Nambah Mobil

Ingin memperlihatkan hasil modifikasi anda? Silakan letakkan disini.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Nambah Mobil

Post by y_anjasrana »

weww... pelek palang dua...


tp koq kyk pisau buat potong rumput yak.................................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nambah Mobil

Post by POS VETT »

Potong rumput, food processor, atau kalau menurut orang item di sini "choppin' blades".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Nambah Mobil

Post by Turboman »

@om VETT :
Di daerah sekitar kota om VETT kalo ngelariin mobil kenceng2 gitu aman gak ? I mean penerapan speed limit di sana strict gak ?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nambah Mobil

Post by POS VETT »

Turboman wrote:@om VETT :
Di daerah sekitar kota om VETT kalo ngelariin mobil kenceng2 gitu aman gak ? I mean penerapan speed limit di sana strict gak ?
Aman secara safety ya relatif tapi highwaynya stabil dan kebanyakan ada pemisah beton atau guard rails. Aman secara adanya polisi, ya termasuk strict; ada hukumnya kalau nitrous oxide dilarang dipasang di mobil dan hukuman untuk street racing termasuk strict sekali.

Penerapan speed limit sudah menggunakan laser kebanyakan & ada juga pengukuran kecepatan melalui pesawat terbang ringan (kelasnya Cessna). Highway ada traffic camera (bukan speed camera) dan traffic speed signal yang fungsi utamanya untuk memantau trafik tapi tidak heran kalau dipakai untuk memantau street racing sebagai fungsi tambahan.

Kalau mau lariin mobil kenceng mending di luar kota. Jalanan juga bagus walaupun bukan highway (jalanan luar kota biasa di sini sama atau lebih bagus daripada jalan tol di Indonesia). Cuma resiko lebih gede karena binatang menyebrang.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Nambah Mobil

Post by andy1800 »

POS VETT wrote: Image


Image
POS VETT wrote:Potong rumput, food processor, atau kalau menurut orang item di sini "choppin' blades".
POS VETT wrote:Nah itu dia. Tujuannya eye-catching; semua kepala mesti menoleh dan jari menuding. Mau bikin muntah atau bikin kagum, sebodo amat :)
emberrrrrrr





tggu2,
jd sebenernya kenapa bisa terjadi ada 3 makhluk dg species yg mirip gitu sih?
Z06 505 HP... Boss302 445 HP ... Solstice 260 HP
peruntukannya msg2 tu gimana aja?


trus kan sebenernya pgn CTS-V Sportwagon jg....lah, padhal kan udah ada CTS-V, mau dikemanain? ...jd buat apa lagi klo jd beli CTS-V Sportwagon?

dah jadi beli trailler lg? gantinya yg dicuri itu...urusan asuransi nya dah beres kan, dah ditransfer?
mana penampakannya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nambah Mobil

Post by POS VETT »

andy1800 wrote:emberrrrrrr

tggu2,
jd sebenernya kenapa bisa terjadi ada 3 makhluk dg species yg mirip gitu sih?
Z06 505 HP... Boss302 445 HP ... Solstice 260 HP
peruntukannya msg2 tu gimana aja?


trus kan sebenernya pgn CTS-V Sportwagon jg....lah, padhal kan udah ada CTS-V, mau dikemanain? ...jd buat apa lagi klo jd beli CTS-V Sportwagon?

dah jadi beli trailler lg? gantinya yg dicuri itu...urusan asuransi nya dah beres kan, dah ditransfer?
mana penampakannya?
Walah, panjang ceritanya :)

Sebenarnya berbeda spesiesnya antara Z06, B302, dan Solstice GXP, walaupun semuanya bisa dikategorikan sebagai "mobil ketiga". Tujuan utama Z06 untuk balapan, B302 untuk pajangan (dan suara knalpot yang menggelegar !), dan Solstice agak kabur tujuan utamanya karena ini mobil bukan cuma buat pajangan tapi untuk musim panas, untuk spirited driving, dan pengen ada convertible.

Dari tiga ini semuanya punya fungsi/tempat sendiri2, contohnya B302 tidak menggantikan Z06 dan B302 bukan buat balapan karena Z06 masih jauh lebih "mengerikan". Nah, yang agak kabur itu CTS-V Sportwagon (2010 ke atas). Kalau diturutin keinginan, B302 mau, CTS-V mau, Viper mau, Ariel Atom mau, Cadillac Escalade ESV mau, '13 Shelby GT500 (yang 662 hp) dan Shelby Super Snake juga mau; segala juga mau, hahaha.

Tapi kenyataannya ndak bisa, karena yang namanya duit terbatas jadi mesti pilih2 dan ada prioritas. Dari sejak ada kabar bahwa V wagon mau keluar, gw udah demen gila. Sebenarnya prioritasnya paling utama, bahkan di depan Viper ACR (2008-2010) yang gw juga sampe ngiler2 (kapan2 cerita lagi masalah Viper ACR). Beli B302 itu beli rada "gelap mata", makanya gw nyesel; mestinya gw beli V wagon waktu itu.

Maunya CTS-V (yg gw punya thn 2005, generasi pertama) dan V wagon (thn 2010 ke atas, generasi kedua) punya dua2-nya. CTS-V dibeli dengan tujuan sebagai mobil se-hari2 tapi kalau V wagon tujuan utamanya buat pajangan. Sekarang ini fokusnya jual B302 supaya bisa beli V wagon.

Trailer lain lagi ceritanya. Prioritasnya paling bawah dan *KALAU* jadi beli, maunya yang aluminium supaya ndak karatan. Prioritasnya kalah dengan penggantian truk/pikap Silverado.

Mumet ? Hehehe.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Nambah Mobil

Post by Risol1 »

andy1800 wrote: tggu2,
jd sebenernya kenapa bisa terjadi ada 3 makhluk dg species yg mirip gitu sih?
Z06 505 HP... Boss302 445 HP ... Solstice 260 HP
peruntukannya msg2 tu gimana aja?


trus kan sebenernya pgn CTS-V Sportwagon jg....lah, padhal kan udah ada CTS-V, mau dikemanain? ...jd buat apa lagi klo jd beli CTS-V Sportwagon?

dah jadi beli trailler lg? gantinya yg dicuri itu...urusan asuransi nya dah beres kan, dah ditransfer?
mana penampakannya?
kalo sama Z06 dan 302 ane hormat lah, kalo liat mereka2 di spion, ya sok dikasi lewat aja hehehe....
Tapi kalo solstice, ane makenya kurang pede, warnanya oranye nyala, bodi kecil, atep bolong, cute, pretty kaya mobil buat cew hehehe....

Yg wagon maksudnya yg model baru kali om Andy (CTS gen 2). Soalnya yg sedan kan CTS gen 1 udah beda luar dalem. Mesinnya juga beda dahsyatnya hehehe....

Kalo ane yg punya duit sih mending nunggu ATS-V sportwagon, siapa tau bentar lagi keluar. ATS yg baru mukanya cakep bener :mrgreen:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: 30 Sep 2012, 18:22

Re: Nambah Mobil

Post by MonSTER_GTR »

masbro posvett, gak mau nyoba2 sports car aroma jepang :mky_01: :mky_01:

kayak 86GT, GTR spec 5 gitu hhe

atau AE86 TRUENO, barang langka tuh, buat pajangan keren tinggal dimodif mirip di INitial D deh :mky_04: :mky_04: :mky_04: :mky_04:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nambah Mobil

Post by POS VETT »

Risol1 wrote: kalo sama Z06 dan 302 ane hormat lah, kalo liat mereka2 di spion, ya sok dikasi lewat aja hehehe....
Tapi kalo solstice, ane makenya kurang pede, warnanya oranye nyala, bodi kecil, atep bolong, cute, pretty kaya mobil buat cew hehehe....

Yg wagon maksudnya yg model baru kali om Andy (CTS gen 2). Soalnya yg sedan kan CTS gen 1 udah beda luar dalem. Mesinnya juga beda dahsyatnya hehehe....

Kalo ane yg punya duit sih mending nunggu ATS-V sportwagon, siapa tau bentar lagi keluar. ATS yg baru mukanya cakep bener :mrgreen:
Memang Solstice kebanyakan dipakai istri gw tapi gw sendiri ndak keberatan dengan fitur2 yang Boss Risol1 sebutkan. Efeknya mirip degan V wagon, tampang tidak mendukung performance. Menurut GM, powernya yang 290 hp dan torsi 340 lb-ft yang lebih gede daripada power/torsi Silverado gw.

Kalau lihat dari prediksinya, ndak begitu menarik; 380 hp termasuk power gede, tapi jadi kecil kalau dibandingkan 556 hp di CTS-V (Gen 2) dan masih kalah dibandingkan powernya CTS-V gw yang Gen 1 (400 hp). Plus, ada kemungkinan ATS-V cuma dikasih matik.

Boss Andy1800, CTS-V yang gen 1 adanya hanya sedan, mesinnya LS6 atau LS2. Keduanya 400 hp tapi LS6 itu 5.7l sedangkan LS2 6.0l; persneling hanya ada 6-sp manual (Tremec T-56). Kalau CTS-V gen 2 ada sedan, coupe, dan station wagon. Kode mesin LS-A (6.2l Supercharged intinya LS3 ditambah supercharger) dengan power 556 hp, persneling ada 2 pilihan, yang 6-sp matik (6L90E) dan yang 6-sp manual (Tremec TR6060).
MonSTER_GTR wrote:masbro posvett, gak mau nyoba2 sports car aroma jepang :mky_01: :mky_01:

kayak 86GT, GTR spec 5 gitu hhe

atau AE86 TRUENO, barang langka tuh, buat pajangan keren tinggal dimodif mirip di INitial D deh :mky_04: :mky_04: :mky_04: :mky_04:
86GT (FR-S dan BR-Z kalau di sini) dan AE86 kurang segut, mesin 4 silinder dan power-torsinya keciiiiiiiiiiiiiiiil buanget. AE86 suspensinya juga kuno dan seperti Mustang (depan McPherson struts, belakang live axle). AE86 jadi terkenal cuma gara2 kartun Initial D, performa sebenarnya termasuk rendah. Walaupun barang pajangan, tetap harus ada keunggulan karakternya selain yang sifatnya tampang doang.

Nissan GT-R masalahnya AWD, kebanyakan elektronik, mesin pakai turbo, persneling bukan manual dengan 3 pedal, dan bobot (hampir 1/2 ton lebih berat daripada Z06) plus harganya yang kelas berat hampir atau sekitar $100k. Performa dan potensinya besar tapi ya begitulah, balik lagi masalah AWD, elektronik, dsb.

Prinsip utk memilih mobil mulainya dari jaman Eagle Talon AWD; waktu itu pernah sampai dipuji oleh beberapa orang waktu autocross. Dari situ gw mikir, kayaknya yang bikin lap time-nya rendah itu bukan gw, tapi mobilnya (AWD).

Dibuktikan setelah punya '3 Corvette Z06. Waktu pertama kali autocross, gw jadi keliatan bego banget; yang biasanya lebih cepat ~3 detik dari bini gw, koq jadi ~3 detik lebih lambat (dari '95 Eagle Talon AWD manual ke '3 Z06). Bini pake mobil yang sama, '96 Eagle Talon AWD matik. Dari sini gw nyadar, yang namanya AWD itu gampang dikendalikan dan tidak butuh driving skill yang tinggi.

Coba bandingkan, dengan AWD, sebelum masuk tikungan pakai trail braking; rem abis, buntut naik, roda belakang jadi enteng, kurangi rem sedikit, dan mulai belok. Efeknya mobil "muter" dan setelah itu gas bejek abis dan tambah setir kalau perlu. Begitu turbo hidup, tinggal disetir keluar dari tikungan. Ndak ada neko2 buntut ngebuang, ban ada yang selip, atau sulit dikendalikan; empat roda narik semua.

Dengan RWD (dan power yang 2x), jauh berbeda. Caranya AWD tidak bisa dipakai sama sekali. Trail braking tidak dipakai lagi, mobil direm sampai mulut tikungan; kalau ndak pakai powerslide (dalam jumlah kecil), gasnya hampir konstan untuk menjaga kecepatan selama berada di dalam tikungan. Gas dibejek abis haram hukumnya; bikin mobil menghadap arah berlawanan. Jadi gas mesti ditambah pelan2 secara progresif waktu keluar tikungan. Seberapa gasnya ? Itu dia masalahnya. Godaannya selalu masalah power; "Lap time rendah ? Tambah gas !" Biasanya malah jadi tambah lambat, hahaha.

Kesimpulan. Mobil AWD gampang dikendalikan waktu balapan dan konsekuensinya, driving skill yang dibutuhkan lebih sedikit. Karena tujuannya meningkatkan driving skill, mobil mesti RWD; semakin sulit sesuatu dikendalikan, semakin tinggi ilmu yang dibutuhkan untuk mengendalikannya. Setuju ?

Dari aspek ini sendiri, Nissan GT-R tidak termasuk.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Nambah Mobil

Post by Turboman »

POS VETT wrote:.
Dengan RWD (dan power yang 2x), jauh berbeda. Caranya AWD tidak bisa dipakai sama sekali. Trail braking tidak dipakai lagi, mobil direm sampai mulut tikungan; kalau ndak pakai powerslide (dalam jumlah kecil), gasnya hampir konstan untuk menjaga kecepatan selama berada di dalam tikungan. Gas dibejek abis haram hukumnya; bikin mobil menghadap arah berlawanan. Jadi gas mesti ditambah pelan2 secara progresif waktu keluar tikungan. Seberapa gasnya ? Itu dia masalahnya. Godaannya selalu masalah power; "Lap time rendah ? Tambah gas !" Biasanya malah jadi tambah lambat, hahaha.

Kesimpulan. Mobil AWD gampang dikendalikan waktu balapan dan konsekuensinya, driving skill yang dibutuhkan lebih sedikit. Karena tujuannya meningkatkan driving skill, mobil mesti RWD; semakin sulit sesuatu dikendalikan, semakin tinggi ilmu yang dibutuhkan untuk mengendalikannya. Setuju ?
Setojooooooo........walaupun ane tergolong Selow Draiper & gak ada apa2-nya dibanding om Vett.

Berhubung di Indonesia pajak mobil 4X4 mahal (kecuali D-Cab), jadi kita terbiasa dengan mobil RWD atau FWD 4X2......heheheheheh

Setuju bahwa AWD membantu banyak utk kontrol & kemampuan manuver, ane test drive Fortuner 3.0 D4 D AWD + Stability Control begitu enak lewatin trek slalom di arena TD BKK Motor show.........buat mobil besar & berat dengan ground clearance tinggi macam SUV, sistem AWD terasa amat membantu sewaktu bermanuver........

Sedangkan utk sportcar kalau ane disuru menilai ya real sportcar haruslah RWD dan perangkat drive assist semacam Traction & Stability Control harus dapat di-nonaktifkan utk merasakan sensasi mengemudi yang sesungguhnya.

Ane kalau test drive mobil2 yg dilengkapi Traction / Stability control juga lakukan sesi mengemudi dimana TRC & VSC dimatikan semua......he he he

Just IMO & CMIIW
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: 30 Sep 2012, 18:22

Re: Nambah Mobil

Post by MonSTER_GTR »

@possvet oh gitu toh, mas posvet ini pembalap ya? wooowwww :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:, ya emang setuju sih GTR kebanyakan elektronik skrng, sampe2 sama pihak pabrikan gak boleh di modif lagi tuh mobil :mky_05: :mky_05: :mky_05: :mky_05:
memangnya kalo pake turbo kenapa? takut turbo lag ya?

memang iya sih AWD jauh lebih gampang, gak bakal selip, stabil, mantap (makanya dipakai di rally ya gak?). tapi gak bakal semenantang RWD ya. tapi mau tanya kelebihan RWD kalo dibanding AWD tuh apa ya? (selain power)
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Nambah Mobil

Post by Turboman »

MonSTER_GTR wrote:. tapi mau tanya kelebihan RWD kalo dibanding AWD tuh apa ya? (selain power)
Setahu ane : Akselerasi lebih gesit & kons BBM lebih hemat, karena gak ada Power Loss di Transfer case, serta lebih ringan dr AWD (utk mobil yg sama persis).

CMIIW & monggo om Vett jabarkan
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nambah Mobil

Post by POS VETT »

MonSTER_GTR wrote:@possvet oh gitu toh, mas posvet ini pembalap ya? wooowwww :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:, ya emang setuju sih GTR kebanyakan elektronik skrng, sampe2 sama pihak pabrikan gak boleh di modif lagi tuh mobil :mky_05: :mky_05: :mky_05: :mky_05:
memangnya kalo pake turbo kenapa? takut turbo lag ya?

memang iya sih AWD jauh lebih gampang, gak bakal selip, stabil, mantap (makanya dipakai di rally ya gak?). tapi gak bakal semenantang RWD ya. tapi mau tanya kelebihan RWD kalo dibanding AWD tuh apa ya? (selain power)
Semua pabrik mobil ya sama saja pendapatnya kalau masalah mobil bikinan mereka dimodifikasi.

Takut sih ndak, lebih demen naturally-aspirated karena reaksi mesinnya langsung. Males kalo mesin turbo, jaman sekarang sudah ndak sabar nungguin turbo lag. Waktu sebelum beli Solstice, mikirnya atau mengharapkannya turbo lag tidak terasa karena teknologis yang ada (VVT, direct injection, DOHC, engine control yang jauh lebih canggih dan maju, dll). Buntutnya ya masih ada dan masih terasa yang namanya turbo lag. Kalah cepat reaksi mesin Solstice dibandingkan reaksi mesin M3 gw bikinan belasan tahun di belakang; padahal Solstice lebih gede power dan torsinya.

Kelebihan RWD dari sudut untuk balapan, ya ndak ada; mau menang balapan pakailah konfigurasi AWD/4WD. Yang pasti mobil AWD lebih traksinya lebih bagus dan lebih gampang disetirnya. Power tidak berhubungan dengan konfigurasi; mobil2 AWD yang dari Ferrari, Lamborghini, Porsche, dll banyak yang powernya lebih gede daripada kebanyakan mobil RWD.
Turboman wrote: Setahu ane : Akselerasi lebih gesit & kons BBM lebih hemat, karena gak ada Power Loss di Transfer case, serta lebih ringan dr AWD (utk mobil yg sama persis).

CMIIW & monggo om Vett jabarkan
Betul, mobil 4WD/AWD lebih berat daripada versi 2WD (FWD atau RWD). Contohnya seperti mobil Eagle Talon TSi yang ada versi FWD and versi AWD dengan mesin dan power yang sama. Versi FWD-nya lebih enteng hampir 100 kg.

Akselerasi, selama masih dalam batas traksi ban, lebih bagus yang 2WD; karena pengaruh bobot dan parasitic losses. Nalarnya, konsumsi BBM semestinya lebih rendah daripada AWD/4WD.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Nambah Mobil

Post by Turboman »

@om VETT, intermezzo aja nich :
Solstice nya gak mau coba ganti "Cat Back exhaust" yg lebih free flow spy Turbo spool up lebih cepet ? he he he

Improvement utk exhaust mesin Turbo gasoline ama Turbo Diesel yg banyak kita lakukan di Indo ya sebetulnya mirip, cuman di US gak boleh copot 3 Way Cat Conv sih yah..................juga kalau ada Down pipe utk Solstice yg lebih proporsional tanpa lepas Cat Conv mestinya bisa improve.

Btw mesin Solstice dgn standard CARB setara Euro V yah ? alias ULEV dimana ECU mengatur AFR secara proporsional agar memenuhi standard emisi terkini vs M3 produksi 11 tahun yg lalu biasanya pemrograman ECU thd variasi angka AFR nya beda..........kalo mobil2 zaman dulu biasanya saat gas dibejek AFR lgs turun ke sekitar 12:1 alias dibuat slightly rich, then mesin lgs ngacir.........kalo mesin2 low emission masa kini saat dibejek mendadak AFR tetap dipertahankan dekat Stochiometri alhasil yah gitu dehhh........ditambah lagi faktor lag dari Turbo. CMIIW

Kalau penasaran mungkin bisa dicoba pasang AFR meter spt buatan Innovate di Solstice dan M3 ex. 2001 tsb, nanti coba perhatikan gerakan angka AFR saat dibejek / cruising............

CMIIW & sekedar tukar pikiran ajah :mrgreen:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nambah Mobil

Post by POS VETT »

Turboman wrote:@om VETT, intermezzo aja nich :
Solstice nya gak mau coba ganti "Cat Back exhaust" yg lebih free flow spy Turbo spool up lebih cepet ? he he he
Sudah, pakai "catback" exhaust merknya Magnaflow diameter 3 inci. turbo lag masih tetap kerasa. Ndak bisa mesin turbo menyaingi mesin n/a kalau masalah reaksi.
Turboman wrote: Improvement utk exhaust mesin Turbo gasoline ama Turbo Diesel yg banyak kita lakukan di Indo ya sebetulnya mirip, cuman di US gak boleh copot 3 Way Cat Conv sih yah..................juga kalau ada Down pipe utk Solstice yg lebih proporsional tanpa lepas Cat Conv mestinya bisa improve.
Betul, bisa saja dicopot cat-nya walaupun aturannya dilarang. Mesti dirubah ECU-nya supaya "Check Engine Light" ndak nyala. Downpipe-nya pendek dan kira2 80% dari panjangnya adalah cat-nya sendiri.
Turboman wrote: Btw mesin Solstice dgn standard CARB setara Euro V yah ? alias ULEV dimana ECU mengatur AFR secara proporsional agar memenuhi standard emisi terkini vs M3 produksi 11 tahun yg lalu biasanya pemrograman ECU thd variasi angka AFR nya beda..........kalo mobil2 zaman dulu biasanya saat gas dibejek AFR lgs turun ke sekitar 12:1 alias dibuat slightly rich, then mesin lgs ngacir.........kalo mesin2 low emission masa kini saat dibejek mendadak AFR tetap dipertahankan dekat Stochiometri alhasil yah gitu dehhh........ditambah lagi faktor lag dari Turbo. CMIIW
Wah, gw ndak tau tuh masalah Euro V standards. Yang gw tahu, Solstice bukan ULEV tapi versinya Solstice ada yang dipasarkan di Eropa; namanya Opel GT dan Daewoo juga punya versi mereka G2X. Ada kemungkinan Opel GT mesti memenuhi standar eropa yang lebih strict.
Turboman wrote: Kalau penasaran mungkin bisa dicoba pasang AFR meter spt buatan Innovate di Solstice dan M3 ex. 2001 tsb, nanti coba perhatikan gerakan angka AFR saat dibejek / cruising............

CMIIW & sekedar tukar pikiran ajah :mrgreen:
Sekarang ini tidak ada rencana untuk modifikasi mesin Solstice lebih lanjut karena "rasanya" sudah cukup; ditambah modifikasi selanjutnya membutuhkan dana dan pengerjaan yang cukup banyak karena turbocharger sudah hampir di batas atas. Modifikasi selanjutnya mesti ganti turbocharger, ganti intercooler, upgrade fuel system (injectors, hpfp, lpfp), cylinder head work, dll. plus pemakaian BBM E85 (85% Ethanol, 15% Gasoline).

Tapi upgrade2 yang seperti ini tidak sesuai dengan tujuan beli Solstice dan dana sebesar itu mending masuk ke Corvette.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Nambah Mobil

Post by andy1800 »

weissssss....mmg uenakk n enjoy bener nih klo baca cerita2nya PV





lnajut, lanjut
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post