Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by AbdulHakim »

DOHC wrote: Tue Nov 05, 2024 10:12
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
numpang saran

dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul

pengganti nya DW-1

laen merek ? kl bsa jangan

girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an

beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya

atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1

utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
very well noted sir, thank you very much for the advice :big_exellent:
wokwokC24
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 31, 2024 15:48

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wokwokC24 »

Suryaputra wrote: Tue Nov 05, 2024 3:39
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40
Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:10

1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D

2. Ganti drain and refill 2x aja

3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
Overfill itu
perlu fine tuning.

- coba nyalain mesin,
- jalanin mobil dulu atau running idle di tempat,
- pindah2in tuas transmisi dari P R N D dan balik lg.
*tapi dikasih jeda tiap posisi 3-4 detik

(klo ada OBD cek sampai suhu >60C)

- setelah itu matikan mesin
- tunggu semenit
- cek dipsticknya,
klo kelebihan kurangi sampai batas garis Hot

kurang-kurang 1mm gpp
Baik om, udah saya lakukan tahapan seperti di atas tadi sore.
Setelah itu saya sedot aja olinya sampai akurat di batas "hot" pakai pompa galon elektrik melalui lobang dipstik, olinya berlebih hampir 1L.
Lalu ditest jalan, syukur bisa normal lagi.
Terima kasih om 🙏
wokwokC24
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Oct 31, 2024 15:48

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wokwokC24 »

Greenhunter wrote: Tue Nov 05, 2024 6:27
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 11:40 Kurasnya seperti jawaban om yang nomor 2, tidak menggunakan mesin atf. Jadi total oli baru yang terpakai 8L om.
Barusan saya cek dipstik, malah melebihi kapasitas.
Kira2 hampir 2 CM di atas tulisan "hot".
Dulu kuras di bengkel spesialis nissan di jkt, sebelum saya pindah ke sumatera om.
Makanya rencananya mau dikuras ulang atau ganti (dengan oli yang tersedia di sini) atau saya coba kurangi olinya om.
Karena semenjak dikuras, akselerasi mobil atau maticnya terasa berat dan terkadang lepas rem ga langsung maju mobilnya om.
Perpindahan gigi, saya perhatikan masih tetap sekitar 2000 RPM.
fine tuning dahulu, mungkin volume oli matic kelebihan. cara fine tuning ini dari manual book nissan grand livina
Cek ATF livina.jpg
Siap om, tadi udah saya kurangi olinya, ternyata kelebihan hampir 1L.
Saya ijin save fotonya om.
Terima kasih banyak om :big_deal:
tohpati
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tohpati »

DOHC wrote: Tue Nov 05, 2024 10:12
AbdulHakim wrote: Tue Nov 05, 2024 3:08 om,
Oli transmisi matic Honda ATF-Z1 (AutomaticTransmission Fluid) apakah masih beredar atau sudah obsolete?
Jika sudah obsolete, oli matic ATF padanannya saat ini apa yang backward compatible dengan Honda ATF-Z1?
numpang saran

dari pemakai girbok jadul MAXA 4 sepit ahond jadul

pengganti nya DW-1

laen merek ? kl bsa jangan

girbok honda geared metik itu girbok manual di metik an

beda sistem ama gigi matahari kaya d metik2 geared umum nya

atf Z1 atawa DW-1 itu walaupun beda visco (krn yg satu mineral, yg satu lg full syn), kandungan anti wear nya lebi tinggi dr atf laen nya, di luaran sana ud banyak kes rontok gara2 pake atf aftermarket, dan umumnya para ahond enthusiast pd saranin stick to DW-1

utk lebi jelas nya bsa ubeg2 BITOG, drpd kita orang cuap2 dsini, ga mau dikira sotoy trus salah..
Betul, sempat juga kepikiran ganti ATF Mobil yang per liter lebih murah dari DW1. Tapi setelah baca2 di Bitog, gak jadi, soalnya komponennya DW1 unik dibandingin ATF lain (di forum vs Idemitsu vs Valvoline).
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27289
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

ATF utk metik geared ahond, kl utk top up anehnya gapapa pake DEX 3 (utk 4 sepit), atau DEX 6 (Utk 5 sepit)

cuman utk drain n fill, wajip DW-1

perna baca2 jg d forum aussie, konon oli atf sana yg penrite cocok buat gantiin DW-1 atau Z1, dmana banyak testi positip soal gear change yg lebi alus ktimbang waktu pake DW-1
Penrite ini konon jg demen nambahin zinc di line up oli2 mreka, mungkin di atf mreka jg ngelakuin hal yg sama
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11916
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Nov 06, 2024 1:27 ATF utk metik geared ahond, kl utk top up anehnya gapapa pake DEX 3 (utk 4 sepit), atau DEX 6 (Utk 5 sepit)

cuman utk drain n fill, wajip DW-1

perna baca2 jg d forum aussie, konon oli atf sana yg penrite cocok buat gantiin DW-1 atau Z1, dmana banyak testi positip soal gear change yg lebi alus ktimbang waktu pake DW-1
Penrite ini konon jg demen nambahin zinc di line up oli2 mreka, mungkin di atf mreka jg ngelakuin hal yg sama
ya mungkin tergantung kelas ATF nya

klo harga sekelas ATF Honda DW1 Genuine,
better ambil genuine beres aja.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2302
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

DOHC wrote: Wed Nov 06, 2024 1:27 ATF utk metik geared ahond, kl utk top up anehnya gapapa pake DEX 3 (utk 4 sepit), atau DEX 6 (Utk 5 sepit)

cuman utk drain n fill, wajip DW-1

perna baca2 jg d forum aussie, konon oli atf sana yg penrite cocok buat gantiin DW-1 atau Z1, dmana banyak testi positip soal gear change yg lebi alus ktimbang waktu pake DW-1
Penrite ini konon jg demen nambahin zinc di line up oli2 mreka, mungkin di atf mreka jg ngelakuin hal yg sama
Drain n Refill mobil kantor pake Q8 auto MV juga gak masalah, kalo masalah itu mah olinya aja yang jelek, secara spek gak sebagus DW1.

Gak perlu terlalu takut pake oli aftermarket :upss:
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

sahabatq8 wrote: Wed Nov 06, 2024 7:44
DOHC wrote: Wed Nov 06, 2024 1:27 ATF utk metik geared ahond, kl utk top up anehnya gapapa pake DEX 3 (utk 4 sepit), atau DEX 6 (Utk 5 sepit)

cuman utk drain n fill, wajip DW-1

perna baca2 jg d forum aussie, konon oli atf sana yg penrite cocok buat gantiin DW-1 atau Z1, dmana banyak testi positip soal gear change yg lebi alus ktimbang waktu pake DW-1
Penrite ini konon jg demen nambahin zinc di line up oli2 mreka, mungkin di atf mreka jg ngelakuin hal yg sama
Drain n Refill mobil kantor pake Q8 auto MV juga gak masalah, kalo masalah itu mah olinya aja yang jelek, secara spek gak sebagus DW1.

Gak perlu terlalu takut pake oli aftermarket :upss:
Setuju seh, kelas2 oli aftermarket yg additif package bagus macem q8 auto MV atau Ptt LV 1 mah tenang2 aja
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27289
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

sahabatq8 wrote: Wed Nov 06, 2024 7:44
DOHC wrote: Wed Nov 06, 2024 1:27 ATF utk metik geared ahond, kl utk top up anehnya gapapa pake DEX 3 (utk 4 sepit), atau DEX 6 (Utk 5 sepit)

cuman utk drain n fill, wajip DW-1

perna baca2 jg d forum aussie, konon oli atf sana yg penrite cocok buat gantiin DW-1 atau Z1, dmana banyak testi positip soal gear change yg lebi alus ktimbang waktu pake DW-1
Penrite ini konon jg demen nambahin zinc di line up oli2 mreka, mungkin di atf mreka jg ngelakuin hal yg sama
Drain n Refill mobil kantor pake Q8 auto MV juga gak masalah, kalo masalah itu mah olinya aja yang jelek, secara spek gak sebagus DW1.

Gak perlu terlalu takut pake oli aftermarket :upss:
kl metik planetary gear seh ga takut mo pake oli aftermarkt apapun,

d ruma ada 2 biji toyota metik pake atf mura meriah kaya aisin, repsol, ptt, sehat2 dan enak2 aj ampe ari ini

di tap pas 20 rebu km jg masi merah cerah kaya oli baru nya

tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11594
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 8:02


tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas


punya mobilnya koh? mari kita belah transmisinya, ai yg kerjain. santay, ga akan minta bayaran sepeser pun.

tp cuman bongkar aja yak, kalo udah ketauan dalemnya, ai pamit pulang.


:ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by saturday »

DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 8:02
tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas
FD2 saya sejak odometer 30 ribuan sudah menggunakan ATF non Z1/DW-1. Sekarang odometer sudah 140 ribuan. Untungnya sih masih normal.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
tohpati
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tohpati »

marmut wrote: Thu Nov 07, 2024 9:42
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 8:02


tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas


punya mobilnya koh? mari kita belah transmisinya, ai yg kerjain. santay, ga akan minta bayaran sepeser pun.

tp cuman bongkar aja yak, kalo udah ketauan dalemnya, ai pamit pulang.


:ngacir:
:big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27289
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Nov 07, 2024 9:42
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 8:02


tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas


punya mobilnya koh? mari kita belah transmisinya, ai yg kerjain. santay, ga akan minta bayaran sepeser pun.

tp cuman bongkar aja yak, kalo udah ketauan dalemnya, ai pamit pulang.


:ngacir:
enak aja

musti tanggung jawap kl ud prawanin

:mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27289
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 10:19
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 8:02
tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas
FD2 saya sejak odometer 30 ribuan sudah menggunakan ATF non Z1/DW-1. Sekarang odometer sudah 140 ribuan. Untungnya sih masih normal.
atf nya pake merk apa om
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by saturday »

DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 22:36
saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 10:19
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 8:02
tp kl manual di metik in nya honda, ini yg masi blom jelas
FD2 saya sejak odometer 30 ribuan sudah menggunakan ATF non Z1/DW-1. Sekarang odometer sudah 140 ribuan. Untungnya sih masih normal.
atf nya pake merk apa om
Seingat saya dari odometer 30 ribuan hingga nyaris 100 ribu PTT LV-1. Selanjutnya ke odometer 130 ribuan Aisin AFW VI, lalu sampai sekarang sedang menggunakan Gulf LV.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11916
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 22:55
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 22:36
saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 10:19

FD2 saya sejak odometer 30 ribuan sudah menggunakan ATF non Z1/DW-1. Sekarang odometer sudah 140 ribuan. Untungnya sih masih normal.
atf nya pake merk apa om
Seingat saya dari odometer 30 ribuan hingga nyaris 100 ribu PTT LV-1. Selanjutnya ke odometer 130 ribuan Aisin AFW VI, lalu sampai sekarang sedang menggunakan Gulf LV.
Udh gtu yg digas poll ya :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Thu Nov 07, 2024 23:07 Udh gtu yg digas poll ya :ungg:
Tidak juga Pak, saya nyetir kebanyakan cruising 100-120 km/h aja. Gaspol/nakalnya sesekali kalau lagi kepingin norak.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27289
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 22:55
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 22:36
saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 10:19

FD2 saya sejak odometer 30 ribuan sudah menggunakan ATF non Z1/DW-1. Sekarang odometer sudah 140 ribuan. Untungnya sih masih normal.
atf nya pake merk apa om
Seingat saya dari odometer 30 ribuan hingga nyaris 100 ribu PTT LV-1. Selanjutnya ke odometer 130 ribuan Aisin AFW VI, lalu sampai sekarang sedang menggunakan Gulf LV.
ini mah merek2 atf yg kita orang pake jg :big_think: :big_think:

cuman antara aisin VI ama PTT LV

yg aisin mo pake odo ampe terbang, warna ga brubah, tp shifting berasa penurunan nya

kebalikan ama PTT LV
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by saturday »

DOHC wrote: Fri Nov 08, 2024 1:09
saturday wrote: Thu Nov 07, 2024 22:55
DOHC wrote: Thu Nov 07, 2024 22:36

atf nya pake merk apa om
Seingat saya dari odometer 30 ribuan hingga nyaris 100 ribu PTT LV-1. Selanjutnya ke odometer 130 ribuan Aisin AFW VI, lalu sampai sekarang sedang menggunakan Gulf LV.
ini mah merek2 atf yg kita orang pake jg :big_think: :big_think:

cuman antara aisin VI ama PTT LV

yg aisin mo pake odo ampe terbang, warna ga brubah, tp shifting berasa penurunan nya

kebalikan ama PTT LV
Ya memang itu-itu saja kan ATF. Memangnya mau diisi oli mesin atau minyak goreng 🤭

Mungkin post saya kurang jelas: saya pemakai ATF bukan merk Honda tipe DW-1 atau Z1 tapi saya pemakai ATF merk lain yang punya spek DW-1

Yang saya rasakan Aisin AFW VI performa awal masa pakai lebih enak daripada PTT LV-1; tapi PTT LV-1 tapi lebih konsisten ketika sudah lebih lama dipakai.

Gulf LV lebih enak performanya daripada kedua brand yang saya sebutkan diatas. Daya tahan belum tahu, ongoing 13 ribuan kilometer di FD2 saya.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Chr1stm1 wrote: Tue Nov 05, 2024 9:55 Khusus oli Transmisi matic, baik cvt atau Konven, palng cek levelnya aja, kalo kurang tmabah dengan jenis yg sama
Baru nanti setelah bbrp km pemakaian ( 20rb km kira2 ) drain n refill aja biar hati tenang

Beda cerita kalo oli mesin, km 1000 biasanya saya ganti lengkap dengan oil filter.

Btw jgn lupa fluida rem itu juga penting, per 2 tahun ganti biar aman.
Siap Om, makasih..

Cuma ini DCT-nya H italic gak bisa cek level, gak ada dipstik-nya :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11916
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Fri Nov 08, 2024 6:18
Chr1stm1 wrote: Tue Nov 05, 2024 9:55 Khusus oli Transmisi matic, baik cvt atau Konven, palng cek levelnya aja, kalo kurang tmabah dengan jenis yg sama
Baru nanti setelah bbrp km pemakaian ( 20rb km kira2 ) drain n refill aja biar hati tenang

Beda cerita kalo oli mesin, km 1000 biasanya saya ganti lengkap dengan oil filter.

Btw jgn lupa fluida rem itu juga penting, per 2 tahun ganti biar aman.
Siap Om, makasih..

Cuma ini DCT-nya H italic gak bisa cek level, gak ada dipstik-nya :big_biglaugh:
Kan ada baut untuk level check?

Diisi lendir dan dibuka bautnya,
klo udh agak luber dan sampai tetes akhir, berarti udah enough dan fine tuned.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adiputra4 »

Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:10
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

🙏🙏
1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D

2. Ganti drain and refill 2x aja

3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
IMHO yaa om

menurut saya kalo metode ganti ATF itu tergantung kondisi ATF sebelumnya ky gimana

kalo ATF lamanya udah keruh sih lebih baik cabut selang ATF yg ke radiator buat di flush lewat sana (kalo mobilnya ada selang yg ke radiator ya, umumnya A/T biasa) atau kalo disini disebut gerlong.. karena lebih efektif kita ngedorong oli yg lama dan masuk oli yg baru, kecampurnya sgt minim. lebih puas juga karena kita bisa liat sendiri warna ATF baru nya kalo udh bersih di selang out nya. tinggal ukur masuk berapa keluar berapa, terakhir check level (sesuai service manual mobil masing2) then fine tuning.. emg agak ribet sih tp metode ini buat saya paling efektif


kalo metode drain n fill itu buat saya kalo ATF lama nya masih bersih merah cerah oke aja pake metode ini.. lain kalo ATF lama nya udh keruh hitam pake metode drain n fill itu buat saya kurang efektif krn harus berapa kali metode tsb diulang sampe kita mendapatkan oli yg fresh minimal 80% di dalam transmisi..

saya pernah flush grand vitara matic yg oli nya udh hitam keruh pake metode gerlong, ATF keluar udh 10 L dan masuk udh 10 L dan diselang out nya ada perubahan warna walaupun ga begitu
merah.. kalo kondisi ATF ky gini pake metode drain n fill ga tau deh ini hrs berapa kali pengulangan

kiri ATF lama, kanan ATF yg udh masuk 10 L
Image

kalo pake ATF changer sbnrnya bahkan lebih simple, cuma lebih boros aja ATF nya dan pastikan mereka ngecek level ATF di tahap akhir. saya kayanya ga pernah denger deh om girbox kesumbat krn ATF ga diganti
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11916
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

adiputra4 wrote: Fri Nov 08, 2024 8:35
Suryaputra wrote: Mon Nov 04, 2024 2:10
wokwokC24 wrote: Mon Nov 04, 2024 1:55 Salam om2 semua.
Mohon masukannya om, tentang oli transmisi matic untuk serena c24.
Di kota saya yang bisa nangani nissan sangat minim, terlebih mobil transmisi matic.
Untuk ke bengkel resmi perlu perjalanan sekitar 3 jam.
Ada shop n drive dan bisa melakukan kuras/ganti oli transmisi matic.
Tapi mereka hanya sedia stok shell spirax dan castrol transmax, sedangkan yang lagi dipakai adalah atf idemitsu.
Pertanyaannya,
1. Diantara shell spirax dan castrol transmax, kira2 mana yang bisa dipakai ke serena c24?
2. Kalau hanya ganti 4L, apakah bisa ditambah diantara 2 merek tsb untuk dicampur dengan atf idemitsu?
3. Atau lebih baik dikuras total lalu pakai shell spirax atau castrol transmax?

🙏🙏
1. Serena C24 pakai ATF matic tipe D, jd aman untuk kedua produk tsb krn comply ke Nissan matic tipe D

2. Ganti drain and refill 2x aja

3. Kuras total pakai mesin atf changer?
Klo ATF lama gak diganti, bisa berpotensi menyumbat di internal girboks
IMHO yaa om

menurut saya kalo metode ganti ATF itu tergantung kondisi ATF sebelumnya ky gimana

kalo ATF lamanya udah keruh sih lebih baik cabut selang ATF yg ke radiator buat di flush lewat sana (kalo mobilnya ada selang yg ke radiator ya, umumnya A/T biasa) atau kalo disini disebut gerlong.. karena lebih efektif kita ngedorong oli yg lama dan masuk oli yg baru, kecampurnya sgt minim. lebih puas juga karena kita bisa liat sendiri warna ATF baru nya kalo udh bersih di selang out nya. tinggal ukur masuk berapa keluar berapa, terakhir check level (sesuai service manual mobil masing2) then fine tuning.. emg agak ribet sih tp metode ini buat saya paling efektif


kalo metode drain n fill itu buat saya kalo ATF lama nya masih bersih merah cerah oke aja pake metode ini.. lain kalo ATF lama nya udh keruh hitam pake metode drain n fill itu buat saya kurang efektif krn harus berapa kali metode tsb diulang sampe kita mendapatkan oli yg fresh minimal 80% di dalam transmisi..

saya pernah flush grand vitara matic yg oli nya udh hitam keruh pake metode gerlong, ATF keluar udh 10 L dan masuk udh 10 L dan diselang out nya ada perubahan warna walaupun ga begitu
merah.. kalo kondisi ATF ky gini pake metode drain n fill ga tau deh ini hrs berapa kali pengulangan

kiri ATF lama, kanan ATF yg udh masuk 10 L
Image

kalo pake ATF changer sbnrnya bahkan lebih simple, cuma lebih boros aja ATF nya dan pastikan mereka ngecek level ATF di tahap akhir. saya kayanya ga pernah denger deh om girbox kesumbat krn ATF ga diganti
nice
thanks info tambahannya mbah. :beer:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 632
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by saturday »

FD2 kompresi 10.2 186.7 HP; baru ngerti cara tampilin ATF Temperature di program Torque dengan custom PID.

ATF Gulf LV + ATF Cooler Hayden 677

Trip pagi berangkat kerja ±55 km, rute toll lancar. Cruising 110 km/h
IMG-20241106-WA0020.jpg
Rute pulang kerja ±55 km, stuck di traffic toll nyaris 1 jam
IMG_20241108_211729.jpg
Diliat dari temperaturenya, sepertinya ATF cooler ukuran segini cukup buat penggunaan daily saya.
Transmission_Temperatures.jpg
Trans Life Expectancy.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11916
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Pas lg scrolling tokotok, eh muncul begini :big_biglaugh:

Screenshot_20241109_054144.jpg
Body segede gtu
Oli lifetime
Wassalam

Mana sharing sm voxy pula
Berarti voxy pny lbh robust krn body lbh kecil

:big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri