauh lebih gampang dari sedan jepang seumuran.

sekali lagi selamat...
Thx Om Marmut.. Iya shifternya seperti itu. Kagok sih makenya, gak sama kyk shifter mobil jepang. Mana udah 5th pake matic mulu. Wkwkwkwk.
Sebenernya saya justru nyari yg A/T MP, tp kebetulan barang nya yg ada ini. Ya udah sikat aja dah drpd repot2 nyari lg. Hehehe
Justru bengkel nya bilang yg rada susah ganti fuel filter nya, karena seret banget n bensin nya nyembur.

pendoli wrote: 02 Jul 2021, 04:22 Mantap om w124 nya.. semoga awet terus yakk
Thx Om.. Pasti awet, lha jarang bgt dipake nya. :mky_01:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1463
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by MSU »

mantap om...paling suka liat yang masih ori begini...
M/T ya...lumayan effort kalo stop & go di tanjakan misal ke puncak..karena posisi parking brake injakan kaki
seingat saya biasa boxer ini ada beberapa yang keropos di dek belakangnya ban depan...mgkn pembuangan air kurang lancar
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by martinnn »

Mantap mobil barunya
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by ctopher7 »

Mantap om, selamat buat mobil barunya. Salah satu mobil kebanggan alm bokap gw ini pas jaman 2000an. Masih inget banget dulu pake w124 m/t warna coklat.
pecinta bio solar
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by Pboyz97 »

Nice review and congrats buat mobil barunya om. Enjoy your new car dan semoga awet terus ya hehehe
Kondisinya keren pake banget dan termasuk mint condition buat ukuran mobil tahun 90an. Susah bgt dapet yg kondisinya yg se apik ini, dan kalo saya liat dari background rumah owner sebelumnya, menurut saya pribadi, mobil ini sangat di rawat dan disayang oleh owner sebelumnya sehingga kondisinya bisa se apik dan se bagus ini dan owner sebelumnya juga merupakan orang yg ngerti mobil dan sangat passionate terhadap mobil mercy ini menurut saya hehehe dan langka juga nih E320 manual, secara kalo W124 FL yg banyak di jalanan yg matic menurut pengamatan sotoy saya (E220, E320 sporline, MP/MPS) , sedangkan kalo yg manual lebih condong lebih banyak yg PFL nya (200E, 220E, 300E atau list becak) setau saya hehehe + warnanya juga langka nih , karena rata2 W124 FL yg beredar di jalanan, kebanyakkan warna silver kalo ga hijau tua or hitam hehehe

Mobil ini merupakan salah 1 mobil impian saya dari kecil. Momen yg paling berkesan dari mobil ini adalah, pas saya masih umur 3 tahun (saat mobil ini baru) saya sempet foto didepan mobil w124 FL punya orang lain disuatu tempat , warnanya hijau tua apa hitam gitu (lupa saya tipenya apa), karena saya sangat suka dengan bentuk luarnya, sambil berangan angan, saya pasti punya mobil ini suatu saat nanti (walaupun dalam kondisi seken sekalipun). Pandangan saya saat itu , mobil ini sangat bagus dan keren desainnya, dan aura mewahnya kentara bgt, even sampai saat ini pun masih kelihatan timeless, ga lekang kemakan jaman dan masih worth it buat dimiliki. Karena merupakan salah one of the best generation of E-class for era under 2000s buat saya pribadi. Dan betul yg om bilang ,kalo part nya termasuk mudah dan murah buat ukuran mobil eropa. Kebetulan temen saya pernah punya W124 ini (tipe E320 juga) tapi yg matic, katanya dia harga sparepartnya di spesialis lebih murah daripada mobil jepang kaya mitsu, mazda, honda or nissan tahun sama serta lebih murah juga dibanding mobil eropa lainnya (bmw, audi, pug, volvo) seangkatan katanya dia hehehe. Kalo di jakarta sih, partnya masih cukup mudah ya, karena komunitasnya cukup solid dan bengkel spesialisnya banyak yg bisa nanganin

Dan kalo melihara mobil ini sekarang masih worth it kok, desainnya bener2 timeless bgt dan makin lama makin terasa cakep menurut saya, dan aura orkay nya juga ga akan pernah pudar dimakan jaman (dibukain pintu, dicariin parkir, dihormatin satpam kalo di kompleks , di tongkrongan juga ga malu2 in hehehe :big_biglaugh: ) + cocok juga buat investasi, karena saat ini pun harganya udh merangkak naik (apalagi udh banyak digoreng dan dimainin sm youtuber/influencer dan bakul gede hehehe) , terutama yg maticnya, minimal nahan. Dan kalo pasarannya udh gelap deh, soalnya udh masuk mobil hobi juga hehehe. Kalo sekarang, mungkin kalo yg full original alias kondisi jadi (apalagi yg km nya dibawah 100 rb, dokumen dan surat2 lengkap, body lempeng (blm pernah di restorasi) dan matic, bisa tembus 90-110 lebih pasarannya , dan buat yg semi bahan, sepertinya bisa tembus 50-70jtan pasarannya menurut pengamatan sotoy saya

Seandainya ada rejeki lebih, pengen melihara 1 (tipe 300 E atau E320 (mau MP/MPS/sportline) bebas , yg penting matic, dengan warna silver or hijau tua hehehe, saya suka karena desainnya yg timeless dan durable juga buat mobil eropa + dan saya orangnya suka explore dan udh siap dengan segala resikonya untuk melihara motuba (kebetulan saya udh ada 3 mobil lain dirumah jadi ga masalah) + udh ada beberapa kenalan yg udh pengalaman melihara mobil eropa terutama mercy juga ,jadi harusnya ga masalah , sayang blm di acc ortu, karena 1 dan lain hal, mungkin , kalo saya udh punya penghasilan sendiri, w124 ini ingin saya jadikan sebagai mobil eropa sekaligus mobil 90an pertama saya hehehe , dan dimodif juga cukup mudah buat mobil ini, dimodif single tuner (kaya AMG, brabus or lorinser) udh keliatan cakep bgt ini mobil menurut saya hehehe
Last edited by Pboyz97 on 02 Jul 2021, 13:32, edited 5 times in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
argamuria
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 18 Jan 2020, 10:29

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by argamuria »

Numpang tanya om, kalo motuba eropa gini, BBM bisa pake ron 90 gak ya?
Secara kalo buat harian kalo pake ron92 ke atas, pasti nguras kantong :mky_01:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by Pboyz97 »

argamuria wrote: 02 Jul 2021, 13:23 Numpang tanya om, kalo motuba eropa gini, BBM bisa pake ron 90 gak ya?
Secara kalo buat harian kalo pake ron92 ke atas, pasti nguras kantong :mky_01:
saya bantu jawab ya. kalo motuba sih, pada umumnya bisa ya, secara teknologinya juga masih simpel, ga se kompleks mobil jaman sekarang menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: 04 Feb 2010, 15:44

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by marama »

Nice review om jadi inget dl pernah punya warna bornite juga E320 AT, sampai sekarang masih nyesel kenapa dl dijual
IMG_20180608_074738.jpg
IMG_20180608_074738.jpg (788.74 KiB) Viewed 7663 times
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by pradit_d »

Keren nih benz nya. Mudah2an awet mobilnya n rasanya berada di tangan yg tepat nih mobil.
Jadi inget bbrp thn lalu pernah punya yg 300e mt, sebelum fl. Mobil yg ga pernah nyusahin n perawatannya jauh lbh murah drpd crown s130 rs n accord maestro yg ane pake sebelumnya.
Btw di rumah owner sebelumnya banyak banget punya koleksi velg
:big_peace:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1463
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by MSU »

yang sayang tu sebetulnya W124 diesel ga masuk indo ya...itu dieselnya (kalo ga salah kode mesin OM) legend...
di jaman W123 W124 dieselnya msh realiable di 1jt km
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by BADAK »

MSU wrote: 02 Jul 2021, 06:59 mantap om...paling suka liat yang masih ori begini...
M/T ya...lumayan effort kalo stop & go di tanjakan misal ke puncak..karena posisi parking brake injakan kaki
seingat saya biasa boxer ini ada beberapa yang keropos di dek belakangnya ban depan...mgkn pembuangan air kurang lancar
Betul om, baca2 itu disebabkan lubang pembuangan air mampat kena kotoran. Airnya jd menggenang n nyebabin korosi.
Pboyz97 wrote: 02 Jul 2021, 13:22 Nice review and congrats buat mobil barunya om. Enjoy your new car dan semoga awet terus ya hehehe
Kondisinya keren pake banget dan termasuk mint condition buat ukuran mobil tahun 90an. Susah bgt dapet yg kondisinya yg se apik ini, dan kalo saya liat dari background rumah owner sebelumnya, menurut saya pribadi, mobil ini sangat di rawat dan disayang oleh owner sebelumnya sehingga kondisinya bisa se apik dan se bagus ini dan owner sebelumnya juga merupakan orang yg ngerti mobil dan sangat passionate terhadap mobil mercy ini menurut saya hehehe dan langka juga nih E320 manual, secara kalo W124 FL yg banyak di jalanan yg matic menurut pengamatan sotoy saya (E220, E320 sporline, MP/MPS) , sedangkan kalo yg manual lebih condong lebih banyak yg PFL nya (200E, 220E, 300E atau list becak) setau saya hehehe + warnanya juga langka nih , karena rata2 W124 FL yg beredar di jalanan, kebanyakkan warna silver kalo ga hijau tua or hitam hehehe

Mobil ini merupakan salah 1 mobil impian saya dari kecil. Momen yg paling berkesan dari mobil ini adalah, pas saya masih umur 3 tahun (saat mobil ini baru) saya sempet foto didepan mobil w124 FL punya orang lain disuatu tempat , warnanya hijau tua apa hitam gitu (lupa saya tipenya apa), karena saya sangat suka dengan bentuk luarnya, sambil berangan angan, saya pasti punya mobil ini suatu saat nanti (walaupun dalam kondisi seken sekalipun). Pandangan saya saat itu , mobil ini sangat bagus dan keren desainnya, dan aura mewahnya kentara bgt, even sampai saat ini pun masih kelihatan timeless, ga lekang kemakan jaman dan masih worth it buat dimiliki. Karena merupakan salah one of the best generation of E-class for era under 2000s buat saya pribadi. Dan betul yg om bilang ,kalo part nya termasuk mudah dan murah buat ukuran mobil eropa. Kebetulan temen saya pernah punya W124 ini (tipe E320 juga) tapi yg matic, katanya dia harga sparepartnya di spesialis lebih murah daripada mobil jepang kaya mitsu, mazda, honda or nissan tahun sama serta lebih murah juga dibanding mobil eropa lainnya (bmw, audi, pug, volvo) seangkatan katanya dia hehehe. Kalo di jakarta sih, partnya masih cukup mudah ya, karena komunitasnya cukup solid dan bengkel spesialisnya banyak yg bisa nanganin

Dan kalo melihara mobil ini sekarang masih worth it kok, desainnya bener2 timeless bgt dan makin lama makin terasa cakep menurut saya, dan aura orkay nya juga ga akan pernah pudar dimakan jaman (dibukain pintu, dicariin parkir, dihormatin satpam kalo di kompleks , di tongkrongan juga ga malu2 in hehehe :big_biglaugh: ) + cocok juga buat investasi, karena saat ini pun harganya udh merangkak naik (apalagi udh banyak digoreng dan dimainin sm youtuber/influencer dan bakul gede hehehe) , terutama yg maticnya, minimal nahan. Dan kalo pasarannya udh gelap deh, soalnya udh masuk mobil hobi juga hehehe. Kalo sekarang, mungkin kalo yg full original alias kondisi jadi (apalagi yg km nya dibawah 100 rb, dokumen dan surat2 lengkap, body lempeng (blm pernah di restorasi) dan matic, bisa tembus 90-110 lebih pasarannya , dan buat yg semi bahan, sepertinya bisa tembus 50-70jtan pasarannya menurut pengamatan sotoy saya

Seandainya ada rejeki lebih, pengen melihara 1 (tipe 300 E atau E320 (mau MP/MPS/sportline) bebas , yg penting matic, dengan warna silver or hijau tua hehehe, saya suka karena desainnya yg timeless dan durable juga buat mobil eropa + dan saya orangnya suka explore dan udh siap dengan segala resikonya untuk melihara motuba (kebetulan saya udh ada 3 mobil lain dirumah jadi ga masalah) + udh ada beberapa kenalan yg udh pengalaman melihara mobil eropa terutama mercy juga ,jadi harusnya ga masalah , sayang blm di acc ortu, karena 1 dan lain hal, mungkin , kalo saya udh punya penghasilan sendiri, w124 ini ingin saya jadikan sebagai mobil eropa sekaligus mobil 90an pertama saya hehehe , dan dimodif juga cukup mudah buat mobil ini, dimodif single tuner (kaya AMG, brabus or lorinser) udh keliatan cakep bgt ini mobil menurut saya hehehe
Setuju sekali dgn analisa n opini nya. Cuman beda nya saya baru saja kesengsemnya. Hahaha. Ini boxer jg mobil ke 3 saya di garasi, makanya berani ambil walopun ga ada pengalaman sama sekali. Kalo cmn punya satu2nya ya mikir 3x saya buat beli, orang gak ada pengalaman peliara mobil tua sama sekali. Ntar kl ada trouble bisa pusing saya. Hahahaha. Ya cmn untuk mobil hobi saja. Suka aja liatnya di garasi. Hehehehe.
marama wrote: 02 Jul 2021, 14:07 Nice review om jadi inget dl pernah punya warna bornite juga E320 AT, sampai sekarang masih nyesel kenapa dl dijual
IMG_20180608_074738.jpg
Nice car. Sering denger comment2 yg dulunya dijual skrg pada nyesel. Hehehe. Smoga saya kedepannya tidak terpancing untuk menjual nya jg. :upss:
pradit_d wrote: 02 Jul 2021, 14:25 Keren nih benz nya. Mudah2an awet mobilnya n rasanya berada di tangan yg tepat nih mobil.
Jadi inget bbrp thn lalu pernah punya yg 300e mt, sebelum fl. Mobil yg ga pernah nyusahin n perawatannya jauh lbh murah drpd crown s130 rs n accord maestro yg ane pake sebelumnya.
Btw di rumah owner sebelumnya banyak banget punya koleksi velg
Tq Om.. :big_deal:
Dia setengah nya mmg jualan. Tp mmg jualannya kebykan mercy.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Lqzet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 08 Oct 2017, 17:19
Location: Depok
Daily Vehicle: Ford_focus

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by Lqzet »

Congratss om untuk mobil barunya...kebetulan ane pake juga e320 mps thn 1996 m/t..dah jalan 3 taunan..
Timeless model nya n lmyn kenceng..

Angkat brp om kalo boleh tau? Mulus bener 😁
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by michaelgiri93 »

Congrats mobil barunya Om
Hidup motuba wkwkwk
Itu btw ganti filter cabin dari engine bay ya?

Oh dan itu mobil mulus banget Ommm
Bikin mupeng aja
Cakep gila sih Om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 06 Mar 2019, 09:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by HaykelAdityawarman »

Nice review om, baru sekarang lihat owning experience W124 selengkap ini. Penasaran juga sama si boxer ini. Sedan eropa tapi badak kaya jepang, cuman udah takut duluan sama FC nya :D
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by BADAK »

Lqzet wrote: 03 Jul 2021, 10:05 Congratss om untuk mobil barunya...kebetulan ane pake juga e320 mps thn 1996 m/t..dah jalan 3 taunan..
Timeless model nya n lmyn kenceng..

Angkat brp om kalo boleh tau? Mulus bener 😁
Thx Om.. :big_deal:
Dapetnya hampir mendekati 3digit. Setelah ditotal dgn biaya perbaikan kecil2 ya udah masuk 3digit.
Kyk nya bukan cmn "lmyn" sih om, tp memang kenceng. Wkwkwk.
Saya belum pernah bawa ke tol, tp kyk nya bisa dapet 180 dgn mudah.
michaelgiri93 wrote: 03 Jul 2021, 13:02 Congrats mobil barunya Om
Hidup motuba wkwkwk
Itu btw ganti filter cabin dari engine bay ya?

Oh dan itu mobil mulus banget Ommm
Bikin mupeng aja
Cakep gila sih Om
Thx Om :big_deal:
Iya gantinya dr engine bay. Mana susah bgt. Tutorial di youtube mah kliatannya gampang, nyatanya susah bener. Wkwkwk
HaykelAdityawarman wrote: 07 Jul 2021, 00:36 Nice review om, baru sekarang lihat owning experience W124 selengkap ini. Penasaran juga sama si boxer ini. Sedan eropa tapi badak kaya jepang, cuman udah takut duluan sama FC nya :D
Thx Om :big_deal:
Oh kebalik om, justru sedan eropa yg ini jauh lebih badak dr mobil jepang. Seandainya ini mobil jepang mungkin yg diganti jauh lebih banyak, secara umur nya sudah 28th.
Iya ini mobil pelanggan setia pertamina om. Wkwkwkwk.
Saya cuman pake untuk mobil hobby makanya berani beli. Untuk sehari2 atau keluar kota saya pakai mobil yg lain.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Inggaz
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 23 Apr 2017, 13:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Suzuki

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by Inggaz »

Congrats Om buat mainan barunya..
Dulu saya juga pakai 230E Black Grey Manual, kalo sudah terbiasa sebenarnya mobil ini nyaman dan bisa ditekuk2 hanya kurang di dimensi setir yang cuku besar.
Tinggal tambahin Krey Belakang berikut 3rd Brake Lamp and it will be nicer :)
Lqzet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 08 Oct 2017, 17:19
Location: Depok
Daily Vehicle: Ford_focus

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by Lqzet »

BADAK wrote: 07 Jul 2021, 07:01
Lqzet wrote: 03 Jul 2021, 10:05 Congratss om untuk mobil barunya...kebetulan ane pake juga e320 mps thn 1996 m/t..dah jalan 3 taunan..
Timeless model nya n lmyn kenceng..

Angkat brp om kalo boleh tau? Mulus bener 😁
Thx Om.. :big_deal:
Dapetnya hampir mendekati 3digit. Setelah ditotal dgn biaya perbaikan kecil2 ya udah masuk 3digit.
Kyk nya bukan cmn "lmyn" sih om, tp memang kenceng. Wkwkwk.
Saya belum pernah bawa ke tol, tp kyk nya bisa dapet 180 dgn mudah.
michaelgiri93 wrote: 03 Jul 2021, 13:02 Congrats mobil barunya Om
Hidup motuba wkwkwk
Itu btw ganti filter cabin dari engine bay ya?

Oh dan itu mobil mulus banget Ommm
Bikin mupeng aja
Cakep gila sih Om
Thx Om :big_deal:
Iya gantinya dr engine bay. Mana susah bgt. Tutorial di youtube mah kliatannya gampang, nyatanya susah bener. Wkwkwk
HaykelAdityawarman wrote: 07 Jul 2021, 00:36 Nice review om, baru sekarang lihat owning experience W124 selengkap ini. Penasaran juga sama si boxer ini. Sedan eropa tapi badak kaya jepang, cuman udah takut duluan sama FC nya :D
Thx Om :big_deal:
Oh kebalik om, justru sedan eropa yg ini jauh lebih badak dr mobil jepang. Seandainya ini mobil jepang mungkin yg diganti jauh lebih banyak, secara umur nya sudah 28th.
Iya ini mobil pelanggan setia pertamina om. Wkwkwkwk.
Saya cuman pake untuk mobil hobby makanya berani beli. Untuk sehari2 atau keluar kota saya pakai mobil yg lain.
Nice om 😁 emang ada rupa ada harga yah...kalo sehat enak banget ini mobil, dan sekali lagi, timeless nya ga ada yg ngalahin deh 👍👍👍
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2543
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by farizfsa »

Nice boxer dan warnanya bagus bornite

Keep it original, yang gini yg gampang di goreng harganya.

Kalo udh ganti2 velg tw retrim dsb udh gaya jamet pulangnya ke cilangkap taman mini.

Main beginian segala barang harus period correct biar ganteng
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4562
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by Pboyz97 »

farizfsa wrote: 07 Jul 2021, 20:31 Nice boxer dan warnanya bagus bornite

Keep it original, yang gini yg gampang di goreng harganya.

Kalo udh ganti2 velg tw retrim dsb udh gaya jamet pulangnya ke cilangkap taman mini.

Main beginian segala barang harus period correct biar ganteng
setuju om, bornite emg warna bagus dan cukup langka juga, secara kalo w124 FL yg saya liat dijalan mayoritas warnanya kalo ga silver, hijau tua or hitam. kalo yg bornite cukup jarang hehehe

dan selain yg original, yg buku2nya masih lengkap (buku servis, buku manual, faktur dkk ada semua), surat2 lengkap (nomor rangka nomor mesin akur) , body masih full ori (blm pernah di repaint atau di resto) dan km nya under 100 rb asli yg bakal kegoreng menurut saya karena nyari mobil tahun 90an yg kondisinya masih full ori, km rendah (asli), apalagi yg blm pernah di repaint atau restorasi cukup sulit didapat saat ini hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10928
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by marmut »

Pboyz97 wrote: 08 Jul 2021, 13:04 , body masih full ori (blm pernah di repaint atau di resto)

emang kalo repaint kenapa?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2543
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Owning Experience: Mercy Boxer W124 E320

Post by farizfsa »

marmut wrote: 08 Jul 2021, 13:17
Pboyz97 wrote: 08 Jul 2021, 13:04 , body masih full ori (blm pernah di repaint atau di resto)

emang kalo repaint kenapa?
kayanya emg udah hukum alam mbl begini ga ada repaint akan lebih di appreciate.

warna bornite gini kalo repaint ga bener, belang jelek bgt, bisa jadi ungu janda hasilnya wkwk

keep it original aja lah mbl kondisi gt, banyak diluar sana iseng ganti wood zebrano jadi rosewood model mp, setir victor, lampu led kristal dll.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post